15 Contoh Surat Perjanjian Kerjasama Berbagai Bidang - Contoh Surat Resmi
Connect with us

Contoh Surat Perjanjian

15 Contoh Surat Perjanjian Kerjasama Berbagai Bidang

Contoh Surat Perjanjian Kerjasama – Sebagai suatu perusahaan yang ingin cepat berkembang, maka tentu sebuah perusahaan tidak bisa berdiri sendiri tanpa ikatan dengan perusahaan lain. Hal ini sebenarnya bukan hal yang baru lagi, dimana setiap perusahaan tentu ingin bekerjasama dengan perusahaan – perusahaan lain agar bisa saling menguntungkan.

Kerjasama ini bisa anda jalani atas inisiatif sendiri dan mengirimkan surat permohonan kerjasama kepada perusahaan lain. Namun anda juga bisa menjalani kerjasama karena menerima surat permintaan atau surat permohonan kerjasama dari persuahaan lain.

Contoh Surat Perjanjian Kerjasama

Jika anda merasa cocok dengan tawaran kerjasama tersebut, maka anda bisa membalasnya dan menanyakan lebih detail mengenai kerjasama yang ditawarkan kepada perusahaan anda. Namun dalam menjalani kerjasama yang berlangsung, maka anda dan perusahaan lain harus menggunakan contoh surat perjanjian kerjasama.

Menulis surat perjanjian kerjasama sebenarnya sangatlah mudah. Anda tinggal mencantumkan kedua nama belah pihak serta mewakili perusahaan mana, kemudian anda bisa memasukkan poin – poin penting yang menjadi topik dari kerjasama yang anda jalani.

Bagi anda yang sudah bekerja di satu perusahaan dan bertugas di bidang adiministrasi, mungkin sudah tidak asing lagi dengan jenis surat yang satu ini, beserta cara penulisannya. Namun bagi anda yang belum banyak berpengalaman dalam menulis contoh surat perjanjian kerjasama, maka beberapa contoh di bawah ini bisa anda jadikan bahan referensi dalam penulisan contoh surat perjanjian kerjasama.

1. Contoh Surat Perjanjian Kerjasama Usaha Dagang

Kerjasama yang satu ini sudah sangat sering dilakukan oleh para pelaku usaha. Misalnya saja, seorang penyedia barang menempatkan barang yang diproduksinya di sebuah toko atau supermarket, dan pihak toko tersebut nantinya akan mendapatkan keuntungan sebesar persenan yang disepakati bersama.

Contoh Surat Perjanjian Kerjasama Usaha Dagang

Yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama : Ahmad Subari
Alamat : Jl. Anggrek No. 123, Medan

Selanjutnya disebut sebagai pihak pertama

Nama : Anton Sanjaya
Alamat : Jl. Mawar No. 123, Medan

Selanjutnya disebut sebagai pihak kedua

Untuk selanjutnya antara pihak pertama dan kedua memilik perjanjian kerjasama dengan ketentuan sebagai berikut:

  1. Pihak pertama menitipkan barangnya pada pihak kedua dengan sistem konsinyasi. Pihak kedua mendapatkan 10% dari omzet pejualan barang titipan pihak pertama.
  2. Jumlah maksimal penitipan barang yang  dilakukan pihak pertama kepada pihak kedua adalah 100 item untuk setiap desainnya.
  3. Pendistribusian barang untuk area Bandung dan sekitarnya diatur oleh pihak kedua.
  4. Pihak pertama akan membantu promosi pihak kedua, begitu juga sebaliknya.
  5. Pihak kedua melaporkan hasil penjualan kepada pihak pertama setiap bulannya, diawal bulan berikutnya disertai dengan penyerahan laba sebesar 90% dari omzet penjualan barang titipan pihak pertama kepada pihak kedua.

Demikian perjajian kerjasama ini kami buat untuk menjadi ikatan diantara kami. Segala hal yang belum termuat pada perjajian ini, dibicarakan bersama antara pihak pertama dan pihak kedua untuk mencapai mufakat dikemudian hari dan otomatis menjadi addendum pada perjanjian ini.

Perjanjian ini kami buat secara penuh kesadaran dan tanpa paksaan dari manapun. Jika terjadi perselisihan pada pelaksanaan perjanjian ini, maka kami sepakat menyelesaikannya dengan cara kekeluargaan dan musyawarah, namun jika tidak terselesaikan juga, kami sepakat menyelesaikan secara hukum yang berlaku.

Medan, 10 Mei 2018.

Pihak Pertama,

 

Ahmad Subari.

Pihak Kedua,

 

Anton Sanjaya.

2. Contoh Surat Perjanjian Kerjasama Modal Dagang

Kerjasama yang satu ini menyatukan dua belah pihak yang ingin mendirikan satu usaha. Jadi, kedua pihak tersebut memasukkan modal sesuai dengan yang diatur di surat perjanjian kerjasama, dan akan mendapatkan keuntungan sesuai dengan modalnya masing – masing nantinya.

SURAT PERJANJIAN KERJASAMA

Yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama :  Ahmad Subari
NIK :  987675877990
Jenis Kelamin : Laki – Laki
Agama : Islam
Alamat :  Jl. Pertamina No. 123, Bandung

Selanjutnya disebut Pihak Pertama.

Nama : Anton Sanjaya
NIK :  2346775465
Jenis Kelamin : Laki – Laki
Agama : Islam
Alamat :  Jl. Perhubungan No. 123, Bandung

Selanjutnya disebut Pihak Kedua.

Isi Perjanjian :

Pasal 1 :
Bahwa antara Pihak Pertama dan Pihak Kedua telah sepakat mengadakan Kerjasama di bidang Fashion dengan modal awal Rp. 100.000.000,- ( Seratus Juta Rupiah ).

Pasal 2 :
Bahwa biaya sebagaimana tersebut pada pasal 1, ditanggung oleh masing-masing pihak sebesar Rp. 50.000.000,- ( Lima Pulu Juta Rupiah ).

Pasal 3 :
Bahwa masing-masing pihak berhak untuk mendapatkan pembagian hasil 50% dari keuntungan. di hitung setelah usaha berjalan selama Tiga Bulan. dan Selanjutnya dihitung setiap bulan.

Pasal 4 :
Bahwa apabila kekayaan perusahaan telah melebehi dari modal awal, maka masing-masing pihak berhak menarik modalnya kembali dan tidak mempengaruhi hak atas pembagian keuntungan.

Pasal 5 :
Bahwa hak-hak tersebut pada perjanjian ini akan menjadi gugur/tidak sah apabila pihak yang bersangkutan mengundurkan diri atau melakukan pelanggaran-pelanggaran yang merugikan perusahaan.

Demikan surat perjanjian ini dibuat rangkap dua, di atas materai Rp. 6.000,00 Untuk dijadikan pegangan bagi masing-masing pihak. Dan surat perjanjian ini ditandatangani di depan saksi-saksi dan dalam keadaan sehat walafiat tanpa tekanan dari siapapun.

Bandung, 10 Mei 2018.

Pihak Pertama,

 

Ahmad Subari.

Pihak Kedua,

 

Anton Sanjaya.

3. Contoh Surat Perjanjian Kerjasama Investasi

Berinvestasi di perusahaan – perusahaan besar tentu saja merupakan impian besar bagi sebagian orang yang memiliki uang yang banyak. Jadi, jika anda melihat sebuah perusahaan yang memiliki potensi bagus, namun kekurangan dana, maka anda bisa menawarkan investasi kepada perusahaan tersebut. Nantinya anda akan mendapatkan keuntungan sesuai dengan kesepakatan bersama.

SURAT PERJANJIAN KERJASAMA INVESTASI

Yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama : Ahmad Subari
Jabatan : Pemilik Usaha Ergo Fashion (Peminjam Dana)

Disebut pihak Pertama (I)

Nama : Anton Sanjaya
Jabatan : Pemberi Dana

Disebut pihak Kedua (II)

Untuk selanjutnya antara pihak I dan pihak II sepakat untuk mengadakan kerjasama di bidang Ergo Fashion yang di atur dalam pasal-pasal berikut :

Pasal 1
Pihak kedua memberikan pinjaman dana kepada pihak pertama sebagai bentuk peningkatan skala usaha Ergo Fashion dalam memenuhi kebutuhan permintaan konsumen (pelanggan).

Pasal 2
Nilai investasi setelah melalui kesepakatan kedua belah pihak adalah Rp. 15.000.000,00 (lima belas juta rupiah).

Pasal 3
Pihak I diwajibkan menyerahkan kepada pihak II mengenai Rencana anggaran belanja usaha (RAB).

Pasal 4
Apabila terjadi kerugian dalam pelaksanaan pengembangan usaha Ergo Fashion maka pihak I diwajibkan menanggung semua biaya kerugian serta diwajibkan menyelesaikan pengembalian dana seperti kesepakatan awal.

Pasal 5
Pihak I menyanggupi untuk mengembalikan dana pengembangan usaha dalam waktu 6 bulan.

Pasal 6
Perjanjian kerjasama ini berlaku sejak ditanda tangani dan dapat dibatalkan sewaktu-waktu sesuai kesepakatan kedua belah pihak.

Demikian untuk menjadikan maklum semua pihak yang berkepentingan.

Jakarta, 10 Mei 2018.

Pihak Pertama,

 

Ahmad Subari.

Pihak Kedua,

 

Anton Sanjaya

4. Contoh Surat Perjanjian Kerjasama Bagi Hasil

Perjanjian yang satu ini bisa dilakukan oleh pelaku usaha namun memiliki modal yang kurang dengan orang yang tidak memiliki usaha namun memiliki uang sebagai modal. Jadi, sebagai pemilik modal yang memberikan modalnya kepada pelaku usaha, maka pemberi modal akan menerima sebagian dari hasil keuntungan usaha tersebut nantinya.

SURAT PERJANJIAN KERJASAMA

Yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama :  Ahmad Subari
NIK : 32564574352
Jenis Kelamin : Laki – Laki
Agama : Islam
Alamat :  Jl. Cempaka No. 123, Medan

Selanjutnya disebut PIHAK PERTAMA

Nama :  Anton Sanjaya
NIK : 32564574352
Jenis Kelamin : Laki – Laki
Agama : Islam
Alamat :  Jl. Kenangan No. 123, Medan

Selanjutnya disebut PIHAK KEDUA

Pasal 1
Dalam surat perjanjian kerjasama ini Pihak Kedua Meminjam uang sebesarRp.40.000.000 ( Empat Puluh Juta Rupiah) Kepada Pihak Pertama untuk Usaha Pertanian berupa penjualan sayuran ke Pedagang Pasar dan Supermarket.

Pasal 2
Pihak Pertama memberikan keuntungan dari penjualan sebesar 2.5% atau Rp.1.200.000 (Satu Juta Dua Ratus Ribu Rupiah) kepada Pihak Kedua selama 1 bulan.

Pasal 3
Apabila Pihak Pertama tidak dapat mengembalikan maka Uang Gaji atau Komisi di berikan kepada Pihak Kedua

Demikian surat Perjanjian ini dibuat dengan sebenar-benarnya dan dengan itikad baik dan keiklasan tanpa paksaan dari pihak – pihak manapun.

Medan, 10 Mei 2018.

Pihak Pertama,

 

Ahmad Subari.

Pihak Kedua,

 

Anton Sanjaya

5. Contoh Surat Perjanjian Kerjasama Penanaman Modal

Jika perusahaan anda memiliki potensi berkembang, namun memiliki keterbatasan dana sebagai modal, maka anda bisa menjalin kerjasama dengan perusahaan lain atau pihak lain. Nantinya, pihak tersebut akan memberikan modal sesuai kesepakatan dan anda berkewajiban untuk memberikan sebagian keuntungan dari hasil modal tersebut sesuai persenan yang disepakati dalam surat perjanjian kerjasama.

PT  SEGAR ALAM ABADI
Ruko Edelwis Permai Blok AB3 No. 4  Jl. Raya  Wangi Teh Melati Km. 3,8 Bandung 670977
Telp. 022 332769 Fax. 022 332766 Mobile. 09762467925
Website: www.segaralamabadi.com Email: [email protected]

SERAH PERJANJIAN
No. 18/SAA/PSAB/XI/18

Pada hari ini, Kamis, 10 Mei 2018, telah dilakukan serah terima jabatan oleh dan diantara :

Nama : Ahmad Subari
Jabatan : Direktur PT. Segar Alam Abadi
NIK : 896434

Selanjutnya disebut PIHAK PERTAMA

Nama : Anton Sanjaya
Jabatan : Direktur PT. Maju Jaya
NIK : 987664

Selanjutnya disebut PIHAK KEDUA

Secara bersama-sama kedua pihak bersepakat untuk mengadakan perjanjian kerjasama usaha dengan ketentuan-ketentuan yang diatur dalam pasal-pasal sebagai berikut:

  1. Pihak Pertama selaku pemilik modal menyerahkan sejumlah uang sebesar Rp. 500.000.000 (Lima Ratus Juta Rupiah)  kepada Pihak Kedua untuk dipergunakan sebagai modal usaha untuk jenis usaha pertambangan
  2. Pihak Kedua selaku pengelola modal dari Pihak Pertama bertanggungjawab untuk mengelola usaha sebagaimana tercantum dalam Pasal 1 Ayat 1
  3. Pihak Kedua menerima modal dalam bentuk uang dari Pihak Pertama yang diserahkan pada saat perjanjian ini disepakati dan ditandatangani
  4. Pihak Pertama akan mendapatkan keuntungan bagi hasil usaha menurut persentase keuntungan yang telah disepakati bersama sebagaimana diatur dalam Pasal 4
  5. Masing-masing pihak memiliki andil dalam usaha ini, baik modal maupun tenaga yang besar maupun pembagiannya.

Bandung, 10 Mei 2018.

Pihak Pertama,

 

Ahmad Subari.

Pihak Kedua,

 

Anton Sanjaya

6. Contoh Surat Perjanjian Kerjasama Pemberian Modal dengan Jaminan

Pemberian modal memang tidak selamanya mudah, dan hal ini bergantung pada kesepakatan kedua belah pihak. Mungkin saja pihak pemberi modal harus memegang jaminan dari anda, baik itu berupa kendaraan maupun barang – barang berharga lainnya. Maka dari itu, anda bisa menulis surat perjanjian kerjasama seperti di bawah ini.

SURAT PERJANJIAN KERJASAMA

Yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama :  Ahmad Subari
NIK : 32564574352
Jenis Kelamin : Laki – Laki
Agama : Islam
Alamat :  Jl. Kenangan No. 123, Bandung

Selanjutnya disebut PIHAK PERTAMA

Nama :  Anton Sanjaya
NIK : 32564574352
Jenis Kelamin : Laki – Laki
Agama : Islam
Alamat :  Jl. Cempaka No. 123, Bandung

Selanjutnya disebut PIHAK KEDUA

Kedua belah pihak telah sepakat mengadakan perjanjian Pembiayaan Musyarokah (Penyertaan Modal ) yang terikat dengan ketentuan dan syarat-syarat sebagai berikut :

Pasal I
Dalam surat perjanjian kerjasama ini Pihak Kedua Meminjam uang sebesar Rp.40.000.000 ( Empat Puluh Juta Rupiah) Kepada Pihak Pertama untuk Usaha Pertanian berupa penjualan sayuran ke Pedagang Pasar dan Supermarket.

Pasal II
Kedua belah Pihak telah bersepakat bahwa akad tersebut terikat pada ketentuan-ketentuan dan sarat-sarat sebagai berikut :

  1. Pembiayaan tersebut benar-benar hanya digunakan untuk menambah modal usaha pertanian PIHAK KEDUA.
  2. Jangka waktu pembiayaan adalah 3 bulan (96 HARI) oleh karena itu perjanjian ini berlaku sejak tanggal ditandatanganinya akad/ perjanjian ini dan akan jatuh tempo pada tanggal 28 Februari 2016.
  3. PIHAK KEDUA berkewajiban memberikan hasil atas usaha petanian tersebut bersamaan dengan tanggal jatuh tempo Perjanjian Pembiayaan ini yang besarnya akan dihitung pada akhir masa perjanjian ini.

Pasal III
Untuk menjamin keamanan dan terpenuhinya akad sebagaimana tujuan perjanjian pembiayaan Musyarokah ini, maka:

  1. PIHAK KEDUA bersedia untuk menyerahkan jaminan berupa : BPKB Mobil jenis Minibus atas nama Anton Sanjaya.
  2. PIHAK KEDUA bersedia dan bertanggungjawab untuk melepaskan hak atas jaminan tersebut pada pasal III ayat 1 kepada PIHAK PERTAMA, apabila PIHAK KEDUA, dengan sengaja melanggar ketentuan-ketentuan perjanjian.

Demikian perjanjian ini dibuat dan ditandatangani kedua belah pihak.

Bandung, 10 Mei 2018.

Pihak Pertama,

 

Ahmad Subari.

Pihak Kedua,

 

Anton Sanjaya.

7. Contoh Surat Perjanjian Kerjasama di Bidang Peternakan

Jika anda memkiliki keingnan untuk membuka peternakan, namun terkendala karena modal yang masih kurang, maka anda bisa mengajukan kerjasama dengan pihak lain atau dengan orang lain. Jadi, anda bisa meminjam modal dari pihak tersebut dengan pembagian keuntungan yang diatur dalam surat perjanjian.

SURAT PERJANJIAN KERJASAMA

Yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama : Ahmad Subari
Tempat/Tgl Lahir : Sleman/20/09/1994
NIK : 3536577463

Selanjutnya disebut PIHAK PERTAMA

Nama : Anton Sanjaya
Tempat/Tgl Lahir : Citarum/20/09/1994
NIK : 8765634567

Selanjutnya disebut PIHAK KEDUA

Dengan surat ini menyatakan sepakat untuk melakukan perjanjian kerja sama dengan ketentuan sebagai berikut :

Pasal 1
Dalam surat perjanjian kerjasama ini Pihak Kedua meminjam uang sebesar Rp. 50.000.000,00 (Lima Puluh Juta Rupiah) kepada Pihak Pertama untuk usaha peternakan dan pembiakan ikan lele.

Pasal 2
Pihak Kedua memberikan keuntungan dari penjualan sebesar 5% atau Rp. 2.500.000 (Dua Juta Lima Ratus Ribu Rupiah) kepada Pihak Pertama selama 1 bulan.

Pasal 3
Apabila Pihak Kedua tidak dapat mengembalikan uang tersebut dalam jangka waktu dua bulan maka komisi akan diberikan kepada Pihak Pertama.

Demikian surat perjanjian ini dibuat dan disetujui bersama serta tanpa ada suatu unsur paksaan dari pihak manapun.

Sleman, 10 Mei 2018.

Pihak Pertama,

 

Ahmad Subari.

Pihak Kedua,

 

Anton Sanjaya.

8. Contoh Surat Perjanjian Kerjasama Permodalan

Dalam menjalankan dan mengembangakan usaha, faktor modal memang seringkali  menjadi masalah utama. Nah, jika anda mengalami hal demikian, maka anda bisa mengajukan permohonan kerjasama kepada pihak lain. Nantinya. pihak pemberi modal tersebut akan mendapatkan sebagian keuntungan dari usaha yang anda jalankan.

SURAT PERJANJIAN KERJASAMA

Para pihak yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama : Ahmad Subari
NIK : 89754635678
Alamat : Jl. Pattimura No. 123, Yogyakarta

Bertindak selaku atas nama diri sendiri, selanjutnya dalam perjanjian ini disebut PIHAK PERTAMA;

Nama : Anton Sanjaya
NIK : 9863546578
Alamat : Jl. Pertempuran No. 123, Yogyakarta

Bertindak selaku atas nama diri sendiri, selanjutnya dalam perjanjian ini disebut PIHAK KEDUA;

Pada hari ini, Kamis, 10 Mei 2018, masing-masing pihak telah sepakat untuk mengadakan perjanjian kerjasama (selanjutnya disebut Kontrak) dengan ketentuan-ketentuan dan syarat-syarat yang diatur dalam 14 pasal sebagai berikut :

Pasal 1

Ketentuan Umum

  1. Pihak Pertama selaku pemilik modal menyerahkan sejumlah uang tertentu kepada Pihak Kedua untuk dipergunakan sebagai modal usaha untuk jenis usaha ekspor furniture.
  2. Pihak Kedua selaku pengelola modal dari Pihak Pertama bertanggungjawab untuk mengelola usaha sebagaimana tercantum dalam Pasal 1 Ayat 1.
  3. Pihak Kedua menerima modal dalam bentuk uang dari Pihak Pertama yang diserahkan pada saat perjanjian ini disepakati dan ditandatangani.

Pasal 2

Modal Usaha

  1. Besar uang modal usaha, sebagaimana disebut pada Pasal 1 Ayat 1 adalah sebesar Rp.500.000.000,- (lima ratus juta rupiah)
  2. Modal Pihak Pertama tersebut diserahkan kepada Pihak Kedua setelah akad ini ditandatangani oleh kedua belah pihak, melalui transfer ke nomor rekening 0234.567.8910 Bank BCA Cabang Sleman an. Abdullah Rauf.

 

Bahwa segala sesuatu yang berkaitan dengan Kontrak ini dengan segala akibatnya, maka Para Pihak sepakat memilih tempat kediaman hukum (domisili) yang umum dan tetap di Kantor Kepaniteraan Pengadilan Negeri

Demikian Kontrak ini dibuat dan diselesaikan pada hari dan tanggal seperti tersebut pada bagian awal Kontrak ini. Segera, setelah Kontrak ini dibuat, Para Pihak dan Istri Pihak Kedua, lalu menandatangani Kontrak ini diatas materai, dalam keadaan sehat jasmani dan rohani serta tanpa adanya unsur paksaan dari pihak manapun serta dapat dipertanggungjawabkan secara hukum.

Yogyakarta, 10 Mei 2018.

Pihak Pertama,

 

Ahmad Subari.

Pihak Kedua,

 

Anton Sanjaya.

9. Contoh Surat Perjanjian Kerjasama Pembukaan Usaha

Perjanjian kerjasama tidak hanya dilakoni oleh orang – orang yang sudah memiliki usaha, namun juga orang yang belum memiliki usaha. Jika anda ingin mendirikan usaha, namun masih terkendala karena modal yang kurang, maka anda bisa menjalin kerjasama dengan pihak atau orang lain.

SURAT PERJANJIAN KERJA SAMA

Pada hari ini, Kamis, 10 Mei 2018, kami yang bertanda tangan dibawah ini :

Nama : Ahmad Subari
NIK : 8765453647
Alamat : Jl. Pertempuran No. 123, Jakarta

Dalam hal ini bertindak sebagai pengelola warnet yang selanjutnya disebut sebagai PIHAK PERTAMA.

Nama : Anton Sanjaya
NIK : 84346578
Alamat : Jl. Perjuangan No. 123, Jakarta

Dalam hal ini bertindak sebagai salah satu pemegang saham Warnet yang selanjutnya disebut sebagai PIHAK KEDUA.

Dengan ini PIHAK PERTAMA dan PIHAK KEDUA setuju untuk mengadakan perjanjian kerjasama dengan ketentuan-ketentuan sebagai berikut dibawah ini.

Pasal 1
Lingkup Kerjasama

  1.  Terhitung tanggal pada surat ini maka mulai hari ini PIHAK KEDUA memberikan modal kepada PIHAK PERTAMA sebanyak 15 lot saham yaitu berupa uang tunai senilai Rp ……
  1.  Bahwa PIHAK PERTAMA akan menggunakan perangkat tersebut untuk menambah modal pembuatan usaha warnet.

Pasal 2
Jenis Usaha

Jenis Usaha yang akan didirikan oleh PIHAK PERTAMA adalah :

  1. Warnet
  2. Rental Komputer
  3. Print Service
  4. Training IT

Surat perjanjian kerjasama ini dibuat di Jakarta, pada hari dan tanggal yang sama dengan diatas, dengan disaksikan oleh para saksi dan ditandatangani tanpa paksaan dari pihak manapun juga dan dibuat rangkap 2 (dua).

Jakarta, 10 Mei 2018.

Pihak Pertama,

 

Ahmad Subari.

Pihak Kedua,

 

Anton Sanjaya.

10. Contoh Surat Perjanjian Kerjasama Pembangunan

Jika anda ingin membangun sesuatu hal, namun tidak memiliki sumber daya manusia yang handal, maka anda bisa bekerjasama dengan pihak lain untuk menyelesaikan pekerjaan tersebut. Anda akan mendapatkan bagunan yang sudah jadi, dan pihak lainnya akan mendapatkan uang dari anda.

SURAT PERJANJIAN KONTRAK KERJASAMA
No. I/SP/PT.MU/IV/2018

Kami yang bertanda tangan dibawah ini :

Nama : Ahmad Subarjo
NIK : 764334568790
Jabatan : Manajer

Dalam hal ini bertindak dan atas nama PT. Maju Mundur yang selanjutnya disebut sebagai PIHAK PERTAMA.

Nama : Anton Sanjaya
NIK : 9865654578
Alamat : Jl. Perdana No. 123, Yogyakarta

Dalam hal ini bertindak dan atas nama diri sendiri yang selanjutnya disebut sebagai PIHAK KEDUA.

Dengan ini PIHAK PERTAMA dan PIHAK KEDUA telah melakukan kesepakatan perjanjian berupa PERJANJIAN KERJA dengan ketentuan sebagai berikut :

Pasal 1
PIHAK PERTAMA akan menyelesaikan pekerjaan sebagai tindakan kerja sama dengan PIHAK KEDUA yaitu penyelesaian penggarapan konstruksi baja pada bangunan gudang dengan ukuran 27 m2 x 19 m2.

Pasal 2
PIHAK PERTAMA bertanggung jawab untuk menyediakan semua material yang diperlukan untuk terlaksananya proses penyelesaian pekerjaan tersebut.

Pasal 3
PIHAK PERTAMA akan menyerahkan dana untuk pembiayaan dan juga upah kepada PIHAK KEDUA sebesar Rp 70.000.000 (tujug puluh juta rupiah) yang dibayarkan dalam dua tahap, yaitu: Pembayaran pertama dilakukan ketika progres pekerjaan sudah mencapai volume 40 %, untuk selanjutnya pembayaran kedua akan ditunaikan maksimal 2 hari setelah pekerjaan selesai.

Pasal 4
PIHAK PERTAMA tidak harus melakukan pembayaran kepada PIHAK KEDUA apabila PIHAK KEDUA tidak menyelesaikan penggarapan konstruksi baja ruangan gudang berukuran 27 m2 x 17 m2 hingga selesai.

Demikian surat perjanjian ini kami buat dan disepakati bersama tanpa ada paksaaan dari pihak manapun dan atas keinginan kedua belah pihak sendiri.

Yogyakarta, 10 Mei 2018.

Pihak Pertama,

 

Ahmad Subari.

Pihak Kedua,

 

Anton Sanjaya.

11. Contoh Surat Perjanjian Sewa Mobil

Bentuk perjanjian penyewaan mobil sekarang ini sudah sangat sering kita temukan. Jika anda ingin bepergian ke luar kota atau kemana saja, maka anda tinggal mencari penyewaan mobil, lalu membuat surat perjanjian kerjasama sewa mobil seperti di bawah ini.

SURAT PERNJANJIAN SEWA MOBIL

Perjanjian penyewaan mobil ini dibuat pada hari ini Kamis, 10 Mei 2018, di Surabaya, oleh dan diantara :

Nama : Ahmad Subarjo
NIK : 90896534
Alamat : Jl. Perhubungan No. 123, Surabaya

Selanjutnya disebut sebagai “Pemilik“.

Nama : Anton Sanjaya
NIK : 9875643
Alamat : Jl. Pertempuran No. 123, Surabaya

Selanjutnya disebut sebagai “Penyewa“.

Pemilik dan Penyewa secara bersama-sama selanjutnya disebut sebagai “Para Pihak”. Para Pihak dengan ini menyepakati kerja sama dalam hal sewa mobil serta menyatakan saling mengikatkan diri dalam Perjanjian Penyewaan Mobil ini dengan ketentuan-ketentuan serta syarat-syarat sebagai berikut:

  1. Pemilik dengan ini sepakat untuk menyewakan satu uniy Mobil kepada Penyewa dan Penyewa dengan ini menyetujui untuk menyewa Mobil tersebut dari Pemilik;
  2. Mobil sebagaimana dimaksud Butir (1) adalah sebuah kendaraan roda empat Merek Honda, Tipe MPV, Tahun Pembuatan 2016, Nomor STNK xxxxx, Nomor BPKB xxxxx ;
  3. Penyewa berhak untuk menggunakan Mobil untuk selama 7 ( tujuh ) hari, yang dimulai dari tanggal 02 Maret 2017 sampai dengan tanggal 06 Maret 2017 (“Masa Sewa”);
  4. Penyewa berkewajiban untuk membayar biaya sewa Mobil sebesar Rp 300,000,- ( tiga ratus rupiah) perhari (“Biaya Sewa Perhari”), sehingga total Harga Sewa selama Masa Sewa adalah sebesar Rp. 2,100,000,- ( dua juta seratus ribu rupiah) (“Harga Sewa”);
  5. Apabila terjadi keterlambatan waktu pengembalian Mobil dari Masa Sewa, maka Penyewa menyetujui untuk membayar biaya tambahan atas kelebihan waktu keterlamabtan tersebut sebesar Biaya Sewa Perhari dikali jumlah hari keterlambatan;

Demikian Surat Perjanjian ini dibuat agar diperhatikan dengan sebaik-baiknya, surat ini dibuat dalam rangkap 2 (dua) dan bermaterai, untuk kemudian masing-masing pihak memperoleh 1 (satu) rangkap dan kesemuanya memiliki kekuatan hukum yang sama.

Surabaya, 10 Mei 2018.

Pihak Pertama,

 

Ahmad Subari.

Pihak Kedua,

 

Anton Sanjaya

12. Contoh Surat Perjanjian Kerjasama Pemasaran

Jika anda memiliki suatu produk, namun memiliki penjualan yang kurang maksimal, maka anda bisa bekerjasama dengan perusahaan lain. Perusahaan tersebut nantinya akan memasarkan produk anda, dan mereka akan mendapatkan keuntungan dari hasil penjualan sesuai dengan yang disepakati.

SURAT PERJANJIAN KERJASAMA
Nomor :012/SPKJ-KPB-MK/IX/18

Pada hari ini Kamis, 10 Mei 2018, kami yang bertanda tangan dibawah ini :

Nama : Ahmad Subari
Jabatan : Ketua Kelompok Pengrajin Boneka Mukti Karsa

Dalam hal ini bertindak untuk dan atas nama Kelompok Perajin Boneka MUKTI KARSA  dan untuk selanjutnya disebut PIHAK KESATU

Nama : Anton Sanjaya
Jabatan : Direktur CV. Sakti Mulia Jaya

Bertindak untuk dan atas nama CV. SAKTI MULYA JAYA dan untuk selanjutnya disebut PIHAK KEDUA

PIHAK KESATU dan PIHAK KEDUA bersepakat untuk mengadakan perjanjian kerjasama dalam hal pemasaran boneka – boneka hasil produksi Kelompok Pengrajin boneka MUKTI KARSA yang tertuang dalam 14 (empat belas) pasal, sebagai berikut :

Pasal 1
PIHAK KESATU mewakili Kelompok Pengrajin Boneka MUKTI KARSA menyetujui untuk bekerja sama dengan PIHAK KEDUA yang dalam hal ini PIHAK KEDUA ditetapkan sebagai distributor utama atau agen tunggal oleh PIHAK KESATU untuk memasarkan boneka-boneka produksi Kelompok Pengrajin Boneka MUKTI KARSA sesuai surat penunjukan nomor : 025/SP-PKB-MK/VIII/18 tertanggal 10 April 2018.

Setuju untuk mengadakan kerja sama dengan PIHAK KEDUA untuk memasarkan keseluruhan barang barang produksi PIHAK KESATU.

Surat perjanjian kerjasama ini dibuat rangkap 2 (dua), ditandatangani secara bersama dan masing-masing pihak menyatakan dalam keadaan sadar tanpa adanya tekanan atau pengaruh atau juga paksaan dari pihak manapun juga.

Jakarta, 10 Mei 2018.

Pihak Pertama,

 

Ahmad Subari.

Pihak Kedua,

 

Anton Sanjaya.

13. Contoh Surat Perjanjian Kerjasama Penyediaan Peralatan Olahraga

Ketika anda dan kelompok anda melaksanakan sebuah program untuk cabang olahraga tertentu, namun tidak memiliki peralatan olahraga, maka bisa meminjamnya kepada orang lain. Dalam hal ini, anda akan menerima peralatan olahraga, dan anda bisa memberikan imbalan kepada pihak yang menyediakan peralatan olahraga tersebut.

SURAT PERJANJIAN KERJASAMA

Pada hari ini Kamis, 10 Mei 2018, kami yang bertanda tangan dibawah ini :

  1. Ahmad Subari, selaku Direktur PT. Joss Tenan, yang selanjutnya disebut PIIHAK PERTAMA.
  2. Anton Sanjaya, Pebulutangkis, yang selanjutnya disebut sebagai PIHAK KEDUA.

Dalam rangka membina olah raga bulu tangkis, khususnya di Indonesia dan untuk menjalin serta meningkatkan kerja sama sebaik-baiknya antara PIHAK PERTAMA dengan PIHAK KEDUA, maka kedua belah pihak dengan ini mengadakan perjanjian – perjanjian dengan syarat-syarat yang diatur dalam 15 (lima belas) pasal sebagai berikut:

Pasal 1

KEWAJIBAN – KEWAJIBAN

PIHAK KEDUA berjanji untuk melaksanakan kewajibannya yang dibebankan kepadanya, sebagai berikut:

  1. Mengikuti pertandingan bulu tangkis, baik dalam maupun luar negeri, seperti yang diminta atau ditentukan oelh PIHAK PERTAMA secara terlebih dahulu.
  2. Tetap berlatih dengan serius untuk meningkatkan kemampuan dan keterampilan diri.
  3. Turut mendidik dan membina calon-calon pebulutangkis, terutama kepada calon-calon yang terdaftar serta tergabung dalam Klub Persatuan Bulu Tangkis JAYA ABADI Surakarta yang dimiliki PIHAK PERTAMA

 

IMBALAN JASA
Untuk imbalan jasa, PIHAK PERTAMA akan memberikan imbalan jasa kepada PIHAK KEDUA uang sejumlah Rp.250.000.000,00 (dua ratus lima puluh juta rupiah) selama masa perjanjian ini  berlaku.

 

Surat perjanjian ini dibuat rangkap 2 (dua), ditandatangani secara bersama dan masing masing pihak menyatakan dalam keadaan sadar tanpa adanya tekanan atau pengaruh atau juga paksaan dari pihak manapun.

Medan, 10 Mei 2018.

Pihak Pertama,

 

Ahmad Subari.

Pihak Kedua,

 

Anton Sanjaya.

14. Contoh Surat Perjanjian Kerjasama Hutang Piutang

Jika anda membutuhkan uang dalam jumlah tertentu, maka anda bisa meminjamnya kepada pihak lain. Anda akan mendapatakan uang dan orang tersebut nantinya akan mendapatkan bunga sesuai dengan persenan yang disepakati bersama. Namun anda harus membayar hutang tersebut sesuai dengan tenggat waktu yang disepakati.

PERJANJIAN HUTANG PIUTANG

Pada hari ini, Kamis, 10 Mei 2018 Kami yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama : Ahmad Subari
NIK : 0987544
Alamat : Jl. Perdana No. 123, Medan

Selanjutnya disebut sebagai PIHAK PERTAMA.

Nama : Anton Sanjaya
NIK : 897354656787
Alamat : Jl. Kasuari No. 123, Medan

Selanjutnya disebut sebagai PIHAK KEDUA.

Kedua belah pihak terlebih dahulu menerangkan hal-hal sebagai berikut :

1. Bahwa pada 10 Mei 2018, PIHAK PERTAMA telah mengajukan Hutang sebesar Rp. 10.000.000,-(sepuluh juta rupiah) kepada PIHAK KEDUA.

2. Bahwa atas pengajuan PIHAK PERTAMA, PIHAK KEDUA telah menyetujui untuk meminjamkan uang tunai sebesar Rp. 10.000.000,-(sepuluh juta rupiah) kepada PIHAK PERTAMA pada 21 Juni 2012.

3. PIHAK PERTAMA dan PIHAK KEDUA telah sepakat bahwa pembayaran Hutang oleh PIHAK PERTAMA dilakukan dengan cicilan PIHAK PERTAMA kepada PIHAK KEDUA sebanyak Rp. 1.000.000,-(satu juta rupiah) setiap bulan, selama 12 bulan, yang dimulai pada bulan Mei 2018, dan berakhir pada bulan April 2019.

4. Perjanjian hutang piutang ini dibuat rangkap dua, bermeterai cukup yang masing-masing mempunyai kekuatan hukum yang sama dan berlaku sejak ditandatangani oleh Para Pihak.

5. Mengenai hal-hal yang belum dituangkan dalam perjanjian ini, akan diatur kemudian dengan addendum-addendum baru sesuai kesepakatan para pihak.

Demikian surat perjanjian ini dibuat, agar dapat digunakan sebagaimana mestinya.

Medan, 10 Mei 2018.

Pihak Pertama,

 

Ahmad Subarjo.

Pihak Kedua,

 

Anton Sanjaya.

15. Contoh Surat Perjanjian Kerjasama Promosi

Belakangan ini kegiatan promosi sangat sering dilakukan oleh berbagai perusahaan untuk memperkenalkan produk dan jasa yang mereka sediakan. Nah, untuk mempromosikan barang atau jasa yang anda miliki, maka anda bisa bekerjasama dengan perusahaan lain dengan menulis surat perjanjian kerjasama seperti di bawah ini.

SURAT PERJANJIAN KERJASAMA

Yang bertanda tangan dibawah ini :

Nama : Ahmad Subari
Jabatan : Direktur PT. Maju Terus

Dalam hal ini bertindak untuk dan atas nama PT. Maju Terus selanjutnya disebut PIHAK PERTAMA.

Nama : Anton Sanjaya
Jabatan : Direktur PT. Mundur Terus

Dalam hal ini bertindak untuk dan atas nama PT. Mundur Terus, selanjutnya disebut PIHAK KEDUA.

Kedua belah pihak sepakat untuk mengadakan perjanjian kerjasama dengan ketentuan sebagai berikut :

Pasal 1
Maksud dan Tujuan
PIHAK PERTAMA dan PIHAK KEDUA sepakat untuk saling membantu dalam segi promosi dan saling melibatkan pada setiap kegiatan yang sesuai dengan segmen pasar dari kedua belah pihak.

Pasal 2
Bentuk Kerjasama

  1. PIHAK PERTAMA akan memberikan fasilitas discount sesuai dengan ketentuan discount bagi kelompok corporate (kerjasama) untuk setiap pembelian yang dilakukan oleh PIHAK KEDUA.
  2. PIHAK PERTAMA dan PIHAK KEDUA akan mempromosikan kepada seluruh calon pengunjung yang datang pada setiap event untuk menginformasikan.

Pasal 3
Kewajiban Pihak Pertama

  1. Membantu kelancaran kegiatan untuk setiap promosi yang dilakukan oleh PIHAK KEDUA.
  2. Menyediakan brosure/ flier

Pasal 4
Kewajiban Pihak Kedua

  1. Mempromosikan kepada seluruh calon-calon pengunjung.
  2. Membantu kelancaran penjualan karcis untuk rombongan bagi calon pengunjung baik didalam maupun diluar kota.
  3. Mampu mencapai target yang diminta oleh PIHAK PERTAMA pada setiap tahunnya.

Demikian Surat Perjanjian ini dibuat rangkap 2 (dua) serta masing-masing mempunyai kekuatan hukum yang sama.

Medan, 10 Mei 2018.

Pihak Pertama,

 

Ahmad Subari.

Pihak Kedua,

 

Anton Sanjaya.

Kesimpulan dan Pentingnya Surat Perjanjian Kerjasama

Setiap perusahaan akan berusaha untuk mengembangkan perusahaan mereka dan mendapatkan keuntungan sebanyak mungkin. Keinginan ini tentu sudah menjadi keinginan yang umum dan merupakan tujuan dari setiap perusahaan yang berdiri, baik itu perusahaan yang bergerak di bidang penyediaan jasa maupun perusahaan yang bergerak di bidang penyediaan produk.

Namun anda tidak bisa serta merta membuat perjanjian kerjasama begitu saja tanpa bukti resmi. Anda harus menulis contoh surat perjanjian kerjasama untuk mengesahkan perjanjian kerjasama yang anda jalani. Hal ini sangat penting, karena tidak selamanya kerjasama yang anda alami akan berjalan mulus.

Jika di kemudian hari terjadi cekcok atau perselisihan antara kedua belah pihak, maka anda bisa menggunakan contoh surat perjanjian kerjasama yang sudah dibuat terlebih dahulu sebagai bukti mengenai perjanjian kerjasama tersebut. Jadi, dengan digunakannya surat perjanjian kerjasama, diharapkan tidak akan ada pihak yang ingkar dari perjanjian dan mencoba menipu pasangan kerjasama mereka.

Namun jika anda tidak membuat surat pernjanjian kerjasama terlebih dahulu, maka kedua belah pihak mungkin saja tidak akan menemui jalan keluar ketika terjadi perselisihan. Hal ini dikarenakan tidak ada bukti – bukti sah dan konkrit atas kerjasama yang anda jalani.

Jika sudah demikian, maka bukannya mendapatkan untung, namun anda dan pasangan kerjasama anda mungkin saja malah akan mengalami kerugian.

Continue Reading