Connect with us

Contoh Surat Resmi

Contoh Surat

15 Contoh Surat Perintah Kerja Perusahaan, Instansi, Dan Lembaga

Contoh Surat Perintah Kerja – Segala sesuatu mengenai pekerjaan yang kita lakukan tentu harus berdasarkan keputusan atau perintah dari atasan. Jika anda bekerja di sebuah perusahaan, maka anda akan memiliki tanggung jawab pekerjaan yang diberikan oleh atasan anda. Begitu juga jika anda merupakan seorang pegawai negeri sipil, akan menerima tugas dari atasan yang sudah ditetapkan sesuai dengan tugas pokok dan fungsi masing – masing pegawai.

Jika anda mengerjakan pekerjaan yang sehari – harinya sudah menjadi tanggung jawab dan tugas anda, tentu tidak membutuhkan yang namanya surat perintah kerja lagi. Namun berbeda jika anda diberikan pekerjaan lain, seperti mengikuti rapat, ataupun mengikuti sebuah pekerjaan di luar dari kantor.

Jika anda ditunjuk oleh atasan untuk mengerjakan hal demikian, maka anda akan membutuhkan yang namanya surat perintah kerja atau SPK. Surat ini akan berguna sebagai tanda bukti kalau anda benar – benar diperintahkan dan berwenang untuk melaksanakan sebuah pekerjaan.

Contoh Surat Perintah Kerja

Mengacu pada tujuan dan kegunaan, maka surat perintah kerja bisa disimpulkan sebagai surat yang dikeluarkan oleh sebuah perusahaan ataupun instansi kepada pegawai untuk diberikan kewenangan dalam menangani ataupun menyelesaikan suatu pekerjaan.

Karena dikeluarkan oleh sebuah perusahaan ataupun instansi, maka surat perintah kerja termasuk ke dalam jenis surat resmi yang penggunaan bahasanya harus sopan dan sesuai dengan ejaan yang disempurnakan. Berikut adalah beberapa surat perintah kerja yang bisa berguna sebagai bahan referensi untuk anda.

1. Contoh Surat Perintah Kerja Bagian Sirkulasi Barang

Sebagai seorang karyawan ataupun pegawai, maka tentu anda sudah memiliki tugas tersendiri di sebuah perusahaan. Namun tidak tertutup juga kemungkinan kalau anda akan diberikan pekerjaan lain, sesuai dengan kebijakan dari atasan. Jika anda mendapat pekerjaan berbeda dari biasanya, maka anda akan mendapatkan surat perintah kerja seperti salah satu contoh di bawah ini.

PT. SUMBER ALAM SENTOSA
Jl. Kebun Teh Km. 5,7 Bandung 568426
Telp. 022 345378 Fax. 022 545896 Mobile. 081764537763
Website: www.sumberalamsentosa.com Email: [email protected]

SURAT PERINTAH KERJA
Nomor : 58/SPK/VII/2018

Dalam rangka memenuhi keperluan karyawan di kantor cabang Yogyakarta, maka Direktur PT. Sumber Alam Sentosa memberi perintah kepada :

Nama : Budi Santoso
NIP : 34987539875
Jabatan : Staff Sirkulasi
Departemen : General Affair

Untuk melaksanakan pekerjaan bagian sirkulasi barang dengan ketentuan sebagai berikut :

  1. Masa tugas selama berada di kantor Cabang Yogyakarta adalah selama 5 (lima) bulan, setelah lima bulan pekerjaan selesai, maka diharuskan untuk langsung kembali ke kantor pusat di Bandung
  2. Jika pekerjaan telah selesai sebelum jangka waktu yang ditentukan, maka karyawan tersebut harus tetap langsung kembali ke kantor pusat di Bandung.
  3. Jika pekerjaan belum selesai dalam jangka waktu yang ditentukan, maka diberikan waktu tambahan selama 1 (satu) bulan
  4. Pekerjaan yang tidak selesai dalam jangka waktu yang ditentukan akan dikenakan sanksi
  5. Pekerjaaan yang selesai tepat waktu atau sudah selesai sebelum jangka waktu yang ditentukan, maka akan diberikan bonus tambahan di luar gaji.

Surat perintah ini diberikan kepada Saudara yang bersangkutan untuk dapat dilaksanakan sebagaimana mestinya.

Bandung, 18 Maret 2018
PT. Sumber Alam Sentosa,

 

Ahmad Kurniawan

2. Contoh Surat Perintah Kerja Untuk Perbaikan Mesin

Sebuah mesin ataupun peralatan dalam perusahaan, tentu membutuhkan perawatan yang rutin agar bisa digunakan dengan baik. Namun jika sempat terjadi kerusakan, tentu harus membutuhkan teknisi yang handal dan berpengalaman di bidangnya. Nah, anda bisa saja menerima surat perintah kerja untuk mengerjakan pekerjaan seperti ini.

PT. KARYA MANDIRI
Jl. Gunung Panjang No. XX Jakarta Selatan
Telp. 021.123456 Fax. 021.123456 Email. [email protected]

SURAT PERINTAH KERJA (SPK)
No. 144/SPK-KM/6/2018

Yang bertanda tangan dibawah ini :

Nama : Ahmad Kurniawan
No. Induk : 98347583975
Jabatan : Ditektur PT. Karya Mandiri

Memberikan perintah kerja kepada :

Nama : Budi Santoso
No. Induk : 98347583975
Jabatan : Teknisi Mesin

Untuk melakukan perbaikan mesin produksi yang rusak dengan kriteria sebagai berikut :

  1. Pekerjaan dilakukan selama 1 bulan sejak surat perintah kerja ini diterbitkan.
  2. Jika pekerjaan tidak selesai tepat waktu, maka akan diberikan tenggat waktu selama 3 hari.
  3. Jika pekerjaan tidak selesai setelah tenggat waktu, maka akan diberikan sanksi.
  4. Jika pekerjaan bisa diselesaikan tepat waktu, maka akan diberikan bonus.

Demikian surat perintah ini dibuat, agar dapat dilaksanakan sebaik-baiknya dengan penuh tanggung jawab. Jika nantinya terdapat suatu kondisi di luar ketentuan surat perintah ini maka dapat dibicarakan lebih lanjut.

Jakarta, 18 Maret 2018
PT. Karya Mandiri,

 

Ahmad Kurniawan

3. Contoh Surat Perintah Kerja Guru Untuk Mengikuti Pelatihan

Guru merupakan profesi yang sangat mulia, karena bertugas untuk mendidik dan mengajari para siswa. Berkat fungsi tersebut, maka kualitas SDM pada guru juga tidak bisa dianggap sepele. Maka tidak heran kalau sekarang ini banyak program pelatihan yang dilaksanakan pemerintah untuk meningkatkan mutu para guru dalam mendidik siswa.

PEMERINTAH KABUPATEN CIREBON
DINAS PENDIDIKAN
SMA NEGERI 1 SUSUKAN
Alamat : Jl. Jend. Sudirman No. 1 Kecamatan Susukan Kabupaten Cirebon

SURAT TUGAS
Nomor : 589/1345/04/SMAN-2/2018

Yang bertanda tangan di bawah ini, Kepala Sekolah Menengah Negeri 1 Ssusukan Kecamatan Susukan Kabupaten Cirebon memberikan tugas kepada :

Nama : Budi Santoso, S. Pdi
NIP : 89347583
Pangkat/Gol. : Penata Muda/IIIB
Jabatan : Guru
Unit Kerja : SMA Negeri 1 Susukan

untuk mengikuti kegiatan Pelatihan Peningkatan Mutu Guru Mata Pelajaran Pendidikan Jasmani yang akan dilaksanakan di Dinas Pendidikan Provinsi Cirebon mulai tanggal 19 Maret 2018 s/d 26 Maret 2018.

Demikian surat tugas ini diberikan untuk dapat dilaksanakan dengan penuh tanggung jawab dan setelah selesai mengikuti kegiatan di mohon untuk menyampaikan laporan secara tertulis.

Cirebon, 18 Maret 2018
Kepala SMA Negeri 1 Susukan,

 

Ahmad Kurniawan, M. Pd

4. Contoh Surat Perintah Kerja Untuk Mengawasi Pembangunan Hotel

Jika anda ditugaskan untuk bekerja di lapangan guna mengawasi sebuah pembangunan, maka tentu anda harus membawa surat perintah kerja. Surat perintah kerja ini membuktikan kalau anda memang benar – benar memiliki wewenang dalam mengawasi pembangunan yang sedang berlangsung. Jika tidak, bukan tidak mungkin para pekerja disana nantinya tidak akan menggubris anda, karena beranggapan anda tidak memiliki wewenang untuk mengawasi mereka.

PT. MAJU MUNDUR
Jl. Perniagaan No. 123
Jakarta

SURAT TUGAS
Nomor : 1456/ST/BS/VI/2018

Sehubungan dengan telah dimulainya Pembangunan Hotel Permata Hatiku yang berada di Jalan Anggrek Kabupaten Cirebon Provinsi Jawa Barat, maka dengan ini menugaskan kepada :

Nama : Budi Santoso
Jabatan : Pengawas Lapangan

untuk melakukan pengawasan terhadap pekerjaan pembangunan Hotel (Nama Hotel), terhitung mulai tanggal 22 Maret 2018 s/d 22 September 2018.

Segala biaya yang ditimbulkan dari pelaksanaan tugas ini akan dibebankan kepada biaya proyek pembangunan yang bersangkutan sesuai dengan aturan yang berlaku.

Demikianlah surat tugas ini diberikan agar dapat dilaksanakan dengan penuh tanggung jawab.

Cirebon, 18 Maret 2018
PT. Maju Mundur,

 

Ahmad Kurniawan

5. Contoh Surat Perintah Kerja Untuk Menyelesaikan Proyek

Jika anda merupakan seorang pemimpin proyek, maka tentu anda akan diberikan target untuk menyelesaikan sebuah proyek. Lama pengerjaan dari proyek biasanya akan tergantung pada besarnya sebuah proyek dan tingkat kesulitan pengerjaan proyek tersebut. Selain menyelesaikan proyek tersebut, anda juga tentu akan menerima tanggung jawab untuk mengenai hal – hal lain yang berada di dalam proyek, seperti keamanan, kebersihan, dan ketertiban.

PT. ANGIN BERGELORA
Jl. Mangkubumi. No. 123
Medan

SURAT TUGAS DINAS

Yang bertanda tangan di bawah ini selaku Manajer Operasional yang bertindak atas nama PT. Ingin Jaya, memerintahkan :

Nama : Budi Santoso
Jenis Kelamin : Laki – Laki
Jabatan : Kepala Proyek
Alamat : Jl. Kertanegara No. 123 Medan

Keterangan : Untuk menyelesaikan semua tugas pembangunan tower yang berada di daerah Jl. Pembangunan No. 100 Medan.

Surat ini adalah surat keterangan pemberian tugas kepada karyawan yang bersangkutan untuk segera menyelesaikan proyek pembangunan tower yang berada di daerah Jl. Pembangunan No. 100, Medan. Selain itu ia juga bertanggung jawab atas keamanan, kebersihan, ketertiban serta hal-hal yang berkaitan dengan tugasnya tersebut.

Demikian Surat Tugas ini kami buat, untuk dipergunakan sebagaimana mestinya dan penuh tanggung jawab.

Medan, 18 Maret 2018,
PT. Angin Bergelora,

 

Ahmad Kurniawan

6. Contoh Surat Perintah Kerja Pengurusan Dokumen Karantina

Berbagai tanggung jawab dan pekerjaan memang bisa saja harus anda lakukan, sesuai dengan perintah dari atasan. Anda bisa saja akan mendapatkan tanggung jawab dan pekerjaan untuk mengurus hal – hal yang berkaitan dengan dokumen, sekalipun itu bukan merupakan tugas pokok dari pekerjaan anda, seperti salah satu contoh di bawah ini.

PT. MAJU TERUS
Jl. Jend. Sudirman No. 123
Jakarta

SURAT TUGAS

Yang bertanda tanda di bawah ini :

Nama : Ahmad Kurniawan
Jabatan : Direktur PT. Maju Terus

Dengan ini memberi tugas dan tanggung jawab kepada :

Nama : Budi Santoso
Jabatan : Marketing Staff
No. KTP : 8974585355

Untuk melaksanakan pengurusan dokumen karantina pada Balai Karantina Ikan, Pengendalian Mutu dan Keamanan Hasil Perikanan Kelas I Jakarta II.

Pemberi kuasa menyatakan bertanggungjawab atas segala segala kewajiban berkenaan dengan surat tugas tersebut diatas.

Jakarta, 18 Maret 2018,
PT. Maju Terus,

 

Ahmad Kurniawan

7. Contoh Surat Perintah Kerja Penarikan Kontainer

Jika anda bekerja di sebuah perusahaan yang bergerak di bidang jasa pengangkutan daraat, maka tentu anda akan sering berhadapan dan berurusan dengan pengurusan kontainer. Kontainer adalah sebuah kotak yang diletakkan pada truk gandeng dan digunakan untuk mengangkut barang. Jika ada kontainer yang bermasalah di jalan, maka tentu dibutuhkan tindakan berupa penarikan kontainer, dan anda bisa saja akan mendapatkan pekerjaan tersebut.

SURAT TUGAS PENARIKAN
JAMINAN CONTAINER dan DEMURAGE
No.089/NGM-IMPSEA/VI/2018

Yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama : Ahmad Kurniawan
Jabatan : Direktur PT. Alpabetha Internasional

Dengan ini memberi perintah kerja kepada :

Nama : Budi Santoso
Jabatan : Staff Operasional

Untuk mengurus Penarikan Jaminan Container dan Demurage :

Nama Barang : Ribbon Cartridge
Jumlah Party : 3118 KGS / 25.850 CBM
Nama Kapal : Frisia Nuernberg CBM

Demikian surat perintah kerja ini di buat untuk dapat dipergunakan sebagaimanya mestinya.

Jakarta, 18 Maret 2018,
PT. Alpabetha Internasional,

 

Ahmad Kurniawan

8. Contoh Surat Perintah Kerja Pengambilan Dokumen

Bagi anda yang bekerja di perusahaan import dan eksport, tentu sudah terbiasa dengan pengurusan dokumen yang berkaitan dengan barang – barang import maupun eksport. Selain atasan, anda sebagai karyawan bisa saja ditugaskan untuk mengambil sebuah dokumen penting tertentu, yang tentunya harus membutuhkan surat perintah kerja, seperti salah satu contoh berikut ini.

PT. BUAH SEGAR
DUTAMAS FATMAWATI BLOK A1 No. 14- 16 Lt. 3
Jl. RS. Fatmawati Raya No. 39, Jakarta

SURAT TUGAS PENGAMBILAN D/O
No.066/NGM-IMPSEA/VI/2018

Yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama : Ahmad Kurniawan
Jabatan : Direktur PT. Buah Segar

Dengan ini memberikan perintah kerja kepada :

Nama : Budi Santoso
Jabatan : Staff Operasional

Untuk mengurus Pengambilan D/O :

Nama Barang : Parts for Motorcycle, Rear Cushion Assy
Jumlah Party : 3029 KGS / 5300 CBM
Nama Kapal : Cape Moreton 0025

Demikian Surat Tugas ini di buat untuk dapat dipergunakan sebagaimanya mestinya.

Jakarta, 18 Maret 2018,
PT. Buah Segar,

 

Ahmad Kurniawan

9. Contoh Surat Perintah Kerja Pengurusan Pajak Bea Cukai

Anda tentu sudah tahu kalau barang – barang yang diimport dari luar negeri diharuskan untuk melewati pemeriksanaan pihak bea cukai terlebih dahulu. Pada saat pemeriksaan tersebut, pihak bea cukai akan menetapkan besaran pajak yang harus dibayarkan dari perusahaan importir barang tersebut. Nah, anda mungkin saja akan diberikan tanggung jawab untuk mengurus pajak bea cukai tersebut dan mendapatkan surat perintah kerja seperti di bawah ini.

PT. INTAN PERMATA
Jl. Iskandar Muda No. 123
Jakarta

SURAT TUGAS PENGURUSAN PAJAK BEA CUKAI
Nomor : 090/NGM/III/2018

Kepada Yth.
Kepala Kantor Bea dan Cukai
Di tempat

Dengan hormat,

Yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama : Ahmad Kurniawan
Jabatan : Direktur PT. Intan Permata

Dengan ini memberi  perintah kerja untuk Pengurusan Pajak Bea Cukai  kepada :

Nama : Budi Santoso
Jabatan : Manajer Operasional

Demikian Surat Tugas ini di buat untuk dapat dipergunakan sebagaimanya mestinya.

Jakarta, 18 Maret 2018,
PT. Intan Permata,

 

Ahmad Kurniawan

10. Contoh Surat Perintah Kerja Pengurusan Dokumen Barang Ekspor Impor

Bekerja di sebuah perusahaan ekspor dan impor memang tidak semudah bekerja di sebuah perusahaan biasa. Hal ini dikarenakan banyak hal yang harus diurus kepada pihak bea cukai maupun pihak lainnya. Setiap barang yang hendak diekspor tentu harus diurusn terlebih dahulu kepada pihak bea cukai, begitu juga dengan setiap barang yang diimport, harus mendapatkan persetujuan dari pihak bea cukai.

PT. PANCA INDERA
Jl. K.H. Hasyim No. 123
Jakarta Selatan

SURAT TUGAS
PELAKSANAAN PENGURUSAN DOKUMEN DAN BARANG IMPOR/EKSPOR

Yang bertanda tangan dibawah ini :

Nama : Ahmad Kurniawan
Jabatan : Direktur PT. Panca Indera
NPWP : 03.291.914.4-019.000

dengan ini menugaskan pegawai kami di bawah ini :

Nama : Budi Santoso
No. KTP : 8974587358
Jabatan : Staff Operasional

Untuk melaksanakan pengurusan dokumen dan/atau barang impor/ekspor pada kantor Pelayanan Bea dan Cukai yang bersangkutan atas impor/ekspor barang tersebut di bawah ini :

Nama Importir/Eksportir : PT. Panca Indera
Dokumen : Bakery Work Table dan Bakery Pan Trolley
Jumlah : 1 X 20 GP

Pemberi kuasa dengan ini menyatakan bertanggung bertanggung jawab sepenuhnya atas kebenaran dokumen yang diserahkan tersebut diatas. Dan segala kewajiban kepabeanan sebagaimana dimaksud undang-undang No.10 Tahun 1995 tentang kepabeanan.

Jakarta, 18 Maret 2018,
PT. Panca Indera,

 

Ahmad Kurniawan

11. Contoh Surat Perintah Kerja Guru Pengganti

Sudah hal yang biasa jika sebuah sekolah memerlukan guru pengganti dari sebuah perlajaran untuk kelas tertentu. Hal ini bisa saja dikarenakan guru yang bersangkutan sudah berhenti dan belum memiliki pengganti, ataupun dikarenakan guru yang bersangkutan sedang berhalangan untuk datang dalam waktu yang lumayan lama. Maka dari itu, kepala sekolah bisa menunjuk seorang guru lainnya untuk menggantikan guru tersebut dalam masa jangka waktu yang ditentukan.

DEPARTEMEN PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN
SMA NEGERI 1 KOTA BANDUNG
Jalan Bangkalan No. 33 Bandung
Tlp. 061-1234546  Fax. 061-1234546

SURAT TUGAS
Nomor : 0xx/SMAN/XXX/18

Perihal : Tugas Guru Pengganti

Yang bertanda tangan dibawah ini :

Nama : Ahmad Kurniawan, M. Pd
NIP : 8738573857
Pangkat/Gol : Pembina/IVA
Jabatan : Kepala SMA Negeri 1 Bandung

Menugaskan :

Nama : Budi Santoso, S. Pd
NIP : 98347587538
Jabatan : Guru Tetap Kimia SMA Negeri 1 Bandung

untuk mengemban tugas sebagai guru Kimia pengganti sementara di SMA 1 Kota Bandung terhitung mulai tanggal 20 Maret 2018 s/d 20 Juni 2018 atau hingga ada guru tetap di SMA Negeri Kota Lembang tersebut.

Demikian surat tugas ini saya buat dengan sebenarnya dengan harapan dapat melaksanakan tugas tersebut dengan sebaik – baiknya dan penuh rasa tanggung jawab.

Bandung, 18 Maret 2018,
Kepala SMA Negeri 1 Bandung,

 

Ahmad Kurniawan, M. Pd

12. Contoh Surat Perintah Kerja Guru Penanggung Jawab Kegiatan

Jika sebuah sekolah menyelenggarakan sebuah kegiatan, seperti Ujian Akhir Sekolah ataupun kegiatan lainnya, tentu dibutuhkan seorang atau beberapa orang guru sebagai penanggung jawab dari kegiatan tersebut. Hal ini dibutuhkan agar guru tersebut bisa fokus mengurus kegiatan yang akan dilangsungkan dan bisa memberikan laporan mengenai kegiatan terkait nantinya.

DEPARTEMEN PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN
SMK NEGERI 1 KOTA BANDUNG
Jalan Bangkalan No. 33 Bandung
Tlp. 021-123456  Fax. 021-123456

SURAT TUGAS
Nomor : 0xx/SMAN/XXX/18

Perihal : Penanggung Jawab Kegiatan

Berdasarkan surat keputusan Kepala Dinas Pendidikan Kota Bandung mengenai Kegiatan Ujian Akhir Sekolah untuk memilih penanggung jawab kegiatan tersebut pada sekolah masing – masing, maka yang bertanda tangan dibawah ini :

Nama : Ahmad Kurniawan, M. Pd
NIP : 9875487
Pangkat/Gol : Pembina Muda/IVA
Jabatan : Kepala SMK Negeri 1 Bandung

Menugasi :

Nama : Budi Santoso, S. Pd
NIP : 8934758375
Jabatan : Guru SMK Negeri 1 Bandung

untuk menjabat sebagai penanggung jawab pada kegiatan Ujian Akhir Sekolah SMK Negeri 1 Kota Bandung yang akan berlangsung pada 10 Mei 2018 hingga 10 Juni 2018.

Demikianlah surat tugas ini diberikan agar dapat dilaksanakan dengan sungguh – sungguh dan penuh rasa tanggung jawab.

Bandung. 18 Maret 2018,
Kepala SMK Negeri 1 Bandung,

 

Ahmad Kurniawan, M. Pd

13. Contoh Surat Perintah Kerja Guru Untuk Mengikuti Pelatihan Sertifikasi

Memiliki profesi sebagai seorang guru adalah pekerjaan yang sangat mulia. Namun seringkali guru tidak mendapatkan perhatian yang layak dari pemerintah, sebagai seorang pendidik. Maka dari itu, belakangan ini pemerintah pun memberikan program sertifikasi kepada guru, yang bisa didapatkan jika seorang guru telah melewati dan menyelesaikan beberapa persyaratan dan pelatihan.

DEPARTEMEN PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN
SMA NEGERI 1 KOTA BANDUNG
Jalan Bangkalan No. 33 Bandung
Tlp. 061-1234546  Fax. 061-1234546

SURAT TUGAS
Nomor : 0xx/SMAN/XXX/18

Perihal : Pendidikan dan Pelatihan

Dalam rangka peningkatan kualitas guru sekolah menengah atas Kota Bandung demi terselenggaranya kegiatan pendidikan formal yang baik dan terlaksananya program kerja Pemerintah Kota Bandung untuk menjadikan ikon Kota Bandung Pintar 2022, maka dengan ini Kepala SMA Negeri 1 Kota Bandung memberikan tugas kepada :

Nama : Budi Santoso, S. Pd
NIP : 8973887983475
Jabatan : Guru Biologi SMA Negeri 1 Bandung

untuk mengikuti kegiatan pendidikan dan pelatihan sertifikasi guru yang akan diadakan pada tanggal 20 Maret 2018  sampai dengan 10 April 2018 di Balai Pelatihan Dinas Pendidikan Kota Bandung.

Sekian dari surat tugas ini agar dapat dilaksanakan dengan sungguh – sungguh dan setelah tugas ini berakhir, harap Saudara menyampaikan laporan hasil pendidikan dan pelatihan tersebut secara tertulis paling lambat satu minggu setelah tugas selesai.

Bandung, 18 Maret 2018,
Kepala SMA Negeri 1 Bandung,

 

Ahmad Kurniawan, M. Pd

14. Contoh Surat Perintah Kerja Koordinator

Setiap pekerjaan yang akan dilakukan di sebuah perusahaan tentu membutuhkan korrdinator. Koordinator akan bertugas untuk mengawasi dan memperhatikan jalannya sebuah pekerjaan maupun proyek. Nah, anda yang bekerja di salah satu perusahaan mungkin saja akan mendapatkan pekerjaan sebagai koordinator dari atasan anda, dan akan mendapatkan surat perintah kerja seperti salah satu contoh di bawah ini.

PT. MEMBANGUN BERSAMA
Jln. Malik Ibrahim No. 27 Jakarta
Telp. 021-123456, Faks. 021-123456

SURAT TUGAS
Nomor : 560/ST/MB/IV/2018

Kepada  Yth,
Budi Santoso

Surat Tugas Kerja ini diberikan kepada :

Nama : Budi Santoso
Jabatan : Kepala Bagian Administrasi Keuangan

Terhitung mulai tanggal 20 Maret 2018 saudara Munandar diberikan tugas sebagai Koordinator Administrasi Operasional serta Koordinator Administrasi Keuangan.

Surat Tugas ini berlaku sejak tanggal 20 Maret 2018, dan sewaktu-waktu dapat dilakukan peninjauan ulang berdasarkan dengan kebijaksanaan dan kebutuhan dari perusahaan.

Demikian Surat Tugas Kerja ini dibuat untuk dapat dilaksanakan dengan sebaik mungkin, dan diketahui oleh pihak yang terkait.

Jakarta, 18 Maret 2018,
PT. Membangun Bersama,

 

Ahmad Kurniawan

15. Contoh Surat Perintah Kerja Pengawasan Pembangunan Jembatan

Jika perusahaan tempat anda bekerja merupakan perusahaan konstruksi dan pembangunan, maka tentu bukan hal yang jarang lagi bagi anda mengenai proyek. Dalam menjalankan sebuah proyek pembangunan, tentu perusahaan akan menempatkan salah seorang karyawannya untuk mengawasi jalannya pembangunan dan memberikan surat perintah kerja kepada orang yang bersangkutan.

PT. KERJA CEPAT
Jln. Melati No. 55 Banda Aceh
Telp. (0651) 123456 Fax. (0651) 123456

SURAT PERINTAH KERJA
Nomor : 1345/ST/KC/V/2018

Sehubungan dengan telah dimulainya Pembangunan Jembatan yang berada di Jalan Banda Aceh-Medan Luengbata Kota Banda Aceh Provinsi Aceh, maka dengan ini menugaskan kepada :

Nama : Budi Santoso
Jabatan : Pengawas Lapangan

untuk melakukan pengawasan terhadap pekerjaan pembangunan Jembatan, terhitung mulai tanggal 21 Maret 2018 s/d 21 Juni 2018.

Segala biaya yang ditimbulkan dari pelaksanaan tugas ini akan dibebankan kepada biaya proyek pembangunan yang bersangkutan sesuai dengan aturan yang berlaku.

Demikianlah surat tugas ini diberikan agar dapat dilaksanakan dengan penuh tanggung jawab.

Banda Aceh, 18 Maret 2018,
PT. Kerja Cepat,

 

Ahmad Kurniawan

Kesimpulan Dan Pentingnya Surat Perintah Kerja

Dalam melaksanakan sebuah pekerjaan diluar tugas pokok dan fungsi, maka seseorang tentu harus membutuhkan surat perintah kerja dari atasannya. Surat ini akan berguna sebagai bukti kalau dia memang benar – benar ditugaskan untuk melaksanakan sebuah pekerjaan tertentu.

Surat yang termasuk dalam jenis surat resmi ini selalu melibatkan 2 pihak, yakni pihak perusahaan ataupun instansi sebagai pemberi perintah kerja, dan pihak karyawan atau pegawai sebagai penerima perintah kerja. Dengan adanya surat perintah kerja, maka seorang karyawan atau pegawai harus bisa menyelesaikan sebuah pekerjaan dengan sebaik – baiknya.

Mungkin banyak orang yang berpikiran kalau surat perintah kerja tidaklah begitu penting. Namun tidak demikian keadaanya. Jika anda ditugaskan bekerja di dalam perusahaan, maka mungkin anda memang tidak membutuhkan surat perintah kerja.

Namun jika anda ditugaskan di luar kantor atau di kantor cabang tertentu, maka tentu anda harus mengantongi surat perintah kerja dari atasan. Hal ini untuk memperkuat bukti kalau anda memang benar – benar ditugaskan untuk mengemban suatu tugas dan bisa diterima di tempat pekerjaan yang ditugaskan oleh atasan anda.

Continue Reading

More in Contoh Surat