15 Contoh Surat Kuasa Khusus Paling Lengkap - Contoh Surat Resmi
Connect with us

Contoh Surat

15 Contoh Surat Kuasa Khusus Paling Lengkap

Surat Kuasa Khusus – Surat kuasa khusus dibuat agar penerima kuasa melakukan tindakan sesuai dalam isi surat. Surat kuasa khusus menjelaskan maksud secara terperinci dimana penerima kuasa menerima batasan tertentu atau hak dan kewajiban sesuai isi surat.

Surat kuasa khusus dapat dipergunakan untuk berbagai keperluan seperti jual beli, sengketa, perceraian dan lain sebagainya. Pembuatan surat dapat dilakukan secara pribadi atau bersama dengan anggota keluarga yang memiliki hak bersama atau suatu barang.

1. Contoh Surat Kuasa Khusus Wajib Pajak

Seorang wajib pajak dapat melakukan penunjukan seorang kuasa dengan surat kuasa khusus untuk melaksanakan hak atau memenuji kewajiban sesuai dengan peraturan perundangan di bidang perpajakan. Artinya bahwa seseorang dapat melimpahkan wewenang perpajakan kepada konsultan pajak.

SURAT KUASA KHUSUS WAJIB PAJAK…………..
Nomor : …….. tanggal ……..

Yang bertanda tangan di bawah ini:

Nama Lengkap : ………………………………………………………………
Alamat : ………………………………………………………………
Jabatan : ………………………………………………………………
Nama Wajib Pajak : ………………………………………………………………
Alamat : ………………………………………………………………
Status : Cabang:
: Pusat:
NPWP : ………………………………………………………………

Dengan ini memberikan kuasa khusus kepada:

Nama Lengkap : ………………………………………………………………
Alamat : ………………………………………………………………
NPWP : ………………………………………………………………
No. Izin Praktik : ………………………………………………………………

Untuk melakukan hak dan/atau memenuhi kewajiban perpajakan berupa …………………………. berkenaan dengan jenis pajak …………………………. Masa Pajak/Bagian Tahun Pajak/Tahun Pajak ………………………….. Bersama ini kami lampirkan ………………………….

Demikian surat kuasa khusus ini dibuat untuk dipergunakan sebagaimana mestinya.

Penerima Kuasa Pemberi Kuasa
…………………………. ………………………….

2. Contoh Surat Kuasa Khusus Advokat

Advokat atau pengacara merupakan orang yang bertindak atas nama klien dalam melakukan tindakan hukum. Untuk menjalankan tugasnya seorang pengacara membutuhkan surat kuasa dari klien yang menunjukkan bahwa klien bertindak sebagai pemberi kuasa kepada pengacara dalam hal tindakan hukum.

SURAT KUASA ADVOKAT

Yang bertanda tangan dibawah ini, saya :

Nama : Ilham Hidayat
Pekerjaan : Pegawai Negeri Sipil
Alamat : Jl. Ahmad Yani No. 12 Makassar

Dengan ini menerangkan memberi kuasa kepada :

Nama : Frid Hutagalung
Advokad, berkantor di : Cibinong Bogor
Alamat : Jl. Contoh Surat Kuasa No. 214, Cibinong Bogor

Nama : Fitriani, SH, MH
Advokad Berkantor di : Makassar Sulawesi Selatan
Alamat : Jl. Ahmad Yani No. 72 Makassar

————-K H U S U S————

Untuk dan atas nama pemberi kuasa mewakili sebagai penggugat, untuk mengajukan gugatan terhadap Sulamun di pengadilan negeri Makassar, mengenai Hutang-piutang untuk itu yang diberi kuasa dikuasakan untuk menghadap dan menghadiri semua persidangan di pengadilan negeri Makassar, dan menghadap instansi-instansi, jawatan-jawatan, hakim-hakim, pejabat-pejabat, pembesar-pembesar, menerima, mengajukan kesimpulan-kesimpulan (konklusi-konklusi), meminta sitaan Sebuah Rumah, mengajukan atau menolak saksi-saksi, serta menerima atau menolak saksi-saksi, meminta atau memberikan segala keterangan yang diperlukan, dapat mengadakan perdamaian dengan syarat-syarat yang dianggap baik oleh yang diberi kuasa, untuk menerima uang pembayaran dan memberikan kuitansi sebagai tanda penerimaan uangnya, untuk meminta penetapan-penetapan, putusan, pelaksanaan putusan (eksekusi), melakukan peneguran-peneguran, dapat mengambil segala tindakan yang penting, perlu dan berguna sehubungan dengan menjalankan perkara, serta dapat mengerjakan segala sesuatu pekerjaan yang umumnya dapat dikerjakan oleh seorang kuasa / wakil guna kepentingan tersebut diatas, juga untuk mengajukan permohonan banding atau kasasi.

Kekuasaan ini diberikan dengan upah (honorarium) dan hak retensi serta dengan hak untuk melimpahkan (substitusi) baik bagian maupun seluruhnya yang dikuasakan ini pada lain orang.

Makassar, 12 September 2018

Yang Menerima Kuasa Yang Memberi Kuasa
Fitriani, SH, MH Ilham Hidayat

3. Contoh Surat Kuasa Khusus Perceraian

Pengajuan perceraian dapat diwakili oleh pengacara atau Advokat dengan menggunakan surat kuasa khusus. Surat tersebut akan memberikan hak dan kewajiban kepada advokat untuk melakukan tindakan hukum dalam pengurusan perceraian.

SURAT KUASA

Yang bertanda tangan di bawah ini:

Nama : Fitriani
Umur : 26
Pekerjaan : Karyawan Swasta
Alamat : Jl. Raya Hitam no. 88 Ujung Tanah- Makassar

Dengan ini memberi kuasa kepada :

Nama : Ilham Hidayat
Pekerjaan : Advokat
Alamat : Jl. Pengadilan no. 15 Makassar

K H U S U S

Untuk mengajukan gugatan perceraian terhadap suami pemberi kuasa yang bernama Sudarmaji, umur: 30 tahun, pekerjaan : Dagang, tempat tinggal dahulu di Jl. Raya Hitam no. 88 Ujung Tanah Makassar, sekarang tidak diketahui lagi tempat tinggalnya di wilayah negara Republik Indonesia.

untuk itu penerima kuasa berhak untuk :

menghadap dihadapan para pejabat sipil, militer dan atau swasta untuk kepentingan tersebut
membuat dan menanda tangani somasi, surat gugatan, replik, kesimpulan dan segala surat yang diperlukan untuk tujuan tersebut diatas yang sesuai hukum.
menghadiri sidang sidang pengadilan baik di tingkat pertama maupun di tingkat banding.
menerima segala surat seperti jawaban, duplik dan segala surat surat yang diserahkan dalam persidangan untuk pemberi kuasa;
mengajukan perdamaian, mengajukan syarat-syarat perdamaian,menerima perdamaian, menolak perdamaian dan menghadiri rapat rapat untuk tujuan perdamaian.;
mengajukan bukti-bukti surat, saksi-saksi, meneliti bukti bukti surat lawan, mendengar keterangan saksi-saksi, mengajukan tanggapan atas bukti-bukti dan keterangan saksi tersebut.
melakukan pencabutan gugatan apabila perdamaian tercapai, mengajukan banding.
melakukan segala sesuatu yang baik dan berguna untuk kepentingan pemberi kuasa yang sesuai dengan hukum;
Surat kuasa ini diberikan dengan hak substitusi.
Demikian, surat kuasa khusus ini dibuat untuk dipergunakan dengan penuh rasa tanggung jawab sebagaimana mestinya;

Makassar, 12 September 2018

Penerima Kuasa Pemberi Kuasa
Ilham Hidayat Fitriani

4. Contoh Surat Kuasa Khusus Perdata

Surat kuasa khusus perdata merupakan surat kuasa yang dibuat untuk memberikan wewenang kepada advokat untuk melakukan tindakan hukum terhadap kasus perdata. Surat kuasa yang dibuat memberikan hak dan kewajiban kepada penerima kuasa.

SURAT KUASA KHUSUS

Yang bertanda tangan di bawah ini:

Nama : Fitriani
Pekerjaan : Karyawan Swasta
bertempat tinggal di : Jl. Semangka No. 78 Makassar

dengan ini memberi kuasa kepada:

Nama : Ilham Hidayat
Pekerjaan : Advokat
Berkantor di : Jl. Ahmad Yani No. 12 Makassar

KHUSUS

Untuk mewakili pemberi kuasa sepenuhnya sebagai PENGGUGAT dalam perkara perdata Perbuatan Melawan Hukum melawan PT Abadi Jaya Makmur yang diwakili oleh Wawan Hamdhan, perusahaan yang bergerak di bidang industry properti, yang berkedudukan dan berkantor pusat di Jakarta dan berkantor cabang di Makassar di Jalan Merica Putih 3 No. 5 RT.10/RW.03 kelurahan Guwari kecamatan Dukuh Asih, Kota Makassaaaar sebagai TERGUGAT.

Untuk itu menerima kuasa membela hak-hak dan mengurus kepentingan-kepentingan pemberi kuasa, melakukan dan menerima segala pembayaran, membuat, dan menerima kuitansi pembayaran

Penerima kuasa boleh bertindak dalam hal hukum terhadap setiap orang dan dalam segala persoalan yang berhubungan dengan perkara ini, memiliki tempat kediaman hukum (domicilie), menghadap hakim dan pembesar instansi pemerintah

Penerima kuasa boleh berperkara ke muka Pengadilan Negeri mengajukan gugatan, memberikan jawaban, mengajukan dan menolak saksi-saksi, menerima dan menolak perdamaian, memohon keputusan dan turunan keputusan Pengadilan negeri, memohon supaya keputusan Pengadilan Negeri dijalankan

Penerima kuasa boleh membuat dan menandatangani surat dan melakukan segala apa yang perlu dan berguna untuk kepentingan pemberi kuasa, asal tidak dilarang atau bertentangan atau melanggar undang-undang dan bila perlu penerima kuasa dapat memindahtangankan kekuasaannya itu sebagian atau sepenuhnya kepada orang lain (hal substitusi) dengan hak untuk menarik kembali pemindahan kuasa yang telah diberikan itu

Penerima kuasa boleh melakukan upaya hukum dari pengadilan tingkat pertama sampai dengan tingkat kasasi.

