Connect with us

Contoh Surat Resmi

Contoh Surat

Contoh Surat Pengunduran Diri dari Perusahaan yang Baik

Contoh Surat Pengunduran Diri dari Perusahaan – Memiliki pekerjaan tetap setiap harinya tentu merupakan sebuah berkah bagi seseorang. Ditengah sulitnya mencari pekerjaan sekarang ini, maka tentu setiap orang akan mempertahankan pekerjaan yang dia miliki, demi bisa memenuhi kebutuhan sehari – hari.

Namun terkadang ada beberapa hal yang menyebabkan seseorang harus keluar dan berhenti bekerja dari perusahaan tempatnya bekerja. Mungkin dikarenakan sakit yang berkepanjangan dan tidak bisa bekerja lagi, dikarenakan sudah tidak nyaman lagi di perusahaan tersebut, ataupun dikarenakan ingin membuka usaha baru dan bisa mandiri tanpa harus bekerja kepada orang lain.

Hal ini tentu menyebabkan seseorang harus keluar dan berhenti bekerja dari perusahaan tempatnya bekerja. Namun sebelum benar – benar berhenti bekerja, maka ada beberapa hal yang harus anda perhatikan. Salah satu contoh adalah mengembalikan semua aset perusahaan yang diberikan kepada anda demi menunjang kinerja, jika memang ada.

Contoh Surat Pengunduran Diri dari Perusahaan

Selain itu, anda juga harus membuat surat pengunduran diri dari perusahaan tempat anda bekerja. Memang banyak orang yang berhenti bekerja dari salah satu perusahaan, namun tidak memberikan surat pengunduran diri. Hal ini memang bisa saja dilakukan, namun tentu saja memiliki efek tersendiri buat anda.

Anda akan dianggap kurang bertanggung jawab dan tidak akan dihormati oleh perusahaan. Berikut adalah beberapa contoh surat pengunduran diri dari perusahaan.

1. Contoh Surat Pengunduran Diri dari Perusahaan

Demi menjaga nama baik, maka anda bisa memberikan surat pengunduran diri kepada pihak perusahaan ketika anda akan berhenti bekerja. Selain itu, surat ini juga akan berguna untuk menunjukkan kalau anda benar – benar bertanggung jawab terhadap pekerjaan dan tidak memiliki kewajiban lagi di dalam perusahaan tersebut.

Magetan, 01 April 2018

Kepada
Yth. Pimpinan
PT. Nusa Bangsa Jaya
Magetan

Yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama : Intan Permatasari
Jabatan : Sekretaris

Dengan surat ini, saya bermaksud mengajukan permohonan dari jabatan dan perusahaan Ibu, terhitung pada tanggal 5 April 2018.

Saya mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya sebab perusahaan Anda telah memberikan kesempatan kepada saya untuk belajar dan bekerja secara profesional. Saya juga menghaturkan terima kasih atas bimbingan yang Anda berikan selama ini, baik secara langsung maupun tidak langsung.

Saya juga memohon maaf karena tidak bisa lagi menjadi bagian perusahaan Ibu. Saya berharap dan berdoa semoga perusahaan yang Ibu pimpin semakin maju dan berkembang.

Demikianlah surat pengunduran diri ini saya buat dengan penuh kesadaran atas keinginan sendiri dan tidak ada paksaan dari siapa pun.

Hormat Saya,

 

Intan Permatasari

2. Contoh Surat Pengunduran Diri dari Perusahaan yang Baik dan Benar

Ada beberapa hal yang harus anda perhatikan untuk membuat surat pengunduran diri yang baik dan benar. Setidaknya anda harus mencantumkan tujuan dari surat anda, alasan anda keluar dari perusahaan tersebut, nama anda, dan juga jabatan terakhir yang anda duduki.

SURAT PENGUNDURAN DIRI

Bandung, 1 April 2018

Kepada
Yth. Kepala PT. Argomulyo Sejahtera
di Jln. Pramuka No.142 Bandung
Bandung Jawa Barat

Dengan Hormat,

Melalui surat ini, saya selaku karyawan PT. Argomulyo Sejahtera, berdasarkan surat Kesepakatan Bersama (SKB) mengenai karyawan dan undang-undang kerja, maka saya yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama : Anton Jaya
Departemen : Pemasaran dan Informasi
Jabatan : Sales
No. Karyawan : 876458

Bermaksud mengundurkan diri dari PT.Argomulyo Sejahtera karena urusan ingin fokus membangun bisnis keluarga. Surat ini saya buat berdasarkan prosedur hubungan industrial dan tanpa ada maksud buruk. Saya berharap Anda dapat mengerti dan menerima permohonan saya, serta memberikan hak-hak sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

Demikian surat pengunduran diri ini saya buat dengan penuh kesadaran, atas dukungan dan bantuan yang Anda berikan selama ini, saya mengucapkan terima kasih.

Hormat Saya,

 

Anton Jaya

3. Contoh Surat Pengunduran Diri Dari Perusahaan Lengkap

Membuat surat pengunduran diri dari perusahaan memang bukanlah perkara sulit. Namun tidak sedikit orang yang berhenti bekerja tanpa memberikan surat pengunduran diri ke perusahaan. Ada hanya perlu mencantumkan nama, jabatan terakhir, alasan berhenti bekerja, dan juga tanggal efektif anda tidak bekerja lagi di perusahaan tersebut.

Jakarta, 1 April 2018

Kepada Yth:
Ibu Elissa Lestiawati
Direktur Utama
PT GRAHA CORPORATION
Jl. Mahameru III No. 1023
Jakarta 12650

Perihal: Permohonan Pengunduran Diri

Dengan hormat,

Bersamaan dengan surat ini saya sampaikan. Saya Anton Jaya dengan jabatan terakhir sebagai Manajer Produksi di departemen Teknik. Dengan ini saya sampaikan pengunduran diri saya sebagai pegawai di perusahaan yang Ibu pimpin efektif tertanggal 5 April 2018, dikarenakan saya ingin fokus untuk membuka usaha sendiri.

Saya mengucapkan banyak terima kasih atas pengalaman dan kesempatan yang diperoleh selama bekerja di perusahaan yang Ibu pimpin. Semoga Ibu dapat memahami keputusan yang telah saya buat dan Semoga juga PT. GRAHA CORPORATION selalu maju, berkembang dan sukses selalu kedepannya.

Hormat saya,

 

Anton Jaya

4. Contoh Surat Pengunduran Diri dari Perusahaan Umum

Tidak perlu bersusah payah, anda bisa membuat surat pengunduran diri berdasarkan fomat yang umum digunakan oleh kebanyakan orang ketika membuat surat pengunduran diri. Selain lengkap, anda juga diwajibkan untuk menggunakan bahasa yang sopan dalam membuat surat pengunduran diri.

Bekasi, 1 April 2018

Kepada Yth,
Supervisor PT. Jaya Pradana
Jl. Wahab Affan No.120 Harapan Baru
Bekasi Barat

Perihal : Permohonan pengunduran diri kerja

Dengan Hormat,

Bersamaan dengan surat ini saya Anton Jaya dengan NIK AT182181 mengajukan permohonan pengundurkan diri dari PT. Jaya Pradana sebagai Engineering staff di departement Teknik. terhitung sejak tanggal 5 April 2018.

Saya mengucapkan banyak terima kasih atas kesempatan yang diberikan PT. Jaya Perdana untuk bekerja di perusahaan ini selama kurang lebih 3 tahun. Tidak lupa juga saya sampaikan permohonan maaf kepada seluruh karyawan dan manajemen PT. Jaya Pradana apabila terdapat kesalahan yang telah saya lakukan baik disengaja ataupun tidak selama bekerja. Saya berharap PT. Jaya Pradana menjadi perusahaan yang terus berkembang dan sukses

Demikian surat pengunduran diri ini saya buat dengan sesungguhnya. Atas bantuan, kerjasama dan dukungan yang telah diberikan selama ini saya ucapkan terima kasih.

Hormat saya,

 

Anton Jaya

5. Contoh Surat Pengunduran Diri dari Perusahaan dengan Alasan Kesehatan

Jika kesehatan anda terganggu atau anda sendiri memiliki penyakit yang berkepanjangan, maka tentu anda akan kurang efektif untuk bekerja lagi. Ada baiknya anda mengundurkan diri, daripada harus memaksakan diri untuk bekerja dan memperparah penyakit yang anda derita.

Bandung, 1 April 2018

Kepada Yth.
HRD Manager
PT MANDIRI JAYA INDONESIA
Jl. Soekarno Hatta No 143
Bandung

Perihal: Surat Pengunduran Diri

Dengan hormat,

Melalui surat ini, saya yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama : Intan Permatasari
NIK : 8735768
Unit : Pengadaan Logistik
Jabatan : Supervisi

Bermaksud mengajukan pengunduran diri kerja terhitung sejak 5 April 2018. Dikarenakan kondisi kesehatan yang kurang baik sehingga membutuhkan waktu istirahat yang lebih intensif. Terima kasih saya ucapkan pada perusahaan yang telah menerima saya bekerja selama lebih dari 3 tahun dan terlibat dalam pengembangan perusahaan.

Saya mempunyai keyakinan perusahaan ini dapat lebih berkembang kedepannya. Tak lupa, pada kesempatan ini juga, saya memohon maaf atas kesalahan- kesalahan saya selama bekerja sama dengan perusahaan.

Demikian surat ini saya buat tanpa paksaan dari pihak mana pun. Atas perhatian, kerja sama, dan perhatian Bapak/Ibu sekalian, saya mengucapkan terima kasih.

Hormat saya,

 

Intan Permatasari

6. Contoh Surat Pengunduran Diri dari Perusahaan dengan Alasan Keluarga

Keluarga adalah segala – galanya. Walaupun anda merantau untuk bekerja dan meninggalkan kampung halaman, namun anda tetap tidak bisa melupakan keluarga yang tinggal di kampung halaman. Jika kebetulan anda berniat mengundurkan diri dan kembali ke kampung halaman agar lebih dekat dengan keluarga, maka anda bisa menjadikan alasan tersebut dalam membuat surat pengunduran diri dari perusahaan.

Semarang, 1 April 2018

Kepada Yth.
HRD Manager PT. Raung Kautama
Jl. Gatot Subroto No 189
Semarang

Perihal: Permohonan Pengunduran Diri

Dengan Hormat,

Dengan surat ini saya selaku karyawan dari PT. Raung Kautama sesuai dengan Surat Kesepakatan Bersama (SKB) tentang karyawan dan Undang-Undang tenaga kerja maka saya yang bertanda tangan dibawah ini :

Nama : Intan Permatasari
Jabatan : Logistic anda Planning Manajer

Dengan ini bermaksud untuk mengundurkan diri sebagai karyawan dari PT. Raung Kautama, dikarenakan ingin lebih dekat keluarga di Wonosobo. Surat pengunduran ini saya buat sesuai dengan prosedur hubungan industrial tanpa andanya motivasi negatif.

Saya mengucapkan banyak terima kasih kepada perusahaan yang telah menerima saya bekerja selama 2 tahun ini. Saya juga memohon maaf pada perusahaan juga rekan-rekan sejawat apabila selama ini saya banyak melakukan kesalahan.

Demikian surat pengunduran diri ini saya buat tanpa paksaan dari pihak manapun. Atas perhatian, kerjasama serta pemahamannya saya ucapkan terima kasih.

Hormat Saya,

 

Intan Permatasari

7. Contoh Surat Pengunduran Diri dari Perusahaan Karena Hamil

Alasan kehamilan adalah salah satu alasan yang sering digunakan oleh banyak wanita untuk keluar dari sebuah perusahaan. Keinginan seorang wanita untuk fokus menjaga kehamilan dan merawat anak nantinya memang sangat bagus. Maka tidak sedikit karyawan wanita yang memilih untuk berhenti bekerja ketika sudah hamil.

Yogyakarta, 1 April 2018

Kepada Yth,
HRD Manager PT. Kinenta Indonesia
Jl. Imam Bonjol 201
Yogyakarta

Perihal : Permohonan pengunduran diri

Dengan Hormat,

Melalui surat ini, saya Intan Permatasari bermaksud untuk mengundurkan diri dari PT. Kinenta Indonesia sebagai karyawan, terhitung sejak tanggal 5 April 2018.Dikarenakan usia kehamilan anak kedua kami dan keinginan untuk fokus dalam mengurus buah hati kami..

Saya menyampaikan rasa terimakasih atas kesempatan yang diberikan kepada saya untuk bekerja di PT. Kinenta Indonesia selama 2 tahun ini. Saya juga memohon maaf kepada seluruh karyawan dan manajemen, apabila terdapat kesalahan yang telah saya lakukan selama bekerja. Saya berharap selalu, PT. Kinenta Indonesia dapat terus maju dan mendapat pencapaian terbaik.

Demikian surat pengunduran ini saya buat dengan sesungguhnya dan tanpa paksaan dari pihak manapun.

Hormat Saya,

 

Intan Permatasari

8. Contoh Surat Pengunduran Diri dari Perusahaan Simpel

Mungkin ada perusahaan yang mengharuskan para karyawannya untuk membuat surat pengunduran diri dengan lengkap. Namun ada juga perusahaan yang tidak mewajibkan hal tersebut dan memberikan keleluasaan pada karyawannya untuk membuat surat pengunduran diri. Jika anda tidak ingin repot – repot membuat surat pengundurnan diri, maka anda bisa membuatnya dengan simpel dan singkat saja.

Surabaya, 1 April 2018

Kepada Yth:
Bapak Risman Syahputra
Pimpinan PT DIGITAL MAYA
Jl. Syahbandar Kav. 611
Surabaya 130432

Perihal: Pengunduran diri

Dengan Hormat,

Saya yang bertanda tangan di bawah ini menyatakan mengundurkan diri sebagai Web Programmer di perusahaan yang Bapak pimpin, terhitung sejak tanggal surat permohonan pengunduran diri ini disetujui.

Saya mengucapkan rasa terima kasih atas segala kesempatan dan bimbingan yang telah perusahaan berikan kepada saya selama bekerja di PT. DIGITAL MAYA ini.

Hormat saya,

 

Anton Jaya

9. Contoh Surat Pengunduran Diri dari Perusahaan Tanpa Menyebutkan Alasan

Memang bagus jika kita menyampaikan alasan berhenti bekerja kepada perusahaan. Anda bisa mencantumkan alasan tersebut di dalam surat pengunduran diri yang anda buat. Namun hal tersebut bukan menjadi kewajiban dan anda bisa membuat surat pengunduran diri dari perusahaan tanpa memberitahukan alasan keluar dan berhenti bekerja disana.

Solo, 1 April 2018

Kepada Yth:
Bapak Ilham Firdaus DS
HRD Manager
PT. KIMITECH INDO INC
Jln. Gajah Mada No. 12
Solo

Perihal : Permohonan pengunduran diri

Dengan hormat,

Setelah melewati pertimbangan matang dan mendalam. Maka dengan berat hati bersama ini saya :

Nama : Intan Permatasari
Jabatan : Finance and Accounting Manajer

Menyampaikan permohonan pengunduran diri saya sebagai karyawan di perusahaan Bapak. Ada banyak hal yang menjadi pertimbangan yang seharusnya saya sampaikan atas pengunduran diri ini. Namun saya percaya bahwa alasan utama pengunduran diri saya ini telah Bapak ketahui sebelumnya.

Saya mengucapkan rasa terima kasih yang sebesar-besarnya atas kesempatan yang telah diberikan untuk berkarya di PT. KIMITECH INDO INC selama kurang lebih 3 tahun ini. Semoga perusahaan yang Bapak pimpin akan sukses dan jaya selalu di masa kini dan mendatang.

Hormat saya,

 

Intan Permatasari

10. Contoh Surat Pengunduran Diri dari Perusahaan dengan Alasan Karir

Siapapun orangnya tentu menginginkan karir yang cemerlang, baik itu di dalam sebuah perusahaan maupun pada bisnis yang dijalankan sendiri. Nah, jika anda memiliki bisnis sampingan yang menjanjikan, maka anda bisa menjadikan hal tersebut sebagai alasan anda untuk mengundurkan diri dari perusahaan tempat anda bekerja.

Tangerang, 1 April 2018

Kepada Yth:
HRD Manager
PT. TANI SEJAHTERA MANDIRI
Jln. Cut Nyak Dien No 30 Kav 12
Tangerang

Perihal : Permohonan pengunduran diri

Dengan Hormat,

Bersamaan dengan surat ini saya selaku karyawan PT. Tani Sejahtera Mandiri :

Nama : Anton Jaya
Departemen : Logsitic
Jabatan : Supervisi
No. Karyawan : 358973597

Dengan ini mengajukan permohonan pengunduran diri dari perusahaan yang Bapak / Ibu pimpin. dikarenakan ingin berfokus pada karir bisnis yang sedang saya geluti. Terhitung sejak tanggal 5 April 2018.

Saya mengucapkan terima kasih atas kesempatan yang telah diberikan PT. Tani Sejahtera Mandiri untuk berkarya di perusahaan ini. Terima kasih juga saya ucapkan kepada rekan-rekan karyawan dan para staff yang telah banyak membantu saya dalam hal pekerjaan maupun pengembangan diri. Tak lupa saya juga menghaturkan permohonan maaf apabila terdapat banyak kesalahan baik yang disengaja ataupun tidak selama saya bekerja di perusahaan ini.

Saya yakin dan percaya bahwa PT. Tani Sejahtera Mandiri dapat menemukan pengganti posisi saya yang lebih baik dan sukses kedepannya.

Demikian surat ini saya buat. Atas perhatian, kerjasama dan pengertiannya, saya ucapkan terima kasih.

Hormat Saya,

 

Anton Jaya

11. Contoh Surat Pengunduran Diri Karyawan dari Perusahaan

Menjadi seorang karyawan pada sebuah perusahaan tentu memiliki suka dan duka tersendiri. Tidak sedikit karyawan juga yang mungkin sudah tidak merasa cocok lagi bekerja di perusahaan tersebut, ataupun dikarenakan banyak alasan lainnya. Jika anda mengalami hal demikian, maka anda bisa mengundurkan diri dari perusahaan tempat anda bekerja.

Semarang, 1 April 2018

Kepada Yth,
HRD Manager
PT. INAMOTO KAWAKI
Jln. Industri Sagara Blok 12, No 100
Semarang

Dengan Hormat

Melalui surat ini saya Intan Permatasari (NIK 00129123) dengan jabatan terakhir sebagai QC di bagian gudang. mengajukan permohonan pengunduran diri dari perusahaan yang Ibu / Bapak pimpin. terhitung sejak tanggal 5 April 2018.

Saya ucapkan terima kasih atas bimbingan dan kesempatan yang telah diberikan kepada saya sehingga saya dapat lebih berkembang baik dalam bidang keahlian ataupun kepribadian. Saya juga mengucapkan permohonan maaf yang sebesar-besarnya apabila ini banyak melakukan kesalahan selama bekerja di peusahaan ini.

Saya berharap PT. INAMOTO KAWAKI dapat terus berkembang, maju dan mendapatkan yang terbaik.

Hormat Saya,

 

Intan Permatasari

12. Contoh Surat Pengunduran Diri dari Perusahaan Karena Melahirkan

Momen memiliki anak tentu meerupakan momen yang sangat membahagiakan bagi setiap orang. Tidak sedikit orang, terutama wanita yang rela meninggalkan pekerjaannya demi bisa menjaga dan merawat anak dengan baik. Jika anda mengalami hal demikian, maka anda bisa mengundurkan diri dari perusahaan tempat anda bekerja dan fokus merawat bayi anda.

Purwakerto, 1 April 2018

Kepada Yth,
HRD Manager PT. Sukasari Indonesia
Jl. Teuku Wisnu No. 105
Purwokerto

Mengenai : Permohonan pengunduran diri

Dengan Hormat,

Melewati surat ini, saya Intan Permatasari memiliki maksud untuk mengundurkan diri sebagai karyawan dari PT. Sukasari Indonesia dimulai dari tanggal 5 April 2018. Disebabkan usia dari kehamilan saya sudah mulai memasuki usia persalinan, maka dari itu kami berkeinginan untuk lebih fokus lagi terhadap mengurus bayi yang ada didalam kandungan saya.

Sebelumnya saya mengucapkan rasa terimakasih sebesar-besarnya terhadap perusahaan yang mana perusahaan telah menerima dan menjadikan saya karyawan kurang lebih selama 3 tahun lamanya.

Saya juga memohon maaf sebesar-besarnya jikalau selama saya kerja didalam perusahaan ini masih banyak kekurangan dan kesalahan baik yang disengaja atau pun yang tidak disengaja. Saya selalu berharap kepada PT. Sukasari Indonesia untuk kedepannya supaya bisa terus maju dan mengembangkan perusahaan sebaik-baik dan juga bisa menambahkan keberhasilan lebih untuk dimasa yang akan datang.

Sekian surat pengunduran diri yang saya buat dengan sepenuh hati saya dan tanpa ada rekayasa ataupun dorongan-dorongan dan motivasi hal negatif dari pihak manapun.

Hormat Saya,

 

Intan Permatasari

13. Contoh Surat Pengunduran Diri dari Perusahaan dengan Alasan Usia

Setiap perusahaan tentu memiliki standar umum tersendiri untuk para karyawannya, termasuk  batasan usia. Namun mungkin saja ketika belum memasuki batasan usia, anda merasa sudah tidak sanggup lagi untuk bekerja dengan efektif. Maka dari itu, anda bisa mengundurkan diri dari perusahan dan menjelaskan alasan anda keluar, yakni usia yang sudah semakin tua.

Bandung, 1 April 2018

Kepada Yth,
Kepala Personalia PT. Maju Mundur
Di Tempat

Dengan Hormat,

Melalui surat ini saya selaku karyawan PT. Maju Mundur berdasarkan atas Surat Kesepakatan Bersama (SKB) tentang ketenagakerjaan dan Undang–Undang Tenaga Kerja yang melingkupinya, yang bertanda tangan dibawah ini saya :

Nama : Anton Jaya
Jabatan : Supervisor

Bermaksud untuk mengajukan surat pengunduran diri kepada PT. Maju Mundur dengan alasan kondisi kesehatan yang semakin menurun dikarenakan usia yang sudah semakin tua. Saya berharap perusahaan dapat memahami kondisi saya saat ini dan memberikan hak-hak sesuai dengan ketentuan yang ada.

Demikian surat pengunduran diri ini saya buat tanpa ada paksaan dari pihak manapun. Atas perhatian dan dukungan perusahaan saya ucapkan banyak terima kasih.

Hormat Saya,

 

Anton Jaya

14. Contoh Surat Pengunduran Diri dari Perusahaan Karena Mendapat Pekerjaan Baru

Siapapun orangnya tentu menginginkan pekerjaan yang meningkat dan lebih baik lagi. Dan jika anda mendapat tawaran pekerjaan dari perusahaan lain dengan gaji dan karir yang lebih menjanjikan, maka tidak ada salahnya anda menerima tawaran tersebut. Anda bisa berhenti bekerja dari perusahaan tempat anda sekarang dan membuat surat pengunduran diri.

Depok, 1 April 2018

Kepada Yth,
HRD Manager
PT. Jaya Selalu
Jl. Raya Tanpa Gang No 13
Jakarta Utara

Dengan Hormat,

Melalui surat ini, saya Anton Sanjaya bermaksud mengundurkan diri dari PT. Jaya Selalu sebagai Operator Komputer, terhitung dari tanggal 5 April 2018. Saya mengucapkan terima kasih atas kesempatan dan juga kepercayaan yang sudah diberikan kepada saya untuk bekerja di PT. Jaya Selalu. Adapun alasan pengunduran diri saya adalah karena mendapat pekerjaan baru.

Saya juga memohon maaf yang sebesar-besarnya kepada seluruh rekan karyawan dan manajemen PT. Jaya Selalu apabila selama saya bekerja banyak kesalahan baik itu yang saya sengaja ataupun yang tidak disengaja.

Saya berharap PT. Jaya Selalu semakin maju dan berkembang pesat. Demikian surat pengunduran diri ini saya buat. Atas perhatian yang diberikan saya ucapkan terima kasih.

Hormat Saya,

 

Anton Jaya

15. Contoh Surat Pengunduran Diri dari Perusahaan Dengan Alasan Pindah

Mungkin ada sesuatu hal yang menyebabkan anda harus pindah tempat tinggal bersama keluarga. Entah itu karena sang istri atau suami pindah tugas dan anda harus ikut dengannya, ataupun dikarenakan ingin pulang ke kampung untuk merawat orang tua yang semakin tua. Jika anda mengalami hal demikian, maka anda bisa mengundurkan diri dari perusahaan dan memberikan surat pengunduran diri.

Jakarta, 1 April 2018

Kepada,
Yth. HRD PT. Mega Baja
Di tempat

Dengan hormat,

Saya yang bertanda tangan dibawah ini :

Nama : Intan Permatasari
Jabatan : Sekretaris

Berdasarkan Surat Kesepakatan Bersama PT. Mega Baja yang mengatur kekaryawanan dan Undang-undang ketenagakerjaan, maka dengan berat hati saya bermaksud untuk mengundurkan diri dari perusahaan.

Pengajuan ini saya perbuat karena saya dan keluarga harus pindah ke luar kota, mengikuti suami yang pindah tugas sebagai seorang PNS.

Surat pengunduran diri ini saya buat dengan prosedur hubungan industrial dan tanpa paksaan dari siapapun. Saya berharap perusahaan bisa mengerti kondisi dan keadaan saya serta memberikan hak-hak sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

Selain itu, harapan saya semoga PT. Mega Baja kedepannya bisa berkembang dan maju sehingga bisa mensejahterakan karyawan.

Demikian surat ini saya buat dengan sesungguhnya. Saya mengucapkan banyak terimaksih atas bantuan dan dukungan yang telah diberikan selama saya bekerja di sini.

Hormat saya,

 

Intan Permatasari

Kesimpulan Dan Pentingnya Surat Pengunduran Diri dari Perusahaan

Mungkin banyak orang yang memiliki anggapan kalau surat pengunduran diri dari perusahaan tidaklah begitu penting. Namun sebenarnya tidaklah demikian, karena surat pengunduran dari perusahaan sendiri memiliki setidaknya 3 manfaat bagi anda maupun bagi perusahaan.

Dengan anda memberikan surat pengunduran diri dari perusahaan, maka tentu perusahaan akan memiliki waktu untuk mencari pengganti anda sebelum anda benar – benar berhenti bekerja dari sana. Jadi, tidak akan terjadi kekosongan posisi pada perusahaan yang anda tinggalkan.

Untuk anda sendiri, anda akan lebih dihormat dan dianggap professional karena memberikan surat pengunduran diri dari perusahaan tempat anda bekerja. Dengan anda memberikan surat pengunduran diri juga, anda sudah menyatakan kalau anda tidak memiliki kewajiban lagi pada perusahaan tersebut.

Selain itu, anda juga masih memiliki kemungkinan untuk bekerja di perusahaan tersebut di kemudian hari. Jika kemudian usaha yang anda bangun tidak berjalan atau kondisi perekonomian yang sulit dan mengharuskan anda bekerja kembali, anda masih memiliki kesempatan untuk kembali bekerja disana.

Sedangkan jika anda berhenti bekerja dengan diam – diam tanpa pemberitahuan, maka bisa dipastikan kalau perusahaan sudah tidak mau menerima anda lagi. Jadi, bisa anda bayangkan betapa pentingnya surat pengunduran diri bagi perusahaan, dan terlebih untuk anda sendiri.

Continue Reading

More in Contoh Surat