Connect with us

Contoh Surat Resmi


Contoh Surat

15 Contoh Surat Pengajuan dengan Penulisan yang Baik dan Benar

Contoh Surat Pengajuan – Jika diartikan secara sederhana, maka surat pengajuan merupakan sebuah jenis surat yang digunakan untuk mengajukan permohonan atau permintaan kepada pihak lain. Anda bisa mengisi surat pengajuan dengan permintaan pindah tugas, permohonan izin, sampai dengan permintaan bantuan dari pihak lain untuk seseuatu hal misalnya.

Surat pengajuan haruslah dibuat secara resmi dan menggunakan bahasa yang baku serta sesuai dengan ejaan yang disempurnakan. Bukan hanya itu, anda juga harus menggunakan bahasa yang sopan ketika membuat surat pengajuan kepada pihak lain. Hal ini berguna untuk menarik simpati mereka dan mengabulkan permohonan anda.

Surat permohonan ini bisa digunakan oleh kalangan pribadi maupun dengan mewakili perusahaan atau sebuah instansi. Jika anda seorang mahasiswa, maka anda bisa mengajukan surat pengajuan izin kepada dosen. Jika anda seorang siswa sekolah, maka bisa mengajukan surat pengajuan izin kepada pihak sekolah. Begitu juga dengan anda para karyawan, bisa mengajukan permohonan izin sakit kepada atasan.

Contoh Surat Pengajuan

Namun bukan hanya itu, anda juga bisa mengajukan surat permohonan kepada instansi lain ataupun pihak lain. Seperti halnya surat pengajuan bantuan dana atau permohonan izin ketika anda ingin menyelenggarakan sebuah acara. Intinya, surat pengajuan ini bisa digunakan oleh perseorangan maupun mewakili sebuah perusahaan atau instansi.

Bagi anda yang belum paham betul contoh – contoh surat pengajuan, maka beberapa contoh di bawah ini mungkin akan berguna untuk anda.

1. Contoh Surat Pengajuan Dana Perbaikan Masjid

Melakukan perbaikan masjid merupakan tindakan yang sangat mulia dan berguna bagi banyak orang. Namun dikarenakan keterbatasan biaya, seringkali kerusakan atau kekurangan yang ada di sebuah masjid tidak kunjung diperbaiki dan dilengkapi. Jika anda merupakan panitia perbaikan masjid, maka anda bisa membuat surat pengajuan dana untuk perbaikan masjid kepada orang lain seperti di bawah ini.

SURAT PENGAJUAN DANA

Nomor     : 557/IV/2018
Lampiran : 1 rangkap proposal
Perihal      : Pengajuan Bantuan Dana

Kepada Yth,
Bapak/Ibu/Saudara/i
Di Tempat

Assalamualaikum Wr. Wb.

Salam sejahtera kami haturkan, semoga kita senantiasa dalam lindungan Allah S.W.T dan senantiasa mendapatkan berkah serta kemudahan rizqi dari-Nya, Amin

Sehubungan dengan rencana perbaikan bangunan Masjid Al-Azhar Desa Sukacita, Kec. Sukabumi yang sesuai estimasi kami selaku panitia diperkirakan akan menghabiskan biaya total berjumlah Rp 200.000.000 (Dua Ratus Juta Rupiah), dengan ini kami mengetuk hati Bapak/Ibu/Saudara/i agar kiranya berkenan memberikan bantuan dana seikhlasnya.

Pemberian bantuan dana dapat diserakan kepada :

  1. Andri Cakmin
  2. Siti Nurhalizah
  3. Budi Santoso

Demikian surat permohonan bantuan ini dibuat. Atas perhatian dan kerjasamanya disampaikan terima kasih. Semoga amalan serta ibadah kita senantiasa diterima oleh yang maha kuasa, Amin.

Wassalamualaikum Wr. Wb.

Desa Suka Cita, 19 Februari 2018
Panitia Pembangunan Masjid Al-Azhar,

 

Budi Santoso

2. Contoh Surat Pengajuan Izin Penyelenggaraan Acara

Jika anda berencana untuk menyelenggarakan sebuah acara, maka anda bisa membuat surat pengajuan izin acara terlebih dahulu kepada kepala lingkungan atau lurah setempat. Hal ini untuk menghindari hal – hal yang tidak diinginkan ketika acara tersebut sudah berlangsung, seperti masyarakat yang protes karena merasa terganggu dengan acara yang anda lakukan. Dengan izin dari kepala lingkungan setempat, maka masalah tersebut merupakan tanggung jawab dari kepala lingkungan.

