Connect with us

Contoh Surat Resmi


Contoh Surat

15 Contoh Surat Resign yang Baik dan Benar

Contoh Surat Resign – Surat resign atau yang sering disebut dengan surat pengunduran diri merupakan surat yang biasanya dibuat untuk menyatakan bahwa dirinya akan berhenti bekerja dari tempat kerja yang sedang dijalaninya. Baik itu bekerja di kantor Pemerintahan maupun di perusahaan swasta, surat resign ini memang memiliki manfaat yang sangat penting.

Surat resign ditujukan untuk memberitahukan pengunduran diri seseorang kepada atasan dengan cara terhormat. Dengan demikian, diharapkan tidak akan ada masalah antara karyawan yang berhenti bekerja tersebut dengan pihak perusahaan dia bekerja. Selain itu, karwayan yang berhenti bekerja tersebut juga tentu akan lebih mudah dalam mendapatkan hak – hak nya setelah berhenti bekerja.

Ada banyak alasan yang menjadikan seseorang harus berhenti bekerja dari sebuah instansi pemerintahan maupun perusahaan swasta. Mungkin saja diakibatkan oleh ketidaknyamanan yang dirasakan di tempat kerja, upah atau gaji yang kurang mencukupi, jenjang karir yang tidak menarik, sampai dikarenakan pindah domisili. Jika memang demikian, maka seseorang tentu berhak memutuskan untuk mengundurkan diri dari tempatnya bekerja.

Manfaat dan kegunaan dari surat resign tidaklah bisa dianggap sepele. Dengan memberikan contoh surat resign sebelum anda betul – betul berhenti bekerja, maka tentu anda lebih terhorma dan lebih profesional. Selain itu, surat resign yang anda berikan juga akan berguna untuk perusahaan dalam mencari karyawan pengganti secepat mungkin.

Contoh Surat Resign

Adapun jenis – jenis dan contoh surat resign ini sangat bermacam – macam, mulai dari surat resign kerja sampai dengan surat resign dari sebuah organisasi. Demikian juga dengan bentuknya yang beragam, mulai dari surat resign yang bersifat formal sampai dengan semi formal. Berikut adalah beberapa contoh surat resign yang baik dan benar.

1. Contoh Surat Resign Sebagai PNS

Bukan hanya di berbagai perusahaan swasta, surat resign juga sangat dibutuhkan ketika anda harus berhenti sebagai PNS atau yang sering disebut dengan PNS (Pegawai Negeri Sipil). Jika anda seorang guru yang bertugas di suatu sekolah, maka pihak sekolah dan Dinas Pendidikan setempat akan bisa mencari pengganti anda secepatnya. Jika anda bekerja di suatu instansi pemerintahan lainnya, maka pihak Badan Kepegawaian juga akan bisa mencari pengganti anda secepatnya. Dibawah ini adalah salah satu contoh surat resign sebagai PNS yang baik dan benar.

Medan, 8 Februari 2018

Hal : Permohonan Mengundurkan Diri Sebagai PNS (Pegawai Negeri Sipil)

Yth, Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara Dan Reformasi Birokrasi di Jakarta

Saya yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama  : Ahmad Malik
NIP  : 198503302003121002
Pangkat dan Golongan  : Pembina Muda III A
Jabatan  : Kepala Bagian
Unit Organisasi  : Kantor Sekretariat Provinsi Sumatera Utara
Tempat/Tanggal Lahir  : Medan/20/09/1977
Alamat dan Nomor Telepon  : Jl. Mahameru No. 123, Medan 085361920000

Dengan ini mengajukan permohonan pengunduran diri sebagai Pegawai Negeri Sipil dengan alasan akan fokus mengelola usaha yang sedang saya kembangkan.

Sebagai bahan pertimbangan, dengan ini saya melampirkan :

  1. Surat pengunduran diri dengan hormat atas permintaan sendiri,
  2. Surat pernyataan tidak memiliki hutang yang harus dibayar yang pemberiannya berhubungan dengan status sebagai Pegawai Negeri Sipil,
  3. Surat pernyataan tidak keberatan atas pengunduran diri sebagai Pegawai Negeri Sipil dari Sdri Siti Nurhalizah sebagai Istri,
  4. Fotocopy surat keputusan pengangkatan sebagai Calon Pegawai Negeri Sipil yang dilegalisasi,
  5. Fotocopy surat keputusan sebagai Pegawai Negeri Sipil yang dilegalisasi,
  6. Fotocopy surat keputusan kenaikan pangkat terakhir yang dilegalisasi,
  7. Surat pernyataan telah mengembalikan seluruh barang dan kekayaan negara yang selama ini digunakan untuk menunjang kehidupan seorang Pegawai Negeri Sipil.

Demikian surat permohonan pengunduran diri ini saya perbuat dengan sebenar – benarnya dan tanpa anda paksaan dari pihak manapun. Atas pertimbangannya dan keputusannya, saya ucapkan terima kasih.

Hormat saya,

 

Ahmad Malik

2. Contoh Surat Resign Dari Sebuah Perusahaan Swasta

Bukan hanya pada instansi pemerintahan, namun surat resign juga sangat dibutuhkan saat anda akan berhenti bekerja dari perusahaan tersebut. Perusahaan swasta tentu akan lebih leluasa untuk mencari atau merekrut pengganti anda saat anda memberikan surat pengunduran diri beberapa hari sebelum anda benar – benar berhenti bekerja. Dibawah ini adalah salah satu contoh surat pengunduran diri dari sebuah perusahaan swasta tempat anda bekerja.

Medan, 8 Februari 2018

Kepada Yth :

Bapak Bambang Pujianto

Direktur Utama

PT NUSA PERSADA

Jl. Gunung Fuji No. 123

Medan

 

Perihal : Permohonan Pengunduran Diri

Dengan hormat,

Bersamaan dengan surat ini, saya Ahmad Malik dengan jabatan terakhir sebagai Manajer Produksi di Departemen Teknik. Dengan ini saya sampaikan pengunduran diri saya sebagai pegawai di perusahaan yang Bapak pimpin efektif tertanggal  15 Februari 2018.

Saya mengucapkan banyak terima kasih atas pengalaman dan kesempatan yang diperoleh selama bekerja di perusahaan yang Bapak pimpin. Semoga Bapak dapat memahami keputusan yang telah saya buat dan semoga juga PT. NUSA PERSADA semakin maju, berkembang dan sukses selalu kedepannya.

Hormat saya,

 

Ahmad Malik

3. Contoh Surat Resign Dengan Alasan Gangguan Kesehatan

Berbagai hal memang bisa menyebabkan kita harus berhenti dari sebuah pekerjaan. Baik itu dikarenakan ingin fokus pada bisnis atau usaha yang sedang dijlani, ataupun fokus ingin mengurus rumah tangga bagi seorang wanita, maupun dikarenakan alasan kesehatan. Jika anda mengalami sebuah gangguan kesehatan yang berat, maka tentu anda akan kurang bisa bekerja dengan maksimal. Berikut adalah salah satu contoh surat pengunduran diri yang bisa anda contek.

Medan, 8 Februari 2018

Kepada Yth :

HRD Manajer

PT ADI KARYA CEMERLANG

Jl. Pematang Pasir No. 123

Medan

Perihal : Surat Pengunduran Diri

Dengan hormat,

Melalui surat ini, saya yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama : Ahmad Wijaya
NIK : 19820000094
Unit : Pengadaan Logistik
Jabatan : Supervisi

Bermaksud mengajukan pengunduran diri kerja terhitung sejak 15 Februari 2018, dikarenakan kondisi kesehatan yang kurang baik sehingga membutuhkan waktu istirahat yang lebih intensif. Terima kasih saya ucapkan pada perusahaan yang telah menerima saya bekerja selama lebih dari 3 tahun dan terlibat dalam pengembangan perusahaan.

Saya mempunyai keyakinan perusahaan ini dapat lebih berkembang kedepannya. Tidak lupa juga pada kesempatan ini, saya memohon maaf atas kesalahan- kesalahan saya selama bekerja sama dengan perusahaan.

Demikian surat ini saya buat tanpa paksaan dari pihak mana pun. Atas perhatian, kerja sama, dan perhatian Bapak/Ibu sekalian, saya mengucapkan terima kasih.

Hormat saya,

 

Ahmad Wijaya

4. Contoh Surat Resign Dengan Alasan Keluarga

Untuk anda para perantau yang harus bekerja di kota – kota besar, sementara keluarga dan sanak saudara lainnya tentu akan merasa berat jika terlalu lama berada di kota. Belum lagi misalnya kalau orang tua sudah mulai tua dan harus membutuhkan dampingan dari anak – anaknya. Alasan ini jugalah yang biasanya dialami oleh para pekerja dan menyebabkan mereka harus mengundurkan diri. Berikut adalah salah satu contoh surat pengunduran diri dengan alasan keluarga.

Medan, 8 Februari 2018

Kepada Yth :

HRD Manajer PT. Maju Mundur

Jl. Asahan No. 123

Medan

 

Perihal: Permohonan Pengunduran Diri

 

Dengan Hormat,

Dengan surat ini saya selaku karyawan dari PT. Maju Mundur sesuai dengan Surat Kesepakatan Bersama (SKB) tentang karyawan dan Undang-Undang tenaga kerja maka saya yang bertanda tangan dibawah ini :

Nama : Andi Syahputra
Jabatan : Planning Manajer
Departemen : Keuangan
Alamat : Jl. Diponegoro No.345, Medan

Dengan ini bermaksud untuk mengundurkan diri sebagai karyawan dari PT. Maju Mundur, dikarenakan ingin lebih dekat keluarga di Pekanbaru. Surat pengunduran ini saya buat sesuai dengan prosedur hubungan industrial tanpa andanya motivasi negatif.

Saya mengucapkan banyak terima kasih kepada perusahaan yang telah menerima saya bekerja selama 2 tahun ini. Saya juga memohon maaf pada perusahaan juga rekan-rekan sejawat apabila selama ini saya banyak melakukan kesalahan.

Demikian surat pengunduran diri ini saya buat tanpa paksaan dari pihak manapun. Atas perhatian, kerjasama serta pemahamannya saya ucapkan terima kasih.

Hormat saya,

 

Andi Syahputra

5. Contoh Surat Resign Dengan Alasan Kehamilan

Untuk para ibu – ibu yang sudah memiliki anak atau akan memiliki anak, hal seperti ini tentu bisa jadi dilemaa tersendiri bagi mereka. Pada satu sisi, keinginan bekerja sangat tinggi, namun di sisi lainnya, anak juga harus mendapatkan perhatian lebih dari seorang ibu. Tidak terkecuali juga buat para ibu yang sedang mengandung dan akan melahirkan. Berikut adalah salah satu contoh surat pengunduran diri dengan alasan kehamilan.

Medan, 8 Februari 2018

Kepada Yth,
HRD Manager PT. Sabar Subur
Jl. Imam Bonjol 201
Medan

Perihal : Permohonan pengunduran diri

 

Dengan Hormat,

Melalui surat ini, saya Siti Anita bermaksud untuk mengundurkan diri dari PT. Sabar Subur sebagai karyawan, terhitung sejak tanggal 15 Februari 2018. Dikarenakan usia kehamilan anak kedua kami dan keinginan untuk fokus dalam mengurus buah hati kami..

Saya menyampaikan rasa terimakasih atas kesempatan yang diberikan kepada saya untuk bekerja di PT. Sabar Subur selama 2 tahun ini. Saya juga memohon maaf kepada seluruh karyawan dan manajemen, apabila terdapat kesalahan yang telah saya lakukan selama bekerja. Saya berharap selalu, PT. Sabar Subur dapat terus maju dan mendapat pencapaian terbaik.

Demikian surat pengunduran ini saya buat dengan sesungguhnya dan tanpa paksaan dari pihak manapun.

Hormat Saya,

 

Siti Anita

6. Contoh Surat Resign yang Simpel

Pada berbagai perusahaan swasta, memang banyak yang menerapkan atau mengharuskan karyawannya menggunakan bahasa yang formal dalam surat menyurat. Namun ada juga beberapa perusahaan yang memberikan kelonggaran dengan memperbolehkan surat resign yang simpel ataupun semi formal. Berikut adalah salah satu contoh surat pengunduran diri yang simpel.

Medan, 8 Februari 2018

 

Kepada Yth:

Bapak Surya Handi

Pimpinan PT. ANGIN RIBUT

Jl. Syahbandar No. 611

Medan

 

Perihal : Pengunduran diri

 

Dengan Hormat,

Saya yang bertanda tangan di bawah ini menyatakan mengundurkan diri sebagai Web Programmer di perusahaan yang Bapak pimpin, terhitung sejak tanggal surat permohonan pengunduran diri ini disetujui.

Saya mengucapkan rasa terima kasih atas segala kesempatan dan bimbingan yang telah perusahaan berikan kepada saya selama bekerja di PT. ANGIN RIBUT ini.

Hormat saya,

 

Budi Santoso

7. Contoh Surat Resign Dengan Alasan Bisnis

Mungkin banyak diantara anda yang bekerja di sebuah perusahaan, namun memiliki bisnis sampingan untuk mendapatkan penghasilan tambahan. Pada beberapa kasus, bisnis sampingan tersebut malah berkembang dan sangat menjanjikan, sehingga membuat beberapa orang ingin fokus pada bisnis tersebut dan memutuskan untuk resign dari perusahaan tempatnya bekerja. Berikut adalah salah satu contoh surat pengunduran diri dengan alasan karir bisnis yang bisa anda contek.

Medan, 8 Februari 2018

Kepada Yth:
HRD Manager
PT. Surya Harapan
Jln. Cut Nyak Dien No 30 Kav 12
Medan

Perihal : Permohonan pengunduran diri

Dengan Hormat,

Bersamaan dengan surat ini, saya selaku karyawan PT. Surya Harapan,

Nama : Andi Santoso
Departemen : Logistik
Jabatan : Kepala Bidang
Alamat : Jl. Tuntungan No. 123 Medan

Dengan ini mengajukan permohonan pengunduran diri dari perusahaan yang Bapak / Ibu pimpin. dikarenakan ingin berfokus pada karir bisnis yang sedang saya geluti, terhitung sejak tanggal 15 Februari 2018.

Saya mengucapkan terima kasih atas kesempatan yang telah diberikan PT. Surya Harapan untuk berkarya di perusahaan ini. Terima kasih juga saya ucapkan kepada rekan-rekan karyawan dan para staff yang telah banyak membantu saya dalam hal pekerjaan maupun pengembangan diri. Tak lupa saya juga menghaturkan permohonan maaf apabila terdapat banyak kesalahan baik yang disengaja ataupun tidak selama saya bekerja di perusahaan ini.

Saya yakin dan percaya bahwa PT. Surya Harapan dapat menemukan pengganti posisi saya yang lebih baik dan sukses kedepannya. 

Demikian surat ini saya buat. Atas perhatian, kerjasama dan pengertiannya, saya ucapkan terima kasih.

Hormat Saya,

 

Andi Santoso

8. Contoh Surat Resign Sebagai Karyawan

Jika anda merupakan seorang karyawan yang bekerja di salah satu perusahaan, mungkin saja anda akan memiliki alasan untuk keluar dan berhenti bekerja di perusahaan tersebut. Baik itu dengan alasan ingin fokus pada bisnis yang anda jalani, ataupun dikarenakan beberapa alasan lainnya. Berikut adalah salah satu contoh surat pengunduran diri sebagai karyawan yang bisa anda contek.

Medan, 8 Februari 2018

 

Kepada Yth,

HRD Manager

PT. INAMOTO KAWAKI

Jln. Industri Sagara Blok 12, No 100

Medan

Perihal : Surat Pengunduran Diri

 

Dengan Hormat

Melalui surat ini saya Karmin Mahmud (NIK 00129123) dengan jabatan terakhir sebagai QC di bagian gudang. mengajukan permohonan pengunduran diri dari perusahaan yang Ibu / Bapak pimpin, terhitung sejak tanggal 15 Februari 2018.

Saya ucapkan terima kasih atas bimbingan dan kesempatan yang telah diberikan kepada saya sehingga saya dapat lebih berkembang baik dalam bidang keahlian ataupun kepribadian. Saya juga mengucapkan permohonan maaf yang sebesar-besarnya apabila ini banyak melakukan kesalahan selama bekerja di peusahaan ini.

Saya berharap PT. INAMOTO KAWAKI dapat terus berkembang, maju dan mendapatkan yang terbaik.

 

Hormat Saya,

 

Karmin Mahmud

9. Surat Resign Dari Jabatan Organisasi

Sekarang ini, ada sangat banyak organisasi legal yang berdiri dan bergerak di Indonesia. Dan mungkin saja anda merupakan salah satu orang yang menjabat dalam organisasi tersebut. Namun dikarenakan satu dan lain hal, anda berniat untuk mengundurkan diri dari jabatan yang anda duduki pada organisasi tersebut. Berikut adalah salah satu contoh surat pengunduran diri dari jabatan organisasi.

Yang bertanda tangan dibawah ini :

Nama : Andi Syahputra
Jabatan : Bendahara
Organisasi : Sekar Maju

Dengan ini menyatakan bahwa :

Secara resmi mengajukan permohonan pengunduran diri sebagai Bendahara di organisasi Sekar Maju, terhitung sejak tanggal 15 Februari 2018. Hal ini dikarenakan karena banyaknya kesibukan dan aktivitas lain diluar organisasi yang harus saya prioritaskan.

Saya ucapkan terima kasih atas kepercayaan yang telah diberikan selama ini menjadi bendahara di Organisasi Sekar Maju.

Demikian surat permohonan pengunduran diri ini saya buat dengan sesungguhnya. Tanpa ada paksaan atau tekanan dari pihak manapun.

Medan, 8 Februari 2018

Hormat Saya,

 

Andi Syahputra

10. Contoh Surat Resign Secara Resmi

Ketika ingin berhenti bekerja sebagai seorang PNS (Pegawai Negeri Sipil), tentu kita harus membuat surat pengunduran secara resmi. Namun bukan hanya di instansi pemerintahan, beberapa perusahaan swasta juga mengharuskan para karyawannya untuk membuat surat resign secara resmi. Berikut adalah salah satu contoh surat pengunduran diri secara resmi.

Medan, 8 Februari 2018

Kepada Yth,

HRD Manager / Pimpinan 

PT. SUKA MAJU

Jl. Diponegoro No. 123

Medan

 

Perihal : Permohonan pengunduran diri

Dengan Hormat,

Melalui surat ini, saya Sekar Sari bermaksud untuk mengundurkan diri dari PT. SUKA MAJU  sebagai Front Officer, terhitung sejak tanggal 15 Februari 2018.

Saya mengucapkan terimakasih atas kesempatan yang diberikan kepada saya untuk bekerja di PT. SUKA MAJU. Saya juga memohon maaf kepada segenap karyawan dan manajemen PT. SUKA MAJU apabila terdapat kesalahan yang saya lakukan selama berada di perusahaan ini. Saya berharap perusahaan ini dapat terus maju dan berkembang di masa depan.

Hormat Saya,

 

Sekar Sari

11. Contoh Surat Resign Dari Pekerjaan di Hotel

Bekerja di hotel mungkin merupakan pekerjaan yang menyenangkan bagi sebagian orang. Namun tentu tidak semua orang yang merasakan demikian. Banyak orang juga yang merasa bosan bekerja di sebuah hotel dan akhirnya memutuskan untuk berhenti bekerja dari hotel tersebut. Berikut adalah salah satu contoh surat pengunduran diri dari hotel yang bisa anda contek.

Medan, 8 Februari 2018

 

Kepada

Yth, Kepala Bagian HRD

Hotel Surga Impian

Jln. Bangsa Maju No. 123

Surabaya

 

Dengan Hormat,

Saya yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama : Cici Sutinah
Jabatan : General Accounting Hotel Surga Impian
Tempat/Tanggal Lahir : Medan/20/09/1990
Alamat : Jl. Pangeran No. 234 Medan

Melewati surat ini, saya ingin mengajukan pengunduran diri pada tanggal 07 Oktober 2017 dengan alasan ingin melanjutkan cita-cita saya selama ini. Semua tugas yang berhubungan dengan tanggung jawab saya sebagai General Accounting Hotel Surga Impian akan tetap saya laksanakan dengan baik sampai masa pengunduran saya.

Saya ucapkan terima kasih banyak kepada segenap pimpinan dan semua karyawan yang telah membantu dan membimbing saya selama bekerja, dan saya mohon maaf dengan sangat karena tidak lagi bisa bekerja dan menjadi bagian dari perusahaan Hotel Surga Impian.

Demikian surat pengunduran diri yang saya buat atas penuh kesadaran dan keinginan diri sendiri tanpa paksaan dari siapa pun.

Hormat Saya,

 

Cici Sutinah

12. Contoh Surat Resign Dari Bank

Tidak jauh berbeda dengan bekerja di sebuah hotel, bekerja di sebauh Bank juga merupakan impian banyak orang. Banyak orang berpikiran kalau bekerja di sebauh Bank itu tentu sangat enak dan memiliki uang yang banyak. Kendati demikian, tentu saja ada beberapa alasan yang mungkin membuat seorang karyawan Bank harus memutuskan untuk berhenti bekerja dari Bank tersebut.

Medan, 8 Februari 2018

Kepada Yth,

Pimpinan BANK INTERNASIONAl INDONESIA

Jl. Gaharu No. 123

Medan

 

Dengan Hormat,

Bersama surat ini saya mengajukan permohonan mengundurkan diri sebagai karyawan di BANK INTERNASIONAL INDONESIA atas :

Nama : Paramita Sari
Jabatan : Front Officer
Alamat : Jl. Bambu No. 234 Medan

Dengan ini saya mengucapkan terima kasih atas kesempatan yang telah diberikan untuk belajar dan bekerja di BANK INTERNASIONAL INDONESIA sebagi suatu perusahaan besar selama penempatan di Front Officer di BANK INTERNASIONAL INDONESIA kurang lebih satu tahun.

Tak lupa saya mohon maaf kepada seluruh karyawan serta jajaran manajemen BANK INTERNASIONAL INDONESIA. Apalagi terdapat hal-hal yang tidak baik yang telah saya lakukan selama bekerja di BANK INTERNASIONAL INDONESIA.

Saya berharap dan berdoa agar BANK INTERNASIONAL INDONESIA menjadi perusahaan yang terus maju dan sukses.

Hormat Saya,

 

Paramita Sari

13. Contoh Surat Resign Sebagai Karyawan Kontrak

Seperti yang kita ketahui bersama, seorang karyawan kontrak memang tidak bisa keluar atau berhenti bekerja sesuka hati. Terlebih jika kontrak kerjanya masih lama dan masih terdapat beberapa kewajiba yang harus dipenuhi. Untuk itu, anda tentu harus membuat surat pengunduran diri dengan baik dan berharap pihak perusahaan bisa mempertimbangkan keputusan anda.

 

Medan, 8 Februari 2018

Yth. Wisnu Sucoko, M.B.A

Direktur PT. ANGIN BELIUNG

Medan

 

Dengan Hormat,

Melalui surat ini, saya Andi Pratama bermaksud untuk mengundurkan diri dari PT. ANGIN BELIUNG sebagai Operator Komputer, terhitung sejak tanggal 15 Februari 2018.

Saya mengucapkan terima kasih atas kesempatan dan kepercayaan yang telah diberikan kepada saya untuk bekerja di PT. ANGIN BELIUNG. Saya juga memohon maaf kepada seluruh karyawan dan manajemen PT. ANGIN BELIUNG apabila terdapat kesalahan yang telah saya lakukan selama bekerja.

Saya berharap PT. ANGIN BELIUNG dapat terus berkembang dan selalu mendapatkan yang terbaik.

 

Hormat Saya,

 

Andi Pratama

14. Contoh Surat Resign Dari Sebuah Organisasi

Bukan hanya di kalangan masyarakat, sekarang ini organisasi sudah menjamur dan ada dimana – mana. Untuk lingkungan sekolah, terdapat organisasi OSIS, dan untuk perguruan tinggi, terdapat organisasi BEM atau sejenisnya. Nah, jika anda ingin keluar dari sebuah organisasi sekolah, kampus, atau organisasi kemasyarakatan, berikut adalah salah satu contoh surat pengunduran diri yang bisa anda contek.

SURAT PERNYATAAN PENGUNDURAN DIRI

SEBAGAI ANGGOTA BEM

DI UNIVERSITAS SUMATERA UTARA

 

Dengan Hormat,

Saya yang bertanda tangan dibawah ini :

Nama : Ade Santika
Jabatan : Bendahara
Fakultas : Pertanian
NIM : 178644012
Alamat : Jl. Garuda No. 123 Medan
Telp : 085361920000

Mengajukan surat pengunduran diri dari Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Universitas Sumatera Utara. Selama ada didalam kepengurusan BEM saya sudah mendapatkan banyak pengalaman dan pembelajaran serta menjadi bagian dari berkembangnya organisasi ini.

Saya juga mohon maaf apabila dalam organisasi pernah melakukan hal-hal yang kurang berkenan di hati.

Surat pengunduran diri ini saya buat dengan sebenar-benarnya dan dalam keadaan sadar tanpa adanya tekanan dari pihak manapun. Saya berharap pembina dan pengurus BEM Universitas Negeri Yogyakarta dapat memahami keputusan ini.

Atas bantuan dan dukungan yang telah diberikan selama ini, saya ucapkan banyak terima kasih.

 

Hormat Saya,

 

Ade Santika

15. Contoh Surat Resign Dari Sekolah

Biasanya, para anak tentu akan mengikuti kedua orang tua mereka kemana pergi. Jika orang tua pindah tugas, maka tentu saja anak akan mengikuti untuk pindah dan harus pindah sekolah juga. Untuk membuat surat resign dari sekolah ini, biasanya dilakukan oleh orang tua dari siswa, dengan mencantumkan identitas siswa yang akan resign dari sekolah tersebut.

 

Kepada :

Yth. Kepala Sekolah SMA Negeri 1 Medan

Jl. Mangkubumi No.55

Medan

Dengan Hormat,

Yang bertanda tangan di bawah ini, saya :

Nama : Ahmad Bajuri
Pekerjaan : Pegawai Negeri Sipil
Alamat : Jl. Bulan No. 123 Medan
Telp. : 085361920000

Selaku Orang Tua / Wali dari :

Nama : Surya Kencana
Kelas : XI-IPS 2
Nomor Induk : 1872

Mengajukan pengunduran diri anak saya tersebut di atas dari SMA Negeri 1 Medan dengan alasan :

Keluarga kami akan berpindah domisili tempat tinggal ke Palembang, sehingga dirasa tidak mungkin untuk meninggalkan anak kami (Surya Kencana) sendiri di kota Medan untuk melanjutkan proses belajarnya di SMA Negeri 1 Medan.

Demikian surat pengunduran diri ini saya ajukan dengan harapan Ibu Kepala Sekolah dapat mengabulkan permohonan ini, atas perhatiannya saya sampaikan terima kasih.

Medan, 8 Februari 2018

Orang Tua Siswa,

 

Ahmad Bajuri

 

Kesimpulan Pentingnya Surat Resign

Ada sangat banyak jenis surat resign yang bisa anda pergunakan untuk berbagai keperluan sekarang ini. Mulai dari surat resign dari pekerjaan sebagai PNS, surat resign dari pekerjaan di perusahaan swasta, sampai dengan surat resign dari sekolah ataupun organisasi. Semua surat tersebut memiliki peranan dan fungsi masing – masing.

 Surat resign memang ditujukan atau diperbuat ketika kita hendak keluar dari sebuah pekerjaan maupun dari sebuah organisasi. Namun kendati demikian, kesopanan tetaplah harus diutamakan agar instansi atau organisasi yang kita tinggalkan tidak menyimpan rasa sakit hati atau sejenisnya.

Penting bagi kita untuk tetap menjalin komunikasi yang baik dengan perusahaan ataupun instansi yang telah kita tinggalkan. Hal ini tentu saja akan berguna di kemudian hari, misalnya ketika kita hendak meminta surat rekomendasi dari perusahaan tersebut untuk melamar di tempat kerja yang lain.

Selain itu, memberikan surat resign juga menggambarkan kepribadian kita dan membuat kita lebih terhormat sebagai orang yang sudah pernah dipercaya untuk bekerja di perusahaan tersebut. Dimanapun anda bekerja atau bernaung dalam suatu organisasi, surat resign sangatlah penting untuk anda berikan ketika hendak keluar dari perushaan atau organisasi tersebut.

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Lainnya terkait Contoh Surat