Connect with us

Contoh Surat Resmi

Contoh Surat

15 Contoh Surat Pernyataan Diri yang Baik dan Benar

Contoh Surat Pernyataan Diri – Seiring dengan perkembangan zaman dan kecanggihan teknologi sekarang ini, penggunaan surat sebagai alat komunikasi juga semakin menurun. Terlebih untuk urusan penggunaan surat pribadi, bisa dikatakan sudah sangat sulit ditemukan sekarang ini.

Namun ada juga beberapa jenis surat yang masih banyak digunakan hingga saat ini. Jenis surat dimaksud adalah surat yang ditulis oleh seseorang atau perseorangan yang sering disebut dengan surat pribadi. Salah satunya adalah contoh surat pernyataan diri. Dalam berbagai kasus dan kepentingan, surat pernyataan diri ini masih seringkali dipergunakan oleh seseorang untuk memberikan keyakinan kepada orang lain maupun pihak lain.

Contoh Surat Pernyataan Diri

Jika diartikan secara sederhana, maka surat pernyataan diri merupakan surat yang dibuat untuk menerangkan suatu keadaan oleh seseorang yang menyatakan kesiapan, kesanggupan, menyatakan sesuatu fakta dengan sebenar – benarnya. Dalam hal ini, penulis surat pernyataan diri harus bersedia menerima resiko jika ternyata memberikan informasi pernyataan yang salah dan tidak sesuai dengan keadaan.

Seperti saya katakan sebelumnya, adapun tujuan dari surat pernyataan diri adalah untuk meyakinkan pihak lain. Jadi, anda memberikan pernyataan yang bersifat positif untuk meyakinkan pihak lain, namun anda juga harus bisa mempertanggung jawabkan isi dari surat pernyataan tersebut.

Menulis surat pernyataan diri bukanlah hal yang susah, namun mungkin saja masih banyak orang yang tidak tahu menulis surat pernyataan diri yang baik dan benar. Berikut adalah beberapa contoh surat pernyataan diri yang bisa anda gunakan sebagai bahan referensi dalam penulisan surat pernyataan diri.

 

1. Contoh Surat Pernyataan Diri Sendiri

Ketika anda melamar pekerjaan di salah satu perusahaan dan berhasil diterima menjadi seorang karyawan disana, mungkin saja perusahaan tersebut memiliki beberapa aturan yang harus ditaati oleh setiap karyawannya. Untuk itu, pihak perusahaan pun menyuruh anda untuk menulis surat pernyataan diri seperti salah satu contoh di bawah ini.

SURAT PERNYATAAN

Saya yang bertanda tangan di bawah ini:

Nama : Ilham Nasir
Tempat/Tgl Lahir : Malang/20/09/1994
Jenis Kelamin : Laki – Laki
No. KTP : 3000501989833672
Alamat Lengkap : Jl. Perintis Kemerdekaan No. 123, Malang

dengan ini menyatakan bahwa :

  1. Saat ini saya tidak terikat kontrak kerja dengan perusahaan apapun atau instansi lain di manapun.
  2. Saya bersedia untuk ditempatkan bekerja di seluruh cabang perusahaan PT. Coca-cola Indonesia.
  3. Saya bersedia melaksanakan tugas pekerjaan sesuai jangka waktu yang telah ditetapkan perusahaan.
  4. Saya tidak akan cuti atau mengundurkan diri sebelum berakhirnya masa kontrak kerja, dengan alasan apapun.
  5. Saya tidak akan merangkap pekerjaan di tempat lain selama masa kerja di PT. Coca-cola Indonesia.

Demikian surat pernyataan ini saya buat dengan sadar tanpa ada unsur paksaan dari pihak manapun. Apabila di kemudian hari saya melakukan pelanggaran atau pernyataan ini tidak sesuai yang sebenarnya maka saya siap menerima segala konsekuensinya sesuai dengan hukum dan aturan yang berlaku.

Malang, 27 April 2018,

Yang Membuat Pernyataan,

 

Ilham Nasir

2. Contoh Surat Pernyataan Diri Kesanggupan Menggunakan Dana

Dalam berbagai pekerjaan, seringkali seorang karyawan dipercaya oleh atasan untuk menggunakan dan mengelola sejumlah dana tertentu. Adapun dana yang diberikan tersebut harus bisa dipertanggung jawabkan dan harus digunakan untuk kepentingan pekerjaan. Untuk itu, anda bisa menulis pernyataan kesanggupan menggunakan dana seperti contoh di bawah ini.

SURAT PERNYATAAN KESANGGUPAN
MENGELOLA UANG

Yang Bertanda tangan di bawah ini :

Nama : Abdul Rozak
NIP : 8758358357
NUPTK : 897458435

Menyatakan bersedia bertanggung jawab untuk menerima Block Grant Peningkatan Kualifikasi S1/D4  bagi Guru dari LPMP Sumatra Barat sejumlah Rp. 2.500.000,00 (dua juta lima ratus ribu rupiah). Saya berkomitmen menggunakan dana ini hanya untuk peningkatan Kualifikasi Akademik bagi guru ke jenjang S1/D4 di Universitas Negeri Malang masa studi tahun 2018.

Demikian surat kesanggupan ini bersifat mengikat untuk dipergunakan sebagaimana mestinya.

Malang, 27 April 2018

Penerima Bantuan,

 

Abdul Rozak

3. Contoh Surat Pernyataan Sikap

Dalam beberapa kasus atau masalah, seringkali kita memerlukan surat pernyataan sikap akan diri sendiri maupun mewakili kelompok tertentu. Salah satu contoh saja, ketika anda dan beberapa warga lain keberatan dengan salah satu atau beberapa peraturan yang ditetapkan oleh ketua RT atau kepala Desa setempat, maka anda bisa membuat surat pernyataan sikap, yakni sikap keberatan atas peraturan tersebut.

SURAT PERNYATAAN SIKAP

Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuhu
Alhamdulillah washsholatu wassalamu ‘ala Rasulillah wa ‘ala aali wa ashabihi wamantabi’ahum biihsaanin ilaa yaumiddin.

Melihat permasalahan mengenai piket jaga yang tidak kunjung selesai, kami sangat khawatir hal ini akan dapat menimbulkan kesenjangan sosial diantara warga dan tentunya tidak kita inginkan bersama. Oleh karena itu kami warga RT 42, RW 16 Perum Tosari Indah Persada memberikan pernyataan sikap sebagai berikut :

Kami yakin bahwa pemberlakuan piket jaga dan denda bagi yang absen itu sangat memberatkan beberapa warga yang dikuatkan oleh beberapa fakta dari ketidakhadiran mereka dan adanya warga yang tidak mau bayar.

Rencana penarikan dana keamanan sebesar Rp. 20.000 guna membayar tenaga keamanan yang hanya bersifat formalitas hal ini juga  kami anggap memberatkan dan kurang tepat.

Oleh karena itu kami mendesak saudara Ketua RT 42 untuk segera menghapus pemberlakuan piket jaga berikut dengan denda-dendanya, uang ganti keamanan, uang jimpitan dan penarikan dana-dana lain yang dianggap tidak penting.  Dengan demikian diharapkan dapat memberikan kenyamanan bagi setiap warga yang tinggal di lingkunngan RT 42.

Demikian pernyataan sikap ini dibuat sebagai wujud kasih sayang, saling menghormati diantara sesama dan menasehati dalam kebaikan dan kebenaran.

wassalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuhu.

Kediri, 27 April 2018

Perwakilan Warga,

 

Santo Ilham

4. Contoh Surat Pernyataan Diri Karyawan Baru

Ketika anda menjadi seorang karyawan baru dalam sebuah perusahaan, maka tentu saja anda akan menerima peraturan – peraturan baru yang ada di perusahaan tersebut. Tidak cukup dengan pernyataan kesanggupan secara lisan, terkadang juga perusahaan meminta kesanggupan anda secara tulisan mengenai peraturan – peraturan tersebut.

SURAT PERNYATAAN

Yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama : Ilham Nasir
Alamat : Jl. Purwodadi No. 123 Malang

Dengan ini menyatakan dengan sebenar-benarnya bahwa saya:

  1. Saat ini tidak memiliki ikatan dinas atau beasiswa jenis yang sama dari pihak Perguruan Tinggi Negeri maupun swasta.
  2. Tidak pernah melakukan pelanggaran hukum/tindak pidana kriminal apapun yang menyebabkan saya dipenjara atau dikurung.
  3. Tidak pernah diberhentikan dengan tidak hormat ataupun dengan hormat, baik dari instansi pemerintahan maupun instansi swasta.
  4. Tidak berstatus sebagai Calon Pegawai Negeri Sipil/ Pegawai Negeri Sipil
  5. Tidak menjadi pengurus dan/atau anggota partai politik.

Demikian pernyataan ini saya buat dengan sesungguhnya dan saya bersedia diproses berdasarkan hukum dan aturan yang berlaku apabila di kemudian hari pernyataan saya ini tidak benar.

Malang, 27 April 2018

Yang membuat pernyataan,

 

Ilham Nasir

5. Contoh Surat Pernyataan Diri Belum Menikah

Terkadang perusahaan tidak menerima karyawan yang sudah berumah tangga, terlebih perusahaan yang sering menempatkan para karyawannya di luar kota. Jadi wajar saja kalau perusahaan mengutamakan calon karyawan yang belum menikah, agar bebas bepergian ke luar kota. Untuk itu, anda bisa membuat surat pernyataan diri belum menikah seperti di bawah ini.

SURAT PERNYATAAN BELUM MENIKAH

Saya yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama : Sarah Amelia
Alamat : Jl. Permaisuri No. 123, Magetan

Menyatakan dengan sebenarnya, bahwa hingga saat ini belum pernah menikah dengan siapapun baik secara adat, hukum Agama maupun hukum Negara dan benar- benar masih gadis.

Demikian pernyataan ini saya buat dengan sebenar – benarnya dan apabila surat pernyataan ini tidak benar, maka saya bersedia dituntut sesuai dengan hukum dan undang-undang yang berlaku di Negara Indonesia.

Demikian surat pernyataan ini saya buat dalam keadaan sadar dan kondisi sehat serta tanpa ada paksaan dari siapun.

 

Magetan, 27 April 2018

Yang Membuat Pernyataan,

 

Sarah Amelia

6. Contoh Surat Pernyataan Diri Sebelum Diterima Bekerja

Jika perusahaan biasanya meminta surat pernyataan dari seorang karyawan baru yang baru diterima, maka berbeda dengan instansi pemerintahan maupun pekerjaan di BUMN. Biasanya pemerintah menetapkan peraturan bahwa para peserta pelamar harus membuat surat pernyataan diri sebelum anda diterima bekerja, dalam artian ketika masih mengantarkan lamaran.

SURAT PERNYATAAN

Yang bertandatangan di bawah ini :

Nama : Anton Sanjaya
Alamat : Jl. Bunga Kenanga No. 123, Madiun

Dengan ini menyatakan :

  1. Tidak pernah dihukum penjara atau kurungan berdasarkan putusan pengadilan yang telah mempunyaikekuatan hukum yang tetap, karena melakukan suatu tindak pidana kejahatan
  2. Tidak pernah diberhentikan dengan tidak hormat sebagai Pegawai Negeri Sipil/Anggota Tentara Nasional Indonesia/Anggota Kepolisian Negara, atau diberhentikan tidak dengan hormat sebagai pegawai swasta;
  3. Tidak berkedudukan sebagai Calon/Pegawai Negeri Sipil dan Calon/Anggota Tentara Nasional Indonesia atau Calon/Anggota Kepolisian Negara;
  4. Tidak menjadi anggota dan atau pengurus partai politik;
  5. Bersedia ditempatkan di wilayah tempat mendaftar;
  6. Sanggup mengganti biaya pelaksanaan penerimaan sebesar Rp. 25.000.000,- (dua puluh lima juta
    rupiah), apabila :

Dinyatakan lulus ujian tahap akhir dan telah mendaftar ulang tetapi mengundurkan diri dengan alasan apapun, atau
Mengundurkan diri setelah bekerja di BPS, dengan masa kerja kurang dari 5 (lima) tahun.

Demikian pernyataan ini saya buat dengan sesungguhnya, dan saya bersedia dituntut di depan pengadilan serta bersedia menerima segala tindakan yang diambil oleh pemerintah, apabila dikemudian hari terbukti pernyataaan ini tidak benar.

Madiun, 27 April 2018

Yang membuat pernyataan,

 

Anton Sanjaya

7. Contoh Surat Pernyataan Diri Kerja

Jika anda ingin bekerja di salah satu perusahaan yang anda inginkan, maka tentu saja anda harus bisa menaati peraturan yang ada pada perusahaan tersebut. Tidak hanya satu atau dua peraturan saja, mungkin saja anda akan diberikan beberapa peraturan yang harus anda patuhi ketika diterima bekerja di sebuah perusahaan.

SURAT PERNYATAAN

Saya yang bertandatangan dibawah ini :

Nama : Muhammad Ilham
Alamat : Jl. Perjuangan No. 123, Purwokerto

dengan ini menyatakan bahwa :

  • Sampai pada saat ini saya tidak terikat kontrak/ikatan kerja baik dengan Pemerintah maupun Instansi Swasta.
    Bersedia bertugas dalam kurun waktu yang telah ditentukan.
  • Bersedia tidak mengambil cuti selama masa penugasan.
  • Demikian surat pernyataan ini saya buat dengan sebenarnya dan apabila dikemudian hari ternyata pernyataan saya tidak benar, maka saya bersedia dituntut dimuka hakim sesuai dengan ketentuan dan hukum yang berlaku.

Purwokerto, 27 April 2018

Yang membuat pernyataan,

 

Muhammad Ilham

8. Contoh Surat Pernyataan Penyesalan Diri

Jika kita berbuat salah, maka sudah sepantasnya kita untuk meminta maaf dan mengaku meyesal atas kesalahan yang kita lakukan. Namun tidak cukup hanya dengan pengakuan penyesalan secaar lisan, mungkin saja anda akan disuruh membuat pernyataan penyesalan secara tertulis.

SURAT PERNYATAAN

Yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama : Ahmad Subarjo
Kelas : XII IPS 3

Berkenaan surat ini saya menyatakan telah melanggar peraturan sekolah dengan membolos selama 1 bulan secara berturut-turut tertanggal 25 Maret 2018 sampai dengan 25 April 2018. Dengan sadar Saya saya siap menerima hukuman dan mengakui bahwa kesalahan tersebut merupakan pelanggaran besar.

Demikianlah saya buat dengan sebenar-benarnya surat pernyatan ini  agar bisa dimaklumi dan dimaafkan.
Atas perhatian Bapak/Ibu saya ucapkan terima kasih.

Bandung, 27 April 2018

Hormat saya,

 

Ahmad Subarjo

9. Contoh Surat Pernyataan Pengunduran Diri dari Pekerjaan

Sebagai seorang karyawan, maka sudah sepantasnya bagi kita untuk memberikan surat pernyataan pengunduran diri ketika keluar dari sebuah perusahaan. Hal ini tentu saja snagat berguna bagi kita maupun bagi pihak perusahaan. Anda akan dianggap lebih terhormat dan profesional, sementara perusahaan akan memiliki waktu untuk mencari pengganti anda.

SURAT PERNYATAAN

Kepada
Yth Pimpinan
Manager PT. Google
California-Amerika

Yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama : Ilhmad Nazaruddin
Alamat : Jl. Kangkung No. 123, Medan
Jabatan : Manajer Pemasaran

Berkenaan dengan surat ini saya bermaksud mengajukan permohonan pengunduran diri dari Perusahaan yang Bapak/Ibu pimpin pertanggal 30 April 2018. Demikianlah surat ini dengan sebenar-benarnya saya buat tanpa gangguan dan tekanan dari pihak manapun.

Terima kasih banyak atas bimbingan yang diberikan selama saya bekerja di PT.INDO-NET. saya ucapkan terima kasih atas perhatian bapak/ibu.

Medan, 27 April 2018

Hormat saya,

 

Ilham Nazaruddin

10. Contoh Surat Pernyataan Penghasilan

Ketika anda mengajukan kredit atau pun berupa pinjaman ke salah satu bank, tentu saja pihak pemberi kredit harus mengetahui terlebih dahulu nominal pendapatan anda setiap bulannya. Surat ini juga masih bisa dipergunakan untuk berbagai keperluan lain selain dari pengajuan kredit. Untuk itu, anda bisa membuat surat pernyataan mengenai penghasilan anda setiap bulannya seperti di bawah ini.

SURAT PERNYATAAN PENGHASILAN

Yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama : Andre Wijaya
Pekerjaan : PNS
Alamat : Jl. Perjuangan No. 123, Medan

Dengan ini saya sampaikan pernyataan bahwa :

  1. Pendapatan bulanan saya sebesar Rp. 10.000.000
  2. Keterangan ini saya buat dengan sebenarnya/sejujurnya dan bertanggung jawab. Saya bersedia di kenakan sanksi jika ternyata memberikan informasi yang tidak benar
  3. Surat Pernyataan ini saya perbuat untuk keperluan pengajuan kredit KPR di Medan

Demikian surat pernyataan ini kami buat dengan sebenarnya untuk dengan sebaik-baiknya.

Medan, 27 April 2018,

Pembuat Pernyataan,

 

Andre Wijaya

11. Contoh Surat Pernyataan Praktik

Contoh surat pernyataan diri yang selanjutnya adalah surat pernyataan praktik. Untuk membukan sebuah tempat praktik, maka tentu anda harus bisa mempertanggungjawabkan segala sesuatu terkait dengan praktik yang anda lakukan, seperti praktik bidan ataupun praktik dokter. Untuk itu, anda bisa membuat surat pernyataan diri mengenai kesanggupan anda dalam menaati semua peraturan praktik yang ada.

SURAT PERNYATAAN

Yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama : Joko Susilo
Alamat : Jl. Pertahanan No. 123, Medan
NRP : 89375873

Berkenaan dengan surat ini menyatakan bahwa dengan ini saya sebagai praktikum fisika menyatakan dengan sesungguhnya bahwa :

  • Sanggup dan bersedia mentaati peraturan yang berlaku pada praktikum rangkaian logika
  • Sanggup dan bersedia melaksanakan tugas yang diberikan oleh asisten pada praktikum fisika dengan  sebaik-baiknya
  • Sanggup dan bersedia menerima sanksi atau peringatan apabila melanggaran aturan yang berlaku sesuai dengan ketentuan yang berlaku pada praktikum ini

Demikianlah surat pernyataan ini saya buat dengan sesungguhnya dan tanpa ada tekanan ataupun paksaan dari pihak lain

Medan, 27 April 2018

Pembuat Pernyataan,

 

Joko Susilo

12. Contoh Surat Pernyataan Diri Kehilangan

Jika anda kehilangan suatu berkas atau dokumen yang penting, maka sudah sepatutnya bagi anda untuk meminta penggantian ataupun tindak lanjut atas kehilangan dokumen tersebut. Untuk hal pertama anda bisa langsung melapor kepada pihak kepolisian dan segera melaporkan kasus kehilangan yang anda alami. Setelah itu, anda bisa menulis surat pernyataan kehilangan untuk meyakinkan pihak kepolisian.

SURAT PERNYATAAN KEHILANGAN

Yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama : Anton Wijaya
Alamat : Jl. Perkutut No. 123, Jakarta

Bersama dengan surat ini menerangkan bahwa saya benar-benar kehilangan Ijazah SMA Negeri 1 Jakarta Tahun Lulus 2016/2017.

Demikian surat pernyataan ini dibuat agar dimaklumi dan dipergunakan sebagaimana semestinya.

Jakarta, 27 April 2018

Pembuat Pernyataan,

 

Anton Wijaya

13. Contoh Surat Pernyataan Pekerjaan

Dalam berbagai urusan, pekerjaan yang sedang anda jalani sangat penting untuk diketahui oleh pihak lain. Maka dari itu, anda bisa membuat surat pernyataan pekerjaan anda, agar bisa meyakinkan pihak tersebut. Hal ini mungkin saja berlaku ketika anda akan mengajukan kredit ataupun pembelian barang secara kredit.

SURAT PERNYATAAN

Yang bertandatangan di bawah ini :

Nama : Anton Sanjaya
Alamat : Jl. Pertahanan No. 123, Balikpapan

adalah benar merupakan seorang karyawan di PT Maju Terus, yang telah bekerja sejak tanggal 15 Juni 2010. Adapun jabatan terakhir saat ini adalah sebagai Manajer Pemasaran.

Demikian surat keterangan ini saya perbuat sebagai dokumen pendukung untuk mengajukan permohonan pengajujan kredit di Bank Mega.

Balikpapan, 27 April 2018,

Pembuat Pernyataan,

 

Anton Sanjaya

14. Contoh Surat Pernyataan Diri Bersedia Mengikuti Peraturan CPNS

Ketika anda melamar pekerjaan sebagai seorang CPNS, tentu bukanlah hal yang mudah untuk bisa diterima. Selain itu, anda juga harus membuat surat pernyataan bahwa anda bersedia mengikuti segala peraturan yang ada jika sekiranya anda diterima menjadi seorang CPNS nanti.

SURAT PERNYATAAN

Saya yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama : Ahmad Subari
Tempat/Tgl Lahir : Magetan/20/09/1994
Pendidikan Terakhir : S-1 Ekonomi
Alamat : Jl. Permaisuri No. 123, Magetan

Menyatakan dengan sesungguhnya bahwa apabila saya diterima menjadi Calon Pegawai Negeri
Sipil (CPNS) DEPKES, saya bersedia mengikuti ketentuan yang berlaku DEPKES.

Demikian surat pernyataan ini saya buat dengan sesungguhnya untuk digunakan sebagaimana
mestinya.

Magetan, 27 April 2018,

Yang Membuat Pernyataan,

 

Ahmad Subari

15. Contoh Surat Pernyataan Diri yang Baik dan Benar

Agar bisa meyakinkan pihak yang dituju, maka anda harus membuat surat pernyataan diri dengan sebaik mungkin. Anda juga tidak boleh melakukan kesalahan dalam penulisan surat pernyataan diri tersebut. Dengan anda dipercaya oleh pihak yang anda tuju, maka tentu saja anda akan memperoleh keuntungan.

SURAT PERNYATAAN

Yang bertandatangan di bawah ini :

Nama : Santo Andi
Alamat : Jl. Perbaungan No. 123, Medan

dengan ini menyatakan :

  • Tidak pernah dihukum penjara atau kurungan berdasarkan putusan pengadilan yang telah mempunyai kekuatan hukum yang tetap, karena melakukan suatu tindak pidana kejahatan;
  • Tidak pernah diberhentikan dengan hormat tidak atas permintaan sendiri atau tidak dengan hormat sebagai Pegawai Negeri Sipil/Anggota Tentara Nasional Indonesia/Anggota Kepolisian Negara, atau diberhentikan tidak dengan hormat sebagai pegawai swasta;
  • Tidak berkedudukan sebagai Calon/Pegawai Negeri Sipil dan Calon/Anggota Tentara Nasional Indonesia atau Calon/Anggota Kepolisian Negara;
  • Tidak menjadi anggota dan atau pengurus partai politik;
  • Bersedia ditempatkan di wilayah tempat mendaftar;
  • Sanggup mengganti biaya pelaksanaan penerimaan sebesar Rp. 25.000.000,- (dua puluh lima juta) rupiah, apabila :
  1. dinyatakan lulus ujian tahap akhir dan telah mendaftar ulang tetapi mengundurkan diri dengan alasan apapun, atau
  2. mengundurkan diri setelah bekerja di BPS, dengan masa kerja kurang dari 5 (lima) tahun.

Demikian pernyataan ini saya buat dengan sesungguhnya, dan saya bersedia dituntut di muka pengadilan serta bersedia menerima segala tindakan yang diambil oleh pemerintah, apabila dikemudian hari terbukti pernyataaan ini tidak benar.

Medan, 27 April 2018,

Pembuat Pernyataan,

 

Santo Andi

Kesimpulan dan Pentingnya Surat Pernyataan Diri

Penggunaan surat pernyataan diri belakangan ini mungkin agak jarang kita dengar, namun sebenarnya masih banyak orang yang menggunakan surat pernyataan diri untuk meyakinkan pihak lain. Salah satunya adalah para calon karyawan untuk memenuhi peraturan dari kantor ataupun perusahaan.

Ketika melamar pekerjaan di salah satu perusahaan, mungkin saja pihak perusahaan membatasi bahwa orang yang sudah menikah tidak bisa bekerja di perusahaan tersebut. Untuk itu, pihak perusahaan akan menyuruh anda membuat surat pernyataan diri bahwa anda memang benar – benar belum menikah dan belum pernah menikah.

Jika anda ternyata mengisi surat pernyataan dengan informasi yang tidak sesuai dengan kenyataan, maka tentu ada resiko yang akan anda terima di kemudian hari jika ketahuan, seperti pemecatan dengan tidak hormat.

Selain itu, surat pernyataan diri juga seringkali dipergunakan untuk menyatakan kesanggupan. Misalnya saja ketika anda diterima bekerja di salah satu perusahaan, dan anda disuruh membuat surat pernyataan kesanggupan bekerja dengan sistem shift ataupun sanggup untuk bekerja lembur jika dibutuhkan. Jika anda ingkar dari pernyataan tersebut di kemudian hari, maka anda juga akan mendapatkan sanksi dari perusahaan.

Jadi, bisa dibayangkan betapa pentingnya penggunaan surat pernyataan diri terhadap penulis dan juga penerima surat tersebut. Penulis surat pernyataan diri akan mendapatkan kepercayaan dari pihak lain, sementara pihak penerima surat juga akan lebih yakin akan atas pernyataan yang anda berikan.

Continue Reading

More in Contoh Surat