Makassar, 12 September 2018

Penerima Kuasa Pemberi Kuasa
Ilham Hidayat Fitriani

5. Contoh Surat Kuasa Khusus  Mediasi

Upaya perdamaian biasanya melibatkan pihak ketiga untuk melakukan mediasi. Oleh karena itu perlu adanya surat kuasa khusus yang menunjuk seorang advokat untuk melakukan upaya perdamaian.

SURAT KUASA

Yang bertanda tangan di bawah ini:

Nama : Ilham Hidayat
Tempat Tanggal Lahir : Makassar/ 12 Mei 1990
Jenis Kelamin : Laki-laki
Agama : Islam
Pekerjaan : Karyawan Swasta
Alamat : Jl. Ahmad Yani No. 12 Makassar

Untuk selanjutnya disebut sebagai Pemberi Kuasa; Dalam hal ini memilih domisili hukum di Sekretariat Kuasanya tersebut di bawah ini; Dengan ini menerangkan, menyatakan sesungguhnya memberi Kuasa kepada :
FEBRIAN PRIMA R;

Advokat pada Kantor Hukum AGUS PRAYOGA, SH & Rekan serta Anggota Pos Bantuan Hukum Advokat Indonesia Makassar, Organisasi Bantuan Hukum Terakreditasi sesuai Keputusan Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia Nomor : M.HH-02.03.03 Tahun 2013; yang beralamat Kantor dan Sekretariat di Jalan Kapten Damsur Gg. Ketandan V No. 27 Makassar; Dalam hal ini bertindak secara bersama-sama maupun sendiri-sendiri;

K H U S U S

Untuk dan atas nama Pemberi Kuasa, mewakili kepentingan hukumnya mengurus, menyelesaikan serta meminta pertanggung jawaban atas hutang atas CV. Maju Mundur yang beralamat di jalan Tentara-tentaraan No. 50 A Makassar yang dilakukan oleh manager CV. Maju Mundur.

Untuk itu Penerima Kuasa berhak melakukan segala langkah dan upaya pendekatan dengan manager CV. Maju Mundur Makassar dan/atau pihak-pihak yang terkait kecuali tidak menemukan kata sepakat maka dapat menempuh upaya hukum; mendampingi Pemberi Kuasa untuk membuat dan menanda-tangani laporan polisi pada Kepolisian Resort Makassar Kota serta memberikan keterangan-keterangan yang menurut hukum perlu diberikan; memajukan atau memasukan segala surat-surat permohonan yang perlu, akta-akta, dan surat lainnya yang berhubungan dengan Kuasa ini; membela hak-hak serta mengurus kepentingan-kepentingan Pemberi Kuasa; menghadap dan berbicara pada Pejabat-pejabat/Instansi-instansi yang berhubungan dengan perkara ini; atau dengan kata lain bahwa

Penerima Kuasa diberi hak dengan seluas-luasnya sepanjang tidak bertentangan dengan ketentuan peraturan perundang-undangan guna membela kepentingan Pemberi Kuasa dalam perkara tersebut.

Demikian Kuasa ini diberikan untuk dipergunakan baik secara bersama-sama maupun sendiri-sendiri dengan Hak Substitusi dan Hak Retensi.

Makassar, 12 Oktober 2018

Penerima Kuasa Pemberi Kuasa
Febrian Prima R Ilham Hidayat

6. Contoh Surat Kuasa Khusus Pidana

Upaya pendampingan hukum dalam tindak pidana membutuhkan surat kuasa khusus kepada advokat. Melalui surat kuasa tersebut seorang advokat memiliki hak dan kewajiban atas segala tindakan hukum yang dianggap perlu.

SURAT KUASA KHUSUS

Yang bertandatangan dibawah ini saya :

Nama : Ilham Hidayat
Tempat/ Tanggal Lahir : Makassar/ 29 Februari 1970 (44 Tahun)
Jenis Kelamin : Laki-laki
Kebangsaan : Indonesia
Agama : Islam
Pekerjaan : Photografer
Alamat : Jl. Papaci No. 66 RT/RW – 29/30, Kelurahan Pemurus
Dalam, Kecamatan Makassar Timur, Sulawesi Selatan

Selanjutnya disebut sebagai Pemberi Kuasa. Dengan ini mengaku dan menyatakan memberi kuasa kepada:
PROF. DR. AHMAD RUDINI, S.H.I., M.H.I.
DRA. WAHDAH AMALIATUZZAHRA ASSYIFA, S.H.I., M.HUM.

Advokat dan Konsultan Hukum pada Kantor Advokat RUDINI & ASSOCIATES beralamat di Jalan A. Yani km 7, No. 038 Makassar, Kode Pos 71556, Telp. (0511) 334455, baik bersama- sama maupun sendiri-sendiri. Selanjutnya disebut sebagai Penerima Kuasa.

………………………………………………………KHUSUS …………………………………………………………………
Untuk menjadi Penasehat Hukum saya dalam perkara: PIDANA PENGANIAYAAN Sebagai: TERSANGKA Untuk:

Mendampingi Pemberi Kuasa dalam pemeriksaan perkara tindak pidana Penganiayaan sebagaimana dimaksud dalam Pasal 351 ayat (1) KUHP di Polres Makassar.

