15 Contoh Surat Pribadi Untuk Guru yang Sopan dan Benar - Contoh Surat Resmi
Connect with us

Contoh Surat

15 Contoh Surat Pribadi Untuk Guru yang Sopan dan Benar

Contoh Surat Pribadi Untuk Guru – Seiring dengan perkembangan zaman dan kecanggihan teknologi sekarang ini, penggunaan surat sebagai alat komunikasi pribadi juga semakin berkurang dan banyak ditinggalkan oleh masyarakat. Masyarakat sekarang pada umumnya lebih memilih untuk menggunakan media komunikasi modern, seperti e-mail, whatsapp, dan berbagai media sosial atau media chatting lainnya.

Hal ini memang wajar saja mengingat kemudahan dan kecepatan yang diberikan oleh media komunikasi sekarang sudah jauh meninggalkan surat. Untuk urusan resmi, penggunaan surat mungkin masih tetap dipertahankan dan sudah merupakan suatu kewajiban bagi perusahaan, instansi pemerintahan, lembaga, maupun organisasi dan berbagai kelompok lainnya.

Contoh Surat Pribadi Untuk Guru

Sedangkan untuk penggunaan surat pribadi, sudah sangat jarang kita temukan. Namun kendati demikian, bukan berarti anda tidak bisa menggunakan surat pribadi. Seperti menggunakan surat pribadi untuk guru, merupakan hal yang sangat patut untuk anda coba.

Mungkin saja anda ingin mengucapkan sepatah kata terimakasih untuk guru, maka anda bisa mengirimkan contoh surat pribadi untuk guru. Ataupun ketika anda memiliki kesalahan dan ingin meminta maaf kepada guru, namun anda tidak memiliki keberanian secara langsung, maka penggunaan contoh surat pribadi untuk guru akan banyak membantu anda.

Menulis surat pribadi untuk guru bukanlah perkara yang susah. Namun anda harus menggunakan bahasa yang sopan, mengingat posisi guru yang menjadi pahlawan tanpa tanda jasa bagi kita. Berikut adalah beberapa contoh surat pribadi untuk guru yang bisa anda jadikan sebagai bahan referensi.

 

1. Contoh Surat Pribadi Untuk Guru Untuk Menceritakan Diri

Sebagai seorang siswa, memang sudah sepantasnya kita selalu mengingat guru – guru kita, sekalipun kita sudah tamat dan sudah pergi ke sekolah lain untuk melanjutkan pendidikan di jenjnag yang lebih tinggi. Nah, jika ingin menceritakan keadaan diri sendiri sekarang ini, maka anda bisa mengirimkan contoh surat pribadi untuk guru anda.

Surabaya, 24 APril 2018

Kepada ibu guru tersayang
Ibu Indah
Jalan. Merpati No.51

Assalamu’alaikum warrahmatullahi wabarakatuh

Ibu Indah bagaimana kabarnya? Alhamdulillah saya di Surabaya baik-baik saja. Semoga ibu disana sehat selalu ya, dan tambah semangat mengajar anak didik disekolah.

Alhamdulillah ibu, Reni sekarang sudah bisa melanjutkan sekolah sesuai keinginan saya . Saya sekarang sekolah di MAN 3 Surabaya ibu, seperti yang ibu katakan dulu saat di sekolah “jika kita punya keinginan kita harus mengejarnya sampai dapat”.  Dan itu terus aku ingat sampai sekarang. 2 minggu lagi aku akan mengikuti lomba fisika yang diadakan oleh Universitas Brawijaya,  sya minta do’anya ya supaya bisa menang dan  nanti semogbisa kuliah disana juga mengambil jurusan fisika.

Reni sangat berterimakasih kepada ibu, berkat kerja keras ibu mengajariku rumus-rumus fisika sekarang, meskipun dulu Rei sangat susah diajarin. Namun sekarang  saya tambah cinta dengan pelajaran ini. Buku yang ibu berikan selalu aku pelajari dan sekarang saya punya banyak koleksi buku fisika

Saya ingat selalu, dulu ibu selalu mengingatkanku saat saya mulai malas, dan menyemangatiku untuk terus dan tidak bosan dengan belajar. Karena dengan belajar tidak ada yang sia-sia, dan semuanya ada hasilnya.

Terimakasih ibu Indah, saya sekarang membuktikan bahwa memang dengan belajar yang sungguh-sungguh saya bisa menaklukkan pelajaran –pelajaran yang saya anggap sulit.

Cukup sekian surat dari Reni, minta restunya untuk lomba nanti ya bu, saya tidak meminta surat ini untuk dibalas, karena jika ibu sudah membacanya saya  sudah senang sekali. Sebenarnya saya sangat rindu dengan ibu. Jika nanti saya kembali pulang ibu tidak keberatan kan jika saya silaturahmi kerumah ibu. Saya juga kangen sama putri cantik ibu, Meri.

Sekali lagi terimakasi bu Indah, semoga Allah selalu memberikan kesehatan supaya ibu terus bisa menularkan semangat kepada murid-muris ibu.

Wassalamu’alaikum warrahmatullahi wabarakatuh

Salam rindu,

 

Reni Sumarni

2. Contoh Surat Pribadi Untuk Guru Sambil Memberikan Cinderamata

Jika anda sudah pergi meninggalkan kampung dan sudah jauh dari guru – guru yang dulu mendidikan anda, maka anda bisa mengirimkan mereka surat sebagai pelepas rindu. Walaupun anda berada di negeri orang, namun jarak bukanlah penghalang untuk berkomunikasi dengan guru – guru anda. Anda juga bisa sambil mengirimkan cinderamata kepada guru anda.

Kuala Lumpur, 24 April 2018

Kepada
Yth. Ibu Windyawati
Di
Makasar

Assalamualaikum wr.wb,
Nama saya Nugraha, saya adalah siswa di SMU Negeri 19, Makassar, kelas 2A. Ibu Widyawati adalah wali kelas di kelas 2A saat saya masih bersekolah disana. Saat ini saya sudah berada di Malaysia mengikuti program pertukaran pelajar.

Melalui surat ini saya hanya ingin mengucapkan terimakasih yang sebesar-besarnya atas bantuan Ibu Widyawati sehingga saya bisa direkomendasikan oleh kepala sekolah untuk mengikuti program pertukaran pelajar ini. Saya masih membutuhkan bimbingan dan doa dari Ibu Widyawati semoga kegiatan belajar saya selama disini bisa berjalan dengan lancar sesuai dengan harapan.

Mudah-mudahan pada liburan semester berikutnya saya bisa kembali ke Indonesia dan bersilaturahmi ke rumah Ibu bersama dengan kedua orang tua saya untuk mengucapkan terima kasih atas bantuan dari ibu selama ini.

Bersama ini pula saya kirimkan cinderamata dari Malaysia yang saya beli pada saat berkunjung ke Johor. Mudah-mudahan ibu berkenan untuk menerimanya.

Demikian, dan sekali lagi saya ucapkan terima kasih banyak atas bantuan Ibu selama ini.

Hormat Saya,

 

Dian Permatasari

3. Contoh Surat Pribadi Untuk Guru dari Luar Negeri

Setelah tamat sekolah, mungkin saja anda pergi ke luar negeri karena beberapa hal. Mungkin saja karena anda ingin melanjutkan pendidikan disana ataupun karena harus bekerja di luar negeri. Nah, jika anda rindu dengan guru – guru anda, maka anda bisa mengirimkan mereka sepucuk surat sebagai pelepas rindu.

Belanda, 24 April 2018

Teruntuk Ibu Guruku

Assalamualaikum wr. wb. ,

Halloo Ibu, bagaimana kabarnya? Saya harap Ibu selalu sehat dan berada di dalam lindungan Allah SWT. Ibu masih ingatkan dengan saya? Saya adalah Salman, Murid ibu yang selalu membuat Ibu kesal ketika di SMA. Tentunya saya yakin ibu masih mengingatnya.

Saya masih mengingatnya Bu, Kejadian beberapa tahun lalu yang menjadi titik balik dalam kehidupan saya. Kejadian yang membuat saya sadar betapa bodoh dan sia – sianya diri saya waktu itu. Ibu masih mengingatnya bukan? Ketika saya sedang bolos dari sekolah dan Ibu menghampiri saya di tempat penyewaan play station. Ibu tarik kuping ini dengan sangat keras dan semua orang yang ada di sana menertawaiku.

Hingga sekarang saya pun masih mengingat perkataan itu. Ibu berkata,”Kalau kamu sekolah hanya untuk main, berhenti dari sekolah kasian dengan orang tua mu.” perkataan itu lah yang selalau terngiang – ngiang dalam benakku. Mungkin jika saja Ibu tidak datang dan menjewer telinga saya waktu itu, Saya masih menjadi orang yang kacau.

Saya ingin sekali bertemu dengan ibu dan mengucapkan rasa terimakasih saya secara langsung. Namun, sepertinya keadaan masih belum mengijinkannya karena saya masih harus menjalani tanggung jawab sebagai duta besar Indonesia di Belanda.

Oleh karena itu, melalui surat ini saya mengucapkan rasa terimakasih ku kepada Ibu. Mungkin ini tidak sebanding dengan apa yang telah Ibu lakukan terhadapku karena saya tahu jasa – jasa ibu tidak akan sanggup untuk terbalas. Yang bisa saya lakukan adalah berdoa semoga ibu selalu sehat dan berada di dalam lindungan Allah SWT.

Tiada yang abadi di dunia ini, tetapi jasa dan pengabdianmu akan terus hidup sepanjang waktu. Terima kasih Guruku tercinta.

Dengan Penuh Cinta,

 

Salman Reza

4. Contoh Surat Pribadi Untuk Guru Menceritakan Keberhasilan

Tiada kebahagiaan terbesar bagi seorang guru selain dari melihat anak didiknya sukses di kemudian hari. Untuk itu, jika anda memiliki prestasi bagus maupun memiliki keberhasilan yang membanggakan, anda bisa menceritakan hal tersebut kepada guru anda. Anda bisa mengirimkan sepucuk surat kepada guru anda untuk berbagai kebahagiaan tersebut.

Karawang, 24 April 2018

Teruntuk Bapak Guruku ,

Assalamualaikum wr. wb. ,

Bagaimana kabar Bapak ? Saya berharap Bapak selau berada dalam keadaan sehat walafiat. Oh iya Pak, saya ingin menyampaikan sebuah berita gembira untuk Bapak. Berita yang menjadi harapan kita berdua ketika Saya masih berada di SMA bahwa Saya telah berhasil terpilih sebagai atlet bulu tangkis yang akan mewakili Indonesia dalam ajang Sea Games tahun ini.

Saya ingin menghaturkan terimakasih kepada Bapak atas didikannya dan bimbingannya selama ini. Saya tidak akan pernah melupakan jasa – jasa Bapak karena Bapak lah yang telah menemukan bakat ku dan Bapaklah yang telah membimbingku menjadi atlet yang terkenal.

Tiada kata lelah apalagi putus asa dalam mendidikku. Bapak selalu melatihku dengan penuh keyakinan dalam hati Bapak. Bapak selalu memotivasi dan menyakinkan Saya untuk menjadi atlet yang hebat. Kini semua usaha Bapak selama ini telah terbayar.

Oleh karena itu, saya sangat berterimakasih kepada Bapak atas jasa – jasa yang telah Bapak berikan kepadaku. Selain itu, saya juga mengundang Bapak untuk menemani saya ke Singapura untuk melihat dan menyemangatiku di sana. Saya akan menjemput Bapak dan keluarga 2 hari lagi.

Sekian surat ini, kita akan lanjutkan obrolan nya nanti pada saat bertemu di bandara.

Salam Hormat,

 

Nugraha Pamungkas

5. Contoh Surat Pribadi Untuk Guru Matematika

Mungkin tidak sedikit orang yang sangat membenci pelajaran matematika ketika berada di bangku sekolah. Hal ini sudah bukan rahasia lagi, mengingat pelajaran matematika memang terkenal susah bagi sebagian orang. Namun jika ternyata anda bisa menaklukkan pelajaran matematika, bahkan menjadi seorang guru matematika, maka anda bisa menceritakan hal tersebut kepada guru matematika anda dulu.

Medan, 16 Juli 2016

Salam hormat,

Assalamualaikum wr. wb.,

Halo apa kabar Ibu Ayu? Masih ingatkah Ibu dengan saya? Saya yakin Pasti ibu tidak bisa melupakan saya kan?. Saya adalah satu-satunya murid Ibu yang tidak mengerti pelajaran Matematika. Setiap pulang sekolah, saya selalu saja merepotkan ibu untuk meminta waktu tambahan.

Masih ingatkah dengan janji saya Bu? Saya berjanji kepada ibu kalau saya pasti akan bisa seperti ibu. Dan sekarang Saya sudah membuktikannya ibu. Saat ini saya telah menjadi guru matematika untuk tingkat SD di kota Medan. Semua ini berkat bantuan Ibu. Terima kasih Bu untuk semuanya. Saat libur tiba nanti, saya akan kembali ke Banda Aceh, saya berharap dapat bertemu dengan Ibu. Apa Ibu masih tinggal di kediaman ibu yang dulu ?

Masih banyak hal yang ingin saya ceritakan kepada Ibu, namun lembar kertas membatasi kata-kata saya. Saya akan menceritakannya ketika bertemu dengan Ibu suatu hari nanti.

Demikian surat dari saya Bu, saya menunggu balasan dari Ibu. Terima kasih Ibu.

Salam dari muridmu,

 

Nugraha Maulana

6. Contoh Surat Pribadi Untuk Guru yang Pindah Sekolah

Jika salah seorang guru anda harus pindah sekolah dan mengajar di sekolah yang baru, mungkin saja anda akan merindukannya. Terlebih jika anda memiliki kenangan yang indah bersama guru tersebut, maka rasa rindu yang akan anda rasakan tentu semakin besar. Untuk itu, anda bisa mengirimkannya sepucuk surat untuk meredakan rindu yang anda rasakan.

Banda Aceh, 24 April 2018

Assalamualaikum wr.wb.,

Hallo Pak Ridwan, apa kabar Bapak di tempat mengajar yang baru? Saya harap sama menyenangkannya seperti saat bapak mengajar di sekolah saya dulu. Kami semua begitu merindukan bapak. bagaimana tidak, cara mengajar bapak yang santai namun jelas membuat kami merasa kehilangan. Meskipun pengganti bapak untuk mengajar sosial cukup baik, namun kami tetap merindukan saat dimana bapak mengajar kami di kelas.

Kapan bapak berencana berkunjung ke sekolah lagi? Kami berharap Bapak tidak melupakan kami dan mau memaafkan kenakalan-kenakalan yang telah kami buat dulu. Kami menunggu kabar kedatangan Bapak di sekolah.

Sekian dulu surat dari saya Pak. Kami menunggu balasan dari Bapak. Terima kasih.

Salam dari muridmu,

 

Agus Rinaldi

7. Contoh Surat Pribadi Untuk Guru Ucapan Selamat Tahun Baru

Momen tahun baru merupakan salah satu momen yang berharga buat banyak orang dan dijadikan sebagai momen maaf – maafan. Nah, jika anda sudah pergi jauh meninggalkan guru – guru anda di kampung, maka anda bisa mengirimkan sepucuk surat untuknya. Anda juga bisa mengucapkan selamat tahun baru dan meminta maaf atas kesalahan – kesalahan anda semasa sekolah.

Jakarta, 24 April 2018

Kepada Bapak Mulyono
Guruku Tercinta

Assalamualaikum warrahmatullahiwabarakatuh

Hallo pak! apa kabar bapak? semoga bapak selalu diberi kesehatan dan selalu dalam lindungan Allah Swt ya pak. Saya Dio Nugraha pak murid bapak ketika bapak masih mengajar di SMA Harapan Bangsa. Mungkin bapak lupa dengan wajah saya. Tapi sekedar mengingatkan bapak, saya adalah murid bapak di kelas X yang setiap hari selalu bapak cari karena saya selalu berbuat kenakalan. Entah itu berkelahi, membolos, tidak mengerjakan tugas, tidur dikelas dan masih banyak lagi kenakalan saya pak.

Bersamaan dengan tanggal 31 Desember ini saya menulis surat ini sekaligus mau mengucapkan Selamat Tahun Baru kepada bapak semoga di tahun depan bapak selalu diberikan nikmat dan selalu dalam lindungan Allah Swt.

Saya sangat ingin bertemu bapak. Sebenarnya lebaran tahun kemarin saya sudah kerumah bapak tetapi kebetulan bapak sedang pulang kampung. Mungkin lebaran tahun depan saya bisa bertemu bapak ya. Saya saat ini bekerja di salah satu perusahaan asing di Jakarta pak. Capaian ini saya capai tidak lepass dari jasa-jasa bapak kepada saya. Sungguh saya ucapkan terimakasih yang sebesar-besarnya kepada bapak. Saya tidak bisa memberikan apa-apa kepada bapak yang saya bisa hanya berdoa kepada tuhan agar bapak selalu dilimpahkan nikmat dan karunianya.

Sekian surat dari saya pak, Saya yakin Allah selalu melindungi orang baik seperti bapak.

Hormat saya Dio Nugraha murid bapak yang paling nakal.

Hormat Saya,

 

Dio Nugraha

8. Contoh Surat Pribadi Untuk Guru dan Keinginan Bertemu

Ketika anda sudah bekerja di kota lain dan jauh dari kota kelahiran anda, mungkin saja anda akan merasakan kerinduan kepada guru – guru yang dulu sudah bersusah payah dalam mendidik dan mengajari anda. Untuk itu, anda bisa mengirimkannya sepucuk surat dan mengatakan keinginan anda untuk bertemu dengannya.

Papua, 24 April 2018

Kepada Pak Slamet
Guru Terbaikku

Assalamualaikum warrahmatullahi wabarakatuh

Pak Slamet bagaimana kabarnya? semoga bapak selalu diberikan kesehatan dan selalu dalam lindungan Allah SWT ya. Sebenarnya saya sudah sangat lama pak ingin mengirimkan bapak surat namun baru sekarang tercapai. Saya Aliando pak, semoga bapak masih ingat saya. Semasa di SMA saya adalah murid yang paling nakal pak dan selalu menerima nasihat dari bapak. Saya yakin bapak masih mengingat saya karena kenakalan-kenakalan saya tentunya.

Sudah 7 tahun ini pak saya lulus dari SMA tercinta dan sudah 7 tahun pula terakhir kali bapak menasihati saya. Sejujurnya tujuan saya mengirimkan surat ini adalah untuk mengucapkan rasa terimakasih yang sebesar-besarnya kepada bapak karena nasihat-nasihat bapak saya sekarang bisa seperti ini. Saya sekarang bekerja di PT. Freeport Indonesia di Papua pak. Sungguh bapak pasti sangat bangga dengan capaian saya apabila melihat kelakuan saya ketika di SMA.

Sesungguhnya saya sangat ingin bertemu dengan bapak untuk mengucapkan terimakasih tapi apa daya kesempatan yang sampai saat ini masih membatasi saya karena pekerjaan dan jarak yang sangat jauh. Insyaallah akhir tahun 2017 saya baru bisa pulang ke Jakarta pak dan ketika saya pulang saya harap bapak selalu diberi kesehatan dan tidak kurang satu apapun seperti ketika saya masih di SMA.

Mungkin hanya itu pak yang bisa saya sampaikan lewat surat ini. Semoga bapak selalu dalam lindungan Allah SWT agar bapak bisa terus mengajar dan memperjuangkan nassib anak bangsa ini.

Salam Hormat,

 

Aliando Tedja Margono

9. Contoh Surat Pribadi Untuk Guru Menceritakan Pekerjaan

Ketika anda mendapatkan pekerjaan yang bagus, sudah tentu anda akan sangat bahagia dengan pekerjaan tersebut. Namun cobalah sejenak untuk mengingat jasa – jasa guru anda. Tanpa guru yang mendidik dan mengajari anda, maka anda tidak akan bisa memiliki pekerjaan bagus demikian. Untuk itu, anda bisa mengirimkan sepucuk surat kepada guru anda dan mengucapkan terimakasih.

Singapura, 24 April 2018

Teruntuk Bapak Guruku,
Bapak Ardian

Assalamualaikum wr. wb. ,
Bagaimana kabar Bapak ? Saya berharap Bapak selalu berada dalam keadaan sehat walafiat. Oh iya Pak, saya ingin menyampaikan sebuah berita gembira untuk Bapak.

Berita yang menjadi harapan kita berdua ketika Saya masih berada di SMA bahwa Saya telah berhasil dan terpilih menjadi seorang Kepala Bagian di Bank Internasional Singapura.

Saya bisa mencapai tahap ini berkat bimbingan dan didikan bapak selama ini. Bapaklah yang menyadarkan aku akan bakat yang kumiliki dan bapak selalu setia dan bersabar membimbingku hingga aku akhirnya kini bisa mencapai apa yang aku dan guru inginkan, ajdi aku tidak akan pernah melupakan jasa jasa bapak sampai kapan pun.

Tiada kata lelah apalagi putus asa dalam mendidikku dan dengan penuh keyakinan Bapak terus melatihku walaupun terkadang aku sendiri terkadang merasa putus asa. Kegigihan dan motivasi yang Bapak berika menjadi aku yakin bia menjadi atlet yang hebat dan akhirnya sekarang semua uasaha bapak bisa terbayarkan.

Oleh karena itu, saya sangat berterimakasih kepada Bapak atas jasa – jasa yang telah Bapak berikan kepadaku. Selain itu, saya juga mengundang Bapak untuk menemani saya ke Singapura untuk melihat dan mengikuti serah terima jabatan baru saja di sini. Saya akan menjemput Bapak dan keluarga 2 hari lagi.

Sekian surat ini, kita akan lanjutkan obrolan nya nanti pada saat bertemu di bandara.

Salam Hormat,

 

Anton Nugraha

10. Contoh Surat Pribadi Untuk Guru yang Sudah Lama Berpisah

Di dunia ini memang tidak ada yang abadi. Jika dulu semasa sekolah anda bisa bertemu setiap hari dengan guru anda, maka mungkin saja tidak dengan sekarang. Jika anda memiliki pekerjaan dan kesibukan di kota atu di negara lain, bukan tidak mungkin anda akan berpisah dengan guru anda selama bertahun – tahun lamanya dan tidak pernah bertemu. Untuk itu, anda bisa mengirimkannya sepucuk surat sebagai pelepas rindu.

Jepang, 24 April 2018

Teruntuk ibu Guruku tercinta Ibu Nur Hidayah.

Asalamualaikum WR. WB

Halo ibu, bagaimana kabar ibu di sana? Semoga ibu di sana selalu baik-baik saja, sehat walafiat, dan selalu dalam lindungan Allah Swt ya, amin yarobal alamin. Saya Salsabila ibu, murid Ibu sewaktu SD dulu.

Mungkin ibu telah lupa dengan wajah saya karena lama sekali kita tidak berjumpa, kira-kira sudah 12 tahun lamanya. Namun saya berusaha mengingatkan kembali kepada ibu bahwa saya adalah murid perempuan yang paling nakal, bandel, cengeng dan selalu ngambek.

Entah mengapa hari ini saya sangat rindu sekali dengan ibu, ingin sekali bertemu namun sayangnya saya tidak bisa karena saya berada di Negara Sakura untuk melanjutkan belajar saya ke jenjang berikutnya. Ada hal yang membuat saya ingat kepada ibu, yakni tentang sosok perempuan yang tingkah lakunya hampir sama dengan ibu, penyabar, penyayang, dan selalu memberi motifasi dikala aku malas dulu.

Saat ini saya sedang melanjutkan study master di negara sakura, (Jepang). Saya mendapatkan beasiswa prestasi bu, sehingga saya tidak meminta biaya dari orang tua sepeser pun.

Kini sedikit perjalanan telah dapat saya raih dengan sempurna, saya mampu menjadi seorang murid yang dapat ibu banggakan. Terimakasih ibu, sungguh semua ini berkat didikan dan bimbingan ibu yang begitu sabar kala itu.

Sekian dulu surat dari saya untuk ibu, lain waktu bisa kita sambung lagi.

Hormat Saya,

 

Salsabila

11. Contoh Surat Pribadi Untuk Guru dalam Bahasa Inggris

Jika anda memang lancar dan bisa berbahasa Inggris, maka tidak ada salahnya bagi anda untuk mengirimkan sepucuk surat dalam bahasa Inggris kepada guru anda. Namun pastikan terlebih dahulu kalau guru anda juga bisa berbahasa Inggris. Atau agar lebih mudah, kirimkanlah surat bahasa Inggris kepada guru bahasa Inggris anda dulu.

Bogor, April 24, 2018

Dear Miss Julia,

I want to deliver my gratitude for all what you have done during last academic year. At first I was afraid to see you in class because you looked so cruel for me. Nevertheless, I was wrong. You are the best teacher that I have ever had. I remembered that day when I couldn’t find the answer of math exercise. You came to help me found the solution. It was because of you I crazy about math now.

I really appreciate the way you taught me by making the lessons innovative and creative.  You did not only motivate me, but also inspired me to be a teacher as best as you someday.  I also thank you for took care of me lovingly for 3 years at school.

I am looking forward your replay soon and wish you all the best for your future endeavors.

Regards,

 

Suci Rahmi

12. Contoh Surat Pribadi Untuk Guru dan Ucapan Terimakasih

Jika anda sudah memiliki pekerjaan yang bagus sekaran ini, maka janganlah lupakan guru – guru anda yang dulu sudah bersusah payah untuk mendidik dan mengajari anda. Tanpa jasa mereka, maka anda tidak akan bisa seperti sekarang ini. Untuk itu, anda bisa mengirimkan surat kepada guru anda sembari mengucapkan terimakasih atas jasa – jasanya.

Jakarta, 24 April 2018

Kepada Bapak Ahmad Subarjo
Guruku Tercinta

Assalamualaikum warrahmatullahiwabarakatuh

Hallo pak! apa kabar bapak? semoga bapak selalu diberi kesehatan dan selalu dalam lindungan Allah Swt ya pak. Saya Dio Nugraha pak murid bapak ketika bapak masih mengajar di SMA Harapan Bangsa. Mungkin bapak lupa dengan wajah saya.

Tapi sekedar mengingatkan bapak, saya adalah murid bapak di kelas X yang setiap hari selalu bapak cari karena saya selalu berbuat kenakalan. Entah itu berkelahi, membolos, tidak mengerjakan tugas, tidur dikelas dan masih banyak lagi kenakalan saya pak. Semoga bapak ingat tentang kenakalan-kenakalan saya itu pak sehingga bapak bisa mengingat saya.

Sejujurnya saya menulis surat ini untuk bapak karena saya sangat ingin mengucapkan terimakasih karena jasa-jasa bapak yang sangat besar ketika mendidik saya di SMA. Meskipun saya belum bisa dikatakan berhasil namun saya sekarang sadar pak bahwa semua yang bapak katakan kepada saya itu benar dan saya sekarang sangat menyesali kebodohan-kebodohan saya di  SMA.

Sekian surat dari saya pak, Saya yakin Allah selalu melindungi orang baik seperti bapak. Jika seandainya saya banyak berbuat salah kepada bapak saya mohon maaf yang sebesar-besarnya. Semoga Allah masih memberi kita kesempatan untuk bertemu kembali pak. Amiiin!!!

Hormat Saya,

 

Dio Nugraha

13. Contoh Surat Pribadi Untuk Guru di Hari Guru

Hari guru merupakan hari untuk memperingati jasa – jasa pahlawan tanpa tanda jasa, yakni guru – guru kita. Jika anda ingin mengucapkan sepatah dua patah kata dengan menggunakan surat kepada guru, maka hari guru mungkin merupakan momen yang sangat tepat. Untuk itu, anda bisa menuliskan sepucuk surat untuk guru ketika hari guru tiba.

Payakumbuh, 22 November 2018

Kepada
Yth. Bapak/Ibu Guru
MAN 2 Payakumbuh

Assalamualaikum Wr. Wb

Sebelumnya saya doakan semoga Bapak/Ibu dalam keadaan sehat walafiat. Amin. Dengan surat ini saya ingin mengucapkan terima kasih yang tak terhingga atas jasa yang telah Bapak/Ibu berikan kepada kami. Saya menulis surat ini untukmu Bapak/Ibu guru atas dedikasi dan kesabaranmu dalam mendidik kami.

Sungguh, Tuhan telah memberikan segudang kesabaran dan kekuatan kepadamu untuk menghadapi kami yang keras kepala ini. Engkau mengorbankan waktu dan tenagamu demi generasi bangsa agar cemerlang di masa depan. Kau bagai lentera yang menuntun kami di tengah kegelapan yang pekat. Kau datang dan membawa kami ke jalan kebenaran. Kau ajarkan kami berbagai ilmu kehidupan.

Namun balasan apa yang telah kami berikan? Disaat belajar kami tidak memperhatikanmu, bahkan perkataan kami seringkali membuatmu sedih. Tapi pintu maaf mu selalu terbuka. Meja-meja yang penuh dengan seni liar tangan kami dan dinding-dinding sekolah dengan cap sepatu kami, tapi kau tidak pernah putus asa. Engkau punya keyakinan diri demi merubah tanah liat keras menjadi keramik yang indah, kau kerahkan semua tenagamu. Kau hanya berharap kami menjadi orang di masa depan dengan ilmu dunia dan agama di tangan.

Terima kasih Guruku. Kau telah menjadi sahabat, penuntun dan penginspirasiku. Aku tahu, takkan mampu ku balas budi baikmu. Aku hanya bisa berdoa semoga engkau selalu dalam naungan Rahmat dan Ridho Tuhan dan semoga engkau selalu mendapat pahala yang tiada terputus seperti curahan rahmat Allah yang tidak pernah pupus.

Aku berharap suatu hari nanti akan menjadi guru seperti dirimu, mengabdi demi bangsa dan negeri ini. Selamat Hari Guru.

Wassalamualaikum Wr. Wb.

Hormat Saya,

 

Antoni Sanjaya

14. Contoh Surat Pribadi Untuk Guru Permintaan Maaf

Sebagai seorang siswa, mungkin saja anda memiliki kesalahan kepada guru – guru anda. Dan sebagai orang yang bersalah, maka sudah sebaiknya bagi anda untuk meminta maaf. Jika anda tidak memiliki keberanian meminta maaf secara langsung, maka anda bisa meminta maaf kepada guru anda dengan menggunakan sepucuk surat.

Jakarta, 24 April 2018

Kepada Bapak Ilham Syamsudin
Wali Kelas XII
di Tempat

Dengan surat ini saya Antoni Sanjaya, di Kelas XII, ingin meminta maaf kepada bapak, karena saya telah beristirahat saat jam pelajaran, tanpa seizin bapak. Saya sangat menyesal karena telah membuat bapak/ ibu guru marah, saya mohon maaf sebesar – besarnya, dan saya berjanji tidak akan mengulangi berbuatan beristirahat saat jam pelajaran, saya mohon bapak guru mau memaafkan kesalahan yang saya perbuat, dan memperbolehkan saya mengikuti pelajaran bapak/ ibu kembali.

Hormat Saya,

 

Antoni Sanjaya

15. Contoh Surat Pribadi Untuk Guru Ucapan Terimakasih

Sebagai seorang manusia, sudah sepantasnya kita mengucapkan terimakasih kepada orang – orang yang sudah berjasa dalam hidup kita. Salah satu contohnya adalah guru – guru yang sudah berusaha mendidik dan mengajari kita. Untuk itu, anda bisa mengirimkannya sepucuk surat dan mengucapkan terimakasih kepada guru anda.

Jakarta, 24 April 2018

Kepada Yth. Ibu Suhartiningsih
di SMA Negeri Sakti
Lampung

Assalamualaikum wr.wb.

Apa kabar Ibu Tini, masih ingatkah dengan saya??? Saya yakin pasti ibu tak dapat melupakan saya. Bagaimana tidak, saya selalu menyusahkan ibu di sekolah, berurusan dengan Ibu Eko, guru BK. Namun, ibu senantiasa dengan sabar menangani masalah saya, ibu memang wali kelas terbaik sepanjang masa.

Ibu, saya ingin berterimakasih, atas ilmu, bimbingan, serta ajaran yang ibu berikan kepada saya dan juga teman – teman. Jikalau tidak, saya mungkin tak akan berada di titik ini. Saya ingat betul ketika saya mencurahkan masalah ekonomi yang terjadi pada keluarga saya dan ibu memberikan adanya informasi bantuan pemerintah untuk anak- anak kurang mampu.

Saya mengikuti saran Ibu untuk mengirimkan aplikasi, dan alhamdulillah saya lolos dan masuk dalam daftar anak penerima bantuan. Saya sangat senang, sehingga pada saat SMA beban biaya orang tua saya menjadi berkurang. kemudian ketika akan masuk perkuliahan, Ibu melihat saya tidak ikut mendaftar jalur yang diberikan universitas untuk sekolah.

Saya menjelaskan kepada ibu harapan saya, disatu sisi saya sangat ingin melanjutkan study di sisi yang lain perekonomian keluarga tidak mendukung. Sehingga pada saat itu, dengan bantuan guru BK pula Ibu memberitahu saya bahwa ada jalur khusus bagi anak- anak kurang mampu untuk melanjutkan study ke perguruan tinggi.

Mungkin ini cukup ini saja yang saya ingin saya ucapkan melalui surat, selanjutnya insya Allah kita atur pertemuan ya bu. Terimakasih ibu tini. Assalamualaikum wrwb.

Salam hormat dari muridmu,

 

Sabrina Hartini

Kesimpulan dan Pentingnya Surat Pribadi Untuk Guru

Penggunaan surat pribadi belakangan ini memang semakin ditinggalkan. Banyak orang berlomba – lomba menggunakan media komunikasi modern untuk keperluan penyampaian informasi kepada orang lain. Salah satunya adalah penggunaan surat pribadi untuk guru, yang mungkin sudah sangat jarang kita temukan.

Namun perlu anda ketahui, sebagai seorang siswa dan pengajar, maka kita perlu menjalin komunikasi yang baik dengan guru – guru kita. Guru sebagai pahlawan tanpa tanda jasa memiliki peranan yang sangat besar bagi proses belajar kita mulai dari yang tidak tahu menjadi tahu.

Jadi, tidak ada salahnya jika kita memberikan sedikit keistimewaan kepada para guru – guru yang sudah memiliki banyak jasa kepada kita. Jika kita menggunakan media chatting kepada orang lain atau sahabat, maka mari kita gunakan surat pribadi untuk guru kita.

Guru – guru kita tentu akan merasa istimewa mendapat dan menerima surat pribadi dari kita, mengingat sekarang ini banyak orang yang tidak ingin direpotkan dengan menulis surat hanya untuk kepentingan komunikasi pribadi. Contoh surat pribadi kepada guru bisa anda isi dengan hal apa saja, yang penting tetap menggunakan bahasa dan penulisan yang sopan.

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *