15 Contoh Surat Penawaran Barang, Jasa, dan Kerjasama - Contoh Surat Resmi
Connect with us

Contoh Surat

15 Contoh Surat Penawaran Barang, Jasa, dan Kerjasama

Contoh Surat Penawaran – Urusan bisnis atau sebuah perusahaan memang tidak akan bisa terlepas dari kegiatan surat menyurat. Berbagai macam surat harus dibuat dengan tujuan yang tentunya berbeda – beda juga. Jika ingin menjalin kerjasama dengan perusahaan lain, maka harus membuat surat terlebih dahulu. Begitu juga dengan urusan – urusan yang lainnya, yang berhubungan dengan eksternal kantor atau perusahaan tertentu.

Seorang pebisnis tentu harus mengetahui berbagai macam contoh surat menyurat, salah satunya adalah contoh surat penawaran. Surat penawaran ini ditujukan untuk berbagai macam keperluan sebuah perusahaan dengan perusahaan lainnya. Misalnya ketika hendak menjual barang kepada perusahaan lain, maka harus membuat surat penawaran terlebih dahulu.

Walaupun zaman memang sudah canggih sekarang ini dan komunikasi bisa lewat telepon atau internet, namun surat tetaplah diperlukan. Surat menujukkan kalau sebuah perusahaan itu memang terpercaya dan lebih terjamin keakuratannya. Jika terjadi sesuatu hal yang tidak diinginkan di kemudian hari, maka sebuah perusahaan sudah memiliki bukti otentik untuk ditunjukkan, yakni surat.

Contoh Surat Penawaran

Contoh surat penawaran sangat banyak, mulai dari surat penawaran jasa, barang, dan kerjasama. Jika anda adalah seorang bagian administarasi pada sebuah perusahaan dan bertanggung jawab akan urusan surat menyurat, maka anda harus menguasai semua jenis – jenis surat tersebut. Berikut adalah beberapa contoh surat penawaran yang seringkali digunakan oleh perusahaan – perusahaan.

1. Contoh Surat Penawaran Barang

Surat penawaran barang adalah surat yang seringkali dipakai oleh sebuah perusahaan untuk menawarakan barang – barang yang diproduksi kepada perusahaan lain ataupun instansi lain. Tujuannya tidak lain dan tidak bukan agar pihak perusahaan lain tertarik dengan barang yang mereka tawarkan. Berikut adalah salah satu surat penawaran yang baik dan benar.

PT INTAN PERMATA
Jl. Bunga Kamboja No. 23
JAKARTA PUSAT

====================================================================

Jakarta, 12 Februari 2018

Nomer : 11/02/XII/2018
Hal : Penawaran Barang
Lamp : 1 lembar brosur AP/DG

Kepada
Manager PT SURYA JAYA
Jl. Pattimura No. 3
Jakarta Pusat

Dengan hormat,

Berdasarkan pengamatan kami, perusahaan Saudara sekarang sedang semakin berkembang dan tentunya semakin maju beberapa tahun terakhir ini. Dengan perkembangan tersebut maka harus didukung dengan peralatan kantor yang mencukupi dan sesuai dengan masa kini.

Dalam kesempatan yang baik ini, perusahaan kami bersedia untuk menawarkan beberapa produk alat kantor yang menjadi unggulan di perusahaan kami. Bersamaan ini kami lampirkan 1 lembar brosur sebagai bahan pertimbangan Saudara. Kami meyakini jika Anda memakai produk kantor unggulan yang diproduksi oleh perusahaan kami, maka pegawai Anda dapat bekerja secara efisien dan efektif sehingga akan meningkatkan prospek dari perusahaan.

Kami juga menawarkan promo spesial untuk perusahaan Saudara yaitu berupa pemberian diskon sebesar 10 % jika Saudara membeli produk kami sebelum tanggal 20 September 2016. Garansi dari produk kami adalah 2 tahun dari setiap produknya. Pembayaran bisa dilakukan dengan membayar uang muka sebesar 40 % dari harga total dan cicilannya dapat diangsur sebanyak 3 kali setelah barang sampai di tempat Anda.

Besar harapan kami untuk menerima pesanan dari Saudara. Kami yakin jika Saudara memesan produk kami, akan memberikan keuntungan untuk kedua belah pihak. Atas perhatian dan kerjasama Saudara kami ucapkan terima kasih.

Hormat kami,

PT INTAN PERMATA

 

Joko Raharjo
Marketing manager

2. Contoh Surat Penawaran Produk Dalam Bahasa Inggris

Untuk negara Indonesia sendiri, kebanyakan surat penawaran memang masih menggunakan bahasa Indonesia. Namun kalau ingin menjalin kerjasama atau menjual produk kepada perusahaan multinasional atau perusahaan di luar negeri, maka bukan tidak mungkin juga akan menggunakan bahasa Inggris, sebagai bahasa Internasional. Berikut adalah salah satu surat penawaran produk dalam bahasa Inggris.

PT INTAN PERMATA
Jl. Bunga Kamboja No. 23
JAKARTA PUSAT

===================================================================

Jakarta, Februari 11th, 2018

To

Designation. General Manager Affair
PT. INDOFOOD
Jl. Lettery Price No. 36
Surabaya

Dear Sirs,

Through this letter, let us introduce our company to you. Our company named PT Ricarica is engaged in the distributor of office stationery.

According to the information we collect, PT INDOFOOD is a property company that is growing rapidly and will open again some marketing office in Banda Aceh. In this connection, let us offer some of the stationery products that we market. Together with this letter, we attach a list of items and their respective prices.

If your company needs our services, then simply contact us via telephone numbers +62 8524649 77993 and we’ll deliver the goods directly to the site. Further, we will send you an invoice each end of the month for transactions occurring in the corresponding month. We will give special discount if accumulated purchase within one month of more than Rp 30.000.000, – (thirty million rupiah).

We hope that this offer can proceed in a form of cooperation that benefits both parties. If Mr interested, we are ready to make presentations and conduct further discussed.

Thus we submit the offer letter, delivered thank you for your attention.

Sincerely,

PT INTAN PERMATA

 

Joko Raharjo

Marketing Manajer

3. Contoh Surat Penawaran Jasa

Anda tentu sudah tahu kalau tidak semua perusahaan yang bergerak di bidang produksi. Banyak juga perusahaan yang menyediakan jasa untuk kemudian digunakan oleh orang lain atau perusahaan lain. Untuk menggaet pelanggan atau memperkenalkan jasa yang mereka miliki, pihak perusahaan penyedia jasa biasanya akan mengirimkan surat penawaran jasa kepada perusahaan lain.

TEKNIK ENJINER

PERBAIKAN, PEMASANGAN DAN PERAWATAN

Jl. Bunga Teratai No. 123
Jakarta Pusat

=================================================================

NO : 2/2017

HAL : PENAWARAN JASA SERVICE

Kepada Yth,

Bapak Jamal Kasali

Manajer HOTEL SEMPURNA

Pekanbaru

 

Dengan hormat,

Bersama dengan proposal ini, kami menawarkan kerjasama untuk service dan maintenance AC di tempat yang Bapak/ibu pimpin, baik untuk pemasangan AC baru, yang sudah ada maupun pencucian (steam AC). Pihak kami menyediakan seluruh peralatan dan technical support yang dibutuhkan. Dan kami akan memberitahukan laporan periodic setiap bulan kepada pihak Building Management Anda.

Adapun keuntungan dengan adanya kerja sama service dan tmaintenance ini adalah Gedung perkantoran Anda akan terasa lebih nyaman karna kondisi ruangan yang diatur oleh AC yang terawat secara profesional. Hemat Energi bisa didapat jika pencucian / steam AC dilakukan secara berkala dikarnakan kotoran yang menghambat laju udara akan memperlama proses pendinginan udara diruangan Anda sehingga mesin harus bekerja exstra. Mesin AC awet dan tahan lama pada gedung perkantoran Anda pastinya menjadi salah satu keinginan.

Berikut ini adalah perincian dari biaya pemasangan dan perawatan AC secara berkala:

NO JENIS PEKERJAAN PK HARGA
1 Cleaning AC SPLIT 0,5 – 1 Rp. 85.000
2 Cleaning AC SPLIT 1,5 – 2,5 Rp. 100.000
3 Tambah preon AC Per PK Rp. 125.000
4 Isi preon AC dari 0 Per PK Rp. 165.000
5 Biaya perbaikan Tergantung kerusakan
6 Biaya pasang AC SPLIT 0,5 – 1 Rp. 175.000
7 Biaya pasang AC SPLIT 1,5 – 2,5 Rp. 225.000

Demikian Proposal Penawaran Perbaikan dan Perawatan AC (Air Conditioner) ini kami buat, atas waktu dan perhatiannya kami ucapkan terimakasih.

