Connect with us

Contoh Surat Resmi

Contoh Surat

15 Contoh Surat Pernyataan Belum Menikah Paling Lengkap

Contoh Surat Pernyataan Belum Menikah – Seiring dengan perkembangan zaman dan kecanggihan teknologi, penggunaan surat sebagai media komunikasi juga sudah semakin berkurang saat ini. Terlebih jika penggunaan surat untuk komunikasi pribadi, maka surat sudah sangat jarang kita temui.

Namun kendati demikian, masih ada beberapa contoh surat yang masih digunakan hingga sekarang, dan tujuannya adalah untuk kepentingan pribadi. Hanya saja keperluan surat tersebut mungkin karena dibutuhkan oleh pihak ketiga, namun demi kepentingan dari penulis surat. Salah satu contohnya adalah surat pernyataan belum menikah.

Contoh Surat Pernyataan Belum Menikah

Surat pernyataan merupakan surat yang ditulis oleh seseorang untuk menyatakan sesuatu hal mengenai dirnya dan dia bertanggung jawab atas isi dari pernyataan tersebut. Sedangkan contoh surat pernyataan belum menikah merupakan surat yang menyatakan kalau yang mendandatangani surat tersebut belum pernah menikah sebelumnya.

Nah, penulisan surat pernyataan belum menikah ini sangatlah mudah dan tidak jauh berbeda dengan penulisan surat pernyataan lainnya. Hanya saja penggunaan bahasanya harus sopan dan penulisan suratnya harus sesuai dengan ejaan yang disempurnakan.

Adapun contoh surat pernyataan belum menikah ini memiliki banyak tujuan, baik itu untuk melamar pekerjaan, melamar pendidikan, untuk menikah di KUA, maupun untuk keperluan lainnya. Berikut adalah beberapa contoh surat pernyataan belum menikah yang bisa anda jadikan sebagai bahan referensi dalam penulisan surat pernyataan belum menikah.

1. Contoh Surat Pernyataan Belum Menikah Untuk Calon Mahasiswa

Ketika anda mendaftar menjadi salah satu mahasiwa di salah satu kampus, maka mungkin saja pihak kampus tersebut tidak menerima orang yang sudah menikah. Maka dari itu, pihak kampus pun meminta anda untuk menulis surat pernyataan belum menikah dan bersedia bertanggung jawab atas pernyataan yang anda berikan.

SURAT PERNYATAAN BELUM MENIKAH

Yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama : Andi Pramana
Tempat/Tgl Lahir : Jakarta/20/09/1994
Jenis Kelamin : Laki – Laki
Agama : Islam
Pekerjaan : Mahasiswa
Alamat : Jl. Perjuangan No. 123, Jakarta

Dengan ini menyatakan sesungguhnya bahwa hingga surat pernyataan ini dikeluarkan saya benar – benar masih lajang atau belum pernah menikah dengan siapapun baik secara Hukum Adat, Hukum Agama, maupun Hukum Negara.

Demikian pernyataan ini saya buat dengan sejujurnya. Apabila di kemudian hari nanti terdapat sesuatu yang kurang sesuai dengan isi pernyataan ini, maka saya bersedia mempertanggungjawabkannya sesuai hukum yang berlaku dan bersedia di keluarkan dari kampus.

Jakarta, 07 Mei 2018,
Yang menyatakan,

 

Andi Pramana

2. Contoh Surat Pernyataan Belum Menikah Untuk Melamar Pekerjaan

Ketika anda melamar pekerjaan di salah satu perusahaan tertentu, maka mungkin saja perusahaan tersebut tidak mau menerima calon karyawan yang sudah menikah. Dan untuk membuktikan keterangan yang anda berikan kepada pihak perusahaan, maka anda pun diminta untuk menulis surat pernyataan belum menikah.

SURAT PERNYATAAN

Yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama ; Andi Pramana
Tempat/Tgl Lahir : Medan/20/09/1994
Jenis Kelamin : Laki – Laki
Agama ; Islam
Pekerjaan :
Alamat : Jl. Perkutut No. 123, Medan

Dengan ini menyatakan sesungguhnya bahwa hingga saat ini saya belum pernah menikah dengan siapapun atau masih berstatus lajang.

Demikian pernyataan ini saya buat dengan sejujurnya. Apabila di kemudian hari nanti terdapat sesuatu yang tidak sesuai dengan isi pernyataan ini, maka saya bersedia mempertanggungjawabkannya di hadapan hukum.

Medan, 07 Mei 2018,
Yang menyatakan,

 

Andi Pramana

3. Contoh Surat Pernyataan Belum Menikah untuk Mendaftar Taruna TNI

Mungkin anda sudah mengetahui persyaratan yang satu ini jika ingin mendaftar menjadi seorang anggota Taruna TNI. Salah satu syaratnya adalah belum pernah menikah. Jika anda memang belum pernah menikah dan berniat melanjutkan pendaftaran taruna TNI, maka anda bisa menulis surat pernyataan belum menikah seperti contoh di bawah ini.

SURAT PERNYATAAN

Yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama : Andi Pramana
Tempat/Tgl Lahir ; Jakarta/20/09/1994
Jenis Kelamin : Laki – Laki
NIK : 456348764876

Menyatakan dengan sebenar-benarnya bahwa saya sampai saat ini adalah lajang dan belum pernah menikah dengan siapapun baik secara Agama, hukum adat dan hukum negara. Surat ini saya perbuat untuk dipergunakan dalam melegkapi administrasi dan persyaratan mendaftar menjadi anggota taruna TNI.

Demikian surat pernyataan ini dibuat sesuai dengan keadaan yang sebenarnya, dan apabila surat pernyataan ini tidak sesuai, maka saya bersedia dituntut sesuai dengan undang-undang yang berlaku.

Jakarta, 07 Mei 2018,
Yang memberi pernyataan,

 

Andi Pramana

4. Contoh Surat Pernyataan Belum Menikah Secara Adat

Indonesia terdiri dari berbagai macam suku dan budaya. Hal ini tentu saja membuat setiap suku berbeda – beda, termasuk perihal pernikahan. Pernikahan pada suku tertentu bukan hanya dalam agama saja, namun juga secara adat. Jika anda memang belum pernah menikah secara adat, maka anda bisa menulis surat pernyataan belum menikah seperti contoh di bawah ini.

SURAT PERNYATAAN

Yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama : Andi Pramana
Tempat/Tgl Lahir : Semarang/20/09/1994
Kebangsaan : Indonesia
Agama : Islam
Pekerjaan : Wiraswasta
NIK : 646587868
Alamat : Jl. Pertempuran No. 123, Semarang

Menyatakan dengan sebenar-benarnya bahwa saya sampai saat ini belum pernah menikah dengan siapapun baik secara adat.

Demikian surat pernyataan ini telah saya buat sesuai dengan keadaan yang sebenarnya dan apabila surat pernyataan ini tidak sesuai, maka saya bersedia dituntut sesuai dengan undang-undang dan hukum yang berlaku.

Semarang, 07 Mei 2018,
Yang menyatakan,

 

Andi Pramana

5. Contoh Surat Pernyataan Belum Menikah dengan Singkat

Anda menulis surat pernyataan belum menikah tentu memiliki tujuan dan pihak yang ingin anda berikan pernyataan anda. Jika memang pihak tersebut tidak memberikan anda format surat pernyataan, maka anda bisa menulis surat pernyataan belum menikah dengan singkat, seperti contoh di bawah ini.

SURAT PERNYATAAN

Yang bertanda tangan di bawah ini, Andi Pramana yang beralamat di Jl. Hang Tuah No. 123, Medan, dengan ini menyatakan :

dengan sebenar-benarnya bahwa saya sampai saat ini belum pernah menikah dengan siapapun baik secara Hukum Agama, Hukum Adat, maupun Hukum Negara.

