15 Contoh Surat Pembaca Terbaru dan Paling Lengkap - Contoh Surat Resmi
Connect with us

Contoh Surat

15 Contoh Surat Pembaca Terbaru dan Paling Lengkap

Contoh Surat Pembaca – Walaupun sudah semakin jarang dipergunakan untuk komunikasi pribadi atau perseorangan, namun penggunaan surat masih terbilang banyak sekarang ini. Memang harus diakui kalau kebanyakan surat yang digunakan sekarang ini merupakan surat resmi yang diterbitkan oleh perusahaan, instansi pemerintahan, lembaga, organisasi dan kelompok lainnnya.

Nah, salah satu contoh surat yang mungkin masih sering kita temui adalah surat pembaca. Surat pembaca ini biasanya diterbitkan di surat kabar, di majalah dinding sekolah, dan beberapa tempat atau media terbuka lainnya. Jadi, surat pembaca ini ditujukan untuk dibaca oleh khayalak ramai, bukan hanya untuk satu atau dua orang saja.

Namun tentu saja tujuan atau sasaran dari surat pembaca tersebut ada, seperti surat pembaca kepada lembaga, pemerintah, perusahaan, kantor, perorangan, kelompok, sekolah maupun organisasi. Dikarenakan memiliki sifat terbuka, maka surat pembaca memang tidak menjadi masalah diperlihatkan kepada khalayak ramai dan umum.

Contoh Surat Pembaca

Contoh dan isi dari surat pembaca sangat beragam, mulai dari surat pembaca yang berisikan kritik, keluhan, bermotif saran, bermotif pujian, ataupun surat pembaca yang hanya semata – mata sekedar memberitahukan sesuatu hal mengenai sebuah keadaan.

Nah, bagi anda yang ingin membuat surat pembaca tidak perlu khawatir, karena menulis surat pembaca tidaklah begitu susah. Berikut adalah beberapa contoh surat pembaca yang bisa anda jadikan bahan referensi.

1. Contoh Surat Pembaca Bermotif Informasi Untuk Sekolah

Salah satu contoh dari surat pembaca di lingkungan sekolah yang mungkin sering anda temui adalah surat pembaca mengenai sebuah informasi. Surat pembaca seperti ini memberikan informasi mengenai sesuatu hal untuk diketahui oleh guru – guru, kepala sekolah, begitu juga dengan para siswa – siswi yang berada di sekolah tersebut.

Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Kepada yang terhormat bapak Kepala Sekolah SMP Negeri 41 Dupak

Kami selaku OSIS mendapat tawaran dari Toko Alat Tulis Bima yang baru dibuka seminggu lalu di dekat sekolah. Penawarannya adalah tiap siswa kelas IX SMP Negeri 41 Dupak bisa mendapatkan 2 buku catatan dan satu set alat tulis secara gratis hanya dengan menyertakan fotocopy kartu pelajar sebagai bukti bahwa murid benar kelas IX dari SMP Negeri 41 Dupak. Promo ini diadakan dalam rangka menyambut ujian nasional yang tinggal tiga bulan lagi.

Jika bapak menyetujui penawaran ini, kami akan segera buat surat resminya. Setelah itu baru informasi ini bisa kami sebarkan ke murid-murid kelas IX. Kami mohon dengan hormat agar bapak memberi jawaban secepatnya, karena pihak Toko Alat Tulis Bima hanya memberikan waktu hingga tanggal 14 November 2016 atau lima hari dari surat ini dibuat untuk mendapatkan jawabannya.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan.

Terimakasih atas waktu dan perhatiannya.

Wassalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Ketua OSIS SMP Negeri 41 Dupak,

 

Anton Jaya

2. Contoh Surat Pembaca Keluhan di Lingkungan Sekolah

Jika anda masih merupakan seorang pelajar SMP atau SMA sederajat, maka mungkin ada banyak keluhan yang anda rasakan di dalam sekolah tersebut. Mungkin masih banyak hal – hal yang harus dibenahi dan lebih diperhatikan oleh pihak sekolah, terlebih oleh kepala sekolah. Jika memang demikian, maka anda bisa membuat surat pembaca seperti salah satu contoh di bawah ini.

Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Kepada yang terhormat bapak Kepala Sekolah SMP Negeri 1 Magetan

Beberapa hari ini terjadi hujan deras terus menerus di Magetan. Selokan sekolah tidak kuat menampung dan mengalirkan air hujan karena volume air yang meningkat drastis. Hal ini menyebabkan banjir di sekolah, khususnya di wilayah kelas 7A sampai 7E.

Banjir yang terjadi menyebabkan para murid kesulitan saat menuju kelasnya masing-masing, begitu juga guru yang hendak mengajar di kelas 7A sampai 7E. Genangan juga terjadi di sekitar kantin, membuat aktivitas murid ketika istirahat terganggu. Genangan yang tak kunjung surut ini membuat lantai sekolah menjadi kotor karena air hujan becampur dengan tanah.

Menurut pengamatan kami, selain volume air yang meningkat drastis, banyaknya sampah di selokan juga merupakan faktor yang menyebabkan banjir. Menumpuknya sampah di selokan menggambarkan kesadaran para siswa dan siswi akan kebersihan masih rendah.

Kami berharap sekiranya bapak Kepala Sekolah berkenan untuk menghimbau semua siswa untuk melaksanakan kerja bakti pembersihan selokan, mengingat keadaan sudah mendesak. Kami juga berharap agar peraturan sekolah terkait pembuangan sampah secara sembarangan lebih dipertegas lagi.

Hal ini bertujuan agar semua siswa dan siswi lebih berhati-hati dalam bertindak dan timbul kesadaran untuk menjaga lingkungan. Terutama setelah kami semua mengalami salah satu dampak negatif dari membuang sampah sembarangan, yaitu banjir.

Wassalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Hormat Saya,

 

Anton Jaya

3. Contoh Surat Pembaca Kritikan Untuk Sekolah

Surat pembaca berupa kritikan biasanya datang ketika anda merasa dirugikan ataupun merasa terganggu dengan sesuatu hal yang tidak anda sukai. Kendati demikian, anda tidak bisa melampiaskan semua kekesalan anda, namun haruslah memiliki dasar dan alasan dari kekesalan yang anda rasakan. Untuk itu, anda bisa menulis surat pembaca untuk dibaca oleh khalayak ramai.

Yth, Kepala Sekolah SMK Negeri 19 Malang

Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Saya selaku pemilik Katering Sedap Selalu mengaku kecewa terhadap penyelenggaran pentas seni SMK Negeri 19 Malang yang berlangsung kemaren. 2 bulan sebelum acara, saya menyetujui proposal sponsor yang diberikan oleh beberapa orang anggota OSIS SMK Negeri 19 Malang.

Dalam proposal saya diberi penawaran untuk menyiapkan katering kue kering sebanyak 1000 buah dan berhak memasang banner bertuliskan nama katering saya di dekat panggung musik. Namun kemaren, salah satu karyawan saya yang memeriksa tidak menemukan adanya banner yang dijanjikan.

Karyawan saya mencoba meminta penjelasan namun tidak menemui titik terang karena diberikan alasan yang berbelit-belit, mulai dari “nanti akan dipasang”, “tidak ada perintah pemasangan dari ketua panitia acara”, dll.

Saya mohon kejelasan langsung dari bapak kepala sekolah selaku penanggung jawab acara pensi. Saya siap bila diundang untuk bertemu bapak dan panitia penyelenggara.

Demikian kekecewaan yang bisa saya sampaikan, semoga segera mendapat tanggapan dan masalah ini bisa diselesaikan secara baik-baik.

Akhir kata, terimakasih.

Wassalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

Hormat Saya,

 

Anton Jaya

4. Contoh Surat Pembaca di Sekolah Bermotif Pujian

Ketika anda merasa mendapatkan sesuatu hal perubahan yang lebih bermanfaat dan lebih bijaksana, maka sudah sepantasnya kita bersenang dan bergembira akan hal tersebut. Tidak sedikit orang juga yang akan memuji aktor di balik perubahan baik tersebut. Untuk itu, anda sebagai seorang siswa bisa menulis surat pembaca bermotif pujian.

Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Kepada yang terhormat bapak Kepala Sekolah SMK Negeri 59 Jaranan

Selamat atas terpilihnya Bapak Arisyandi sebagai kepala sekolah kami yang baru. Jujur, dua bulan setelah kepemimpinan bapak ada perubahan yang dirasakan anak-anak kami.