Serta hal-hal lain yang berhubungan dengan perkara tersebut. Untuk maksud seperti tersebut kepada penerima / pemegang kuasa tersebut kami kuasakan untuk dan atas nama kami menghadap dan berbicara di hadapan semua instansi Pemerintah maupun Swasta, Polres Makassar, PN Makassar, dimuka pejabat dan pihak-pihak yang bersangkutan, membaca berkas perkara, menjawab, menanggapi, membuat, mengajukan dan menandatangani surat-surat atau permohonan-permohonan lain yang bermanfaat bagi Pemberi Kuasa, menjawab dan membantah / menolak hal-hal yang tidak benar, minta keterangan, mendengar, menolak atau mengajukan saksi-saksi sehubungan dengan perkara tersebut, mengajukan upaya hokum dan melakukan segala perbuatan / tindakan lain yang dibenarkan menurut hukum yang berlaku. Kuasa ini diberikan dengan Hak Substitusi sebagian atau seluruhnya kepada orang lain.

Makassar, 12 September 2018

Penerima Kuasa Pemberi Kuasa
PROF. DR. AHMAD RUDINI, S.H.I., M.H.I. Ilham Hidayat
DRA. WAHDAH AMALIATUZZAHRA ASSYIFA, S.H.I., M.HUM.

7. Contoh Surat Kuasa Khusus Perusahaan

Surat kuasa khusus juga dapat dibuat atas nama perusahaan untuk mendapatkan bantuan hukum dari advokat. Pemberian kuasa bertujuan untuk memberikan hak dan kewajiban kepada advokat bertindak atas nama perusahaan dalam melakukan tindakan hukum.

SURAT KUASA

Nama : Ilham Hidayat
Pekerjaan : Direktur PT Maju Mundur
Alamat : Jl. Ahmad Yani No. 12 Makassar

Karena itu bertindak untuk dan atas nama Perseroan Tersebut.
Selanjutnya disebut PEMBERI KUASA.
Dengan ini memberi kuasa dengan kuasa pengganti (subtitusi) kepada :

Nama : Fitriani
Pekerjaan : Pengacara

Advokat pada Kantor Advokat Sukses & Sehat Sejahtera, beralamat di Jl. Ahmad Yani No. 58 Makassar, baik secara sendiri-sendiri maupun bersama-sama, selanjutnya disebut PENERIMA KUASA

KHUSUS

Untuk mewakili, membela kepentingan hukum dari PEMBERI KUASA untuk mengajukan gugatan kepada PT CAKRA, beralamat di Jl. Jend. Sudirman No. 70 Makassar dan NS, Notaris, beralamat di Jl. Ahmad Yani No. 23 Makassar untuk pengembalian utang pokok dan bunga sehubungan dengan Perjanjian Kredit No 102, tanggal, 12 Agustus 2018,dibuat di hadapan_____,Notaris di Makassar di hadapan Pengadilan Negeri Makassar.

Untuk Keperluan tersebut PEMBERI KUASA diberi kuasa untuk melakukan tindakan hukum untuk (jabaran kuasa dapat dinarasikan ke bagian kanan dan seterusnya):

  • Berbicara dengan petugas/pejabta pengadilan.
  • menghadiri persidangan.
  • melakukan penyitaan;
  • melakukan perdamaian (dengan ijin pemberi kuasa);
  • mengajukan replik;
  • mengajukan bukti-bukti atau akta;
  • mengajukan saksi-saksi;
  • menarik kesimpulan;
  • mengambil keputusan.
  • Kuasa ini diberikan dengan hak retensi.

Makassar, 12 September 2018

Pemberi Kuasa Penerima Kuasa
PT. Maju Mundur Sukses & Sehat Sejahtera
Ilham Hidayat
Ditektur Ttd

8. Contoh  Surat Kuasa Khusus Hak Asuh Anak

Masalah yang mungkin sering kita lihat adalah masalah hak asuh anak setelah perceraian. Untuk mengurus masalah hak asuh anak dibutuhkan bantuan tenaga hukum yang dapat mewakili atau melaksanakan hak dan kewajiban dalam tindakan hukum.

SURAT KUASA KHUSUS

Yang bertanda tangan dibawah ini:

Nama : Ilham Hidayat
Alamat : Jl. Ahmad Yani No.12 Makassar
Pekerjaan : Karyawan Swasta
No. KTP : 32897492395234792374979

selanjutnya disebut Pemberi Kuasa.

Bahwa untuk menjamin lebih jauh pemenuhan kewajiban Pemberi Kuasa dalam hal pelaksanaan serah terima Anak.
Maka dengan ini sekarang untuk nanti pada waktunya Pemberi Kuasa memberi Kuasa dengan Hak Substitusi kepada Jumardi, SH, MH
selanjutnya disebut Penerima Kuasa.

——————————K H U S U S —————————-

Untuk dan atas nama serta mewakili Pemberi Kuasa menandatangani Berita Acara Serah Terima (BAST) atas kantor yang terletak di Jl. Ahmad Yani No. 70 Makassar
Untuk keperluan tersebut diatas, Penerima Kuasa berhak menghadap pejabat yang berwenang atau siapapun dan dimanapun, meminta dan memberikan keterangan, membuat serta menandatangani surat-surat dan/atau dokumen yang diperlukan serta melakukan segala tindakan apapun tanpa dikecualikan, sehingga dibuatnya surat kuasa ini dapat terlaksana dengan sebaik-baiknya.