Hormat Kami,

Teknik Enjiner

 

Joko Raharjo

4. Contoh Surat Penawaran Jasa Katering

Usaha katering adalah sebuah usaha yang sangat menjanjikan belakangan ini. Para pihak penyelenggara acara biasanya tidak terlalu mau direpotkan dengan urusan konsumsi dan lebih mempercayakan semua hal tersebut pada sebuah penyedia jasa, yakni jasa katering. Namun untuk pihak penyedia jasa katering juga harus menggaet pelanggan dengan cara menawarkan jasa yang mereka miliki kepada perusahaan lain ataupun orang lain.

CV. CATERING INTAN PERMATA
Jl. Permata Hijau No. 123

Jakarta Pusat
=============================================================

Jakarta, 12 Februari 2018

Hal : Penawaran Jasa Katering

Lampiran : List Catering

Kepada Yth,

Bapak/Ibu Manajer Operasional
Sukaria Wedding Organizer
Jl . Teratai No. 123 Jakarta

Dengan hormat,

Kami adalah penyedia jasa katering yang sudah berdiri selama 10 tahun. Bersama dengan datangnya surat ini, kami bermaksud untuk memberikan penawaran jasa dari katering kami untuk melakukan kerja sama dengan perusahaan Wedding Organizer yang Bapak pimpin. Kami akan memberikan penawaran harga terbaik jika Bapak bersedia bekerja sama dengan kami.

Hal-hal yang berhubungan dengan menu yang kami sediakan beserta daftar pilihan harganya bisa Bapak lihat pada berkas yang kami lampirkan bersama dengan surat penawaran ini.

Demikianlah surat penawaran jasa dari kami, besar harapan kami untuk bisa bekerja sama dengan perusahaan wedding organizer yang Bapak pimpin. Atas waktu dan kebijaksanaannya kami mengucapkan terimakasih.

Hormat Kami,
Marketing Manajer

 

Joko Raharjo

5. Contoh Surat Penawaran Kerjasama

Selain menawarkan barang dan jasa, para perusahaan juga biasanya menawarkan kerjasama dengan perusahaan lain. Kerjasama dengan keuntungan pada kedua belah pihak tentu akan sangat menjanjikan dan banyak dijalani oleh perusahaan – perusahaan besar di Indonesia. Jika ingin menawarkan kerjasama dengan perusahaan lain, maka salah satu contoh surat di bawah ini mungkin akan berguna bagi anda.

PT. INTAN PERMATA

Jln. Permata Hijau No. 123 Jakarta Pusat

No. Telp 085361920000

[email protected]
================================================================

Jakarta, 12 Februari 2018

Hal : Penawaran Kerjasama

Lamp. : Katalog

 

Kepada Yth,
Bpk. Cokro Susilo
Pimpinan CV. KARYA ABADI
Jln. Sari Indah No. 123 Surabaya

 

Dengan hormat,

Kami dari PT. Intan Permata bermaksud untuk menawarakan kerjasama dengan CV. Karya Abadi untuk menjadi distributor produk-produk kami yang berupa:

1. Perlengkapan Sound System
2. Interior Dapur

Kami dari perusahaan akan memberikan kompensasi yang bisa dinegosiasikan kepada CV. Karya Abadi jika bersedia menjadi distributor resmi produk dari perusahaan kami.

Mekanisme mengenai kerjasama dapat kami jelaskan lebih lanjut apabila CV. Karya Abadi tertarik dengan penawaran kerjasama yang kami sampaikan.

Demikian surat penawaran kerjasama ini, atas perhatian dan kerjasamanya kami ucapkan terimakasih.

Hormat Kami,

PT INTAN PERMATA

 

Joko Raharjo

6. Contoh Surat Penawaran Barang dari Distributor

Bukan hanya para perusahaan yang memproduksi barang, namun para distributor juga tentu ingin menyalurkan barang yang mereka jual. Para pihak distributor yang mendapatkan barang dari sebuah perusahaan biasanya akan membagi atau menjual barang tersebut lagi pada perusahaan lain atau menjualnya dengan skala yang lebih kecil. Strategi ini diperuntukkan untuk mengambil keuntungan dengan menaikkan harga jual dari harga yang diberikan oleh supplayer.

Medan, 12 Februari 2018

Kepada
Yth. Manajer General Affair
PT. SENTOSA JAYA
Jl. Seroja No. 123 Medan

 

Dengan hormat,

Melalui surat ini, perkenalkan kami dari Perusahaan yang bernama PT. GLOBAL KOMPUTER yang bekerja di bidang distributor alat dan perlengkapan komputer.

Menurut informasi yang kami peroleh, PT. SENTOSA JAYA adalah perusahaan properti yang sedang berkembang pesat dan akan membuka lagi beberapa kantor pemasaran di Medan. Sehubungan dengan hal itu, perkenankanlah kami menawarkan beberapa produk alat dan perlengkapan komputer yang kami pasarkan. Bersama surat ini kami lampirkan daftar barang beserta harganya masing-masing.

Jika perusahaan Anda menerima dan membutuhkan layanan kami, maka bisa langsung menghubungi melalui nomor telepon 0341-98xxx dan kami akan mengantarkan barangnya serta menginstalasi peralatan yang dibutuhkan. Kami juga akan memberikan harga khusus jika akumulasi pembelian lebih dari Rp 4.000.000,- (empat juta rupiah).

Kami berharap agar penawaran ini dapat dilanjutkan ke dalam suatu bentuk kerjasama yang menguntungkan kedua belah pihak. Apabila Saudara berminat, kami siap melakukan presentasi dan melakukan pembicaraan lebih lanjut.

Demikian surat penawaran ini kami sampaikan, atas perhatiannya disampaikan terima kasih.

Hormat kami,

PT. Global Komputer

 

Joko Raharjo

Manajer Marketing

7. Contoh Surat Penawaran Barang Elektronik

Salah satu contoh barang yang tidak bisa terlepas dari manusia sekarang ini adalah barang – barang elektronik. Maka tidak heran kalau semakin banyak perusahaan yang bergerak di bidang ini, baik itu sebagai produsen, distributor, sampai dengan toko elektronik. Jika ingin menjual barang elektronik yang dimiliki terlebih dahulu, maka anda bisa membuat surat penawaran kepada perusahaan lain, seperti berikut ini.

PT INTAN PERMATA

Jl. Bunga Kamboja No. 123 Jakarta

Telp. (0274) 562787

===========================================================================

Jakarta, 12 Februari 2018

Nomor             : 15 / BJE / XI / 2015

Lampiran         :  –

Hal                   : Penawaran Barang Elektronik

 

Yth Bpk. Didik Sunandar

Merapi Apartment

Yogyakarta

 

Dengan hormat,

Kami dari PT INTAN PERMATA, bermaksud untuk  mengajukan penawaran barang kepada Bapak Didik Sunandar selaku pemilik Merapi Apartment. Beberapa barang elektronik yang kami tawarkan diantaranya sebagai berikut :

Nama Barang Merk Harga (Rp)
PC All in One Lenovo Rp. 7.200.000
Speaker 10.000 Watt Sony Rp. 2.850.000
AC LG Rp. 3.500.000
Mesin cuci SHARP Rp. 2.890.000
Home Theatre LG Rp. 8.500.000

Adapun cara untuk pembayarannya dapat dilakukan sebagai berikut :

Pembayaran juga dapat dicicil dengan ketentuan dengan adanya uang muka DP, pembayaran dapat dilakukan dengan 5 kali cicilan,

  1. Pembayaran dapat melalui kartu kredit (Danamon,BNI),
  2. Pembayaran dengan cash (langsung)
  3. Sekian surat penawaran ini kami buat, kami berharap agar Bapak bisa bekerjasama dengan perusahaan kami.

Atas perhatian Bapak, saya ucapkan terimakasih.

Hormat Saya,

 

 

Joko Raharjo

Manajer Marketing

8. Contoh Surat Penawaran Negosiasi

Pada saat menawarkan barang atau jasa kepada perusahaan lain, terkadang kita tidak memiliki harga yang pasti. Hal ini dikarenakan jasa atau barang yang kita tawarkan tersebut tidak memiliki kalkulator harga yang fix dan tepat, seperti harga tanah. Untuk itu, anda bisa memberikan harga negosiasi terlebih dahulu kepada pihak perusahaan. Jika mereka berkenan membeli tanah tersebut, maka tentu mereka akan bersedia untuk negosiasi mengenai harga yang anda tawarkan.

SURAT PENAWARAN NEGOSIASI HARGA TANAH

Jakartaa, 12 Februari 2018

Kepada Yth,
Pimpinan PT KARYA ABADI
Di Tempat

Dengan hormat,

Sehubungan dengan adanya rencana pembangunan kantor cabang baru di wilayah Kelurahan Makmur Semua Kota Bandung dan perusahaan Bapak/ Ibu masih mencari lokasi yang tepat untuk kantor tersebut, maka saya ingin menawarkan tanah saya dengan spesifikasi berikut ini :

Nama Pemilik : Ahmad Affandi
Lokasi : Jl. Raya Kambean No. 1 – 6
Luas Tanah : 4.000 m2
Status Tanah : Sertifikat Hak Milik
Harga Negosiasi : Rp. 2.700.000/m2

Tanah yang saya miliki berada di lokasi jalan utama dan akses ke publik area, komersial area ataupun jalan tol ke Jakarta cukup dekat. Jika Bapak/ Ibu berminat dengan tanah yang saya miliki, Bapak/ Ibu bisa menghubungi saya : Ahmad Affandi, Jl. Sentosa No. 2 Jakarta (08407608888).

Besar harapan saya dapat menjalin kerjasama dengan perusahaan Bapak/ Ibu. Atas perhatian Bapak/ Ibu, saya ucapkan terimakasih.

Hormat Saya,

 

 

Ahmad Affandi

Pemiliki Tanah

9. Contoh Surat Penawaran Pembelian Produk

Saat sebuah perusahaan menerima surat penawaran produk dari perusahaan lain, perusahaan tersebut bisa saja menerima tawaran, namun bisa juga menolak tawaran tersebut. Jika sekiranya disetujui, maka tentu akan diputuskan untuk membeli produk mana saja, sesuai dengan yang ditawarkan oleh pihak perusahaan penyedia produk. Untuk membeli barang tersebut, maka anda bisa membuat surat penawaran pembelian produk seperti berikut ini.

PT INTAN MANDIRI

Jl. Cendrawasih No 3, Jakarta Pusat

Jakarta, 12 Februari 2018

N0           : VII/15/214
Perihal     : Balasan Penawaran

 

Kepada Yth. Kepala Marketing
MUSTIKA JAYA MANDIRI
di
Jakarta

 

Dengan Hormat,

Kami selaku Kepala Bagian Pengadaan Barang PT. INTAN MANDIRI, ingin melanjutkan penawaran dari Bapak/Ibu selaku Kepala Marketing PT. MUSTIKA JAYA MANDIRI. Setelah melewati pembicaraan pada rapat internal perusahaan, kami sepakat untuk membeli beberapa peralatan kantor untuk menunjang kinerja karyawan kami demi memajukan perusahaan kami.

Dengan rincian pembelian sebagai berikut :

  1. 20 pasang meja dan kursi
  2. 10 buah notebook
  3. 6 buah AC
  4. 10 buat lemari
  5. 2 buah mesin fotocopy

Dengan biaya total transaksi senilai Rp 170.000.000,00

Dengan diterbitkan surat ini, kami menunggu tindak lanjut pembelian peralatan kantor ini 10 hari tertanggal 12 Februari 2018. Kami berharap dapat dengan cepat bekerja sama dengan perusahaan Bapak/Ibu dalam pengadaan peralatan kantor ini. Terima kasih atas penawaran yang sebelumnya ada khususkan untuk kami.

Hormat Kami,

Direktur Utama

 

Joko Raharjo

10. Contoh Surat Penawaran Produk Kepada Perusahaan Lain

Tidak bisa hanya diam dan menunggu, anda selaku penyedia atau produsen sebuah barang tentu harus aktif dalam mencari pelanggan. Dengan memberikan atau mengirimkan surat penawaran produk miliki anda adalah salah satu contohnya. Untuk itu, anda harus jeli dalam mencari infromasi mengenai perusahaan – perusahaan lain, yang sekiranya membutuhkan produk sesuai dengan produk yang anda miliki.

Medan, 12 Februari 2018

Kepada Yth,
Manajer General Affair
PT MAJU MUNDUR
Jl. Kasuari No. 123
Medan

Dengan hormat,

Melalui surat ini, perkenankanlah kami memperkenalkan perusahaan kami kepada Bapak. Perusahaan kami bernama PT SELALU SUKSES yang bergerak di bidang distributor alat tulis kantor.

Menurut informasi yang kami peroleh, PT MAJU MUNDUR adalah perusahaan properti yang sedang berkembang pesat dan akan membuka lagi beberapa kantor pemasaran di Medan. Sehubungan dengan hal itu, perkenankanlah kami menawarkan beberapa produk alat tulis kantor yang kami pasarkan. Bersama surat ini kami lampirkan daftar barang beserta harganya masing-masing.

Jika perusahaan Bapak membutuhkan layanan kami, maka cukup menghubungi kami melalui nomor telepon 0274-99999 dan kami akan mengantarkan barangnya langsung ke lokasi. Selanjutnya kami akan mengirimkan invoice setiap akhir bulan untuk transaksi-transaksi yang terjadi pada bulan yang bersesuaian. Kami akan memberikan discount khusus jika akumulasi pembelian dalam satu bulan lebih dari Rp 2.000.000,- (dua juta rupiah).

Kami berharap agar penawaran ini dapat dilanjutkan ke dalam suatu bentuk kerjasama yang menguntungkan kedua belah pihak. Apabila Bapak berminat, kami siap melakukan presentasi dan melakukan membicarakan lebih lanjut.

Demikian surat penawaran ini kami sampaikan, atas perhatiannya disampaikan terima kasih.

 

Hormat Kami,

PT. Selalu Sukses

 

 

Joko Raharjo

Manajer Marketing

11. Contoh Surat Penawaran Barang

Apapun produk yang perusahaan anda miliki, sudah tentu tujuannya untuk dijual kepada orang lain atau perusahaan lain. Baik karena perusaaan anda merupakan sebuah perusahaan produsen, atau pun hanya sekedar distributor yang bertugas untuk menjual kembali barang – barang tersebut. Berikut adalah salah satu surat penawaran barang kepada perusahaan lain, dengan tujuan perusahaan tersebut berminat untuk membeli barang dari perusahaan kita.

Jakarta, 12 Februari 2018

Kepada Yth,
Pimpinan PT. SELALU NAIK
Di,-
Tasikmalaya

No. : 032/PNWRN/2018
Hal : Penawaran Barang
Lamp. : 1 Berkas

Dengan Hormat

Dengan surat ini kami bermaksud memperkenalkan perusahaan kami PT. ANGIN BELIUNG, dengan alamat di Jl. Bajak Laut No. 45 Jakarta. Kami adalah perusahaan yang bergerak di bidang distributor kosmetik dan telah bekerja sama dengan berbagai toko dan perusahaan yang bergerak di bidang kosmetik.

Karena itu sesuai informasi yang kami peroleh, CV SELALU NAIK adalah perusahaan yang menjual berbagai produk kosmetik yang sedang berkembang pesat dan membutuhkan pasokan kosmetik dengan harga yang bersaing.

Sehubungan hal itu, kami mengajukan penawaran untuk menjadi pemasok bagi kosmetik untuk perusahaan dan toko-toko yang bapak kelola. Harapan kami, penawaran ini dapat terwujud dalam bentuk kerjasama sehingga dapat menguntungkan kedua belah pihak. Sebagai bahan perbandingan, silahkan bapak lihat di lampiran yang berisikan daftar harga produk kosmetik yang kami sediakan. Jika perusahaan bapak berminat kami siap melakukan pembicaraan lebih lanjut.

Demikian surat penawaran ini kami sampaikan, atas perhatian dan kerja samanya kami sampaikan banyak terima kasih.

Hormat kami,

Joko Raharjo

Manajer Marketing

12. Contoh Surat Penawaran Produk yang Baik dan Benar

Dalam membuat surat penawaran produk kepada perusahaan lain tentu tidak bisa dilakukan dengan asal – asalan. Anda harus bisa meyakinkan perusahaan lain dan percaya dengan kredibilitas perusahaan anda. Karena jika tidak, maka perusahaan lain tidak akan pernah tertarik untuk membeli produk – produk yang anda tawarkan. Di bawah ini adalah salah satu surat penawaran produk yang baik dan benar.

Deminda Health

Jl. Sriwijaya No. 23 Surabaya
No. Tlp. 031 9999 999
No. Fax 031 1111 111
………………………………………………………………………..

Surabaya 12 Februari 2018

Kepada Yth,
Purchasing Manager A&W Restaurant
Jl. Jendral Sudirman No. 23 Jakarta

Perihal : Penawaran Hand Soap Liquid

Dengan hormat,

Bersama ini kami bermaksud untuk mengajukan surat penawaran kepada Bapak/Ibu produk kami, yakni : Brilliant Hand Soap Liquid.

Produk kami ini merupakan sebuah produk sabun cair pencuci tangan yang sangat higienis, dan mengandung antiseptic. Produk ini memiliki sejumlah kelebihan untuk menjaga kesehatan, dan akan melindungi kita baik sebelum makan maupun sesudah.

Adapun harga dari produk ini adalah Rp. 50.000,- (lima puluh ribu rupiah) per galon dengan kandungan 5 liter.

Bapak/Ibu dapat membandingkan harga regular di market, yaitu sekitar Rp. 125.000,- per galon. Harga spesial yang kami tawarkan kepada Bapak/Ibu kami anggap sebagai harga promo, namun untuk kedepannya kami juga tidak akan mematok harga terlalu tinggi.

Demikian surat penawaran ini kami buat dengan harapan akan terjadi kemitraan yang menguntungkan antara kami dan pihak Bapak/Ibu. Jika ada pertanyaan, silahkan menghubungi kami melalui nomor telepon kantor.

Atas perhatian serta kerja samanya, kami sampaikan banyak terimakasih.

Hormat Kami,

Deminda Health

 

Joko Raharjo

13. Contoh Surat Penawaran Produk Smartphone

Smartphone merupakan benda yang tidak bisa lekang dari manusia sekarang ini. Berbagai aktivitas setiap orang bahkan terbantu dengan canggihnya teknologi yang ada pada smartphone. Maka tidak heran kalau ada begitu banyak produsen – produsen dan distributor yang bergerak di bidang stock smartphone. Untuk bisa menjual produk smartphone tersebut, maka tentu dibutuhkan surat penawaran kepada perusahaan lain atau toko – toko smartphone lainnya.

SENTOSA SELALU TECH

Distributor Smrtphone

Jl. Tandean No. 5 Jakarta Pusat

Telp: 021 873535xx

Jakarta, 12 Februari 2018

No. 567/PNWRN/VIII/2018
Hal : Penawaran Barang
Lamp : 1 Berkas

Kepada Yth.
UD. KENCANA SMARTPHONE
Di – Depok

Dengan Hormat

Bersama ini kami bermaksud memperkenalkan perusahaan kami, bahwa kami dari PT. Sentosa Selalu Tech yang beralamat di Jl. Tandean No. 5 Jakarta Pusat, perusahaan kami bergerak dibidang distributor Smartphone dan teknologi.

Kami telah bekerja sama dengan lebih dari 200 perusahaan di seluruh Indonesia, oleh karena itu kami juga ingin bekerja sama dengan perusahaan Bapak untuk mendistribusikan produk kami kepada konsumen, dengan harga bersaing. Adapun terkait produk dan daftar harga terlampir.

Demikian surat penawaran ini kami sampaikan semoga penawaran kami dapat dipertimbangkan. atas perhatian Bapak kami sampaikan terima kasih.

Hormat Kami,

PT. Sentosa Selalu Tech

 

Joko Raharjo

14. Contoh Surat Penawaran Kerjasama yang Baik dan Benar

Untuk menunjang produktivitas sebuah perusahaan, terkadang kerjasama dengan perusahaan lain harus dibutuhkan. Tentu perusahaan lain tidak akan tahu kalau anda sedang membutuhkan partner dalam membangun kerjasama. Untuk itu, anda bisa memberikan penawaran kerjasama terlebih dahulu kepada beberapa perusahaan untuk mendapatkan umpan positif dari perusahaan tersebut.

PUTRA MANDIRI ELEKTRONIKA

Jl. Hasanudin No. 11 Medan

Telp. (0361) 2877xx

Medan, 12 Febaruari 2018

No    : 122 / PT-PM / I / 2018

Hal    : Penawaran Kerja Sama

Lamp : 1 Bendel

 

Kepada

Yth,

Pimpinan CV. SUKSES MAKMUR

Di – Medan

Dengan Hormat

Berdasarkan informasi yang kami dapatkan dari situs perusahaan Bapak, kalau perusahaan yang Bapak pimpin merupakan sebuah perusahaan yang sedang berkembang pesat di Medan.  Maka bersama ini kami dari PT. Putra Mandiri Elektronika, distributor utama  dibidang distribusi elektronik dan prabotan rumah tangga bermaksud untuk menjalin hubungan kerja sama dengan Bapak.

Adapun sistem kerja sama prosentase dengan rincian harga barang dan prosentase bagi hasil sebagaimana terlampir, namun jika ada hal-hal yang belum tercantum di surat penawaran ini dapat kita komunikasikan lebih lanjut, dan kami menunggu keputusan Bapak selambat-lambatnya tujuh hari setelah surat ini Bapak terima.

Demikian penawaran ini kami sampaikan, atas pertimbangan dan perhatian Bapak kami sampaikan terima kasih.

Hormat Kami,

Putra Mandiri Elektronika

 

Joko Raharjo

15. Contoh Surat Penawaran Barang Kepada Perusahaan Lain

Sebagai sebuah perusahaan yang memproduksi barang dan berukuran besar, maka biasanya akan berusaha untuk menjual barang dalam skala besar juga. Hal ini akan memudahkan perusahaan dalam menghhandle penjualan, karena lebih menghemat waktu dan proses. Untuk bisa menjual barang pada perusahaan besar, maka terlebih dahulu bisa membuat surat penawaran kepada perusahaan tersebut.

PT PUTING BELIUNG

Jl. Anggrek Hijau No. 9 Jakarta

Jakarta, 12 Februari 2018

Nomor                 : 1/HRM-8/II/ 18

Lampiran            : 1 lembar

Perihal                 : Penawaran Barang

 

Kepada Yth,

Pimpinan PT. MENTARI BERSINAR

Jl. Sentosa Baru No. 88 Jakarta

 

Dengan hormat,

Kami dari PT. PUTING BELIUNG yang bergerak di bidang produksi berbagai macam barang elektronik berupa kamera pengintai dan cctv bermaksud untuk memberikan penawaran barang – barang produksi kami kepada Bapak/Ibu.

Berikut kami lampirkan tipe cctv dan kamera tersebut. Adapun PT. PUTING BELIUNG ini sudah berdiri sejak tahun 1985 dan sudah menjalin kerjasama dengan banyak perusahaan lain. Saat ini sudah memiliki 500 cabang yang tersebar di berbagai wilayah Indonesia. Sehingga Bapak/Ibu dapat langsung datang outlet cabang kami yang terdekat jika terdapat keluhan atau membutuhkan perawatan dari produk kami.

Demikian surat penawaran ini kami ajukan, apabila terdapat informasi yang perlu diketahui lebih lanjut, maka Bapak/Ibu dapat menghubungi kami. Atas perhatiannya, kami ucapkan terima kasih.

Hormat Kami,

 

Joko Raharjo

Direktur Utama

Kesimpulan dan Pentingnya Surat Penawaran

Sebuah perusahaan tentu tidak akan mampu berjalan jika tidak menjalin kerjasama dengan perusahaan lain. Bentuk kerjasama yang dimaksud pun sangat beragam, mulai dari penjualan sebuah produk, penyediaan sebuah jasa, dan juga bentuk – bentuk kerjasama lainnya. Namun tentu saja kerjasama dengan perusahaan lain tersebut tidak akan bisa didapatkan jika perusahaan kurang aktif dalam mencari.

Jika memiliki sebuah produk, maka tentu harus memberikan surat penawaran kepada perusahaan – perusahaan lain yang sekiranya membutuhkan produk anda. Begitu juga jika perusahaan anda merupakan penyedia jasa, maka tentu harus membuat penawaran kepada orang lain atau perusahaan lain agar menggunakan jasa yang anda miliki.

Dengan demikian, maka kerjasama dengan perusahaan lain pun akan terjalin dan menguntungkan bagi kedua belah pihak. Jika anda bisa menjaga kepercayaan dari perusahaan tersebut dan memberikan kepuasan kepada mereka, maka bukan tidak mungkin kerjasama yang anda jalin akan berlangsung dalam jangka waktu yang lama.

Namun jika anda sendiri tidak bisa konsisten dalam penyediaan barang atau jasa yang anda tawarkan misalnya, maka tentu perusahaan tersebut juga akan mencari penyedia lain. Jadi, selain memberikan berbagai contoh surat penawaran kepada perusahaan lain, anda juga harus bisa menjalin kerjasama yang baik dengan perusahaan tersebut.

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *