15 Contoh Surat Permintaan Barang, Jasa, dan Informasi - Contoh Surat Resmi
Connect with us

Contoh Surat

15 Contoh Surat Permintaan Barang, Jasa, dan Informasi

Contoh Surat Permintaan – Seiring dengan perkembangan zaman dan kecanggihan teknologi, media komunikasi juga ikut berkembang dan semakin mudah digunakan. Jika dulu kebanyakan orang masih menggunakan surat sebagai media komunikasi, maka sudah berbeda dengan sekarang. Kebanyakan orang sudah menggunakan media digital untuk berkomunikasi, karena lebih hemat biaya dan lebih mudah.

Surat memang tentu saja tidak bisa dipisahkan dari kehidupan manusia. Walaupun mungkin untuk komunikasi pribadi surat sudah jarang digunakan, namun tidak demikian dengan urusan perusahaan, instansi pemerintahan, organisasi, dan beberapa lembaga.

Contoh Surat Permintaan

Salah satu surat yang masih banyak digunakan hingga saat ini adalah surat permintaan. Dilihat dari kuantitas penggunaanya, maka surat permintaan ini kebanyakan digunakan oleh perusahaan, baik itu surat permintaan barang, pesanan barang, pesanan jasa, surat permintaan penawaran, dan lain sebagainya.

Selain itu, surat permintaan juga bisa dipergunakan oleh perseorangan dan untuk urusan pribadi. Contohnya adalah surat permintaan maaf, surat permintaan rekomendasi, dan lain sebagainya. Dari satu contoh surat ini saja, kita bisa menyimpulkan kalau surat sebagai media komunikasi memang masih sering digunakan, walaupun memang bukan oleh perseorangan.

Ada banyak contoh surat permintaan yang bisa anda perbuat, tergantung kebutuhan anda dan kegunaan surat tersebut. Namun tentu saja surat permintaan untuk perusahaan dan perseorangan memiliki perbedaan yang banyak. Berikut ini adalah beberapa contoh surat permintaan yang bisa anda jadikan sebagai bahan referensi dalam membuat surat permintaan.

1. Contoh Surat Permintaan Barang

Jika perusahaan anda membutuhkan beberapa barang yang hendak dibutuhkan, maka tentu anda harus membelinya terlebih dahulu kepada orang lain. Anda bisa membeli barang yang anda butuhkan dengan cara mengirimkannya surat permintaan barang, seperti salah satu contoh di bawah ini.

CV. SEMPROL JAYA
Jl. Ah Yani No.0001
MEDAN

Medan, 30 Maret 2018

Nomor : 120/SJ/VIII/2018
Lampiran: –
Hal: Pesanan Barang Elektronik

Kepada,
PT.WIDIH NGERI
Jl. Soekarno Hatta No.1000
JAKARTA

Dengan hormat,

Berdasarkan informasi dari surat yang saudara ajukan, kami memesan barang-barang elektronik berupa dibawah ini :

  1. 16 unit TV
  2. 14 unit mesin cuci
  3. 13 unit kulkas

Pembayaran akan dilakukan secara kredit sesuai dengan ketentuan dari perusahaan saudara. Pembayaran pertama akan kami lakukan pada saat barang sudah kami terima dengan keadaan baik.

Kami harap barang tersebut dikirim secepat mungkin. Atas perhatiannya kami ucapkan terima kasih.

Hormat kami,
PT. Semprol Jaya,

 

Anton Jaya

2. Contoh Surat Permintaan Jasa

Selain membutuhkan beberapa barang dan peralatan kantor, sebuah perusahaan tentu juga akan membutuhkan jasa dalam merawat kantor. Baik itu merawat peralatan kantor tersebut, maupun beberapa fasilitas di dalamnya. Untuk mendapatkan jasa yang anda inginkan, maka anda bisa membuat surat permintaan jasa kepada pihak lain, seperti di bawah ini.

CV. INGIN MAJU
Jln. Sudarsono No. 17A
Purwokerto

Purwokerto, 30 Maret 2018

Nomor        : 255/IM/IV/2016
Lampiran    : –
Hal             : Pesanan Jasa Reparasi AC

Kepada PT. Elektronik Maju
Jln. Buntu No. 202
Jakarta

Dengan Hormat,

Berdasarkan informasi dari surat yang telah saudara ajukan, kami berkeinginan untuk memesan jasa yang anda tawarkan untuk merawat dan mereparasai semua perangkat AC di kantor kami. Kami berharap agar anda bisa segera mengirimkan personil untuk merawat dan memperbaiki peralatan AC di kantor kami tersebut.

Pembayaran kami lakukan secara kredit sesuai dengan ketentuan dari perusahaan saudara. Pembayaran pertama akan kami lakukan setelah menerima barang dalam keadaan baik.

Kami berharap bisa menerima jasa secepat mungkin. Atas perhatiannya kami ucapkan terima kasih.

Hormat Kami,
CV. Ingin Maju,

 

Anton Jaya

3. Contoh Surat Permintaan Informasi

Sebelum menjalin kerjasama dengan perusahaan lain, tentu saja anda harus mendapatkan beberapa informasi terlebih dahulu. Kerjasama ini bisa jadi berupa pembelian barang secara berkala, penggunaan jasa, ataupun rencana untuk bekerjasama dalam hal lainnya. Maka dari itu, anda bisa membuat surat permintaan informasi agar pihak perusahaan lain memberikan informasi yang anda butuhkan.

CV MERDEKA JAYA
Jl. Banyuwani No. 132
BANDUNG

Bandung, 30 Maret 2018

No : 34/PB/18
Hal : Permintaan barang
Lamp : –

Yth. Direktur PT Kusuma
Jl. Maja Pahit No. 113
Jakarta

Dengan hormat,Berdasarkan iklan yang perusahaan Saudara pasang di harian “Kompas” tanggal 7 September 2016 mengenai produk semen unggulan dari perusahaan Saudara. Dengan ini kami beritahukan bahwa perusahaan kami sedang membutuhkan banyak semen guna melaksankan proyek pembangunan gedung yang bertingkat.

Terkait dengan proyek kami tersebut, maka kami bermaksud untuk meminta sejumlah informasi secara lengkap mengenai :

  1. Harga dari semen
  2. Cara pembayaran
  3. Penyerahan barang
  4. Diskon yang tersedia

Jika harga yang ditawarkan sesuai dengan kriteria kami, maka kami bersedia untuk memesan produk dari perusahaan Saudara dalam jumlah yang cukup besar. Kami juga mengharapkan potongan harga dari perusahaan Saudara.

Mohon segera kirim surat penawarannya, kami mengharap kerjasama dari perusahaan Saudara.
Atas perhatian Saudara kami ucapkan terima kasih.

Hormat kami,
CV. Merdeka Jaya,

 

Anton Jaya

4. Contoh Surat Permintaan Penawaran

Sebelum membeli barang atau menggunakan jasa yang disedikan oleh perusahaan lain, tentu anda harus mengetahui terlebih dahulu harga dari barang yang mereka jual, cara pembayaran yang diinginkan, dan lain sebagainya. Untuk itu, anda bisa membuat surat permintaan penawaran, agar perusahaan tersebut memberikan surat penawaran kepada pihak anda.

PT. MAJU TERUS
Jl. Diponegoro No. 123
MEDAN

Yogyakarta, 30 Maret 2018

Nomor: I/II/III/Maret/2018
Perihal: Permintaan penawaran dan daftar harga

Kepada
Yth. PT Selalu Jaya
Jl Kaliurang Km 6
Yogyakarta

Dengan hormat,

Sehubungan dengan iklan Anda pada harian Kedaulatan Rakyat tanggal 10 April 2011, kami tertarik untuk membeli berbagai jenis peralatan kantor yang Anda tawarkan.

Untuk itu kami mohon Anda dapat mengirimkan spesifikasi yang lebih rinci, daftar harga, cara pembelian berikut cara pembayarannya. Adapun masalah pemesanan, akan segera kami lakukan setelah informasi dari Anda kami terima.

Atas perhatiannya, kami sampaikan terima kasih.

Hormat kami,
PT Maju Terus,

 

Anton Jaya

5. Contoh Surat Permintaan Izin Menyelenggarakan Kegiatan

Jika anda ataupun kelompok anda ingin membuat sebuah kegiatan, tentu anda tidak bisa menyelenggarakannya begitu saja. Ada beberapa hal yang harus anda perhatikan terlebih dahulu sebelum menyelenggarakan kegiatan tersebut. Salah satunya adalah meminta izin dari kepala desa, ketua RT, ataupun ketua RW setempat, dimana anda akan menyelenggarakan kegiatan tersebut.

