Contoh Surat Pemberitahuan Pindah Alamat Kantor

Mencari tahu tentang contoh surat pemberitahuan pindah merupakan hal yang penting. Pasalnya penulisan surat pemberitahuan harus dilakukan secara tepat dan benar agar informasi bisa tersampaikan dengan baik kepada penerima.

Dengan melihat pada contoh yang ada, pastinya Anda akan lebih mudah dalam pembuatan surat tersebut. Anda tinggal sesuaikan saja informasi yang ingin disampaikan ke format contoh yang didapatkan.

Untuk mendapatkan contoh surat tersebut, tentu Anda tidak perlu repot untuk mencarinya. Berikut ini adalah contoh bagaimana penulisan surat pemberitahuan pindah yang tepat untuk Anda jadikan sebagai inspirasi.

Contoh Surat Pemberitahuan Pindah yang Mudah

Contoh Surat Pemberitahuan Pindah

Dalam membuat surat pemberitahuan pindah, dibutuhkan teknik penulisan yang tepat. Tujuannya tentu agar orang yang membaca tersebut dapat memahami isi dari surat yang ditulis tersebut dengan baik dan jelas.

Nah, pada pembahasan kali ini, akan diberikan contoh surat pemberitahuan pindah alamat kantor. Dengan memperhatikan contoh tersebut diharapkan Anda bisa membuat surat pemberitahuan sesuai dengan kebutuhan.

Berikut ini adalah contoh surat pemberitahuannya:

 

PT. ALAM TANDUR SEJAHRTERA

Ruko Jemani Variegata Blok CD44 No. 10 Jl. Tanubayan Kebun Melati Mutih Km 2,5 Bandung 733893

 

No Telp. 077 8387393 Fax 022 938837 Mobile 09483834874

Website: www.alamsejahtera.com Email: [email protected]

 

Bandung, 10 Agustus 2022

 

Nomor : 045/ST/T/22

Lampiran : –

Hal : Pemberitahuan Pindah Alamat

 

Yth.

Bapak Sudirman Rahmat Husada

 

Direktur Utama

PT. Rajawali Amanah Televisi

Jalan Markisa Jambu No. 11T

Kota Bandung

 

Dengan hormat,

 

Bersamaan dengan surat ini, kami ingin menginformasikan bahwa mulai tanggal 15 Agustus 2022, PT Alam Tandur Sejahtera akan pindah dan menempati kantor baru di alamat sebagai berikut:

 

PT. ALAM TANDUR SEJAHTERA

Jalan Unggul Ametung Badarawuhi Km 29 No. 88A – 90A Kelurahan Manis Legit, Kecamatan Karang Semut, Kota Bandung 494383

 

No Telp. 022 3939399 Fax. 022 12394948 Mobile 0948473029

Website: www.alamsejahtera.com Email: [email protected]

 

Berbagai hal yang berhubungan dengan surat menyurat, fax, telepon, atau keperluan administratif lain bisa ditujukan ke alamat kantor yang baru tersebut.

 

Demikianlah pemberitahuan ini diberikan supaya dapat menjadi perhatian semuanya dan segera diterapkan. Atas perhatian dan kerja sama yang diberikan, kami mengucapkan banyak terima kasih.

 

 

Direktur Utama PT. ALAM TANDUR SEJAHTERA

 

Drs. Daryono Zukri Amrullah, M.Sc

 

Kurang lebih seperti itulah contoh surat pemberitahuan pindah yang dapat Anda ikuti. Untuk selanjutnya Anda tinggal melakukan perubahan informasi sesuai dengan kebutuhan pemberitahuan yang diinginkan.

Tujuan Pembuatan Surat Pemberitahuan

Setelah mengetahui tentang contoh surat pemberitahuan pindah di atas, Anda tentu juga perlu mengetahui sebenarnya apa tujuan dari pengiriman surat tersebut. Secara umum, surat seperti ini tujuannya adalah untuk memberikan pemberitahuan.

Dalam contoh yang dijelaskan sebelumnya, tujuan dari pemberitahuan tersebut adalah untuk menginformasikan bahwa lokasi dari toko PT ALAM TANDUR SEJAHTERA berpindah. Surat tersebut diberikan kepada klien atau orang yang berkaitan dengan perusahaan tersebut.

Pemberitahuan tersebut bisa juga menjadi cara membuka hubungan antara pihak satu dengan lainnya. Relasi tersebut bisa berupa barang ataupun juga dokumen terkait keperluan bisnis dan juga perusahaan.

Dalam perkembangannya, surat pemberitahuan ini dari waktu ke waktu semakin fleksibel. Artinya, bahasa yang digunakan dalam menyampaikan isi surat tidak melulu menggunakan bahasa yang formal dan kaku.

Pasalnya, surat seperti ini juga kerap digunakan untuk hal-hal semi-format sampai dengan urusan pribadi. Jadi, pada intinya adalah surat ini berisikan informasi terkait pemberitahuan berbagai hal seperti pindah alamat, pindah kerja, dan lain sebagainya.

Format Pembuatan Surat Pemberitahuan

Seperti halnya surat resmi yang lainnya, pada surat pemberitahuan pindah juga mempunyai beberapa faktor penting dalam pembuatannya. Faktor tersebut sangat penting diperhatikan agar surat bisa dibuat secara baik dan mudah untuk dipahami penerima.

Oleh karena itu, selain melihat contoh surat pemberitahuan pindah Anda juga sebaiknya memahami tentang format dari surat tersebut. Nah, untuk mengetahui format suratnya, simaklah pada penjelasan lengkapnya sebagai berikut.

1. Bagian Kop Surat

Format yang pertama wajib ada dalam penulisan surat pemberitahuan adalah bagian kop surat. Kop surat ini merupakan format surat yang cukup penting diperhatikan pada saat Anda hendak membuat surat pemberitahuan untuk keperluan apapun itu.

Kop surat ini biasanya merupakan informasi tentang lembaga ataupun perusahaan pengirim surat. Kop surat dapat juga diberikan logo atau lambang dari instansi pihak pengirim sebagai identitas.

Penempatan kop surat ini ada pada bagian surat paling atas. Sementara untuk penulisannya, umumnya diikuti dengan alamat dan berbagai informasi lain terkait pengirim surat seperti nomor telepon, email, dan kontak lainnya.

2. Tujuan Pengiriman Surat

Selanjutnya, format yang terdapat pada contoh surat pemberitahuan pindah alamat sebelumnya adalah tujuan pengiriman surat. Dalam hal ini, tujuan pengiriman atau penerima surat adalah perorangan, organisasi, serta lembaga.

Khusus untuk penerima perorangan, tentunya terdapat perbedaan dengan penerima dari lembaga atau organisasi. Perbedaannya adalah, untuk perorangan nama dan alamat tujuan dituliskan pada bagian kiri badan surat.

Hal yang perlu diperhatikan adalah penulisan nama dan alamat tujuan harus benar supaya tidak ada kesalahan informasi yang terjadi. Jadi, baik pengirim ataupun penerima semuanya dicantumkan informasinya secara jelas di dalam surat.

3. Isi Surat

Setelah menuliskan nama tujuan beserta dengan alamatnya, Anda dapat lanjut untuk membuat isi atau inti suratnya. Dalam penulisan isi surat, Anda harus menyampaikannya dengan jelas, lugas, dan tidak berbelit-belit bahasanya.

Hal itu dilakukan agar informasi yang ingin disampaikan dapat dipahami dengan baik oleh pihak penerima. Bahkan, untuk jenis surat pemberitahuan yang kompleks, penulisan isi surat lebih baik dilakukan dengan ringkas dan juga singkat.

Pada bagian isi surat ini, sampaikanlah inti dari tujuan dan informasi pemberitahuan yang diinginkan. Misalkan saja pada contoh surat pemberitahuan pindah di atas, inti suratnya adalah memberitahukan bahwa terdapat perpindahan lokasi kantor.

Sementara apabila pada surat membutuhkan tambahan keterangan dan informasi lainnya yang perlu disampaikan, maka bisa diberikan di lampiran. Dengan begitu, isi surat tidak memuat informasi pemberitahuan yang terlalu panjang.

4. Penutup dan Tanda Tangan

Format yang terakhir untuk penulisan surat pemberitahuan adalah penutup dan juga tanda tangan. Tanda tangan diberikan pada surat ini sebagai bentuk identifikasi pada penanggung jawab pembuatan surat pemberitahuan.

Pihak yang memberikan tanda tangan tersebut mempunyai tanggung jawab untuk memastikan jika surat yang dibuat adalah benar sesuai fakta. Umumnya, surat pemberitahuan ditandatangani oleh pemilik perusahaan ataupun pihak terkait lainnya.

Dengan memperhatikan berbagai macam format dan juga contoh surat pemberitahuan pindah di atas, tentunya akan memudahkan Anda dalam pembuatannya. Jangan lupa juga sesuaikan gaya bahasa dengan jenis surat pemberitahuan yang dibuat.

Seperti itulah tadi informasi tentang contoh surat pemberitahuan pindah yang dapat Anda coba buat. Dengan menggunakan contoh tersebut, Anda kemudian bisa untuk membuat surat pemberitahuan sendiri sesuai dengan baik dan benar.

Share:

Tinggalkan komentar