Saya sangat senang ketika bapak menetapkan peraturan baru yaitu adanya kegiatan mengaji Al-Qur’an bersama tiap pagi selama 15 menit dan diharuskannya semua murid yang beragama Islam untuk melaksanakan Sholat Dhuha. Selain itu ada pula peraturan yang mewajibkan siswa minimal seminggu sekali untuk membaca di perpustakaan.

Tiga peraturan baru ini memberi dampak yang positif bagi anak-anak kami, sehingga mereka tidak hanya mengejar ilmu dunia namun juga ibadah untuk di akhirat kelak.

Semoga program ini dapat berlangsung terus, dan bapak bisa menetapkan kebijakan-kebijakan baru lainnya yang inovatif dan baik.

Sekian surat dari kami, sekali lagi kami ucapkan terimakasih yang sebesar-besarnya. Semoga bapak sehat selalu.

Wassalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Hormat Saya,
Orang Tua Siswa,

 

Anton Jaya

5. Contoh Surat Pembaca Bermotif Saran Untuk Lingkungan Sekolah

Untuk membuat perubahan atau hal – hal yang bersifat membangun tentu dibutuhkan masukan dari banyak pihak, termasuk untuk sekolah. Anda sebagai siswa bisa memberikan saran agar lebih baik mengenai sesuatu hal di sekolah, seperti konsep perayaan Hari Ulang Tahun sekolah. Jika anda memiliki saran untuk perayaan tersebut, maka anda bisa menulis surat pembaca seperti salah satu contoh di bawah ini.

Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Kepada yang terhormat bapak Kepala Sekolah SMA Negeri 144 Kawedanan

Dua bulan lagi SMA Negeri 144 Kawedanan akan mengadakan ulang tahun yang ke 32. Menurut saya sekolah perlu mencoba merayakan ulang tahun dengan cara yang berbeda. Sebab, beberapa tahun ini kegiatan ulang tahun selalu diisi dengan acara pentas seni dan musik.

Saya memiliki saran agar sekolah mengadakan acara bakti sosial ke panti-panti asuhan sebagai bentuk perayaan ulang tahun. Mengingat jumlah murid di SMA Negeri 144 Kawedanan berjumlah 532 orang yang terbagi dalam 15 kelas, lebih baik jika acara berlangsung di beberapa panti asuhan sekaligus.

Tiap 3 kelas mengunjungi 1 panti asuhan. Sehingga murid-murid mempunya pengalaman langsung bertemu dengan anak-anak di panti asuhan, tidak hanya menyumbang saja. Di panti asuhan murid-murid menyelenggarakan acara makan bersama dan games sederhana untuk menghibur anak-anak yang ada. Tak lupa acara doa bersama untuk mendoakan kebaikan sekolah sekaligus berdoa agar murid-murid kelas 12 dilancarkan saat ujian nasional.

Demikian saran yang bisa saya utarakan terkait inovasi dalam acara ulang tahun sekolah. Terimakasih untuk waktunya. Semoga menjadi bahan pertimbangan di rapat rutin antara kepala sekolah dan OSIS selanjutnya.

Wassalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

Hormat Saya,

 

Intan Permatasari

6. Contoh Surat Pembaca Mengenai Kebersihan Toilet Sekolah

Toilet sekolah tentu sangat penting untuk dijaga kebersihannya dan beberapa alat kebersihan di dalamnya. Namun tidak sedikit sekolah sekarang ini yang seakan tidak begitu peduli dengan toilet siswa, baik itu karena kotor, air keran yang tidak mengalir dengan baik, dan juga peralatan kebersihan toilet yang kurang memadai. Untuk itu, anda bisa menulis surat pembaca dan menyampaikan hal tersebut kepada pihak sekolah.

Yth. Kepala SMP Harapan Jaya

Banyak siswa siswi SMP Harapan Jaya, termasuk saya, yang mengeluh soal kebersihan toilet sekolah. Ada beberapa toilet yang terjaga kebersihannya, ada juga yang tidak. Air keran yang tidak mengalir, bau tidak sedap, fentilasi udara yang kurang sehingga toilet menjadi pengap, ketidaktersediaan sabun, ember yang kotor sehingga airnya juga kotor. Terkadang juga ada ember atau gayung yang pecah sehingga kami kewalahan untuk mengambil dan mengisi air. Itu merupakan beberapa masalah yang sering membuat kami mengeluh.

Menurut saya, perlu ada sedikit perbaikan pada toilet sekolah agar kami yang menggunakan dapat merasa nyaman dan tidak mengeluh lagi. Sebaiknya fentilasi udara ditambah agar sirkulasi udara tetap lancar dan toilet tidak terlalu gelap. Jika perlu, disetiap toliet juga ditambahkan tempat cuci tangan dan tentunya disediakan sabun. Siswa siswi SMP Harapan Bangsa juga perlu diberi penyuluhan tentang kebersihan toilet agar lebih disiplin lagi dalam menggunakannya.

Demikian saran dari saya, semoga bapak berkenan untuk mempertimbangkan hal tersebut. Sekian dan terimakasih.

Hormat Saya,

 

Anton Jaya

7. Contoh Surat Pembaca Mengenai Alat Kebersihan Sekolah

Untuk bisa belajar dengan nyaman dan tenang, tentu dibutuhkan ruangan yang bersih dan rapi. Untuk membersihkan ruangan kelas, maka alat – alat kebersihan ruangan tentu sudah menjadi hal yang wajib bagi setiap kelas. Namun tidak sedikit kasus dimana terdapat peralatan kebersihan yang kurang memadai di setiap kelas, sehingga petugas piket akan kewalahan dalam membersihkan kelas masing – masing.

Yth. Kepala SMP Harapan Bangsa

Disetiap kelas terdapat alat untuk membersihkan kelas, seperti sapu dan kain pel. Tetapi alat-alat tersebut sering hilang begitu saja. Terkadang ada juga siswa/i kelas lain yang meminjam sapu ataupun kain pel namun tidak dikembalikan lagi ke kelas tersebut. Hal tersebut dapat membuat siswa kewalahan untuk melaksanakan piket. Banyak juga siswa yang mengeluh atas ketidaknyamanan itu.

Saran saya, sapu maupun kain pel milik setiap kelas diberi nama kelas tersebut agar mempermudah siswa/i mencarinya. Mereka yang tidak mengembalikannya lagi juga perlu diberi peringatan agar selanjutnya jika meminjam alat kebersihan tidak lupa untuk mengembalikan. Hal itu semata-mata juga mengajarkan siswa untuk selalu bertanggung jawab atas apa yang mereka perbuat dan dapat lebih disiplin lagi.

Demikian saran yang saya sampaikan kepada bapak, mohon maaf jika terdapat salah kata. Sekian dan terimakasih.

Hormat Saya,

 

Intan Permatasari

8.Contoh Surat Pembaca Mengenai Kantin Sekolah

Pada setiap sekolah tentu sudah hal biasa kalau kita menemukan kantin sekolah. Setiap jam istirahat tiba, maka tujuan utama dari para siswa adalah biasanya kantin. Untuk itu, kantin perlu dijaga kebersihannya dan tempat yang harus memadai juga demi menampung semua siswa. Namun jika kantin yang ada hanya kecil, maka anda bisa menyarankan untuk membuat kantin lain dengan menulis surat pembaca.

Yang terhormat,
Kepala Sekolah SMP Negeri 1 Pati,

Melalui surat pembaca ini, saya ingin berkomentar tentang kantin yang ada di sekolah saya, SMP Negeri 1 Pati. Selama ini saya melihat bahwa kebersihan kantin masih kurang. Itu terlihat dari banyaknya sampah yang berserakan di sekitar kantin. Lokasi kantin juga terlalu sempit. Jajanannya juga kurang bervariasi. Jika waktunya jam istirahat, kantin berubah menjadi seperti pasar malam yang orang-orangnya berdesakan satu sama lain. Itu disebabkan oleh jalan menuju ke kantin sangat sempit. Apabila saya sedang membeli makanan di kantin, rasanya seperti kekurangan oksigen. Hawa di dalam kantin sangatlah pengap dan panas. Oleh sebab itu, saya meminta kepada pihak sekolah untuk merombak ulang kantin sekolah.

Saya ingin kantin di SMP Negeri 1 Pati diperbanyak jumlahnya. Makanan dan minuman diusahakan menjual produk yang sehat (misal lebih banyak menjual nasi beserta lauk-pauknya). Supaya terlihat lebih bersih, lebih baik tempat sampah di kantin diperjelas dan diperbanyak. Supaya kantin di sekolah lebih menarik, tolong diadakanlah lomba menghias kantin dan interiornya pula. Dan agar pembeli menjadi lebih nyaman, tempat duduk di kantin untuk bisa ditambah jumlahnya. Dan lebih bagus lagi jika kantin diberi pengharum ruangan. Kami berharap yang terbaik untuk sekolah kami terutama kantin kami. Semoga pihak sekolah bisa membantu kami agar kami lebih nyaman untuk menikmati waktu istirahat kami. Kepada Jawa Possaya mengucapkan terima kasih atas dimuatnya surat pembaca ini.

