Contoh Surat Pengaduan ke Disnaker dan Cara Membuatnya

Jika saat ini Anda sedang mencari contoh surat pengaduan ke disnaker, maka artikel ini mungkin bisa menjadi jawabannya. Dengan melihat contoh tersebut, diharapkan Anda tidak akan kebingungan lagi dalam membuat surat pengaduan.

Ada beberapa alasan kenapa orang ingin mengajukan surat pengaduan ke Dinas Ketenagakerjaan seperti pelanggaran upah, pemutusan hubungan kerja, dan masih banyak lagi. Sayangnya, tidak sedikit yang belum mengetahui cara membuat surat tersebut sehingga memilih diam saja.

Selain diberikan contoh, pada kali ini juga akan dijelaskan apa saja syarat dan juga prosedur yang harus dilakukan. Jadi, pastikan untuk menyimak seluruh pembahasannya dengan saksama.

Contoh Surat Pengaduan ke Disnaker Perihal Gaji

Contoh Surat Pengaduan ke Disnaker dan Cara Membuatnya

Nomor : 034/SBN/Pengaduan/VII/2022

Perihal : Pengaduan Pelanggaran Gaji

Lampiran : 1 Bendel

 

Yth.

Pengawasan Suku Dinas Ketenagakerjaan dan Transmigrasi Daerah Istimewa Yogyakarta

Di tempat

 

Dengan hormat,

Kami yang bertanda tangan di bawah ini, pengurus tingkat perusahaan PT. Samidan Rosita yang beralamat di Jalan Jenderal Sudirman Nomor 13, Kecamatan Bantul, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta dengan surat ini menyampaikan pengaduan perihal pelanggaran yang dilakukan oleh perusahaan PT. Samidan Rosita.

Mengenai permasalahan tersebut, kami menyampaikan beberapa fakta, yakni sebagai berikut.

  1. Bahwa PT. Samidan Rosita merupakan perusahaan produsen minuman herbal yang beralamat di di Jalan Jenderal Sudirman Nomor 13, Kecamatan Bantul, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta dan telah beroperasi sejak 2019.
  2. Bahwa saat ini PT. Samidan Rosita membayar upah karyawan sebesar Rp1.200.000 atau lebih rendah dari Upah Minimum Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta yang telah ditetapkan.
  3. Bahwa dengan upah yang tidak dibayar seusai ketentuan, setiap karyawan mengalami kerugian material maupun mental.
  4. Bahwa karyawan melalui serikat buruh merundingkan permasalahan tersebut kepada perusahaan dan meminta agar PT. Samidan Rosita membayarkan upah sesuai dengan ketentuan yang telah ditetapkan. Akan tetapi, hingga saat ini masih belum ada itikad baik dari pihak perusahaan.
  5. Bahwa untuk mempermudah pemeriksaan serta penanganan kasus terkait hal tersebut, kami telah melampirkan beberapa dokumen sebagai alat bukti, yakni slip gaji serta hasil perundingan upah.
  6. Dalam UU Nomor 13 tahun 2003 pasal 90 dijelaskan secara tegas bahwa pengusaha dilarang membayar upah lebih rendah dari ketentuan dari pemerintah

Berdasarkan semua fakta tersebut, kami meminta pihak Pengawas Ketenagakerjaan Daerah Istimewa Yogyakarta sebagai wakil pemerintah memproses pengaduan ini dan melakukan tindakan sebagai berikut.

  1. Memeriksa direktur PT. Samidan Rosita terkait dengan pelanggaran besaran upah yang diberlakukan
  2. Melakukan tindakan hukum apabila pihak perusahaan tetap tidak memiliki itikad baik dalam menjalankan kewajiban

Demikian surat ini kami sampaikan. Atas perhatian Bapak/Ibu, kami mengucapkan terima kasih.

 

Syarat Mengajukan Surat Pengaduan ke Disnaker

Setelah mempelajari contoh surat pengaduan ke Disnaker di atas, Anda perlu memperhatikan beberapa persyaratannya terlebih dahulu sebelum mengirimkan. Lalu apa saja persyaratan tersebut?

1. Identitas jelas

Seluruh identitas yang terdapat pada surat maupun pemohon harus jelas, mulai dari nama, alamat email, nomor telepon, alamat perusahaan, dan lain-lain. Apabila terdapat data yang kurang lengkap, maka kemungkinan besar surat tidak akan diproses.

2. Melampirkan bukti

Dalam contoh surat pengaduan ke Disnaker di bagian sebelumnya, Anda dapat melihat bahwa pengadu memberikan lampiran berupa bukti seperti slip gaji atau sebagainya. Hal tersebut memang menjadi kewajiban persyaratan yang harus dipenuhi.

Jadi, sebelum menulis surat, pastikan Anda sudah mengumpulkan beberapa barang bukti terlebih dahulu. Dengan begitu, kemungkinan pengaduan akan direspons akan semakin tinggi.

3. Relevan dengan kinerja pemerintah

Satu hal lainnya yang tidak kalah penting untuk diperhatikan adalah laporan yang dibuat harus relevan dengan kinerja pemerintah atau perusahaan yang terkait. Misalnya, pada contoh surat pengaduan ke Disnaker di atas membahas mengenai pelanggaran upah pegawai yang jauh di bawah standar.

4. Menggunakan bahasa baik dan benar

Karena merupakan surat yang bersifat formal, maka Anda harus memperhatikan penggunaan bahasa di dalam surat tersebut. Pastikan untuk menggunakan bahasa yang baik dan benar seperti aturan dalam penulisan surat pada umumnya.

5. Tidak mengandung ujaran kebencian

Seluruh surat yang mengandung ujaran kebencian atau berbau SARA maka tidak akan ditanggapi. Anda bisa melihat contoh surat pengaduan ke Disnaker di atas bahwa isinya relevan, disampaikan secara sopan, dan tidak ada unsur kebencian.

Hal-Hal yang Boleh Diadukan ke Disnaker

Seperti yang telah dijelaskan di bagian sebelumnya, tidak semua hal dapat diadukan ke Disnaker. Berikut ini adalah beberapa hal yang bisa diadukan.

  • Pelanggaran terhadap hak karyawan
  • Pelanggaran disiplin kerja pegawai Dinas Tenaga Kerja
  • Pelanggaran pelaksanaan tugas pejabat
  • Perselisihan yang menyangkut pegawai Dinas Tenaga Kerja
  • Pemungutan liar yang terjadi di wilayah kantor Dinas Tenaga Kerja

Cara Membuat Surat Pengaduan ke Disnaker

Dari contoh surat pengaduan ke Disnaker yang telah diberikan, maka Anda akan mendapatkan gambaran bagaimana cara membuat surat yang benar. Pertama, pastikan Anda sudah memenuhi semua persyaratan yang disebutkan.

Selanjutnya, buat kop surat seperti dalam pembuatan surat formal pada umumnya berupa judul surat, perihal, nomor, dan pihak yang dituju. Kemudian, awali pesan dengan pembukaan.

Pembukaan ini mengandung sapaan terhadap pihak yang dituju dan latar belakang pengajuan surat. Anda bisa menyampaikan dalam satu atau dua kalimat saja.

Bagian berikutnya adalah isi. Isi surat mengandung inti dari pengaduan yang diajukan mulai dari kronologi atau penjelasan pelanggaran, permintaan tindakan, dan lain-lain.

Terakhir adalah penutup yang diikuti nama terang pembuat surat. Agar lebih jelas, Anda bisa melihat contoh surat pengaduan ke Disnaker di bagian sebelumnya.

Apabila Anda sudah mengikuti struktur ini dan mengikuti syarat yang berlaku, maka surat sudah siap untuk disampaikan. Untuk caranya, silakan simak bagian berikutnya.

Cara Menyampaikan Surat Pengaduan ke Disnaker

Surat yang sudah dibuat dapat disampaikan melalui beberapa metode, baik offline maupun online. Berikut adalah beberapa caranya.

1. Melalui kantor Dinas Tenaga Kerja Setempat

Untuk mendapatkan hasil yang lebih pasti, Anda bisa datang langsung ke kantor Dinas Tenaga Kerja di wilayah Anda. Selain penyampaian lebih mudah, Anda juga dapat bertanya mengenai pembuatan surat kepada petugas yang ada.

2. Melalui surat elektronik

Contoh surat pengaduan ke Disnaker di atas dapat Anda ketik melalui aplikasi pengolah kata seperti Microsoft Word dan dikirimkan melalui surat elektronik ke alamat [email protected]. Jangan lupa untuk melampirkan semua bukti yang dibutuhkan.

3. Melalui website

Selain lewat email, ada satu cara online lagi yang cukup mudah untuk dilakukan, yakni melalui website www.lapor.go.id. Di website tersebut, Anda bisa mengisi form pengaduan seperti judul laporan, isi laporan, tanggal kejadian, dan lokasi kejadian.

Jadi, itulah tadi pembahasan tentang cara membuat serta contoh surat pengaduan ke Disnaker yang bisa Anda gunakan. Mengingat aturan setiap daerah mungkin berbeda-beda, Anda bisa bertanya ke petugas di kantor Dinas Tenaga Kerja untuk mendapatkan informasi valid terbaru.

Share:

Tinggalkan komentar