15 Contoh Surat Pengantar Proposal Berbagai Kepentingan - Contoh Surat Resmi
Connect with us

    Contoh Surat

    15 Contoh Surat Pengantar Proposal Berbagai Kepentingan

    Contoh Surat Pengantar Proposal – Seiring dengan perkembangan zaman dan kecanggihan teknologi sekarang ini, penggunaan surat sebagai media komunikasi juga sudah semakin menurun. Namun hal tersebut sebenarnya hanya berlaku untuk komunikasi pribadi, karena sampai saat ini surat masih rutin dan intens digunakan oleh berbagai pihak yang mewakili kelompok, baik itu perusahaan, instansi pemerintahan, lembaga, maupun organisasi.

    Ada banyak contoh surat yang digunakan oleh berbagai kelompok, dan pada umumnya merupakan surat resmi. Sebagaimana penulisan surat resmi pada umumnya, haruslah dengan menggunakan penulisan yang baik serta penggunaan bahasa yang sopan, dan juga sesuai dengan ejaan yang disempurnakan.

    Contoh Surat Pengantar Proposal

    Jika suatu perusahaan, instansi pemerintahan, lembaga, maupun organisasi melaksanakan suatu kegiatan, maka tentu saja pihak panitia dari kegiatan tersebut akan membutuhkan dana. Dana yang dibutuhkan tergantung dari kegiatan yang dilakukan, baik itu kegiatan kecil maupun kegiatan berskala besar.

    Jika kita perhatikan dengan baik – baik, maka banyak panitia dari kegiatan tertentu yang menggunakan uang pribadi ataupun uang dari kas kelompok mereka untuk membiayai kegiatan tersebut. Namun banyak juga kegiatan yang harus membutuhkan bantuan dana dari pihak lain. Maka untuk meminta bantuan dana dari pihak lain, pihak panitia bisa mengirimkan contoh surat pengantar proposal kepada pihak lain.

    Namun sebenarnya, contoh surat pengantar proposal bukan hanya bisa dipergunakan oleh orang – orang yang ingin melaksanakan suatu kegiatan. Namun juga bisa berupa surat pengantar proposal permohonan kerjasama, surat pengantar proposal sponsor, dan lain sebagainya.

    Berikuta adalah beberapa contoh surat pengantar proposal yang bisa anda jadikan sebagai bahan referensi.

    1. Contoh Surat Pengantar Proposal Kegiatan HUT RI

    Jika anda tergabung dalam organisasi karang taruna di tempat anda tinggal, mungkin saja anda akan ikut berpartisipasi saat perayaan HUT RI setiap tahunnya. Karang taruna dalam merayakan HUT RI tentu saja akan membutuhkan dana. Dan jika anda igin memohon bantuan dana dari pihak lain, maka anda bisa mengirimkan surat pengantar proposal seperti di bawah ini.

    KARANG TARUNA WARGA RW O5
    KELURAHAN MELODI INDAH KECAMATAN MUSIK KALER
    KOTA BANDUNG PROVINSI JAWA BARAT
    Sekretariat. Jl.  Ungu Delima No. 3  Telp. 022 332769 Mobile. 09762467925

    Bandung, 22 Mei 2018

    No  : 013/KK/SPM/08/2018
    Lampiran  : 1 berkas proposal kegiatan
    Hal  : Permohonan Bantuan

    Kepada Yth.
    PT. Giok Komunika Indonesia
    Jalan Ungu Delima Raya Km. 7
    Bandung

    Assalamualaikum Wr. Wb.

    Dengan hormat,
    Dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun Republik Indonesia yang ke- 71, kami selaku pemuda – pemudi RW 05 Kelurahan Melodi Indah Kecamatan Musik Kaler yang tergabung ke dalam organisasi kepemudaan bernama Karang Taruna, akan mengadakan acara pentas seni yang akan diselenggarakan pada :

    Hari/Tanggal:Sabtu/17 Agustus 2018
    Waktu:08.00 – Selesai
    Tempat:Lapangan Serbaguna RW 05 Kelurahan Melodi Indah

    Sehubungan dengan kegiatan yang akan kami selenggarakan tersebut, maka untuk memperlancar kegiatan yang akan kami selenggarakan tersebut, kami memohon partisipasi dari  Bapak/ Ibu dengan memberikan bantuan berupa dana untuk memperlancar keberlangsungan acara kegiatan acara pentas seni yang akan kami selenggarakan ini.

    Demikian surat permohonan ini kami buat, atas partisipasi dan bantuan Bapak/ Ibu, kami ucapkan terima kasih.

    Hormat Kami,
    Ketua Karang Taruna,

     

    Joko Susilo.

    2. Contoh Surat Pengantar Proposal Penelitian

    Dalam melaksanakan sebuah penelititan, baik dari pihak pemerintah, pihak perorangan, maupun dari pihak mahasiswa, tentu saja akan membutuhkan dana. Namun terkadang dana yang terkumpul belum tentu mencukupi untuk mendanai penelitian tersebut. Untuk itu, anda bisa mengirimkan surat pengantar proposal kepada pihak lain seperti di bawah ini.

    KEMENTRIAN RISET DAN TEKNOLOGI
    DEPARTEMEN PENELITIAN DAN PENGEMBANGAN TEKNOLOGI
    Ruko Edelwis Permai Blok AB3 No. 4  Jl. Raya  Wangi Teh Melati Km. 3,8 Bandung 670977
    Telp. 022 332769 Fax. 022 332766 Mobile. 09762467925

    Bandung, 22 Mei 2018

    No  : 013/PTSAB/SPD/VIII/2018
    Hal  : Permohonan Sponsorship
    Lampiran : 1 Berkas Proposal Rencana Penelitian

    Kepada Yth,
    Direktur PT. ADA Technology
    Jalan Jeruk 3 No. 1A Bandung

    Dengan hormat,
    Sehubungan dengan adanya krisis energi pada beberapa tahun belakangan di negeri kita ini, maka kami selaku peneliti di Departemen Penelitian dan Pengembangan Teknologi akan melakukan kegiatan penelitian tentang pengembangan teknologi kimia atom sebagai pengganti energi alternatif, yang akan dimulai pada bulan November 2018.

    Maka melalui surat ini kami mengharapkan adanya sponsorship dalam bentuk bantuan dana ataupun akomodasi untuk jalannya penelitian dari perusahaan Bapak/ Ibu untuk kami agar dapat melakukan kegiatan penelitian tersebut dengan lancar. Sebagai bagan pertimbangan, kami lampirkan berkas proposal rencana penelitian.

    Demikian surat permohonan ini kami sampaikan. Atas perhatian dan dukungan Bapak/ Ibu, kami ucapkan terima kasih.

    Hormat Kami,
    Kepala Departemen Penelitian
    dan Pengembangan Teknologi,

     

    Joko Susilo.

    3. Contoh Surat Pengantar Proposal Pembangunan Masjid

    Pembangunan masjid merupakan kegiatan yang sangat bermanfaat untuk banyak orang. Maka jika anda bergabung menjadi panitia dalam pembangunan suatu masjid, anda tidak perlu segan – segan untuk meminta bantuan dana dari pihak lain. Anda bisa mengirimkan surat pengantar proposal seperti di bawah ini kepada pihak lain.

    DEWAN KELUARGA MASJID (DKM) NURUL IMAN
    Jl. Raya  Wangi Teh Melati Km. 3,8 Bandung 670977
    Telp. 022 332769 Fax. 022 332766 Mobile. 09762467925

    Bandung, 22 Mei 2018

    Nomor  : 005/Pan-BS/DKMNI/VIII/2018
    Lampiran  : 1 ( satu ) berkas proposal
    Perihal  : Pembangunan Mesjid

    Kepada Yth,
    CV. Makmur Abadi Jaya
    Jalan Raya Wangi The Melati No. 110 Bandung

    Assalamu’alaikum Wr. Wb.

    Segala puji hanya bagi Allah SWT yang telah memberikan nikmat hingga saat ini. Shalawat serta salam semoga tercurah kepada junjungan kita nabi Muhammad SAW beserta keluarganya, para sahabatnya dan umatnya yang setia hingga akhir zaman. Teriring doa semoga kita senantiasa berada dalam lindungan Allah SWT.

    Dalam rangka adanya pembangunan perluasan Mesjid Nurul Iman, Kami selaku Panitia Pembangunan Mesjid Nurul Iman dengan segala kerendahan hati bermaksud untuk menyampaikan proposal permohonan Infaq/ shadaqah/jariyah untuk dana pembangunan mesjid tersebut kepada Bapak/Ibu/Kaum Muslimin dan Muslimat, dengan satu keyakinan, permohonan kami kiranya akan mendapat respon dan realisasi bantuan, baik dalam bentuk finansial maupun material.

    Sebagai bahan pertimbangan Bapak/Ibu, berikut ini kami sampaikan latar belakang masalah, dasar pemikiran, maksud dan tujuan, Susunan Panitia Pembangunan, luas tanah dan statusnya, luas, Konstruksi dan bentuk bangunan, jumlah rencana anggaran biaya yang dibutuhkan, sumber dana pembangunan, proses dan teknis kegiatan pelaksanaan pembangunan, catatan penting dan diakhiri oleh penutup serta lampiran-lampiran.

    Demikian surat permohonan ini kami sampaikan. Atas perhatian dan partisipasi Bapak/Ibu, kami ucapkan terima kasih.

    Wassalamu’alaikum Wr. Wb.

    Hormat Kami,

     

    Joko Susilo.