Hormat Saya,

 

Anton Jaya

9. Contoh Surat Pembaca Mengenai Mushola Sekolah yang Kurang Memadai

Bagi sekolah yang memiliki siswa dengan mayoritas beragama muslim, sudah sepatutnya mendirikan sebuah mushola untuk melaksanakan sholat bagi para siswa. Namun tidak jarang mushola sekolah yang tersedia kurang begitu memadai dan terkesan asal ada saja. Untuk itu, anda bisa menuliskan beberapa saran dengan cara menulis surat pembaca seperti di bawah ini.

Yth. Kepala Sekolah SMPN 1 Cileungsi,

Assalamualaikum Wr. Wb.

Mushola merupakan salah satu tempat penting & pasti dimiliki oleh setiap sekolah umum. Pada Senin, 1 April 2018 saya ke mushola, ternyata banyak fasilitas yang kurang memadai di mushola sekolah kita ini diantaranya genteng bocor yang mengakibatkan pada saat hujan kaki kita basah bahkan terpeleset saat memasuki mushola, hal ini tentunya sangat membahayakan warga sekolah yang ingin memasuki mushola. Kemudian air yang kadang – kadang macet/tidak keluar. Juga mukena yang kotor & bau, saya sendiri pun terkadang enggan memakai mukena yang kotor & bau, sehingga harus membawa mukena dari rumah.

Maka dari itu saya harapkan pihak sekolah dapat mengerti akan hal – hal tersebut. Serta segera memperbaiki kekurangan – kekurangan tersebut agar lingkungan sekolah kita menjadi lebih baik.

Terimakasih atas perhatiannya,

Wassalamualaikum Wr. Wb.

Hormat Saya,

 

Intan Permatasari

10. Contoh Surat Pembaca Mengenai Ketertiban Siswa

Siswa bersifat nakal itu sudah biasa, namun tentu sudah tidak bisa ditolerir kalau sampai meresahkan para siswa atau kelas lain. Untuk itu, dibutuhkan kesadaran dari diri masing – masing untuk menjaga ketertiban. Namun jika para siswa tidak bisa juga sadar diri, maka anda bisa menulis surat pembaca dan berharap agar pihak sekolah bisa memberikan sanksi kepada para siswa  yang tidak bisa tertib setiap harinya.

Yth, Kepala SMP Negeri 1 Ajibarang

SMP Negeri 1 Ajibarang merupakan sekolah favorit di kawasan Banyumas dengan prestasi yang membanggakan. Namun, ketertiban di sekolah ini masih perlu ditingkatkan karena selama ini banyak siswa yang melanggar tata tertib: terlambat, tidak menggunakan dasi, baju tidak dimasukan, mengenakan kaos kaki yang pendek, dan memakai sepatu tidak sesuai. Tidak hanya itu, dalam waktu KBM masih ada siswa yang menggunakan HP untuk hal-hal yang tidak penting. Ada juga siswa yang usil melempar sampah ke kelas lain.

Kami harap pihak sekolah lebih tegas dalam menerapkan tata tertib sehingga ketertiban sekolah terjaga. Para siswa diharapkan mematuhi peraturan yang ditetapkan oleh sekolah dengan penuh kesadaran.

Hormat Saya,

 

Intan Permatasari

11. Contoh Surat Pembaca Mengenai Lingkugan Sekolah yang Kotor

Mungkin banyak di antara anda yang memiliki lingkungan sekolah kurang bersih dan kotor. Hal ini tentu saja merupakan tanggung jawab dari siswa untuk membersihkan lingkungan sekolah. Namun seringkali para petugas piket kebersihan tidak begitu peduli akan tugas masing – masing. Untuk itu, anda bisa menulis surat pembaca mengenai lingkungan sekolah yang kotor dan kurang terjaga.

Sudah satu bulan yang lalu saya memperhatikan banyak sampah yang dibuang tidak pada tempatnya. Banyak sudut sekolah yang terlihat kotor. Selain itu, setiap kali hujan datang selokan depan sekolah selalu saja mampet dan menimbulkan genangan air.

Meski pernah melakukan gotong royong bersama membersihkan sekolah, namun kegiatan itu hanya berlangsung sekali dalam beberapa bulan sehinga tidak berdampak panjang. Musim hujan kali ini menyebabkan genangan air yang lebih besar lagi dari sbeelumnya. Akibatnya, kegiatan pembelajaran menjadi tidak nyaman dan lingkungan sekolah menjadi tidak bersih.

Sebagai salah satu siswi SMP Berkarakter Bandar lampung, saya mengajak teman-teman dan juga keterlibatan bapak dan ibu serta warga sekolah untuk bekerja bakti membersihkan selokan dan lingkungan sekolah kita. Saya berharap kegiatan ini menjadi kegiatan rutin sekolah yang berlangsung setiap hari Jumat pagi.

Selain itu, saya juga berharap usulan saya ini mendapat tanggapan yang positif dari teman-teman, guru, maupun semua warga sekolah. Tidak hanya agar udara dan lingkungan sekolah menjadi lebih nyaman, segar, dan bersih, tetapi juga untuk kenyamanan belajar kita di sekolah. Sudah saatnya mewujudkan dengan nyata bahwa kebersihan itu adalah sebagian dari iman.

Hormat Saya,

 

Intan Permatasari

12. Contoh Surat Pembaca Mengenai Perekonomian Indonesia

Melihat perekonomian Indonesia sekarang ini, mungkin banyak di antara kita yang sedih dan sebagai negara yang kaya raya akan alam tidak pantas memiliki perekonomian seperti ini. Maka tidak heran kalau banyak orang yang mengeluhkan lemahnya ekonomi Indonesia saat ini. Anda juga bisa mengutarakan hal tersebut dengan cara membuat surat pembaca seperti di bawah ini.

Assalamualaikum, wr. wb.

Setiap negara pasti memiliki kebijakan yang tujuannya untuk membuat perekonomian menjadi kuat dan nantinya akan menjadikan setiap negara itu menjadi negara yang maju, berkembang, dan pastinya bebas dari hutang negara. Penggunaan uang negara haruslah jelas dan transparan agar masyarakat pun mengerti untuk apa mereka membayar pajak dan digunakan untuk apa saja pendapatan tersebut. Namun, itu mimpi kita dulu. Karena kini negara Indonesia justru terjerat banyak kasus korupsi dijajaran pemerintahannya. Sangat disayangkan memang jika DPR (Dewan Perwakilan Rakyat) justru terlibat kasus korupsi.

Jika kita mundur sejenak di tahun 1951-1956 memang sudah ada dugaan bahwa terdapat korupsi di pemerintahan setelah berakhirnya masa orde baru. Hal itu dikarenakan banyak jurnalis yang akhirnya lebih berani menulis dan membritakan berbagai isu yang terjadi baik dipemerintahan maupun lingkungan masyarakat, termasuk kasus korupsi.

Kasus korupsi jika tidak ditanggulagi akan menjadi seperti sisi mata koin dengan perkembangan ekonomi negara dalam hal ini Indonesia. Ditakutkan, jika tingkat ekonomi yang tinggi maka tingkat korupsipun akan meningkat. Untuk menyingkapi kasus korupsi yang semakin merajalela adalah benar tindakan pemerintah yang membentuk suatu lembaga yang bertujuan untuk membongkar semua hal yang berkaitan dengan korupsi. KPK adalah Komisi Pemberantasan Korupsi yang telah membantu dalam membongkar berbagai kasus korupsi di negara Indonesia. Pasca terbentuknya KPK banyak kasus korupsi yang dilakukan baik dari kalangan perusahaan yang berkaitan dengan pemerintahan juga dalam pemerintahan itu sendiri.

Selain itu, masyarakat juga harus memberikan bantuan baik langsung mengamati tingkah laku anggota pemerintahan atau hanya berani melaporkan jika ada di lingkungan sekitar yang terindikasi tindakan korupsi. Pemerintah, kepolisian, dan masyarakat  harus berani berkomitmen dalam memberatas tindakan korupsi agar tidak merugikan negara lebih banyak lagi.

Jika komitmen itu dijalankan dengan baik, maka ekonomi negara tidak akan bersanding lekat seperti mata koin dengan korupsi. Negara bebas korupsi itulah Indonesia.

Wassalamualaikum, wr. wb.

Hormat Saya,

 

Anton Jaya

13. Contoh Surat Pembaca Mengenai Pelayanan Sebuah Bank

Anda tentu sudah tidak asing lagi dengan bank – bank besar di Indonesia. Ada banyak orang, bahkan hampir semua memiliki rekening masing – masing di bank yang ada di Indonesia. Sebagian lainnya juga merupakan pemilik kartu kredit. Namun sebagai bank, tidak selamanya bank memberikan pelayanan yang memuaskan bagi para nasabahnya. Untuk itu, anda bisa menulis surat pembaca seperti di bawah ini.

Saya pemegang kartu Mandiri dengan nomor kartu 4137190304995***. Saya sangat kecewa sekali dengan layanan Bank Mandiri. Khususnya di bagian kurir. Dikarenakan tanggal 15 Januari 2016 kartu sudah dikirim ke alamat kantor saya

Namun anehnya tanggal 23 Januari 2016 kartu diretur dengan alasan saya sudah resign. Dan saya tidak dikenal namanya. Ini yang tidak bisa mencari kurirnya ataukah memang sengaja tidak dicari saya? Sudah tanyakan ke pada rekan saya yang di kantor. Dan informasi yang saya dapat ternyata memang tidak ada kartu datang ke kantor atas nama saya.

Kemudian tanggal 30 saya mencoba untuk menanyakan ke card centre cabang Surabaya dan diinformasikan sama. Lalu saya menungu dan menunggu tanggal 13 Februari 2016 saya menghubungi Mandiri call untuk perihal kartu saya yang belum saya terima ini kelanjutanya bagaimana. Malah saya disuruh buat suart kuasa jika meninggalkan kantor. Ini tidak efesien. Karena kartu saja belum saya terima. Ini bagaimana kelanjutannya kartu saya.

Mudah-mudahan dengan adanya surat yang saya kirim ke Kompas.com saya mendapatkan informasi yang detail mengenai posisi kartu saya. Terima kasih, Kompas.com sudah menayangkan keluhan saya.

Hormat Saya,

 

Anton Jaya

14. Contoh Surat Pembaca Mengenai Layanan Publik

Ada banyak layanan publik yang bisa kita pergunakan setiap harinya, salah satunya adalah kereta api. Anda mungkin sedang ingiin bepergian dengan naik kereta api, namun mendapatkan pelayanan yang kurang memuaskan, seperti keterlamabatan keberangkatan, atau dikarenakan hal lainnya.

Kereta Api yang Menunda Keberangkatan Sangat Lama

Pada tanggal 1 April 2018 yang lalu, saya hendak pergi ke kota Sukakopi dengan menggunakan kereta api. Saya memutuskan untuk berangkat dari stasiun kereta api yang paling dekat dengan rumah saya, yaitu stasiun kereta api Sukasuka. Saya tiba di stasiun Sukasuka pada pukul 08.00 pagi, satu jam sebelum keberangkatan. Pada saat itu situasi cukup ramai, namun tidak sampai berdsak-desakan. Saya mengantri tiket selama 15 menit kemudian saya bersiap-siap masuk ke dalam kereta.

Setelah saya duduk di dalam kereta, saya sibuk membaca koran hingga saya melihat jam tangan saya tepat menunjukkan pukul 09.00, waktunya kereta berangkat ke kota tujuan. Namun, hingga pukul 09.15, kereta tidak juga berjalan, tidak ada pula pemberitahuan tentang penundaan keberangkatan, tidak ada juga pegawai atau petugas yang hadir di dalam gerbong kereta. Hingga pukul 10.00, keadaan belum juga berubah. Penumpang yang lainnya tampak santai-santai saja menghadapi penundaan keberagkatan yang tidak ada kejelasannya tersebut. Saya berusaha mencari petugas di dalam kereta. Yang saya temui hanyalah petugas kebersihan. Ketika saya tanyai, ia menjawab bahwa penundaan tersebut sudah sering kali terjadi, sehingga penumpang yang lain tidak akan panik. Hal tersebut tentu sangat merugikan, apalagi tidak ada satupun pengumuman yang diberikan pada penumpang. Pada pukul 10.10 barulah kereta berangkat.

Kejadian tersebut membuat saya terlambat 1 jam 30 menit dalam menghadiri rapat kantor. Selain itu, saya juga menjadi enggan untuk naik kereta dari stasiun kereta Sukasuka lagi. Pelayanan tersebut sangat mengecewakan, apalagi hal tersebut menyangkut waktu keberangkatan yang molor sangat lama dari jadwal seharusnya. Saya berharap pihak pemerintah dapat menertibkan permasalahan tersebut mengingat bahwa stasiun Sukasuka adalah stasiun kereta api yang berada dalam naungan pemerintah.

Hormat Saya,

 

Anton Jaya

15. Contoh Surat Pembaca Mengenai Layanan Rumah Sakit

Tidak sedikit masyarakat yang mengeluhkan akan pelayanan sebagian rumah sakit di negara kita ini. Ada yang mengeluhkan lambannya pihak rumah sakit dalam menangani pasien, dan ada juga beberapa orang yang mengeluhkan kalau pihak rumah sakit tidak mau memeriksa pasien sebelum menyelesaikan administrasi, sementara pasien sudah sangat butuh pertolongan. Untuk itu, anda bisa menulis surat pembaca jika mendapatkan pelayanan yang kurang memuaskan dari rumah sakit.

Pelayanan Rumah Sakit Daerah yang Lamban

Seminggu yang lalu, tepatnya pada tanggal 6 Februari 2016, saya mengantarkan nenek saya yang sakit karena jatuh di kamar mandi ke rumah sakit daerah Tulung Menulung. Ketika sampai di rumah sakit dan turun dari ambulans, saya sangat kecewa dengan pelayanan umah sakit daerah tersebut. Saat itu, tidak ada satupun petugas rumah sakit ataupun perawat yang mengambil tindakan untuk membawa nenek saya ke unit gawat darurat. Setelah turun dari ambulans, saya dan nenek saya dibiarkan di pinggir pintu masuk. Akhirnya saya berlari ke dalam rumah sakit untuk meminta bantuan petugas atau perawat yang ada.

Setelah bertemu dengan salah satu perawat, tak ada yang perduli. Mereka bersikap acuh tak acuh ketika saya mengajar berbicara dan meminta tolong. Mereka justru pergi begitu saja dengan alasan sedang sangat sibuk mengurusi pasien lain. Keadaan tersebut sangat memprihantikan. Saya yang kebingungan akhirnya kembali menemui nenek saya yang masih terlantar di luar. Saya berteriak pada satpam yang sedang membantu kendaraan parkir di dalam area rumah sakit untuk membawa nenek saya ke unit gawat darurat. Untungnya satpam tersebut bersedia dan langsung bergegas membantu. Sesampai di dalam unit gawat darurat, barulah nenek saya ditangani.

Peristiwa tersebut sangat mengecewakan masyarakat kecil seperti saya ini. Bersyukurnya nenek saya yang dalam keadaan kesakitan saat itu masih tertolong. Saya berharap pemerintah dapat membenahi dan menegur pihak rumah sakit daerah Tulung Menulung mengingat bahwa pelayanan buruk tersebut dapat membahayakan nyawapasien yang mengalaminya.

Hormat Saya,

 

Intan Permatasari

Kesimpulan Dan Pentingnya Surat Pembaca

Pengguaan surat pribadi memang sudah semakin menipis, namun tidak demikian dengan penggunaan surat pembaca. Hal ini bisa kita buktikan dari banyaknya surat pembaca yang terbit di dalam surat kabar setiap harinya. Ada surat pembaca yang berisi keluhan, berisi informasi, berisi kritikan, sampai dengan surat pembaca yang berisi saran.

Surat pembaca memang memiliki peranan yang sangat penting dalam menyerap aspirasi masyarakat. Dengan surat pembaca ini, seseorang tidak harus menyampaikan isi hatinya langsung kepada orang yang dituju, namun cukup dengan mengirimkan surat pembaca ke sebuah media cetak ataupun media lainnya.

Seseoran tidak harus membuang banyak waktu untuk menemui orang yang dituju dari surat pembaca tersebut, namun dia cukup menulis dan menerbitkan surat tersebut pada sebuah surat kabar. Kepraktisan menjadi hal yang paling kita rasakan dalam menulis surat pembaca dan menyampaikan isi hati kepada orang lain.

Selain itu, banyak orang juga yang akan membaca surat pembaca yang anda tulis, padahal anda hanya menulis sekali saja. Maka jika anda memiliki isi hati yang ingin diutarakan kepada orang lain dan bersifat publik, anda bisa menggunakan surat pembaca.

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *