15 Contoh Surat Pernyataan Hutang yang Benar dan Paling Lengkap - Contoh Surat Resmi
Connect with us

Contoh Surat

15 Contoh Surat Pernyataan Hutang yang Benar dan Paling Lengkap

Contoh Surat Pernyataan Hutang – Setiap orang tentu saja membutuhkan uang untuk biaya kehidupan sehari – hari maupun untuk keperluan lainnya. Namun jika sedang tidak memiliki uang atau sedang tidak cukup uang, maka seseorang biasanya akan memilih untuk meminjam uang dari pihak lain, baik itu pihak individu maupun dari bank, dan lembaga keuangan lainnya.

Jika anda meminjam uang dalam jumlah tertentu kepada orang lain, maka tentu saja anda harus mengembalikan pinjaman uang tersebut sesuai dengan jangka waktu yang sudah disepakati bersama. Jika anda tidak membayarnya sesuai dengan tepat waktu, maka anda pun akan menerima resiko dari hal tersebut.

Contoh Surat Pernyataan Hutang

Dengan meminjam dana dari orang lain, maka anda akan memiliki keterikatan dengan orang yang meminjamkan uang tersebut. Keterikatan tersebut berupa kewajiban anda untuk membaya hutang dan hak pemberi pinjaman untuk menagih uang yang sudah anda pinjam terlebih dahulu.

Jika anda meminjam uang kepada keluarga atau saudara, maka mungkin mereka tidak akan membutuhkan surat pernyataan hutang dari anda. Namun jika anda meminjam dari orang lain, terlebih pihak yang belum begitu akrab dengan anda, maka tentu saja mereka akan membutuhkan contoh surat pernyataan hutang dari anda.

Berikut adalah beberapa contoh surat pernyataan hutang yang bisa anda jadikan sebagai bahan referensi untuk menulis surat pernyataan hutang.

1. Contoh Surat Pernyataan Hutang Secara Individual

Jika anda sedang terdesak dan membutuhkan uang dengan cepat, maka mungkin cara pertama yang akan anda lakukan adalah meminjam uang kepada orang yanga anda kenal. Nah, ketika anda meminjam uang dari orang tersebut, maka anda harus menulis surat pernyataan hutang seperti di bawah ini.

SURAT PERNYATAAN HUTANG

Saya yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama : Anton Sanjaya
NIK : 876543
Alamat : Jl. Perjuangan No. 123, Medan

Dengan ini menyatakan :

  1. Bahwa, pada tanggal 22 Mei 2018 saya telah melakukan peminjaman uang kepada saudara Ikram Syahputra sebesar Rp. 20.000.000 (dua puluh juta rupiah) dan berjanji akan mengembalikan pinjaman tersebut dalam jangka waktu 30 (tiga puluh) hari atau jatuh tempo pada tanggal 22 Juni 2018.
  2. Bahwa, sampai dengan tanggal jatuh tempo tersebut ternyata saya belum juga dapat mengembalikan pinjaman saya kepada saudara Ikram Syahputra, dengan ini saya memohon keringanan kepada saudara Ikram Syahputra agar diberi perpanjangan jangka waktu untuk melunasi pinjaman saya tersebut untuk selama 30 (tiga puluh hari) lagi atau jatuh tempo pada tanggal 22 Juli 2018;
  3. Bahwa, dalam hal saya tidak dapat melunasi pinjaman saya tersebut sampai dengan perpanjangan jangka waktu tersebut sebagaimana dimaksud Butir 2, maka saya bersedia mempertanggungjawabkan pinjaman saya tersebut secara hukum.

Demikian Surat Pernyataan ini saya buat dengan tanpa paksaan ataupun tekanan dari pihak manapun.

Medan, 22 Mei 2018.

Yang Menyatakan,

 

Anton Sanjaya.

2. Contoh Surat Pernyataan Hutang dengan Batas Waktu

Jika anda meminjam uang dari keluarga atau saudara, maka mungkin anda tidak akan ditagih atau ditanya perihal waktu untuk mengembalikan pinjaman tersebut. Namun jika anda meminjam uang kepada orang lain, maka tentu saja anda harus menyebutkan atau menjanjikan waktu kapan anda akan mengembalikan uang pinjaman tersebut.

SURAT PERNYATAAN

Saya yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama : Anton Sanjaya
NIK ; 9876546789
Alamat : Jl. Perjuangan No. 123, Medan

dengan ini membuat pernyataan sebagai berikut:

  1. Saya mengakui ada meminjam uang cash sebanyak Rp 150.000.000,- (Seratus Lima Puluh Juta Rupiah) kepada Bapak Benneth Vucko Ginting dengan jaminan Bilyet GIRO Nomor LH 123456789.
  2. Sehubungan dengan point 1 (satu) tersebut, Saya berjanji akan mengembalikan dana sebesar Rp 150.000.000,- (Seratus Lima Puluh Juta Rupiah) tersebut selambat-lambatnya pada tanggal 22 Juni 2018.
  3. Apabila saya tidak menepati janji (wan prestasi) membayar pinjaman sebesar Rp150.000.000,- (Seratus Lima Puluh Juta Rupiah) tersebut sampai batas tanggal sesuai point 2 (dua), maka saya bersedia dituntut dan dihukum sebagaimana ketentuan hukum pidana/perdata.
  4. Saya berjanji tidak akan ada lagi negosiasi ulang terkait pengembalian pinjaman ini.

Demikian surat pernyataan ini saya perbuat dengan sebenarnya, dengan pikiran yangwaras serta tanpa ada unsur paksaan dari pihak manapun juga.

Medan, 22 Mei 2018.

Yang Menyatakan,

 

Anton Sanjaya.

3. Contoh Surat Pernyataan Kesanggupan Melunasi Hutang Pribadi

Ketika anda meminjam uang dari orang lain dan anda tidak bisa membayarnya dengan tepat waktu, maka mungkin anda akan disuruh untuk menandatangani surat pernyataan kesanggupan membayar hutang tersebut. Dan jika nantinya anda tidak membayar hutang tersebut lagi, maka anda akan bersedia diproses secara hukum.

SURAT PERNYATAAN

Yang bertanda tangan dibawah ini :

Nama : Anton Sanjaya
NIK : 89764345687
Alamat : Jl, Perjuangan No. 123, Medan

Dengan ini saya menyatakan kepada Bapak Ahmad Subari, Bahwa saya bersedia melunasi kekurangan hutang kepada Bapak Subari.

Adapun hutang yang harus saya bayar adalah sebesar Rp. 10.000.0000,-. Dan saya bersedia membayar lunas jumlah tersebut diatas selambat lambatnya pada tanggal 22 Juni 2018. Apabila saya tidak memenuhi kewajiban saya tersebut diatas maka saya bersedia dilaporkan kepada pihak yang berwajib dan bersedia dituntut dimuka hukum.

Demikian surat pernyataan ini saya buat dengan sebenar benarnya dan dalam keadaan sadar serta tidak ada tekanan dari pihak manapun.

Medan, 22 Mei 2018.

Yang Menyatakan,

 

Anton Sanjaya.

4. Contoh Surat Pernyataan Hutang dengan Pinjaman

Mungkin ada banyak orang yang mau meminjamkan uang mereka kepada orang lain tanpa menerima jaminan. Namun banyak juga orang yang harus menerima jaminan dari peminjam. Jika anda meminjam uang dari orang lain dan memberikan jaminan, maka anda bisa menyebutkan barang atau harta jaminan tersebut pada surat pernyataan yang anda tanda tangani.

SURAT PERNYATAAN HUTANG

Saya yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama : Anton Sanjaya
NIK : 89765435678
Alamat : Jl. Perjuangan No. 123, Medan

dengan ini menyatakan sudah menerima uang pinjaman dari Bapak Ahmad Subari sebanyak Rp. 100.000.000,-.

Saya selaku pihak yang MENERIMA PINJAMAN bersedia mengembalikan pinjaman sejumlah Rp. 100.000.000,00 (Seratus juta rupiah) dalam jangka waktu 1(satu) tahun. Apabila saya tidak sanggup mengembalikannya maka tanah dengan nomor sertifikat SHM 12321234  yang digunakan sebagai jaminan menjadi MILIK PIHAK YANG MEMBERI PINJAMAN.

Demikian surat pernyataan hutang-pitutang ini saya buat dengan sebenar-benarnya penuh dengan kesadaran. Saya bersedia dituntut sesuai dengan hukum dan undang-undang yang berlaku apabila di kemudian hari melanggar surat pernyatan hutang yang sudah dibuat.

Medan, 22 Mei 2018.

Yang Menyatakan,

 

Anton Sanjaya.

