Setelah mencari lowongan pekerjaan dan mengikuti serangkaian wawancara dan tahapan lain, pengumuman penerimaan menjadi hal paling dinanti. Sebagai pihak perusahaan, bisa menuliskan balasan dengan ikuti contoh surat penerimaan kerja yang benar.
Dalam memberikan balasan tentu saja di mulai dengan pelamar yang mengirimkan permohonan kerja biasanya di kirim melalui email atau secara offline langsung ke perusahaan. Setelah melalui pertimbangan dan memenuhi syarat, maka dapat kirimkan balasan dengan tepat.
Di dalam surat balasan tentang diterimanya bekerja di perusahaan, maka akan diberikan sejumlah informasi lengkap berkaitan dengan tugasnya, serta kontrak kerja. Dengan demikian, dalam menuliskannya harus memperhatikan struktur-strukturnya.
Contoh Surat Penerimaan Kerja
Buat Anda yang akan menerima lamaran kerja dari pelamar, maka bisa menuliskan balasan secara resmi melalui surat. Dalam menuliskannya, maka perhatikan struktur dengan tepat seperti pada contohnya di bawah ini.
Surat untuk Ikuti Wawancara
Jenis surat yang pertama adalah menerima pelamar untuk bisa memasuki tahapan seleksi wawancara berikutnya. Dengan demikian, semakin membuka peluang lolos kerja yang suratnya kurang lebih seperti ini.
PT MEKAR SETUPU
Jalan Raja 34 Surabaya
Surabaya, 04 Januari 2023
Nomor: 02/988/73/23
Kepada Yth.
Sdr/Sdri nama pelamar
Di alamat lengkap
Dengan hormat,
Bersama dengan surat ini, kami akan menyampaikan bahwa lamaran Anda sudah kami terima. Oleh karena itu, kami mengharapkan Saudara/Saudari nama di kantor pada:
Hari :
Tanggal :
Waktu :
Tempat :
Keperluan : Melaksanakan wawancara kerja tahap III (terakhir)
Hormat kami,
PT MEKAR SETUPU
(nama)
HRD PT MEKAR SETUPU
Surat untuk Menerima Kerja pada Posisi Tertentu
Balasan atas proses seleksi lowongan yang sudah berakhir adalah penerimaan kerja pada kandidat terpilih. Dalam hal ini, Anda bisa menuliskan suratnya dengan menggunakan referensi atau contoh berikut.
PT KUSUMA MAHARAJA
Jalan Mangga Muda 77 Malang
Malang, 19 Agustus 2022
Nomor : 09/732/3242/3/22
Perihal : Penerimaan Kerja
Kepada Yth.
Sdr/Sdri nama
Di alamat
Dengan hormat,
Berhubungan dengan surat lamaran yang Anda ajukan pada tanggal 06 Juli 2022 untuk mengisi posisi sebagai Customer Service, kami mengucapkan terimakasih.
Kami telah melihat dan mempelajari kualifikasi Saudara/i sebagai salah satu kandidat.
Kami mempunyai keyakinan akan kompetensi yang Saudara/i miliki dalam hal pelayanan kepada pelanggan, yaitu di bagian Customer Service sehingga sangat tepat untuk bisa mengisi posisi tersebut pada PT KUSUMA MAHARAJA.
Prestasi yang Saudara/i miliki mempunyai kecocokan dengan posisi yang sedang kami butuhkan.
Dengan demikian, kami berharap Suadara/i dapat hadir untuk bisa mengikuti proses seleksi selanjutnya pada:
Hari :
Tanggal :
Tempat :
Demikian surat ini kami sampaikan. Atas perhatiannya kami ucapkan terimakasih.
Hormat kami,
(nama)
HRD PT KUSUMA MAHARAJA
Tips Menulis Surat Penerimaan Kerja
Surat yang menyatakan penerimaan kerja atau lolos suatu tahapan pada pekerjaan yang di lamar merupakan jenis surat resmi. Dengan demikian, dalam penulisannya harus memperhatikan sejumlah hal dengan tips lengkapnya pada penjelasan berikut.
1. Mencantumkan Kepala Surat
Kepala surat menjadi hal paling penting pertama untuk dicantumkan di dalam surat yang diletakkan di bagian atas. Kop surat mempunyai isi seperti, nama perusahaan/instansi/lembaga, alamat, kontak, kode pos, dan logo.
2. Menuliskan Nomor Surat
Kode pada nomor surat mempunyai maksud tertentu harus di tulis secara tepat dan benar yang biasanya terdiri dari beberapa unsur seperti bulan, tahun, serta kode dari perusahaan atau instansi bersangkutan.
3. Perihal Surat
Setelah memasukkan nomor surat, biasanya akan ditemukan informasi berikutnya yaitu perihal atau hal dari isi balasan tersebut. Ini harus di isi supaya pembaca mengetahui tentang apakah surat ini, yaitu penerimaan kerja.
4. Salam Pembuka dan Penutup
Tips selanjutnya jangan lupa untuk memasukkan salam pembuka dan penutup dengan benar mengingat ini adalah tipe dari surat resmi. Beberapa contoh salam antara lain, Dengan hormat, Salam sejahtera, Assalamualaikum Wr. Wb, dan lainnya.
Format Surat Penerimaan Kerja
Secara umum, Anda bisa menggunakan format surat untuk menjadi balasan atas diterimanya kerja para kandidat sebagai referensi. Berikut formatnya secara umum.
- Kop surat berisi nama dari perusahaan, instansi, dan sejenisnya
- Tanggal surat
- Perihal
- Lampiran
- Nama penerima dan alamat
- Pembuka
- Isi
- Penutup
- Nama terang beserta jabatan
- Tanda tangan
Hindari Kesalahan Penulisan pada Surat Penerimaan Kerja
Penulisan dari surat penerimaan di terima kerja oleh para pelamar sering sekali terdapat kekurangan. Pada kasus ini, Anda bisa menghindarinya dengan memperhatikan kesalahan-kesalahan umum penulisan sebagai berikut.
1. Kurang Rapi
Tulisan yang kurang rapi yang berkaitan dengan aturan layout sangat mempengaruhi reputasi dari isi surat itu sendiri atau perusahaan pengirimnya. Jika tata letak acak-acakan, maka penerima surat bisa tidak percaya dengan apa yang akan Anda sampaikan.
2. Tidak Mencantumkan Perihal
Perihal menjadi sebuah judul yang jelas dari isi balasan surat tersebut sehingga perlu dicantumkan. Dengan demikian, penerima bisa meneruskan untuk membacanya sampai akhir dan temukan informasi pentingnya.
3. Tulisan Tidak Memperhatikan Tanda Baca
Tulisan yang tidak memperhatikan tanda baca dengan baik pasti akan sangat aneh untuk di baca. Sebagai contoh, penggunaan titik dan koma tidak tepat sehingga selain terkesan tidak resmi, juga membuat pembaca mencap sebagai surat penipuan.
4. Bahasa Bertele-tele
Surat yang di tulis dengan bahasa bertele-tele akan sangat panjang dan membuang-buang waktu saja. Dengan demikian, sampaikan informasi dengan padat, singkat, dan jelas langsung pada intinya.
Tipe Surat Penerimaan Kerja
Dalam menuliskan balasan atas diterimanya kerja seorang pelamar di perusahaan Anda, maka bisa menggunakan beberapa tipe. Berikut sejumlah tipe surat yang bisa dijadikan referensi.
1. Menyampaikan Informasi Tahapan Seleksi Berikutnya
Tipe pertama pada surat balasan yang Anda berikan kepada kandidat adalah berupa informasi untuk bisa masuk ke tahapan selanjutnya. Misalkan sudah memasuki tahap wawancara I dan lolos, maka diberikan kesempatan ikuti wawancara berikutnya di sertai informasi tanggal, waktu, dan tempat.
2. Menyampaikan Penerimaan Bekerja secara Resmi
Apabila pelamar telah menyelesaikan semua tahapan rekrutmen dengan sukses, maka pihak perusahaan bisa memberitahu akan diterimanya sang pelamar dengan mengirimkan surat. Di dalamnya dapat menyatakan keunggulan-keunggulan dan informasi telah di terima.
3. Menyampaikan Penerimaan Bekerja secara Resmi dengan Informasi Tanggalnya
Tipe ini hampir sama dengan sebelumnya, hanya saja di dalam suratnya akan langsung diberikan informasi resmi kapan sang kandidat telah menjadi bagian dari perusahaan.
4. Menulis dengan Bahasa Inggris
Anda juga bisa menuliskan surat balasan akan diterimanya bekerja dengan menggunakan bahasa inggris. Format penulisan masih sama dengan sebelumnya yang di awali dengan kop surat dan di akhiri nama terang dan jabatan (HRD).
Itu dia informasi tentang contoh surat penerimaan kerja yang bisa menjadi referensi lengkap dengan tips menulis dan hal-hal yang harus di hindari.