15 Contoh Surat Risent dari Pekerjaan dan Jabatan - Contoh Surat Resmi
Connect with us

Contoh Surat

15 Contoh Surat Risent dari Pekerjaan dan Jabatan

Contoh Surat Risent – Surat risent atau surat pengunduran diri merupakan bentuk surat yang banyak diperlukan orang mengenai masalah pekerjaan. Memiliki sebuah pekerjaan tentu merupakan anugerah tersendiri bagi setiap orang. Dengan bekerja dan  mendapatkan gaji bulanan, maka tentu anda akan bisa memenuhi kebutuhan sehari – hari.

Siapapun tentu ingin mempertahankan pekerjaan yang dimiliki. Namun tidak tertutup kemungkinan kalau suatu saat anda akan mengundurkan diri dari pekerjaan disebabkan berbagai hal dan alasan. Mungkin anda ingin fokus untuk membuka usaha, ingin kembali ke kampung halaman, atau bahkan karena mendapat tawaran pekerjaan yang lebih menjanjikan.

Contoh Surat Risent

Jika sudah demikian, maka tidak ada salahnya bagi anda untuk mengundurkan diri dari pekerjaan. Namun tentu saja anda tidak bisa mengundurkan diri begitu saja tanpa pemberitahuan. Walaupun mungkin anda tidak akan mendapakan sanksi jika mengundurkan diri tanpa pemberitahuan, namun hal tersebut tetaplah dianggap kurang elok.

Sebagai seorang karyawan yang bermartabat, maka tentu anda harus memberikan contoh surat risent pada perusahaan tempat anda bekerja. Dengan demikian, maka perusahaan akan bisa dan memiliki waktu untuk mencari pengganti posisi yang anda tinggalkan.

Selain itu, anda juga akan dipandang lebih terhormat dan bertanggung jawab akan pekerjaan. Berikut adalah beberapa contoh surat risent dari pekerjaan yang bisa anda jadikan bahan referensi saat akan mengundurkan diri dari pekerjaan.

1. Contoh Surat Risent Resmi

Dengan memberikan surat pengunduran diri kepada perusahaan, maka secara resmi juga anda sudah mengungkapkan kalau anda akan berhenti bekerja pada perusahaan tersebut. Dengan demikian, anda sudah tidak memiliki tanggung jawab lagi terhadap perusahaan.

SURAT PENGUNDURAN DIRI

Bandung, 5 April 2018

Kepada
Yth. Kepala PT. Argomulyo Sejahtera
di Jln. Pramuka no.142 Bandung
Bandung Jawa Barat

Dengan Hormat,

Melalui surat ini, saya selaku karyawan PT. Pertaminus Jaya, berdasarkan surat Kesepakatan Bersama (SKB) mengenai karyawan dan undang-undang kerja, maka saya yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama : Anton Jaya
Jabatan : Sales

Bermaksud mengundurkan diri dari PT.Argomulyo Sejahtera karena urusan ingin fokus membangun bisnis keluarga. Surat ini saya buat berdasarkan prosedur hubungan industrial dan tanpa ada maksud buruk. Saya berharap Anda dapat mengerti dan menerima permohonan saya, serta memberikan hak-hak sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

Demikian surat pengunduran diri ini saya buat dengan penuh kesadaran, atas dukungan dan bantuan yang Anda berikan selama ini, saya mengucapkan terima kasih.

Hormat Saya,

 

Anton Jaya

2. Contoh Surat Risent dari Hotel

Bekerja di salah satu hotel, terlebih hotel terkemuka tentu merupakan anugerah tersendiri bagi kebanyakan orang. Namun jika anda sudah merasa tidak cocok lagi untuk bekerja disana atau memiliki alasan lain, maka anda bisa mengundurkan diri dari pekerjaan tersebut.

SURAT PENGUNDURAN DIRI

Yogyakarta, 5 April 2018

Kepada
Yth Kepala Bagian HRD
Hotel Royal Ambarrukmo Yogyakarta
Jl. Laksda Adisucipto no. 81 Yogyakarta

Dengan Hormat,

Saya yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama : Intan Permatasari
Alamat : Jl. Perjuangan No. 123 Yogyakarta
Jabatan : General Accounting

Melalui surat ini, saya mengajukan pengunduran diri terhitung tanggal 12 April 2018 dengan alasan ingin melanjutkan studi ke jenjang yang lebih tinggi. Segala hal yang berhubungan dengan tugas dan tanggung jawab saya sebagai General Accounting Hotel Royal Ambarrukmo Yogyakarta akan saya laksanakan sampai masa pengunduran saya.

Saya mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada segenap pimpinan dan semua karyawan yang selama ini membimbing dan membantu saya dalam pekerjaan, dan saya juga memohon maaf karena tidak bisa lagi menjadi bagian dari perusahaan Hotel Mimpi Indah, mohon maaf juga atas segala kesalahan saya selama bekerja.

Demikianlah surat pengunduran diri saya buat dengan penuh kesadaran dan tanpa ada paksaan dan tekanan dari pihak mana pun. Atas pengertian Anda, saya ucapkan terima kasih.

Hormat Saya,

 

Intan Permatasari

3. Contoh Surat Risent dari Organisasi BEM

Ada banyak organisasi yang bergerak sekarang ini di Indonesia. Baik itu organisasi kepemudaan, organisasi keagamaan, dan lain sebagainya. Walaupun sudah bergabung dalam sebuah organisasi, maka bukan berarti anda tidak boleh keluar dari sana. Jika merasa sudah tidak cocok lagi dengan organisasi tersebut atau memiliki alasan lain, maka anda bisa mengundurkan diri dari organisasi tersebut.

SURAT PERNYATAAN PENGUNDURAN DIRI
SEBAGAI ANGGOTA BEM
DI UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA

Dengan Hormat,

Saya yang bertanda tangan dibawah ini :

Nama : Anton Jaya
Jabatan di BEM : Bendahara
Fakultas : Teknik Informatika
NIM : 345345
Telp. : 081234567890

Mengajukan surat pengunduran diri dari Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Universitas Negeri Yogyakarta. Selama ada didalam kepengurusan BEM saya sudah mendapatkan banyak pengalaman dan pembelajaran serta menjadi bagian dari berkembangnya organisasi ini.

Saya juga mohon maaf apabila dalam organisasi pernah melakukan hal-hal yang kurang berkenan di hati.

Surat pengunduran diri ini saya buat dengan sebenar-benarnya dan dalam keadaan sadar tanpa adanya tekanan dari pihak manapun. Saya berharap pembina dan pengurus BEM Universitas Negeri Yogyakarta dapat memahami keputusan ini.

Atas bantuan dan dukungan yang telah diberikan selama ini, saya ucapkan banyak terima kasih.

Hormat Saya,

 

Anton Jaya

4. Contoh Surat Risent dari OSIS

OSIS atau Organisasi Siswa Intra Sekolah merupakan organisasi yang berada di bawah naungan sekolah. Organisasi ini biasanya akan kita temukan di setiap sekolah SMP dan SMA Sederajat. Sebagai pengurus OSIS, maka tentu akan banyak waktu anda yang tersita dan harus pintar membagi waktu dengan waktu belajar. Jika anda tidak sanggup demikian, maka anda bisa mengundurkan diri dari OSIS tersebut.

SURAT PENGUNDURAN DIRI

Jakarta, 5 April 2018

Kepada
Yth. Ketua OSIS dan Pembina OSIS SMA N 12 Jakarta
di Tempat

Yang bertanda tangan dibawah ini, saya :

Nama : Anton Jaya
Kelas : XII IPA
Jabatan : Wakil Ketua
  1. Orang tua tidak menyetujui Dengan ini saya mengajukan permohonan izin untuk mengundurkan diri dari Organisasi resmi ( OSIS ) SMA N 12 Jakarta. Adapun alasan dari pengunduran diri ini adalah :
  2. Jadwal rapat OSIS yang terlalu padat dan menyita waktu belajar
  3. Minat saya untuk berada di organisasi OSIS sudah tidak ada

Selama setahun memegang tanggung jawab di organisasi OSIS sebagai Wakil Ketua, saya mendapatkan banyak pengalaman dan pelajaran serta mengasah kemampuan saya dalam hal berorganisasi. Saya ingin mengucapkan terima kasih kepada semua jajaran Pengurus dan Pembina SMA N 12 Jakarta dan mohon maaf yang sedalam-dalamnya apabila ada perilaku yang kurang berkenan selama saya ada di dalam organisasi OSIS.

Besar harapan saya bahwa anda memberikan izin kepada saya untuk mengundurkan diri. Atas perhatiannya, saya ucapkan terima kasih.

Hormat Saya,

 

Anton Jaya

5. Contoh Surat Risent Siswa

Mengundurkan diri dari sekolah tentu hal yang tidak diinginkan oleh setiap siswa, karena harus berpisah dengan sahabat – sahabatnya. Namun hal ini juga seringkali terjadi yang disebabkan oleh banyak hal, seperti dikarenakan orang tua pindah tugas dan harus ikut serta dengan orang tua. Untuk itu, anda bisa mengundurkan diri dari sekolah dan melanjutkan sekolah di kota tempat tinggal anda nantinya.

SURAT PENGUNDURAN DIRI

Kepada :
Yth. Kepala Sekolah SMA Negeri 1 Semarang
Jl. Mangkubumi No.55 Semarang
Semarang Jawa Tengah

Dengan Hormat,

Yang bertanda tangan di bawah ini, saya :

Nama : Anton Jaya
Pekerjaan : Pegawai Negeri Sipil
Telp : 081234567890

Selaku Orang Tua / Wali dari :

Nama : Ilham Saputra
Kelas : XI-IPS 2
Nomor Induk : 4587

Mengajukan pengunduran diri anak saya tersebut di atas dari SMA Negeri 1 Semarang dengan alasan:

Keluarga kami akan berpindah domisili tempat tinggal ke Palembang sehingga dirasa tidak mungkin untuk meninggalkan anak kami (Alfian Saputra} sendiri di kota Semarang untuk melanjutkan proses belajarnya di SMA Negeri 1 Semarang.

Demikian surat pengunduran diri ini saya ajukan dengan harapan Ibu Kepala Sekolah dapat mengabulkan permohonan ini, atas perhatiannya saya sampaikan terima kasih.

Bandung, 5 April 2018,

Orang Tua Siswa,

 

Anton Jaya

6. Contoh Surat Risent Guru

Menjadi seorang guru merupakan impian bagi banyak orang. Namun  bukan tidak mungkin juga seorang guru harus mengundurkan diri dari profesi tersebut. Hal ini bisa saja disebabkan oleh berbagai alasan yang tidak bisa ditolak. Jika anda sebagai guru dan ingin mengundurkan diri, maka anda bisa membuat surat pengunduran diri dan memberikannya kepada pihak sekolah.

SURAT PENGUNDURAN DIRI

Bantul, 5 April 2018

Yth.
Kepala Sekolah SMK Muhammadiyah 1 Bambanglipuro.
Jl. Jend Sudirman No.34 Bantul

Dengan Hormat,

Bersamaan dengan surat ini, saya :

Nama : Anton Jaya, S. Pd
Jabatan : Guru

Secara resmi terhitung hari ini tanggal 5 April 2018 mengundurkan diri sebagai guru Matematika di SMK Muhammadiyah 1 Bambanglipuro.

Saya sangat berterima kasih sebanyak-banyaknya atas kesempatan yang sudah diberikan SMK Muhammadiyah 1 Bambanglipuro kepada saya untuk mengajar. Tidak lupa saya sebagai manusia biasa memohon maaf kepada jajaran Komite Sekolah SMK Muhammadiyah 1 Bambanglipuro apabila terdapat hal-hal yang tidak baik dan kurang berkenan yang saya lakukan selama mengajar

Saya berharap agar SMK Muhammadiyah 1 Bambanglipuro menjadi sekolah yang terus berkarya baik akademik ataupun non akademik dan terus menciptakan bibit-bibit penerus bangsa yang berakhlak dan profesional.

Hormat Saya,

 

Anton Jaya, S. Pd

7. Contoh Surat Risent yang Simpel

Tidak harus menulis panjang lebar, namun anda juga bisa menulis surat risent dengan singkat dan simpel. Namun isi dan tujuan surat yang anda tulis harus tetap padat dan jelas, serta menggunakan bahasa yang sopan. Anda bisa memberikan surat pengunduran diri tersebut kepada pihak perusahaan dan menyatakan secara resmi pengunduran diri anda.

SURAT PENGUNDURAN DIRI

Surabaya, 5 April 2018

Kepada
Yth. Manager HRD
PT Insan Mulia
Jl. Gatot Subroto No 56 Surabaya
Jawa Timur

Dengan hormat,

Melalui surat ini, saya Anton Jaya, bermaksud untuk mengundurkan diri dari PT. Insan Mulia sebagai karyawan terhitung sejak tanggal 8 April 2018.

Tidak lupa saya ucapkan terima kasih atas kesempatan yang pernah saya dapatkan untuk bekerja di PT. Insan Mulia. Selain itu, saya juga mohon maaf kepada seluruh karyawan dan manajemen PT. Insan Mulia jika terdapat kekeliruan yang pernah saya perbuat selama saya bekerja.

Saya mengharapkan selalu PT. Insan Mulia dapat berkembang terus dan selalu menjadi yang terbaik.

Horma Saya,

 

Anton Jaya

8. Contoh Surat Risent Umum

Ada banyak contoh dan jenis surat pengunduran diri yang bisa anda gunakan. Namun jika anda tidak ingin repot – repot dalam memilih konsep surat pengunduran diri, maka anda bisa memilih untuk menggunakan surat pengunduran diri model umum saja, seperti salah satu contoh di bawah ini.

Malang, 5 April 2018

Kepada
Yth. Manager HRD
CV Sama Sejahtera Makmur
Jl. Merbabu 12 Malang

Dengan hormat,

Melalui surat ini, saya Anton Jaya, bermaksud untuk mengundurkan diri dari CV Sama Sejahtera Makmur terhitung sejak tanggal 10 April 2018.

Saya ucapkan terima kasih atas kesempatan dan pengalaman berharga yang pernah saya dapatkan selama bekerja di CV Sama Kerja Makmur. Tidak lupa saya menyampaikan permohonan maaf yang sedalam-dalamnya kepada seluruh jajaran serta rekan CV Sama Kerja Makmur apabila terdapat kesalahan dan kekeliruan yang pernah saya perbuat selama saya bekerja.

Harapan saya semoga CV Sama Kerja Makmur senantiasa dapat terus berkembang kearah positif dan selalu menjadi yang terbaik.

Hormat Saya,

 

Anton Jaya

9. Contoh Surat Risent dari Jabatan

Banyak jabatan yang mungkin saja anda duduki di dalam sebuah perusahaan, mulai dari jabatan yang rendah sampai dengan jabatan tinggi. Namun jabatan tinggi saja belum tentu menjamin untuk anda nyaman bekerja disana. Mungkin saja dikarenakan beberapa hal, anda  tidak bisa bertahan lama dan tetap bekerja disana.

Bandung, 5 April 2018

Kepada
Yth. Manager HRD
PT Kencana Utama Mandiri
Jl. Merdeka 45 Bandung
Dengan hormat,

Bersamaan dengan surat ini, saya selaku Project Manager PT Kencana Utama Mandiri, berdasarkan Hasil Keputusan Direksi maka dari itu, saya yang bertanda tangan dibawah ini :

Nama : Anton Jaya
Departemen : Research and Development
Jabatan : Project Manajer
ID Karyawan : 237683256

Bemaksud menyampaikan maksud saya untuk mengundurkan diri dari jabatan saya sebagai Project Manager, terhitung sejak tanggal 10 April 2018.

Saya ucapkan terima kasih atas dukungan dan kesempatan yang telah diberikan selama dua tahun terakhir ini. Semua itu membantu saya untuk terus menjadi seorang profesional yang baik. Tak lupa saya sampaikan permohonan maaf kepada seluruh jajaran direksi PT Kencana Utama Mandiri beserta rekan-rekan di departemen IT jika terdapat banyak kesalahan baik yang disengaja maunpun yang tidak disengaja.

Demi kelancaran tugas dan tanggungjawab pengganti jabatan project manager, saya bersedia untuk membantu selama masa transisi semoga ini menjadi hal baik terakhir yang bisa saya berikan. Harapan saya kedepannya semoga PT Kencana Utama Mandiri terus berkembang kearah yang lebih baik.

Hormat Saya,

 

Anton Jaya

10. Contoh Surat Risent Karyawan

Sebagai seorang karyawan di dalam sebuah perusahaan, maka anda tentu memiliki banyak tanggung jawab yang harus anda laksanakan setiap hari kerja. Anda juga akan mendapatkan imbalan berupa gaji dari pekerjaan yang anda lakukan. Hal ini termasuk keinginan banyak orang, bekerja dan mendapatkan gaji. Namun jika anda sudah tidak nyaman dengan pekerjaan anda, maka anda bisa mengajukan surat pengunduran diri dari perusahaan tersebut.

Bandung, 5 April 2018

Kepada
Yth. Manager HRD
PT Tirta Company
Jl. Veteran Utama 23 Bandung

Dengan Hormat

Melalui surat ini, saya Anton Jaya, hendak menyampaikan maksud saya untuk mengundurkan diri sebagai Karyawan PT Tirta Company terhitung mulai tanggal 10 April 2018.

Saya ucapkan banyak terima kasih atas kesempatan, bimbingan, serta dukungan pengalaman yang saya terima selama menjadi bagian dari PT Tirta Company.

Tak lupa saya sampaikan permohonan maaf yang sedalam-dalamnya jika ada kesalahan yang pernah saya perbuat selama saya bekerja. Semoga PT Tirta Company terus berkembang menjadi yang lebih baik.

Hormat Saya,

 

Anton Jaya

11. Contoh Surat Risent dari Organisasi

Ada banyak organisasi yang bergerak di Indonesia sekarang ini, mulai dari organisasi keagamaan, organisasi sosial, sampai dengan organisasi kepemudaan. Mungkin anda merupakan salah satu anggota di dalam organisasi tersebut dan menjadi salah satu pengurus disana. Jika anda  ingin mengundurkan diri dari organisasi tersebut, maka anda bisa membuat surat pengunduran diri seperti di bawah ini.

Bandung, 5 April 2018

Kepada
Yth. Ketua Umum
LSM Inspirasi Anak Bangsa
Jl. Merdeka 45 Bandung

Melalui surat ini saya sampaikan maksud pengunduran diri saya sebagai Sekretaris Departemen Humas LSM Inspirasi Anak Bangsa dikarenakan alasan kesehatan terhitung tanggal 10 April 2018.

Dikarenakan kondisi kesehatanyang tidak memungkinkan bagi saya untuk terus menjadi bagian dari tim ini. Saya ucapkan terima kasih atas semua hal baik yang saya terima selama menjadi bagian dari LSM Inspirasi Anak Bangsa. Saya sampaikan permohonan maaf apabila terdapat kesalahan yang pernah saya perbuat selama mengemban amanah.

Semoga terus menginspirasi Indonesia, tetap semangat, doa senantiasa terucap untuk rekan-rekan sekalian.

Hormat Saya,

 

Anton Jaya

12. Contoh Surat Risent Bahasa Inggris

Memang harus diakui kalau penulisan surat pengunduran diri masih mayoritas menggunakan bahasa Indonesia. Namun tentu saja tidak tertutup kemungkinan kalau anda juga dipersilahkan membuat surat pengunduran diri dalam bahasa Inggris. Hal ini mungkin berlaku jika perusahaan tempat anda bekerja merupakan perusahaan multinasional.

Jakarta, April 5, 2018

To: Mr. John Adams
Human Resource Development Dept.
PT. Maju Mundur

Dear Mr. Adams:

I would like to inform you that I am resigning from my position as Marketing Supervisor for the Chain Oil Company, effective April 10, 2018.

Thank you for the support and the opportunities that you have provided me during the last two years. I have truly enjoyed my tenure with PT. Maju Mundur, and am more than grateful for the encouragement you have given me in pursuing my professional and personal growth objectives.

If I can be of any assistance during this transition in order to facilitate the seamless passing of my responsibilities to my successor, please let me know. I would be glad to help however I can.

Sincerely,

 

Anton Jaya

13. Contoh Surat Risent Customer Service

Pekerjaan sebagai customer service memang bukanlah pekerjaan yang mudah. Pekerjaan ini membutuhkan ketelitian dan kesabaran yang tinggi. Tidak heran kalau pekerjaan ini palin cocok untuk para perempuan, yang memang terkenal sabar dalam bekerja. Walaupun dikenal lebih sabar bekerja, mungkin saja suatu saat anda ingin resign dari perusahaan dan bisa membuat surat pengunduran seperti di bawah ini.

Bandung, 5 April 2018

Kepada
Yth. Manager HRD
PT Acme Company
Jl. Merdeka 45 Bandung

Dengan Hormat,

Melalui surat ini, saya Anton Jaya, hendak menyampaikan maksud saya untuk mengundurkan diri dari jabatan saya sebagai Customer Service PT Acme Company terhitungmulai tanggal 10 April 2018.

Saya sampaikan terima kasihatas kesempatan, bimbingan, serta dukungan professional saya yang telah diberikan selama menjadi bagian dari PT Acme Company.

Tak lupa saya sampaikan permohonan maaf yang sedalam-dalamnya jika ada kesalahan yang pernah saya perbuat selama saya bekerja. Semoga PT Acme Company terus berkembang menjadi yang lebih baik.

Hormat Saya,

 

Anton Jaya

14. Contoh Surat Risent dari Partai

Partai atau partai politik merupakan sebuah organisasi untuk wadah para orang – orang yang berkecimpung di dunia politik. Dalam dunia politik tentu ada kecocokan dan ketidakcocokan. Mungkin kemarin anda masih cocok dengan partai anda, namun tidak demikian lagi dengan sekarang. Maka jika anda mengalami hal demikian, anda bisa mengundurkan diri dan membuat surat pengunduran diri.

Jakarta, 5 April 2018

Kepada Yth :
Ketua Umum DPP Partai Demokrat Bangsa
Bapak Dr.H.Jaka Abraham Sitompul
Di Jakarta

Assalamu’alaikum Wr.Wb

Dengan Hormat, kami sampaikan semoga Bapak Ketua Umum DPP Partai Demokrat Bangsa dalam keadaan sehat dan selalu dalam lindungan Allah SWT.

Bersama dengan surat ini, perkenankan saya menyampaikan beberapa hal sebagai berikut :

  • Saya ucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya Kepada Bapak Ketua Umum DPP Partai Demokrat Bangsa (PDB) yang memberi kepercayaan kepada saya untuk dapat menjadi bagian Pengurus Partai yang Bapak pimpin. Sebagai Ketua Majelis Partai Cabang DPC Partai Demokrat Bangsa Kabupaten Malang Masa Bakti 2012-2017, sesuai SK DPP Partai Demokrat Bangsa Nomor 56.06/SK/DPP.DP/DPC/V/2012.
  • Saya menilai PDB tetap harus konsisten memperjuangkan nilai-nilai moral, sosial dan budaya yang tengah mengalami krisis di bumi pertiwi yang tercinta ini. Saya pribadi akan selalu mendukung semangat perjuangan dalam hal ini.

Dengan demikian, dengan segala hormat kepada Bapak Ketua Umum PD, saya memohon pengertian Bapak bahwa mulai hari ini saya menyatakan Pengunduran Diri saya sebagai Ketua Majelis Partai Cabang DPC Partai Demokrat Bangsa Kabupaten Malang.

Keputusan yang sangat sulit ini memang perlu saya tetapkan agar saya dapat lebih fokus dalam memperjuangkan aspirasi politik yang saya yakini. Semoga Bapak dapat memahami keputusan saya ini, dan saya mohon keputusan ini tidak memutuskan tali persaudaraan dan tali silaturahmi diantara kita.

Terima kasih atas segala perhatian Bapak Ketua Umum DPP Partai Demokrat Bangsa selama ini.

Wassalamu’alaikum Wr.Wb.

Salam Hormat,

 

Anton Jaya

15. Contoh Surat Risent dengan Alasan

Jika anda keluar dan berhenti bekerja dari salah satu perusahaan, tentu anda memiliki alasan dalam mengambil keputusan tersebut. Nah, keputusan ini bisa anda cantumkan pada surat pengunduran diri yang akan anda berikan kepada perusahaan, yang tentunya harus menggunakan bahasa yang baik dan penyampaian yang sopan.

Makassar, 5 April 2018

Kepada
Yth. Kepala PT. Pertaminus Jaya
di Jln. Jenderal Sudirman, no 11 Makassar
Makassar

Dengan Hormat,

Melalui surat ini, saya selaku karyawan PT. Pertaminus Jaya, berdasarkan surat Kesepakatan Bersama (SKB) mengenai karyawan dan undang-undang kerja, maka saya yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama : Anton Jaya
Departemen : Pemasaran dan Informasi
Jabatan : Sales
No. Karyawan : 8349535

Bermaksud mengundurkan diri dari PT. Pertamnus Jaya karena urusan ingin fokus membangun bisnis keluarga. Surat ini saya buat berdasarkan prosedur hubungan industrial dan tanpa ada maksud buruk. Saya berharap Anda dapat mengerti dan menerima permohonan saya, serta memberikan hak-hak sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

Demikian surat pengunduran diri ini saya buat dengan penuh kesadaran, atas dukungan dan bantuan yang Anda berikan selama ini, saya mengucapkan terima kasih.

Hormat Saya,

 

Anton Jaya

Kesimpulan dan Pentingnya Surat Risent

Jika anda masuk ke salah satu perusahaan dengan baik dan bekerja disana, maka sudah sepantasnya anda juga harus keluar dan berhenti bekerja dengan cara yang baik – baik juga. Anda tidak boleh meninggalkan dan berhenti bekerja begitu saja dari salah satu perusahaan tempat anda bekerja.

Memberikan surat pengunduran diri pada perusahaan adalah salah satu contohnya. Dengan memberikan surat pengunduran diri, maka anda dan perusahaan akan mendapatkan keuntungan dari hal tersebut. Perusahaan akan memiliki waktu untuk mencari pengganti anda nantinya.

Anda juga akan dipandang lebih terhormat dan lebih bertanggung jawab terhadap pekerjaan, karena berhenti bekerja dengan baik. Selain itu, anda juga akan dipandang lebih profesional terhadap pekerjaan. Bahkan anda juga bisa meminta surat rekomendari dari perusahaan yang anda tinggalkan.

Dan yang paling penting adalah anda kemungkinan masih akan diterima bekerja di perusahaan tersebut jika datang kembali. Mungkin usaha yang anda jalankan tidak bisa berjalan dengan lancar, atau pekerjaan baru anda kurang memuaskan dan anda berniat untuk kembali pada pekerjaan dan perusahaan yang sudah anda tinggalkan.

Jika anda berhenti dengan diam – diam dan tanpa pemberitahuan, maka sudah pasti anda tidak akan diterima lagi di perusahaan tersebut. Berdasarkan beberapa alasan tersebut, bisa dibayangkan betapa pentingnya surat risent bagi seorang karyawan yang ingin berhenti bekerja.

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *