Contoh surat perintah kerja pengadaan barang tentunya memang sudah tidak asing lagi di telinga atau yang dikenal dengan SPK. Adanya surat yang satu ini memang tidak semua dari bidang pekerjaan akan menggunakannya.
Ataupun jika memang di dunia kerja menggunakan SPK tentunya untuk penggunaannya memiliki format yang berbeda-beda. Surat perintah kerja merupakan surat resmi yang isinya berupa pernyataan serta instruksi dalam memulai, melaksanakan hingga menyelesaikan sebuah pekerjaan yang menjadi tanggung jawabnya.
Dari pernyataan yang dibuat berisikan adanya penangguhan serta ketentuan yang mengikat dari pihak pemberi perintah kerja serta penerima perintah tersebut. Dengan begitu untuk isi surat perintah kerja ini lebih menekankan terhadap kepastian waktu hingga nilai pekerjaan yang nantinya bisa dilakukan oleh penerima kerja.
Isi dari surat yang satu ini terkait siapa yang akan memberikan perintah, kepada siapa perintah tersebut diberikan serta mulai hingga waktu penyelesaian pekerjaan, berapa nilai ataupun biaya pekerjaan yang dilakukan serta sanksi apabila terjadi keterlambatan. Pada beberapa bidang pekerjaan khususnya yang berhubungan dengan pengadaan barang tentunya harus terdapat spesifik barang yang nantinya akan dibeli.
Contoh Surat Perintah Kerja untuk Pengadaan Barang
PT Karya Anak Bangsa
Jl. Karya Samudra 20, Boyolali
Surat Perintah Kerja
No. 187/SPK- V/XI/2022
Dari hasil kajian terhadap penawaran yang telah diajukan sebelumnya, maka untuk hari ini,
Nama: Avan Sebastian, SE
Jabatan: Direktur Operasional
Memberikan perintah kepada
Nama: Eko Suprapto
Jabatan: Pimpinan CV. Adikarya
Alamat: Jl. Bahar Sentosa 27, Surakarta
Untuk menjalankan pekerjaan sebagai berikut:
Pekerjaan: pengadaan kursi dan meja tamu ukiran kayu
Lokasi: Jl. Karya Samudra 20, Boyolali
Waktu Pelaksanaan: 1 Desember 2022 s/d 31 Desember 2022
Nilai Pekerjaan: Rp 170.000.000
Jumlah Unit: 20 unit kursi dan 4 unit meja ukuran 80 x 150 cm
Gambar: Terlampir
Masa Pembayaran: DP 30% ketika PSK telah ditandatangani, 60% ketika barang datang dan 10% sesudah 30 hari dilakukan serah terima barang.
Hadirnya surat perintah kerja dibuat untuk dipergunakan sebagaimana mestinya.
Boyolali, 24 November 2022
Avan Sebastian, SE
Direktur Operasional
Surat Perintah Kerja Pengadaan Barang dari Dinas
Kop surat dari satuan kerja pejabat pembuat komitmen
Nomor:…..
Tanggal:…..
Nama PPK: …….
Nama Penyedia: CV. Multiguna Mandiri
Paket Pekerjaan:
Surat Undangan Pengadaan Langsung
Nomor:
Tanggal:
Berita Acara Hasil Pemilihan
Nomor:……
Tanggal:….
Sumber Dana: dibebankan atas DPA OPD dari dinas pekerjaan umum penataan ruang dan perhubungan kabupaten Boyolali bersama nomor rekening….. untuk mata anggaran kegiatan….
Nilai SPK sudah termasuk pajak pertambahan nilai yaitu sebesar…..
Pembayaran untuk SPK dengan menggunakan prosedur pembayaran beban tetap melalui kas daerah dari badan pengelolaan keuangan dan aset daerah kabupaten Boyolali pada bank…dengan nomor rekening…. Atas nama penyedia: CV…..
Masa pelaksanaan pekerjaan: 120 hari kalender yaitu terhitung dari tanggal……sampai tanggal…..
Masa pemeliharaan kendaraan:
180 hari kalender yaitu terhitung dari tanggal….sampai dengan tanggal….
Rincian Pekerjaan
Daftar kuantitas serta harga terkoreksi
Instruksi pada penyedia:
Penagihan hanya bisa dilakukan sesudah pekerjaan diselesaikan yang diperintahkan pada SPK ini serta dibuktikan bersama berita acara serah terima. Apabila dari pekerjaan tidak bisa diselesaikan dengan jangka waktu pelaksanaan pekerjaan karena adanya kelalaian atau kesalahan dari penyedia maka penyedia memiliki kewajiban untuk melakukan pembayaran denda pada PPK sebanyak 1/1000 dari nilai SPK dan tidak termasuk PPN untuk setiap hari atas keterlambatan pekerjaannya.
Untuk atas nama Untuk atas nama
Pejabat pembuat komitmen Badan Usaha
Materai Materai
Nama lengkap Nama lengkap
Jabatan Jabatan
Surat Perintah Kerja Pengadaan Kendaraan
Kop surat
Surat perintah kerja
No. 235/SPK-Ops/XI/2022
Pihak yang bertanda tangan di bawah ini:
Nama: Suritno Bagaskoro
Jabatan: Manajer Operasional
Memberikan perintah kepada:
Nama: Hariyanto Sudibyo
Jabatan: Pemilik Trans Travel
Alamat: Jl. Durian 54, Banyuwangi
NIK: 123456789000000
Agar menyediakan kendaraan berjumlah 5 angkutan penumpang untuk dijadikan sebagai alat transportasi penjemputan serta pengantaran karyawan selama 25 hari sejak tanggal 1 Desember 2022. Dengan rute dari kantor untuk menuju ke tempat yang telah ditunjuk ataupun arah sebaliknya. Dari masing-masing kendaraan yang digunakan merupakan jenis kendaraan dengan spesifikasinya di atas 2500 cc serta tahun pembuatan sesudah tahun 2015 dan dengan memiliki kapasitas 6 sampai 10 orang.
Pemenuhan kewajiban pembayaran atas pengadaan barang berupa sarana transportasi akan dilakukan setiap hari Selasa dengan nilai sebesar 17,5 juta sampai 4 kali pembayaran dengan jumlah nominal yang serupa.
Dari semua ketentuan, hak dan kewajiban telah diatur dalam bentuk surat perjanjian terkait penerbitan SPK.
Surat perintah kerja telah disusun dan diterbitkan sebagaimana mestinya untuk dipergunakan sesuai kebutuhan.
Surabaya, 17 Oktober 2022
Suritno Bagaskoro
Manajer Operasional
Surat Perintah Kerja Pengadaan Barang Produksi
Kop Surat
Surat Perintah Kerja
No. 90/SPK-P/II/2022
Melihat penawaran yang telah diajukan sebelumnya, maka dari itu untuk hari ini:
Nama: Nelon Maharka
Jabatan: Direktur Operasional
Memerintahkan kepada,
Nama: Erman Suhendar
Jabatan. Pimpinan CV Maju Terus
Alamat: Jl. Gajah Mada, Bantul, Yogyakarta
Untuk melaksanakan pekerjaan dengan ketentuan sebagai berikut:
Pekerjaan: pengadaan barang produksi
Lokasi: Jl. Mega Mendung, Klaten
Waktu Pengerjaan: Tanggal 1 Maret 2022 sampai tanggal 30 Maret 2022
Nilai Pekerjaan: Rp 100.000.000
Jumlah unit: Bahan Baku 7 ton
Gambar: Terlampir
Masa Pembayaran: DP 50% pada saat SPK ini telah ditandatangani untuk kerjasama dan 50% sesudah barang diterima di tempat.
Adanya surat perintah yang dikirimkan ini dibuat untuk bisa dipergunakan sesuai dengan maksud dan tujuan pengadaan barang produksi.
Klaten, 17 Februari 2022
Nelon Maharka
Direktur Operasional
Surat Perintah Kerja Pengadaan Barang dan Jasa
Kop Surat
Surat Perintah Kerja
Nomor: 005/SPK/…./BDO/1/2022
Kegiatan: pengadaan komputer server
Pihak yang bertanda tangan di bawah ini:
Nama: Adi Nugroho
Jabatan: Direktur Utama PT Mega Mendung
Alamat: Jalan Trunojoyo No. 230 Jakarta Timur
Selanjutnya untuk disebut sebagai pengguna anggaran
Sesuai surat penunjukan penyedia barang nomor 005/SPK/…./BDO/1/2022 tanggal 12 Januari 2022, bersama ini memberikan:
Nama: Tresna Winarso
Jabatan: Manager Sales dan Marketing PT Satu Dua
Alamat: Jalan Kencana Raya No. 57, Bandung
Dengan menjalankan jabatannya sebagai penyedia barang atau jasa yang dapat bertindak untuk serta atas nama dari PT Satu Dua untuk selanjutnya akan disebut sebagai penyedia barang atau jasa.
Supaya segera memulai untuk melaksanakan pekerjaan dengan memperhatikan sejumlah ketentuan berikut ini:
- Macam pekerjaan: menyesuaikan yang telah tercantum pada daftar kuantitas serta harga penawaran
- Tanggal mulai kerja: Selasa 12 Januari 2022
- Waktu penyelesaian: dalam waktu 22 hari kalender serta pekerjaan pengadaan harus bisa diselesaikan di tanggal 2 Februari 2022.
Demikian Surat Perintah kerja ini disampaikan untuk digunakan sebenar-benarnya dan sebagai mestinya sesuai maksud tujuan pekerjaan.
Jakarta, 12 Januari 2022
Menerima dan menyetujui atas nama penyedia barang atau jasa PT Mega Mendung dan PT Satu Dua sebagai penggunaan anggaran.
PT Mega Mendung PT Satu Dua
Tresana Winarso Adi Nugroho
Manajer Sales dan Marketing Direktur Utama
Itulah beberapa contoh surat perintah kerja pengadaan barang yang banyak diterapkan oleh para perusahaan. Setiap perusahaan menggunakan format yang berbeda-beda sehingga dapat disesuaikan dengan ketentuan yang telah ditetapkan.