5. Contoh Surat Pernyataan Hutang Singkat

Ketika menulis surat pernyataan hutang, maka anda tidak perlu harus menulis dengan panjang dan bertele – tele. Namun anda bisa menulis surat pernyataan hutang dengans singkat, namun berisikan informasi yang jelas mengenai kesepatan anda dengan pemberi pinjaman.

SURAT PERNYATAAN HUTANG

Yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama : Anton Sanjaya
NIK : 876543457
Alamat ; Jl. Perjuangan No. 123, Medan

Menyatakan :

  1. Bahwa, pada tanggal 22 Mei 2018 saya telah meminjam uang kepada Sdr. Eman Sudirman (No. KTP 3320050609850002) sebesar Rp. 35.000.000 (terbilang tiga puluh juta rupiah) dan berjanji akan mengembalikan pinjaman tersebut paling lambat 100 hari setelah ditandatanganinya surat pernyataan ini.
  2. Dan bahwa, dalam hal saya tidak dapat melunasi pinjaman tersebut, maka saya bersedia diproses secara hukum.

Demikian surat pernyataan ini saya buat dengan sukarela tanpa paksaan atau tekanan dari pihak manapun.

Medan, 22 Mei 2018.

Yang Menyatakan,

 

Anton Sanjaya.

6. Contoh Surat Pernyataan Hutang untuk Koperasi

Sekarang ini ada banyak koperasi simpan pinjam yang bisa kita temukan di berbagai daerah. Jika anda meminjam uang tunai dengan jumlah tertentu kepada salah satu koperasi di tempat anda, maka anda bisa membuatkan surat pernyataan hutang seperti contoh di bawah ini.

SURAT PERNYATAAN HUTANG

Saya yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama : Anton Sanjaya
NIK : 897654578
Pekerjaan : Karyawan Swasta
Alamat : Jl. Perjuangan No. 123, Medan

Dengan ini menyatakan bahwa saya mempunyai tanggungan hutang sebesar Rp. 5.000.000,- kepada Koperasi Simpan Pinjam Bersama yang beralamat di Jl. Pendidikan No. 123, Medan.

Atas hutang tersebut di atas saya menyatakan kesanggupan untuk menyelesaikan pembayaran dengan cara tunai dalam jangka waktu 60 hari atau 2 bulan sejak surat pernyataan ini ditanda tangani.

Apabila dalam jangka waktu yang telah ditetapkan di atas, saya tidak dapat menyelesaikan kewajiban tersebut, maka saya akan memberikan barang-barang berharga yang senilai hutang sebagai pengganti pembayaran hutang saya.

Demikian surat pernyataan dan kesanggupan membayar hutang ini dibuat dalam keadaan sadar, tanpa paksaan dari pihak manapun untuk dapat dipergunakan sebagaimana mestinya.

Medan, 22 Mei 2018.

Yang Menyatakan,

 

Anton Sanjaya.

7. Contoh Surat Pernyataan Hutang dengan Pembayaran Cicilan

Ada dua cara yang bisa anda lakukan untuk membayar hutang kepada orang lain. Cara pertama adalah dengan membayarnya secara lunas dan cara kedua adalah membayarnya dengan cicilan setiap jangka waktu tertentu. Jika anda memilih untuk membayar dengan cicilan, maka anda bisa menulis surat pernyataan hutang seperti contoh di bawah ini.

SURAT PERNYATAAN HUTANG

Saya yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama : Anton Sanjaya
NIK : 90875434535
Pekerjaan : Pegawai Swasta
Alamat : Jl. Perjuangan No. 123, Medan

Dengan ini menyatakan :

  1. Bahwa, pada tanggal 22 Mei 2018 saya telah meminjam uang kepada saudara Abdul Rosyid sebesar Rp. 10.000.000 (sepuluh juta rupiah) dan berjanji akan mengembalikan pinjaman tersebut dengan cara dicicil, yakni sebesar Rp. 1.000.000 setiap bulannya selama 10 bulan.
  2. Bahwa, jika saya tidak membayar cicilan hutang sesuai dengan periode waktu yang sudah disepakati, maka saya bersedia mempertanggungjawabkannya secara hukum.

Demikian surat Pernyataan ini saya buat tanpa adanya paksaan maupun tekanan dari pihak manapun.

Medan, 22 Mei 2018.

Yang Menyatakan,

 

Anton Sanjaya.

8. Contoh Surat Pernyataan Hutang dengan Pembayaran Lunas

Mungkin bagi banyak orang akan terlalu berat untuk membayar hutang dengan cara sekali bayar dan langsung lunas. Namun jika anda lebih memilih cara tersebut, maka dengan sekali bayar saja, hutang anda akan langsung lunas. Untuk itu, anda bisa menulis surat pernyataan hutang seperti contoh di bawah ini.

SURAT PERNYATAAN HUTANG

Saya yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama : Anton Sanjaya
NIK : 90875434535
Pekerjaan : Pegawai Swasta
Alamat : Jl. Perjuangan No. 123, Medan

Dengan ini menyatakan :

  1. Bahwa, pada tanggal 22 Mei 2018 saya telah meminjam uang kepada saudara Ahmad Subari sebesar Rp. 10.000.000 (sepuluh juta rupiah) dan berjanji akan mengembalikan pinjaman tersebut dengan cara sekali bayar, yakni 2 bulan sejak surat pernyataan ini saya tanda tangani atau pada tanggal 22 Juli 2018.
  2. Bahwa, sampai dengan tanggal jatuh tempo tersebut saya belum dapat mengembalikan pinjaman saya kepada saudara Ahmad Subari, dengan ini saya memohon keringanan kepada saudara Ahmad Subari agar diberi perpanjangan waktu untuk melunasi pinjaman hutang saya untuk  30 hari lagi atau jatuh tempo pada tanggal 22 Agustus 2018.
  3. Bahwa, jika saya tidak dapat melunasi pinjaman tersebut sesuai dengan tanggal perpanjangan waktu untuk pelunasan hutang, maka saya bersedia mempertanggungjawabkan pinjaman tersebut secara hukum.

Demikian surat Pernyataan ini saya buat tanpa adanya paksaan maupun tekanan dari pihak manapun.

Medan, 22 Mei 2018

Yang Menyatakan,

 

Anton Sanjaya.

9. Contoh Surat Pernyataan Hutang Tanpa Jaminan

Meminjam uang kepada orang lain maka bukan berarti kalau anda harus memberikannya pinjaman atas uang yang anda pinjam. Jika pemberi pinjaman memang bisa mempercayai anda, maka dia pun tentu tidak akan menuntut agar anda memberikan jaminan atas hutang yang anda pinjam.

SURAT PERNYATAAN HUTANG

Saya yang bertanda tangan si bawah ini :

Nama : Anton Sanjaya
NIK : 8976454576
Pekerjaan : PNS
Alamat ; Jl. Perjuangan No. 123, Medan

Dengan ini menyatakan :

  1. Bahwa saya sudah melakukan peminjaman uang kepada saudara Ahmad Subaro sebesar Rp. 100.000.000 (seratus juta rupiah) pada tanggal 22 Mei 2018 dan berjanji akan mengembalikan pinjaman tersebut jatuh tempo pada tanggal 22 Oktober 2018 atau dalam kurun waktu 5 (lima) bulan lagi.
  2. Jika saya belum mempunyai kemampuan untuk mengembalikan pinjaman kepada saudara Sardi pada tanggal jatuh tempo tersebut, Kepada saudara Ahmad Subari dimohon agar saya diberi keringanan bisa diberi perpanjangan hari bila hal itu terjadi,  untuk melunasi pinjaman selama 30 (tiga puluh) hari lagi yang kelak akan jatuh tempo pada tanggal 22 November 2018.
  3. Saya siap bertanggung jawab atas pinjaman saya itu secara hukum apabila saya masih belum mampu melunasi pinjaman tersebut sampai batas waktu yang ditentukan.

Demikianlah surat pertanyaan ini saya buat sebagaimana kenyataannya serta tanpa gangguan ataupun paksaan dari pihak manapun.

Medan, 22 Mei 2018.

Yang Menyatakan,

 

Anton Sanjaya.

10. Contoh Surat Pernyataan Hutang dengan Bunga

Ketika memberikan pinjaman kepada orang lain, terkadang pemberi pinjaman menetapkan bunga atas pinjaman uang tersebut. Pemberi pinjaman akan mendapatkan keuntungan dari uang yang dipinjamkannya. Jika anda memang meminjam dengan bunga, maka anda bisa menulis surat pernyataan hutang seperti contoh di bawah ini.

SURAT PERNYATAAN HUTANG

Saya yang bertanda tangan si bawah ini :

Nama : Anton Sanjaya
NIK : 098745768
Pekerjaan : Wiraswasta
Alamat : Jl. Perjuangan No. 123, Medan

Dengan ini menyatakan :

  1. Bahwa saya sudah melakukan peminjaman uang kepada Ahmad Subari sebesar Rp. 100.000.000,- (Seratus Juta Rupiah) pada 22 Mei 2018, yang nantinya akan saya kembalikan pada 22 Mei 2019, atau dalam jangka waktu selama 1 tahun sejak surat pernyataan ini ditanda tangani.
  2. Sehubungan dengan hutang tersebut, maka dengan ini saya menyatakan kalau saya bersedia untuk membayar bunga sebanyak 10% dari total pinjaman yang saya pinjam dari Ahmad Subari.
  3. Jika saya tidak bisa melunasi pinjaman dengan tepat waktu, beserta dengan bunga sebanyak 10% dari total pinjaman, maka saya siap bertanggung jawab atas pinjaman saya itu secara hukum.

Demikianlah surat pertanyaan ini saya buat sebagaimana kenyataannya serta tanpa gangguan ataupun paksaan dari pihak manapun.

Medan, 22 Mei 2018.

Yang Menyatakan,

 

Anton Sanjaya.

11.Contoh Surat Pernyataan Hutang dengan Tenggat Waktu

Ketika melakukan pinjaman uang kepada orang lain, maka anda dengan pemberi pinjaman tentu akan menyepakati waktu dikembalikannya pinjaman tersebut. Dan untuk meringankan anda, anda juga bisa meminta keringanan berupa tenggat waktu jika sekirannya anda tidak bisa melunasi hutang sesuai dengan waktu yang sudah disepakati terlebih dahulu, dan hal tersebut bisa anda cantumkan pada surat pernyataan hutang yang anda buat.

SURAT PERNYATAAN HUTANG

Saya yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama : Anton Sanjaya
NIK : 89765467
Pekerjaan : Karyawan Swasta
Alamat : Jl. Perjuangan No. 123, Medan

menyatakan :

  1. Bahwa, pada tanggal 22 Mei 2018 saya telah melakukan peminjaman uang kepada saudara Ahmad Subari sebesar Rp. 35.000.000 (tiga puluh lima juta rupiah) dan berjanji akan mengembalikan pinjaman itu dalam jangka waktu ialah 30 (tiga puluh) hari / jatuh tempo pada tanggal 22 Juni 2018,
  2. Bahwa, apabila sampai dengan tanggal jatuh tempo itu ternyata saya belum juga bisa untuk mengembalikan pinjaman saya, dengan ini saya akan memohon keringanan kepada saudara Ahmad Subari agar diberi perpanjangan jangka waktu untuk dapat melunasi pinjaman saya tersebut untuk selama 30 (tiga puluh hari) lagi / jatuh tempo pada tanggal 22 Juli 2018.
  3. Bahwa, jika dalam hal ini saya tidak dapat melunasi pinjaman saya tersebut sampai dengan perpanjangan jangka waktu yang sudah di tentukan tersebut sebagaimana dimaksud di nomor 2, maka saya akan bersedia mempertanggungjawabkan pinjaman saya itu secara hukum.

Demikian Surat Pernyataan hutang ini saya buat dengan dengan keadaan yang sadar / tanpa paksaan / tekanan dari pihak manapun.

Medan, 22 Mei 2018.

Yang Menyatakan,

 

Anton Sanjaya.

12. Contoh Surat Pernyataan Hutang dengan Jaminan BPKB Mobil

Biasanya banyaka orang yang menggunakan barang bergerak dan barang tidak bergerak sebagai jaminan hutang mereka kepada orang lain. Dan jika anda memiliki mobil, anda bisa menjadikan BPKB mobil tersebut sebagai jaminan hutang anda kepada orang lain.

SURAT PERNYATAAN HUTANG

Saya yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama : Anton Sanjaya
NIK : 90876545
Pekerjaan : Wiraswasta
Alamat : Jl. Perjuangan No. 123, Medan

Menyatakan :

  1. Bahwa pada 22 Mei 2018, saya sudah meminjam uang sebesar Rp. 150.000.000,- (Seratus Lima Puluh Juta Rupiah) dari saudara Ahmad Subari, dan akan mengembalikannya dalam jangka waktu 6 bulan, atau pada tanggal 22 November 2018.
  2. Sehubungan dengan pinjaman saya tersebut diatas, maka dengan ini saya memberikan jaminan kepada Saudara Ahmad Subari berupa BPKB Mobil Toyota Avanza, tahun 2017, dengan nomor plat BK 1234 ABC, atas nama saya sendiri, Anton Sanjaya.
  3. Jika sampai batas waktu yang sudah disepakati saya tidak  bisa melunasi pinjaman tersebut, maka dengan rendah hati saya memohon keringan kepada Saudara Ahmad Subari, agar bisa memberikan waktu selama 30 hari lagi atau pada tanggal 22 Desember untuk melunasi pinjaman saya.
  4. Jika sampai batas waktu tersebut, saya tidak bisa juga melunasi pinjaman saya, maka Saudara Ahmad Subari berhak untuk menyita mobil saya, memiliki, ataupun menjualnya untuk melunasi hutang saya.

Demikian surat pernyataan ini saya perbuat dalam keadaan sadara dan tanpa tekanan dari pihak manapun.

Medan, 22 Mei 2018.

Yang Menyatakan,

 

Anton Sanjaya.

13. Contoh Surat Pernyataan Hutang dengan Jaminan Tanah

Selain mobil, orang juga sering menggunakan tanah sebagai jaminan hutang untuk orang lain. Tanah dengan sertifikat hak milik bisa anda jaminkan kepada orang lain jika sekirannya anda meminjam uang dalam jumlah tertentu kepada orang lain. Dengan demikian, maka anda pun harus memberikan sertifikat tanah yang anda miliki kepada orang tersebut.

SURAT PERNYATAAN HUTANG

Saya yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama : Anton Sanjaya
NIK : 90876545
Pekerjaan : Wiraswasta
Alamat : Jl. Perjuangan No. 123, Medan

Menyatakan :

  1. Bahwa pada 22 Mei 2018, saya sudah meminjam uang sebesar Rp. 150.000.000,- (Seratus Lima Puluh Juta Rupiah) dari saudara Ahmad Subari, dan akan mengembalikannya dalam jangka waktu 6 bulan, atau pada tanggal 22 November 2018.
  2. Sehubungan dengan pinjaman saya tersebut diatas, maka dengan ini saya memberikan jaminan kepada Saudara Ahmad Subari berupa Sertifikat Tanah dengan nomor 897654355678, yang beralamat di Jl. Jend. Sudirman No. 123, Medan. Adapun tanah tersebut merupakan atas nama saya sendiri, Anton Sanjaya.
  3. Jika sampai batas waktu tersebut, saya tidak bisa juga melunasi pinjaman saya, maka Saudara Ahmad Subari berhak untuk memiliki ataupun menjual tanah tersebut untuk melunasi hutang saya.

Demikian surat pernyataan ini saya perbuat dalam keadaan sadara dan tanpa tekanan dari pihak manapun.

Medan, 22 Mei 2018.

Yang Menyatakan,

 

Anton Sanjaya.

14. Contoh Surat Pernyataan Hutang dengan Jaminan Rumah

Selain menggunakan sertifikat tanah atau BPKB mobil sebagai jaminan, anda juga bisa menggunakan rumah yang anda miliki untuk jaminan hutang anda kepada orang lain. Hal ini tentu saja akan memberikan rasa nyaman bagi pemberi pinjaman, karena anda akan berusaha untuk membayar hutang tersebut, jika tidak ingin rumah anda diambil alih.

SURAT PERNYATAAN HUTANG

Saya yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama : Anton Sanjaya
NIK : 90876545
Pekerjaan : Wiraswasta
Alamat : Jl. Perjuangan No. 123, Medan

Menyatakan :

  1. Bahwa pada 22 Mei 2018, saya sudah meminjam uang sebesar Rp. 250.000.000,- (Dua Ratus Lima Puluh Juta Rupiah) dari saudara Ahmad Subari, dan akan mengembalikannya dalam jangka waktu 1 tahun, atau pada tanggal 22 April 2019 mendatang.
  2. Sehubungan dengan pinjaman saya tersebut diatas, maka dengan ini saya memberikan jaminan kepada Saudara Ahmad Subari berupa Sertifikat Hak Milik Rumah dengan nomor 897654355678, yang beralamat di Jl. Perjuangan No. 123, Medan. Adapun rumah tersebut merupakan atas nama saya sendiri, Anton Sanjaya.
  3. Jika sampai batas waktu tersebut, saya tidak bisa juga melunasi pinjaman saya, maka Saudara Ahmad Subari berhak untuk memiliki ataupun menjual tanah tersebut untuk melunasi hutang saya.

Demikian surat pernyataan ini saya perbuat dalam keadaan sadara dan tanpa tekanan dari pihak manapun.

Medan, 22 Mei 2018.

Yang Menyatakan,

 

Anton Sanjaya.

15. Contoh Surat Pernyataan Hutang dengan Jaminan BPKB Motor

Jikat hutang yang anda miliki tidak terlalu besar kepada orang lain, maka anda bisa menggunakan BPKB motor yang anda miliki sebagai jaminan atas hutang tersebut. Hal tersebut perlu anda perhatikan, dimana sebaiknya anda memberikan jaminan berupa barang atau harta yang harganya senilai atau kurang lebih sama dengan jumlah pinjaman anda.

SURAT PERNYATAAN HUTANG

Saya yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama : Anton Sanjaya
NIK : 90876545
Pekerjaan : Wiraswasta
Alamat : Jl. Perjuangan No. 123, Medan

Menyatakan :

  1. Bahwa pada 22 Mei 2018, saya sudah meminjam uang sebesar Rp. 10.000.000,- (Sepuluh Juta Rupiah) dari saudara Ahmad Subari, dan akan mengembalikannya dalam jangka waktu 2 bulan, atau pada tanggal 22 Juli 2018 mendatang.
  2. Sehubungan dengan pinjaman saya tersebut diatas, maka dengan ini saya memberikan jaminan kepada Saudara Ahmad Subari berupa BPKB Sepeda Motor Hodna Sonic 150R, tahun 2017, dengan nomor plat BK 1234 ABC, atas nama saya sendiri, Anton Sanjaya.
  3. Jika sampai batas waktu yang sudah disepakati saya tidak  bisa melunasi pinjaman tersebut, maka dengan rendah hati saya memohon keringan kepada Saudara Ahmad Subari, agar bisa memberikan waktu selama 30 hari lagi atau pada tanggal 22 Agustus 2018 untuk melunasi pinjaman saya.
  4. Jika sampai batas waktu tersebut, saya tidak bisa juga melunasi pinjaman saya, maka Saudara Ahmad Subari berhak untuk menyita sepeda motor saya, memiliki, ataupun menjualnya untuk melunasi hutang saya.

Demikian surat pernyataan ini saya perbuat dalam keadaan sadara dan tanpa tekanan dari pihak manapun.

Medan, 22 Mei 2018.

Yang Menyatakan,

 

Anton Sanjaya

Kesimpulan dan Pentingnya Surat Pernyataan Hutang

Setiap orang yang meminjamkan uang kepada orang lain atau pihak lain tentu akan mengharapkan uang nya untuk kembali, baik itu tanpa bunga maupun tanpa bunga, baik itu dengan jaminan maupun tanpa jaminan. Jika anda meminjam uang dengan jumlah tertentu dengan menggunakan jaminan dari orang lain, maka anda pun bisa menuliskan jaminan tersebut pada surat pernyataan hutang yang anda tanda tangani.

Pada surat pernyataan hutang yang anda buat dan anda tanda tangani, anda bisa menuliskan waktu kapan anda akan membayar hutang tersebut. Dan jika nantinya anda tidak sanggup membayar dengan tepat waktu, maka barang jaminan yang anda berikan kepada peminjam akan menjadi hak milik pemberi pinjaman tersebut.

Sedangkan jika anda tidak memberikan jaminan saat meminjam dana dari orang lain, pihak peminjam akan bisa menggunakan surat pernyataan hutang yang anda tanda tangani untuk memproses anda secara hukum. Hal ini tentu saja sangat dibutuhkan, mengingat mungkin akan banyak orang yang ingkar dari kesepakatan jika tidak membuat surat pernyataan hutang.

Anda sebagai pihak peminjam mungkin tidak akan begitu suka jika harus menggunakan contoh surat pernyataan hutang. Namun berbeda dengan pihak pemberi pinjaman, surat pernyataan hutang tersebut akan memberikan dia kenyamanan dan terlepas dari rasa khawatir akan sikap peminjam yang mungkin akan ingkar janji.

Continue Reading