Connect with us

Contoh Surat Resmi


Contoh Surat

15 Contoh Surat Pengunduran Diri Kerja yang Baik dan Benar

Contoh Surat Pengunduran Diri Kerja – Setiap orang tentu memiliki pengeluaran sendiri yang harus dipenuhi setiap harinya. Untuk memenuhi kebutuhan tersebut, maka kebanyakan orang biasanya memilih untuk bekerja di salah satu perusahaan ataupun instansi. Namun tidak sedikit juga yang memilih untuk memilih membuka usaha sendiri. Pendapatan dari bekerja atau berusaha tersebutlah yang akan digunakan untuk memenuhi kebutuhan setiap harinya.

Memiliki sebuah pekerjaan tentu merupakan hal yang menyenangkan bagi setiap orang. Namun dikarenakan satu dan lain hal, terkadang kita harus keluar dan berhenti bekerja di salah satu perusahaan ataupun instansi. Mungkin saja lingkungan pekerjaan yang kurang nyaman, ataupun dikarenakan sudah kurang cocok dengan karyawan – karyawan lainnya.

Jika sudah demikian, maka jalan terbaik adalah keluar dan berhenti bekerja di perusahaan tersebut. Selanjutnya anda bisa mencari pekerjaan di tempat lain dan mendapatkan penghasilan dari sana. Namun sebelum anda benar – benar berhenti bekerja, tentu ada proses yang harus anda jalani terlebih dahulu.

Contoh Surat Pengunduran Diri Kerja

Anda tidak boleh meninggalkan perusahaan atau instansi begitu saja. Agar lebih terhormat dan dihargai oleh perusahaan, maka anda harus memberikan contoh surat pengunduran diri kerja kepada atasan anda. Setelah itu, anda juga bisa meminta surat referensi kerja dari atasan, untuk mempermudah anda dalam mencari pekerjaan yang baru.

Berikut adalah beberapa contoh surat pengunduran diri kerja yang baik dan benar, semoga bisa menjadi bahan referensi untuk anda.

1. Contoh Surat Pengunduran Diri Kerja Sederhana

TIdak harus muluk – muluk, anda juga bisa membuat surat pengunduran diri kerja dengan sederhana. Tentunya, pembuatan surat pengunduran diri ini lebih sederhana dan mudah untuk anda tiru. Contoh surat pengunduran sederhana ini bisa anda gunakan jika anda bekerja di sebuah tempat yang tidak terlalu ketat soal surat pengunduran dirinya.

Surat Pengunduran Diri

Yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama : Joko Susilo
Tempat/Tgl lahir : Sumenep/20/09/1987
Jabatan : Kasi Kesra Desa

Secara resmi mengajukan permohonan mengundurkan diri sebagai Kasi Kesra Desa terhitung sejak tanggal 15 Maret 2018. Pengunduran diri ini saya ajukan karena sudah tidak sanggup lagi memikul atau melaksanakan tanggung jawab dan kewajiban sebagai perangkat desa tersebut.

Demikian, harap menjadi maklum.

Bandung, 07 Maret 2018

Hormat Saya,

 

Budi Santoso

2. Contoh Surat Pengunduran Diri Kerja Dari Jabatan

Memiliki pekerjaan dengan jenjang karir yang menjanjikan tentu merupakan hal yang sangat menyenangkan bagi semua orang. Namun terkadang karena satu dan lain hal, anda harus berhenti dari pekerjaan tersebut. Nah, maka dari itu, anda bisa memberikan surat pengunduran diri dari jabatan yang sedang anda pegang sekarang ini.

Malang, 07 Maret 2018

Yth. Kepala UPT K3L UIN Malang
Prof. dra. Chelsi Lestari, M.Si., Ph. D
Di Kampus UIN, Malang

Dengan hormat,
Melalui surat ini, saya Diana Ramadhani, bermaksud untuk mengundurkan diri dari UPT K3L  UIN Malang sebagai karyawan per tanggal 15 Maret 2018 dikarenakan mendapatkan pekerjaan baru.

Saya mengucapkan terima kasih atas kesempatan yang pernah saya dapatkan untuk bekerja di UIN Malang, dan juga saya memohon maaf kepada seluruh karyawan dan manajemen UPT K3L UIN Malang jika terdapat kesalahan dan kekeliruan yang pernah saya perbuat selama saya bekerja.

Saya mengharapkan selalu UPT K3L UIN Malang dapat berkembang terus dan selalu menjadi yang terbaik. Demikian surat pengunduran diri ini saya buat, atas perhatian dan kerjasamanya diucapkan terima kasih.

Hormat Saya,

 

Budi Santoso, M. Pd

3. Contoh Surat Pengunduran Diri Kerja Dari Perusahaan

Sekarang ini ada banyak sekali perusahaan yang bergerak di Indonesia, baik itu perusahaan penyedia jasa maupun perusahaan penyedia produk. Dikala anda ingin berhenti bekerja dari perusahaan tersebut, maka tentu anda harus memberikan surat pengunduran diri kerja kepada atasan anda.

Magelang, 07 Maret 2018

Kepada Yth,
Direktur Utama
PT. Daya Guna Mandiri
Magelang

Dengan Hormat,

Melalui surat ini, saya Romi Gunawan bermaksud untuk mengundurkan diri dari PT. Daya Guna Mandiri sebagai Karyawan Gudang PT. Daya Guna Mandiri, terhitung sejak tanggal 15 Maret 2018.

Saya mengucapkan banyak terima kasih atas kesempatan dan kepercayaan yang telah diberikan kepada saya untuk bekerja di PT. Daya Guna Mandiri selama 3 tahun ini.

Saya juga mengucapkan permohonan maaf yang sebesar-besarnya kepada seluruh rekan karyawan dan manajemen PT. Daya Guna Mandiri apabila selama saya bekerja mempunyai kesalahan baik itu yang saya sadari ataupun yang tidak saya sadari. Saya berharap semoga PT. Daya Guna Mandiri semakin maju dan berkembang pesat.

Demikian surat pengunduran diri ini saya buat, atas perhatian yang diberikan saya ucapkan terima kasih.

Hormat Saya,

 

Budi Santoso

4. Contoh Surat Pengunduran Diri Kerja Dari Koperasi

Sebuah koperasi memiliki sangat banyak manfaat bagi para anggotanya. Untuk mengurus koperasi tersebut, maka tentu dibutuhkan sebuah sistem kepengurusan, dan mungkin anda adalah salah satu pengurusnya yang menjabat di salah satu koperasi. Ketika anda ingin keluar dan berhenti sebagai pejabat koperasi tersebut, maka anda bisa memberikan surat pengunduran diri kerja terlebih dahulu.

Magetan, 15 Maret 2018

Kepada Yth,
Ketua Koperasi Pegawai Negeri Al Hidayah
Di
Tempat

Dengan Hormat,

Yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama : Budi Santoso
NIP : : 197403142115011000
Jabatan / Pekerjaan : Staf Bendahara Seksi PAI
Instansi : Kantor Kementerian Agama Kabupaten Magetan.

Mengajukan pengunduran diri sebagai Staff Bendahara Koperasi Pegawai Negeri (KPN) Al Hidayah Kantor Kementerian Agama Kabupaten Magetan karena saya membutuhkan bantuan dana yang mendesak untuk keperluan keseharian rumah tangga tanpa cicilan perbulan.

Demikian surat pengunduran diri ini saya tulis dengan sesungguhnya. Atas bantuan dan dukungan yang telah diberikan selama ini saya ucapkan terima kasih.

Hormat Saya,

 

Budi Santoso

5. Contoh Surat Pengunduran Diri Kerja yang Baik dan Benar

Terkadang ada perusahaan yang tidak mewajibkan para karyawannya untuk memberikan surat pengunduran diri ketika akan keluar. Namun ada juga perusahan yang mengharuskan hal tersebut, demi menjaga nama baik kita. Nah, jika anda ingin berhenti bekerja di sebuah perusahaan, maka anda bisa membuat surat pengunduran diri yang baik dan benar seperti salah satu contoh di bawah ini.

Kuala Kurun, 15 Maret 2018

Kepada Yth,
Bapak  Sulaimin
Selaku HRD PT. Tunas Harapan Baru
Di Medan

Perihal : SURAT PENGUDURAN DIRI

Dengan segala hormat, saya yang bertanda tangan di bawa ini :

Nama : Budi Santoso
Jabatan : Site Manajer Proyek PMKS PT. HTB

ingin mengajukan surat pengunduran diri (resign) dari PT. THB yang bapak  pimpin terhitung sejak tanggal 15 Maret 2018 karena kondisi kesehatan saya yang tidak memungkinkan untuk bekerja.

Saya ucapkan terima kasih atas kerjasama dan bimbingan yang diberikan selama saya bekerja di perusahaan ini. Mohon maaf atas segala kesalahan selama bekerja, baik yang saya sadari maupun tidak.

Atas perhatian bapak /Ibu  saya ucapkan terimaksih.

Hormat Saya,

 

Budi Santoso

6. Contoh Surat Pengunduran Diri Kerja Sebagai Guru

Bekerja sebagai guru merupakan pekerjaan yang sangat mulia, karena bertugas mendidik dan mengajari siswa. Namun tentu saja bekerja sebagai guru bukan tanpa halangan dan rintangan. Terkadang berbagai hal dan alasan menyebabkan seorang guru harus berhenti bekerja sebagai guru dari sekolah tertentu.

Bekasi, 07 Maret 2018

Kepada Yth.
Kepala SMK Negeri 2 Bekasi
Jln.Noenoeng Tisnasaputra Kahuripan Tawang Bekasi

Perihal          : Pengunduran Diri

Dengan Hormat,

Dengan Surat ini, saya yang bertanda tangan dibawah ini :

Nama : Budi Santoso, S. Pd
Tempat/Tgl Lahir : Jakarta/20/09/1987
Jabatan : : Guru Teknik Komputer dan Jaringan
NUPTK : : 1362766668137003
Alamat : Jl. Pertahanan No. 123 Bekasi

Secara resmi terhitung semenjak 15 Maret Tahun 2018 menyatakan untuk mengundurkan diri sebagai Guru Teknik Komputer dan Jaringan di SMK Negeri 2 Bekasi dikarenakan sudah mendapatkan Surat Keputusan CPNS  80% sebagai Guru Garis Depan 2018 dengan No.SK 813/429 TAHUN 2018 ,TMT 01-03-2018 yang ditempatkan di Sulawesi Tenggara, Kolaka Timur Unit Kerja di SMK Negeri 1 Ueesi.

Saya mengucapkan banyak terima kasih atas kesempatan yang telah diberikan kepada saya oleh pihak SMK Negeri 2 Bekasi untuk dapat bekerja serta mengajar, yang mana saya banyak mendapatkan ilmu baik secara moril dan materi. Tidak lupa saya juga memohon maaf yang sebesar besarnya kepada Bapak Kepala Sekolah SMK Negeri 2 Bekasi  dan kepada jajaran Komite, Guru, serta para staf SMK Negeri 2 Bekasi bilamana terdapat hal-hal yang tidak baik serta kurang berkenan yang saya lakukan selama saya bekerja.

Besar harapan saya bahwa SMK Negeri 2 Bekasi dapat menjadi sekolah yang  terus berprestasi baik dibidang akademik maupun non akademik dan terus melahirkan bibit-bibit unggul penerus bangsa.

Hormat Saya,

 

Budi Santoso, S. Pd

7. Contoh Surat Pengunduran Diri Kerja Dari Perusahaan Swasta

Walaupun terbilang sepele, namun kegunaan dan fungsi dari surat pengunduran diri sangatlah banyak. Tidak perduli anda bekerja di instansi pemerintahan, maupun di salah satu perusahaan swasta. Satu hal yang pasti, surat pengunduran diri kerja tetaplah dibutuhkan. Dengan demikian, anda akan terlihat lebih professional dan lebih dihargai perusahaan.

Magetan, 07 Maret 2018

Kepada
Yth. Pimpinan
PT. Nusa Bangsa Jaya
Magetan

Yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama : Dian Permatasari
Alamat : Jl. Diponegoro No. 123 Magetan
Jabatan : Sekretaris

Dengan surat ini, saya bermaksud mengajukan permohonan dari jabatan dan perusahaan Ibu, terhitung pada tanggal 15 Maret 2018.

Saya mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya sebab perusahaan Anda telah memberikan kesempatan kepada saya untuk belajar dan bekerja secara profesional. Saya juga menghaturkan terima kasih atas bimbingan yang Anda berikan selama ini, baik secara langsung maupun tidak langsung.

Saya juga memohon maaf karena tidak bisa lagi menjadi bagian perusahaan Ibu. Saya berharap dan berdoa semoga perusahaan yang Ibu pimpin semakin maju dan berkembang.

Demikianlah surat pengunduran diri ini saya buat dengan penuh kesadaran atas keinginan sendiri dan tidak ada paksaan dari siapa pun.

Hormat Saya,

 

Dian Permatasari

8. Contoh Surat Pengunduran Diri Kerja Dari Hotel

Memiliki pekerjaan atau bekerja di hotel memang tidaklah mudah. Tidak heran kalau banyak orang yang ingin bekerja di hotel, sampai menempuh pendidikan perhotelan di perguruan tinggi. Namun walaupun menyenangkan dan banyak diincar orang, bisa saja ada masalah atau penyebab yang mengharuskan anda mengundurkan diri dari hotel tempat anda bekerja.

Palembang, 07 Maret 2018

Kepada
Yth Kepala Bagian HRD
Hotel Mimpih Indah
Jln. Merdeka Bangsa Palembang

Dengan Hormat,

Saya yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama : Dian Permatasari
Tempat/Tgl Lahir : Jakarta/20/09/1992
Alamat : Jln. Perniagaan No. 123 Palembang
Jabatan : General Accounting Hotel Mimpi Indah

Melalui surat ini, saya mengajukan pengunduran diri terhitung tanggal 15 Maret 2018 dengan alasan ingin mendirikan usaha sendiri sesuai dengan cita-cita saya selama ini.  Segala hal yang berhubungan dengan tugas dan tanggung jawab saya sebagai General Accounting Hotel Mimpi Indah akan saya laksanakan sampai masa pengunduran saya.

Saya mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada segenap pimpinan dan semua karyawan yang selama ini membimbing dan membantu saya dalam pekerjaan, dan saya juga memohon maaf karena tidak bisa lagi menjadi bagian dari perusahaan Hotel Mimpi Indah, mohon maaf juga atas segala kesalahan saya selama bekerja.

Demikianlah surat pengunduran diri saya buat dengan penuh kesadaran dan tanpa ada paksaan dan tekanan dari pihak mana pun. Atas pengertian Anda, saya ucapkan terima kasih.

Hormat Saya,

 

Dian Permatasari

9. Contoh Surat Pengunduran Diri Kerja Resmi

Seperti yang saya sebutkan diatas, mungkin banyak perusahaan yang membiarkan karyawannya keluar dan berhenti bekerja tanpa surat pengunduran diri. Namun tentu ada juga perusahaan yang mewajibkan hal tersebut. Walaupun tidak diwajibkan, namun anda bisa memberikan surat pengunduran diri kerja secara resmi dengan surat resmi juga. Hal ini akan membuat anda lebih terlihat lebih profesional dan lebih dihargai oleh perusahaan.

Makassar, 07 Maret 2018

Kepada
Yth. Kepala PT. Sejahtera Adil Makmur
di Jln. Jenderal Sudirman, no 11 Makassar
Makassar

Dengan Hormat,

Melalui surat ini, saya selaku karyawan PT. Pertaminus Jaya, berdasarkan surat Kesepakatan Bersama (SKB) mengenai karyawan dan undang-undang kerja, maka saya yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama : Budi Santoso
Departemen : Pemasaran dan Informasi
Jabatan : Sales
No. Karyawan : B1234 398475

Bermaksud mengundurkan diri dari PT. Pertamnus Jaya karena urusan ingin fokus membangun bisnis keluarga. Surat ini saya buat berdasarkan prosedur hubungan industrial dan tanpa ada maksud buruk. Saya berharap Anda dapat mengerti dan menerima permohonan saya, serta memberikan hak-hak sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

Demikian surat pengunduran diri ini saya buat dengan penuh kesadaran, atas dukungan dan bantuan yang Anda berikan selama ini, saya mengucapkan terima kasih.

Hormat Saya,

 

Budi Santoso

10. Contoh Surat Pengunduran Diri Kerja Dari Jabatan di BEM

BEM atau Badan Organisasi Kemahasiswaan adalah sebuah organisasi yang berada di lingkungan perguruan tinggi maupun universitas. Para pejabata dari BEM diambil dari mahasiswa – mahasiswi yang masih aktif. Tentu saja tugas dan tanggung jawab yang dipikul tidaklah sedikit, mengingat organisasi ini adalah organisasi utama di sebuah universitas.

SURAT PERNYATAAN PENGUNDURAN DIRI
SEBAGAI ANGGOTA BEM
DI UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA

Dengan Hormat,

Saya yang bertanda tangan dibawah ini :

Nama : Budi Santoso
Jabatan di BEM : Bendahara
Fakultas : Teknik Informatika
NIM : 4398535987
Alamat : Jl. Sudirman No. 123 Yogyakarta

Mengajukan surat pengunduran diri dari Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Universitas Negeri Yogyakarta. Selama ada didalam kepengurusan BEM saya sudah mendapatkan banyak pengalaman dan pembelajaran serta menjadi bagian dari berkembangnya organisasi ini.

Saya juga mohon maaf apabila dalam organisasi pernah melakukan hal-hal yang kurang berkenan di hati.

Surat pengunduran diri ini saya buat dengan sebenar-benarnya dan dalam keadaan sadar tanpa adanya tekanan dari pihak manapun. Saya berharap pembina dan pengurus BEM Universitas Negeri Yogyakarta dapat memahami keputusan ini.

Atas bantuan dan dukungan yang telah diberikan selama ini, saya ucapkan banyak terima kasih.

Hormat Saya,

 

Budi Santoso

11. Contoh Surat Pengunduran Diri Kerja Guru di Sekolah Swasta

Bekerja sebagai guru di sekolah negeri tentu akan berbeda dengan mengajar di sekolah swasta. Jika guru di sekolah negeri biasanya lebih mendapatkan perhatian pemerintah, berbeda hal nya dengan guru – guru yang mengajar di sekolah swasta. Namun kendati demikian, bukan berarti guru di sekolah swasta tidak diperhatikan, karena ada yayasan yang akan menggaji guru – guru tersebut.

SURAT PENGUNDURAN DIRI

Bantul, 07 Maret 2018

Yth.
Kepala Sekolah SMK Muhammadiyah 1 Bambanglipuro.
Jl. Jend Sudirman No.34 Bantul

Dengan Hormat,

Bersamaan dengan surat ini, saya :

Nama : Budi Santoso, S. Pd
Jabatan : Guru

Secara resmi terhitung 15 Maret 2018 mengundurkan diri sebagai guru Matematika di SMK Muhammadiyah 1 Bambanglipuro.

Saya sangat berterima kasih sebanyak-banyaknya atas kesempatan yang sudah diberikan SMK Muhammadiyah 1 Bambanglipuro kepada saya untuk mengajar. Tidak lupa saya sebagai manusia biasa memohon maaf kepada jajaran Komite Sekolah SMK Muhammadiyah 1 Bambanglipuro apabila terdapat hal-hal yang tidak baik dan kurang berkenan yang saya lakukan selama mengajar

Saya berharap agar SMK Muhammadiyah 1 Bambanglipuro menjadi sekolah yang terus berkarya baik akademik ataupun non akademik dan terus menciptakan bibit-bibit penerus bangsa yang berakhlak dan profesional.

Hormat Saya,

 

Budi Santoso, S. Pd

12. Contoh Surat Pengunduran Diri Kerja Simpel

Tidak harus bertele – tele dan panjang lebar, anda juga bisa membuat surat pengunduran diri dengan simpel. Yang penting, di dalam surat tersebut tertera bahwa anda berniat untuk berhenti bekerja dan mengundurkan diri. Pada umumnya, atasan tidak akan mempermasalahkan hal tersebut, asalkan tetap menggunakan bahasa yang sopan.

SURAT PENGUNDURAN DIRI

Surabaya, 07 Maret 2018

Kepada
Yth. Manager HRD
PT Insan Mulia
Jl. Gatot Subroto No 56 Surabaya
Jawa Timur

Dengan hormat,

Melalui surat ini, saya Basuki Rahmat, bermaksud untuk mengundurkan diri dari PT. Insan Mulia sebagai karyawan terhitung sejak tanggal 15 Maret 2018.

Tidak lupa saya ucapkan terima kasih atas kesempatan yang pernah saya dapatkan untuk bekerja di PT. Insan Mulia. Selain itu, saya juga mohon maaf kepada seluruh karyawan dan manajemen PT. Insan Mulia jika terdapat kekeliruan yang pernah saya perbuat selama saya bekerja.

Saya mengharapkan selalu PT. Insan Mulia dapat berkembang terus dan selalu menjadi yang terbaik.

Hormat Saya,

 

Budi Santoso

13. Contoh Surat Pengunduran Diri Kerja Dalam Bahasa Inggris

Surat pengunduran diri kerja dalam bahasa Inggris memang masih jarang ditemukan di Indonesia. Pada umumnya, karyawan selalu menggunakan bahasa Indonesia untuk menulis atau mengetik surat pengunduran diri. Namun jika perusahaan tempat anda bekerja merupakan perusahaan multinasional, bukan tidak mungkin juga harus memberikan surat pengunduran diri dalam bahasa Inggris.

New York, March 07, 2018

Mrs. Melanie Hammer, Manager
Powerfull Recruiters Ltd.
8595-Sunset Road

New Rochelle, NY 10801Dear Mrs hammer,Please accept this letter as the resignation of my position as Recruiter, effective March 15, 2018. I am offering two weeks notice – this will give you an opportunity to find a suitable replacement. If you would like, I am more than willing to provide training and orientation to the newcomer. My decision to resign was finalized after long and carefull consideration of all factors.

I regret leaving friend here; more home. I feel the change will be beneficial to my long-term career goals and objectives. I assure you that I will complete any outstanding projects and business affairs before my departure – the transition will be handled professionally to ensure no internal or external problems.Again, it has been a pleasurable learning experience working as part of your team and I wish nothing, but success for Powerfull Recruiters Ltd.

Sincerely,

 

Budi Santoso

14. Contoh Surat Pengunduran Diri Dengan Alasan

Banyak karyawan yang mengundurkan diri dengan tanpa alasan yang tercantum di surat pengunduran diri. Hal ini memang tidak menjadi masalah. Namun tidak sedikit juga orang yang mencantumkan alasan dalam surat pengunduran diri nya. Hal ini sah – sah saja untuk dilakukan, seperti salah satu contoh berikut ini.

Jayapura, 07 Maret 2018

Kepada :
Yth. HRD Manager personalia
PT. Maju Makmur

Jln Jeruk No 20
Di Tempat

Dengan hormat.

Melalui surat ini saya :

Nama : Budi Santoso
NIK 9834758937
Bagian : Kantor Depan
Jabatan : Manajemen

Bermaksud mengajukan permohonan pengunduran diri dari PT. Balongori Makmarciti, terhitung dari tanggal 15 Maret 2018 dikarenakan kondisi kesehatan saya yang semakin memburuk dan tidak memungkinkan untuk bekerja lagi. Saya mengucapkan banyak terimakasih atas kesempatan yang di berikan kepada saya untuk bekerja di PT. Balongori Makmarciti selama ini.

Saya juga meminta maaf yang sebesar-besarnya, jika selama bekerja di PT. Balongori Makmarciti ada sikap dan tingkah laku saya yang kurang berkenan di hati karyawan dan manajemen. Saya berharap semoga PT. Balongoro Makmarciti, dapat berkembang dan selalu mendapatkan yang terbaik.

Atas perhatian dan waktu yang diberikan saya ucapakan terima kasih.

Hormat Saya,

 

Budi Santoso

15. Contoh Surat Pengunduran Diri Kerja Karyawan

Sebagai karyawan sudah tentu ada banyak peraturan perusahaan yang harus kita jalani selama bekerja disana. Begitu juga ketika anda akan keluar dan berhenti bekerja dari sana, maka hendaklah berhenti dengan cara yang baik dan terhormat. Anda bisa memberikan surat pengunduran diri kerja kepada atasan demi menjaga nama baik anda.

Jombang, 07 Maret 2018

Kepada Yth,.
HRD Manager
PT. Balongori Makmarciti
Jalan Sawahngidol Nomor 1
Jombang

Dengan Hormat.

Melalui surat ini saya Opo Basuki bermaksud untuk mengundurkan diri dari PT. Balongori Makmarciti Jaya sebagai Mandor, terhitung mulai hari ini tanggal 07 Maret 2018. Saya Sangat berterimakasih atas kesempatan yang diberikan kepada saya untuk bekerja di PT. Balon gori Makmarciti. Adapun alasan pengunduran diri saya adalah karena ingin menambah wawasan dan pengalaman dibidang yang lain.

Saya juga menghaturkan maaf sebesar-besarnya kepada seluruh karyawan dan manajemen PT. Balongori Makmarciti atas setiap kesalahan yang telah saya lakukan, baik sengaja maupun yang tidak sengaja.

Saya berharap selalu PT. Balongori Makmarciti semakin maju dan berkembang sehingga dapat lebih mensejahterakan karyawan dan banyak orang. Demikian surat pengunduran diri ini saya buat dengan sejujurnya, atas perhatian dan kerjasama saya ucapkan terima kasih.

Hormat Saya,

 

Budi Santoso

Kesimpulan Dan Pentingnya Surat Pengunduran Diri Kerja

Mungkin banyak di antara anda yang berpikir kalau surat pengunduran diri tidaklah begitu penting. Lantas, benarkah demikian?. Tentu saja tidak, karena surat pengunduran diri memiliki peranan yang sangat penting untuk anda. Pihak perusahaan mungkin saja tidak begitu peduli dengan surat pengunduran diri anda, namun anda tetap harus menyampaikan surat tersebut.

Sebuah perusahaan atau tempat bekerja sudah memberikan kepercayaan kepada anda untuk bekerja disana. Maka wajar saja jika anda mengucapkan rasa terimakasih ketika anda akan keluar dan berhenti bekerja disana. Anda bisa berpamittan kepada atasan dan perusahaan dengan cara memberikan surat pengunduran diri.

Selain itu, anda juga akan terlihat lebih profesional di mata atasan anda dan segenap pihak perusahaan. Mereka akan merasa dihormat dan menganggap kalau anda memang merupakan orang yang professional dalam bekerja. Bukan tidak mungkin, mereka juga akan memberikan surat referensi kerja untuk anda jika dibutuhkan di kemudian hari untuk mencari pekerjaan baru.

Dengan memberikan surat pengunduran diri kerja beberapa hari sebelum anda benar – benar berhenti bekerja, maka anda juga sudah berpartisipasi membantu perusahaan. Ketika anda sudah menjadwalkan dan memberitahukan kepada atasan mengenai tanggal anda berhenti, maka perusahaan akan memiliki waktu untuk mencari pengganti anda.

Jadi, tidak akan ada posisi yang kosong di perusahaan tersebut ketika anda sudah berhenti bekerja, karena perusahaan masih memiliki waktu untuk mencari pengganti anda. Walaupun terlihat sepele, namun ternyata surat pengunduran diri kerja ini memang memiliki manfaat yang sangat bagus.

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Lainnya terkait Contoh Surat