Connect with us

Contoh Surat Resmi


Contoh Surat

15 Contoh Surat Tidak Resmi Untuk Sahabat, Orang Tua, Dan Saudara Paling Lengkap

Contoh Surat Tidak Resmi – Jenis surat ada dua, yakni surat resmi dan surat tidak resmi. Penggunaan surat ini juga biasanya digunakan oleh pihak yang berbeda. Dimana surat resmi biasanya digunakan oleh sebuah perusahaan, intansi pemerintahan, lembaga – lembaga, dan juga sekolah. Sedangkan untuk surat tidak resmi biasanya digunakan oleh perseorangan untuk urusan yang bersifat pribadi.

Memang tidak bisa dipungkiri kalau penggunaan surat belakangan ini sudah semakin jarang. Hal ini tidak lain dan tidak bukan dikarenakan teknologi yang sudah semakin canggih. Biasanya orang – orang akan menggunakan internet ataupun telepon untuk berkomunikasi dengan orang lain.

Berbeda dengan perusahaan, biasanya masih menggunakan surat sebagai alat komunikasi resmi mereka. Namun ternyata dibalik kecanggihan teknologi sekarang ini, masih ada juga orang yang menggunakan surat sebagai salah satu media komunikasi mereka.

Contoh Surat Tidak Resmi

Ada banyak contoh surat tidak resmi yang bisa kita temukan, namun biasanya memang ditujukan untuk urusan pribadi. Dalam hal penggunaan bahasa, bisa dikatakan kalau surat tidak resmi tidak memiliki aturan dan bisa bebas dalam menggunakan bahasa maupun kalimat.

Tidak ada peraturan formal dalam penulisan surat resmi, semuanya terserah dengan orang yang menulis tersebut. Nah, jika anda masih kurang paham, maka beberapa contoh surat tidak resmi di bawah ini mungkin akan berguna sebagai bahan referensi untuk anda.

1. Contoh Surat Tidak Resmi Permintaan Maaf Kepada Teman

Sebagai seorang teman atau sahabat, belum tentu pertemanan atau persahabatan kita tidak memiliki masalah. Terkadang dikarenakan keegoisan kita, teman pun merasa sakit hati. Sebagai teman atau sahabat yang baik, maka sudah sepatutunya kita meminta maaf. Mungkin anda merasa risih kalau meminta maaf secara lisan langsung, maka anda bisa menggunakan surat tidak resmi untuk meminta maaf seperti contoh di bawah ini.

Bandung, 8 Agustus 2016

Kepada
Andhara Early
Di tempat

Dear Andhara Early,

Melalui surat ini, saya ingin meminta maaf perihal kejadian kemarin di kantin kampus. Saya tidak bermaksud untuk membuat kamu marah. Awalnya saya hanya ingin bercanda saja.  Tetapi maaf, ternyata bercanda saya keterlaluan sehingga membuat kamu marah. Kamu mau maafin aku kan?

Saya sudah sangat lama berteman denganmu, dan kamu sudah saya anggap sebagai sahabat dan keluarga saya sendiri, jadi sangat tidak mungkin jika saya bermaksud unntuk menyakiti kamu. Jujur,saya sangat menyesal telah melakukan hal yang membuatmu marah.  Saya tidak tahan jika harus dalam keadaan seperti ini. Saya ingin kita seperti sedia kala lagi. Pulang dan pergi ke kampus bersama, curhat ini itu, kamu dan saya selalu bersama ketika ada masalah, dan lain sebagainya.

Sekali lagi, Saya mohon maaf yang sebesar – besarnya kepada kamu. Saya berjanji tidak akan melakukan hal – hal keterlaluan lagi yang akan membuatmu marah.

Salam Maaf,

 

Adinda Permatasari

2. Contoh Surat Tidak Resmi Ucapan Selamat Kepada Teman

Sebagai teman yang baik, maka kita wajib senantiasa memberikan support kepada teman. Begitu juga ketika teman mencapai atau meraih sesuatu yang diinginkannya, maka kita bisa memberikan ucapan selamat atas keberhasilan tersebut. Hal ini akan membuat teman kita senang dan kita juga sebagai teman menunjukkan apresiasi kita atas keberhasilannya.

Bandung, 25 Februari 2018

Halo Vina,

Apa kabarnya nih? Aku disni alhamdulillah baik dan sehat. Mudah – mudahan disana kamu sehat dan baik juga ya.  Ga kerasa ya, udah 2 tahun kamu pergi ke Australia demi ngejar cita – cita kamu untuk sekolah disana. Udah 2 tahun pula kita ga ketemu . rasanya kangeen deh. Dan tahun ini waktunya kamu pulang ke Indonesia bukan?

Oh iya, selamat yaa atas kelulusan s2 kamu diana. Semoga gelas masternya barokah ya. Selamat juga, sebentar lagi kamu bakalan jadi istri orang. Mas Dhani juga udah ga tahan buat ketemu kamu tuh.. ciecie.. tapi sayangnya pas kamu pulang ke Indonesia, kamu dan Mas Dhani harus dipingit, karena kepulanganmu tepat  seminggu sebelum hari pernikahan kamu. Tahan – tahan ya kangennya. Setelah ketemu Mas Dhani nanti, kamu kan udah langsung sah jadi istrinya Mas Dhani.

Jujur, aku seneng banget deh. Senengnya banyak banget, sampe aku nggak bisa berhenti senyum. Pertama, aku seneng soalnya kamu bentar lagi bakalan pulang ke Indonesia, itu artinya, kita bakalan cepet ketemu setelah kurang lebih 2 tahun kita ga ketemu.

Eh, sepertinya sudah dulu ya, aku terlalu senang, jadinya banyak sekali yang aku tulis. Jangan bosan membaca suratku ya.. pokoknya selamat untuk semuanya. Aku tidak sabar menunggu kamu pulang ke Indonesia. Aku tidak sabar untuk bisa bertemu kamu.

Sampai jumpa di Indonesia :).

Salam kangen,

 

Adinda Permatasari

3. Contoh Surat Tidak Resmi Berupa Pemberitahuan Untuk Teman

Terkadang, kita memiliki teman yang berada di luar kota dan berada jauh dengan kita. Nah, jika anda memiliki kesempatan untuk berkunjung ke kota tempat teman anda tinggal, maka ada baiknya untuk menyisihkan waktu bertemu dengannya. Anda bisa memberitahukan kedatangan anda dengan menggunakan surat tidak resmi seperti di bawah ini.

Kepada
Windy Varisa Ahmad
Di Semarang

Assalamualaikum Wr. Wb.

Halo windy, gimana kabarnya? Mudah – mudahan kamu sehat dan selalu berada di lindungan Allah SWT. Mohon maaf sebelumnya karena aku sudah jarang menulis surat untukmu. Semenjak tempat kerjaku dipindahkan ke bagian internal, aku jadi semakin sibuk dan banyak kerjaan. Jadi maaf, baru kali aku bisa menulis surat lagi untukmu.

Oh iya, melalui surat ini juga, aku mau memberitahukanmu perihal pekerjaanku. Karena aku sekarang sudah di bagian internal, aku harus ikut bos dinas keluar kota. Dan kebetulan, mnggu depan bosku ada meeting di semarang, dan setelah aku google, tempat meetingnya tidak jauh dari tempatmu. Aku akan pergi ke semarang dengan kereta hari Minggu, 28 Agustus 2016 jam 05.00 WIB. Dan perkiraan sampai disana jam 10.30 WIB. Aku di Semarang sekitar seminggu lamanya. Mudah – mudahan kamu ada waktu ya untuk kita bisa bertemu walau cuma sebentar.

Sepertinya cukup sekian dulu surat dariku. Hal – hal yang ingin aku ceritakan aku simpan dulu, nanti akan kuceritakan ketika kita bertemu nanti.

Sampai bertemu nanti Windy!!

Wassalamualaikum Wr Wb.

Bandung, 25 Februari 2018,

 

Adinda Permatasari

4. Contoh Surat Tidak Resmi Untuk Teman Yang Pindah Sekolah

Jika teman anda pindah sekolah bukan berarti pertemanan atau persahabatan yang kalian bina akan terbengkalai begitu saja. Anda masih bisa tetap berteman dengan dia walaupun sudah berjauhan dan bersekolah di sekolah yang berbeda. Anda bisa menanyakan hal apa saja, baik itu mengenai tempat tinggalnya yang baru, maupun keadaan sekolahnya yang baru, seperti contoh di bawah ini.

Jakarta, 25 Februari 2018
Teruntuk Azria Husna
Di tempat

Assalamualaikum Wr. Wb.
Halo Zia, apa kabar? Sudah lama kita tidak bertemu, ya. Semenjak lulus SD, tidak ada kesempatan lagi untuk bertemu. Fi, bagaimana keadaanmu di SMP Negeri 155? Apakah kamu senang bersekolah di sana? Ya, di sana banyak teman kita.

Alhamdullillah, aku di SMP Negeri 115. Aku amat senang! Walaupun hanya tiga orang dari sekolah kita yang berhasil masuk Smabel. Tapi, di sini aku banyak mendapat teman baru yang amat baik dan juga kakak-kakak kelas yang sayang pada adiknya. Apalagi dengan kakak-kakak OSIS dan MPK. Wah, aku kagum sekali dengan Alyssa Haula Syaqilla! Kalau kamu mau mendengar pengalaman ku selama di Smabel, kamu boleh menanyakannya kepadaku. Atau, main saja ke rumahku.

Ngomong-ngomong, aku sangat rindu pada SD kita  dan teman-teman kita waktu SD. Apakah ada acara pertemuan atau reuni angkatan 31? Kalau tidak ada, kita buat acara sendiri saja, yuk. Undang teman-teman kelas 6A. Mumpung bulan Juni nanti banyak waktu liburan. Oh, iya kak Kahlil angkatan 30 yang pintar itu mencalonkan diri sebagai ketua OSIS lho!

Sekian dulu, ya! Sampai jumpa!

Sahabatmu,

 

Adinda Permatasari

5. Contoh Surat Tidak Resmi Mengajak Teman Berkunjung Kerumah

Memiliki teman atau sahabat yang jauh dari kita memang terbilang susah dalam hal pertemuan. Tentu bukan hal yang mudah untuk bertemu karena harus menempuh perjalanan yang jauh. Namun anda tetap bisa bertemu dengan teman, yang tentunya harus direncanakan terlebih dahulu. Anda bisa mengajak teman dari luar kota untuk berkungjung ke rumah anda pada saat musim liburan sekolah tiba, seperti di bawah ini.

Banjarmasin, 25 April 2015

Untuk sahabatku Mario
di Surabaya

Assalamu ‘alaikum

Mario , apa kabar ? Aku harap kamu sehat – sehat saja di sana. Sudah terlalu lama kiat tidak bertemu membuat aku sangat kangen terhadap kamu Mar. Aku sangat senang bisa mengirim secupuk surat ini ke kamu.

Mar , bagaimana dengan pelajaran di sekolahmu ?  Katanya sekolahmu memiliki tingkat pelajar yang sangat susah ya ? Apakah kamu senantiasa mendapat nilai bagus di sana ? Aku berharap kamu mendapat nilai yang bagus dan menjadi anak pintar di sana. Oh ya setelah ini kan kita akan menghadapi UN , bagaimana dengan persiapanmu ? Apakah kamu mengikuti kursus – kursus tertentu untuk Ujian Nasional nanti ? Aku sebenarnya ingin ikut kursus namun aku belum tahu ingin ikut kursus di mana karena banyak kursus untuk persiapan Ujian Nasional yang bagus – bagus. Aku menjadi bingung aku harus memilih yang mana.

Oh ya Mar , dengar – dengar kamu 2 bulan lagi libur ya ? Apa kamu sudah merencanakan jadwal liburan? Kalau belum kamu bisa datang ke rumahku. Kita bisa bermain berbagai mainan dan melakukan banyak hal yang seru. Jika kamu bersedia kabari aku yah

Sekian dulu ya surat dariku untuk dirimu. Hari sudah larut malam dan saatnya untuk tidur. Aku berharap kamu bisa membalasnya dengan cepat ya. Sampai jumpa lagi di lain waktu.

Wassalamu ‘alaikum

Sahabatmu,

 

Ainda Permatasari

6. Contoh Surat Tidak Resmi Untuk Teman Memberitahukan Kunjungan

Anda memiliki teman yang berdomisili di luar negeri?. Tentu bukan hal yang mudah untuk bertemu dengannya. Namun jika anda memiliki keluarga di kota atau negara tempat teman anda tinggal, maka anda bisa menyisihkan waktu berlibur ke tempat keluarga anda. Disana anda bisa bertemu teman anda nantinya, dengan mengunjungi rumahnya yang berada di dalam kota yang sama dengan keluarga anda.

Padang, 25 Februari 2018

Sahabatku Videlia Marfintina
Jalan Danau Kota 3
Kuala Lumpur,Malaysia

Assalamu’alaikum Wr. Wb.

Halo Vide, apa kabar? Baik-baik saja kan? Aku dan keluargaku dalam keadaan sehat walafiat. Mudah –mudahan kamu dan sekeluarga dalam keadaan sehat juga.

Vide, gimana keadaan sekolah kamu yang sekarang? Udah dapat teman atau belum di KL? Aku harap kamu cepat beradaptasi ya di sana. Aku kangen banget sama kamu Vide. Udah 6 bulan kita nggak ketemu ya. Lumayan lama loh!

Vide, bulan depan kan udah libur tuh,  ada rencana keluar kota nggak? Kalau nggak, rencananya aku dan keluargaku ingin berkunjung  ke rumah paman ku di Setapak Indah. Setapak Indah kan nggak terlalu jauh dari Danau Kota, makanya aku ingin sekalian berkunjung ke rumah mu.  Sekalian aku juga pengen ngabisin waktu liburan bareng kamu.

Erm, sekian dulu surat dari ku ya . Aku sudah harus berangkat ke sekolah. Hehe. Kapan-kapan kita sambung lagi ya! Ku tunggu balasan surat mu.

Wassalamu’alaikum Wr.Wb.

Sahabatmu,

 

Adinda Permatasari

7. Contoh Surat Tidak Resmi Untuk Sahabat Kecil

Mungkin anda memiliki banyak sahabat semasa kecil di kampung. Namun dikarenakan orang tua yang pindah tugas ke kota, anda juga terpaksa ikut dan harus berpisah dengan teman – teman kecil anda. Tentu saja anda akan merasakan kerinduan kepada mereka dan juga kampung halaman. Maka dari itu, anda bisa mengirimkan surat kepada salah satu teman dan jangan lupa untuk titip salam kepada semua sahabat kecil anda.

Bogor, 25 Februari 2018

Sahabatku,
Jajang Nurjaman
Di Cikadut

Assalamu’alaikum.

Hai Jang, apa kabar? Apa kamu sehat-sehat saja Jang? Semoga kamu dan keluarga senantiasa diberikan kesehatan dan kebahagiaan oleh Allah SWT. Aamiiin.

Sudah lama rasanya kita tidak berjumpa, sudah hampir tiga tahun yang lalu Jang, tepatnya saat aku dan keluarga memutuskan untuk pindah ke Bogor. Sejak saat itu aku tidak pernah lagi mendengar kabar tentangmu Jang. Aku berharap kamu senantiasa berada dalam lindungan dan kasih sayang Allah SWT di manapun berada.

Akhir bulan ini aku dna keluarga berencana pulang ke Bandung untuk menjenguk nenek. Aku berharap pada hari itu bisa ikut rombongan untuk menjenguk kampung halaman sekalian bersilaturahmi dan bernostalgia dengan kalian wahai para sahabat kecilku yang sangat ku rindu.

Namun apa boleh buat, Allah berkehendak lain tentang rencana ini. Hari itu ternyata aku ada ujian semester dan juga presentasi di kampus. Dengan berat hati nampaknya perjumpaan kita harus diundur, dan aku belum tahu kapan.

Semoga secepatnya kita bisa bertemu ya Jang.

Oh iya Jang, sekian dulu ya, sampaikan salam sekaligus permintaan maafku kepada sahabat-sahabat yang lain. Katakan pada mereka kalau aku sangat merindukan kebersamaan kita dulu saat masa kecil.

Sahabtmu,

 

Adinda Permatasari.

8. Contoh Surat Tidak Resmi Singkat Untuk Sahabat

Ketika anda kangen dengan teman yang berada di luar kota, maka anda bisa mengirimkan surat untuk sekedar menanyakan kabar. Tidak harus memiliki topik pembahasan yang penting baru bisa mengirimkan surat kepada sahabat. Namun sekedar menanyakan kabar juga sangat penting, menandakan kalau kita juga kangen kepada sahabat.

Yogyakarta, 25 Februari 2018

Rini Wulandari
Jln. Pasar Minggu, No. 35
Depok

Rini yang imut,

Hei, apa kabar kamu Rin? Aku berharap kamu baik-baik saja dan sehat selalu ya! Karena aku di sini juga sehat dan baik-baik saja Rin.

Eh, Rin, rencananya bulan depan aku mau pergi ke rumah tante aku yang ada di Samarinda. Jadi aku bisa sekalian mampir ke rumahmu. Bolehkan kalau nanti aku main ke rumahmu Rin? Harus boleh lah ya pokoknya hehe, soalnya aku sudah rindu berat dengan kamu Rin. Awas aja kalau tidak boleh!!

Jangan marah lho, Rin, aku cuma bercanda aja kok hehe.

Rin, kamu masih pelihara kodok gak di rumah? Sekarang udah berapa jumlahnya? Pasti udah nambah banyak ya? Mereka lucu-lucu dan pinter-pinter deh kayak kamu.

Rin, sekian dulu ya surat dari aku. Jangan lupa dibalas ya Rin. Aku tunggu balasan kamu lho!

Dari temanmu yang cantik,

 

Adinda Permatasari

9. Contoh Surat Tidak Resmi Untuk Menanyakan Kabar Sahabat

Jika anda memiliki teman yang berada di luar kota, maka sesekali mengirimkannya surat adalah hal yang sangat bagus. Anda bisa menanyakan kabar sahabata anda beserta dengan keluarganya. Anda juga bisa menanyakan mengenai sekolah ataupun prestasi – prestasi yang didapatkan di kota tempat dia tinggal, seperti salah satu contoh surat berikut ini.

Surabaya, 28 Desember 2017

Untuk Sahabatku,
Maemunah Juned
di Jakarta

Assalamualaikum…

Hay Mae yang cantik jelita, bagaimana kabarmu sekarang? Aku di sini Alhamdulillah baik-baik saja Mae. Semoga kamu dan keluarga selalu diberikan kesehatan dan keberkahan.

Sudah lama ya Mae kita tidak bertemu? Terakhir kita berjumpa itu kayaknya waktu kita baru saja naik kelas 3 dan kamu malah pindah ke Jakarta. Sekarang aku sudah kelas VI Mae. Kamu juga dong sama tentunya. Hehe.

Eh, bagaimana keadaanmu di Jakarta sekarang? Aku yakin kamu pasti sudah besar dan cantiknya pasti semakin-semakin deh. Aku dengar kabar dari orang-orang katanya kamu sekarang sudah jadi pemain karate ya? Jika benar demikian, aku turut bahagia dan bangga menjadi teman kamu Mae.

Oh iya Mae, aku sengaja nih menulis surat ini karena aku sednag rindu sama kamu. Aku rindu masa-masa dulu saat kita selalu main bersama setiap waktu. Bermain, bercanda, dan belajar bersama. Dulu kita selalu menghabiskan waktu bersama-sama.

Sekian dulu ya Mae, kapan-kapan disambung lagi. Kalau kamu ada waktu, mohon segera balas ya suratku ini. Kalau kamu tidak membalasnya berarti kamu itu sombong dan sudah melupakanku karena kamu sekarang sudah punya banyak penggemar.

Ingat Mae, anak yang sombong itu temannya syetan hehe. Oh iya, sampaikan salamku kepada papap sama mamamu ya.

Pesanku, jaga diri kamu baik-baik ya, dan yang terpenting adalah jaga kesehatan kamu. Jangan lupa belajar. Semoga kita bisa segera bisa bertemu.

Wassalamualaikum…

Salam Manis, Sahabatmu,

 

Ainda Permatasari

10. Contoh Surat Tidak Resmi Sahabat Menceritakan Kota Kelahiran

Anda mungkin memiliki teman yang dulu berada satu kota, namun sudah pindah ke kota lain. Nah, teman anda tersebut mungkin saja kangen dengan keadaan dan kondisi kota kelahiran kalian. Maka dari itu, anda bisa mengirimkan surat kepadanya sambil menceritakan keadaan kota kelahiran kalian bagaimana sekarang. Tentunya sahabat kalian akan sangat senang mendengarnya.

Wonosobo, 25 Februari 2018

Sahabatku,
Gelora Ambara Putri
Jl. Gajah Mada No. 75
Lampung

Salam persahabatan,

Hai, apa kabar Put? Bagaimana keadaanmu sekarang? Sehat dan bahagia bukan? Apa kabar bunga mawar yang di depan rumah kamu? Apa kamu masih merawatnya?

Put, aku ingin sekali loh bertemu sama kamu. Kamu pasti tambah imut deh sekarang, ya kan? Atau mungkin tambah tinggi aja ya badan kamu?

Putri, sahabatku yang baik. Sejak kita berpisah waktu itu, banyak hal yang terjadi di sini. Kota kita memang berkembang sangat pesat Put. Kamu masih ingat dengan gedung yang dulunya menjadi tempat pentas dan latihan drama kita? Gedung itu sekarang sudah rata dengan tanah Put. Kini sudah muncul bangunan-bangunan baru yang super mewah dan menjulang ke langit, tapi sayang tempat itu hanya sebgai tempat belanja! Rasanya sudah tidak mungkin untuk menjadi tempat kesenian, apalagi untuk pentas drama.

Put, sekian dulu ya. Jangan lupa balas ya surat aku ini. Kutunggu kabarmu loh!

Sampaikan salamku untuk Ibu dan Bapak, Juga Mas sampaikan ke Mas Burhan. Terima kasih Put… Sampai jumpa di liburan panjang yang akan datang.

Sampai jumpa,

 

Adinda Permatasari

11. Contoh Surat Tidak Resmi Untuk Sahabat Dengan Bahasa Inggris

Apakah anda memiliki sahabat yang suka dan fasih berbahasa inggris?. Jika iya, maka anda bisa mengirimkan surat dengan bahasa inggris kepadanya. Walaupun anda tidak begitu fasih dalam berbahasa inggris, namun anda bisa mencobanya walaupun banyak salah. Menyenangkan sahabat tentu menyenangkan juga bagi kita, bukan?.

Cirebon, Februari 25, 2018

Tamara
Jl. Asia Afrika No. 56
Bandung

Hi my companion, how are you there? I have a ton of stories in my new city. Clearly, this city is exceptionally wonderful and I think I would stay here in a drawn out stretch of time. A week ago, I visited numerous extraordinary places, for example, shoreline, waterfall, and hot showering spot.

My family and I went there in the morning to visit the shoreline and we went for surfing. As I would like to think, that was the best surfing place ever. In the event that you are traveling to my city, you will locate the huge waves and you’ll adore it. At that point, I went to the waterfall. I felt how the waterfall falling into my body and it was extremely energizing. Shouldn’t something be said about the hot washing spot? I would prefer not to let you know now, on the grounds that I need you to visit here so we can appreciate those spots together. It is a decent city, particularly for the traveler destinations.

Ideally we can meet soon, Tamara my closest companion.

Best Regard,

 

Adinda Permatasari

12. Contoh Surat Tidak Resmi Untuk Kakek

Jika anda tinggal di kota besar dan jauh dari kampung dimana kakek dan sanak saudara anda tinggal, maka anda bisa mengirimkan surat kepada kakek anda tersebut. Sang kakek tentu akan sangat senang menerima surat dari cucunya, walaupun anda hanya sekedar menanyakan kabar sang kakek.

Bandung, 25 Februari 2018

Kakek tercinta,

Bagaimana kabar kakek? Aku sangat senang melihat engkau dan Nenek pada upacara wisudaku, dan aku harap engkau segera pulih dari penyakit darah tinggimu.

Apakah engkau keberatan jika aku mengunjungimu pada hari Sabtu nanti? Aku sangat ingin mengenalkan biawak baruku kepada engkau, Kek. Aku rasa engkau akan menyukainya. biawak aku itu namanya Susan, dan aku mendapatkannya minggu lalu. Sebagai Informasi untukmu, dia adalah peranakan favoritmu: biawak angora, seperti Dudung!

Aku sangat semangat untuk datang dan segera menemuimu. Beritahu aku jika aku boleh datang pada hari Sabtu nanti.

Salam Cinta,

 

Adinda Permatasari

13. Contoh Surat Tidak Resmi Untuk Orang Tua

Sejauh manapun anda merantau dan meninggalkan orang tua, namun anda tetap harus mengingat orang tua yang anda tinggalkan di kampung. Baik itu karena anda kuliah di kota besar, ataupun dikarenakan anda harus bekerja di kota besar dan jauh dari orang tua. Tidak ada kebahagiaan terbesar orang tua selain mengetahui anaknya sehat – sehat saja di perantauan.

Medan, 25 Februari 2018

Kepada
Ayah dan Bunda
Di Yogyakarta

Assalamu’alaikum Wr. Wb.

Ayah dan bunda apa kabar? Aku berharap semoga ayah dan bunda selalu dalam keadaan sehat, Aamiiin. Aku di sini Alhamdulillah dalam keadaan sehat wal afiat dan baik-baik saja.

Ayah dan bunda, libur semester ini aku belum bisa pulang ke Yogyakarta. Aku akan melaksanakan KKL (Kuliah Kerja Lapangan) di salah satu desa di Bandung selama 50 hari.

Namun yang menjadi sedikit masalah bagiku sekarang adalah tabunganku sudah mulai menipis Yah. Kalau memang Ayah atau Bunda sedang ada uang, aku minta dikirim Yah, karena untuk bekal nanti ke Bandung dan sekaligus masih banyak kebutuhan yang harus aku penuhi di sini.

Aku berjanji pada Ayah dan Bunda akan belajar dengan giat dan sungguh-sungguh agar aku bisa mendapatkan nilai yang sempurna dan bisa pulang tepat pada waktunya. Aku sangat merindukan Ayah, Bunda, dan dan juga Kakak di rumah, sampaikan salam rinduku untuk Kakak ya.

Cukup sampai di sini dulu ya suratnya, aku mohon doa restu dari Ayah dan Bunda semoga diberikan kemudahan dan kelancaran untukku dalam melaksanakan ujian semester dan juga KKL.

Sekian dulu surat dariku, Ayah dan Bunda tetap jaga kesehatan ya.

Wassalamu’alaikum Wr. Wb.

Salam hangat dari anakmu,

 

Adinda Permatasari

14. Contoh Surat Tidak Resmi Untuk Guru

Jika anda sudah tamat dari sekolah, bukan berarti anda harus melupakan guru – guru anda juga. Ada baiknya agar anda tetap menjalin komunikasi dengan guru – guru yang pernah mendidik anda semasa sekolah dan menanyakan kabar mereka. Bukan hanya itu, anda juga bisa memberitakan kabar – kabar baik mengenai prestasi atau pekerjaan bagus yang anda dapatkan. Guru anda juga akan sangat bahagia jika melihat anak didikanya sukses dalam pendidikan maupun pekerjaan.

Bandung, 25 Februari 2018

Teruntuk Ibu Guruku Tercinta,

Assalamu’alaikum wr. wb.

Bagaimana kabar Ibu? Saya berharap saat ini Ibu dalam keadaan sehat wal ’afiat dan selalu ada dalam lindungan Allah SWT.

Oh iya Bu, saya ingin menyampaikan sebuah berita gembira pada Ibu. Berita inil merupakan berita yang menjadi harapan kita berdua pada saat saya masih berada di bangku SMA dulu. Alhamdulillah. saat ini saya telah berhasil terpilih menjadi atlet Kung-Fu yang akan mewakili Indonesia dalam ajang Sea Games tahun depan.

Saya ingin mengucapkan terimakasih kepada Ibu atas didikan dan bimbingan Ibu sejauh ini. Saya tidak akan pernah melupakan jasa-jasa Ibu, Ibulah yang telah menemukan bakat yang ada pada diri saya, dan Ibu juga yang sudah membimbing saya menjadi atlet yang terkenal dan serba bisa seperti sekarang ini.

Oleh karena itu, saya sangat berterimakasih yang sebesar-besarnya kepada Ibu atas jasa-jasa yang telah Ibu berikan kepada saya selama ini. Selain itu, saya juga mengundang Ibu untuk menemani dan mendampingi saya pergi ke China untuk melihat dan mendukungku secara langsung di sana. Saya akan menjemput Ibu dan keluarga langsung ke rumah.

Sekian surat ini saya buat, nanti kita lanjutkan obrolan ini pada saat kita bertemu Bu.

Salah Hormat,

 

Adinda Permatasari

15. Contoh Surat Tidak Resmi Untuk Kakak Kandung

Jika anda masih berada di depan orang tua, namun memiliki kakak kandung yang sudah pergi merantau ke kota besar, maka anda bisa mengirimkan surat kepadanya. Anda bisa sekedar menanyakan kabar kakak anda, ataupun juga memberitahukan kabar – kabar baik yang anda alami selama di kampung. Jangan lupa juga memberitahukan mengenai pesan – pesan dari orang tua kepada kakak anda.

Bali, 25 Februari 2018

Umar Habib
di Jakarta

Assalamualaikum wr.wb.

Hai, apa kabarmu di sana Kak? Semoga selalu dalam lindungan Allah SWT. Alhamdulillah kabar kami di sini sekeluarga baik-baik dan sehat semua. Tapi tetap hanya ada satu yang kurang, yaitu kehadiran dirimu di sini yang sangat kami harapkan Kak. Kami sekeluarga di sini sangat rindu sama kakak. Apalagi si Bambang yang selalu bawel dan bertanya kapan kakak bisa pulang ke rumah. Dia cuma berpesan kalau jangan lupa oleh-oleh kakak pulang Hehe.

Komar punya kabar baik nih Kak, kemarin kan ada seleksi penerimaan CPNS, nah Alhamdulllah Komar lulus dalam tahap awalnya kak, doain Komar ya semoga tahap selanjutnya bisa lulus lagi tentunya dengan hasil yang memuaskan. Kalau Komar lulus, nanti Komar bisa segera menyusul kakak di sana hehe.

Oh iya kak, Bapak sama Ibu nitip pesan, katanya jangan pernah lupakan sholat lima waktu dan ngajinya juga jangan sampai ditinggal, dan yang juga termasuk penting adalah istirahat yang cukup dan makan teratur, dan jangan suka keluar malam kalau tidak terlalu penting.

Kak, sepertinya sampai sini saja dulu ya, jangan lupa balas surat ini ya kak, kalo tidak Komar bakalan ngambek hohoho. Jaga diri baik-baik ya kak di sana. Kami sekeluarga tetap bangga sama Kakak.

Adikmu yang nakal,

 

Adinda Permatasari

Kesimpulan Dan Pentingnya Surat Tidak Resmi

Memang benar kalau perkembangan teknologi yang semakin canggih sekarang ini sangat memudahkan kita dalam berkomunikasi. Bukan hanya mengirimkan informasi, bahkan kita juga sudah bisa bertatap muka dengan orang lain dimanapun berada sekarang ini, asalkan masih memiliki jaringan internet.

Hal inilah yang memicu penggunaan surat tidak resmi sudah semakin menipis. Banyak orang beralih menggunakan teknologi canggih untuk berkomunikasi yang memang sangat memudahkan kita. Namun kendati demikian, bukan berarti anda tidak bisa menggunakan surat untuk sekedar berkomunikasi.

Bahkan beberapra orang berpikiran kalau surat tetaplah layak untuk dipertahakan sebagai media komunikasi. Dengans surat – surat tersebut, kita juga bisa melepas rindu kepada teman dan sahabat, keluarga, orang tua, guru sewaktu sekolah, dan lain sebagainya.

Kita juga bisa melepas rindu dengan membaca – baca surat dari mereka ketika kita rindu dengannya. Membaca baris per baris tulisan mereka, dan membayangkan masa – masa anda dengan mereka. Jadi, walaupun teknologi sudah canggih, anda tetap layak untuk mencoba berkomunikasi dengan menggunakan surat tidak resmi tersebut.

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Lainnya terkait Contoh Surat