Contoh Surat Pengajuan Resign dan Cara Membuatnya

Sedang mencari contoh surat pengajuan resign yang benar? Kalau begitu Anda berada di tempat tepat karena kami akan berikan panduannya. Sebab untuk membuatnya ternyata tidak boleh dilakukan secara sembarangan agar bisa diterima oleh pihak perusahaan.

Didalam perjalanan karier yang dimiliki oleh seseorang, mungkin resign adalah salah satu keinginan. Dan ini merupakan hal lumrah terutama kalau seseorang merasa tidak nyaman dengan sistem kerja ataupun orang-orang didalamnya.

Ini adalah hal yang lumrah dilakukan oleh banyak karyawan tetapi ternyata keputusan ini tidaklah mudah untuk dibuat. Bahkan butuh waktu lama serta pertimbangan cukup matang untuk bisa mengajukan resign tersebut.

Terlebih lagi prosedur pengajuan resign inilah harus dilakukan dengan tepat dan tidak asal-asalan. Dengan begitu maka tidak akan meninggalkan kesan buruk di tempat kerja terlebih dahulu, terutama karena hal tersebut akan berpengaruh terhadap karir di masa depan lainnya.

Contoh Surat Pengajuan Resign dan Cara Membuatnya

Pengertian dari Resign

Sebelum memahami contoh surat pengajuan resign, maka penting untuk mengetahui pengertian dari resign terlebih dahulu. Secara umum, resign sendiri merupakan tindakan pengunduran diri dimana dilakukan oleh pekerja dari tempat bekerja secara sukarela.

Itu artinya apabila seseorang telah mengundurkan diri, maka dirinya juga akan melepaskan semua tanggung jawab terkait dengan pekerjaan tersebut. Bukan hanya itu saja, tetapi mereka juga akan kehilangan sejumlah tunjangan dimana diberikan di tempat bekerja seperti asuransi kesehatan.

Kata resign rekap sendiri digunakan untuk seseorang dimana sudah tidak merasa nyaman dengan pekerjaan yang dimilikinya ini. Dalam dunia kerja, resign kerja menjadi hal paling lumrah terutama disebabkan oleh beberapa faktor pendukung.

Tidak dapat dipungkiri bahwa terdapat sejumlah alasan kenapa seseorang mengundurkan diri baik itu faktor internal ataupun eksternal. Faktor-faktor itulah dapat mendukung seseorang untuk mengajukan pengunduran diri.

Contoh Surat Pengajuan Resign yang Benar

Sudah tahu bukan pengertian resign diatas? sekarang Anda juga perlu memahami bagaimana contoh dari surat tersebut. Sebab tidak sedikit dari karyawan ternyata belum memahami bagaimana proses pembuatannya tersebut.

Berikut ini kami berikan contoh dari surat pengunduran diri kerja:

 

Surat Pengunduran Diri

Kepada

Yth. Pimpinan PT Indah Mulia

Di tempat

 

Berikut yang bertanda tangan adalah:

Nama : Indah Maharani

Alamat : Jalan Perwura Nomor 2 Semarang

Jabatan: Staff HRD

 

Melalui surat ini, saya ingin mengajukan pengunduran diri dari perusahaan yang Bapak/Ibu pimpin. Alasannya adalah karena akan pindah dan tinggal menetap di luar kota. Saya juga mengucapkan terima kasih karena telah diberikan kesempatan untuk bekerja secara professional bersama tim staff HRD.

Saya juga minta maaf apabila selama bekerja disini sudah banyak melakukan kesalahan. Demikian surat resign ini saya sampaikan. Atas perhatiannya saya mengucapkan terima kasih.

Hormat Saya,

Indah Maharani

 

Tips Membuat Surat Resign Yang Benar

Tips Membuat Surat Resign Yang Benar

Sudah memahami bagaimana contoh dari pembuatan surat resign diatas? sebelum Anda memutuskan untuk membuat surat tersebut maka terdapat sejumlah hal yang perlu dipahami dengan baik dahulu. Sebab untuk pembuatan surat inilah tidak semudah seperti di bayangan.

Anda tentunya ingin mendapatkan kesan baik dari detik-detik terakhir dalam bekerja bukan? Maka dari itu, dokumen tersebut harus dibuat dengan baik dan optimal. Berikut beberapa hal dimana perlu diperhatikan terlebih dahulu.

Melakukan Disukusi Dengan Atasan

Sebelum menulis dokumen pengunduran diri maka jangan lupa lakukan diskusi dengan atasan terlebih dahulu. Sebab atasanmu itulah yang selama ini bekerja sama, maka dialah yang lebih memahami bagaimana situasi sekaligus performa kerja selama ini.

Cobalah untuk memulai melakukan percakapan secara informal dengannya dan beritahukan alasan kenapa ingin mengundurkan diri. Apabila alasannya terkait dengan budaya atau lingkungan kerja, mungkin dia bisa memberikan solusi.

Mengetahui Aturan Resign Perusahaan

Tips membuat surat resign berikutnya adalah perlunya memahami seperti apakah aturan dalam proses pembuatan dokumen pengunduran diri tersebut. Biasanya aturan pengajuan inilah akan bersangkutan dengan rentang waktu proses pengjuan.

Oleh sebab itulah sangat penting bagi Anda agar mengetahui setiap aturan yang diberlakukan di perusahaan tempat bekerja. Sebab tidak jarang setiap perusahaan memiliki aturan yang berbeda-beda.

Memperjelasan Alasan dan Tujuan

Setelah itu, Anda juga sebaiknya harus memperjelas alasan dan tujuan dalam melakukan pengunduran diri tersebut. Jangan sampai Anda memilih alasan tidak jelas atau bahkan termasuk tidak masuk akal.

Apapun alasan yang dibuat itulah, maka pastikan sudah yakin akan hal tersebut. Pastikan juga Anda menyampaikannya dengan baik dan tidak berusaha untuk menyinggung pihak manapun.

Mempersiapkan Dokumen Pengunduran Diri

Sebelum mengundurkan diri, Anda juga harus mempunyai format dari surat tersebut. Perlu diketahui bahwa setiap perusahaan mungkin mempunyai format surat ini yang berbeda-beda atau sesuai dengan ketentuan dari perusahaan.

Adapun yang paling penting adalah menuliskan alasan atau tujuan mengundurkan diri. Jangan lupa juga untuk memberikan ucapan terima kasih sekaligus apresiasi Anda untuk perusahaan tempat bekerja.

Patuh Terhadap waktu Pengunduran Diri

Cara mengundurkan diri yang benar selanjutnya adalah harus patuh terhadap waktu pengunduran diri terlebih dahulu. Kebijakan yang dimiliki oleh sebuah perusahaan terkait dengan pengunduran diri pastinya juga berbeda-beda.

Seperti one month notice ataupun two weeks notice. Pastikan juga memahami kebijakan waktu manakah yang digunakan oleh pihak perusahaan.

Tetapi pastikan memberikan informasi terkait dengan resign tersebut jauh-jauh hari. Dengan begitu, pihak perusahaan bisa segera mencari pengganti untuk posisi Anda berada.

Bersiap Memperoleh Penawaran Uang

Biasanya ketika seseorang menyampaikan keinginan untuk mengundurkan diri, bisa juga rreaksi yang diberikan oleh atasan adalah menanyakan alasan sekaligus berusaha menahanmu. Bahkan bisa juga mendapatkan penawaran ulang dari perusahaan.

Mulai dari menawarkan adanya kenaikan gaji, bonus ataupun menaikkan pangkat. Disinilah Anda juga bisa mempertimbangkan dengan baik-baik sebelum mengambil keputusan, tetapi apabila hati dan pikiran sudah tidak di perusahaan maka ada baiknya lakukan pengunduran.

Kembalikan Aset Milik perusahaan

Cobalah ingat-ingat selama bekerja di perusahaan tersebut, Anda mendapatkan asset atau fasilitas apa sajakah dari mereka? Jika sudah ingat maka sebaiknya harus mengembalikan asset tersebut kepada pihak perusahaan kembali.

Selain bisa mengembalikan kepada atasan, Anda juga bisa mengembalikannya kepada bagian pengadaan barang di kantor. Sebab sudah tidak bekerja disana lagi sehingga barang-barang tersebut otomatis bukan menjadi hak lagi.

Tidak Ada Salahnya Berikan Hadiah Kepada Atasan

Agar kesan ketika Anda melakukan resign adalah baik-baik saja maka tidak ada salahnya agar memberikan hadiah kepada atasan juga. Tidak perlu hadiah mewah, tetapi hadiah kecil-kecilan dimana akan memberikan kesan tersendiri atau sebagai kenangan.

Jangan sampai lupa agar menyampaikan ucapan terima kasih dan akan selalu menjaga komunikasi dengan rekan ataupun atasan yang lama.

Pengunduran diri memang menjadi salah satu momen yang mungkin paling ditunggu oleh karyawan dengan berbagai alasan. Tetapi agar bisa berjalan dengan baik maka pastikan mengetahui contoh surat pengajuan resign dengan baik dahulu.

Share:

Tinggalkan komentar