Demikian surat pernyataan ini saya buat dengan sebenarnya dalam keadaan sadar dan tanpa ada paksaan serta tekanan dari siapapun. Apabila di kemudian hari ternyata pernyataan ini tidak benar, maka saya siap dibawa kehadapan hukum.

Medan, 07 Mei 2018,
Yang Menyatakan,

 

Andi Pramana

6. Contoh Surat Pernyataan Belum Menikah Lengkap

Mungkin saja pihak yang meminta surat pernyataan belum menikah dari anda meminta anda untuk menulis data diri dengan lengkap pada surat pernyataan tersebut. Maka dari itu, anda bisa memberikan identitas diri sebanyak mungkin agar memberikan keyakinan lebih kepada pihak lain.

SURAT PERNYATAAN BELUM PERNAH MENIKAH

Yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama : Intan Permatasari
Bin/Binti : Haji Susilo
Tempat/Tgl Lahir : Yogyakarta/20/09/1994
Kebangsaan : Indonesia
Agama ; Islam
Pekerjaan : Wiraswasta
NIK : 456788754567
Alamat : Jl. Pertahanan No. 123, Yogyakarta

Menyatakan dengan sebenar-benarnya bahwa saya sampai saat ini belum pernah menikah dengan siapapun baik secara Adat, Hukum Agama, maupun Hukum Negara.

Demikian surat pernyataan ini saya buat dengan sebenarnya tanpa ada paksaan dari siapapun. Apabila di kemudian hari ternyata pernyataan ini tidak benar, maka saya siap dituntut sesuai dengan Hukum yang berlaku.

Yogyakarta, 07 Mei 2018,
Yang menyatakan,

 

Intan Permatasari

7. Contoh Surat Pernyataan Belum Menikah beserta Bukti

Dalam memberikan surat pernyataan belum menikah kepada orang lain, maka tentu anda harus membuat orang tersebut percaya dengan pernyataan yang anda berikan. Namun jika anda merasa kurang, maka anda bisa melampirkan bukti dari pernyataan yan anda berikan, seperti salah satu contoh adalan memberikan fotocopy kartu keluarga anda.

SURAT PERNYATAAN BELUM MENIKAH

Yang bertandatangan di bawah ini :

Nama : Andi Pramana
Jenis Kelamin : Laki – Laki
Kewarganegaraan : Indonesia
Tempat/Tgl Lahir : Madiun/20/09/1994
Agama : Islam
Alamat : Jl. Pertempuran No. 123, Madiun

Dengan ini menyatakan dengan sebenar-benarnya bahwa saya belum pernah menikah dengan siapapun baik secara hukum adat, agama, maupun negara. Hal tersebut dapat saya buktikan dengan surat keterangan belum menikah dari kelurahan Rawa laut kecamatan Madiun dan fotocopi kartu keluarga.

Demikian pernyataan ini saya tulis dengan sebenar-benarnya agar dapat dipergunakan sebagaimana mestinya. Jika dikemudian hari saya terbukti membuat keterangan palsu berkaitan dengan isi surat pernyataan ini maka saya siap menerima konsekuensi berdasarkan undang-undang yang berlaku.

Madiun, 07 Mei 2018,
Yang menyatakan,

 

Andi Permana

8. Contoh Surat Pernyataan Belum Menikah beserta Konsekuensi

Jika anda memberikan surat pernyataan belum menikah kepada pihak lain, maka tentu anda sudah bersedia dan bertanggung jawab atas isi dari surat tersebut. Seperti hal nya ketika anda melamar pekerjaan dan meminta anda untuk menulis surat pernyataan belum menikah. Namun tidak cukup begitu saja, mungkin saja pihak perusahaan akan menyuruh anda untuk menuliskan sanksi yang akan anda terima jika ternyata memberikan pernyataan yang salah.

CONTOH SURAT PERNYATAAN BELUM MENIKAH

Saya yang bertandatangan di bawah ini :

Nama : Intan Permatasari
No. Peserta : 345
NIK : 34563453
Tempat/Tgl Lahir : Malang/20/09/1994
Agama : Islam
Alamat : Jl. Pertempuran No. 123, Malang

Menyatakan bahwa benar belum pernah menikah. Jika dikemudian hari ditemukan bukti bahwa pernyataan ini tidak benar, saya bersedia menerima konsekuensi :

  1. Diberhentikan dari Perusahaan
  2. Mengganti biaya selama proses seleksi karyawan.

Demikian pernyataan ini dibuat dengan sebenarnya dan penuh kesadaran.

Malang, 07 Mei 2018,
Yang Menyatakan,

 

Intan Permatasari.

9. Contoh Surat Pernyataan Belum Menikah dari Orang Tua

Pada umumnya, surat pernyataan belum menikah memang ditanda tangani langsung oleh orang yang bersangkuta atau oleh orang yang memberikan pernyataan tersebut. Namun tidak selamanya demikian, anda juga bisa meminta tanda tangan dari orang tua anda yang menyatakan kalau anda belum pernah menikah.

CONTOH SURAT PERNYATAAN BELUM MENIKAH

Saya yang bertanda tangan di bawah ini, selaku orang tua dari :

Nama : Intan Permatasari
Tempat/Tgl Lahir : Magetan/20/09/1994
NIK : 57844353
Jenis Kelamin : Perempuan
Alamat : Jl. Pertemuan No. 123, Magetan

dengan ini menyatakan kalau anak kami dengan nama diatas sampai saat ini belum pernah menikah, baik secara adat maupun secara agama.

Demikian surat pernyataan ini kami perbuat tanpa paksaan dari pihak manapun, agar bisa dipergunakan sebagaimana mestinya. Jika di kemudian hari saya ternyata memberikan informasi yang tidak benar, maka kami bersedia untuk diproses secara hukum yang berlaku.

Magetan, 07 Mei 2018,
Yang Menyatakan,
Orang Tua yang bersangkutan,

 

Ahmad Subari

10. Contoh Surat Pernyataan Belum Menikah

Dalam berbagai hal, surat pernyataan belum menikah memang memiliki peranan yang sangat penting. Maka dari itu, anda tidak boleh sembarangan menulis surat pernyataan belum menikah, terlebih jika harus memberikan pernyataan yang tidak benar atau tidak sesuai dengan kenyataan.

SURAT PERNYATAAN BELUM MENIKAH

Yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama : Andi Pramana
Tempat/Tgl Lahir : Bandung/20/09/1994
Jenis Kelamin : Laki – Laki
NIK : 345678
Alamat : Jl. Perjuangan No. 123, Bandung

Menyatakan dengan sebenar-benarnya bahwa saya sampai saat ini adalah lajang dan belum pernah menikah dengan siapapun baik secara adat, hukum agama dan hukum negara.

Demikian surat pernyataan ini dibuat sesuai dengan keadaan yang sebenarnya, dan apabila surat pernyataan ini tidak benar, maka saya bersedia dituntut sesuai dengan undang-undang yang berlaku.

Bandung, 07 Mei 2018,
Yang menyatakan,

 

Andi Pramana

11. Contoh Surat Pernyataan Belum Menikah dari Kelurahan

Bagi anda yang ingin menulis surat pernyataan belum menikah dan ingin meyakinkan pihak lain, maka anda bisa meminta surat pernyataan belum menikah dari kelurahan tempat anda tinggal. Dengan kata lain, aparat atau pejabat kelurahan tersebutlah nantinya yang akan menandatangani surat pernyataan yang anda buat.

SURAT PERNYATAAN BELUM MENIKAH

Dengan surat ini, saya bermaksud untuk menerangkan seseorang yang beridentitas di bawah ini, status perkawinannya adalah BELUM MENIKAH. Berikut data-data nya sebagai berikut :

Nama : Intan Permatasari
NIK : 4567877565
Pekerjaan : PNS
Jenis Kelamin : Perempuan
Alamat ; Jl. Pertempuran No. 123, Bandung

Demikianlah surat keterangan belum menikah ini dibuat. Semoga dapat digunakan dengan sebaik-baiknya. Atas perhatiannya, saya ucapkan terima kasih.

Bandung, 07 Mei 2018,

Mengetahui,
Lurah Mekarsari, Bandung,

 

Ahmad Subari

12. Contoh Surat Pernyataan Belum Menikah Untuk Bintara Polisi

Ketika anda ingin mendaftar menjadi Bintara Polisi, maka syarat yang tidak boleh anda lewatkan adalah surat pernyataan belum menikah. Hal ini memang sudah menjadi peraturan yang tidak bisa diganggu gugat, dimana orang yang sudah menikah tidak bisa lagi mendaftar sebagai bintara polisi.

SURAT PERNYATAAN BELUM MENIKAH

Saya yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama : Andi Pramana
NIK : 5673648758
Tempat/Tgl Lahir : Makassar/20/09/1994
Jenis Kelamin : Laki – Laki
Kewarganegaraan : Indonesia
Agama : Islam
Pekerjaan :
Alamat : Jl. Pertukangan No. 123, Makassar

menyatakan dengan sesungguhnya bahwa saya belum pernah menikah. Jika di kemudian hari saya diketahui memberikan keterangan yang salah, maka saya bersedia untuk di keluarkan dari bintara polisi selama menjalani masa pendidikan maupun setelah selesai pendidikan/

Demikian surat pernyataan ini saya perbuat dengan sesungguhnya dan tanpa ada paksaan dari pihak manapun.

Makassar, 07 Mei 2018,
Yang Menyatakan,

 

Andi Pramana

13. Contoh Surat Pernyataan Belum Menikah dan Sanggup untuk Tidak Menikah

Sanggup tidak menikah berarti sanggup untuk tidak menikah selama jangka waktu tertentu yang sudah disepakati atau sudah ditentukan sebelumnya. Hal ini mungkin saja berlaku bagi orang – orang yang menjalani suatu program seperti program Pendidikan Profesi Guru. Jika anda mengikuti program demikian, maka anda bisa menulis surat pernyataan belum menikah dan sanggup untuk tidak menikah dalam jangka waktu tertentu seperti contoh di bawah ini.

SURAT PERNYATAAN
BELUM MENIKAH DAN SANGGUP TIDAK MENIKAH SELAMA MENGIKUTI
PROGRAM PPG PRAJABATAN BERSUBSIDI

Yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama : Intan Permatasari
Tempat/Tgl Lahir : Semarang/20/09/1994
Jenis Kelamin : Perempuan
Agama : Islam
NIK : 3456778
Alamat : Jl. Perkutut No. 123, Semarang

menyatakan dengan sesungguhnya bahwa saya belum menikah dan tidak akan menikah selama mengikuti program Pendidikan Profesi Guru (PPG) Prajabatan Bersubsidi tahun 2017.

Pernyataan ini saya buat dengan penuh kesadaran dan tanggung jawab tanpa paksaan dari pihak mana pun. Apabila suatu saat terbukti pernyataan yang saya buat tidak benar, saya bersedia menerima sanksi sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

Semarang, 07 Mei 2018,
Yang Menyatakan,

 

Intan Permatasari

14. Contoh Surat Pernyataan Belum Menikah untuk KUA

Jika anda ingin melaksanakan pernikahan dan pergi mendaftar ke Kantor Urusan Agama (KUA), maka mungkin saja anda akan dimintai pernyataan terlebih dahulu. Pihak KUA tersbut perlu memastikan kalau anda belum pernah menikah sebelumnya di seluruh wilayah negara Republik Indonesia. Untuk itu, maka anda pun akan diminta untuk menulis surat pernyataan belum menikah seperti contoh di bawah ini.

SURAT PERNYATAAN BELUM PERNAH NIKAH

Yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama : Intan Permatasari
Jenis Kelamin : Perempuan
Tempat/Tgl Lahir : Tangerang/20/09/1994
Kewarganegaraan : Indonesia
Agama : Islam
Pekerjaan : PNS
Alamat : Jl. Tengkulak No. 123, Tangerang

Menyatakan  dengan  sesungguhnya  bahwa  sampai  saat  ini saya belum  pernah menikah kepada siapapun juga, baik resmi maupun tidak resmi dan masih bersatus perawan.

Demikian pernyataan ini saya buat  dengan  sebenar-benarnya. Bila di kemudian hari pernyataan  ini  tidak  benar atau  palsu,  saya  bersedia  dituntut sesuai hukum yang berlaku.

Tangerang, 07 Mei 2018,
Yang Menyatakan,

 

Intan Permatasari

15. Contoh Surat Pernyataan Belum Menikah Bentuk Format

Jika diatas sudah terdapat beberapa contoh surat pernyataan belum menikah yang diisi langsung, maka kali ini adalah surat pernyataan belum menikah yang masih kosong dan masih dalam bentuk format. Bagi anda yang ingin menulis surat pernyataan dengan cepat, maka anda bisa copy dan pastekan di microsoft word untuk selanjutnya diisi dengan data diri anda sendiri.

SURAT PERNYATAAN BELUM MENIKAH

Yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama :
Jenis Kelamin :
Tempat/Tgl Lahir :
Agama :
Kewarganegaraan :
Pekerjaan :
NIK :
Alamat :

Menyatakan dengan sebenar-benarnya bahwa saya sampai saat ini belum pernah menikah dengan siapapun baik secara Hukum Agama, Hukum Adat, maupun Hukum Negara.

Demikian surat pernyataan ini saya buat dengan sebenarnya dalam keadaan sadar dan tanpa ada paksaan serta tekanan dari siapapun. Apabila di kemudian hari ternyata pernyataan ini tidak benar, maka saya siap dibawa kehadapan hukum.

(Nama Kota), (Tanggal Penulisan Surat),
Yang Menyatakan,

 

(Nama Anda)

Kesimpulan dan Pentingnya Surat Pernyataan Belum Menikah

Surat pernyataan belum menikah memang masih sangat sering digunakan hingga saat ini. Tidak bisa dipungkiri kalau banyak pihak yang mungkin tidak cukup mendengar pernyataan secara lisan dari anda, makanya harus membuat pernyataan dengan tertulis.

Dengan membuat pernyataan belum menikah secara tertulis, maka pernyataan anda tersebut otomatis memiliki kekuatan hukum. Dan jika suatu hari terbukti anda memberikan informasi yang tidak benar dalam contoh surat pernyataan belum menikah yang anda buat, maka tentu anda akan menerima resiko dan akibatnya.

Salah satu contoh adalah ketika anda melamar pekerjaan dan pihak perusahaan tidak mau menerima pelamar kerja yang sudah menikah. Jika anda memang belum menikah, maka anda bisa melamar di perusahaan tersebut dan membuat surat pernyataan belum menikah.

Namun sebaliknya jika anda sudah menikah, maka urungkan niat anda untuk menulis pernyataan yang tidak sesuai dengan kenyataan. Jika di kemudian hari anda ketahuan berbohong dan membuat pernyataan yang tidak sesuai dengan kenyataan, maka tentu saja anda akan menerima resiko dari pihak perusahaan, misalnya dipecat dengan tidak hormat dan tanpa pesangon.

Perlu anda ketahui kalau surat bisa dijadikan sebagai alat bukti yang sah dan memiliki bukti fisik. Hal ini lah yang menjadikan banyak pihak mungkin saja meminta contoh surat pernyataan belum menikah dari anda. Jika suatu hari anda ketahuan memberi pernyataan yang salah, maka mereka akan memiliki bukti atas kebohongan yang sudah anda buat dan berhak memberikan sanksi terhadap anda.

Continue Reading

More in Contoh Surat