    4. Contoh Surat Pengantar Proposal Renovasi Aula Desa

    Aula desa memiliki manfaat yang sangat banyak untuk berbagai kegiatan sebuah desa tertentu. Oleh karena itu, sudah sepantasnya aula mendapatkan perhatian dan perawatan dari masyarakat dan aparat setempat. Bukan hanya itu, aula juga perlu di renovasi jika sekirannya sudah banyak kerusakan. Untuk itu, anda bisa mengirimkan surat pengantar proposal untuk meminta bantuan dana dari pihak lain.

    RUKUN WARGA 04
    KELURAHAN MELODI INDAH KECAMATAN MUSIK KALER
    KOTA BANDUNG PROVINSI JAWA BARAT
    Sekretariat. Jl.  Jeruk Manis No. 59  Telp. 022 332769 Mobile. 09762467925
    Email : rw04melodiindahbdg@gmail.com

    Bandung, 22 Mei 2018

    No  : 013/KRW/SP/04/2018
    Hal  : Permohonan Bantuan Dana Renovasi Aula
    Lampiran  : 1 Lembar Rincian Dana

    Kepada Yth.
    Bapak/ Ibu Warga RW 04
    Kelurahan Melodi Indah
    di tempat

    Assalamualaikum Wr. Wb.

    Dengan hormat,
    Salam sejahtera bagi kita semua semoga kita semua senantiasa berada di dalam lindungan Allah SWT dan senantiasa diberikan berkah dan hidayah serta kemudaan dalam diberikan rizqi dari-Nya. Amin.

    Melalui surat ini, Kami atas nama Warga RW 04 bermaksud untuk menyampaikan bahwa Aula bersama RW 04 yang biasa digunakan untuk berbagai kegiatan warga keadaannya sudah tidak layak dan harus segera direnovasi, mengingat banyaknya warga yang selalu menggunakan aula tersebut setiap harinya. Diantaranya seperti sudah banyak yang bocor, dinding yang retak dan yang lebih mengkhawatirkan, sudah ada plafon yang sudah hampir roboh. Kami khawatir jika ketika digunakan, plafon tersebut bisa tiba-tiba roboh dan melukai warga yang sedang berada didalam aula tersebut.

    Sehubungan dengan rencana renovasi aula RW 04 Kelurahan Melodi Indah tersebut, kami selaku pengurus RW 04 sudah memperkirakan estimasi biaya yang diperlukan yang diperkirakan akan menghabiskan dana sebesar Rp. 55.000.000 (Lima Puluh Lima Juta Rupiah) dengan rincian dana terlampir. Oleh karena itu, kami bermaksud untuk memohon dana seikhlasnya dari Bapak/ Ibu/ Saudara/ Saudari guna memperlancar kegiatan perbaikan aula tersebut.

    Pemberian dana dari Bapak/ Ibu/ Saudara/ Saudari dapat diserahkan langsung kepada ketua RT masing – masing. Pengerjaan renovasi aula ini akan dilakukan setelah dana yang dibutuhkan terkumpul. Dan akan diberitahukan setiap minggunya progress pengumpulan dana ini melalui Ketua RT masing – masing.

    Demikian surat permohonan dana ini dibuat. Atas perhatian dan kerjasama Bapak/ Ibu, kami sampaikan terima kasih.

    Hormat Kami,
    Ketua RW 04,

     

    Joko Susilo.

    5. Contoh Surat Pengantar Proposal Even Perlombaan

    Walaupun mungkin tidak semua desa, namun banyak desa – desa yang melaksanakan berbagai even perlombaan setiap tahunnya untuk masyarakat setempat. Evel – evel berupa perlombaan ini tentu saja membutuhkan dana, baik itu untuk keperluan perlombaan maupun untuk hadiah – hadiah dari perlombaan yang diselenggarakan. Untuk itu, anda sebagai panitia acara bisa mengirimkan surat pengantar proposal kepada orang lain seperti contoh di bawah ini.

    PANITIA EVEN PERLOMBAAN
    DESA SUKA MAKMUR KECAMATAN SUKARIA
    KABUPATEN SUKACITA

    Suka Makmur, 22 Mei 2018

    Nomor : 13/MB/V/2018
    Lampiran : 1 (Satu) Bandel Proposal
    Hal : Surat Permohonan Bantuan Dana

    Kepada Yth,
    Bapak Jamaluddin
    di-
    Tempat

    Assalamu’alaikum Wr. Wb.

    Puji syukur kehadirat Allah yang maha Esa. Semoga kita senantiasa dalam lindungan –Nya serta diberikan kemurahan rizki.

    Sehubungan dengan akan diadakannya even perlombaan di Desa Suka Makmur Kecamatan Sukaria Kabupaten Sukacita, maka dengan ini kami atas nama panitia dan pemerintah Desa bermaksud untuk mengajukan permohonan bantuan dana kepada Bapak.

    Dana tersebut akan kami alokasikan untuk operasional selama berlangsungnya even perlombaan hingga selesai.

    Demikian surat permohonan bantuan dana ini kami buat. Atas perhatian, partisipasi serta kesediaannya untuk memberikan bantuan kami sampaikan banyak terimakasih.

    Wassalamu’alaikum Wr. Wb

    Suka Makmur, 22 Mei 2018.

    Hormat Kami,
    Ketua Panitia,

     

    Joko Susilo.

    6. Contoh Surat Pengantar Proposal Renovasi Masjid

    Agar bisa beribadah dengan nyaman, maka sebaiknya masjid memang diusahakan dengan kondisi bangunan yang sebaik mungkin. Jika ada bangunan masjid yang rusak, maka bisa direnovasi kembali dengan menggunakan dana kas masjid ataupun dengan menggunakan dana bantuan dari pihak lain.

    PANITIA PEMBANGUNAN MASJID AL – IKHLAS
    Jl. Perjuangan No. 123, Medan

    Nomor      : 13/09/BI/III/2018
    Lampiran : 1 (satu) Bandel Proposal
    Perihal     : Permohonan Bantuan Dana Pembangunan Mesjid

    Kepada Yth,
    Bapak,Ibu, Saudara/i
    Kaum Muslimin & Muslimat
    di Tempat

    Assalamu’alaikum Wr. Wb.
    Allah SWT dan Rasul-Nya Muhammad SAW memerintahkan umat Islam dimanapun mereka berada agar membangun masjid. Alangkah indah dan bahagianya umat Islam apabila memiliki sarana peribadatan yang memadai keberadaannya.

    Kami dan Panitia Pembangunan Masjid Al – Ikhlas yang berada di wilayah Padang Bulan berkeinginan memiliki pusat kegiata da’wah Islam yang memadai dan layak untuk melayani Umat Islam yang membutuhkannya.

    Saat ini bangunan Masjid Al – Ikhlas kondisi bangunannya sudah tidak layak lagi sehingga perlu direnovasi dengan memperbaiki dan memperluasnya, mengingat daya tampung yang sudah tidak memadai untuk kegiatan rutin pengajian, terutama kegiatan Majelis Ta’lim.

    Sehubungan dengan hal tersebut terlampir kami kirimkan proposal pembangunan Masjid Al – Ikhlas dengan harapan kiranya dapat membantu meringankan beban pembiayaan pembangunan tersebut.

    Demikian kami sampaikan, atas perhatian, dukungan serta bantuan dari Bapak/Ibu kami ucapkan banyak terima kasih.

    Wassalamu’alaikum Wr. Wb

    Hormat Kami,
    Ketua Panitia,

     

    Joko Susilo.

    7. Contoh Surat Pengantar Proposal Reuni

    Kegiatan reuni bisa menjadi ajang bertemunya anda dengan para sahabat – sahabat dan teman semasa sekolah dulu. Tidak heran banyak orang yang berusaha untuk menyelenggarakan acara reuni. Namun jika anda dan panitia tidak memiliki dana lebih, maka anda bisa mengirimkan surat pengantar proposal kepada pihak lain.

    SANTRI SIAP GUNA
    DAARUT TAUHIID BANDUNG
    Gegerkalong Girang No. 67 Bandung Tlp.022 2005271

    Bandung, 22 Mei 2018

    Nomor : 132/RA/Eks/SSG-LS-YYSDT/X/2018
    Hal  : Permohonan Bantuan Dana
    Lampiran  : Proposal

    Kepada YKH,
    Direktur PT. Carrefour Indonesia
    di Tempat

    Assalaamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakaatuh

    Semoga Allah yang Maha Pemurah dan Maha Penyayang meridhoi semua yang akan kita lakukan dan kita semua dimasukkan dalam golongan orang–orang yang senantiasa mendapatkan petunjuk Nya, Aamiin.

    Sehubungan dengan akan diselenggarakannya kegiatan Reuni Santri Siap Guna Daarut Tauhiid Tahun 2018 “Khidmat Untuk Umat” (Merupakan Rangkaian Milad DT Ke 27), yang diadakan oleh Santri Siap Guna Daarut Tauhiid pada :

    Tanggal:28-31 Mei 2018
    Waktu:Terlampir
    Tempat:Terlampir

    Untuk itu, melalui surat ini dengan hormat kami mengajukan permohonan bantuan dana dari instansi yang Bapak/Ibu  pimpin.   Sebagai   bahan   pertimbangan   Bapak/Ibu,   kami   lampirkan  1   (satu)  berkas   proposal mengenai bentuk kerja sama yang kami tawarkan beserta gambaran kegiatan tersebut di atas.

    Demikianlah surat permohonan ini kami buat. Atas perhatian dan kerjasamanya kami ucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya. Jazaakumullahukhairan katsiraa.

    Billaahi fii sabiilil haq

    Wassalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakaatuh

    Hormat Kami,
    Ketua Panitia,

     

    Joko Susilo.

    8. Contoh Surat Pengantar Proposal Kegiatan UKM

    Sekarang ini pemerintah memang berusaha meningkatkan kualitas dari para UKM yang tersebar di Indonesia. Namun tentu saja hal tersebut membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Jika anda ingin meminta bantuan dana dari pihak lain, maka anda bisa mengirimkan surat pengantar proposal seperti contoh di bawah ini.

    KELOMPOK USAHA BERSAMA (KUBE) PKK-WRSE
    “MUGI BERKAH”
    Desa Kedungpanjang Purworego Purworejo
    Sekreatriat : Desa Sitepen RT 01 RW 03 Kec. Purwojati Kab. Blitar 53181 ‘ 089723234654

    Purwojati, 22 Mei 2018

    Nomor  :  01/KUBE/MUGIBERKAH./I/2018
    Lampiran  :  1 (satu) bendel
    Hal  :  Permohonan Bantuan Dana KUBE PKK WRSE

    Kepada Yth.
    Bapak Gubernur Jawa Timur
    Di Semarang

    Dengan hormat,
    Sesuai dengan program pemerintah yang berencana meningkatkan kualitas masyarakat dengan kegiatan usaha kreatif dalam bentuk UKM, maka kami selaku pengurus Kelompok Usaha Bersama ( KUBE ) Mugi Lancar, yang bertempat di Desa Sitapen RT 01 / 03 Kecamatan Purwojati dengan ini mengajukan bantuan modal usaha untuk kegiatan usaha kami yang mana rencana anggaran biaya membutuhkan dana sekitar Rp. 50.000.000,- ( Lima Puluh Juta Rupiah ) untuk usaha penggemukan sapi potong. Adapun modal yang telah ada dari kas KUBE sekitar Rp. 15.000.000,- ( Lima Belas Juta Rupiah ) sehingga masih terdapat kekurangan sekitar Rp. 35..000.000,- ( Tiga puluh lima juta rupiah ). Adapun rincian RAB terlampir kami sampaikan.
    Sebagai bahan pertimbangan , kami lampirkan pula :

    1. Proposal Usaha KUBE
    2. Surat Keputusan Kepala Desa Kedungpanjang tentang pembentukan kelompok usaha bersama      KUBE PKK WRSE
    3. Susunan Pengurus KUBE
    4. Foto Copy KTP
    5. Rencana Anggaran Biaya ( RAB)

    Demikian permohonan ini kami sampaikan. Atas segala perhatian dan bantuannya kami sampaikan terima kasih.

    Mengetahui,
    Kepala Desa Sitepen,

     

    Joko Susilo.

    9. Contoh Surat Pengantar Proposal Usaha Perseorangan

    Jika anda memiliki sebuah usaha tertentu, maka sudah pasti kalau anda akan membutuhkan biaya untuk menjalankan usaha tersebut. Sementara mencari modal bukanlah hal yang mudah. Untuk itu, anda bisa mengirimkan surat pengantar proposal kepada pihak lain, untuk meminta bantuan dana.

    PT BERKAH TANI
    Desa Nasional Kec. Papuan Kabupaten Wamena
    Sekreatriat : Desa Nasional  RT 01 RW 02 Kec. Papuan Kab. Wamena 53123 ‘ 08972345645

    Wamena, 22 Mei 2018

    Nomor  :  01/KUBE/MUGIBERKAH./I/2018
    Lampiran  :  1 (satu) bendel
    Hal  :  Pengajuan Kerja Sama Usaha

    Kepada Yth.
    Bapak Nuratman
    Di Surabaya

    Dengan hormat,
    Menindak lanjuti terhadap rencana pengembangan bisnis kami yang bergerak di bidang kuliner. Kami, selaku pemilik usaha kuliner PT Berkah Tani hendak mengembangkan usaha kami dalam mengolah hasil tani menjadi makanan siap saji. PT berkah tani yang berlokasi di Desa Nasional  RT 01 RW 02 Kec. Papuan Kab. Wamena, berencana menambah beberapa cabang di beberapa kabupaten untuk memperluas jangkauan bisnis kami.

    Namun demikian kami membutuhkan bantuan dalam bentuk kerjasama investasi modal yang akan kami gunakan untuk menambah beberapa keperluan dalam rancana pengembangan kami.
    Adapun sistem dan biaya yang kami butuhkan terlampir kami sampaikan.

    Demikian surat pengajuan kerja sama ini kami sampaikan. Terima kasih atas perhatian dan kerja samanya.

    Hormat Kami,
    Direktur PT. Berkah Tani,

     

    Joko Susilo.

    10. Contoh Surat Pengantar Proposal Sponsor

    Jika anda dan kelompok anda menyelenggarakan suatu acara, maka anda bisa mencari sponsor untuk mendanai kegiatan tersebut. Namun tidak bisa meminta bantuan dana begitu saja, anda harus terlebih dahulu mengirimkan surat pengantar proposal seperti di bawah ini.

    PANITIA PERINGATAN HARI PENDIDIKAN NASIONAL
    BADAN EKSEKUTIF MAHASISWA
    UNIVERSITAS JAYA SENTOSA INDONESIA
    Jl. Kapt Tendean No. 55, Jakarta Telp. (0271) 123456
    Fax. (0271) 1234566 Jakarta 57111 Email: bem@ujs.ac. id

    Jakarta, 22 Mei 2018

    No  : 099/PSRS/III/1*
    Lampiran  : 1 berkas proposal
    Hal  : Permohonan Sponsorship

    Kepada Yth,
    Pimpinan Cabang PT Argo Makmur
    Jalan Kyai Muntang 89
    Jakarta

    Dengan hormat,
    Dalam rangka menyambut Hari Pendidikan Nasional, BEM Universitas Jaya Sentosa Indonesia bermaksud untuk menyelenggarakan Pentas Seni Tari kuda Lumping Betawi. Acara ini akan dilaksanakan pada :

    Hari/Tanggal:Senin/29 Mei 2018
    Tempat;Alun – Alun Kidul Keraton Kasunanan
    Tema;Kuda Lumping – Cikal Betawi

    Untuk itu, kami selaku panitia Pentas Seni Tari Kuda Lumping Betawi dari BEM UJSI, mengajukan permohonan kerjasama sponsorship untuk mendorong kelancaran acara tersebut.

    Dalam acara tersebut, kami mengundang para pegiat seni dari berbagai daerah di Indonesia. Selain itu, aneka seni dan tarian nusantara lain juga akan ditampilkan untuk memeriahkan acara yang digelar gratis untuk masyarakat umum ini.  Bersama dengan ini, kami juga melampirkan proposal yang menerangkan kegiatan dan bentuk kerjasama bagi pihak sponsor sebagai bahan pertimbangan.

    Demikian surat permohonan ini kami ajukan, atas perhatian yang dilimpahkan dalam kegiatan ini, kami ucapkan terima kasih.

    Hormat Kami,
    Rektor Universitas Jaya Sentosa Indonesia,

     

    Joko Susilo.

    11. Contoh Surat Pengantar Proposal Tabligh Akbar

    Kegiatan tabligh akbar yang diselenggarakan oleh suatu masjid tertentu, pastinya akan membutuhkan biaya yang lumayan. Dan untuk mendanai kegiatan tersebut, anda bisa menggunakan dana dari masjid ataupun dengan menggunakan dana bantuan dari pihak lain. Jika ingin meminta dana bantuan dari pihak lain, maka anda bisa mengirimkan surat pengantar proposal seperti di bawah ini kepada pihak lain.

    TABLIGH AKBAR MAULID NABI MUHAMMAD SAW BERSAMA
    HIDUP DALAM KASIH
    PONDOK PESANTREN AL-IKHLAS
    Jl. Raya Babakan. No.20. Kec. Sukamaju. Kab. Bandung.

    Bandung, 22 Mei 2018

    Nomor  :  123/SPP/Mei/2018
    Lampiran  : 1 Bundel Proposal
    Perihal  :  Permohonan Bantuan Dana

    Kepada Yth,
    Bapak Antoni
    di Tempat

    Assalamualaikum Wr.Wb.
    Puji Syukur Kehadirat Allah SWT yang telah memberikan karunia serta nikmatNya yang tidak terhingga, Sholawat serta salam selalu kita curahkan kepada Nabi Muhammad SAW agar kita mendapat syafaatnya di hari akhir nanti. Amin.

    Alhamdulillah pada kesempatan kali ini kami selaku kepemudaan dan santri pengurus Pondok Pesantren Al-Ikhlas akan mengadakan kegiatan Tabligh Akbar yang akan di isi oleh Mubaligh Pemuda/i pondok pesantren Al – Ikhlas dengan tema HIDUP DALAM KASIH. Acara tersebut rencananya akan diselenggarakan pada :

    Hari/Tanggal:Senin/28 Mei 2018
    Tempat:Pesantren Al – Ikhlas
    Waktu;18.00 – Selesai

    Acara tersebut sebagai salah satu upaya Syi’ar Agama Islam yang manfaatnya serta pahalanya InsyaAllah sangat besar. Agar acara tersebut bisa berjalan dengan lancar, sekiranya Bapak/Ibu/Saudara/i berkenan untuk ikut serta mensukseskannya dengan menyumbangkan sedikit hartanya, karena saat ini kami masih membutuhkan dana sebagai operasional kegiatan baik sebelum kegiatan maupun pada saat kegiatan berjalan.

    Demikian surat permohonan bantuan dana ini kami sampaikan agar menjadi maklum, atas perhatian, dukungan serta bantuannya kami ucapkan banyak terimakasih. Semoga Allah SWT melipat gandakan ganjaran serta rejekinya kepada Bapak/Ibu/Saudara/i, Amin.

    Wassalamualaikum, Wr.Wb.

    Hormat Kami,
    Ketua Panitia,

     

    Joko Susilo.

    12. Contoh Surat Pengantar Proposal Pembangunan Lapangan Olahraga

    Sekarang ini ada banyak desa atau kelurahan yang memiliki lapangan olahraga sendiri. Namun dalam pembangunan lapangan tersebut, tentu membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Jika anggaran dari desa tidak mencukupi untuk membangunnya, maka pihak panitia pembangunan bisa meminta bantuan dana dari orang lain atau dari pihak lain.

    PANITIA PEMBANGUNAN
    LAPANGAN BULUTANGKIS
    Kecamatan Purwokerto

    Purwokerto, 22 Mei 2018

    Kepada Yth,
    Bpk. Yoga Daidan
    di Tempat

    Hal : Permohonan Bantuan Dana
    Lamp : 1 Bendel Proposal

    Assalammu’alaikum Wr.Wb.
    Sehubungan dengan rencana pembangunan sarana pembanguan lapangan Bulutangkis di Kecamatan Purwokerto yang kami perkirakan akan membutuhkan biaya sebesar Rp 45.000.000 (Empat Puluh Lima Juta Rupiah), maka dengan ini kami bermaksud untuk memohon bantuan sumbangan dana kepada Bapak untuk dialokasikan pada keperluan tersebut.

    Bersama ini kami lampirkan satu bendel proposal yang memuat estimasi dana secara terperinci program pembangunan sarana olahraga sebagaimana yang kami sebutkan diatas disertai dengan struktur kepengurusan, penanggung jawab, dll.

    Demikian surat permohonan bantuan ini kami buat dengan sebenar-benarnya, terima kasih yang sebesar-besarnya atas kebersediaan Bapak untuk memberikan sumbangan. Semoga amal Bapak diterima oleh Allah SWT. Amin…

    Wassalamu’alaikum Wr. Wb.

    Hormat Kami,
    Ketua Panitia,

     

    Joko Susilo.

    13. Contoh Surat Pengantar Proposal Bantuan Dana

    Setiap masjid mungkin akan melakasanakan atau menyelenggarakan suatu acara tertentu pada saat hari – hari tertentu. Nah ,untuk menyelenggarakan acara tersebut tentu saja akan membutuhkan biaya, yang bisa diambil dari kas masjid ataupun dengan bantuan dana dari orang lain. Jika ingin meminta bantuan dana dari orang lain, maka anda bisa mengirimkan surat pengantar proposal seperti contoh di bawah ini.

    PANITIA PERINGATAN HARI BESAR ISLAM (PHBI)
    ISRA MI’RAJ MASJID AL-FATAH
    Jln. Kecapi, Desa Mekar Sari RT 14 RW 03, Kecamatan Buah Batu – Bandung

    Bandung, 22 Mei 2018

    Nomor : 66/PHBI/IIX/2018
    Lampiran : 1 (satu) Berjas
    Perihal : Permohonan Bantuan Dana PHBI

    Kepada Yth.
    Para Dermawan
    Warga Desa Mekar Sari
    di Tempat

    Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh,
    Pertama-tama kami sampaikan salam hormat dan silaturahim pada Bapak/Ibu sekalian. Mudah- mudahan segala aktivitas kita selalu berada dalam lindungan Allah SWT.

    Sehubungan dengan akan diadakannya peringatan Isra Mi’raj di Masji Al-Fatah, kami dari panitia kegiatan tersebut berharap kepada bapak/ibu sekalian untuk ikut menyukseskan acara tersebut.

    Mengingat kami memiliki keterbatasan dana. Maka dari itu kami mengetuk hati bapak/ibu/saudara untuk menyisihkan sebagian hartanya dalam kegiatan yang rencananya akan diadakan pada :

    Hari/Tanggal:Senin/28 Mei 2018
    Tempat:Aula Desa Mekar Sari
    Pukul:18.00 – Selesai

    Demikian surat permohonan bantuan dana ini kami sampaikan. Semoga Allah SWT senantiasa meridhoi amal ibadah kita semua. Atas perhatian dan dana yang bapak/Ibu berikan kami ucapkan banyak terima kasih.

    Hormat Kami,
    Ketua Panitia,

     

    Joko Susilo.

    14. Contoh Surat Pengantar Proposal Bantuan Bencana Alam

    Jika suatu bencana alam terjadi di suatu tempat, maka biasanya akan banyak pihak yang berusaha untuk menggalang bantuan. Jika anda dan organisasi anda ingin menggalang bantuan untuk para korban bencana alam tersebut, maka anda bisa mengirimkan surat pengantar proposal seperti di bawah ini.

    KARANG TARUNA WARGA RW O5
    KELURAHAN MELODI INDAH KECAMATAN MUSIK KALER
    KOTA BANDUNG PROVINSI JAWA BARAT
    Sekretariat. Jl.  Ungu Delima No. 3  Telp. 022 332769 Mobile. 09762467925

    Bandung, 22 Mei 2018

    Hal : Permohonan Bantuan Dana
    Lampiran : 1 Bundel Proposal

    Kepada Yth,
    Bapak/Ibu Warga Perumahan Indah Permai
    di tempat

    Dengan hormat,
    Mengingat banyaknya saudara kita yang terkena musibah akibat banjir di Bandung. Maka kami dari Karang Taruna desa Ciwangi mengharapkan partisipasi dan bantuan dari seluruh warga perumahan Indah permai untuk meringankan beban yang dialami oleh saudara- saudara kita yang menjadi korban.

    Kami menerima segala jenis sumbangan, baik berupa materi ataupun non materi sesuai keikhlasan dari bapak/Ibu sekalian. Selanjutnya hasil dari sumbangan yang telah terkumpul akan segera kami salurkan ke Posko banjir II di daerah Bale Endah.

    Demikian surat permohonan ini kami buat. semoga apa keikhlasan dari apa yang bapak/ibu sisihkan mendapatkan keridhoan Allah SWT. kami ucapkan banyak terima kasih atas segala perhatian dan partisipasinya.

    Hormat Kami,
    Ketua Karang Taruna,

     

    Joko Susilo.

    15. Contoh Surat Pengantar Proposal Kerjasama

    Suatu perusahaan tentu harus menjalin kerjasama dengan perusahaan lainnya agar bisa berkembang dengan lebih cepat. Namun tidak bisa menjalin kerjasama begitu saja, anda harus terlebih dahulu mengirimkan surat pengantar proposal untuk perusahaan yang anda inginkan, dan menunggu jawaban dari perusahaan tersebut.

    PT. INTAN PERMATA
    Jln. Permata Hijau No. 123 Jakarta Pusat
    No. Telp 085361920000
    intanpermata@gmail.com

    Jakarta, 12 Februari 2018

    Hal : Penawaran Kerjasama
    Lamp. : 1 Bundel Proposal

    Kepada Yth,
    Bpk. Cokro Susilo
    Pimpinan CV. KARYA ABADI
    Jln. Sari Indah No. 123 Surabaya

    Dengan hormat,
    Kami dari PT. Intan Permata bermaksud untuk menawarakan kerjasama dengan CV. Karya Abadi untuk menjadi distributor produk-produk kami yang berupa :

    1. Perlengkapan Sound System
    2. Interior Dapur

    Kami dari perusahaan akan memberikan kompensasi yang bisa dinegosiasikan kepada CV. Karya Abadi jika bersedia menjadi distributor resmi produk dari perusahaan kami.

    Mekanisme mengenai kerjasama dapat kami jelaskan lebih lanjut apabila CV. Karya Abadi tertarik dengan penawaran kerjasama yang kami sampaikan.

    Demikian surat penawaran kerjasama ini, atas perhatian dan kerjasamanya kami ucapkan terimakasih.

    Hormat Kami,
    Direktur PT. Intan Permata,

     

    Joko Susilo.

    Kesimpulan dan Pentingnya Surat Pengantar Proposal

    Pada beberapa kasus dan kegiatan, surat pengantar proposal memang memiliki peranan yang sangat penting. Bayangkan jika suatu kelompok ingin melaksanakan suatu kegiatan dengan mengharapkan dana bantuan dari orang lain.

    Jika meminta begitu saja, maka tentu saja pihak lain tidak akan bersedia untuk memberikan bantuan dana. Namun dengan menggunakan contoh surat proposal, maka mereka berarti meminta dana bantuan sudah dengan cara yang benar dan resmi.

    Selain itu, untuk menjalin kerjasama dengan perusahaan lain, maka sebuah perusahaan harus mengirimkan contoh surat pengantar proposal kepada perusahaan yang dituju. Perusahaan yang dituju akan memperhatian proposal yang diberikan dan bisa mempertimbangkan tawaran kerjasama dari pihak anda.

    Menulis surat pengantar proposal sangatlah mudah jika anda perhatikan dengan baik beberapa contoh diatas. Anda hanya perlu mempersiapkan sebuah proposal yang akan diajukan kepada pihak lain, lalu anda bisa menulis surat untuk mengantarkan surat tersebut kepada pihak lain, baik itu individu maupun mewakili kelompok.

    Namun perlu anda perhatikan kalau contoh surat pengantar proposal yang anda kirimkan sudah sesuai dengan kaidah – kaidah penulisan surat resmi pada umumnya. Surat tersebut harus meliputi kop surat, tanggal, perihal, sampai dengan isi dari surat tersebut dan penutup. Bahasa yang digunakan juga harus sesuai dengan ejaan yang disempurnakan dan menggunakan kata – kata yang sopan.

    Continue Reading
    To Top