15 Contoh Surat Permohonan Izin Untuk Berbagai Kepentingan - Contoh Surat Resmi
Connect with us

Contoh Surat

15 Contoh Surat Permohonan Izin Untuk Berbagai Kepentingan

Contoh Surat Permohonan Izin – Walaupun penggunaan surat belakagan ini sudah semakin menurun, namun masih ada beberapa contoh surat yang tetap digunakan hingga sekarang. Baik itu surat yang dipergunakan oleh perusahaan, instansi pemerintahan, lembaga, organisasi, dan perseorangan.

Setiap surat memiliki bentuk dan tujuan yang berbeda – beda, terlebih antara surat perseorangan dengan surat perusahaan. Salah satu contoh surat yang masih banyak digunakan hingga saat ini adalah surat permohonan izin. Surat ini sendiri bisa mewakili perseorangan, maupun kelompok.

Jika diartikan secara sederhana, maka surat permohonan merupakan surat yang diperbuat dengan tujuan untuk meminta atau memohon sesuatu hal oleh pembuat surat, baik itu perorangan maupun mewakili kelompok. Dengan demikian, kita bisa menyimpulkan  kalau surat permohonan izin merupakan surat yang diperbuat untuk meminta izin dari orang lain ataupun pihak lain.

Contoh Surat Izin

Contoh surat permohonan izin meliputi banyak hal dan memiliki tujuan yang berbeda – beda. Ada banyak macam dan jenis surat permohonan izin, seperti surat permohonan izin kegiatan, surat permohonan izin tempat, surat permohonan izin sakit, surat permohonan izin tidak kerja, surat permohonan izin tidak masuk sekolah, dan lain sebagainya.

Jadi bisa disimpulkan kalau surat permohonan izin bisa dipergunakan oleh pihak perseorangan maupun pihak kelompok. Berikut adalah beberapa contoh surat permohonan izin yang bisa anda jadikan sebagai bahan referensi.

1. Contoh Surat Permohonan Izin Tidak Masuk Kuliah

Bagi anda yang masih merupakan seorang mahasiswa, tentu memiliki kewajiban untuk memasuki setiap kelas yang berlangsung. Namun sebagai manusia mungkin saja anda tidak bisa mengikuti perkuliahan yang disebabkan oleh satu dan lain hal. Jika anda sedang sakit misalnya, maka anda bisa mengirimkan surat izin tidak masuk kuliah untuk menghindari sanksi dari kampus.

Bandung, 22 Maret 2018

Perihal                 : Izin Tidak Mengikuti Kuliah
Lampiran            : 1 lembar

Yth.
Bapak. Ir. Cecep Hari Irawan, M.Si
Di Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
Universitas Indonesia Cerdas Kota Bandung

Dengan hormat,

Saya yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama : Intan Permatasari
NIM : 3487385
Kelas : Matematika dasar 1
Jurusan : Ilmu Teknologi Matematika Terapan
Fakultas : Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam

memberitahukan bahwa saya tidak dapat mengikuti mata kuliah Matematika Dasar 1 pada angkatan 2017 yang Bapak berikan pada hari ini dikarenakan saya sedang sakit. Permohonan izin ini saya ajukan sesuai dengan hasil pemeriksaan dokter yang tertea pada Surat Keterangan Sakit dari dokter yang saya lampirkan bersama dengan surat ini. Di dalam surat keterangan tersebut juga dijelaskan tentang kondisi saya saat ini dan lamanya saya diharuskan beristirahat dan tidak mengikuti perkuliahan terlebih dahulu. Sedangkan tugas yang Bapak berikan minggu lalu, saya menitipkan hasil tugas saya kepada teman saya untuk diserahkan kepada Bapak bersamaan dengan surat ini, dan untuk tugas selanjutnya jika Bapak memberikan tugas ketika saya tidak masuk, akan saya cari tahu tugasnya melalui teman dan memberikan tugas tersebut ketika saya sudah masuk nanti.

Demikian surat permohonan izin ini saya buat. Mohon kiranya untuk dapat dimaklumi. Atas perhatian Ibu, saya ucapkan terimakasih.

Hormat saya,

 

Intan Permatasari

2. Contoh Surat Permohonan Izin Menyelenggarakan Kegiatan

Dalam menyelenggarakan sebuah kegiatan, tentu banyak hal yang harus diperhatikan terlebih dahulu. Salah satunya adalah tempat dimana kegiatan tersebut akan diselenggarakan. Jika anda berencana menyelenggarakan kegiatan di sebuah desa, maka bisa meminta izin kepada kepala RT setempat. Jika kegiatan tersebut diselenggarakan di sebuah sekolah, maka anda bisa meminta izin terlebih dahulu kepada kepala sekolah.

ORGANISASI INTRA SEKOLAH (OSIS)
SMA NEGERI 60 KOTA BANDUNG
Jl. Teratai Merah Muda No. 102 – 104 Bandung 67033
Tlp. 022 – 690210  Fax. 022 – 690211

Bandung, 22 Maret 2018

Nomo : 22/OS60/SU/9/18
Sifat : Penting
Lampiran : 1 Berkas Proposal
Hal : Permohonan Izin Kegiatan

Kepada
Bapak Kepala
SMA Negeri 60 Kota Bandung
Di tempat

Assalamualaikum Wr. Wb.

Dengan hormat,

Segala puji bagi Allah SWT yang telah melimpahkan rahmat dan hidayah-Nya, dan semoga kita selalu dalam limpahan iman kepada-Nya. Shalawat dan sholawat serta salam semoga senantiasa tercurah kepada Nabi besar Muhammad SAW hingga akhir zaman.

Dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun SMA Negeri 60 Kota Bandung yang ke 25, kami bermaksud mengadakan acara syukuran bagi seluruh warga SMA Negeri 60 Kota Bandung guna memperat tali silaturahmi dan meningkatkan solidaritas warga SMA Negeri 60 Kota Bandung yang akan diadakan pada :

Hari/Tanggal : Senin/26 Maret 2018
Waktu : 09.00 – Selesai
Tempat : Gedung Serbaguna SMA Negeri 60 Kota Bandung

Oleh karena itu, kami selaku panitia pelaksana kegiatan bermaksud memohon izin untuk mengadakan kegiatan tersebut agar acara kegiatan ini dapat berjalan dengan lancar sebagaimana mestinya.

Demikian permohonan ini kami sampaikan. Besar harapan kami agar permohonan izin ini dikabulkan sehingga kegiatan ini bisa terlaksana dengan baik. Atas perhatian dan  dukungan Bapak, kami ucapkan terimakasih.

Wasalamualaikum Wr. Wb.

Hormat Kami,
Ketua OSIS SMA Negeri 60 Bandung,

 

Anton Sanjaya

3.Contoh Surat Permohonan Izin Menggunakan Tempat

Terkadang sebuah kegiatan yang kita lakukan akan membutuhkan tempat yang memadai. Baik itu tempat untuk mengadakan sebuah kegiatan, maupun tempat untuk mengadakan sebuah rapat. Jika anda berada di sebuah perusahaan, maka anda bisa menggunakan ruang rapat perusahaan, namun dengan meminta izin penggunaan tempat terlebih dahulu kepada pihak yang bersangkutan.

PT. SEGAR ALAM ABADI
Ruko Edelwis Permai Blok AB3 No. 4  Jl. Raya  Wangi Teh Melati Km. 3,8 Bandung 670977
Telp. 022 332769 Fax. 022 332766 Mobile. 09762467925
Website: www.segaralamabadi.com Email: [email protected]

Bandung, 22 Maret 2018

No                          : 018/PTSAA/06/2018
Hal                         : Permohonan Izin Menggunakan Tempat

Yth.
Kepala Bagian Sarana dan Prasarana
PT. Segar Alam Abadi
di tempat

Dengan hormat,

Melalui surat ini kami sampaikan bahwa pada :

Hari/Tanggal : Senin/26 Maret 2018
Waktu : 08.00 – Selesai

akan diadakan rapat umum internal terkait kenaikan produksi untuk bulan April 2018, maka dari itu kami bermaksud untuk memohon izin untuk menggunakan ruang rapat lantai 2 PT. Segar Alam Abadi untuk kegiatan rapat tersebut.

Demikian surat permohonan ini kami sampaikan, atas perhatian dan kerjasama Bapak/ Ibu, kami ucapkan terima kasih.

Sekretaris Direksi
PT. Segar Alam Abadi,

 

Intan Permatasari

4. Contoh Surat Permohonan Izin Mengikuti Kegiatan

Sekarang ini banyak sekolah yang mengadakan berbagai kegiatan di luar sekolah demi meningkatkan kreativitas para siswa nya. Namun sebagai kegiatan yang dilakukan di luar sekolah, tentu tidak bisa dilaksanakan begitu saja, setidaknya pihak sekolah juga harus meminta izin kepada orang tua atau wali para siswa yang akan mengikuti kegiatan tersebut.

DEPARTEMEN PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN
SMA NEGERI 60 KOTA BANDUNG
Jalan Asem Jawa No. 60 Bandung
Tlp. 022 – 690210  Fax. 022 – 690211

Bandung, 22 Maret 2018

Nomor : 005/PK/60/VIII/2018
Perihal : Permohonan Izin Kegiatan

Kepada Yth,
Orang Tua Siswa  – Siswi
SMA Negeri 60 Kota Bandung

Assalamu’alaikum Wr. Wb.

Dengan hormat,

Segala puji hanya bagi Allah SWT yang telah memberikan nikmat hingga saat ini. Shalawat serta salam semoga tercurah kepada junjungan kita nabi Muhammad SAW beserta keluarganya, para sahabatnya dan umatnya yang setia hingga akhir zaman. Teriring doa semoga kita senantiasa berada dalam lindungan Allah SWT.

Seseuai dengan agenda kegiatan untuk siswa- siswi baru SMA Negeri 60 Kota Bandung yaitu kegiatan Perkemahan Sabtu-Minggu (PERSAMI) untuk mendidik siswa – siswi baru agar menjadi siswa – siswi yang Mandiri, Terampil dan Bertanggung Jawab, maka kami bermaksud untuk memohon kepada Bapak/Ibu sebagai Orang Tua/Wali Murid untuk mengizinkan putra/ putrinya dalam mengikuti kegiatan tersebut yang pelaksanaannya Insya Allah akan diselenggarakan pada :

Hari/Tanggal : Senin/26 Maret 2018
Waktu : 08.00 – Selesai
Tempat : Bumi Perkemahan Alam Segar

Mengingat akan pentingnya kegiatan tersebut, kami mohon agar Bapak/Ibu sebagai Orang Tua/Wali Murid dapat memberikan izin. Demikian surat ini kami sampaikan, atas perhatian dan kerjasama Bapak/ Ibu, kami ucapkan terima kasih.

Wassalamu’alaikum Wr. Wb.

Hormat Kami,
SMA Negeri 60 Kota Bandung,

 

Anton Sanjaya, M. Pd

5. Contoh Surat Permohonan Izin Mendirikan Bangunan

Ketika ingin mendirikan bangunan, tentu anda harus mengurus atau memohon perizinan terlebih dahulu. Baik itu anda ingin membangun bangunan untuk tempat tinggal, maupun bangunan untuk tempat usaha. Setiap bangunan yang hendak anda bangun, diwajibkan untuk mengurus perizinan terlebih dahulu kepada dinas terkait.

PT. SEGAR ALAM ABADI
Ruko Edelwis Permai Blok AB3 No. 4  Jl. Raya  Wangi Teh Melati Km. 3,8 Bandung 670977
Telp. 022 332769 Fax. 022 332766 Mobile. 09762467925
Website: www.segaralamabadi.com Email: [email protected]

Bandung, 22 Maret 2018

No                          : 018/PTSAA/09/2018
Hal                         : Permohonan Izin Mendirikan Bangunan
Lampiran             : 1 (satu) berkas

Yth.
Kepala Badan Peayanan Perizinan Terpadu
Jalan Kayu Putih 3 Raya No. 45 – 47
Kota Bandung

Dengan hormat,

Yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama : Anton Sanjaya
Jenis Kelamin : Laki – Laki
No. KTP : 34587357
Alamat : Jl. Perjuangan No. 123 Bandung

Dengan ini mengajukan permohonan izin mendirikan bangunan (IMB) untuk keperluan Tempat untuk Kantor yang berlokasi di Jalan Melati Putih Gg. Mawar No. 10B RT. 02 RW. 05 Kelurahan Melodi Indah, Kecamatan Musik Kaler Kota Bandung 32989. Dengan spesifikasi bangunan adalah memiliki luas tanah 1000 meter persegi dan luas bangunan 600 meter persegi dengan memiliki 2 (dua) tingkat lantai.

Untuk melengkapi permohonan izin ini, bersama surat ini juga kami lampirkan surat – surat yang diperlukan.

Demikian surat ini kami buat. Atas perhatian dan kerjasama Bapak Ibu, kami ucapkan terima kasih dan harap maklum.

Pemohon,

 

Anton Sanjaya

6. Contoh Surat Permohonan Izin Usaha

Selain permohonan izin ketika ingin mendirikan bangunan, anda juga harus mengurus permohonan izin usaha. Dengan demikian, maka usaha yang akan anda dirikan akan terdaftar di dinas terkait dan memiliki nomor pokok wajib untuk menghitung besaran pajak yang akan anda bayarkan setiap bulan atau setiap tahunnya.

PT. SEGAR ALAM ABADI
Ruko Edelwis Permai Blok AB3 No. 4  Jl. Raya  Wangi Teh Melati Km. 3,8 Bandung 670977
Telp. 022 332769 Fax. 022 332766 Mobile. 09762467925
Website: www.segaralamabadi.com Email: [email protected]i.com

Bandung, 22 Maret 2018

No : 018/PTSAA/09/2018
Lampiran : 1 (satu) berkas
Hal : Permohonan Izin Tempat Usaha

Yth.
Bupati Jawa Barat
Cq. Kepala Dinas Pelayanan Perijinan Terpadu
Jalan Kayu Putih 3 Raya No. 45 – 47
Kota Bandung

Dengan hormat,

Yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama : Intan Permatasari
Jenis Kelamin : Perempuan
No. KTP : 43587358735
Alamat : Jl. Perjuangan No. 123 Bandung

Dengan ini mengajukan permohonan izin untuk mendapatkan izin tempat usaha dengan identitas usaha sebagai berikut :

Jenis Usaha : Perdagangan
Nama Perusahaan : PT. Segar Alam Abadi
Alamat Tempat Usaha : Ruko Edelwis Permai Blok AB3 No. 4  Jl. Raya  Wangi Teh Melati Km. 3,8 Bandung

Sebagai kelengkapan persyaratan, saya lampirkan :

  1. Surat Permohonan SITU
  2. Pas foto berwarna 3 x 4 cm , 2 (dua) Lembar
  3. Foto copy KTP terbaru 1 (satu) Lembar
  4. Surat Keterangan dari Desa/Lurah
  5. Rekomendasi dari Camat
  6. Foto copy pelunasan PBB tahun terakhir 1 (satu) Lembar
  7. Map snalhacter plastic warna merah 1 (satu) buah

Demikian surat permohonan ini kami buat. Atas perhatian dan kerjasama Bapak Ibu, kami ucapkan terima kasih dan harap maklum.

Hormat Saya,
Pemohon,

 

Intan Permatasari

7. Contoh Surat Permohonan Izin Tempat Kegiatan

Setiap kegiatan yang dilakukan tentu akan memerlukan tempat dari kegiatan tersebut. Salah satu contoh adalah kegiatan yang akan dilaksanakan dalam perayaan HUT RI oleh karang taruna setempat. Untuk bisa menyelenggarakan kegiatan, maka pengurus karang taruna atau panitia harus meminta izin tempat kegiatan terlebih dahulu kepada kepada desa ataupun kepala RT setempat.

Magelang, 22 Maret 2018

Nomor : I/II/III/Maret/2018
Lampiran : 1 buah proposal
Hal : Permohonan Izin Penyelenggaraan Kegiatan

Kepada Yth.
Ketua RW 10
Di Tempat

Dengan Hormat

Dalam rangka memeriahkan HUT RI ke 70 , Kami selaku pengurus Karang Taruna RW 10 bermaksud akan menyelenggarakan kegiatan perlombaan panjat pinang pada :

Hari/Tanggal : Senin/26 Maret 2018
Waktu : 08.00 – Selesai
Tempat : Lapangan Serbaguna RW 10

Demi suksesnya penyelenggaraan acara tersebut kami selaku pengurus karang taruna RW 10 dan juga panitia acara memohon izin dan persetujuan untuk menggunakan lapangan serba guna RW 10.

Demikian surat permohonan ini kami ajukan, atas perhatian dan ijin yang di berikan kami ucapkan banyak terima kasih.

Hormat Kami,
Ketua Karang Taruna RW 10,

 

Anton Sanjaya

8. Contoh Surat Permohonan Izin Tidak Masuk Kerja

Sebagai seorang karyawan di salah satu perusahaan, tentu anda memiliki kewajiban untuk masuk kerja setiap hari kerja. Namun jika anda berhalangan masuk kerja, maka anda bisa mengirimkan surat permohonan izin tidak masuk kerja ke perusahaan tempat anda bekerja. Hal ini akan berguna untuk menghindari sanksi dari perusahaan tersebut kepada karyawan yang absen tanpa pemberitahuan.

Medan, 22 Maret 2018

Kepada Yth
Direktur PT. Maju Mundur
Jl. Perjuangan No. 123
Medan

Dengan Hormat,

Yang bertanda tangan dibawah ini :

Nama : Anton Sanjaya
NIP : 34587387
Jabatan : Staff Produksi

Mengajukan permohonan izin tidak dapat bekerja disebabkan ada suatu keperluan keluarga yakni menghadiri pemakaman saudara yang berdomisili di Jawa Timur. Adapun pengajuan izin yang saya ajukan selama 3 hari, mulai dari tanggal 22 Maret 2018 sampai dengan 25 Maret 2018.

Demikian Surat permohonan ini saya buat berharap agar Bapak berkenan memberikan izin, atas pemberian izin Bapak, saya mengucapkan terima kasih.

Hormat Saya,

 

Anton Sanjaya

9. Contoh Surat Izin Tidak Masuk Sekolah

Sebagai seorang siswa di salah satu sekolah, tentu anda harus datang dan menghadiri proses belajar mengajar setiap harinya. Namun jika anda berhalangan untuk datang, baik itu dikarenakan sakit atau ada urusan penting yang tidak dapat ditinggalkan, maka anda bisa memberikan surat permohonan izin tidak masuk sekolah kepada pihak sekolah tempat anda bersekolah.

Banyuwangi, 22 Maret 2018

Kepada Yth.
Bapak/Ibu Guru Wali Kelas I
SMA Negeri 1 Banyuwangi

Dengan hormat,

Dengan ini kami orang tua/wali murid dari :

Nama : Anton Sanjaya
Siswa : Kelas I SMA Negeri 1 Banyuwangi
Alamat : Jl. Perjuangan No. 123 Banyuwangi

Memberitahukan bahwa anak kami tidak dapat mengikuti pelajaran seperti biasa pada hari ini, Kamis 22 Maret 2018 dikarenakan sakit demam berdarah yang mengharuskannya istirahat total. Oleh karena itu, sudilah kiranya Bapak/Ibu Guru Wali Kelas I memberikan izin.

Demikian surat izin yang kami buat, atas pemberian izin dan kebijaksanaan Bapak/Ibu Guru Wali Kelas saya ucapkan banyak terima kasih.

Hormat Saya,
Orang Tua Siswa,

 

Abdul Malik

10. Contoh Surat Permohonan Izin Operasional Sekolah

Banyak hal ataupun kegaitan sekolah yang tentu saja harus meminta izin dari dinas – dinas terkait. Salah satu contohnya adalah operasional sekolah dalam penerimaan siswa baru. Kepala sekolah tersebut bisa mengirimkan surat permohonan izin kepada kepala dinas pendidikan untuk menerima siswa baru di sekolah yang dia pimpin.

YAYASAN PENDIDIKAN BREBES BOARDING SCHOOL
KELURAHAN GANDASULI KECAMATAN BREBES
KABUPATEN BREBES PROVINSI JAWA TENGAH
Sekretariat : Jl. Hasanudin Kelurahan Gandasuli Telp.(0234) 6174064 Kode Pos : 52212 Brebes

Brebes, 22 Maret 2018

Nomor     : 01/PBBS/SMK-BBS/YTI/I/2018
Lampiran : –
Perihal   : Permohonan Izin Operasional Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Brebes Boarding School

KepadaYth,
Kepala Dinas DIKPORA
di –
Kabupaten Brebes

Assalamu ‘alaikum Wr. Wb.

Diberitahukan dengan hormat, bahwa Yayasan Pasopati Kecamatan Brebes Kabupaten Brebes, bermaksud mengajukan Izin Operasional SMK Boarding School. Sehubungan dengan maksud diatas, kami mengajukan Izin Operasional SMK BBS yang terletak di Jalan Binsa Desa Gandasuli Kecamatan Brebes Kabupaten Brebes. Rencananya SMK Bina Insani akan mulai menerima siswa baru untuk tahun pelajaran 2018/2019.

Sebagai bahan pertimbangan, bersama ini kami lampirkan data-data kelengkapan pernyataan yang diperlukan.

Demikian surat permohonan ini kami sampaikan, sekaligus mohon petunjuk selanjutnya.

Atas kebijaksanaannya kami ucapkan terima kasih.

Wassalamu’alaikum Wr. Wb.

Hormat Kami,
Ketua Yayasan Pendidikan Brebes Boarding School,

 

Anton Sanjaya, M. Pd

11. Contoh Surat Permohonan Izin Praktek Bidan

Ketika ingin membuka praktek kerja, maka seorang bidan harus memiliki izin terlebih dahulu dari dinas terkait. Label legal ini bisa didapatkan dengan cara membuat surat permohonan izin praktek terlebih dahulu dan diberikan kepada dinas terkait yang menangani hal tersebut.

Medan, 22 Maret 2018

Kepada Yth
Kepala Dinas Kesehatan
Kotamadya Medan
Di
Tempat

Perihal : Permohonan Surat Ijin Bidan ( SIP-B )

Dengan hormat,

Yang bertanda tangan dibawah ini :

Nama : Intan Permatasari, Am. Keb
Alamat : Jl. Perjuangan No. 123 Medan
No. Telp : 081234567890
Tahun Lulusan : 2015
Nomor STR : 345873587

Dengan ini megajukan Permohonan untuk mendapatkan Surat Izin Praktek Bidan ( SIP-B ) :

Sarana Kesehaan : Klinik
Alamat : Jl. Perjuangan No. 100 Medan
Desa/Keluarahan : Sitirejo/Sarirejo
Wilayah Kerja : Kotamadya Medan
Provinsi : Sumatera Utara

Sebagai bahan pertimbangan terlampir :

  1. Foto Copy KTP
  2. Foto Copy Ijazah Bidan
  3. Foto Copy STR yang masih berlaku
  4. Surat Persetujuan Atasan sebagai PNS atau Pegawai pada Sarana Kesehatan
  5. Surat Keterangan Sehat dari Dokter
  6. Rekomendasi dari Organisasi Profesi
  7. Rekomendasi dari Puskesmas setempat ( Wilayah Praktek ) / Sarana Tempat Bekerja
  8. Pas Photo ukuran 4×6 3 ( Tiga ) Lembar
  9. MOU Pembuangan Limbah Medis Padat

Demikian atas perhatian Bapak / Ibu, kami ucapkan terima kasih.

Hormat Saya,
Pemohon,

 

Intan Permatasari, Am. Keb

12. Contoh Surat Permohonan Izin Keramaian

Setiap kegiatan tentu akan menyebabkan keramaian di tempat diselenggarakannya kegiatan tersebut. Untuk meminimalisir keadaan yang tidak diinginkan, makan pihak peyelenggara kegiatan bisa meminta izin dari pihak kepolisian. Jadi, jika terjadi sesuatu hal yang tidak diinginkan, pihak kepolisian akan ikut menjaga keamanan agar tetap kondusif.

MASJID RAYA MEDAN
Jl. Sisingamangaraja No. 123
Medan

Medan, 22 Maret 2018

No. : I/II/III/Maret/2018
Hal : Surat Permohonan Izin

Kepada Yth.
Bpk. KAPOLRES MEDAN KOTA
Di Tempat.

Assalamualaikum Wr.Wb

Dengan hormat,

Sehubungan dengan adanya acara kami Dalam rangka peringatan Haflatul Imtihan Santri Ponpes Miftahussalam serta Isro’ Mi’roj Nabi Muhammad SAW.  Kami selaku Panitia Penyelenggara Memohonan Izin keramaian kepada Bapak dalam pelaksanaan pengajian tersebut yang akan di selenggarakan pada :

Hari/Tanggal : Senin/26 Maret 2018
Waktu : 08.00 – Selesai
Acara : Haflatul Imtihan dan Isro’ Mi’roj
Tempat : Halaman Masjid Raya Medan
Penceramah : Ustadz. Andi

Demikian surat pemberitahuan ini kami buat, atas perhatian dan izinnya kami ucapkan terima kasih.

Wassalamualaikum Wr.W

Hormat Kami,
Ketua Panitia,

 

Anton Sanjaya

13. Contoh Surat Permohonan Izin Guru

Memiliki profesi sebagai guru memang agar berbeda dengan profesi lainnya. Jika profesi lainnya mewajibkan karyawan untuk hadir setiap hari, maka guru cukup datang ketika memiliki kelas mengajar. Namun kendati demikian, mungkin saja seorang guru tidak bisa masuk untuk mengajari siswa. Maka dari itu, seorang guru bisa membuat surat permohonan izin kepada kepala sekolah.

Medan, 22 Maret 2018

Perihal : Permohonan Izin

Kepada Yth.
Kepala Sekolah
SMA Negeri 1 Medan
di- Tempat

Salam Ta’dzim

Yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama : Intan Permatasari, S. Pd
NIP : 345873587
Pangkat/Gol : Penata/IVA
Uni Kerja : SMA Negeri 1 Medan

Dengan ini memberikan permohonan izin tidak masuk kerja pada hari ini, tanggal 22 Maret 2018, alasannya ialah ada keperluan mengurus pajak kendaraan di Samsat Medan Kota. Untuk pelaksanaan peran harian di SMA Negeri 1 Medan saya limpahkan kepada Wakil Kepala Sekolah Urusan Kurikulum.

Demikian, atas perhatian dan kerjasama yang baik diucapkan terima kasih.

Hormat Saya,

 

Intan Permatasari, S. Pd

14. Contoh Surat Permohonan Izin Cuti

Jika anda memiliki rencana untuk berlibur bersama keluarga atau ingin merayakan hari raya Idul Fitri bersama keluarga di kampung, maka meminta izn cuti dari perusahaan tempat anda bekerja adalah cara yang terbaik. Dengan memiliki izin cuti, maka anda akan bisa tenang berlibur bersama keluarga dan tidak akan dikenai sanksi dari perusahaan.

Jakarta, 22 Maret 2018

Perihal : Permohonan Izin Cuti

Kepada Yth,
Kepala Personalia
PT. Maju Mundur,
di Tempat

Dengan Hormat,

Saya yang bertandatangan di bawah ini :

Nama : Anton Sanjaya
Alamat : Jl. Perjuangan No. 123 Jakarta
Jabatan : Staff Administrasi

Dengan surat ini saya bermaksud untuk mengajukan cuti kerja selama 2 hari kerja ke depan, Dikarenakan harus merayakan hari raya Idul Fitri bersama keluarga di kampung.

Demikian surat cuti kerja ini saya buat dengan sebagaimana mestinya. Atas perhatiannya, Saya ucapkan terimakasih.

Hormat Saya,

 

Anton Sanjaya

15. Contoh Surat Permohonan Izin PNS

Sebagai seorang manusia yang memiliki kelemahan, tentu ada saja penyebab yang memaksa kita untuk tidak masuk kerja, tidak terkecuali untuk para PNS. Sebagai seorang PNS tentu saja tidak bisa absen kerja dengan sembarangan. Maka dari itu, anda harus membuat surat permohonan izin kepada kepala dinas ataupun atasan anda.

Medan, 22 Maret 2018

Perihal : Permohonan Izin Tidak Masuk Kerja

Kepada Yth,
Kepala Dinas Pendidikan Kota Medan
di Tempat

Dengan hormat,

Yang bertanda tangan dibawah ini :

Nama : Anton Sanjaya
NIP : 3245897357
Pangkat/Gol : Penata Muda/IIIA
Alamat : Jl. Raya Bengek No. 123 Medan

Sehubungan sedang menderita sakit hepatitis (hasil pemeriksaan dokter terlampir) maka saya mohon ijin untuk tidak masuk kerja sesuai keterangan dokter yaitu selama 3 (tiga) hari kerja dari tanggal 22 Maret 2018 sampai dengan tanggal 25 Maret 2018.

Atas ijin yang diberikani diucapkan terima kasih.

Hormat Saya,

 

Anton Sanjaya

Kesimpulan Dan Pentingnya Surat Permohonan Izin

Penggunaan surat sebagai media komunikasi sekarang ini memang sudah semakin jarang digunakan. Hal ini tentu saja tidak terlepas dari kemajuan zaman dan kecanggihan teknologi komunikasi yang tersedia sekarang. Teknologi komunikasi yang lebih mudah dan lebih cepat membuat banyak orang meninggalkan penggunaan surat.

Namun ada beberapa jenis surat yang tidak bisa ditinggalkan begitu saja penggunaanya. Salah satunya adalah penggunaan contoh surat permohonan izin. Surat ini memiliki peranan yang sangat besar, baik untuk pihak perseorangan maupun pihak yang mewakili kemlompok.

Ada banyak urusan ataupun hal – hal lain yang membutuhkan izin terlebih dahulu dari pihak – pihak terkait. Untuk itulah kita memerlukan surat permohonan izin untuk mendapatkan izin tersebut. Ketika kita sakit dan tidak bisa masuk kerja, ketika kita ingin menyelenggarakan sebuah kegiatan, semuanya membutuhkan surat permohonan izin.

Jika tidak, maka kita akan dianggap sengaja melalaikan dan meninggalkan pekerjaan. Begitu juga dengan acara yang kita selenggarakan akan dianggap acara ilegal jika tidak memiliki izin – izin dari pihak tertentu. Bisa dibayangkan jika kita tidak masuk kerja tanpa izin atau menyelenggarakan sebuah acara tanpa izin. Maka tentu saja kita harus siap menerima sanksi dan resiko dari ketiadaan izin tersebut.

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *