Connect with us

Contoh Surat Resmi

Contoh Surat

15 Contoh Surat Permohonan Izin, Bantuan Dana, Kerjasama, dan Lainnya

Contoh Surat Permohonan – Pada umumnya, surat permohonan dibuat ketika kita sedang merencanakan sebuah kegiatan. Dari sini bisa kita simpulkan jika surat permohonan itu merupakan surat yang dibuat dengan tujuan untuk meminta bantuan, permohonan izin, dan permohonan lainnya. Contoh surat permohonan ini biasanya digunakan oleh perusahaan, instansi pemerintahan, lembaga, dan juga perseorangan.

Surat permohonan bisa dalam bentuk resmi dan juga bentuk tidak resmi. Hal ini tergantung kepada isi dan pembuat dari surat permohonan tersebut. Jika surat permohonannya dibuat oleh perusahaan, instansi, dan juga lembaga, maka disebut dengan surat permohonan resmi.

Namun sebaliknya jika surat tersebut dibuat oleh perseorangan, bisa jadi surat tersebut merupakan surat permohonan resmi, namun juga bisa jadi merupakan surat permohonan tidak resmi. Hal ini bergantung kepada isi dari surat permohonan tersebut.

Contoh Surat Permohonan

Ada banyak jenis dan contoh surat permohonan, yang pada umumnya memiliki tujuan yang sama. Penggunaan bahasa dan kalimat dari surat permohonan juga harus sesuai dengan ejaan yang disempurnakan dan merupakan kalimat baku. Dengan demikian, maka isi dari surat permohonan akan bisa tersampaikan dengan baik dan tepat sasaran.

Membuat surat permohonan sebenarnya tidaklah susah. Namun, jika anda masih bingung dengan contoh – contoh dari surat permohonan, maka beberapa contoh berikut ini mungkin akan berguna bagi anda sebagai bahan referensi.

1. Contoh Surat Permohonan Izin Kegiatan

Jika kita ingin melakukan sebuah kegiatan, maka ada baiknya kita membuat surat permohonan izin terlebih dahulu. Hal ini bertujuan agar tidak terjadi hal – hal yang tidak diinginkan ketika kegiatan tersebut sudah kita mulai. Mungkin saja masyarakat akan menganggap bahwa kegiatan yang kita lakukan malah mengganggu mereka, karena sebelumnya tidak memhon izin terlebih dahulu.

Bandung, 15 Februari 2018

Hal. : Permohonan Ijin Pertandingan Futsal

Kepada Yth. Ketua RW 008
Di Tempat

Dengan Hormat,

Dalam rangka merespon banyaknya peminat olahraga futsal di kalangan anak muda saat ini, Kami pengurus Ormas Pemuda RW 008 bermaksud akan mengadakan beberapa kegiatan pertandingan futsal antar klub untuk menjalin silaturahmi sekaligus menyalurkan hoby dan minat di bidang olahraga futsal. Pertandingan ini pembukaannya akan diadakan pada :

Hari : Senin
Tanggal : 19 Februari 2018
Waktu : Pukul 08.00 – Selesai
Tempat : Gedung Olahraga RW 008

Berhubungan dengan kegiatan ini, kami selaku panitia pelaksana bermaksud meminta ijin dan persetujuan untuk menggunakan gedung tersebut.

Demikian surat permohonan ini kami buat, atas perhatian dan ijin yang diberikan kami ucapkan banyak terimakasih.

Tertanda,
Ketua Panitia Kegiatan,

 

Abdul Malik

2. Contoh Surat Permohonan Bantuan Dana

Ketika anda hendak membangun sebuah bangunan yang berguna untuk kepentingan masyarakat umum, maka tidak ada salahnya kalau anda memohon bantuan dari orang lain. Misalnya saja anda merupakan panitia pembangunan mesjid atau pantia renovasi masjid, maka anda bisa membuat surat permohonan bantuan yang diserahkan kepada masyarakat setempat atau pejabat setempat.

PANITIA PEMBANGUNAN MASJID Al AMRI
Jl. Penghibur No. 12, Pettarani, Kota Makassar
=================================================================

Sekretariat : Jl. Penghibur NO. 12, RT 008 Rw 007 Kec. Pettarani, Makassar

No : 03 / PP/ III/2018
Lampiran : 1 Lembar
Hal: Permohonan Bantuan Dana

Kepada Yth.,
Bapak/Ibu Camat Pettarani
Di
Makassar

Assalamu’alaikum. Warahmatullahi Wabarakatuh,

Semoga saja Bapak / Ibu Camat selalu sehat wal’afiat dengan lindungan Allah SWT dalam menjalankan aktifitas sehari-hari.

Sehubungan dengan rencana rehab Masjid Al AMRI yang berada di Jl. Penghibur No. 12, Pettarani, Kota Makassar yang Insya Allah akan dimulai pada :

Hari : Senin
Tanggal : 19 Februari 2018
Tempat : Masjid Al -Amri Jl. Penghibur No. 12 Pettarani

Kami selaku Panitia Pembangunan Masjid Al AMRI mengharapkan Bapak / Ibu Camat dapat memberikan bantuan dana pembangunan demi kelancaran pelaksanaan rehabilitasi Masjid dengan harapan dapat menambah kekhusyukan dan kenyamanan beribadah.

Demikian surat permohonan ini kami sampaikan, semoga Allah SWT selalu meridhoi niat kita semua. Amin. Dan Atas perhatian dan dikabulkannya permohonan ini kami mengucapkan banyak terimakasih.

Makassar, 15 Februari 2018,
Ketua Panitia,

 

Abdul Malik

3. Contoh Surat Permohonan Dana

Bukan hanya untuk pembangunan, namun anda juga bisa memberikan surat permohonan bantuan dana kepada orang lain ketika sedang mengadakan reuni misalnya. Surat permohonan dengan sopan tentu akan mendapatkan respon yang lebih baik dibandingkan dengan memohon secara lisan. Jika anda sedang merencanakan sebuah kegiatan dan berniat membuat surat permohonan dana, maka anda bisa membuat surat permohonan dana seperti berikut ini.

Bismillahirrahmaanirrahiim

Bandung,   15 Februari 2018
Muharram 1439 H

Nomor : 132/RA/Eks/SSG-LS-YYSDT/X/2018
Hal  : Permohonan Bantuan Dana
Lampiran  : Proposal

Kepada YKH,
Direktur PT. Carrefour Indonesia
Di Tempat

Assalaamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakaatuh

Semoga Allah yang Maha Pemurah dan Maha Penyayang meridhoi semua yang akan kita lakukan dan kita semua dimasukkan dalam golongan orang–orang yang senantiasa mendapatkan petunjuk Nya, Aamiin.

Sehubungan dengan akan diselenggarakannya kegiatan Reuni Santri Siap Guna Daarut Tauhiid Tahun 2018 “Khidmat Untuk Umat” (Merupakan Rangkaian Milad DT Ke 28), yang diadakan oleh Santri Siap Guna Daarut Tauhiid pada :

Hari/Tanggal : Senin/19 Februari 2018
Waktu : Pukul 08.00 – Selesai
Tempat : Masjid Agung Bandung

Untuk itu, melalui surat ini dengan hormat kami mengajukan permohonan bantuan dana dari instansi yang Bapak/Ibu  pimpin.   Sebagai   bahan   pertimbangan   Bapak/Ibu,   kami   lampirkan  1   (satu)  berkas   proposal mengenai bentuk kerja sama yang kami tawarkan beserta gambaran kegiatan tersebut di atas.

Demikianlah surat permohonan ini kami buat. Atas perhatian dan kerjasamanya kami ucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya. Jazaakumullahukhairan katsiraa.

Billaahi fii sabiilil haq

Wassalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakaatuh

Panitia,

 

Abdul Malik

4. Contoh Surat Permohonan Izin Tidak Masuk Kuliah

Ketika anda kuliah dan harus mengikuti mata kuliah tertentu, maka seharusnya anda memang menghadiri kuliah tersebut. Namun dikarenakan satu dan lain hal, mungkin saja anda akan berhalangan untuk hadir. Nah, jika sudah demikian, maka anda bisa membuat surat permohonan izin tidak masuk kuliah, seperti pada contoh berikut ini.

DEPARTEMEN PENDIDIKAN NASIONAL
UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR
FAKULTAS MATEMATIKA DAN ILMU PENGETAHUAN ALAM
Alamat. Kampus Parang Tambung, Jl. Dg. Tata Raya É (0411) 864 936, Fax. 872594 Makassar

 

Kepada,

Yth. Bapak Drs. Sulaiman Zhiddiq, M.Si
Dosen Pengampuh Mata Kuliah Penggunaan Peta dan
Mata Kuliah Penginderaan Jauh Dasae
di –
tempat

Assalamu’alaikumWr. Wb.

Segala puji hanya bagi Allah Subhanahu Wata’ala. Sholawat serta salam selalu kita curahkan kepada Rasulullah SAW dan juga kepada keluarga dan sahabatnya.

Sehubungan dengan akan diadakannya kegiatan PRAKTEK LAPANGAN MATA KULIAH OCEANOGRAFI yang insya Allah dilaksanakan pada :

Waktu : Senin – Selasa/19 – 20 Februari 2018
Pukul : 09.00 – Selesai
Tempat : Punaga, Kab. Takalar

Maka dengan ini saya :

Nama : Teddy Bear
Mahasiswa : Program Studi Geografi
Angkatan : 2016

Untuk tidak mengikuti kuliah sebagaimana mestinya dikarenakan akan melaksanakan praktek lapang tersebut.

Demikian surat ini saya buat, semoga Bapak/Ibu dapat memaklumi dan berkenan memenuhi permohonan ini. Atas segala bantuan dan kerjasamanya saya ucapkan terimakasih.

Wassalamu’alaikumWr. Wb.

Makassar, 15 Februari 2

Hormat Saya,

 

Teddy Bear

5. Contoh Surat Permohonan Beasiswa

Jika anda merupakan seorang mahasiswa yang berprestasi ataupun seorang mahasiswa yang berasal dari keluarga kurang mampu, maka tidak ada salahnya bagi anda untuk mengajukan permohonan beasiswa di universitas anda. Anda hanya perlu menambahkan atau melampirkan beberapa persyaratan yang sekiranya dibutuhkan dan membuat surat permohonan seperti di bawah ini.

SURAT PERMOHONAN

Kepada:
Yth. Dr. Riesta Primaharinastiti, S.Si., M.Si., Apt
Wakil Dekan I Fakultas Farmasi Universitas Airlangga
Surabaya

Dengan hormat,

Saya yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama : Andini Putri
NIM : 051411131137
Semester : 6 (enam)
Jurusan : S1 Pendidikan Apoteker
Fakultas : Fakultas Farmasi
Tempat/Tgl Lahir : Jakarta/20/09/1997
Alamat : Jl. D.I Panjaitan No. 123 Sidoarjo

Dengan ini mengajukan permohonan kepada Ibu untuk dapat diusulkan penerima Beasiswa PPA (Peningkatan Prestasi Akademik)

Sebagai pertimbangan, bersama ini saya lampirkan persyaratan sebagai berikut :

  1. Perincian gaji orang tua dari Bendahara Gaji (Swasta/PNS) ATAU Surat Keterangan Penghasilan yang telah disahkan oleh pejabat setempat
  2. Surat pernyataan sedang tidak menerima beasiswa dari sumber lain
  3. Foto copy KTP, KTM (2 lembar) dan Kartu Keluarga
  4. Foto copy KHS semester ganjil TA. 2017/2018 sebanyak 2 (dua) lembar
  5. Foto berwarna ukuran 3×4
  6. Foto copy rekening Bank BRI Pribadi sebanyak 2 (dua) lembar

Adapun beasiswa tersebut saya pergunakan untuk menunjang kelancaran saya menyelesaikan pendidikan saya di Fakultas Farmasi Universitas Airlangga, Surabaya.

Demikian surat permohonan beasiswa ini saya buat, atas perhatian dan bantuan Ibu saya mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya.

Hormat Saya,

 

Andini Putri

6. Contoh Surat Permohonan Magang

Jika anda merupakan seorang mahasiswa tingkat akhir, maka tentu anda harus melaksanakan program magang sebagai salah satu persyaratan untuk bisa lulus. Nah, sebelum magang di sebuah kantor atau instansi, maka anda bisa membuat surat permohonan terlebih dahulu, seperti pada contoh di bawah ini.

PEMERINTAH PROVINSI KALIMANTAN SELATAN
DINAS PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN
SMK NEGERI 2 KOTABARU
Jl.Raya Stagen Km.11,5 Desa Stagen RT.05 Kab.Kotabaru

Kotabaru, 15 Februari 2018

Nomor    :  421.5/  012  – MN  / SMKN 2 KTB / 2018
Lampiran : 2 Lembar
Hal          : Permohonan Praktik Kerja Industri

Kepada Yth.
Pimpinan Bengkel Bang Jun
di Kotabaru

Dengan Hormat,

Berdasarkan Keputusan Menteri Pendidikan RI No. 323 / U / 1997 tentang penyelenggaraan Pendidikan Sistem Ganda (PSG) pada Sekolah Menengah Kejuruan di Dunia Usaha dan Dunia Industri (DUDI), SMK Negeri 2 Kotabaru mengadakan kegiatan Praktik Kerja Industri (PRAKERIN) tahun pelajaran 2016/2017. Kegiatan Praktik Kerja Industri, yang termasuk dalam model Pendidikan Sistem Ganda (Dual System Learning), akan dilaksanakan selama 3 (tiga) bulan, yaitu terhitung dari tanggal 19 Maret 2018 s.d 13 April 2018.

Sehubungan dengan hal tersebut, kami sangat mengharap partisipasi Bapak/Ibu/Saudara untuk ikut serta memperlancar agenda rutin SMK Negeri 2 Kotabaru tersebut dengan bersedia menerima peserta didik kami untuk melakukan praktik di perusahaan yang Bapak/Ibu/Saudara pimpin. Jumlah peserta yang mengikuti kegiatan Praktik Kerja Industri tersebut sebanyak 102 siswa dan 36 siswi. Kami berharap Bapak/Ibu/Saudara dapat menerima beberapa orang siswa kami untuk melakukan praktik di perusahaan Bapak/Ibu/Saudara.

Kami juga melampirkan data siswa siswi kami yang ingin sekali melaksanakan Prakerin di perusahaan yang Bapak pimpin dan formulir surat balasan kesediaan menerima Prakerin.

Demikian surat ini disampaikan, atas perhatian dan kerjasamanya kami sampaikan terima kasih.

Hormat Kami,
Ketua Prakerin,

 

Abdul Malik

7. Contoh Surat Permohonan Perbaikan Nama

Manusia tentu tidak ada yang sempurna. Jadi, wajar saja jika terdapat kesalahan yang dilakukan oleh seseorang, seperti kesalahan pengetikan nama dalam akte lahir. Jika anda mendapati hal yang demikian, maka anda bisa mengajukan surat permohonan untuk perbaikan nama tersebut. Anda bisa menggunakan konsep atau contoh surat di bawah ini.

Balikpapan, 18 Februari 2018

Kepada Yth,
Ketua Pengadilan Negeri Balikpapan
Di-
BALIKPAPAN

 

Perihal : Permohonan Perbaikan Nama Pemohon di dalam Akta Kelahiran Anak

 

Dengan Hormat,

Perkenalkanlah saya yang bertanda tangan dibawah ini :

Nama : Abdul Malik
Tempat/Tgl Lahir : Balikpapan/20/09/1986
Agama : Islam
Pekerjaan : Karyawan Swasta
Alamat : Jl. Niaga Raya No. 123 Balikpapan

Selanjutnya disebut sebagai PEMOHON;

Dengan ini mengajukan permohonan kepada Bapak dengan alasan-alasan sebagai berikut :

  • Bahwa dan dari pernikahan tersebut Pemohon dan isteri Pemohon dikaruniai 2 (dua) orang anak dan anak Kami yang pertama jenis kelamin laki-laki kami beri nama MUHAMMAD RAIHAN ABQORY Lahir di Jember 27 Juli 2013 sesuai dengan kutipan Akta Kelahiran Nomor : 3509-LU-05102013-0187 yang diterbitkan oleh kepala kantor Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Jember tanggal 9 Oktober 2013;
  • Bahwa mengenai nama Pemohon yang tertera didalam Kutipan Akta Kelahiran anak Pemohon tersebut terdapat kekeliruan penulisan yaitu tertulis ABDUL MALLIK padahal yang sebenarnya nama Pemohon adalah ABDUL MALIK sebagaimana yang tertera didalam Kutipan Akta Kelahiran Pemohon
  • Bahwa baru baru ini Pemohon datang ke kantor Dinas Kependudukan Dan Catatan Sipil untuk memperbaiki penulisan nama Pemohon yang tercantum didalam Kutipan Akta Kelahiran Anak Pemohon tersebut yaitu dari yang tertulis ABDUL MALLIK menjadi ABDUL MALIK namun di jelaskan oleh pegawai kantor tersebut untuk memperbaiki nama Pemohon tidak dapat di lakukan begitu saja terlebih dahulu harus ada penetapan dari Pengadilan Negeri Balikpapan;

Berdasarkan alasan-alasan Pemohon tersebut di atas, bersama ini pemohon memohon kepada Bapak Ketua Pengadilan Negeri Balikpapan kiranya berkenan mengabulkan permohonan pemohon dengan memberikan penetapan sebagai berikut :

  1. Memberikan ijin kepada Pemohon untuk memperbaiki penulisan nama Pemohon yang tertera di dalam kutipan Akte Kelahiran anak Pemohon Nomor: 3509-LU-05102013-0187 Tertanggal 9 Oktober 2013 yaitu dari ABDUL MALLIK menjadi ABDUL MALIK
  2. Membebankan biaya permohonan ini kepada Pemohon;

Demikian  permohonan ini pemohon ajukan kepada Bapak, atas perhatiannya dan bantuannya kami ucapkan terima kasih.

Hormat Kami,
Pemohon,

 

Abdul Malik

8. Contoh Surat Permohonan Pindah Tugas

Berpindah tugas dari satu tempat ke tempat yang lain sudah merupakan hal yang biasa, terutama untuk seorang PNS. Pemindahan tersebut terkadang dikarenakan perintah dari atasan, namun juga karena kemauan sendiri. Nah, jika anda ingin pindah tugas atas kemauan sendiri, tentu tidak bisa pindah begitu saja. Setidaknya anda harus membuat surat permohonan terlebih dahulu, seperti pada contoh di bawah ini.

Kepada Yth :
Bapak Bupati Indragiri Hilir
C.q Kepala Badan Kepegawaian Daerah
Kabupaten Indragiri Hilir
di-
Tembilahan

 

Perihal: Permohonan Pindah Tugas   

 

Dengan Hormat,

Yang bertanda tangan dibawah ini :

Nama : Niken Srikandi. S. Si
NIP : 985397539757835
Tempat/Tgl Lahir : Tembilahan/20/09/1989
Jabatan/Golongan : Penata Muda/ III B
Jabatan : Sekretaris Kelurahan Tembilahan Hilir
Jenis Kelamin : Perempuan
Status : Menikah
Telp. : 085383757853

Dengan ini mengajukan permohonan pindah tugas dari pemerintah kabupaten Indragiri hilir ke pemerintah Indragiri hulu, dengan alasan :

  1. Untuk menambah wawasan saya dalam pelaksanaan tugas sebagai PNS Dan sebagai bahan pertimbangan bagi Bapak/Ibu, Saya Lampirkan :
  2. Surat Permohonan Pindah Tugas
  3. Surat Persetujuan Menerima Dari Instansi Yang Dituju
  4. Foto Copy SK CPNS/PNS
  5. Foto Copy SK Pangkat
  6. Foto Copy Jabatan
  7. Foto Copy Karpeg
  8. Foto Copy NPWP
  9. Foto Copy KTP
  10. Foto Copy Ijazah/ LPJ/Diklat Pim IV
  11. Surat Pernyataan Tidak Ada Permasalahan Dari Hasil Pemeriksaan Inspektorat Kab Inhil
  12. Surat Keterangan Tidak Sedang Dalam Menjalani Tugas Belajar Dan Ikatan Dinas
  13. Surat Keterangan Tidak Mempunyai Hutang Piutang Dengan Pihak Bank Dan Pihak Lainnya Terkait Urusan Dinas
  14. Surat Pernyataan Tidak Pernah Dijatuhi Hukuman Disiplin Tingkat Sedang/Berat
  15. Surat Rekomendasi dari Lurah
  16. Surat Rekomendasi dari Camat
  17. DP3 2 Tahun Terakhir
  18. Daftar Riwayat Hidup (DRH)

Besar harapan saya kiranya Bapak/Ibu dapat memberikan Rekomendasi pindah tugas yang dimaksud.

Demikian Permohonan ini saya buat, atas perhatian Bapak/Ibu saya ucapkan terimaksih.

Hormat Saya,
Pemohon,

 

Niken Srikandi, S. Si

9. Contoh Surat Permohonan Sponsor

Anda tentu sudah tahu kalau nafas dari berbagai acara di dunia ini adalah sponsor. Ya, walaupun memang kita harus memberikan atau berbuat sesuatu hal kepada sponsor, namun keberadaan sponsor sangatlah diperlukan. Maka, jika anda ingin mendapatkan sponsor atas hal atau acara yang anda lakukan, anda bisa membuat surat permohonan sponsor seperti pada contoh di bawah ini.

Bogor, 15 Februari 2018

Nomor             : 168/09/RSUMMI/Prmhn/VI/2018
Lampiran         : 1 (satu) Proposal
Perihal             : Permohonan Sponsorship

Kepada Yth.
Pimpinan PT Kalbe Farma Tbk
di
Tempat

Dengan hormat,

Sehubungan dengan adanya perubahan status RSIA UMMI menjadi Rumah Sakit Umum pada awal tahun ini, maka RS UMMI mempunyai komitmen untuk bisa memberikan pelayanan medis yang lebih luas kepada masyarakat umum, salah satunya yaitu dengan menambah Poliklinik Kulit dan Kecantikan. Tujuan dari membuka poliklinik ini dikarenakan melihat tren di masyarakat khususnya kaum wanita yang lebih peduli terhadap penampilan, khususnya kecantikan. Maka dari itu, RS UMMI mencoba membentuk tim untuk menyelenggarakan seminar umum tentang kulit dan kecantikan sebagai bentuk promosi dari dibukanya Poliklinik Kulit dan Kecantikan dengan narasumber dr. Adelia Wulandari, Sp.KK sebagai dokter spesialis kulit dan kecantikan RS UMMI. Tema yang diangkat dalam kegiatan seminar ini adalah “Kulit Sehat”.

Sehubungan dengan hal tersebut dan sebagai dukungan demi terlaksananya acara Seminar Awam, kami mohon kesediaan Perusahaan Bapak/Ibu untuk berpartisipasi sebagai sponsor/donator. Proposal Sponsorship kami lampirkan dalam surat ini. Pembayaran untuk sponsorship dapat di transfer melalui :

No. Rekening : 3782782376
Atas Nama : RSIA UMMI
Nama Bank : Bank BRI Cabang Bogor

Konfirmasi untuk berpartisipasi, mohon dapat menghubungi Telp. 0341 – 8341600 (Hunting) Fax. 0251-8341606 UP. Resty (08561422558) atau e-mail: [email protected]

Atas perhatian dan kerjasamanya, kami ucapkan terima kasih.

Hormat Kami,
Pemohon,

 

Abdul Malik

10. Contoh Surat Permohonan Izin Tidak Masuk Sekolah

Jika anda berhalangan dan tidak bisa masuk sekolah, maka anda sebaiknya membuat surat permohonan izin tidak masuk sekolah. Hal ini berguna untuk menghindarkan anda dari hukuman yang mungkin akan diberikan kepada siswa yang absen tanpa pemberitahuan. Berikut adalah salah satu surat permohonan izin tidak masuk sekolah.

Banyuwangi, 15 Februari 2018

 

Kepada Yth.
Bapak/Ibu Guru Wali Kelas I
SMK Negeri 1 Banyuwangi

Dengan hormat,

Dengan ini kami orang tua/wali murid dari :

Nama : Anton Surya
Siswa : Kelas I SMK Negeri 1 Banyuwangi
Alamat : Jl. Diponegoro No. 123 Banyuwangi

Memberitahukan bahwa anak kami tidak dapat mengikuti pelajaran seperti biasa pada hari ini, Kamis, 15 Februari 2018 dikarenakan sakit demam berdarah yang mengharuskannya istirahat total. Oleh karena itu, sudilah kiranya Bapak/Ibu Guru Wali Kelas I memberikan izin.

Demikian surat izin yang kami buat, atas pemberian izin dan kebijaksanaan Bapak/Ibu Guru Wali Kelas saya ucapkan banyak terima kasih.

Hormat Saya,
Orang Tua Siswa/Wali

 

Abdul Malik

11. Contoh Surat Permohonan Pindah Sekolah

Dikarenakan satu dan lain hal, mungkin saja anda harus pindah sekolah dan meninggalkan sekolah anda yang sekarang. Hal ini mungkin saja diakibatkan oleh orang tua anda yang pindah tugas ke kota lain dan anda tidak mungkin ditinggal sendiri untuk melanjutkan sekolah. Untuk itu, maka anda bisa membuat surat permohonan pindah sekolah dan berikan kepada pihak sekolah anda.

SURAT PERMOHONAN PINDAH SEKOLAH

Yogyakarta, 15 Februari 2018

Kepada Yth.
Kepala sekolah SMA NEGERI 1 YOGYAKARTA
di tempa

Perihal : Permohonan Pindah Sekolah

Dengan hormat,

Yang bertanda tangan di bawah ini, saya orang tua/wali murid dari :

Nama : Muhammad Fiziq
Tempat/Tgl Lahir : Bantul/20/09/1999
Sekolah Asal : SMA Negeri 1 Yogyakarta
Kelas : XI ( Sebelas)
Nomor Induk : 78789853

Dengan ini mengajukan permohonan pindah sekolah dari SMA NEGERI 1 YOGYAKARTA untuk masuk ke SMA NEGERI 3 SEMARANG. Hal tersebut dikarenakan tuntutan tugas dari orang tua yang harus pindah tugas ke Semarang, sehingga lokasi sekolah lebih dekat dengan tempat tinggal.

Demikian surat permohonan ini kami buat. Besar harapan kami sekolah memberikan izin atas permohonan ini. Atas perhatiannya kami ucapkan terima kasih.

Hormat Saya,
Orang Tua Siswa,

 

Abdul Malik

12. Contoh Surat Permohonan Maaf

Kesalahan adalah hal yang manusiawi karena memang tidak ada manusia yang sempurna. Begitu juga dengan pihak perusahaan, mungkin saja melakukan kesalahan yang fatal dan mengharuskan mereka minta maaf kepada orang atai pihak yang bersangkutan. Salah satu contoh adalah karena kesalahan pengiriman barang. Maka dari itu, anda bisa membuat surat permohonan maaf, seperti pada contoh berikut ini.

SURAT PERMOHONAN MAAF

Jakarta, 15 Februari 2018

 

Kepada
Yth. Pimpinan PT. AMAN SENTOSA
Di Tempat

Dengan hormat,

Melalui surat ini, kami yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama : Santi Inah
Jabatan : Pimpinan PT. Makmur Jaya

Bermaksud untuk menyampaikan permohonan maaf kepada pimpinan PT AMAN SENTOSA atas kekeliruan pengiriman barang yang terjadi pada tanggal 10 September 2013 lalu. Kekeliruan tersebut murni atas kesalahan pihak perusahaan kami dan akan kami pertangungjawabkan seluruh kekeliruan tersebut. Untuk mekanisme pertangungjawaban akan kami sampaikan lebih lanjut melalui email toko saudara

Demikian surat permohonan maaf ini kami sampaikan. Atas perkenannya kami ucapkan banyak terima kasih.

Hormat Kami,
Pimpinan PT. Makmur Jaya,

 

Santi Inah

13. Contoh Surat Permohonan Rekomendasi

Jika anda ingin mengurus sesuatu hal atau ingin melamar pekerjaan, maka tidak ada salahnya untuk meminta surat rekomnedasi dari yang bersangkutan. Jika anda sudah pernah bekerja sebelumnya, maka anda bisa meminta perusahaan lama anda untuk menerbitkan surat rekomendasi. Jika anda ingin mendaftar ke sebuah program tertentu, maka alangkah baiknya jika anda membuat surat permohonan rekomendasi, seperti pada salah satu contoh di bawah ini.

Surabaya, 15 Februari 2018

Kepada Yth.
Ketua IDI Cabang Surabaya
Di Tempat

Dengan Hormat,

Sehubungan dengan telah dibukanya pendaftaran peserta Program Pendidikan Dokter Spesialis Berbasis Kompetensi Kementrian Kesehatan RI dimana salah satu persyaratannya adalah anjuran berasal dari IDI setempat, maka saya yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama : dr. Abdul Malik
Tempat/Tgl Lahir : Surabaya/20/09/1987
Alamat : Jl. Petani Raya No. 123 Surabaya
Pendidikan : Fakultas Kedokteran Universitas Gajah Mada

Dengan ini memohon dengan hormat untuk diterbitkannya surat anjuran berasal dari IDI Madiun yang menerangkan bahwa sepanjang bertugas di wilayah Surabaya belum pernah melanggar Kode Etik Kedokteran maupun tingkah laku yang melanggar hukum lainnya dibidang Profesi Kedokteran, dan memadai aktif ikuti kesibukan ilmiah yang diselenggarakan Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Cabang Surabaya.

Demikian surat permintaan anjuran ini saya buat, atas kerjasamanya saya mengucapkan terima kasih.

Hormat saya,
Prmohon,

 

dr. Abdul Malik

14. Contoh Surat Permohonan Kerjasama

Jika anda memiliki sebuah perusahaan, tentu harus menjalin kerjasama dengan pihak lain. Dengan adanya kerjasama, diharapkan perkembangan perusahaan akan lebih cepat dan memberikan keuntungan di antara kedua belah pihak. Maka dari itu, anda bisa membuat surat permohonan kerjasama kepada pihak lain, seperti salah satu contoh di bawah ini.

Jakarta, 14 Desember 2017

Nomor         :  01/PR/WW/III/2017
Lampiran     :  1 (Satu) Set
Perihal         :  Permohonan Rekanan

Kepada Yth,
Kepala Suku Dinas Tenaga Kerja
Dan Transmigrasi Kota Adminitrasi
Jl. Raya Kahean No. 123 Jakarta

Dengan hormat,

Bersama ini kami berasal dari CV. MAJU JAYA yang mana kami hendak mengajukan permohonan Rekanan kepada Bapak / Ibu kiranya perusahaan kami sanggup dicatat dan dipakai sebagai salah satu partner / rekanan di lingkungan Kantor / Instansi yang Bapak / Ibu pimpin.

Sebagai bahan pertimbangan kami lampirkan information – information sebagai berikut :

Fotocopy Tanda Daftar Perusahaan (TDP)
Fotocopy Nomor Pokok Wajib Pajak dan Nomor PKP
Fotocopy Akte Pendirian Perusahaan
Fotocopy Surat Keterangan Domisili Perusahaan
Fotocopy Tanda Daftar Usaha Perdagangan (TDUP)
Fotocopy Daftar Rekanan
Surat Pengalaman Perusahaan
Dan Surat Izin lainnya

Adapun aktivitas – aktivitas yang sudah kami melakukan baik di instansi pemerintah maupun swasta diantaranya sebagai berikut :

Pengadaan Komputer dan sejenisnya
Pengadaan Percetakan Buku dan sejenisnya
Pengadaan Inventaris Kantor
Pengadaan Alat Tulis Kantor (ATK)
Pengadaan Meubel

Demikian Permohonan ini kami ajukan kepada Bapak / Ibu dengan harapan semoga diterima hendaknya. Atas segala kebijaksanaan yang diberikan tidak lupa kami ucapkan terima kasih.

Hormat kami,

 

Abdul Malik

15. Contoh Surat Permohonan Pembuatan KTP

Jika anda sudah berumur 17 tahun atau lebih, maka sebuah kewajiban bagi anda untuk memiliki identitas berupa KTP atau Kartu Tanda Penduduk. Anda juga bisa mengajukan pembuatan KTP baru jika KTP lama anda sudah habus masa berlakunya. Namun tentu saja pembuatan KTP ini tidak bisa sembarangan dan asal – asalan. Maka dari itu, anda bisa memberikan surat permohonan pembuatan KTP terlebih dahulu kepada orang aatu yang bersangkutan.

Jakarta, 15 Februari 2018

Perihal     : Permohonan Membuat KTP
Lampiran : 1 berkas

Kepada
Kuran Nampan, Kecamatan Waduk
Jl. Serayu Timur No.12
Kota Bandung

Dengan hormat,

Saya yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama : Abdul Malik
Jenis Kelamin : Laki – Laki
No. KTP : 329080900002
Tempat/Tgl Lahir : Bandung/20/1988
Status : Menikah
Agama : Islam
Pekerjaan : Kuli Bangunan
Alamat : Jl. Jatinegara No. 123 Bandung

dengan ini memiliki kemauan untuk mengajukan permohonan untuk menyebabkan KTP yang baru sebab KTP yang lama udah sanggup habis jaman berlakunya pada 10 Februari 2018.

Bersama ini termasuk saya lampirkan Formulir permohonan menyebabkan KTP baru, KTP Asli yang sanggup diganti, Foto copy Kartu Keluarga, dan Pas Foto 2 x 3 (2 Lembar).

Demikian surat permohonan ini saya buat. Atas perhatian dan pertolongan Bapak/ Ibu, saya ucapkan terima kasih.

Hormat Saya,

 

Abdul Malik

Kesimpulan Dan Pentingnya Surat Permohonan

Surat permohonan memang memiliki sangat banyak manfaat. Bukan hanya untuk perseorangan, pihak perusahaan maupun instansi pemerintahan bisa menggunakan surat permohonan ini. Namun pada umumnya, semua tujuannya sama, yakni untuk meminta bantuan atau memohon izin dari pihak terkait.

Jika anda sedang berencana untuk membuat acara, namun memiliki dana yang terbatas, maka anda bisa membuat surat permohonan. Memang betul kalau anda bisa saja meminta bantuan secara langsung kepada pihak yang bersangkutan. Namun hal seperti ini tentu akan dianggap kurang etis dan tidak layak ditiru.

Dalam melaksanakan kegiatan juga, anda harus memohon izin dari pihak terkait juga, misalnya lurah atau kepala desa. Acara atau kegiatan yang anda lakukan tentu sedikit banyaknya akan memberikan gangguan kepada masyarakat sekitar.

Nah, untuk menghindari masalah yang mungkin saja terjadi, anda bisa membuat surat permohonan kepada lurah atau kepala desa setempat. Jadi, sekiranya ada masalah yang terjadi atas kegiatan anda, sudah ada orang lain yang membela anda dan mengatakan kalau anda sudah memiliki izin atas kegiatan tersebut.

Continue Reading

More in Contoh Surat