Segala resiko dan biaya-biaya yang timbul sehubungan dengan penandatanganan Berita Acara Serah Terima tersebut menjadi tanggung jawab dan beban Pemberi Kuasa.
Demikian Surat Kuasa ini dibuat khusus untuk keperluan tersebut di atas.

Makassar, 12 September 2018

Persetujuan Istri Pemberi Kuasa
Ttd Ilham Hidayat

9. Contoh Surat Kuasa Khusus Harta Bersama

Masalah perselisihan harta bersama bisa terjadi setelah perceraian dilakukan. Oleh karena itu diperlukan tindakan hukum untuk menyelesaikan masalah tersebut. Sehingga tidak jarang orang menggunakan jasa pengacara dengan memberikan hak/ kewajiban dalam tindakan hukum melalui surat kuasa.

SURAT KUASA

Yang bertanda tangan dibawah ini:

Nama : AULIA AMELIA BINTI MULYA
Umur/Tanggal lahir : 30 tahun / Purwakarta, 30 Juli 1979
Pekerjaan : Guru Honorer
Agama : Islam
Alamat : JL. Baru RT. 27/03 Kelurahan Nagri Kaler Kec.Purwakarta / Kab. Purwakarta

Memberi kuasa penuh kepada :

MUHAMMAD IRIS WIKARSO, SH.

Advokat/Pengacara & Penasehat Hukum, berkantor di Jl., Pesantren Cipulus RT. 07/03 Nageog Kec.Wanayasa, Purwakarta Jawa Barat, HP 087779950333/085759944333 selanjutnya dipilih sebagai domisili hukum pemberi kuasa.

————————————————KHUSUS————————————————

Untuk dan atas nama pemberi kuasa, mewakili pemberi kuasa sebagai PENGGUGAT dalam perkara permohonan Cerai Gugat Melawan DANI SETIAWAN Bin MUNAJAT, umur: 33 tahun (Purwakarta, 31 Desember 1976), agama: Islam, pekerjaan: Karyawan, alamat: Perum Dian Anyar L4 No. 1 RT. 03/12 Kelurahan Ciseureuh Kec.Purwakarta/Kab. Purwakarta, sebagai TERGUGAT yang hendak diajukan Gugatan tersebut pada Pengadilan Agama Purwakarta.

Untuk itu penerima kuasa dikuasakan untuk menghadiri setiap persidangan, menghadap hakim, membela hak-hak dan mengurus kepentingan-kepentingan pemberi kuasa.

Penerima kuasa berhak mengajukan gugatan harta bersama terhadap Tergugat, mengajukan replik dan menandatanganinya, menghadirkan saksi-saksi, memberikan keterangan-keterangan yang dianggap perlu dan menolak saksi-saksi lawan, membuat kesimpulan, memohon salinan putusan.

Untuk menghadap pejabat-pejabat serta instansi-instansi yang berwenang sehubungan dengan permasalahan tersebut di atas, untuk melakukan segala sesuatu tindakan hukum yang patut dan dianggap perlu, baik dan berguna bagi pemberi kuasa serta untuk melakukan segala upaya hukum, yang diperkenankan menurut Undang-Undang. Kuasa diberi wewenang untuk melakukan perdamaian atau menolaknya, menandatangani surat-surat yang diperlukan untuk itu, menerima pembayaran serta meminta kwitansi tanda bukti pembayaran, menggunakan segala upaya hukum menurut HIR/RBG.

Kuasa diberi hak untuk memindahkan kuasa ini kepada orang lain (substitusi) serta diberi hak retensi.

Purwakarta, 20 September, 2018

Yang Memberi Kuasa Yang Menerima Kuasa
AULIA AMELIA MUHAMMAD IDRIS WIKARSO,SH

10. Contoh Surat Kuasa Khusus Laporan Polisi

Apabila anda melaporkan suatu tindakan pidana ke kepolisian dan membutuhkan pendampingan. Anda bisa memberikan kuasa hukum kepada pengacara untuk mendampingi dalam berbagai tindakan hukum.

SURAT KUASA KHUSUS

Yang bertanda tangan dibawah ini:

Nama : Ilham Hidayat
Umur : 30 Tahun
Agama : Islam
Alamat : Jln Merdeka Timur 23 Makassar

Untuk selanjutnya disebut sebagai Pemberi Kuasa.

Bersama ini memilih tempat kediaman hukum (domisili) di kantor kuasanya yang disebut di bawah ini dan memberi kuasa sepenuhnya kepada: Nur Edi Suseno, SHl, adalah Advokat dan penasehat hukum pada kantor hukum NE. Soeseno dan Rekan, yang berkedudukan di jalan Hayam Wuruk 12 Makassar.

Untuk itu sah bertindak untuk dan atas nama Pemberi kuasa .

selanjutnya disebut sebagai Penerima Kuasa.