SURAT PENGAJUAN IZIN PENYELENGGARAAN ACARA

Bandung, 19 Februari 2018

Nomor      : 05/IV/2018
Hal : Pengajuan Izin Penyelenggaraan Kegiatan
Lampiran : –

Kepada Yth,
Ketua RW 009
di Tempat

Dengan hormat,

Dalam rangka merayakan Hari Kemerdekaa Indonesia (HUT RI), maka kami sebagai pengurus Karang Taruna RW 009 bermaksud untuk mengadakan kegiatan pertaningan Bulu Tangkis antara seluruh RT di RW 09, pada :

Hari : Minggu
Tanggal : 25 Februari 2018
Waktu : 15.00 WIB s/d selesai
Tempat : GOR Bulu Tangkis RW 009

Guna menyukseskan acara tersebut, kami selaku panitia meminta izin dan persetujuan untuk menggunakan lapangan sepakbola RW 009, sehingga acara tersebut dapat berjalan dengan lancar sebagaimana mestinya.

Demikian surat ini kami buat, atas perhatian dan izin yang diberikan kami sampaikan banyak terima kasih.

Ketua Karang Taruna RW 09,

 

Budi Santoso

3. Contoh Surat Pengajuan Permohonan Rekomendasi

Jika anda berencana menggunakan sebuah alat untuk praktek, maka anda bisa terlebih dahulu mengajukan permohonan surat rekomendasi dari pejabat yang berwenang. Jika tidak demikian, bukan tidak mungkin kalau anda akan dituduh menggunakan alat tanpa izin dan melanggar undang – undang. Anda bisa membuat surat pengajuan permohonan rekomendasi dengan contoh seperti di bawah ini.

SURAT PERMOHONAN PENGAJUAN REKOMENDASI

Nomor     : 01/12/08/RK
Lampiran : –
Perihal     : Pengajuan Rekomendasi Perizinan

Kepada Yth,
K.A Dinkes Kota Cianjur
Bag. Perizinan
Di Tempat

Dengan hormat,

Yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama : Dr. Budi Santoso
No. STR : 3421100106032345
Instansi : Puskesmas Mekar Sari
Jabatan : Ka. Puskesmas Mekar Sari

Mengajukan permohonan pengajuan rekomendasi untuk perizinan penggunaan pesawat sinar X. yang akan dioperasikan di wilayah :

Nama Klinik : Klinik Rontgen Kasih Ibu
Alamat : Desa Mekar Sari, Kec. Cilandak

Dan rekomendasi ini akan kami teruskan kepada pihak BAPETEN sebagai badan yang berwenang.

Demikian permohonan ini kami buat atas perhatiannya saya ucapkan terima kasih.

Cilandak, 19 Februari 2018,
Hormat Saya,
Ka. Puskesmas Mekar Sari,

 

Dr. Budi Santoso

4. Contoh Surat Pengajuan Izin Tempat Kegiatan

Jika anda merupakan salah seorang panitia dari kegiatan tertentu, maka ada banyak hal yang harus anda perhatikan sebelum kegiatan tersebut dimulai. Beberapa izin tertentu juga harus anda pegang terlebih dahulu sebelum sampai pada waktu kegiatan, salah satunya adalah surat pengajuan izin tempat kegiatan tersebut berlangsung. Anda bisa membuat surat pengajuan izin kegiatan kepada pihak tertentu, seperti salah satu contoh di bawah ini.

SURAT PENGAJUAN IZIN KEGIATAN

Nomor     : I/II/III/IV/2018
Lampiran : 1 Buah Proposal
Hal            : Permohonan Izin Tempat Kegiatan

Kepada Yth,
Kepala sekolah SMK N 1 Magelang
Di Tempat

Assalamualaikum Wr. Wb.

Segala puji bagi Allah SWT yang telah melimpahkan rahmat dan hidayah-Nya, dan semoga kita selalu dalam limpahan iman kepada-Nya. Shalawat dan sholawat serta salam semoga senantiasa tercurah kepada Nabi besar Muhammad SAW hingga akhir zaman.

Sehubungan dengan akan di adakannya kegiatan Pameran akhir tahun yang rencananya Insya alllah akan diselenggarakan pada :

Hari/Tanggal : Senin/19 Februari 2018
Waktu : 09.00 WIB sampai selesai
Tempat : Gedung serba guna SMK N 1 Magelang

Maka kami selaku panitia pelaksana kegiatan bermaksud memohon izin untuk mengadakan kegiatan di tempat tersebut.

Mengingat akan pentingnya kegiatan ini, besar harapan kami agar permohonan izin penggunaan tempat ini di kabulkan sehingga kegiatan ini bisa terlaksana. Atas perhatian dan dukungan yang di berikan kami ucapkan banyak terima kasih.

Wassalamualaikum Wr. Wb.

Magelang, 16 Februari 2018,
Ketua Panitia,

 

Budi Santoso

5. Contoh Surat Pengajuan Bantuan Dana Kepada Pemerintah Setempat

Sebagai pejabat yang memerintah di dalam suatu daerah, maka sudah seharusnya pada pejabat selalu mendukung kegiatan – kegiatan yang bermanfaat bagi banyak orang, salah satunya adalah pembangunan tempat ibadah. Nah, jika anda merupakan salah seorang panitia dari pembangunan mesjid, maka jangan sungkan – sungkan untuk membuat surat pengajuan bantuan dana dari pemerintah setempat, seperti salah satu contoh di bawah ini.

PANITIA PEMBANGUNAN MUSHOLLAH NURJANAH
Jl. Pelopor, Menceng Raya, Cengkareng, Jakarta Barat
Sekretariat : Jl. Pelopor 1 No 22 RT 011 Rw 05 Kec. : Kalideres, Jakarta Barat

Cengkareng, 19 Februari 2018

 

Nomor      : 02 / PP/ III/2018
Lampiran : 1 Lbr
Hal            : Mohon Bantuan Dana

Kepada Yth,
Bapak / Ibu Camat Kalideres
Di Jakarta

Assalamualaikum Wr. Wb.

Semoga saja Bapak / Ibu Camat selalu sehat wal’afiat dengan lindungan Allah SWT dalam menjalankan aktifitas sehari – hari.

Sehubungan dengan rencana rehab mushollah Nurjanah yang berada di Jalan Pelopor, Menceng Raya, Cengkareng yang Insya Allah akan dimulai pada :

Hari : Selasa
Tanggal : 20 Februari 2018
Waktu : 08.00 WIB s/d selesai
Tempat : Mushollah Nurjanah, Jalan Pelopor, Menceng Raya

Kami selaku Panitia Pembangunan Mushollah Nurjanah mengharapkan Bapak / Ibu Camat dapat memberikan bantuan dana pembangunan demi kelancaran pelaksanaan rehab mushollah dengan harapan dapat menambah kekhusyukan dan kenyamanan beribadah.

Demikian surat permohonan ini kami sampaikan, semoga Allah SWT selalu meridhoi niat kita semua. Amin. Dan Atas perhatian dan dikabulkannya permohonan ini kami mengucapkan banyak terimakasih.

Hormat Kami,
Panitia,

 

Budi Santoso

6. Contoh Surat Pengajuan Bantuan Dana Kepada Perusahaan

Selain kepada perseorangan dan kepada pemerintah setempat, anda juga bisa mengajukan bantuan dana dari perusahaan tertentu. Sekarang ini banyak perusahaan swasta yang bersedia memberikan bantuan dana, asalkan penggunaanya dan peruntukannya benar – benar sesuai dengan rencana. Maka dari itu, anda selaku panitia pembangunan sebuah masjid bisa mengajukan bantuan dana dari pihak perusahaan swasta seperti di bawah ini.

SURAT PENGAJUAN BANTUAN DANA

Nomor      : 02 / PP/ III/2018
Lampiran : 1 Lbr
Hal            : Mohon Bantuan Dana

Kepada Yth,
Bapak / Ibu Pimpinan PT. TRANSMART INDONESIA
Di Jakarta

Assalamualaikum Wr. Wb.

Semoga saja Bapak / Ibu Pimpinan PT. TRANSMART INDONESIA selalu sehat wal’afiat dengan lindungan Allah SWT dalam menjalankan aktifitas sehari – hari.

Sehubungan dengan rencana rehab Masjid Al-Azhar yang berada di Jalan Negara No. 123 Jakarta Pusat, yang Insya Allah akan dimulai pada :

Hari : Selasa
Tanggal : 20 Februari 2018
Waktu : 08.00 WIB s/d selesai
Tempat : Masjid Al-Azhar, Jl. Negara No. 123 Jakarta Pusat

Kami selaku Panitia Pembangunan Masjid Al-Azhar mengharapkan Bapak / Ibu Pimpinan PT. Transmart Indonesia dapat memberikan bantuan dana pembangunan demi kelancaran pelaksanaan rehab Masjid dengan harapan dapat menambah kekhusyukan dan kenyamanan beribadah.

Demikian surat permohonan ini kami sampaikan, semoga Allah SWT selalu meridhoi niat kita semua. Amin. Dan Atas perhatian dan dikabulkannya permohonan ini kami mengucapkan banyak terimakasih.

Hormat Kami,
Panitia,

 

Budi Santoso

7. Contoh Surat Pengajuan Bantuan Dana Untuk Acara Reuni

Sebagai rekan – rekan yang pernah menempuh pendidikan di sebuah sekolah atau santri tentu anda akan merindukan teman – teman dan sahabat yang dulu. Maka dari itu, anda bisa membuat acara reuni untuk melepas rindu dengan mereka. Namun jika anda tidak mempunyai dana yang cukup, maka anda bisa membuat surat pengajuan bantuan dana kepada orang lain atau pihak lain, seperti salah satu contoh di bawah ini.

SANTRI SIAP GUNA
DAARUT TAUHIID BANDUNG
Gegerkalong Girang No. 67 Bandung Tlp.022 2005271

Bandung, 19 Februari 2018
Muharram 1439 H

Nomor : 132/RA/Eks/SSG-LS-YYSDT/X/2018
Hal  : Permohonan Bantuan Dana
Lampiran  : Proposal

Kepada YKH,
Direktur PT. Maju Mundur
Di
Tempat

Assalaamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakaatuh

Semoga Allah yang Maha Pemurah dan Maha Penyayang meridhoi semua yang akan kita lakukan dan kita semua dimasukkan dalam golongan orang–orang yang senantiasa mendapatkan petunjuk Nya, Aamiin.

Sehubungan dengan akan diselenggarakannya kegiatan Reuni Santri Siap Guna Daarut Tauhiid Tahun 2018 “Khidmat Untuk Umat” (Merupakan Rangkaian Milad DT Ke 27), yang diadakan oleh Santri Siap Guna Daarut Tauhiid pada :

Tangal : 20 – 21 Februari 2018
Waktu : 08.00 – Selesai
Tempat : Santri Siap Guna Daarut Tahuiid Bandung

Untuk itu, melalui surat ini dengan hormat kami mengajukan permohonan bantuan dana dari instansi yang Bapak/Ibu  pimpin.   Sebagai   bahan   pertimbangan   Bapak/Ibu,   kami   lampirkan  1   (satu)  berkas   proposal mengenai bentuk kerja sama yang kami tawarkan beserta gambaran kegiatan tersebut di atas.

Demikianlah surat permohonan ini kami buat. Atas perhatian dan kerjasamanya kami ucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya. Jazaakumullahukhairan katsiraa.

Billaahi fii sabiilil haq

Wassalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakaatuh

Hormat Kami,
Panitia,

 

Budi Santoso

8. Contoh Surat Pengajuan Izin Tidak Masuk Kuliah

Sebagai seorang mahasiswa, tentu akan banyak acara atau kegiatan yang harus anda lakukan. Baik itu kegiatan yang berhubungan dengan kampus, maupun kegiatan yang tidak berhubungan dengan kampus. Nah, jika anda memiliki kegiatan sehubungan dengan kampus dan tidak bisa masuk kuliah untuk sementara waktu, maka anda bisa membuat surat pengajuan izin tidak masuk kuliah seperti contoh di bawah ini.

DEPARTEMEN PENDIDIKAN NASIONAL
UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR
FAKULTAS MATEMATIKA DAN ILMU PENGETAHUAN ALAM
Alamat. Kampus Parang Tambung, Jl. Dg. Tata Raya É (0411) 864 936, Fax. 872594 Makassar

Kepada Yth,
Bapak Drs. Sulaiman Zhiddiq, M.Si
Dosen Pengampuh Mata Kuliah Penggunaan Peta dan
Mata Kuliah Penginderaan Jauh Dasae
di – tempat

Assalamu’alaikumWr. Wb.

Segala puji hanya bagi Allah Subhanahu Wata’ala. Sholawat serta salam selalu kita curahkan kepada Rasulullah SAW dan juga kepada keluarga dan sahabatnya.

Sehubungan dengan akan diadakannya kegiatan PRAKTEK LAPANGAN MATA KULIAH OCEANOGRAFI yang insya Allah dilaksanakan pada :

Hari/Tanggal : Selasa/20 Februari 2018
Waktu : Pukul 10.00 WITA – Selesai
Tempat : Punaga, Kab. Takalar

Maka dengan ini saya :

Nama : Budi Santoso
Mahasiswa : Program Studi Geografi
Angkatan : 2016

Untuk tidak mengikuti kuliah sebagaimana mestinya dikarenakan akan melaksanakan praktek lapang tersebut.

Demikian surat ini saya buat, semoga Bapak/Ibu dapat memaklumi dan berkenan memenuhi permohonan ini. Atas segala bantuan dan kerjasamanya saya ucapkan terimakasih.

Wassalamu’alaikumWr. Wb.

Makassar, 19 Februari 2018,
Hormat Saya,

 

Budi Santoso

9. Contoh Surat Pengajuan Beasiswa

Jika anda merupakan salah seorang siswa atau mahasiswa yang berprestasi atau berasal dari keluarga yang kurang mampu, maka tidak ada salahnya untuk mengajukan beasiswa dari pemerintah maupun dari pihak kampus sendiri. Hal ini tentu akan sangat membantu anda jika bisa memiliki dan mendapatkan beasiswa tersebut. Anda bisa membuat surat pengajuan beasiswa seperti salah satu contoh di bawah ini.

SURAT PENGAJUAN BEASISWA

KepadaYth,
Dr. Riesta Primaharinastiti, S.Si., M.Si., Apt
Wakil Dekan I Fakultas Farmasi Universitas Airlangga
Surabaya

Dengan hormat,

Saya yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama : Budi Santoso
NIM : 3897593875
Semester : 6(Enam)
Fakultas : Fakultas Farmasi
Jurusan : S1 Pendidikan Apoteker

Dengan ini mengajukan permohonan kepada Ibu untuk dapat diusulkan penerima Beasiswa PPA (Peningkatan Prestasi Akademik).

Sebagai pertimbangan, bersama ini saya lampirkan persyaratan sebagai berikut :

  1. Perincian gaji orang tua dari Bendahara Gaji (Swasta/PNS) ATAU Surat Keterangan Penghasilan yang telah disahkan oleh pejabat setempat
  2. Surat pernyataan sedang tidak menerima beasiswa dari sumber lain
  3. Foto copy KTP, KTM (2 lembar) dan Kartu Keluarga
  4. Foto copy KHS semester gasal TA. 2016/2017 sebanyak 2 (dua) lembar
  5. Foto berwarna ukuran 3×4
  6. Foto copy rekening Bank BRI Pribadi sebanyak 2 (dua) lembar

Adapun beasiswa tersebut saya pergunakan untuk menunjang kelancaran saya menyelesaikan pendidikan saya di Fakultas Farmasi Universitas Airlangga, Surabaya.

Demikian surat permohonan beasiswa ini saya buat, atas perhatian dan bantuan Ibu saya mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya.

Surabaya, 19 Februari 2018,
Pemohon,

 

Budi Santoso

10. Contoh Surat Pengajuan Prakerin

Untuk para siswa/i SMK yang akan melaksanakan ujian akhir sekolah dan ujian nasional, tentu sudah tidak asing lagi dengan kegiatan prakerin. Prakerin adalah sebuah program kerja lapangan yang harus dilaksanakan para siswa  sebagai salah satu persyaratan untuk lulus. Untuk itu, anda bisa mencari tempat anda sekiranya untuk prakerin dan mengajukan surat prakerin ke tempat tersebut.

PEMERINTAH PROVINSI KALIMANTAN SELATAN
DINAS PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN
SMK NEGERI 2 KOTABARU
Jl.Raya Stagen Km.11,5 Desa Stagen RT.05 Kab.Kotabaru

Kotabaru, 19 Februari 2018

Nomor    :  421.5/  012  – MN  / SMKN 2 KTB / 2018
Lampiran : 2 Lembar
Hal          : Permohonan Praktik Kerja Industri

Kepada Yth.
Pimpinan Bengkel OTOCARE
di- Kotabaru

Dengan Hormat,

Berdasarkan Keputusan Menteri Pendidikan RI No. 323 / U / 1997 tentang penyelenggaraan Pendidikan Sistem Ganda (PSG) pada Sekolah Menengah Kejuruan di Dunia Usaha dan Dunia Industri (DUDI), SMK Negeri 2 Kotabaru mengadakan kegiatan Praktik Kerja Industri (PRAKERIN) tahun pelajaran 2017/2018. Kegiatan Praktik Kerja Industri, yang termasuk dalam model Pendidikan Sistem Ganda (Dual System Learning), akan dilaksanakan selama 3 (tiga) bulan, yaitu terhitung dari tanggal 1 Maret 2018 – 1 Juni 2018.

Sehubungan dengan hal tersebut, kami sangat mengharap partisipasi Bapak/Ibu/Saudara untuk ikut serta memperlancar agenda rutin SMK Negeri 2 Kotabaru tersebut dengan bersedia menerima peserta didik kami untuk melakukan praktik di perusahaan yang Bapak/Ibu/Saudara pimpin. Jumlah peserta yang mengikuti kegiatan Praktik Kerja Industri tersebut sebanyak 102 siswa dan 36 siswi. Kami berharap Bapak/Ibu/Saudara dapat menerima beberapa orang siswa kami untuk melakukan praktik di perusahaan Bapak/Ibu/Saudara.

Kami juga melampirkan data siswa siswi kami yang ingin sekali melaksanakan Prakerin di perusahaan yang Bapak pimpin dan formulir surat balasan kesediaan menerima Prakerin.

Demikian surat ini disampaikan, atas perhatian dan kerjasamanya kami sampaikan terima kasih.

Hormat Kami,
Ketua Prakerin,

 

Budi Santoso

11. Contoh Surat Pengajuan Pindah Tugas

Bekerja sebagai seorang pegawai negeri sipil, tentu memiliki peraturan yang sangat ketat, salah satunya adalah tidak bisa pindah tempat kerja dengan sesuka hati. Jika anda ingin pindah tugas, maka harus mengantongi izin terlebih dahulu dari pejabat – pejabat dan dinas terkait. Izin ini bisa anda dapatkan dengan cara membuat surat pengajuan pindah tugas terlebih dahulu, seperti contoh di bawah ini.

Tarutung, 19 Februari 2018

Kepada Yth :
Bapak Bupati Tapanuli Utara
C.q Kepala Badan Kepegawaian Daerah
Kabupaten Tapanuli Utara
di- Tempat

Perihal: Permohonan Pindah Tugas   

Dengan Hormat,

Yang bertanda tangan dibawah ini :

Nama : Budi Santoso, S. Sos
NIP : 3982573985793857
Pangkat/Golongan : Penata Muda/III B
Jenis Kelamin : Laki – Laki
Jabatan : Sekretaris Desa Pardomuan Nauli, Kec. Adiankoting, Kab. Tapanuli Utara
Alamat : Jl. D.I. Panjaitan No. 123, Tarutung

Dengan ini mengajukan permohonan pindah tugas dari pemerintah kabupaten Tapanuli Utara ke pemerintah Kabupaten Tapanuli Selatan, dengan alasan :

Untuk menambah wawasan saya dalam pelaksanaan tugas sebagai PNS Dan sebagai bahan pertimbangan bagi Bapak/Ibu, Saya Lampirkan :

  1. Surat Permohonan Pindah Tugas
  2. Surat Persetujuan Menerima Dari Instansi Yang Dituju
  3. Foto Copy SK CPNS/PNS
  4. Foto Copy SK Pangkat
  5. Foto Copy Jabatan
  6. Foto Copy Karpeg
  7. Foto Copy NPWP
  8. Foto Copy KTP
  9. Foto Copy Ijazah/ LPJ/Diklat Pim IV

Besar harapan saya kiranya Bapak/Ibu dapat memberikan Rekomendasi pindah tugas yang dimaksud.

Demikian Permohonan ini saya buat, atas perhatian Bapak/Ibu saya ucapkan terimaksih.

Hormat Saya,
Pemohon,

 

Budi Santoso, S. Sos

12. Contoh Surat Pengajuan Sponsor Acara Seminar

Sekarang ini banyak acara yang dilakukan, namun dengan bantuan dana dari sponsor. Hal ini tentu saja tidak terlepas dari mahalnya biaya untuk menyelenggarakan sebuah acara. Maka dari itu, anda sebagai salah satu panitia kegiatan bisa mengajukan surat pengajuan sponsor kepada orang lain, yakni kepada perusahaan ataupun sebuah instansi seperti di bawah ini.

Bogor, 19 Februari 2018

Nomor             : 168/09/RSUMMI/Prmhn/VI/2018
Lampiran         : 1 (satu) Proposal
Perihal             : Permohonan Sponsorship

Kepada Yth.
Pimpinan PT Kalbe Farma Tbk
di Tempat

Sehubungan dengan adanya perubahan status RSIA UMMI menjadi Rumah Sakit Umum pada awal tahun ini, maka RS UMMI mempunyai komitmen untuk bisa memberikan pelayanan medis yang lebih luas kepada masyarakat umum, salah satunya yaitu dengan menambah Poliklinik Kulit dan Kecantikan. Tujuan dari membuka poliklinik ini dikarenakan melihat tren di masyarakat khususnya kaum wanita yang lebih peduli terhadap penampilan, khususnya kecantikan. Maka dari itu, RS UMMI mencoba membentuk tim untuk menyelenggarakan seminar umum tentang kulit dan kecantikan sebagai bentuk promosi dari dibukanya Poliklinik Kulit dan Kecantikan dengan narasumber dr. Adelia Wulandari, Sp.KK sebagai dokter spesialis kulit dan kecantikan RS UMMI. Tema yang diangkat dalam kegiatan seminar ini adalah “Kulit Sehat”.

Sehubungan dengan hal tersebut dan sebagai dukungan demi terlaksananya acara Seminar Awam, kami mohon kesediaan Perusahaan Bapak/Ibu untuk berpartisipasi sebagai sponsor/donator. Proposal Sponsorship kami lampirkan dalam surat ini. Pembayaran untuk sponsorship dapat di transfer melalui :

No. Rekening : 389473
Atas Nama : RSIA UMMI
Nama Bank : Bank BRI Cabang Bogor

Konfirmasi untuk berpartisipasi, mohon dapat menghubungi Telp. 0341 – 8341600 (Hunting) Fax. 0251-8341606 UP. Budi Santoso (08561422558.

Atas perhatian dan kerjasamanya, kami ucapkan terima kasih.

Hormat Kami,

 

Budi Santoso

13. Contoh Surat Pengajuan Pindah Sekolah

Ada banyak hal yang memungkinkan anda harus pindah sekolah dari tempat sekolah anda yang sekarang. Salah satu alasan yang paling sering kita temui adalah karena orang tua pindah tugas kerja dan kita harus ikut ke kota tempat mereka bertugas. Nah, maka dari itu, anda bisa membuat surat pengajuan pindah sekolah dengan format seperti di bawah ini.

SURAT PERMOHONAN PINDAH SEKOLAH

Jakarta, 19 Februari 2018

Kepada Yth.
Kepala Sekolah SMA Negeri 1 Jakarta
di tempat

Perihal : Permohonan Pindah Sekolah

Dengan hormat,

Yang bertanda tangan di bawah ini, saya orang tua/wali murid dari :

Nama : Andi Sutoyo
Tempat/Tgl Lahir : Jakarta/20/09/1999
Sekolah Asal : SMA Negeri 1 Jakarta
Kelas : XI
Nomor Induk : 983457893475

Dengan ini mengajukan permohonan pindah sekolah dari SMA NEGERI 1 JAKARTA untuk masuk ke SMA NEGERI 3 SEMARANG. Hal tersebut dikarenakan tuntutan tugas dari orang tua yang harus pindah tugas ke Semarang, sehingga lokasi sekolah lebih dekat dengan tempat tinggal.

Demikian surat permohonan ini kami buat. Besar harapan kami sekolah memberikan izin atas permohonan ini. Atas perhatiannya kami ucapkan terima kasih.

Hormat Saya,
Orang Tua Siswa,

 

Budi Santoso

14. Contoh Surat Pengajuan Kerjasama

Bagi perusahaan – perusahaan, kerjasama dengan perusahaan atau pihak lain adalah nafas dari perusahaan tersebut. Tanpa adanya kerjasama dengan perusahaan lain, maka mustahil perusahaan tersebut bisa berkembang dan berjalan dengan baik. Maka dari itu anda bisa membuat surat pengajuan kerjasama dengan pihak lain, seperti salah satu contoh di bawah ini.

SURAT PENGAJUAN KERJASAMA

Medan, 19 Februari 2018

Kepada Yth :
Pimpinan PT. MAJU MUNDUR
Di Tempat

Lampiran : 1 Buah Proposal, 1 Lembar Gambar Sampel, dan 1 Contoh Bahan

 

Dengan hormat,

Bersama surat ini kami mengajukan permohonan kerjasama dalam pengadaan produk interior. Sebagai pertimbangan, perusahaan kami sudah berdiri sejak tahun 1890 dan telah memproduksi berbagai jenis Gorden untuk promosi atau keperluan perusahaan, instansi, sekolah, perusahaan swasta hingga produk-produk untuk brand dan department store terkemuka.

Untuk itu kami mengajukan penawaran produk Interior Gorden sebagai berikut :

Gorden : print full colour berbahan Cotton 100% dengan harga Rp. 230.000,-/pcs. ( minimum order 5pcs.

Adapun spesifikasi design yang kami persiapkan adalah sebagai berikut :

  1. Gorden Ukuran ditentukan oleh pemesan
  2. Bahan Cotton 100%
  3. Print standard dpn-blkg

Demikian surat pengajuan kerjasama ini kami ajukan, dan atas kerjasamanya kami ucapkan terima kasih.

Hormat Kami,
PT. SUKA MAJU,

 

Budi Santoso

15. Contoh Surat Pengajuan Rekomendasi

Rekomendasi adalah hal yang sangat kita butuhkan jika kita ingin melamar pekerjaan, ingin melanjutkan pendidikan tinggi, ataupun kegiatan lainnya. Intinya, surat rekomendasi berguna untuk mempermudah kita dalam mengurus ataupun melakukan sesuatu hal. Jika anda ingin melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi, maka anda bisa membuat surat pengajuan permohonan rekomendasi kepada pihak terkait untuk memperlancar keinginan anda.

SURAT PENGAJUAN REKOMENDASI

Medan, 19 Februari 2018

Kepada Yth,
Prof. Deden Kusumah
Di Tempat

Dengan Hormat,

Yang bertanda tangan dibawah ini :

Nama : Budi Santoso, S.Kp
NIP : 93458345
Jabatan : Dosen Kopertis Wilayah IV/ Asisten Ahli
Asal Institusi : STIKES Medan

Sehubungan dengan hasil pengumuman penerimaan mahasiswa baru program Magister S2 dan saya dinyatakan LULUS di Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia dengan Program Spesialis Ilmu Keperawatan Komunitas, maka bersama surat ini saya bermaksud memohon kesediaan Bapak/Ibu memberikan Surat Rekomendasi untuk mendapatkan Beasiswa Program Pasca Sarjana (BPPS) yang telah diumumkan oleh panitia.

Atas perhatian dan bantuan Bapak/Ibu, saya ucapkan terima kasih.

Hormat Saya,
Pemohon,

 

Budi Santoso. S. Kp

Kesimpulan Dan Pentingnya Surat Pengajuan

Pada dasarnya, surat pengajuan merupakan surat yang sangat penting dan memiliki sangat banyak manfaat. Hanya saja mungkin sudah banyak orang yang tidak tahu dan cenderung selalu menggunakan kecanggihan teknologi sekarang ini.

Surat pengajuan bisa kita pergunakan untuk berbagai keperluan, mulai dari mengajukan izin tidak masuk kerja, mengajukan izin kegiatan, mengajukan bantuan dana, mengajukan permohonan rekomendasi, dan lain sebagainya. Tidak heran kalau surat ini layak disebut sebagai salah satu jenis surat yang paling banyak digunakan di era teknologi sekarang ini.

Misalnya saja ketika anda tergabung menjadi panitia pembangungan mesjid. Untuk meminta bantuan dari pihak lain, anda mungkin bisa langsung menelponnya dan meminta bantuan. Namun hal ini tentu akan dipandang kurang etis dan terlalu pribadi.

Bahkan bukan tidak mungkin orang lain akan berpikir kalau anda meminta bantuan bukan atas nama panitia pembangunan masjid, melainkan atas nama pribadi. Orang lain pun tentu akan enggan untuk memberikan bantuan dana jika kita bersikap demikian.

Maka dari itu, anda bisa menggunakan surat pengajuan bantuan dana. Surat ini merupakan surat resmi dan harus bisa dipertanggung jawabkan keabsahannya. Pihak lain pun tentu tidak akan segan – segan untuk memberikan apa yang anda ajukan kepada pihak mereka.

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Lainnya terkait Contoh Surat