Connect with us

Contoh Surat Resmi


Contoh Surat

15 Contoh Surat Untuk Sahabat Paling Lengkap Terbaru

Contoh Surat Untuk Sahabat – Seiring dengan perkembangan zaman dan teknologi yang sudah semakin canggih, komunikasi dengan cara berkirim surat kepada sahabat sekarang ini sudah sangat jarang kita temukan. Kebanyakan orang menggunakan surat hanyalah untuk kepentingan resmi ataupun kepentingan perusahaan dan instansi pemerintahan.

Sekarang ini, kebanyakan orang lebih memilih berkomunikasi melalui e-mail, media chatting, media sosial, ataupun melalui telepon dan pesan singkat. Hal ini memang wajar, mengingat komunikasi tersebut jauh lebih mudah dan lebih simpel dibandingkan harus menggunakan surat. Selain itu, komunikasi modern tersebut juga menawarkan komunikasi yang lebih cepat.

Contoh Surat Untuk Sahabat

Namun tidak ada salahnya kita tetap menggunakan surat atau jika ingin menggunakan surat sesekali ketika ingin berkomunikasi dengan orang lain, seperti kepada sahabat sendiri. Karena sudah jarang digunakan orang, maka memang bisa dipastikan kalau sahabat anda akan terkejut menerima surat dari anda.

Namun disinilah letak keistimewaan yang anda berikan kepada sahabat. Disaat orang lain memilih komunikasi simpel untuk sahabatnya, anda malah memilih untuk menggunakan surat. Tentu saja proses berkirim surat ini membutuhkan perjuangan lebih dan membutuhkan waktu lebih banyak.

Namun jika anda bersedia menerima hal tersebut semua demi sahabat, maka tentu saja sahabat akan semakin sayang sama anda. Jika anda ingin berkirim surat kepada sahabat, maka beberapa contoh surat untuk sahabat di bawah ini mungkin akan berguna sebagai bahan referensi untuk anda.

1. Contoh Surat Untuk Sahabat

Melihat ribetnya proses berkirim surat dan waktu yang lebih lama untuk mengirim surat, kebanyakan orang tentu akan enggan menggunakan surat kepada sahabatnya. Namun anda bisa mencoba cara ini jika ingin memberi kejutan kepada sahabat. Sahabat anda akan lebih senang dan menghargai perjuangan anda untuk mengirim surat kepadanya.

Bogor, 20 Maret 2018

Sahabatku,
Jajang Nurjaman
Di Cikadut

Assalamu’alaikum.

Hai Jang, apa kabar? Apa kamu sehat-sehat saja Jang? Semoga kamu dan keluarga senantiasa diberikan kesehatan dan kebahagiaan oleh Allah SWT. Aamiiin.

Sudah lama rasanya kita tidak berjumpa, sudah hampir tiga tahun yang lalu Jang, tepatnya saat aku dan keluarga memutuskan untuk pindah ke Bogor. Sejak saat itu aku tidak pernah lagi mendengar kabar tentangmu Jang. Aku berharap kamu senantiasa berada dalam lindungan dan kasih sayang Allah SWT di manapun berada.

Akhir bulan ini aku dna keluarga berencana pulang ke Bandung untuk menjenguk nenek. Aku berharap pada hari itu bisa ikut rombongan untuk menjenguk kampung halaman sekalian bersilaturahmi dan bernostalgia dengan kalian wahai para sahabat kecilku yang sangat ku rindu.

Namun apa boleh buat, Allah berkehendak lain tentang rencana ini. Hari itu ternyata aku ada ujian semester dan juga presentasi di kampus. Dengan berat hati nampaknya perjumpaan kita harus diundur, dan aku belum tahu kapan.

Semoga secepatnya kita bisa bertemu ya Jang.

Oh iya Jang, sekian dulu ya, sampaikan salam sekaligus permintaan maafku kepada sahabat-sahabat yang lain. Katakan pada mereka kalau aku sangat merindukan kebersamaan kita dulu saat masa kecil.

Sahabatmu,

 

Anton Sanjaya

2. Contoh Surat Untuk Sahabat yang Singkat

Tidak harus bertele – tele dan panjang lebar, anda juga bisa mengirimkan surat singkat kepada sahabat anda. Anda bisa sekedar menanyakan kabar sahabat, dan anda juga bisa menceritakan keadaan anda yang sekarang. Jika anda memiliki waktu untuk berkunjung ke tempatnya, jangan lupa juga untuk memberitahukannya.

Yogyakarta, 20 Maret 2018

Rini Wulandari
Jln. Pasar Minggu, No. 35
Depok

Rini yang imut,

Hei, apa kabar kamu Rin? Aku berharap kamu baik-baik saja dan sehat selalu ya! Karena aku di sini juga sehat dan baik-baik saja Rin.

Eh, Rin, rencananya bulan depan aku mau pergi ke rumah tante aku yang ada di Samarinda. Jadi aku bisa sekalian mampir ke rumahmu. Bolehkan kalau nanti aku main ke rumahmu Rin? Harus boleh lah ya pokoknya hehe, soalnya aku sudah rindu berat dengan kamu Rin. Awas aja kalau tidak boleh!!

Jangan marah lho, Rin, aku cuma bercanda aja kok hehe.

Rin, kamu masih pelihara kodok gak di rumah? Sekarang udah berapa jumlahnya? Pasti udah nambah banyak ya? Mereka lucu-lucu dan pinter-pinter deh kayak kamu.

Rin, sekian dulu ya surat dari aku. Jangan lupa dibalas ya Rin. Aku tunggu balasan kamu lho!

Dari temanmu yang cantik,

 

Intan Permatasari

3. Contoh Surat Pribadi Untuk Sahabat

Surat pribadi merupakan surat yang dipergunakan oleh perseorangan untuk kepentingan komunikasi pribadi. Dan contoh surat untuk sahabat merupakan salah satu contoh surat pribadi yang bisa anda gunakan untuk berkomunikasi dengan sahabat.

Surabaya, 20 Maret 2018

Untuk Sahabatku,
Maemunah Juned
di Jakarta

Assalamualaikum…

Hay Mae yang cantik jelita, bagaimana kabarmu sekarang? Aku di sini Alhamdulillah baik-baik saja Mae. Semoga kamu dan keluarga selalu diberikan kesehatan dan keberkahan.

Sudah lama ya Mae kita tidak bertemu? Terakhir kita berjumpa itu kayaknya waktu kita baru saja naik kelas 3 dan kamu malah pindah ke Jakarta. Sekarang aku sudah kelas VI Mae. Kamu juga dong sama tentunya. Hehe.

Oh iya Mae, aku sengaja nih menulis surat ini karena aku sednag rindu sama kamu. Aku rindu masa-masa dulu saat kita selalu main bersama setiap waktu. Bermain, bercanda, dan belajar bersama. Dulu kita selalu menghabiskan waktu bersama-sama.

Kita ini sudah bagaikan saudara kandung kan Mae? Masih begitu hangat dalam ingatanku, waktu itu di hari ulang tahunku, kamu hadir dan memberiku kado berwarna kuning cerah yang di dalamnya berisi boneka Doraemon yang lucu banget! Kamu mungkin tidak tahu, hingga saat ini boneka itu masih aku simpan loh.

Mae, kapan ya masa-masa kebersamaan itu akan terulang kembali? Meskipun rasanya tidak mungkin, bahkan dengan keadaanmu sekarang yang sudah menjadi pemain karate terkenal, aku harap kamu tidak melupakanku. Aku disini selalu merindukanmu dan berharap kita bisa betemu lagi dan bernostalgia seperti dulu kita saat kecil.

Sekian dulu ya Mae, kapan-kapan disambung lagi. Kalau kamu ada waktu, mohon segera balas ya suratku ini. Kalau kamu tidak membalasnya berarti kamu itu sombong dan sudah melupakanku karena kamu sekarang sudah punya banyak penggemar.

Pesanku, jaga diri kamu baik-baik ya, dan yang terpenting adalah jaga kesehatan kamu. Jangan lupa belajar. Semoga kita bisa segera bisa bertemu.

Wassalamualaikum…

Salam Manis, Sahabatmu,

 

Intan Permatasari

3. Contoh Surat Untuk Sahabat Sekaligus Saudara

Tentu anda memiliki sahabat yang sangat akrab bukan?. Bahkan saking akrabnya, anda mungkin sudah menganggapnya sebagai saudara yang tidak bisa dipisahkan. Nah, untuk tetap menjalin silaturahmi dan perahabatan yang baik, maka anda bisa mengirimkan surat untuk sahabat anda.

Wonosobo, 20 Maret 2018

Sahabatku,
Gelora Ambara Putri
Jl. Gajah Mada No. 75
Lampung

Salam persahabatan,

Hai, apa kabar Put? Bagaimana keadaanmu sekarang? Sehat dan bahagia bukan? Apa kabar bunga mawar yang di depan rumah kamu? Apa kamu masih merawatnya?

Put, aku ingin sekali loh bertemu sama kamu. Kamu pasti tambah imut deh sekarang, ya kan? Atau mungkin tambah tinggi aja ya badan kamu?

Putri, sahabatku yang baik. Sejak kita berpisah waktu itu, banyak hal yang terjadi di sini. Kota kita memang berkembang sangat pesat Put. Kamu masih ingat dengan gedung yang dulunya menjadi tempat pentas dan latihan drama kita? Gedung itu sekarang sudah rata dengan tanah Put. Kini sudah muncul bangunan-bangunan baru yang super mewah dan menjulang ke langit, tapi sayang tempat itu hanya sebgai tempat belanja! Rasanya sudah tidak mungkin untuk menjadi tempat kesenian, apalagi untuk pentas drama.

Put, sekian dulu ya. Jangan lupa balas ya surat aku ini. Kutunggu kabarmu loh!

Sampaikan salamku untuk Ibu dan Bapak, Juga Mas sampaikan ke Mas Burhan. Terima kasih Put… Sampai jumpa di liburan panjang yang akan datang.

Sampai jumpa.

Sahabatmu,

 

Intan Permatasari

4. Contoh Surat Untuk Sahabat Dalam Bahasa Inggris

Jika anda memiliki sahabat yang fasih dan suka berbahasa Inggris, maka tidak ada salahnya kalau anda mengirimkannya surat dalam bahasa Inggris. Walaupun anda harus berusaha keras untuk membuat surat tersebut, namun sahabat tentu akan sangat senang dan menghargai usaha anda, sekalipun hasilnya kurang bagus.

Jakarta, Marc 20, 2018

Tamara
Jl. Asia Afrika No. 56
Bandung

Hi my companion, how are you there? I have a ton of stories in my new city. Clearly, this city is exceptionally wonderful and I think I would stay here in a drawn out stretch of time. A week ago, I visited numerous extraordinary places, for example, shoreline, waterfall, and hot showering spot.

My family and I went there in the morning to visit the shoreline and we went for surfing. As I would like to think, that was the best surfing place ever. In the event that you are traveling to my city, you will locate the huge waves and you’ll adore it. At that point, I went to the waterfall. I felt how the waterfall falling into my body and it was extremely energizing. Shouldn’t something be said about the hot washing spot? I would prefer not to let you know now, on the grounds that I need you to visit here so we can appreciate those spots together. It is a decent city, particularly for the traveler destinations.

Ideally we can meet soon, Tamara my closest companion.

Best Regard,

 

Anton Sanjaya

5. Contoh Surat Meminta Maaf Untuk Sahabat

Jika anda memiliki kesalahan kepada sahabat, maka tentu hal yang harus anda lakukan adalah meminta maaf. Jika anda tidak memiliki keberanian untuk meminta maaf langsung, maka anda bisa meminta maaf melalui surat yang anda kirimkan kepadanya. Anda juga bisa melakukan cara ini jika ingin tampil berbeda dalam meminta maaf dari orang lain kebanyakan.

Cirebon, 20 Maret 2018

Lilis Marinasari
Jl. Perjuangan No. 123
Cirebon

Lilis tercinta,

Aku ingin meminta maaf atas kelakuanku terakhir kali pada saat itu. Setelah beberapa refleksi jelas bahwa bukan salah kamu, bahwa aku putus dengan pacarku dan mungkin itu yang terbaik untuk kami.

Maaf aku marah padamu dan menyalahkanmu, aku hanya sedih saja. Aku harap ini tidak akan merusak persahabatan kita dan kita bisa melewati masa ini. Aku mengerti bagaimana perasaan kamu sekarang.

Salam hangat sahabatmu,

 

Intan Permatasari

6. Contoh Surat Untuk Sahabat Mengenai Pendidikan

Ketika anda menempuh pendidikan SMA tentu banyak sahabat – sahabat anda yang akhirnya berpisah ketika sudah lulus SMA. Bukan hal yang mudah untuk bertemu lagi, terlebih kalau melanjutkan pendidikan di universitas yang berbeda kota. Nah, di saat anda mengirimkan surat kepada sahabat, maka anda bisa menceritakan mengenai pendidikan anda dan di universitas tempat anda melanjutkan pendidikan sekarang.

Bandar Lampung, 20 Maret 2018

Untuk Sahabatku Dina
di Bogor

Assalamualaikum. . .

Hay Dina, bagaimana kabarmu di sana? Aku di sini baik-baik saja. Aku berharap kamu dan keluarga di sana juga selalu dalam keadaan sehat. Sudah lama ya kita tidak bertemu? Kalau tidak salah terakhir kita bertemu ketika kita lulus dari SMP dan sekarang kita sudah mau lulus SMA. Pasti kali ini kau sudah bertambah tinggi atau bahkan sudah lebiih tinggi daripadaku. Eh, bagaimana keadaanmu di Bogor? apakah benar yang sering dikatakan bahwa Bogor adalah kota hujan?

Dina, sebenarnya aku menulis surat ini karena akau sangat kangen kepadamu. Aku rindu masa-masa kita bersama, ketika saling menghabiskan waktu dan bercanda, Kapan ya masa-masa itu akan terulang kembali? Dina aku juga ingin mengabarkan kepadamu bahwa setelah lulus dari SMA ini aku akan melanjutkan pendidikanku di Universitas Indonesia. Aku telah lama ingin kuliah di salah satu universitas terbaik di negeri ini. Tolong bantu aku doa ya? Lalu bagaimana denganmu ? Mudah-mudahan kita bisa belajar bersama lagi di sana.

Sudah dulu ya, sampaikan salamku kepada ayah, ibu dan Ara di sana. Aku tunggu kabar darimu dan semoga kita bisa segera bertemu.

Wassalamualaikum . .

Salam Manis Sahabatmu,

 

Intan Permatasari

7. Contoh Surat Untuk Sahabat Berisi Permintaan Kunjungan

Sepasang sahabat yang berbeda tempat tinggal akan lebih baik jika saling mengunjungi. Hal ini berguna untuk tetap menjaga keharmonisan persahabatan anda. Namun jika anda tidak memiliki waktu untuk berkunjung ke tempat sahabat, maka anda bisa meminta sahabat anda yang datang untuk mengunjungi anda, sekaligus meminta maaf karena tidak bisa mengunjunginya.

Bandung, 20 Maret 2018

Untuk sahabatku tercinta, Amanda
di Jakarta

Halooo Amanda, Apa kabar? aku harap kamu selalu dalam keadaan sehat di sana. Eh Amanda, aku sangat kangen denganmu. Kalau ada waktu, main dong ke tempatku, sepertinya kamu sibuk sekali sampai-sampai tidak pernah mengunjungi aku lagi. Sebenarnya kali ini aku yang ingin datang ke tempatmu, tapi karena suatu alasan sepertinya aku harus mengurungkan niatku.

Amanda, kamu masih ingatkan dengan Sonya, teman lama kita? Ada kabar baik yang datang darinya bahwa minggu depan dia akan melaksanankan pernikahan. Dia pun mengundang aku dan berharap kamu bisa menghadirinya. Oh iya, satu lagi, terimakasih ya atas hadiah yang kau berikan kepadaku kemarin. Aku sangat menyukainya. Ternyata kamu tidak lupa dengan warna favoritku.

Sudah dulu ya, lain waktu kita sambung kembali.

Sahabatmu,

 

Intan Permatasari

8. Contoh Surat Untuk Sahabat Pemberitahuan Kunjungan

Jika anda memiliki rencana untuk mengunjungi sahabat, maka anda bisa memberikannya terlebih dahulu mengenai rencana tersebut. Dengan demikian, maka sahabat anda akan mempersiapkan waktu untuk bertemu. Dan jika memungkinkan dia juga mungkin akan mengajak anda untuk berkeliling kota dimana dia tinggal.

Bandar Lampung, 20 Maret 2018

Sahabatku tercinta, Dewi Anjani
di Tempat

Hay Dewi kabarku baik dan sehat. Bagaimana denganmu? aku harap kau juga sehat di sana. Aku juga rindu kepadamu, sebenarnya aku ingin sekali mengunjungimu di sana. Tapi maaf ya, aku saat ini sedang sibuk dengan pekerjaan-pekerjaanku. Aku janji deh, liburan bulan depan aku pasti akan mengunjungimu. Kamu siapkan makanan kesukaanku ya hhee?

Wah aku juga ikut berbahagia mendengarnya, tetapi sayang aku tidak bisa menghadirinya. Tolong sampaikan saja salam dan doaku kepadanya, semoga mereka menjadi keluarga yang sakinah, mawadah, warohmah. Jelas aku masih ingat dengan warna favoritmu, kita kan bersahabat sudah lama.

Sekian dulu ya surat dariku. Tunggu kedatanganku liburan bulan depan yang akan datang. Sampai jumpa yaa.

Peluk Hangat,
Sahabat baikmu,

 

Intan Permatasari

9. Contoh Surat Untuk Sahabat Semasa Kecil

Masa kecil merupakan masa yang sangat menyenangkan sepanjang kehidupan seseorang. Pada masa inilah kita isa merasakan kebebasan dan tanpa beban pikiran. Nah, saat menjalani masa kecil anda mungkin saja memiliki sahabat yang tidak bisa anda lupakan sampai anda dewasa. Maka dari itu, anda bisa mengirimkannya surat.

Jakarta, 20 Maret 2018

Teruntuk Hanna Saputri
Di tempat

Assalamualaikum Wr. Wb.

Halo Han, apa kabar? Sudah lama kita tidak bertemu, ya. Semenjak lulus SD, tidak ada kesempatan lagi untuk bertemu. Fi, bagaimana keadaanmu di SMP Negeri 155? Apakah kamu senang bersekolah di sana? Ya, di sana banyak teman kita.

Alhamdullillah, aku di SMP Negeri 115. Aku amat senang! Walaupun hanya tiga orang dari sekolah kita yang berhasil masuk Smabel. Tapi, di sini aku banyak mendapat teman baru yang amat baik dan juga kakak-kakak kelas yang sayang pada adiknya. Apalagi dengan kakak-kakak OSIS dan MPK. Wah, aku kagum sekali dengan Alyssa Haula Syaqilla! Kalau kamu mau mendengar pengalaman ku selama di Smabel, kamu boleh menanyakannya kepadaku. Atau, main saja ke rumahku.

Ngomong-ngomong, aku sangat rindu pada SD kita  dan teman-teman kita waktu SD. Apakah ada acara pertemuan atau reuni angkatan 31? Kalau tidak ada, kita buat acara sendiri saja, yuk. Undang teman-teman kelas 6A. Mumpung bulan Juni nanti banyak waktu liburan. Oh, iya kak Kahlil angkatan 30 yang pintar itu mencalonkan diri sebagai ketua OSIS lho!

Sekian dulu, ya! Sampai jumpa!

Sahabatmu,

 

Intan Permatasari

10. Contoh Surat Untuk Sahabat Ajakan Berlibur

Menghabiskan banyak waktu bersama sahabat merupakan hal yang sangat baik dalam membina persahabatan. Namun terkadang dikarenakan perbedaan kota tempat tinggal, anda tidak bisa menghabiskan banyak waktu bersama sahabat. Namun anda bisa meminta atau mengajak sahabat anda untuk menghabiskan waktu libur bersama.

Lampung, 20 Maret 2018

Laila
Jln. Melati, 20
Makassar 2030

Hello temanku, bagaimana kabarmu disana? Saya harap kamu baik-baik saja. Saya merindukanmu karena kita sudah lama tidak bertemu. Apakah kamu merindukanku juga? Jika kamu sedang berlibur, datanglah ke Lampung, saya yakin kamu akan menyukainya karena ini adalah kota yang indah.

Saya akan membawamu ke banyak tempat sepert teluk kiluan hingga tempat berselancar yang paling indah di Indonesia. Saya tahu bahwa kamu sangat suka berselancar, sehingga saya merekomendasikanmu untuk berkunjung kesini beberapa minggu.

Semoga kita dapat berjumpa secepatnya, teman baikku.

Temanmu,

 

Intan Permatasari

11. Contoh Surat Untuk Sahabat Menceritakan Liburan

Sudah hal yang wajar jika sepasang sahabat selalu menghabiskan banyak waktu hanya untuk sekedar bercerita. Sekalipun hal tersebut bukan hal yagn penting, namun tetap saja bisa dijadikan sebagai bahan cerita yang mengasyikkan. Nah, jika anda memiliki sahabat di luar kota, maka anda bisa menceritakan mengenai liburan yang baru saja anda lewati.

Bogor, 20 Maret 2018

Teman lamaku Muh Fadil
Di Palembang

Assalamualaikum Dill, apa kabarmu? Semoga kesehatan selalu menyertaimu. Alhamdulillah aku disini baik-baik saja. Aku kangen banget loh sama kamu hehe, kayak cewek-cewek aja kangen-kangenan segala haha. Peduli amat, iya kan? Orang kita juga bisa punya rasa kangen haha.

Eh, Fadilgimana liburan mu kemarin? Kamu tau gak, liburan ku begitu menyenangkan loh. Bayangin aja aku lagi berjalan sendirian di tepi pantai, terus tiba-tiba lewat seorang cewek yang cantik, tuh cewek betul-betul menarik perhatian aku loh haha. Langsung aku samperin loh, awalnya sih tuh cewek cuek banget, juteknya minta ampun. Tapi aku berhasil deketin dia, kamu tau kan aku ini rajanya ngegombal, sampe tukeran pin BBM segala loh. Untung saja gak ada kamu waktu itu, karena kamu lebih ganteng dari aku, otomatis tuh cewek pasti lebih milih kamu dari pada aku hoho.

Nah, itu cerita liburanku. Mana cerita liburanmu? Aku udah gak sabar pengen denger cerita liburan kamu seperti apa. Barang kali tidak menyenangkan haha.

Sekian dulu surat dari aku ya, kalo kamu tidak sibuk tolong sempatkan untuk membalas surat aku ya. Aku tunggu loh, inget tuh.

Sahabat Terbaikmu,

 

Anton Sanjaya

12. Contoh Surat Untuk Sahabat Menceritakan Keseharian

Seperti yang sudah saya utarakan diatas, sepasang sahabat memang tidak akan pernah kehabisan bahan cerita untuk diceritakan kepada sang sahabat. Nah, selain mengenai liburan, anda juga bisa menceritakan mengenai kesehari dan kehidupan anda yang sekarang. Bagaimana kegiatan anda setiap harinya, bagaimana sekolah anda, semua bisa anda ceritakan melalui surat yang anda kirimkan kepada sahabat.

Malang, 20 Maret 2018

Untuk sahabatku Amelia Putri tersayang
di Tangerang

Assalamualaikum…

Hay Amel yang manis, Alhamdulillah aku dan keluargaku baik-baik saja di sini. Akupun bersyukur kabarmu juga dalam keadaan baik di sana. Kamu benar sudah lama kita tidak bertemu. Aku bukan saja sudah besar. Kini aku tumbuh menjadi gadis remaja dan semakin cantik tentunya hehe. Sama seperti dirimu, aku sekarang sudah kelas VI. Aku yakin kalau kamu juga semakin manis.

Mel, mungkin kamu tidak tahu, disini aku juga merindukanmu. Aku selalu merindukan masa-masa kebersamaan denganmu seperti dulu. Aku kangen suasana di desa dan teman-teman semua. Trima kasih ya ternyata kado dariku masih kau simpan. Ketika membacanya, aku tertawa geli. Segitunya kau menyayangi si Bernard. Teganya kau samakan diriku dengan si Bernard hihihi.

Mel, kapan ke Jakarta ? Sekali-kali main dong kesini. Aku pasti mengajakmu jalan-jalan keliling Jakarta. Oh ya, aku punya kabar baik untukmu. Liburan semester tahun ini, InsyaAllah aku ke Kediri. Kamu tahu kan, Tante Hana, yang dulu sering mengantarkan aku les. Tante Hana ini akan menikah dengan orang Kediri. Aku bahagia banget. Karena kini aku punya keluarga di Kediri.

Aku rasa cukup sampai disini dulu ya Mel. Jangan khawatir, aku masih Marchellina yang dulu. Sahabat karibmu. Jarak dan waktulah yang memisahkan kita. Belajar yang rajin ya. Aku selalu mendoakanmu disini. Mama dan papa titip salam kepadamu. Jaga diri kamu baik-baik ya. Tunggu kedatanganku ! Sampai jumpa.

Wassalamualaikum…
Sahabatmu,

 

Intan Permatasari

13. Contoh Surat Kepada Sahabat Dalam Bahasa Sunda

Bahasa Indonesia merupakan bahasa persatuan yang harus kita pelajari bersama. Namun selain bahasa Indonesia, kita juga masih memiliki bahasa daerah masing – masing. Nah, jika anda kebetulan merupakan suku sunda dan mengerti bahasa Sunda, maka anda bisa mengirimkan surat kepada sahabat dalam bahasa Sunda. Namun sebelumnya pastikan dulu kalau sahabat anda juga mengerti bahasa Sunda.

Bandung, 20 Maret 2018

Kahatur: Riska Cynthia
Di Kedung Badak
Kota Bogor

Assalamualaikum ris, kumaha kabar anjeun ayena, damang?? Mugi wae damang salawasna, sareng keluargi oge mugia dina kaayaan sehat walafiat, sarta dilindungan ku allah swt. Amin.

Kumaha ayena ris sakola di bogor teh pikabeutaheun teu? pasti tos seueur rerencangan anu anyar yeh, tapi kahade ulah hilap ari ka abdi mah ris.

Ayena abdi alhamdullilah sakola di SMPN…, nu caket sareng bumi, nu penting mah dimana wae sakolana urang teh kudu rajin diajar, beh teu katinggaleun ku jaman modern sapertos ayena.

Ris, kadang mah abdi teh sok emut euy basa harita urang osok sasarengan di sakola SDN.. Urang harita mah sakelas bari jeung sok ocon bareng di kelas. Emm.. Mani sono, abdi janten hoyong kapendak pisan sareng riska.

Iraha ris, anjeun bade ameng deui ka bandung? Supados urang tiasa papendak paampok jonghok deui sasarengan. Ris, sakitu wae surat ti abdi, ulah hilap lamun aya waktos dibales suratna nya? Wassalamualaikum wr.wb

Salam sono,

 

Intan Permatasari

14. Contoh Surat Untuk Sahabat yang Pindah Sekolah

Ada banyak hal yang mengakibatkan sepasang sahabat harus tinggal berjauhan. Seperti orang tua yang pindah tugas ke kota lain dan sahabat anda harus mengikuti orang tuanya ke kota tersebut. Jika anda memiliki sahabat demikian, maka anda bisa mengirimkan surat kepadanya, dan menanyakan bagaimana keadaanya di sekolah yang baru.

Jakarta, 20 Maret 2018

Teruntuk Azria Husna
Di tempat

Assalamualaikum Wr. Wb.

Halo Zia, apa kabar? Sudah lama kita tidak bertemu, ya. Semenjak lulus SD, tidak ada kesempatan lagi untuk bertemu. Fi, bagaimana keadaanmu di SMP Negeri 155? Apakah kamu senang bersekolah di sana? Ya, di sana banyak teman kita.

Alhamdullillah, aku di SMP Negeri 115. Aku amat senang! Walaupun hanya tiga orang dari sekolah kita yang berhasil masuk Smabel. Tapi, di sini aku banyak mendapat teman baru yang amat baik dan juga kakak-kakak kelas yang sayang pada adiknya. Apalagi dengan kakak-kakak OSIS dan MPK. Wah, aku kagum sekali dengan Alyssa Haula Syaqilla! Kalau kamu mau mendengar pengalaman ku selama di Smabel, kamu boleh menanyakannya kepadaku. Atau, main saja ke rumahku.

Ngomong-ngomong, aku sangat rindu pada SD kita  dan teman-teman kita waktu SD. Apakah ada acara pertemuan atau reuni angkatan 31? Kalau tidak ada, kita buat acara sendiri saja, yuk. Undang teman-teman kelas 6A. Mumpung bulan Juni nanti banyak waktu liburan. Oh, iya kak Kahlil angkatan 30 yang pintar itu mencalonkan diri sebagai ketua OSIS lho!

Sekian dulu, ya! Sampai jumpa!

Sahabatmu,

 

Intan Permatasari

15. Contoh Surat Untuk Sahabat Ucapan Selamat Ulang Tahun

Sebagai seorang sahabat, sudah seharusnya kita memberikan ucapan selamat kepada sahabat yang sedang berulang tahun. Dengan ucapan selamat ulang tahun yang sederhan saja, sahabat tentu akan sangat senang karena kita memperhatikannya. Selain itu, anda juga bisa sambil memberikan atau mengirimkan kado ulang tahun kepada sahabat anda bersama surat yang anda kirimkan.

Malang, 20 Maret 2018

Dear Sahabatku Aisyah
Bandung

Assalamu’alaikum Aisyah

Hai Apa kabar sahabat, Gimana kabarmu sekarang? Pasti kamu tambah cantik dan tambah pintar dan tambah segalanya deh. Apa kabar juga adik kecilmu yang nggemesin itu?

Oh ya Aisyah selamat ulang tahun yang ke-18 tahun , sahabatku ternyata sudah beranjak dewasa, semoga Allah selalu memberimu umur yang berkah dan mengabulkan apa yang kamu semogakan.

Aisyah, sudah berapa lama kita tidak berjumpa. Sejak kita lulus smp tahun 2015 bukan? Tidak terasa sudah tiga tahun perpishan kita. Jadi rindu ngobrol-ngobrol bareng kamu dan main pantai lalu cerita – cerita panjang sampai sore tiba.

Sahabat aku punya banyak cerita buat kamu, cerita tentang tempat baruku di Malang. Sejak kita lulus Sekolah Menengah Pertama (SMP) lalu, beberapa hari setelahnya aku bersama ayah mengunjungi tempat yang aku tidak tahu sebelumnya. Orang-orang menyebutnya pondok pesantren.

Awalnya disana aku merasa asing, banyak yang tidak aku kenal dan belum menemukan sabahabat sepertimu. Namun seiring berjalannya kegiatan akhirnya satu persaatu aku mengenal mereka.

Mungkin itu dulu ya Aisyah, cerita selanjutnya nanti bisa aku ceritakan kalau kita ketemu, balasannya selalu aku tunggu yaa ceritakan atentang sekolah baru dan teman-teman barumu Aisyah. Salam buat bapak ibu dirumah dan adekmu yang gemes itu.

Wassalamu’alaikum wr. Wb.

Sahabat Tersayang,

 

Intan Permatasari

Kesimpulan Dan Pentingnya Surat Untuk Sahabat

Melihat canggihnya media komunikasi sekarang ini, maka sudah tentu jarang orang yang menggunakan surat untuk kepentinya pribadinya. Hal ini memang wajar, mengingat teknologi komunikasi sekarang banyak memudahkan kita dibandingkan harus menggunakan surat.

Dengan menggunakan surat untuk berkomunikasi dengan sahabat, maka anda juga harus siap repot untuk mengantarkan surat tersebut ke kantor pos. Belum lagi mengenai waktu yang banyak tersita hanya untuk menunggu surat tersebut sampai ke tangan sahabat anda.

Namun ketika surat tersebut sampai di tangan sahabat anda, bisa dipastikan kalau sahabat anda akan sangat senang menerima surat tersebut. Setidaknya dia akan berpikiran kalau anda tidak mempedulikan waktu dan kerepotan hanya untuk mengirimkan sepucuk surat kepadanya.

Sebagai seorang sahabat, memang sudah seharusnya kita berjuang sedikit untuk sahabat, begitu juga dengan mengirimkan surat kepada sahabat. Surat tersebut akan bisa disimpan oleh sahabat anda dan disimpan sebagai kenang – kenangan yang tidak akan pernah dilupakan.

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Lainnya terkait Contoh Surat