————– KHUSUS ————-

Untuk dan atas nama Pemberi Kuasa yang nama dan alamatnya tersebut diatas guna melaporkan:

Mewakili, mendampingi dan memberi bantuan hukum kepada Pemberi Kuasa selaku Pelapor dalam dugaan tindak pidana penggelapan dalam pekerjaan yang diduga dilakukan oleh sdr. Semprul sebagaimana diatur dalam Pasal 374 KUHP di Kepolisian Resort Kota besar Makassar.

Dengan surat kuasa ini, Penerima Kuasa berhak mendampingi Pemberi Kuasa serta mendapatkan berkas-berkas yang berkaitan dengan kepentingan Pemberi Kuasa pada setiap tingkatan pemeriksaan di Kepolisian Resort Kota besar Makassar dan atau masih masuk yurisdiksi wilayah Kepolisian Republik Indonesia, serta . seluruh instansi pemerintah atau swasta ataupun pada setiap instansi yang berkaitan dengan penyelesaian perkara ini, mengajukan bukti-bukti surat maupun saksi, menerima atau menolak segala macam pembayaran serta membuat surat-surat pembayaran yang berhubungan dengan perkara. Atau dengan kata lain penerima kuasa diberi kuasa untuk melakukan segala tindakan hukum yang dipandang perlu dalam menjalankan tugasnya tidak ada yang dikecualikan, asal tindakan tersebut tidak bertentangan dengan hukum dan perundang-undangan yang berlaku. Penerima kuasa juga diberi hak retensi dan hak substitusi oleh pemberi kuasa dalam menyelesaikan perkara tersebut diatas.

Demikian surat kuasa ini diberikan untuk dijalankan.

Makassar, 12 September 2018

Penerima Kuasa Pemberi Kuasa
Ttd Ilham Hidayat

11. Contoh Surat Kuasa Khusus Jual Beli Mobil

Jika anda ingin menjual mobil pribadi tetapi tidak ingin repot dengan masalah administrasi dan negosiasi. Anda bisa bisa mewakilkan penjualan kepada orang lain. Untuk memberikan kewenangan penjualan harus disertai dengan surat kuasa.

SURAT KUASA

Yang bertanda tangan dibawah ini:

Nama : Ilham Hidayat
Umur : 26 tahun
Tempat Tanggal Lahir : 10 Juli 1991
Alamat : Jl. Ahmad Yani No. 12 Makassar

Yang selanjutnya disebut sebagai Pemberi Kuasa.
Dengan ini memberi kuasa kepada:

Nama : Ryan Ersal Arifin,.S.H
Umur : 30 Tahun
Tempat/ Tanggal Lahir : Semarang/ 27 maret 1986
Alamat : Jl soekarno hatta kecamatan lowokwaru no 31 Malang

Yang selanjutnya disebut sebagai PenerimaKuasa.

—————————KHUSUS————————–

Untuk dan atas nama pemberi kuasa mewakili dan mengurus serta menjual Kendaraan bermotor merk : .Toyota, Type : 86, warna : Merah, tahun : 2015, No. Pol. : N-3671-WF, No. Rangka : va98765432, No. BPKB : 23071996, atas nama : Robby Alvian —————————————————————————————————————–
Untuk keperluan di atas maka, penerima kuasa dapat melakukan tindakan sebagai berikut :
1. Untuk menandatangani surat perjanjian jual beli, surat pernyataan melepaskan hak atas kendaraan bermotor tersebut dan atau surat-surat yang berhubungan dengan maksud dan tujuan pelepasan hak kepemilikan atas kendaraan bermotor tersebut.
2. Menerima uang dan menandatangani kwitansi hasil dari penjualan kendaraan bermotor tersebut serta melakukan tindakan lain yang dianggap perlu dan patut sehubungan dengan diberikannya kuasa ini.
Demikian surat kuasa ini dibuat untuk digunakan sebagai mana mestinya.

Makassar, 12 September 2018

Penerima Kuasa Pemberi Kuasa
Ryan Ersal Arifin,.S.H Ilham Hidayat

12. Contoh Surat Kuasa Khusus Jual Beli Tanah

Jika anda memiliki tanah yang ingin dijual, entah itu tanah milik pribadi atau tanah warisan milik bersama. Anda bisa melimpahkan wewenang kepada pihak lain untuk mengurus penjualan tanah tersebut,

SURAT KUASA

1. Yang bertanda tangan di bawah ini:

Nama :
Umur :
Pekerjaan :
Beralamat di :

2. Yang bertanda tangan di bawah ini:

Nama :
Umur :
Pekerjaan :
Beralamat di :

Keduanya adalah pasangan Suami Istri yang sah.

Dengan ini menerangkan memberi kuasa penuh kepada:

Nama :
Umur :
Pekerjaan :
Beralamat di :

KHUSUS

Untuk dan atas nama Pemberi Kuasa mewakili sebagai Penjual, melepaskan hak, mengoperkan atau dengan cara lain memindah tangankan kepada Pihak lain dengan harga dan syarat-syarat yang ditetapkan sendiri oleh penerima kuasa atas Sebidang tanah Hak Milik/ Gedung Bertingkat/Rumah Tinggal, yang tertuang dalam Sertifikat Hk Milik Nomor : …………., seluas ……….. M2, yang terletak di Propinsi ……………., Kotamadya/Kabupaten ………, Kecamatan …………, Kelurahan …………………….RT………RW…………,sebagaimanan diuraikan dalam Gambar Situasi tanggal ………………….. Nomor : ………….atas nama …………………., berikut bangunan yang berdiri diatas tanah tersebut beserta turutan-turutannya.

Untuk itu Penerima Kuasa diberi kuasa untuk menghadap pejabat pembuat akta tanah, notaris, instansi-instansi, jawatan-jawatan, pejabat-pejabat, pembesar-pembesar yang terkait, memberikan keterangan-keterangan, memperlihatkan surat-surat, membuat dan menandatangani surat-surat, akta-akta yang diperlukan, menerima hasil penjualan, memberikan kwitansi atau tanda terima atas jual beli tersebut, memilih domisili serta dapat mengerjakan segala sesuatu pekerjaan yang umumnya dapat dikerjakan oleh seorang kuasa/wakil guna kepentingan tersebut diatas. dengan tidak ada yang dikecualikan.

Sidoarjo, 12 September 2018

Penerima Kuasa Pemberi Kuasa
(………………….) (………………….)

13. Contoh Surat Kuasa Khusus Sewa Menyewa

Bukan hanya dalam urusan jual beli. Urusan sewa menyewa juga bisa diwakilkan atau dikuasakan kepada orang lain. Berikut contoh surat kuasa khusus untuk sewa menyewa.

SURAT KUASA SEWA MENYEWA

Yang bertanda tangan dibawah ini:

1 Nama : Waluyo
Pekerjaan : Wiraswasta
Alamat : Desa Balong Sari RT. 05 RW. 03 Kecamatan Geger Kabupaten TONAYA

 

2 Nama : MASRUFAH
Pekerjaan : Wiraswasta
Alamat : Perum Bumi Mas II Blok TT No. 04 RT. 058 RW 013 Kelurahan Balong Sari Kecamatan Taman Kotamadya TONAYA

 

3 Nama : ADIAN
Pekerjaan : Wiraswasta
Alamat : Kelurahan Batuampar RT. 049 Kec. TONAYA Utara
Kota TONAYA

Dengan ini memberi kuasa kepada

Nama : SUKAMTO
Pekerjaan : Wiraswasta
Alamat : Desa Balong Sari RT. 05 RW. 03 Kecamatan Geger Kabupaten TONAYA

—————————–Khusus———————–

Untuk dan atas nama Pemberi Kuasa menyewakan sebuah rumah/tanah yang terletak di jalan Pasanggrahan IX Kelurahan Taman Kecamatan Taman Kotamadya TONAYA sebagaimana tersebut dengan tiga (3) Sretifikat yang masing-masing sebagai berikut :——-
1. Sertifikat Hak Milik Nomor : 339957 terletak di Propinsi Jawa Timur Kotamadya TONAYA kecamatan Taman Kelurahan Taman yang diuraikan dengan Surat Ukur tanggal 2 – 9 – 1999 Nomor : 149901 tertulis atas nama : Nyonya Hajjah MASRUFAH
2. Sertifikat Hak Milik Nomor : 339956 terletak di Propinsi Jawa Timur Kotamadya TONAYA kecamatan Taman Kelurahan Taman yang diuraikan dalam Surat Ukur tanggal 2 – 9 – 1999 Nomor : 149900 tertulis atas nama : Nyonya MASRUFAH
3. Sertifikat Hak Milik Nomor : 339958 terletak di Propinsi Jawa Timur Kotamadya TONAYA kecamatan Taman Kelurahan Taman yang diuraikan dalam Surat Ukur tanggal 2 – 9 – 1999 Nomor : 149902 tertulis atas nama : Nyonya SUKIMAN
Berhubungan satu dan yang lain hal Pemberi Kuasa tidak dapat hadir untuk menandatangani Surat Perjanjian Sewa Menyewa maka dengan ini Pemberi Kuasa memberikan Kuasa kepada Penerima Kuasa dengan ini menerima Kuasa dari Pemberi Kuasa. Adapun Kuasa dari pemberi Kuasa kepada Penerima Kuasa adalah sebagai berikut :—————————————————————————–
a. Untuk menyewakan atas rumah/tanah yang tersebut diatas kepada Penyewa serta mewakili dan atas nama Pemberi Kuasa menandatangani Surat Perjanjian Sewa Menyewa atas rumah/tanah tersebut diatas :————————————–
b. Menerima uang hasil sewa menyewa rumah/tanah tersebut diatas——————-
c. Membuat/ menandatangani kuitansi bukti pembayaran——————————–
d. Memberikan keterangan-keterangan yang diperlukan———————————-
e. Menandatangani surat-surat yang beraitan dengan sewa menyewa tersebut diatas———————————————————————————————–
f. Melakukan semua tindakan-tindakan yang dianggap baik untuk tercapainya maksud dan tujuan Pemberi Kuasa ini—————————————————–
Demikian Kuasa Sewa Menyewa ini dibuat untuk dapatnya dipergunakan sebagaimana mestinya——————————————————————————-

TONAYA, 20 September 2018

Penerima Kuasa Pemberi Kuasa
1. Waluyo………………………..
SUKAMTO 2. MASRUFAH……………………
3. SUKIMAN………………..

14. Contoh Surat Kuasa Khusus Mendampingi Saksi

Bagaimana jadinya jika anda diminta untuk menjadi saksi suatu kasus tertentu? Mungkin anda butuh orang yang lain untuk mendampingi. Tentunya dalam hal ini adalah pengacara. Oleh karena itu dibutuhkan surat kuasa untuk mendapatkan pendampingan sebagai saksi.

SURAT KUASA

Yang bertanda tangan/bercap jempol tangan kiri*) di bawah ini:

Nama : ………………………………
Umur : ………………………………
Pekerjaan : ………………………………
Tempat Tinggal : ………………………………

dalam hal ini memilih tempat kediaman hukum (domisili) penasihat hukumnya di bawah ini, dan dengan ini menunjuk dan memberikan kuasa dengan hak substitusi baik sebagian maupun seluruhnya kepada:

Nama:

advokat/penasihat hukum, izin praktik No.:……………………………….
tanggal…………………yang dikeluarkan oleh…………………
tanggal…………………, anggota……………………………………

berkedudukan di kantornya Jalan ……………………………………,
Kota Malang Jawa Timur.

KHUSUS

Untuk bertindak selaku penasihat hukum guna mendampingi pemberi kuasa dalam hal memberikan keterangan sebagai saksi di tingkat penyidikan yang maksud dalam Laporan Polisi tanggal Nomor: dengan tersangka atas sangkaan melakukan tindak pidana menurut pasal

Untuk keperluan itu, maka penasihat hukum/yang diberi kuasa tersebut di atas, berwenang sepenuhnya berbicara dan memberikan keterangan, menghadap, mendampingi pemberi kuasa dalam segala pemeriksaan maupun dalam tindakan hukum lainnya oleh penyidik maupun penuntut umum a.l: penyitaan, penggeledahan, pemeriksaan di TKP, penangkapan, penahanan, rekonstruksi, dan lain sebagainya.

Selanjutnya penasihat hukum/penerima kuasa tersebut berwenang pula untuk mengajukan dan menyangkal alat-alat bukti, membuat dan menandatangani dan mengajukan surat-surat, termasuk di dalamnya surat permohonan praperadilan, menghadap pada semua pejabat/instansi pemerintah maupun swasta baik sipil maupun militer di seluruh Indonesia dan lain sebagainya, satu pun tiada yang dikecu-alikan. Untuk singkatnya penerima kuasa dapat melakukan segala sesuatu yang dianggapnya perlu dan berguna berkenaan dengan pemberian kuasa ini yang sedianya dapat dilakukan sendiri oleh pemberi kuasa pribadi dalam perkara ini.

Demikian kuasa ini dibuat dan ditandatangani di Malang pada tanggal

Penerima Kuasa Pemberi Kuasa
(………………………..) (………………………..)

15. Contoh Surat Kuasa Khusus Kasasi

Anda pernah atau sedang menjadi termohon kasasi. Anda tentuya butuh seorang pengacara yang menggantikan hak dan kewajiban anda dalam berbagai tindakan hukum. Tentunya dengan membuat surat kuasa terlebih dahulu.

SURAT KUASA

Yang bertanda tangan di bawah ini ;
…….pekerjaan…. beralamat di ….

Dalam hal ini memilih kediaman atau domisili hokum di kantor kuasanya yang tersebut dibawah ini :

Dengan ini menerangkan memberi kuasa penuh kepada :

  1. …………………..
  2. …………………..
  3. …………………..

Advokat dan Pengacara pada kantor ……

K h u s u s

Untuk dan atas nama pemberi kuasa mewakili sebagai Termohon kasasi ke Mahkamah Agung Republik Indonesia terhadap putusan Pengadilan Tinggi ……tanggal…….No……..yang diberitahukan pada tanggal ………antara …………….lawan………………..dalam perkara …………..mengenai ……….……

Untuk itu yang diberi kuasa dikuasakan untuk mennghadap dan menghadiri semua persidangan di ………menghadap instansi-instansi, jawatan-jawatan, hakim-hakim, pejabat-pejabat, pembesar-pembesar, menerima, membalas surat-surat , akta-akta, melihat dan mempelajari berkas perkara, berita acara, menyusun, mengajukan dan menandatangani risalah-risalah, contra memori kasasi, meminta atau memberikan segala keterangan yang diperlukan, meminta atau menolak keterangan saksi-saksi, mengangkat sita jaminan, meminta penetapan-penetapan, putusan, meminta penghentian atau menjalankan putusan (eksekusi), dapat mengambil segala tindakan yang penting dan berguna sehubungan dengan menjalankan perkara serta dapat mengerjakan segala sesuatu pekerjaan yang umumnya dapat dikerjakan oleh seorang kuasa/wakil guna kepentingan tersebut diatas.

Surat kuasa ini diberikan dengan hak subtitusi kepeda orang lain dan hak retensi menurut hukum.

Sidoarjo,….………

Penerima Kuasa Pemberi Kuasa
………………….. …………………..

Surat kuasa khusus tentunya tidak terlepas dari berbagai upaya tindakan hukum. Maka dalam pembutan surat kuasa tersebu tentunya harus memperhatikan dengan baik setiap poin dari isinya. Kesalahan dalam penulisan isi surat bisa berakibat fatal.

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *