15 Contoh Surat Teguran Untuk Karyawan, PNS, dan Siswa - Contoh Surat Resmi
Connect with us

Contoh Surat

15 Contoh Surat Teguran Untuk Karyawan, PNS, dan Siswa

Contoh Surat Teguran – Kecanggihan teknologi sekarang ini memang sudah semakin canggih dan semua komunikasi bisa dilakukan melalui internet. Bukan hanya berkirim surat melalui e-mail, kita bisa juga berkirim pesan singkat, berkirim video, berkirim file, sampai bertatap muka melalui internet dan media sosial. Namun semua itu tentu saja tidak bisa menggantikan fungsi surat sepenuhnya.

Sampai saaat ini, surat masih memiliki tempat tersendiri bagi para penggunanya. Surat biasanya digunakan oleh lembaga – lembaga pemerintah dan non pemerintah, perusahaan, sampai dengan instansi pemerintahan. Berbagai jenis dan contoh surat digunakan sebagai media penyampaian informasi kepada pihak lain.

Nah, di perusahaan sendiri atau di beberapa lembaga dan instansi, anda tentu sudah pernah mendengar yang namanya surat teguran. Surat teguran ini biasanya diberikan kepada orang yang lalai dalam bekerja, tidak disiplin, tidak membayar kewajiban seperti hutan, dan lain sebagainya.

Contoh Surat Teguran

Ada banyak jenis dan contoh surat teguran yang bisa anda pelajari. Namun kebanyakan surat teguran yang kita jumpai saat ini adalah surat teguran internal, yakni surat teguran dari seorang atasan kepada bawahan yang masih berada di dalam satu instansi atau perusahaan.

Sedangkan surat teguran kepada pihak lain bisa berupa surat teguran untuk membayar pajak, surat teguran untuk membayar rekening listrik, air, telepon, cicilan, dan lain sebagainya. Nah, di bawah ini adalah beberapa contoh surat teguran yang mungkin bisa bermanfaat bagi anda sebagai bahan referensi.

1. Contoh Surat Teguran Karyawan Karena Terlambat Masuk Kerja

Sebagai seorang karyawan yang bekerja di sebuah perusahaan dan mendapatkan gaji, maka tentu anda memiliki tanggung jawab terhadap perusahaan tersebut. Adapun tanggung jawab itu tidak hanya sekedar bekerja saja, namun juga menyangkut kehadiran anda tepat pada waktunya. Kalau anda tidak bisa hadir tepat waktu atau terlambat, maka bukan tidak mungkin akan menerima surat teguran seperti pada contoh di bawah ini.

PT. MULYA KENCANA
Jalan Mataram No. 45, Semarang, Jawa Tengah
Telepon : 0232-000-0000, Fax : 0232-000-0000
Web : http://www.mulyakencana.com
===============================================================

SURAT TEGURAN
Nomor : I/II/III/IV/2018
Surat Teguran ini ditujukan kepada :

Nama : Iqbal Hakim
Jabatan : Staff Produksi

Surat Peringatan ini dikeluarkankan berdasarkan bukti yang menjelaskan bahwa Saudara Iqbal Hakim telah melakukan pelanggaran berupa :

Tindakan indisiplin, terlambat masuk kerja selama lebih dari 4 kali dalam kurun waktu dua minggu.

Sebagai seorang karyawan Saudara Iqbal Hakim seharusnya mampu mentaati tata tertib kerja yang berlaku di perusahaan dan bersedia untuk tiba di lokasi kerja sesuai waktu yang telah ditentukan, serta tidak diperkenankan untuk meninggalkan lokasi kerja sebelum waktu kerja berakhir sesuai Surat Perjanjian Kerja (SPK) yang telah disepakati sebelumnya.

Tujuan Pengeluaran Surat Peringatan :

Surat peringatan ini diterbitkan guna sebagai pengarahan dan peringatan kepada Saudara Iqbal Hakim agar dapat melaksanakan tata tertib yang berlaku dalam perusahaan.

Pemberian Sanksi :

Sehubungan dengan tindakan indispliner yang Saudara Iqbal Hakim lakukan, maka pihak perusahaan memberikan sanksi berupa larangan untuk menggunakan fasilitas perusahaan yang meliputi :

  1. Kendaraan Inventaris Perusahaan
  2. Peralatan Elektronik Perusahaan

Sanksi yang diberlakukan mulai berlaku periode tanggal 17 Februari 2018 sampai dengan 28 Februari 2018.

Demikian Surat Peringatan ini dikeluarkan untuk dapat dijadikan sebagai bahan perhatian dan diharapkan supaya Saudara Iqbal Hakim dapat memaklumi dan segera memperbaiki kinerja. Atas perhatian dan kerja samanya kami ucapkan terima kasih.

Yogyakarta, 16 Februari 2018
Direktur Utama PT Mulya Kencana,

 

Budi Santoso

2. Contoh Surat Teguran Karyawan Tidak Disiplin

Selain datang tepat pada waktunya, seorang karyawan juga harus menaati setiap peraturan yang ada pada sebuah perusahaan tempat dia bekerja. Jika melanggar kedisiplinan di dalam perusahaan tersebut selama bekerja, maka bukan tidak mungkin anda juga akan mendapatkan surat teguran seperti pada contoh di bawah ini.

SURAT TEGURAN
Nomor: IV/SP-1 /VI/2018

Dibuat oleh perusahaan, dalam hal ini ditujukan kepada :

Nama : Andini Rasti
Jabatan : Operator Produksi

Surat ini dikeluarkan sehubungan dengan sikap indisipliner dan pelanggaran terhadap tata tertib perusahaan yang saudara lakukan, maka dengan ini perusahaan memberikan surat peringatan pertama dengan ketentuan:

  1. Surat peringatan pertama berlaku untuk 1 (satu) bulan kedepan sejak diterbitkan yakni mulai tanggal 16 Februari hingga 16 Maret 2018.
  2. Apabila selama kurun waktu 1 (satu) bulan sejak tanggal penerbitan surat peringatan pertama saudara tidak melakukan pelanggaran yang menjadi dasar atas diterbitkannya surat peringatan pertama ini, maka surat peringatan pertama saudara dinyatakan sudah tidak berlaku.

Surat peringatan ke-2 akan dikeluarkan oleh Perusahaan Jika dalam kurun waktu 1 (satu) bulan, saudara kembali melakukan tindakan pelanggaran.

Selama masa surat peringatan masih berlaku, atau belum melebihi 1 (satu) bulan setelah penerbitan saudara tidak diperbolehkan menggunakan fasilitas perusahaan, berupa :

  1. Kendaraan inventaris
  2. Computer perusahaan

Demikian surat peringatan ini dibuat untuk dapat diperhatikan dan dlaksanakan sebaik mungkin kepada yang bersangkutan.

Batam, 16 Februari 2018
PT. SURYA KENCANA
Mengetahui,

 

Budi Santoso

3. Contoh Surat Teguran Perusahaan

Sebuah perusahaan tentu memiliki peraturan tersendiri yang harus anda patuhi sebagai seorang karyawan disana. Jika anda melakukan pelanggaran tata tertib secara berulang kali, maka tentu akan membuat atasan anda kurang senang, dan mungkin akan memberikan anda surat teguran atas kesalahan tersebut.

PT. MAKMUR SENTOSA
Jln. Sukaesih No. 11 Banda Aceh
Telp. 0651 8776
===================================================================

SURAT TEGURAN

Nomor : 34/SP/MS/III/2018

Surat Peringatan ini ditujukan kepada :

Nama : Ahmad Bajuri
Jabatan : Staff Produksi

Surat Peringatan diterbitkan arena Saudara Mukhlis telah melakukan kesalahan berupa :

Indisiplin, terlambat masuk kerja selama lebih dari 7x dalam kurun waktu satu bulan.

Sebagai seorang karyawan Ahmad Bajuri seharusnya mampu menjaga tata tertib kerja dan bersedia untuk tiba dilokasi kerja pada waktu yang telah ditentukan sebagaimana yang telah tercantum dalam Surat Perjanjian Kerja (SPK).

Tujuan Penerbitan Surat Peringatan :

Tujuan diterbitkannya surat peringatan ini adalah untuk memberikan pengarahan sekaligus peringatan kepada saudara Ahmad Bajuri agar bersedia mengamalkan tata tertib pekerjaan dan tidak melakukan kesalahan yang dapat merugikan pihak perusahaan.

Pemberian Sanksi :

Sehubungan dengan tindakan indispliner yang Saudara Mukhlis lakukan, maka pihak perusahaan memberikan sanksi kepada Saudara Mukhlis berupa larangan untuk menggunakan fasilitas perusahaan yang meliputi:

  1. Kendaraan Iventaris Perusahaan
  2. Peralatan Elektronik Perusahaan

Sanksi yang diberlakukan kepada Saudara Ahmad Bajuri berlaku per tanggal 16 Februari 2018 sampai dengan 16 Maret 2018.

Demikian Surat Peringatan ini dikeluarkan untuk dapat dijadikan sebagai bahan perhatian dan digunakan sebagaimana mestinya.

Banda Aceh, 16 Februari 2018
PT. Makmur Sentosa
Manajer Personalia,

 

Budi Santoso

4. Contoh Surat Teguran Guru

Guru juga tidak lupu dari kesalah, maka bukan tidak mungkin juga seorang guru mendapatkan surat teguran dari atasan atau Dinas Pendidikan setempat. Jika seorang guru tidak masuk sekolah tanpa alasan yang jelas, maka tentu akan diperingatkan. Namun kalau masih tetap tidak mau mengindahkan peraturan, maka surat teguran tentu akan diberikan, seperti salah satu contoh di bawah ini.

DINAS PENDIDIKAN BANDA ACEH
SMA NEGERI 1 BANDA ACEH
Jln. Widuri No. 45 Banda Aceh
===================================================================

Nomor  : 006/SP-Mandel/IV/2018]
Lamp    :

Perihal : Teguran Guru SMA Negeri 1 Banda Aceh

Kepada,
Yth Bapak Septian Nugroho

Di- Tempat

Assalamu’alaikum Wr. Wb.

Salam silaturrahmi kami sampaikan, semoga kita semua selalu dalam lindungan Allah SWT, Amin.

Berdasarkan hasil keputusan Rapat Rutin Dewan Guru pada Tanggal 01 Januari 2018 tentang kedisiplinan Pendidik (Guru) dan Tenaga Kependidikan di MAS ABC, untuk memberikan surat teguran kepada Guru yang tidak masuk sebanyak 5 kali dalam sebulan dan juga berdasarkan pantauan kami terhadap kinerja Bapak selama ini menunjukkan penurunan, sehingga bernampak pada siswa, sementara siswa sangat membutuhkan bimbingan yang optimal dalam rangka menghadapi ujian-ujian yang diadakan oleh sekolah di masa yang akan datang.

Sehubungan dengan hal tersebut maka kami selaku pimpinan lembaga mengharapkan kepada Bapak untuk lebih memfokuskan diri dalam melaksanakan tugas-tugas yang telah diamanatkan oleh sekolah, sehingga siswa tidak terlalu banyak ketinggalan dalam pelajaran dan kelas sering menjadi kurang kondusif akibat kurangnya bimbingan/tatap muka yang kita lakukan.

Demikian surat teguran ini, atas perhatian dan kerjasamanya kami ucapkan terima kasih.

Wassalamu’alaikum Wr. Wb.
Banda Aceh, 15 Februari 2018
Kepala Sekolah SMA Negeri 1 Banda Aceh,

 

Budi Santoso, M. Pd

5. Contoh Surat Teguran Pegawai Swasta

Dimanapun anda bekerja tentu harus menaati peraturan dan tata tertib yang ada di perusahaan tersebut. Jika anda membuat kesalahan yang sama dengan berulang kali, maka bukan tidak mungkin anda akan mendapatkan teguran dari atasan dalam bentuk surat, seperti salah satu contoh di bawah ini.

SURAT TEGURAN
Nomor: III/SPI-PT.MC/VI/2018

Dibuat oleh perusahaan, dalam hal ini ditujukan kepada:

Nama : Anton Falopo
Jabatan : Operator Produksi

Sehubungan dengan sikap indisipliner dan pelanggaran terhadap tata tertib perusahaan yangsaudara lakukan, maka dengan ini perusahaan memberikan surat peringatan pertama denganketentuan sebagai berikut :

  1. Surat peringatan pertama berlaku untuk 1 (satu) bulan kedepan sejak diterbitkan.
  2. Apabila dalam kurun waktu 1 (satu) bulan kedepan sejak tanggal penerbitan suratperingatan pertama saudara tidak melakukan tindak pelanggaran yang menjadi dasaratas diterbitkannya surat peringatan pertama ini, maka surat peringatan pertamasaudara dinyatakan sudah tidak berlaku.
  3. Jika dalam kurun waktu 1 (satu) bulan kedepan sejak surat peringatan pertamaditerbitkan saudara didapati kembali melakukan tindakan pelanggaran, makaperusahaan akan memberikan surat peringatan ke-2 untuk saudara.\
  4. Selama masa surat peringatan masih berlaku, atau belum melebihi 1 (satu) bulan setelahpenerbitan saudara tidak diperbolehkan menggunakan fasilitas perusahaan, berupa : Kendaraan iventorisdan Computer/laptop

Demikian surat peringatan pertama ini dibuat agar dapat diperhatikan dan ditaati sebaikmungkin oleh yang bersangkutan.

Jakarta, 16 Februari 2018

PT. Cipta Surya,

 

Budi Santoso

6. Contoh Surat Teguran Sekaligus PHK

Jika anda melakukan kesalahan secara berulang – ulang dan tidak mengindahkan teguran yang sudah diberikan dalam bentuk tertulis, maka tentu anda akan mendapatkan sanksi yang lebih berat lagi dari atasan. Bukan hanya mendapatkan surat teguran kembali, namun mungkin anda juga akan di PHK seperti pada contoh di bawah ini.

Surat Teguran/PHK

Dalam hal ini ditujukan kepada :

Nama : Sunandar
Jabatan : Staff Produksi

Dengan ini memberikan surat teguran ketiga sekaligus sebagai Surat Pemutusan Hubungan Kerja (PHK), Kami mengeluarkan surat PHK ini atas dasar ketidakdisiplinan Anda dalam bekerja. Kami mohon maaf jika harus melakukan tindakan PHK kepada Anda, semua ini kami lakukan agar tetap berjalannya roda perusahaan dengan lancar. Hal-hal yang berhubungan dengan honor akan dibayarkan diakhir bulan.

Demikian surat peringatan ke-3 ini dibuat agar dapat diperhatikan dan ditaati oleh yang bersangkutan. Terima kasih.

Medan, 16 Februari 2018,
Mengetahui,
PT. Sentosa Jaya,

 

Budi Santoso

7. Contoh Surat Teguran Dikarenakan Melanggar Norma Perusahaan

Sebagai sebuah perusahaan yang ingin bergerak maju dan berkembang, maka tentu sebuah perusahaan memiliki norma – norma yang harus dipatuhi oleh semua manajemen perusahaan tersebut. Norma tersebut juga diperbuat untuk dipatuhi dan ditaati oleh semua karyawan disana. Jika anda melanggar norma tersebut, maka bukan tidak mungkin anda akan mendapatkan surat teguran.

PT MOBILAN MENGGEMA
Jl. Maju Terus No. 01 Telp.(021)123456
Sukoharjo, Jawa Tengah

SURAT TEGURAN
No.05/HRD/III/2018

Surat teguran ini kami berikan kepada :

Nama : Andi Sanjaya
Jabatan : Staff Produksi

Surat peringatan ini diterbitkan berdasarkan temuan dari pihak PT Mobilan Menggema yang menunjukkan terjadinya tindakan yang tidak sesuai dengan ketentuan dan norma pada perusahaan PT Mobilan Menggema, yang dengan sengaja membolos selama lebih dari 5 hari tanpa kabar apapun pada bulan Maret 2018.

Sebagai seorang karyawan yang menjabat Kepala bagian seharusnya anda memberikan contoh kepada bawahan anda, untuk bisa menjaga tata tertib dan peraturan dari perusahaan dan bersedia memberikan kabar berupa surat jika tidak bisa masuk kerja.

Surat peringatan ini bertujuan untuk memberikan teguran dan arahan sebagai peringatan agar tidak mengulangi perbuatannya dan kesalahannya kembali. Dan jika masih melakukan perbuatan yang sama maka akan diberlakukan tindakan sesuai dengan peraturan dan ketentuan di perusahaan PT Mobilan Menggema.

Sehubungan dengan pelanggaran yang anda lakukan maka perusahaan PT Mobilan Menggema memberikan sanksi yaitu pemotongan tunjungan kehadiran anda sebanyak waktu yang anda gunakan untuk membolos tanpa ada keterangan apapun. Sanksi ini dimulai semenjak anda menerima surat peringatan ini. Selama 5 bulan berturut turut.

Demikan surat peringatan ini kami berikan kepada anda agar dapat menjadi renungan sekaligus introspeksi diri. Surat peringatan ini kami buat untuk menjadikan anda pribadi yang lebih displin lagi kedepannya.

Sukoharjo, 26 Maret 2018,
Kepala Personalia,

 

Ahmad Subarjo

8. Contoh Surat Teguran Karena Absen Kerja

Sebagai seorang karyawan yang diberikan gaji oleh perusahaan, makan tentu anda memiliki kewajiban dan tanggung jawab untuk selalu masuk kerja setiap hari kerja yang sudah ditentukan. Jika anda melanggar dan absen tanpa pemberitahuan, maka anda akan diberikan surat teguran oleh perusahaan tempat anda bekerja.

PT. GAGAH PERKASA
Jl. Sudirman 717
Jakarta , telp. (021) 12345678

SURAT PERINGATAN KE-1 (SP-1)
No. 078/HRD/V/2018

Surat peringatan ini diberikan kepada :

Nama : Anton Sanjaya
Jabatan : Staff Keuangan

Surat peringatan ke-1 ini diterbitkan berdasarkan hasil laporan absensi perusahaan bahwa telah terjadi tindakan indisipliner yang telah dilakukan oleh Sdri. Melania Hadikusyono Pramusti, yaitu tidak masuk kerja selama 5 hari berturut – turut tanpa pemberitahuan.

Sebagai seorang karyawan, seharusnya saudari mampu mematuhi aturan absensi kerja dan bersedia untuk tiba di tempat kerja sesuai dengan ketentuan yang tercantum dalam peraturan tata tertib perusahaan yaitu jam 08.00 WIB dengan toleransi keterlambatan 15 menit.

Tujuan Surat peringatan ke-1 adalah memberikan arahan serta peringatan pertama agar saudari kembali melaksanakan tata tertib perusahaan yang berlaku dan tidak mengulangi kesalahan yang sama. Dan jika saudari mengulangi kesalahan yang sama maka akan diterbitkan SURAT PERINGATAN KE-2 (SP-2)

Mengingat pelanggaran absensi maka saudari menerima Surat peringatan ke-1 dan pemotongan tunjangan kehadiran bulan Maret 2018 sebesar 20 persen.

Demikian surat peringatan ke-1 ini diterbitkan agar menjadi bahan perhatian.

Jakarta, 26 Maret 2018,

 

Ahmad Subarjo

9. Contoh Surat Teguran Sekaligus Pencabutan Inventaris Kantor

Jika anda memiliki jabatan yang lumayan di dalam sebuah perusahaan, maka anda mungkin akan diberikan beberapa inventaris kantor yang bisa anda pergunakan setiap harinya untuk menunjang pekerjaan anda. Inventaris ini berupa komputer, kendaraan kantor, dan lain sebagainya. Jika anda melanggar tata tertib perusahaan, maka mungkin anda akan diberikan surat peringatan dan mencabut inventaris yang diberikan kepada anda dalam jangka waktu tertentu.

PT. MULYA KENCANA
Jalan Mataram No. 45, Semarang, Jawa Tengah
Telepon : 0232-000-0000, Fax : 0232-000-0000
Web : http://www.mulyakencana.com

SURAT TEGURAN
Nomor : I/II/Maret/2018

Surat Peringatan ini ditujukan kepada :

Nama : Agus Rahmadi
Jabatan : Manajer Produksi

Surat Peringatan ini dikeluarkankan berdasarkan bukti yang menjelaskan bahwa Saudara Agus Rahmadi telah melakukan pelanggaran berupa :

Tindakan indisiplin, terlambat masuk kerja selama lebih dari 4 kali dalam kurun waktu dua minggu.

Sebagai seorang karyawan Saudara Agus Rahmadi seharusnya mampu mentaati tata tertib kerja yang berlaku di perusahaan dan bersedia untuk tiba di lokasi kerja sesuai waktu yang telah ditentukan, serta tidak diperkenankan untuk meninggalkan lokasi kerja sebelum waktu kerja berakhir sesuai Surat Perjanjian Kerja (SPK) yang telah disepakati sebelumnya.

Tujuan Pengeluaran Surat Peringatan :

Surat peringatan ini diterbitkan guna sebagai pengarahan dan peringatan kepada Saudara Agus Rahmadi agar dapat melaksanakan tata tertib yang berlaku dalam perusahaan.

Pemberian Sanksi :

Sehubungan dengan tindakan indispliner yang Saudara Agus Rahmadi lakukan, maka pihak perusahaan memberikan sanksi berupa larangan untuk menggunakan fasilitas perusahaan yang meliputi :

  1. Kendaraan Inventaris Perusahaan
  2. Peralatan Elektronik Perusahaan

Sanksi yang diberlakukan mulai berlaku periode tanggal 26 Maret 2018 sampai dengan 26 April 2018.

Demikian Surat Peringatan ini dikeluarkan untuk dapat dijadikan sebagai bahan perhatian dan diharapkan supaya Saudara Agus Rahmadi dapat memaklumi dan segera memperbaiki kinerja. Atas perhatian dan kerja samanya kami ucapkan terima kasih.

Semarang, 26 Maret 2018
Direktur Utama,

 

Ahmad Subarjo

10. Contoh Surat Teguran Kepada Mahasiswa

Sebagai seorang mahasiswa, tentu ada banyak peraturan yang harus anda patuhi di lingkungan kampus. Jika anda melanggar satu atau beberapa peraturan yang sudah ditetapkan kampus, maka tentu anda akan menerima konsekuensinya. Salah satu konsekuensinya adalah berupa surat teguran dari pihak kampus.

UNIVERSITAS MERCU BUANA
Jl. Perjuangan No. 123
Medan

No :I/II/III/123/Maret/2018
Hal : Peringatan Perilaku Kurang Menyenangkan

SURAT TEGURAN

Dalam rangka menjaga ketertiban serta kenyamanan wilayah kampus maupun asrama UNIVERSITAS MERCU BUANA, maka diharapkan para mahasiswa/i dapat mematuhi segala peraturan yang berlaku. Menindaklanjuti laporan dari penghuni kamar dan keluhan dari orang tua mahasiswa baru, maka dengan ini kami beritahukan kepada saudara/i :

Nama : Intan Permatasari
NIM : 345785
Semester : IV (Empat)
Jurusan : Ilmu Kebidanan
Fakultas : Akademi Kebidanan

Sehubungan dengan pernah dilakukan pemanggilan kepada saudari Intan Permatasari dan telah diberkan peringatan secara lisan akan tetapi tidak ada perubahan seperti yang diharapkan, maka bersamaan surat ini kami sampaikan Peringatan Pertama kepada saudara/saudari tersebut diatas dikarenakan pelanggaran yang telah dilakukan.

Demikian surat peringatan ini dibuat, atas perhatian dan tindaklanjutnya kami ucapkan terima kasih.

Medan, 26 Maret 2018,

Dekan Kemahasiswaan,

 

Ahmad Subarjo, M. Kes

11. Contoh Surat Teguran Untuk Siswa

Bukan hanya mahasiswa, namun para siswa juga mungkin saja menerima surat teguran dari sekolah. Beberapa alasan yang mungkin menyebabkan hal tersebut adalah dikarenakan sang siswa tidak mengerjakan PR, tidak masuk sekolah tanpa pemberitahuan, maupun dikarenakan selalu terlambat ke sekolah.

DINAS PENDIDIKAN KOTAMADYA MEDAN
SMA NEGERI 1 MEDAN
Jl. Pendidikan No. 123 Medan

SURAT PERINGATAN
Nomor :  655/B/I/2018

Kepada             : Anton Sanjaya
Hal                   : Surat Peringatan

Assalamu’alaikum Wr. Wb.

Menurut data absensi kelas VIII D siswa yang bernama Ahmad Sanjaya pada semester 2 (dua) sering tidak masuk tanpa keterangan (alpa). Berdasarkan peraturan SMA Negeri 1 Medan jika siswa yang sering tidak masuk akan di kenakan sanksi dari Sekolah dan apabila siswa tersebut tidak mengindahkan peraturan yang berlaku di SMA Negeri 1 Medan, maka siswa atas nama Ahmad Sanjaya akan dipindahkan dari SMA Negeri 1 Medan.

Demikian Surat Peringatan kami agar dapat dimengerti

Wallohul muaffiq illa aqwamith thoriq.

Wasalamu’alaikum Wr. Wb

Medan, 26 Maret 2018,
Kepala SMA  Negeri 1 Medan,

 

Ahmad Subarjo, M. Pd

12. Contoh Surat Teguran Untuk PNS

Sebagai seorang PNS yang bekerja untuk negara dan digaji oleh negara, tentu memiliki kewajiban untuk masuk kerja setiap hari kerja yang sudah ditentukan. Dan jika anda melanggar peraturan kerja, seperti sering terlambat masuk kantor, ataupun sering absen tanpa pemberitahuan, maka anda akan diberikan surat teguran oleh atasan anda.

PEMERINTAH DAERAH KOTA BANDUNG
DINAS TENAGA KERJA
Jl. Teknologi Canggih Raya No.1 Kota Bandung 30987
Telp. 022 – 891092 ext. 345  Fax. 022 -891090

SURAT PERINGATAN
No. 45/PKLH/SP/IV/18

Surat ini diberikan kepada :

Nama : Dedi Setiawan
NIP : 3457634876
Jabatan : Staff IT

Sehubungan dengan pelanggaran tata tertib yang berlaku di lingkungan Dinas Kebersihan dan Lingkungan Hidup Kota Bandung, yaitu tidak masuk kerja tanpa alasan yang sah selama 5 (lima) hari kerja berturut – turut, maka dengan ini, Kepala Dinas Tenaga Kerja Kota Bandung memberikan surat peringatan ini dengan ketentuan sebagai berikut :

  1. Surat peringatan ini memiliki masa berlaku yaitu hanya untuk 1 (satu) bulan kedepan dari tanggal diterbitkannya surat peringatan tersebut.
  2. Apabila dalam kurun waktu 1 (satu) bulan kedepan dari tanggal diterbitkannya surat peringatan ini pihak yang bersangkutan tidak melakukan pelanggaran tata tertib yang menjadi dasar atas diterbitkannya surat peringatan ini, maka surat peringatan ini dinyatakan sudah tidak berlaku. Akan tetapi sebaliknya jika dalam kurun waktu 1 (satu) bulan kedepan dari tanggal diterbitkannya surat peringatan ini pihak yang bersangkutan kembali melakukan pelanggaran aturan tata tertib, maka Dinas Kebersihan dan Lingkungan Hidup Kota Bandung akan langsung memutuskan kontrak kerja yang berlaku.
  3. Atas pelanggaran yang telah dilakukan pihak yang bersangkutan, maka pihak yang bersangkutan diberikan sanksi berupa pemotongan gaji sebesar 10% sesuai dengan Pasal 5 Peraturan Daerah Mengenai Ketenagakerjaan No. 10/DTK/04/2018.

Demikian mengenai surat peringatan ini untuk diperhatikan. Atas perhatian Saudara/ saudari, kami ucapkan terima kasih.

Bandung, 26 Maret 2018
Kepala Dinas Tenaga Kerja,

 

Ahmad Subarjo

13. Contoh Surat Keterlambatan Proyek Kerja

Sebagai negara yang sedang berkembang, tentu akan banyak proyek pembangunan yang dikerjakan di Indonesia. Pekerjaan ini biasanya diberikan kepada para kontraktor yang bersedia mengerjakan dengan tenggat waktu yang telah ditentukan. Jika mengalami keterlambatan, maka kontraktor tersebut mungkin saja menerima surat teguran dari dinas terkait.

DINAS TATA KOTA SLEMAN
Jl. Perjuangan No. 123 Sleman

Yogyakarta, 26 Maret 2018

Nomor : 123/SP-1/IV/158
Lampiran : –
Hal : Peringatan I(Keterlambatan Pekerjaan)

Yang terhormat,
Direktur Utama
PT. Bangun Mandiri Sejahtera Abadi Jaya
Jalan Mataram 45, Sleman
Yogyakarta

Dengan hormat,

Sehubungan dengan telah dimulainya Proyek Pekerjaan Perbaikan Jalur Lingkar Utara di daerah Sleman, Yogyakarta, yang dilaksanakan oleh PT. Bangun Mandiri Sejahtera Abadi Jaya atas Surat Perintah Mulai Kerja (SPMK) yang dikeluarkan oleh Pemerintah Daerah Sleman, Yogyakarta Nomor : …../…../…../….. tanggal 1 November 2015, maka dengan ini kami melihat terjadinya keterlambatan pekerjaan sampai minggu ke III (terhitung tanggal 3 – 21 November 2015) yaitu sebesar 23,45 %(minus). Dan menurut pengamatan yang telah kami lakukan dilapangan, keterlambatan tersebut disebabkan oleh :

  1. Kurangnya tenaga(tukang) sehingga beberapa item pekerjaan yang seharusnya sudah dilaksanakan ternyata belum dilaksanakan sampai saat ini.
  2. Tidak sesuainya durasi kerja seperti yang telah disepakati bersama di awal perjanjian.

Selanjutnya kami instruksikan kepada Kontraktor agar segera berupaya memacu pekerjaan untuk mengejar keterlambatan pekerjaan tersebut dengan menambah tenaga (tukang) dan menyesuaikan durasi pekerjaan seperti yang telah tercantum pada surat perjanjian.

Demikian peringatan ini kami sampaikan, atas perhatian dan kerja samanya kami ucapkan terima kasih.

Hormat kami,
Kepala Dinas Tata Kota Sleman,

 

Anton Sanjaya

14. Contoh Surat Teguran Karena Tidak Sopan

Sebagai seorang karyawan tentu ada banyak hal yang harus anda perhatikan selama berada di lingkungan kantor. Salah satunya adalah untuk menjaga kesopanan, terlebih kepada atasan. Jika anda melanggar hal tersebut, maka mungkin saja atasan anda akan memberikan surat teguran kepada anda.

PT. MAJU MUNDUR
Jl. Perjuangan No. 123
Medan

Surat Peringatan Pertama (SP-1)

Dalam hal ini ditujukan kepada :

Nama : Anton Sanjaya
Jabatan : Staff Produksi

Sehubungan dengan sikap tidak disiplin/pelanggaran terhadap tata tertib perusahaan yang saudara/i lakukan karena keluar ruangan tanpa permisi saat masih dalam pembicaraan dan dianggap tidak sopan kepada atasan. maka dengan ini perusahaan memberikan surat peringatan pertama dengan ketentuan sebagai berikut :

  1. Jika saudara/i tetap tidak menaati peraturan kedisiplinan perusahaan, maka surat SP-1 ini akan berlanjut ke SP-2
  2. Surat SP1 ini berlaku hingga 6 bulan berikutnya.

Demikian surat peringatan pertama ini dibuat agar dapat diperhatikan dan ditaati sebaik mungkin oleh yang bersangkutan.

Medan, 26 Maret 2018,
Direktur PT. Maju Mundur,

 

Ahmad Subarjo

15. Contoh Surat Teguran Kepada Guru Sekolah

Berbagai peraturan dan norma – normat tentu banyak berlaku di dalam sekolah. Bukan hanya untuk siswa, namun juga untuk para guru yang mengajar di sekolah tersebut. Jika seorang guru melanggar peraturan, maka mungkin saja guru tersebut akan menerima surat teguran dari kepala sekolah tempat dia mengajar.

YAYASAN NAHDLATUL ULAMA’ MRICO ( YANUMI )
LEBAK KEC/KAB. GROBOGAN
Dsn. Mrico kelurahan Lebak Kec/Kab. Grobogan

SURAT TEGURAN

Nomor  : 001/ YAYASAN / 2/ 2018
Perihal  : Surat Peringatan/ Teguran
Lampiran : –

Kepada Yth,
Intan Pematasari
di Tempat

Dengan hormat,

Berdasarkan pada peraturan ketenagakerjaan Yayasan Madrasah Nahdlatul Ulama’ Mrico (YANUMI) Lebak yang menyatakan bahwa pihak Yayasan wajib memberikan surat peringatan atau surat teguran kepada semua karyawan yang melakukan pelanggaran sebanyak TIGA kali dalam komulasi satu bulan. Mengingat jumlah absensi Saudara Itan Permatasari sudah melewati batas, Sering Tidak masuk dan Sering Terlambat dalam sebulan yakni tertanggal 5 Januari s/d 2 Februari 2017. Maka, kami pihak Yayasan memutuskan memberikan SURAT PERINGATAN PERTAMA ini berdasarkan hal tersebut.

Diharapkan setelah adanya surat ini, maka Saudara bisa lebih baik dan fokus dalam bekerja. Selain itu, agar selalu menjadi contoh yang baik bagi anak-anak didik. Hal ini semata-mata untuk terus meningkatkan kinerja guru dan juga meningkatkan prestasi anak didik dalam proses pembelajarannya.

Demikian surat teguran ini dibuat, atas perhatian dan kerjasamanya saya ucapkan terima kasih.

Mengetahui,
Ketua Yayasan,

 

Ahmad Subarjo

Kesimpulan Dan Pentingnya Surat Teguran

Dalam kehidupan sehari – hari, tentu ada banyak norma – norma dan peraturan yang harus kita taati. Baik itu kita sebagai seorang siswa, mahasiswa, pegawai negeri sipil, maupun seorang karyawan. Ada banyak peraturan yang harus kita taati dan kita patuhi dalam bekerja dan menempuh pendidikan.

Sebagaimana biasanya peraturan dibuat adalah untuk ditaati, dan jika melanggar tentu akan mendapatkan sanksi. Sanksi yang dimaksud mungkin saja berupa hukuman langsung, maupun dengan cara memberikan surat teguran. Surat teguran ini diperbuat dengan harapan bahwa penerima surat teguran tidak akan mengulangi kesalahannya.

Bayangkan saja jika sebuah perusahaan tidak memberlakukan penggunaan surat teguran. Maka tentu akan ada banyak karyawan yang melanggar peraturan yang sudah dibuat terlebih dahulu. Peraturan demi peraturan akan dilanggar, dan semua karyawan juga akan melanggar peraturan.

Namun dengan surat teguran tersebut, maka semua orang akan tahu kalau peraturan dibuat untuk dipatuhi. Dan jika anda orang yang berani melanggar peraturan tersebut, dia harus menerima konsekuensi dari perbuatannya.

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *