Connect with us

Contoh Surat Resmi


Contoh Surat

15 Contoh Surat Pernyataan Kerja yang Benar dan Paling Lengkap

Contoh Surat Pernyataan Kerja – Sebagai seorang karyawan maupun pegawai, ada banyak jenis – jenis surat yang mungkin saja anda akan pergunakan. Surat tersebut digunakan untuk keperluan kantor dan komunikasi eksternal maupun untuk keperluan pribadi, yakni antara anda dengan pihak perusahaan.

Salah satu contoh surat yang sering digunakan oleh seorang karyawan adalah contoh surat pernyataan kerja. Surat pernyataan kerja juga masih meliputi berbagai jenis, seperti surat pernyataan kesanggupan kerja, surat pernyataan penggunaan dana, surat pernyataan bersedia dinas di luar kota, dan lain sebagainya.

Contoh Surat Pernyataan Kerja

Jika diartikan secara sederhana, maka contoh surat pernyataan kerja merupakan contoh surat yang dibuat oleh seorang karyawan yang berisi pernyataan kesanggupan untuk melakukan sesuatu terkait hal pekerjaan. Adapun surat pernyataan kerja berguna sebagai jaminan bagi pihak perusahaan bahwa anda benar – benar bersedia dan sanggup mengemban tugas yang diembankan kepada anda.

Mungkin bagi sebagian perusahaan, surat pernyataan kerja ini tidaklah begitu penting. Pernyataan kesanggupan kerja dalam bentuk lisan saja mungkin sudah cukup bagi pihak perusahaan. Namun tidak sedikit juga perusahaan yang mengharuskan penggunaan pernyataan dengan cara tulisan.

Menulis surat pernyataan kerja tidaklah begitu susah. Ada banyak contoh dan jenis surat pernyataan kerja yang bisa anda gunakan, tergantung peruntukannya masing – masing. Berikut adalah beberapa contoh surat pernyataan kerja yang bisa anda jadikan sebagai bahan referensi.

1. Contoh Surat Pernyataan Diri

Ketika anda melamar pekerjaan di suatu perusahaan dan berhasil diterima menjadi seorang karyawan disana, maka tentu saja ada beberapa peraturan yang harus anda penuhi. Sebagian perusahaan mungkin akan meminta pernyataan anda secara lisan, namun tidak sedikit juga perusahaan yang meminta pernyataan diri dari karyawan barunya dengan tulisan, seperti salah satu contoh di bawah ini.

SURAT PERNYATAAN

Saya yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama : Anton Sanjaya
Tempat/Tgl Lahir : Malang/20/09/1994
Jenis Kelamin : Laki – Laki
No. KTP : 3000501989833672
Alamat Lengkap : Jl. Penglima No. 123, Malang

dengan ini menyatakan bahwa :

  1. Saat ini saya tidak terikat kontrak kerja dengan perusahaan apapun atau instansi lain di manapun.
  2. Saya bersedia untuk ditempatkan bekerja di seluruh cabang perusahaan PT. Coca-cola Indonesia.
  3. Saya bersedia melaksanakan tugas pekerjaan sesuai jangka waktu yang telah ditetapkan perusahaan.
  4. Saya tidak akan cuti atau mengundurkan diri sebelum berakhirnya masa kontrak kerja, dengan alasan apapun.
  5. Saya tidak akan merangkap pekerjaan di tempat lain selama masa kerja di PT. Coca-cola Indonesia.

Demikian surat pernyataan ini saya buat dengan sadar tanpa ada unsur paksaan dari pihak manapun. Apabila di kemudian hari saya melakukan pelanggaran atau pernyataan ini tidak sesuai yang sebenarnya maka saya siap menerima segala konsekuensinya sesuai dengan hukum dan aturan yang berlaku.

Malang, 29 April 2018
Penulis Pernyataan,

 

Anton Sanjaya

2. Contoh Surat Pernyataan Belum Menikah

Salah satu contoh surat pernyataan kerja ini mungkin sudah seringkali anda dengar dan lihat. Surat pernyataan belum menikah seringkali dibutuhkan oleh perusahaan, agar bisa mengetahui potensi kerja dari karyawannya. Hal ini memang tergantung kebijakan perusahaan, yang mungkin saja tidak akan menerima calon karyawan yang sudah berkeluarga.

SURAT PERNYATAAN BELUM MENIKAH

Saya yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama : Annisa Putri
Jenis Kelamin : Perempuan
Tempat/Tgl Lahir : Yogyakarta/20/09/1994
Agama : Islam
Alamat : Jl. Timor No. 123, Yogyakarta

Menyatakan dengan sebenarnya, bahwa hingga saat ini belum pernah menikah dengan siapapun baik secara adat, hukum Agama maupun hukum Negara dan benar- benar masih gadis.

Demikian pernyataan ini saya buat dengan sebenar – benarnya dan apabila surat pernyataan ini tidak benar, maka saya bersedia dituntut sesuai dengan hukum dan undang-undang yang berlaku di Negara Indonesia.

Demikian surat pernyataan ini saya buat dalam keadaan sadar dan kondisi sehat serta tanpa ada paksaan dari siapun.

Yogyakarta, 29 April 2018
Yang Membuat Pernyataan,

 

Annisa Putri

3. Contoh Surat Pernyataan Kerja BUMN

Jika anda melamar pekerjaan di suatu BUMN, maka seringkali anda diminta untuk memberikan surat pernyataan terkait beberapa hal atau beberapa poin. Surat pernyataan kerja tersebut nantinya harus anda penuhi ketika anda diterima bekerja disana, dan anda bertanggung jawab penuh atas isi dari surat pernyataan kerja yang anda buat.

SURAT PERNYATAAN

Yang bertandatangan di bawah ini :

Nama : Reza Andi
Tempat/Tgl Lahir : Surakarta/20/09/1994
Alamat : Jl. Kusuma No. 123, Surakarta

Dengan ini menyatakan :

  1. Tidak pernah dihukum penjara atau kurungan berdasarkan putusan pengadilan yang telah mempunyaikekuatan hukum yang tetap, karena melakukan suatu tindak pidana kejahatan
  2. Tidak pernah diberhentikan dengan tidak hormat sebagai Pegawai Negeri Sipil/Anggota Tentara Nasional Indonesia/Anggota Kepolisian Negara, atau diberhentikan tidak dengan hormat sebagai pegawai swasta;
  3. Tidak berkedudukan sebagai Calon/Pegawai Negeri Sipil dan Calon/Anggota Tentara Nasional Indonesia atau Calon/Anggota Kepolisian Negara;
  4. Tidak menjadi anggota dan atau pengurus partai politik;
  5. Bersedia ditempatkan di wilayah tempat mendaftar;
  6. Sanggup mengganti biaya pelaksanaan penerimaan sebesar Rp. 25.000.000,- (dua puluh lima juta rupiah), apabila :

Dinyatakan lulus ujian tahap akhir dan telah mendaftar ulang tetapi mengundurkan diri dengan alasan apapun, atau Mengundurkan diri setelah bekerja di BPS, dengan masa kerja kurang dari 5 (lima) tahun.

Demikian pernyataan ini saya buat dengan sesungguhnya, dan saya bersedia dituntut di depan pengadilan serta bersedia menerima segala tindakan yang diambil oleh pemerintah, apabila dikemudian hari terbukti pernyataaan ini tidak benar.

Surakarta, 29 Apri 2018,
Yang membuat pernyataan,

 

Reza Andi

4. Contoh Surat Pernyataan Kerja Mengenai Kesanggupan

Ketika anda diterima menjadi salah satu karyawan di salah satu perusahaan dan ditempatkan pada satu posisi tertentu, terlebih dahulu anda akan dimintai pernyataan kesanggupan atas tanggung jawab dari posisi ataupun pekerjaan yang anda emban. Untuk itu, anda bisa membuat surat pernyataan kesanggupan atas pekerjaan dan posisi yang diberikan kepada anda.

SURAT PERNYATAAN KESANGGUPAN

Saya yang bertanda tangan dibawah ini :

Nama : Aditya
Jenis Kelamin : Laki – Laki
Tempat/Tgl Lahir : Bandung/20/09/1994
Alamat : Jl. Perkutut No. 123, Bandung

Dengan ini menyatakan sanggup untuk diposisikan sebagai staff manajemen PT. Logam Mulia. dan melepaskan jabatan sebelumnya, yaitu sebagai staff marketing.

Demikian surat pernyataan ini saya buat dengan sesungguhnya dan atas kemauan saya sendiri tanpa ada paksaan dari pihak manapun.

Bandung, 29 April 2018,
Pembuat Pernyataan,

 

Aditya

5. Contoh Surat Pernyataan Kerja dari Perusahaan

Contoh surat pernyataan kerja yang satu ini mungkin akan sering anda gunakan. Salah satu contoh adalah ketika anda mengajukan pinjaman ke suatu bank ataupun ketika ingin melakukan pembelian kendaraan dan barang lainnya secara kredit. Untuk itu, anda harus melampirkan surat pernyataan kerja dari perusahaan yang ditanda tangani oleh atasan anda.

PT. PRIMA SEJAHTERA
Jl. Pegangsaan No.3F
Makassar
0411-2019191

SURAT KETERANGAN KERJA
No : 041/SK.PSS/VIV/2018

Yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama : Antonius
Jabatan : Direktur PT. Prima Sejahtera

Menerangkan Bahwa :

Nama : Andi Suryo
Alamat : Jl. Merbabu No. 123, Makassar

Adalah benar-benar karyawan perusahaan kami dengan jabatan sebagai Wirehouse Leader, terhitung semenjak 10 Januari 2017 sampai dengan saat ini.

Demikian surat keterangan ini kami perbuat untuk digunakan sebagaimana mestinya.

Makassar, 29 April 2018,
Ditektur PT. Prima Sejahtera,

 

Antonius

6. Contoh Surat Pernyataan Kerja Karyawan

Ada beberapa kasus atau keadaan yang mungkin saja mewajibkan anda untuk memegang surat pernyataan kerja dari perusahaan tempat anda bekerja. Jika anda bekerja menjadi seorang karyawan di suatu perusahaan, maka anda bisa meminta surat pernyataan kerja dari atasan anda. Surat ini nantinya bisa anda gunakan untuk meyakinkan pihak lain jika anda memang benar – benar memiliki pekerjaan.

PT. MAJU MUNDUR
Jl. Samudera, No 88 Jakarta

Perihal : Surat Pernyataan Kerja

Yang bertanda tangan di bawah ini adalah Personalia PT. Maju Mundur, menerangkan bahwa :

Nama : Hengki
Alamat : Jl. Perdagangan No. 123, Jakarta

adalah benar merupakan salah satu karyawan kami yang bekerja dari 08 Agustus 2016 hingga saat ini, dan telah menunjukkan prestasi, kinerja dan berprilaku yang baik.

Demikian surat keterangan kerja yang dapat kami berikan, semoga dapat dipergunakan dengan semestinya.

Hormat Kami,
Personalia PT. Maju Mundur,

 

Antonius

7. Contoh Surat Pernyataan Kerja Untuk Keperluan KPR

Sebagai seorang yang sudah bekerja dan memiliki penghasilan, mungkin saja anda ingin memiliki rumah. Namun karena keterbatasan keuangan, anda tidak bisa membelinya secara langsung, dan memilih untuk membeli KPR secara kredit. Agar bisa membeli KPR secara kredit, maka anda harus mengantongi surat pernyataan kerja dari atasan anda di perusahaan tempat anda bekerja.

PT. MAKMUR SEJAHTERA
Jl. Pergaulan No. 123
Medan

SURAT KETERANGAN KERJA

Yang bertanda-tangan di bawah ini :

Nama : Jajang Suharja
Jabatan : Direktur PT. Makmur Sejahtera

Dengan ini menerangkan bahwa :

Nama : Samson
Alamat : Jl, Pertempuran No. 123, Medan

Adalah benar merupakan karyawan yang bekerja di perusahaan PT. Makmur Sejahtera mulai dari tanggal 08 Agustus 2016 hingga saat ini dengan jabatan sebagai staff administrasi.

Demikian surat keterangan kerja ini dibuat dengan tujuan agar bisa dipergunakan dalam pengajuan kredit KPR di kawasan Simpang Selayang, Medan. Atas perhatiannya saya ucapkan terimakasih.

Medan, 29 April 2018
Hormat Kami,

 

Jajang Suharja

8. Contoh Surat Pernyataan Kerja Kontrak

Sekarang ini ada banyak perusahaan yang memberlakukan sistem kontrak untuk para calon karyawannya. Nah, ketika diterima sebagai karyawan kontrak, maka tentu saja anda akan diminta membuat surat pernyataan kerja kontrak. Hal ini wajar karena ada banyak orang yang tidak ingin bekerja kontrak selama beberapa saat. Untuk itu, anda bisa membuat surat pernyataan kerja kontrak seperti contoh di bawah ini.

SURAT PERNYATAAN KERJA

Saya yang bertandatangan dibawah ini :

Nama : Antonius
Tempat/Tgl Lahir : Purwokerto/20/09/1994
Jenis Kelamin : Laki – Laki
Pendidikan : S-1 Ekonomi
Alamat : Jl. Pertahanan No. 123, Purwokerto

dengan ini menyatakan bahwa :

  1. Saya bersedia untuk bekerja dengan sistem kontrak selama 3 tahun,
  2. Saya bersedia untuk tidak menikah selama dalam masa kerja kontrak,
  3. Saya bersedia tidak mengambil masa cuti dalam 6 bulan pertama kerja kontrak

Demikian surat pernyataan ini saya buat dengan sebenarnya dan apabila dikemudian hari ternyata pernyataan saya tidak benar, maka saya bersedia dituntut dimuka hakim sesuai dengan ketentuan dan hukum yang berlaku.

Purwokerto, 29 April 2018,
Pembuat Pernyataan,

 

Antonius

9. Contoh Surat Pernyataan Berkelakuan Baik Untuk Kepentingan Pekerjaan

Sebuah perusahaan tentu tidak ingin salah dalam memilih karyawan baru di perusahaan mereka. Mereka harus memastikan kalau calon karyawan yang akan diterima merupakan orang yang berkelakuan baik dan tidak pernah menjalani hukuman penjara ataupun menerima putusan hukuman dari pengadilan. Untuk itu, anda bisa membuat surat pernyataan seperti contoh di bawah ini.

SURAT PERNYATAAN

Yang bertandatangan di bawah ini :

Nama : llham Nasir
Tempat/Tgl Lahir : Medan/20/09/1994
Agama : Islam
Alamat : Jl. Djamin Ginting No. 123, Medan

dengan ini menyatakan :

  1. Tidak pernah menerima hukuman penjara atau kurungan berdasarkan putusan pengadilan,
  2. Tidak pernah menerima hukuman sosial dari warga setempat lingkungan tempat tinggal,
  3. Tidak pernah diberhentikan dengan tidak hormat dari suatu pekerjaan

Demikian pernyataan ini saya buat dengan sesungguhnya, dan saya bersedia dituntut di muka pengadilan serta bersedia menerima segala tindakan yang diambil oleh pemerintah, apabila dikemudian hari terbukti pernyataaan ini tidak benar.

Medan, 29 April 2018
Yang membuat pernyataan,

 

Ilham Nasir

10. Surat Pernyataan Kerja Penempatan Dimana Saja

Sebuah perusahaan yang memiliki banyak cabang tentu saja seringkali melakukan pergantian karyawan dan penugasan karyawan dari satu ke kota lain. Hal ini berguna agar seorang karyawan bisa belajar lebih banyak mengenai pekerjaan tersebut dan juga mungkin untuk mengisi kekosongan posisi karyawan di cabang lain dari perusahaan tersebut.

SURAT PERNYATAAN

Saya yang bertanda tangan dibawah ini :

Nama : Anton Sanjaya
Tempat/Tgl Lahir : Medan/20/09/1994
Alamat : Jl. Perkutut No. 123, Medan

Dengan ini menyatakan bahwa :

  1. Bersedia berangkat menuju tempat penempatan pertama dengan biaya sendiri.
  2. Bersedia menanggung segala biaya transportasi dan akomodasi selama proses seleksi dari tempat tinggal peserta ke lokasi seleksi.
  3. Bersedia mengganti biaya yang telah dikeluarkan untuk proses seleksi yang bersangkutan apabila setelah dinyatakan lulus final yang bersangkutan mengundurkan diri secara sepihak.

Demikian pernyataan ini saya buat dengan sesungguhnya dan penuh kesadaran, saya bersedia dituntut dimuka pengadilan serta bersedia menerima segala tindakan yang diambil oleh perusahaan apabila dikemudian hari terbukti pernyataan saya ini tidak benar.

Medan, 29 April 2018
Pembuat Pernyataan,

 

Anton Sanjaya

11. Contoh Surat Pernyataan Tidak Terikat Pekerjaan Lain

Sebagai sebuah perusahaan yang mencari calon karyawan full time, maka tentu saja mereka tidak menginginkan calon karyawan yang memiliki pekerjaan lain. Dan untuk membuktikan jika anda tidak memiliki pekerjaan lain atau tiak sedang terikat dengan perusahaan/instansi lain, maka anda bisa membuat contoh surat pernyataan kerja seperti contoh di bawah ini.

SURAT PERNYATAAN

Yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama : Antoni Jaya
Tempat/Tgl Lahir : Medan/20/09/1994
Agama : Islam
Alamat : Jl. Perjuangan No. 123, Medan

menyatakan dengan sesungguhnya bahwa Saya tidak sedang terikat wajib kerja dengan instansi / perusahaan lain.

Demikian pernyataan ini saya buat dengan sesungguhnya, Dan saya bersedia dituntut di muka pengadilan serta bersedia menerima segala tindakan yang diambil oleh instansi / perusahaan, Apabila dikemudian hari terbukti pernyataan saya ini tidak benar.

Medan, 29 April 2018
Pembuat Pernyataan,

 

Antoni Jaya

12. Contoh Surat Pernyataan Kerja Mengenai Kesanggupan Kerja Lembur

Bekerja lembur sudah merupakan hal yang biasa bagi sebuah perusahaan. Jika memang pekerjaan sedang banyak dan membutuhkan waktu yang cepat untuk penyelesaiannya, maka pihak perusahaan tentu menyuruh para karyawannya untuk bekerja lembur. Untuk menyatakan kesiapan anda dalam bekerja lembur, maka anda bisa membuat surat pernyataan seperti contoh di bawah ini.

SURAT PERNYATAAN KESANGGUPAN

Saya yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama : Muhammad Ilham
Tempat/Tgl Lahir : Jakarta/20/09/1994
Alamat : Jl. Pangeran Diponegoro No. 123, Jakarta

menyatakan dengan sesungguhnya bahwa saya bersedia bekerja lembur ketika dibutuhkan oleh perusahaan.

Demikian surat pernyataan ini saya perbuat dengan sesungguhnya tanpa ada tekanan dari pihak manapun. Jika di kemudian hari saya terbukti melanggar surat pernyataan ini, maka saya bersedia menerima saksi yang sudah ditetapkan oleh perusahaan.

Jakarta, 29 April 2018
Yang Membuat Pernyataan,

 

Muhammad Ilham

13. Contoh Surat Pernyataan Kesanggupan Bekerja Shift

Sekarang ini ada banyak perusahaan yang beroperasi selama 24 jam setiap harinya tanpa berhenti. Untuk itu, pihak perusahaan tentu saja harus memberlakukan pekerjaan dengan sistem shift. Ada juga kemungkinan kalau satu karyawan akan berganti – ganti shift dan bertukaran dengan karyawan lainnya. Jika anda memang bersedia untuk bekerja dengan sistem shift tersebut, maka anda bisa membuat surat pernyataan seperti contoh di bawah ini.

SURAT PERNYATAAN KESANGGUPAN

Saya yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama : Anton Sanjaya
Tempat/Tgl Lahir : Medan/20/09/1994
Alamat : Jl. Guru Patimpus No. 123, Medan

menyatakan dengan sesungguhnya bahwa saya bersedia bekerja dengan sistem shift dan bertukar shift dengan karyawan lain.

Demikian surat pernyataan ini saya perbuat dengan sesungguhnya tanpa ada tekanan dari pihak manapun. Jika di kemudian hari saya terbukti melanggar surat pernyataan ini, maka saya bersedia menerima saksi yang sudah ditetapkan oleh perusahaan.

Medan, 29 April 2018
Pembuat Pernyataan,

 

Anton Sanjaya

14. Contoh Surat Pernyataan Kesanggupan Tidak Melakukan Tindak Pidana

Sebuah perusahaan tentu tidak ingin memiliki karyawan yang bermasalah atau suka melakukan tindak pidana. Tidak pidana disini maksudnya adalah tindak pidana yang dilakukan di lingkungan perusahaan maupun di luar lingkungan perusahaan. Walaupun tidak pidana yang dilakukan berada di lingkungan perusahaan, maka tentu saja hal ini akan berdampak juga terhadap perusahaan.

SURAT PERNYATAAN KESANGGUPAN

Saya yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama : Ilham Nasir
Tempat/Tgl Lahir : Medan/20/09/1994
Alamat : Jl. Sisingamangaraja No. 123, Medan

menyatakan dengan sesungguhnya jika saya bersedia dan sanggup tidak melakukan tindak pidana, baik di lingkungan perusahaan maupun diluar lingkungan perusahaan.

Demikian surat pernyataan ini saya perbuat dengan sesungguhnya dan tanpa ada unsur paksaan dari pihak manapun. Jika di kemudian hari saya terbukti melanggar pernyataan ini, maka saya bersedia diberikan sanksi dari pihak perusahaan.

Medan, 29 April 2018
Yang Membuat Pernyataan,

 

Ilham Nasir

15. Contoh Surat Pernyataan Kesalahan Kerja

Meminta maaf secara lisan mungkin tidak akan cukup bagi sebuah perusahaan ketika salah satu karyawannya melakukan kesalahan yang fatal. Nah, untuk membuat pernyataan yang mengikat, maka seseoran karyawan perlu membuat suraat pernyataan akan kesalahan yang dilakukan dan bersedia untuk tidak mengulangi kesalahan tersebut.

SURAT PERNYATAAN

Saya yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama : Joko Susilo
Jenis Kelamin : Laki – Laki
Tempat/Tgl Lahir : Medan/20/09/1994
Agama : Islam
Jabatan : Staff Administrasi
Alamat : Jl. Amir Hamzah No. 123, Medan

menyatakan dengan sesungguhnya bahwa :

Saya telah melakukan kesalahan di dalam lingkungan perusahaan dan pada waktu jam kerja, yakni mencuri bahan produksi berupa tembaga seberat 3 kilogram pada hari Jumat, tanggal 28 April 2018.

Saya mengaku bersalah atas perbuatan saya tersebut, dan saya berjanji tidak akan pernah mengulanginya lagi di kemudian hari.

Apabila di kemudian hari saya masih melakukan kesalahan dan mengulangi kesalahan tersebut, maka saya bersedia diberikan sanksi dengan peraturan hukum yang berlaku.

Demikian surat pernyataan ini saya perbuat dalam keadaan sehat dan sadar, dan juga tanpa paksaan dari pihak manapun.

Medan, 29 April 2018,
Pembuat Pernyataan,

 

Joko Susilo

Kesimpulan dan Pentingnya Surat Pernyataan Kerja

Dengan bekerja di salah satu perusahaan dan mendapatkan gaji dari sana, maka tentu saja ada tanggung jawab yang harus anda lakukan setiap harinya. Dengan demikian, maka anda akan diuntungkan dan begitu juga dengan pihak perusahaan. Anda mendapatkan gaji dan pihak perusahaan mendapatkan jasa anda.

Namun seringkali sebuah perusahaan meminta kesediaan dan kesanggupan para karyawannya dibuat secara tertulis, dan tidak cukup dengan cara lisan saja. Alhasil, anda harus menulis contoh surat pernyataan kerja yang berisi kesanggupan anda dalam mengemban tanggung jawab yang akan diberikan kepada anda.

Jika anda membuat surat pernyatanan kerja, maka berarti anda sudah bersedia dan sanggup melaksanakan isi dari surat pernyataan yang anda buat dan anda tanda tangani sendiri. Dengan begitu, jika anda tidak bisa konsisten di kemudian hari atau ternyata tidak sanggup melaksanakan pekerjaan, maka mungkin saja anda akan menerima sanksi atau teguran dari pihak perusahaan.

Contoh surat pernyataan kerja merupakan salah satu contoh surat yang sangat penting dan memiliki kekuatan hukum sama seperti jenis surat resmi lainnya. Tidak heran kalau surat pernyataan kerja seringkali harus dibubuhkan materai 6000 (enam ribu rupiah).

Jika anda lalai dalam melaksanakan tugas, maka pihak perusahaan akan memiliki bukti kalau sebelumnya anda sudah menyanggupi pekerjaan tersebut. Dengan demikian, anda tidak bisa keberatan dengan sanksi yang diberikan kepada anda, sesuai dengan kesepakatan di awal penandatanganan surat pernyataan kerja yang anda buat.

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Lainnya terkait Contoh Surat