KARANG TARUNA PAMUDJA
DUSUN JALAKAN, TRIHARJO, PANDAK, BANTUL, D.I YOGYAKARTA
Sekretariat: Jl. Anggrek no.15 Bantul
Telp. 022 332769 | email : [email protected]

Bantul, 30 Maret 2018

Nomor                 : 32/PKS/KTRW5/VI-18
Hal                       : Permohonan Izin Kegiatan
Lampiran             : 1 Berkas Proposal

Kepada
Bapak Ketua RW 05
Di tempat

Assalamualaikum Wr. Wb.

Dengan hormat,

Segala puji bagi Allah SWT yang telah melimpahkan rahmat dan hidayah-Nya, dan semoga kita selalu dalam limpahan iman kepada-Nya. Shalawat dan sholawat serta salam semoga senantiasa tercurah kepada Nabi besar Muhammad SAW hingga akhir zaman.

Dalam rangka memperingati Hari Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke 71, kami bermaksud mengadakan acara perlombaan dan pentas seni bagi masyarakat khususnya warga dusun Jalakan guna mempererat tali silaturahmi dan meningkatkan solidaritas masyarakat yang akan diadakan pada :

Hari/Tanggal : Sabtu/31 Maret 2018
Waktu : 07.00 – Selesai
Tempat : Lapangan dan Gedung Serbaguna

Oleh karena itu, kami selaku panitia pelaksana kegiatan bermaksud memohon izin untuk mengadakan kegiatan dan menggunakan Lapangan dan Gedung Serbaguna RW 05 tersebut agar acara kegiatan ini dapat berjalan dengan lancar sebagaimana mestinya.

Demikian permohonan ini kami sampaikan. Besar harapan kami agar permohonan izin penggunaan tempat ini dikabulkan sehingga kegiatan ini bisa terlaksana. Atas perhatian dan dukungan Bapak, kami ucapkan terimakasih.

Wasalamualaikum Wr. Wb.

Hormat Kami,
Ketua Karang Taruna,

 

Anton Jaya

6. Contoh Surat Permintaan dan Pengajuan Beasiswa

Sekarang ini ada banyak beasiswa yang mungkin bisa anda dapatkan di berbagai sekolah dan perguruan tinggi. Baik itu beasiswa berprestasi, maupun beasiswa untuk yang kurang mampu. Jika anda ingin meminta dan mengajukan beasiswa, maka anda tentu harus membuat surat terlebih dahulu.

Surabaya, 30 Maret 2018

Perihal                   : Permohonan Beasiswa
Lampiran              : 1 Berkas

Kepada
Rektor Universitas Airlangga Suurabaya
Jalan Kayu Putih Raya Km.10.5 Surabaya

Dengan hormat,

Sehubungan dengan adanya informasi pendaftaran beasiswa mahasiswa unggulan tahun ajaran 2016/ 2017 yang diumumkan melalui website universitas pada tanggal 15 Juni 2016, maka saya yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama : Anton Jaya
NPM : 3458673487
Fakultas : Ekonomi dan Bisnis
Jurusan : Ilmu Ekonomi
Semester : V (Lima)

bersama ini saya bermaksud untuk mengajukan permohonan untuk mendapatkan beasiswa mahasiswa unggulan ajaran tahun 2016/ 2017 tersebut. Dan sebagai bahan pertimbangan, saya lampirkan :

  1. Foto copy Kartu Tanda Mahasiswa (KTM)
  2. Foto copy Kartu Tanda Penduduk (KTP)
  3. Foto copy Transkrip nilai Semester 1 – 4
  4. Surat Keterangan Penghasilan Orang Tua
  5. Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK)
  6. Surat Pernyataan Tidak sebagai Penerima Beasiswa
  7. Surat Rekomendaasi dari Dekan bidang Kemahasiswaan
  8. Foto copy Rekening Listrik 3 bulan terakhir
  9. Foto copy Rekening PDAM 3 bulan terakhir
  10. Foto copy Surat Keterangan Penghasilan Orang Tua
  11. Surat Keterangan Tidak Mampu dari Kelurahan
  12. Foto copy Buku Rekening Tabungan
  13. Pas Foto 4 x 6 (3 Lembar)

Demikian surat permohonan ini saya buat. Besar harapan saya agar permohonan beasiswa ini dapat dikabulkan. Atas perhatian dan bantuan Bapak/ Ibu, saya ucapkan terima kasih.

Hormat Saya,
Pemohon,

 

Anton Jaya

7. Contoh Surat Permintaan Sponsor

Menyelenggarakan sebuah acara ataupun sebuah kegiatan tentu bukanlah hal yang mudah. Selain membutuhkan waktu dan energi, namun juga membutuhkan biaya yang mungkin saja banyak. Untuk mendapatkan bantuan dana, maka anda bisa membuat surat permintaan sponsor kepada pihak lain.

SURAT PERMOHONAN SPONSORSHIP

Semarang, 30 Maret 2018

Nomor             : 168/09/RSUMMI/Prmhn/VI/2018
Lampiran         : 1 (satu) Proposal
Perihal             : Permintaan Sponsorship

Kepada Yth.
Pimpinan PT Kalbe Farma Tbk
di Tempat

Sehubungan dengan adanya perubahan status RSIA UMMI menjadi Rumah Sakit Umum pada awal tahun ini, maka RS UMMI mempunyai komitmen untuk bisa memberikan pelayanan medis yang lebih luas kepada masyarakat umum, salah satunya yaitu dengan menambah Poliklinik Kulit dan Kecantikan. Tujuan dari membuka poliklinik ini dikarenakan melihat tren di masyarakat khususnya kaum wanita yang lebih peduli terhadap penampilan, khususnya kecantikan. Maka dari itu, RS UMMI mencoba membentuk tim untuk menyelenggarakan seminar umum tentang kulit dan kecantikan sebagai bentuk promosi dari dibukanya Poliklinik Kulit dan Kecantikan dengan narasumber dr. Adelia Wulandari, Sp.KK sebagai dokter spesialis kulit dan kecantikan RS UMMI. Tema yang diangkat dalam kegiatan seminar ini adalah “Kulit Sehat”.

Sehubungan dengan hal tersebut dan sebagai dukungan demi terlaksananya acara Seminar Awam, kami mohon kesediaan Perusahaan Bapak/Ibu untuk berpartisipasi sebagai sponsor/donator. Proposal Sponsorship kami lampirkan dalam surat ini. Pembayaran untuk sponsorship dapat di transfer melalui :

No. Rekening : 34578387
Atas Nama : RSIA UMMI
Nama Bank : Bank Muamalat Cabang Semarang

Konfirmasi untuk berpartisipasi, mohon dapat menghubungi Telp. 0341 – 8341600 (Hunting) Fax. 0251-8341606 UP. Resty (08561422558) atau e-mail: [email protected]

Atas perhatian dan kerjasamanya, kami ucapkan terima kasih.

Hormat Kami,
Direktur RSIA UMMI,

 

dr. Anton Jaya

8. Contoh Surat Permintaan Pindah Sekolah

Ada banyak hal yang mungkin menyebaban anda harus pindah sekolah, seperti dikarenakan orang tua pindah tugas ke kota lain dan anda harus ikut dengan orang tua. Itu adalah salah satu alasan yang paling sering terjadi, makanya seseorang pindah sekolah. Jika anda mengalami hal demikian, maka anda dan orang tua anda bisa membuat surat permintaan pindah sekolah, seperti di bawah ini.

SURAT PERMINTAAN PINDAH SEKOLAH

Yogyakarta, 30 Maret 2018

Kepada Yth.
Kepala sekolah SMA NEGERI 1 YOGYAKARTA
di tempat

Perihal : Permohonan Pindah Sekolah

Dengan hormat,

Yang bertanda tangan di bawah ini, saya orang tua/wali murid dari :

Nama : Budi Santoso
Sekolah Asal : SMA Negeri 1 Yogyakarta
Kelas : XI (Sebelas)
Nomor Induk : 45873487

Dengan ini mengajukan permohonan pindah sekolah dari SMA NEGERI 1 YOGYAKARTA untuk masuk ke SMA NEGERI 3 SEMARANG. Hal tersebut dikarenakan tuntutan tugas dari orang tua yang harus pindah tugas ke Banda Aceh, sehingga lokasi sekolah lebih dekat dengan tempat tinggal.

Demikian surat permohonan ini kami buat. Besar harapan kami sekolah memberikan izin atas permohonan ini. Atas perhatiannya kami ucapkan terima kasih.

Hormat Saya,
Orang Tua Siswa,

 

Anton Jaya

9. Contoh Surat Permintaan Bantuan Dana

Membangun fasilitas – fasilitas umum, seperti masjid tentu membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Maka tidak jarang kita menemukan para panitia pembangunan sebuah masjid meminta bantuan dana dari orang lain atau dari pihak lain. Jika anda juga mengalami kejadian yang sama atau mirip, maka anda bisa memberikan surat permintaan bantuan dana kepada pihak lain.

SURAT PERMINTAAN BANTUAN DANA

Nomor       : 221/VI/2018
Lampiran   : 1 Lembar
Perihal       : Permohonan Bantuan Dana

Kepada :
Yth. Bapak/Ibu……
Di Tempat

Assalamualaikum wr.wb.

Segala puji bagi Allah SWT yang telah mencurahkan rahmat dan hidayah-Nya. Yang telah memberikan kita rizqi dari arah yang tidak disangka-sangka. Semoga kita selalu dalam lindungan-Nya dan tetap istiqomah menjalankan semua perintahnya.

Seperti yang telah dibahas dalam rapat bulanan Desa Majumakmur, bahwa pada bulan depan akan dilaksanankan pembangunan penambahan area Masjid Baitussalam, maka kami selaku panitia memohon kepada Bapak/Ibu agar berkenan memberikan bantuan dana seikhasnya.

Adapaun dana yang dibutuhkan adalah Rp.9.000.000; dengan rincian sebagai berikut:

Biaya pembelian semen 20 sak……………………Rp. 1,500,000;

Biaya pembelian batu bata 2000 pcs…………..Rp. 5,500,000

Biaya tukang ………………………………………………Rp. 2,000,000

Demikian surat permohonan ini kami buat. Atas perhatian dan keikhlasan bantuannya, kami ucapkan terima kasih. Semoga apa yang kita amalkan dapat bernilai ibadah di sisi Allah SWT, aamiin.

Wassalamualaikum Wr. Wb

Bekasi, 30 Maret 2018,

Panitia Pembangunan,

 

Anton Jaya

10. Contoh Surat Permintaan Maaf

Sebagai manusia tentu memiliki kesalahan. Begitu juga dengan perusahaan yang dikelola dan dijalankan oleh manusia, mungkin memiliki kesalahan kepada perusahan ataupun pihak lain. Untuk menjaga hubungan tetap baik, maka anda atas nama perusahaan bisa meminta maaf kepada pihak tersebut, dan mengirimkan surat permintaan maaf, seperti di bawah ini.

SURAT PERMINTAAN MAAF

Jakarta, 30 Maret 2018

Kepada
Yth. Pimpinan Toko Alat tulis “Sumber Jaya”
Di Tempat

Dengan hormat,

Melalui surat ini, kami yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama : Anton Jaya
Jabatan : Pimpinan PT. Buku Tulis Jaya

Bermaksud untuk menyampaikan permohonan maaf kepada pimp20 Maret 2018 lalu. Kekeliruan tersebut murni atas kesalahan pihak perusahaan kami dan akan kami pertangungjawabkan seluruh kekeliruan tersebut. Untuk mekanisme pertangungjawaban akan kami sampaikan lebih lanjut melalui email toko saudara.
Demikian surat permohonan maaf ini kami sampaikan. Atas perkenannya kami ucapkan banyak terima kasih.

Hormat Kami,
PT. Buku Tulis Jaya,

 

Anton Jaya

11. Contoh Surat Permintaan Pindah Tugas

Berpindah – pindah tugas tentu bukanlah hal yang mudah untuk dilakukan, baik bagi para pekerja perusahaan maupun untuk para pegawai negeri sipil. Setidaknya harus mendapat persetujuan terlebih dahulu dari atasan, baru bisa pindah tugas. Untuk mendapatkan persetujuan dari atasan, maka anda bisa membuat surat permintaan pindah tugas seperti di bawah ini.

SURAT PERMINTAAN PINDAH TUGAS

Nomor :162/11/03/2018
Lamp : 1 bendel
Perihal :Permohonan Pindah Kerja

Kepada
Yth. Bupati Malang
Di-
Malang

Dengan hormat,

Yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama : Anton Jaya
NIP : 3487634
Pangkat/Gol : Pembina/IVB
Jabatan : Guru SMKN 6 Malang

Dengan ini mengajukan permohonan kepada Bapak untuk pindah kerja ke Pemerintah Daerah Kabupaten malang dengan alasan mengikuti keluarga.

Sebagai bahan pertimbangan, saya lampirkan:

  1. Foto Copy SK CPNS
  2. Foto Copy SK pangkat
  3. Foto Copy Kartu Pegawai
  4. Daftar Penilaian Kinerja PNS DP3

Demikian permohonan ini saya buat dengan sungguh-sungguh, besar harapan saya kiranya Bapak dapat mengabulkannya. Atas perhatian dan kebijaksanaannya kami ucapkan terimakasih.

Malang, 30 Maret 2018,
Pemohon,

 

Anton Jaya

12. Contoh Surat Permintaan Daftar Harga

Sebelum anda membeli barang atau menggunakan jasa yang ditawarkan oleh pihak lain, maka tentu anda harus mengetahui harganya terlebih dahulu. Dengan mengetahui harganya, maka anda akan bisa memutuskan apakah membeli barang tersebut atau menggapnya terlalu mahal. Untuk mengetahui daftar harga barang, maka anda bisa mengirimkan surat permintaan daftar harga kepada pihak lain ataupun perusahaan lain.

PT. CERIA SELALU
Jl. Ahmad Yani No. 123
Jakarta

Jakarta, 30 Maret 2018

Nomor: 012/AABD/I/2018
Perihal: Permintaan daftar harga

Kepada Yth.
PT Grobakz Seo Team
Jl Sukses Selalu Tak Pernah Surut
Jakarta

Dengan hormat,

Sehubungan dengan iklan anda pada situs bisnis terunik hargaharagaterbaru.com, kami tertarik untuk membeli beberapa produk kesehatan yang Anda tawarkan.

Untuk itu kami mohon anda dapat mengirimkan daftar harga dari produk kesehatan kategori manula, berikut cara pembelian dan sistem pembayarannya. Kami berharap anda dapat mengirimkan daftar harga dengan segera, mengingat jadwal pengadaan produk kesehatan tersebut hanya tinggal 20 hari lagi.

Atas perhatian dan kerjasamanya, kami ucapkan terima kasih.

Hormat kami,
PT Ceria Selalu,

 

Anton Jaya

13. Contoh Surat Permintaan Pembayaran

Ketika anda menjual barang atau produk kepada orang lain, mungkin saja pihak tersebut memilih cara pembayaran dengan kredit. Jadi, pembeli tersebut akan melunasi pembayaran sesuai dengan tenggat waktu yang disepakati bersama. Namun tidak jarang pembeli malah tidak membayar hutang walaupun sudah melewati tanggal yang sudah ditentukan. Untuk itu, anda bisa memberikan surat permintaan pembayaran kepada pihak tersebut.

PT. MAJU MUNDUR
Jl. Perjuangan No. 123
Medan

Medan, 30 Maret 2018

Nomor     : 01 / RC / XII / 2018
Perihal     : Surat Permohonan Pembayaran
Lamp      : –

Kepada Yth,
Kepala PT. ASDP
Indonesia Ferry (Persero)
Up. Bapak Putra Wirawan
Di Tempat

Dengan hormat,

Bersama ini kami ajukan surat permohonan pembayaran biaya pengadaan dan pemasangan CCTV di kantor PT. ASDP Indonesia Ferry (Persero) Bengkulu dengan perincian sebagai berikut:

No

Uraian

Total Harga

(Rp)

1

Pengadaan CCTV 2 Unit, IP Speed Dome 1 Unit, LED TV 32 Inchi 1 Unit, Tiang Camera 1 Unit, Setting Online CCTV dan Instalasi di Kantor PT. ASDP Indonesia Ferry (Persero) Bengkulu

26.737.500

Total Biaya

26.737.500

Terbilang: Dua Puluh Enam Juta Tujuh Ratus Tiga Puluh Tujuh Ribu Lima Ratus Rupiah

Demikian Surat Penagihan ini kami ajukan, atas perhatian dan kerjasamanya yang baik diucapkan terima kasih.

Hormat Kami,
PT. Maju Mundur,

 

Anton Jaya

14. Contoh Surat Permintaan Pengiriman

Ketika anda memesan barang atau produk dari pihak lain, mungikin saja terjadi keterlambatan pengiriman barang yang disebabkan oleh berbagai hal. Untuk itu, anda bisa mengirimkan surat permintaan pengiriman barang kepada perusahaan tersebut agar segera mengirimkan barang yang anda pesan sebelumnya.

TOKO BUAH “ARUM MANIS”
Jl. Doli No. 23, Telp. 4537782
S U R A B AYA

Surabaya, 25 Juli 2006

Kepada Yth.
CV. DELIMA
Jl. Tanah Hitam 12
MAKASSAR

Hal : Permintaan Pengiriman Barang

Dengan hormat,

Sehubungan dengan banyaknya peminat buah durian di kota Surabaya, sangat disayangkan kalau kesempatan’ini disia-siakan.

Dalam hal ini kami berkeinginan memesan buah durian tersebut dalam jumlah yang tidak terbatas dan segera dikirim secepatnya ke alamat gudang kami seperti yang telah Saudara ketahui.

Tentang pembayarannya akan kami selesaikan setelah barang kami terima.

Atas perhatian dan kerja sama yang baik selama ini kami ucapkan terima kasih.

Hormat Kami,
Toko Buah Arum Manis,

 

Anton Jaya

15. Contoh Surat Permintaan Maaf Kepada Sahabat

Memiliki sahabat sejati yang selalu saling melengkapi bukan berarti tidak memiliki masalah. Terkadang ada saatnya sepasang sahabat juga bermasalah. Namun kalau anda merasa hal tersebut salah, maka anda bisa meminta maaf kepada sahabat anda. Hal ini sangat diperlukan keterbukaan hati untuk meminta maaf, demi terjalinnya persahabatan sejati yang kalian bina.

Jakarta, 30 Maret 2018

Kepada Sahabat Terbaikku, Mia

Hai, Mia. Apa kabar? Aku berharap kau baik-baik saja. Aku menulis surat ini untuk meminta maaf tentang apa yang telah terjadi.

Maaf karena membuat ini menjadi berlebihan melalui penulisan surat ini karena aku ingin kau percaya kepadaku tentang betapa menyesalnya aku. Aku sadar tentang kesalahanku yang tidak mengecek kembali undangan pernikahanku. Aku telah mendaftarkanmu sebagai salah satu tamuku dan aku pikir bahwa kau telah mendapatkan undangan tersebut. Aku tidak tahu kalau kau tidak mendapatkannya and pada akhirnya, kau telah mendengar tentang pernikahanku dari orang lain. Aku dapat membayangkan bagaimana perasaanmu saat itu.

Oleh karna itu, melalui surat ini, aku ingin meminta maaf kepadamu karena aku betul-betul tidak tahu tentang itu. Aku menghormatimu sebagai salah satu dari teman terbaikku. Meskipun kita berada di negara atau kota yang berbeda, kita tetap saling berhubungan.

Aku sangat bersyukur menjadi temanmu, Mia. Aku berharap kesalahanku tidak akan merusak pertemanan kita. Dan sekarang, pertanyaan utamanya adalah apa yang harus aku lakukan untuk menebus kesalahanku? Aku menunggu balasan surat darimu. Terima kasih untuk kesediaanmu membaca surat permintaan maaf ini. Hati-hati.

Salam hangat,
Sahabat terbaikmu,

 

Intan Permatasari

Kesimpulan Dan Pentingnya Surat Permintaan

Walaupun sudah banyak media elektronik sekarang ini untuk dipergunakan sebagai alat komunikasi, namun surat sendiri masih belum bisa ditinggalkan. Surat masih seringkali dipergunakan oleh banyak pihak untuk berkomunikasi dengan pihak lain. Walaupun memang harus diakui penggunaan surat tersebut bukanlah oleh kalangan pribadi.

Penggunaan surat permintaan adalah salah satunya. Contoh surat permintaan ini masih banyak dipergunakan oleh perusahaan untuk berkomunikasi dengan perusahaan lain. Terlebih jika berbicara mengenai pembelian dan pemesanan barang, maka surat permintaan adalah sebuah surat yang wajib digunakan.

Dengan menggunakan surat permintaan, maka anda akan bisa mendapatkan informasi barang yang tersedia, informasi harga barang tersebut, diskon yang mungkin diberikan, cara pembayaran yang disediakan, dan lain sebagainya.

Setelah melewati proses – proses tersebut, barulah anda menggunakan surat permintaan barang atau jasa. Selanjutnya anda baru bisa mendapatkan barang ataupun jasa yang anda inginkan. Jadi jika anda tidak menggunakan surat permintaan, tentu anda tidak akan bisa mendapatkan barang atau jasa, kecuali anda mendatangi langsung ke toko untuk membeli barang, yang tentunya akan memakan waktu dan tenaga.

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *