15 Contoh Surat Pembaca Tentang Lingkungan Sekolah - Contoh Surat Resmi
Advertisements
Connect with us

Contoh Surat

15 Contoh Surat Pembaca Tentang Lingkungan Sekolah

Contoh Surat Pembaca Tentang Lingkungan Sekolah – Di tengah perkembangan zaman dan teknologi yang semakin canggih sekarang ini, pengguaan surat juga semakin berkurang. Untuk pengguaan pribadi maupun komunikasi perseorangan, bisa dikatakan kalau surat sudah sangat jarang digunakan.

Namun berbeda dengan perusahaan, instansi pemerintahan, maupun kelompok lainnya yang memang masih sering menggunakan surat resmi. Namun itupun dikarenakan urusan resmi dan harus menggunakan surat. Selain itu, masih ada beberapa jenis dan contoh surat yang masih banyak digunakan hingga saat ini, salah satunya adalah contoh surat pembaca.

Contoh Surat Pembaca Tentang Lingkungan Sekolah

Contoh surat pembaca ini merupakan surat yang ditulis oleh seseorang dan diterbitkan pada sebuah koran atau surat kabar, tabloid, majalah,dan media online. Berbeda dari jenis – jenis surat lainnya, surat ini tidak diberikan langsung atau dikirimkan langsung kepada orang yang dituju, melainkan diterbitkan di media.

Dengan demikian, maka semua orang juga akan bisa melihat dan membaca surat tersebut. Bisa dipastikan juga kalau isi dari surat pembaca adalah bersifat umum atau tidak rahasia. Salah satu contoh yang sering kita temui adalah contoh surat pembaca tentang lingkungan sekolah.

Contoh surat pembaca tentang lingkungan sekolah ini mungkin ditulis oleh seorang siswa, atau pihak lain yang berada di lingkungan sekolah ataupun yang mengetahui mengenai lingkungan sekolah tersebut. Berikut adalah beberapa contoh surat pembaca tentang lingkungan sekolah yang bisa anda contoh.

1. Contoh Surat Pembaca Tentang Lingkungan Sekolah Bermotif Informasi

Seperti yang kita ketahui bersama, salah satu tujuan dari surat adalah untuk memberitahukan informasi. Nah, anda juga bisa memanfaatkan surat pembaca untuk menyampaikan sebauh informasi yang mungkin saja berguna untuk kepentingan sekolah maupun para siswa/i sekolah.

Dupak, 8 April 2018

Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Kepada yang terhormat bapak Kepala Sekolah SMP Negeri 41 Dupak

Kami selaku OSIS mendapat tawaran dari Toko Alat Tulis Bima yang baru dibuka seminggu lalu di dekat sekolah. Penawarannya adalah tiap siswa kelas IX SMP Negeri 41 Dupak bisa mendapatkan 2 buku catatan dan satu set alat tulis secara gratis hanya dengan menyertakan fotocopy kartu pelajar sebagai bukti bahwa murid benar kelas IX dari SMP Negeri 41 Dupak. Promo ini diadakan dalam rangka menyambut ujian nasional yang tinggal tiga bulan lagi.

Jika bapak menyetujui penawaran ini, kami akan segera buat surat resminya. Setelah itu baru informasi ini bisa kami sebarkan ke murid-murid kelas IX. Kami mohon dengan hormat agar bapak memberi jawaban secepatnya, karena pihak Toko Alat Tulis Bima hanya memberikan waktu hingga tanggal 14 November 2016 atau lima hari dari surat ini dibuat untuk mendapatkan jawabannya.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan.

Terimakasih atas waktu dan perhatiannya.

Wassalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Ketua OSIS,

 

Anton Jaya

2. Contoh Surat Pembaca Tentang Lingkugan Sekolah Bermotif Keluhan

Surat pembaca dengan motif keluhan ini ditulis jika seseorang merasa memiliki keluhan terhadap lingkungan sekolah. Mungkin saja itu dikarenakan lingkungan sekolah yang tidak memiliki parit memadai untuk menampung air hujan, sehingga halaman sekolah tergenang air dan mengganggu aktivitas para siswa, seperti salah satu contoh di bawah ini.

Prihatin dengan Keadaan Selokan di Sekolah saat Hujan Deras

Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Kepada yang terhormat bapak Kepala Sekolah SMP Negeri 1 Magetan

Beberapa hari ini terjadi hujan deras terus menerus di Magetan. Selokan sekolah tidak kuat menampung dan mengalirkan air hujan karena volume air yang meningkat drastis. Hal ini menyebabkan banjir di sekolah, khususnya di wilayah kelas 7A sampai 7E.

Banjir yang terjadi menyebabkan para murid kesulitan saat menuju kelasnya masing-masing, begitu juga guru yang hendak mengajar di kelas 7A sampai 7E. Genangan juga terjadi di sekitar kantin, membuat aktivitas murid ketika istirahat terganggu. Genangan yang tak kunjung surut ini membuat lantai sekolah menjadi kotor karena air hujan becampur dengan tanah.

Menurut pengamatan kami, selain volume air yang meningkat drastis, banyaknya sampah di selokan juga merupakan faktor yang menyebabkan banjir. Menumpuknya sampah di selokan menggambarkan kesadaran para siswa dan siswi akan kebersihan masih rendah.

Kami berharap sekiranya bapak Kepala Sekolah berkenan untuk menghimbau semua siswa untuk melaksanakan kerja bakti pembersihan selokan, mengingat keadaan sudah mendesak. Kami juga berharap agar peraturan sekolah terkait pembuangan sampah secara sembarangan lebih dipertegas lagi.

Hal ini bertujuan agar semua siswa dan siswi lebih berhati-hati dalam bertindak dan timbul kesadaran untuk menjaga lingkungan. Terutama setelah kami semua mengalami salah satu dampak negatif dari membuang sampah sembarangan, yaitu banjir.

Wassalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Hormat Saya,

 

Anton Jaya

3. Contoh Surat Pembaca Tentang Lingkungan Sekolah Bermotif Kritikan

Seseorang yang merasa kurang puas atau mendapatkan kebijakan yang kurang menguntungkan dirinya, atau bahkan mungkin tidak sesuai dengan perjanjian, maka tentu dia akan melayangkan pernyataan protes dan kritikan. Surat pembaca dengan motif kritikan ini bisa anda tulis jika anda merasa dirugikan oleh pihak sekolah, seperti pada contoh di bawah ini.

Masalah Banner Katering di Pentas Seni SMK Negeri 19 Malang

Yth, Kepala Sekolah SMK Negeri 19 Malang

Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Saya selaku pemilik Katering Sedap Selalu mengaku kecewa terhadap penyelenggaran pentas seni SMK Negeri 19 Malang yang berlangsung kemaren. 2 bulan sebelum acara, saya menyetujui proposal sponsor yang diberikan oleh beberapa orang anggota OSIS SMK Negeri 19 Malang.

Dalam proposal saya diberi penawaran untuk menyiapkan katering kue kering sebanyak 1000 buah dan berhak memasang banner bertuliskan nama katering saya di dekat panggung musik. Namun kemaren, salah satu karyawan saya yang memeriksa tidak menemukan adanya banner yang dijanjikan.

Karyawan saya mencoba meminta penjelasan namun tidak menemui titik terang karena diberikan alasan yang berbelit-belit, mulai dari “nanti akan dipasang”, “tidak ada perintah pemasangan dari ketua panitia acara”, dll.

Saya mohon kejelasan langsung dari bapak kepala sekolah selaku penanggung jawab acara pensi. Saya siap bila diundang untuk bertemu bapak dan panitia penyelenggara.

Demikian kekecewaan yang bisa saya sampaikan, semoga segera mendapat tanggapan dan masalah ini bisa diselesaikan secara baik-baik.

Akhir kata, terimakasih.

Wassalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Hormat Saya,

Pemilik Katering Sedap Selalu,

 

Anton Jaya

4. Contoh Surat Pembaca Tentang Linkungan Sekolah Bermotif Pujian

Jika anda merasa puas mengenai sesuatu hal, sudah hal yang lazim bagi kita untuk melemparkan pujian kepada orang yang memberikan kepuasan tersebut. Begitu juga dengan lingkungan sekolah, ketika seorang kepala sekolah membuat kebijakan baru yang sangat berguna dan bermanfaat bagi banyak pihak, maka sudah sepantasnya kita memberi pujian kepada kepala sekolah tersebut.

Apresiasi Terhadap Peraturan Baru di Sekolah yang Sangat Bermanfaat Bagi Siswa

Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Kepada yang terhormat bapak Kepala Sekolah SMK Negeri 59 Jaranan

Selamat atas terpilihnya Bapak Arisyandi sebagai kepala sekolah kami yang baru. Jujur, dua bulan setelah kepemimpinan bapak ada perubahan yang dirasakan anak-anak kami.

Saya sangat senang ketika bapak menetapkan peraturan baru yaitu adanya kegiatan mengaji Al-Qur’an bersama tiap pagi selama 15 menit dan diharuskannya semua murid yang beragama Islam untuk melaksanakan Sholat Dhuha. Selain itu ada pula peraturan yang mewajibkan siswa minimal seminggu sekali untuk membaca di perpustakaan.

Tiga peraturan baru ini memberi dampak yang positif bagi anak-anak kami, sehingga mereka tidak hanya mengejar ilmu dunia namun juga ibadah untuk di akhirat kelak.

Semoga program ini dapat berlangsung terus, dan bapak bisa menetapkan kebijakan-kebijakan baru lainnya yang inovatif dan baik.

Sekian surat dari kami, sekali lagi kami ucapkan terimakasih yang sebesar-besarnya. Semoga bapak sehat selalu.

Wassalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Hormat Kami,

Ketua Ikatan Orang Tua Murid Angkatan 2018 – 2019,

 

Anton Jaya

5. Contoh Surat Pembaca Tentang Lingkungan Sekolah Bermotif Saran

Sebagai sebuah lembaga pendidikan, tentu tidak ada sekolah yang sempurna. Jika anda memiliki saran atau ide dalam menyelesaikan suatu permasalahan yang sedang dihadapi oleh sekolah, maka anda bisa menyampaikan saran tersebut. Begitu juga jika anda memiliki saran atau bahan pertimbangan untuk perayaan ulang tahun sekolah.

Perayaan Ulang Tahun Sekolah dengan Acara Sedekah

Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Kepada yang terhormat bapak Kepala Sekolah SMA Negeri 144 Kawedanan

Dua bulan lagi SMA Negeri 144 Kawedanan akan mengadakan ulang tahun yang ke 32. Menurut saya sekolah perlu mencoba merayakan ulang tahun dengan cara yang berbeda. Sebab, beberapa tahun ini kegiatan ulang tahun selalu diisi dengan acara pentas seni dan musik.

Saya memiliki saran agar sekolah mengadakan acara bakti sosial ke panti-panti asuhan sebagai bentuk perayaan ulang tahun. Mengingat jumlah murid di SMA Negeri 144 Kawedanan berjumlah 532 orang yang terbagi dalam 15 kelas, lebih baik jika acara berlangsung di beberapa panti asuhan sekaligus.

Tiap 3 kelas mengunjungi 1 panti asuhan. Sehingga murid-murid mempunya pengalaman langsung bertemu dengan anak-anak di panti asuhan, tidak hanya menyumbang saja. Di panti asuhan murid-murid menyelenggarakan acara makan bersama dan games sederhana untuk menghibur anak-anak yang ada. Tak lupa acara doa bersama untuk mendoakan kebaikan sekolah sekaligus berdoa agar murid-murid kelas 12 dilancarkan saat ujian nasional.

Demikian saran yang bisa saya utarakan terkait inovasi dalam acara ulang tahun sekolah. Terimakasih untuk waktunya. Semoga menjadi bahan pertimbangan di rapat rutin antara kepala sekolah dan OSIS selanjutnya.

Wassalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

 

Hormat Saya,

 

Anton Jaya

6. Contoh Surat Pembaca Tentang Kebersihan Toilet Sekolah

Contoh surat pembaca tentang lingkungan sekolah selanjutnya adalah mengenai kebersihan toilet sekolah. Kebersihan toilet memang seringkali menjadi masalah di berbagai sekolah. Baik itu dikarenakan siswa itu sendiri kurang menjaga kebersihan toilet, atau karena kurangnya peralatan kebersihan toilet, bahkan karena air kran yang tidak berjalan lancar.

Kebersihan Toilet Sekolah SMP Harapan Jaya

Yth. Kepala SMP Harapan Jaya

Banyak siswa siswi SMP Harapan Jaya, termasuk saya, yang mengeluh soal kebersihan toilet sekolah. Ada beberapa toilet yang terjaga kebersihannya, ada juga yang tidak. Air keran yang tidak mengalir, bau tidak sedap, fentilasi udara yang kurang sehingga toilet menjadi pengap, ketidaktersediaan sabun, ember yang kotor sehingga airnya juga kotor. Terkadang juga ada ember atau gayung yang pecah sehingga kami kewalahan untuk mengambil dan mengisi air. Itu merupakan beberapa masalah yang sering membuat kami mengeluh.

Menurut saya, perlu ada sedikit perbaikan pada toilet sekolah agar kami yang menggunakan dapat merasa nyaman dan tidak mengeluh lagi. Sebaiknya fentilasi udara ditambah agar sirkulasi udara tetap lancar dan toilet tidak terlalu gelap. Jika perlu, disetiap toliet juga ditambahkan tempat cuci tangan dan tentunya disediakan sabun. Siswa siswi SMP Harapan Bangsa juga perlu diberi penyuluhan tentang kebersihan toilet agar lebih disiplin lagi dalam menggunakannya.

Demikian saran dari saya, semoga bapak berkenan untuk mempertimbangkan hal tersebut. Sekian dan terimakasih.

Hormat Saya,

 

Intan Permatasari

7. Contoh Surat Pembaca Tentang Peralatan Kebersihan Kelas

Untuk  bisa membersihkan kelas masing – masing, maka setiap kelas di setiap sekolah biasanya akan memiliki peralatan kebersihan masing – masing. Namun seringkali peralatan kebersihan kelas tersebut kurang memadai atau dipinjam oleh kelas lain dan tidak dikembalikan. Akibatnya satu kelas pun tidak bisa membersihkan kelas mereka dengan baik dan sebagaimana mestinya.

Peralatan Kebersihan Kelas SMP Harapan Bangsa

Yth. Kepala SMP Harapan Bangsa

Disetiap kelas terdapat alat untuk membersihkan kelas, seperti sapu dan kain pel. Tetapi alat-alat tersebut sering hilang begitu saja. Terkadang ada juga siswa/i kelas lain yang meminjam sapu ataupun kain pel namun tidak dikembalikan lagi ke kelas tersebut. Hal tersebut dapat membuat siswa kewalahan untuk melaksanakan piket. Banyak juga siswa yang mengeluh atas ketidaknyamanan itu.

Saran saya, sapu maupun kain pel milik setiap kelas diberi nama kelas tersebut agar mempermudah siswa/i mencarinya. Mereka yang tidak mengembalikannya lagi juga perlu diberi peringatan agar selanjutnya jika meminjam alat kebersihan tidak lupa untuk mengembalikan. Hal itu semata-mata juga mengajarkan siswa untuk selalu bertanggung jawab atas apa yang mereka perbuat dan dapat lebih disiplin lagi.

Demikian saran yang saya sampaikan kepada bapak, mohon maaf jika terdapat salah kata. Sekian dan terimakasih.

Hormat Saya,

 

Intan Permatasari

8. Contoh Surat Pembaca Tentang Kantin Sekolah

Bisa dikatakan kalau kantin merupakan surga bagi siswa/i ketika sedang jam istirahat. Ketika jam istirahat tiba, mayoritas siswa akan berebut ke kantin dan hanya sedikit sekali yang tidak ke kantin. Untuk itu, sudah seharusnya kantin sekolah memiliki tampilan yang bagus dan layak untuk ditempati siswa saat beristirahat.

Tampilan Baru untuk Kantin Sekolah

Melalui surat pembaca ini, saya ingin berkomentar tentang kantin yang ada di sekolah saya, SMP Negeri 1 Pati. Selama ini saya melihat bahwa kebersihan kantin masih kurang. Itu terlihat dari banyaknya sampah yang berserakan di sekitar kantin. Lokasi kantin juga terlalu sempit. Jajanannya juga kurang bervariasi.

Jika waktunya jam istirahat, kantin berubah menjadi seperti pasar malam yang orang-orangnya berdesakan satu sama lain. Itu disebabkan oleh jalan menuju ke kantin sangat sempit. Apabila saya sedang membeli makanan di kantin, rasanya seperti kekurangan oksigen. Hawa di dalam kantin sangatlah pengap dan panas. Oleh sebab itu, saya meminta kepada pihak sekolah untuk merombak ulang kantin sekolah.

Saya ingin kantin di SMP Negeri 1 Pati diperbanyak jumlahnya. Makanan dan minuman diusahakan menjual produk yang sehat (misal lebih banyak menjual nasi beserta lauk-pauknya). Supaya terlihat lebih bersih, lebih baik tempat sampah di kantin diperjelas dan diperbanyak.

Supaya kantin di sekolah lebih menarik, tolong diadakanlah lomba menghias kantin dan interiornya pula. Dan agar pembeli menjadi lebih nyaman, tempat duduk di kantin untuk bisa ditambah jumlahnya. Dan lebih bagus lagi jika kantin diberi pengharum ruangan. Kami berharap yang terbaik untuk sekolah kami terutama kantin kami. Semoga pihak sekolah bisa membantu kami agar kami lebih nyaman untuk menikmati waktu istirahat kami. Kepada Jawa Possaya mengucapkan terima kasih atas dimuatnya surat pembaca ini.

Hormat Saya,

 

Intan Permatasari

9. Contoh Surat Pembaca Tentang Lingkungan Sekolah Ketika Hujan

Hujan memang bisa memberikan manfaat, namun juga bisa merugikan setiap orang. Salah satu contohnya, ketika hujan deras berkelanjutan dalam jangka waktu yang agak lama, mungkin saja air dari selokan akan naik ke halaman dan lingkungan sekolah. Hal ini tentu akan sangat mengganggu aktivitas siswa maupun para guru – guru di sekolah tersebut.

Keadaan Selokan Sekolah ketika Hujan Deras

Assalamualaikum, wr wb.

Untuk bapak Kepala Sekolah SMPN2 Palangkaraya

Musim hujan memang sangat mengganggu untuk beberapa hal. Hal ini saya rasakan ketika sedang ikut melaksanakan kegiatan belajar mengajar di kelas, khususnya kelas 94. pada saat hujan deras memang meresahkan karena saluran-saluran pembuang tidak berfungsi dengan semestinya hal ini menyebabkan banjir di selokan-selokan sekolah sehingga saya dan teman-teman susah untuk melewati selokan yang tergenang sampai ke jalanan apabila kami ingin pergi untuk jajan di kantin.

Selokan yang penuh tergenangi oleh air hingga keluar ke lapangan sekolah mengakibatkan sepatu kami basah terendam oleh air, yang membuat lantai-lantai sekolah menjadi kotor karena terkena air yang bercampur dengan tanah. Hal ini juga menjadikan kelas menjadi kotor. Salah satu factor penyebab terjadinya banjir di selokan-selokan sekolah adalah kurang sadarnya para penghuni sekolah khususnya siswa-siswi akan pentingnya membuang sampah pada tempatnya, sehingga kebanyakan dari mereka membuang sampah sembarangan seperti membuang sampah ke selokan sekolah. Hal ini merupakan perbuatan melanggar peraturan sekolah.

Sebelumnya, saya sangat berterima kasih kepada bapak Kepala Sekolah yang telah membuat SMPN 2 Palangkaraya menjadi bersih dan asri. Banyaknya pohon-pohon menambah pasokan oksigen dan mempercantik sekolah, fungsi pepohonan itu juga sebagai penampung air ketika hujan deras mengguyur, tetapi itu tidak cukup untuk menahan air hujan yang mengalir karna rendahnya dataran sekolah dibanding jalanan depan sekolah. Yang pertama, sekiranya bapak Kepala Sekolah berkenan untuk segera membantu membersihkan dan melancarkan saluran pembuangan agar tidak tersendat dan tidak mengakibatkan genangan air yang ada di selokan. Lalu membuat dan mempertegas peraturan-peraturan sekolah agar siswa-siswi tidak lagi melanggar peraturan tersebut. Yang terakhir, untuk bapak Kepala Sekolah saya mengingatkan untuk selalu memberikan amanat kepada seluruh siswa untuk menjaga lingkungan dan memberikan kesadaran akan bahayanya membuang sampah tidak pada tempatnya.

Wassalamualaikum, wr wb.

Hormat Saya,

 

Anton Jaya

10. Contoh Surat Pembaca Tentang Lingkungan Sekolah dan Mushola

Mushola merupakan tempat bagi para siswa ataupun guru – guru beragama Islam untuk melaksanakan sholat. Sebagai tempat sholat, seharusnya mushola sekolah memang mendapatkan perhatian yang cukup dan tidak kekurangan. Namun bila anda mendapati mushola yang kurang memadai, maka anda bisa menulis surat pembaca seperti di bawah ini.

Mushola SMPN 1 Cileungsi Kurang Memadai

Yth. Kepala Sekolah SMPN 1 Cileungsi,

Assalamualaikum Wr. Wb.

Mushola merupakan salah satu tempat penting & pasti dimiliki oleh setiap sekolah umum. Pada Senin, 7 April 2018 saya ke mushola, ternyata banyak fasilitas yang kurang memadai di mushola sekolah kita ini diantaranya genteng bocor yang mengakibatkan pada saat hujan kaki kita basah bahkan terpeleset saat memasuki mushola, hal ini tentunya sangat membahayakan warga sekolah yang ingin memasuki mushola. Kemudian air yang kadang – kadang macet/tidak keluar. Juga mukena yang kotor & bau, saya sendiri pun terkadang enggan memakai mukena yang kotor & bau, sehingga harus membawa mukena dari rumah.

Maka dari itu saya harapkan pihak sekolah dapat mengerti akan hal – hal tersebut. Serta segera memperbaiki kekurangan – kekurangan tersebut agar lingkungan sekolah kita menjadi lebih baik.

Terimakasih atas perhatiannya,

Wassalamualaikum Wr. Wb.

Hormat Saya,

 

Anton Jaya

11. Contoh Surat Pembaca Tentang Ketertiban Siswa di Sekolah

Salah satu permasalahan yang mungkin sering dialamai oleh sekolah adalah kurangnya ketertiban para siswa/i. Hal seperti ini juga bisa dijadikan contoh surat pembaca tentang lingkungan sekolah. Jika anda merasa banyak siswa yang terlambat masuk kelas, tidak menggunakan pakaian seragam dengan lengkap, ataupun mengenakan pakaian seragam yang kurang pantas, maka anda bisa menulis contoh surat pembaca tentang lingkungan sekolah seperti di bawah ini.

Kurangnya Ketertiban Siswa SMP Negeri 1 Ajibarang

SMP Negeri 1 Ajibarang merupakan sekolah favorit di kawasan Banyumas dengan prestasi yang membanggakan. Namun, ketertiban di sekolah ini masih perlu ditingkatkan karena selama ini banyak siswa yang melanggar tata tertib: terlambat, tidak menggunakan dasi, baju tidak dimasukan, mengenakan kaos kaki yang pendek, dan memakai sepatu tidak sesuai. Tidak hanya itu, dalam waktu KBM masih ada siswa yang menggunakan HP untuk hal-hal yang tidak penting. Ada juga siswa yang usil melempar sampah ke kelas lain.

Kami harap pihak sekolah lebih tegas dalam menerapkan tata tertib sehingga ketertiban sekolah terjaga. Para siswa diharapkan mematuhi peraturan yang ditetapkan oleh sekolah dengan penuh kesadaran.

Hormat Saya,

 

Anton Jaya

12. Contoh Surat Pembaca Tentang Masalah Sampah di Sekolah

Permasalahan sampai merupakan salah satu permasalahan yang seringkali dihadapi oleh sekolah. Mungkin banyak siswa yang tidak mau membuang sampah pada tempatnya, sehingga sampaj berserakan dimana – mana. Selain itu, kerja gotong royong untuk kebersihan yang jarang dilakukan menambah kekotoran lingkungan sekolah. Jika anda melihat hal demikian, maka anda bisa menulis contoh surat pembaca tentang lingkungan sekolah seperti di bawah ini.

Membuang Sampah Tidak Pada Tempatnya

Sudah satu bulan yang lalu saya memperhatikan banyak sampah yang dibuang tidak pada tempatnya. Banyak sudut sekolah yang terlihat kotor. Selain itu, setiap kali hujan datang selokan depan sekolah selalu saja mampet dan menimbulkan genangan air. Meski pernah melakukan gotong royong bersama membersihkan sekolah, namun kegiatan itu hanya berlangsung sekali dalam beberapa bulan sehinga tidak berdampak panjang. Musim hujan kali ini menyebabkan genangan air yang lebih besar lagi dari sbeelumnya. Akibatnya, kegiatan pembelajaran menjadi tidak nyaman dan lingkungan sekolah menjadi tidak bersih.

Sebagai salah satu siswi SMP Berkarakter Bandar lampung, saya mengajak teman-teman dan juga keterlibatan bapak dan ibu serta warga sekolah untuk bekerja bakti membersihkan selokan dan lingkungan sekolah kita. Saya berharap kegiatan ini menjadi kegiatan rutin sekolah yang berlangsung setiap hari Jumat pagi. Selain itu, saya juga berharap usulan saya ini mendapat tanggapan yang positif dari teman-teman, guru, maupun semua warga sekolah. Tidak hanya agar udara dan lingkungan sekolah menjadi lebih nyaman, segar, dan bersih, tetapi juga untuk kenyamanan belajar kita di sekolah. Sudah saatnya mewujudkan dengan nyata bahwa kebersihan itu adalah sebagian dari iman.

Hormat Saya,

 

Intan Permatasari

13. Contoh Surat Pembaca Tentang Penanganan Sampah di Lingkungan Sekolah

Contoh surat pembaca tentang lingkungan sekolah selanjutnya adalah masalah penanganan sampah. Setiap sekolah tentu membutuhkan tempat atau tong sampah yang memadai, agar sampah tidak berserakan di lingkungan sekolah. Namun apabila anda melihat sekolah kekurangan tempat sampah, maka anda bisa menulis surat pembaca seperti di bawah ini.

SAMPAH BERSERAK KARENA KURANGNYA TEMPAT SAMPAH

Saya Anton Jaya, ingin menyampaikan uneg-uneg saya mengenai lingkungan sekolah yang terkesan kumuh karena lambannya pengolahan dan kurangnya tempat sampah di lingkungan sekolah. Penumpukan tempat sampah di sudut lapangan basket menimbulkan aroma tak sedap.

Terkait itu, maka saya mohon bapak kepala sekolah menyediakan lebih banyak tempat sampah agar warga sekolah tidak membuang sampah di sembarang tempat. Selain itu, saya harap bapak sekolah mengusahakan pengolahan sampah dengan cepat sehingga tercipta lingkungan sekolah yang indah dan tidak terkesan kumuh. Mohon segera ditindaklanjuti. Sekian dan terima kasih.

Hormat Saya,

 

Anton Jaya

14. Contoh Surat Pembaca Tentang Pelanggaran Tata Tertib Sekolah

Mungkin sudah hal yang biasa kita temui jika banyak sekali siswa yang melanggar tata tertib sekolah setiap harinya. Sementara setiap orang tua tentu memberangkatkan ananknya kesekoah dengan keadaan rapi, namun sampai di sekolah baju berantakan, tidak blus dalam, tidak mengenakan dasi, dan berbagai pelanggaran tata tertib lainnya. Jika anda melihat hal seperti ini, maka anda bisa menulis contoh surat pembaca tentang lingkungan sekolah seperti di bawah ini.

Melanggar Tata Tertib Sekolah

Yth. Redaksi Mading Sekolah

Setiap orangtua tentu menginginkan anaknya rapi, disiplin, dan menaati peraturan dari sekolah. Namun sepertinya tidak semua anak berlaku demikian. Tak jarang saya menemukan rekan-rekan saya yang kurang disiplin seperti baju dikeluarkan, rambut yang panjang untuk anak laki-laki, dasi yang terlalu pendek, kuku yang diwarnai dan panjang. Melalui tulisan ini saya ingin menyarankan teman-teman yang kurang disiplin. Karena tidaklah lucu kalau  orangtua kita dipanggil oleh pihak sekolah karena tidak disiplin dan melanggar tata tertib sekolah.

Saya khawatir kalau sikap melanggar tata tertib tersebut terbawa sampai ke rumah. Saya menghimbau pihak sekolah agar lebih tegas menindak siswa yang bersikap demikian dan segera ditindaklanjuti agar kejadian ini tidak terjadi lagi seperti pemberian sanksi yang tegas sesuai dengan kesalahan yang diperbuatnya.

Hormat Saya,

 

Anton Jaya

15. Contoh Surat Pembaca Tentang Peralatan Olahraga yang Kurang Memadai di Sekolah

Mata pelajaran olahraga merupakan mata pelajaran favorit dan paling disukai oleh banyak siswa, terutama para pria. Namun terkadang jam pelajaran olahraga hanya diahbiskan di dalam kelas dan jarang praktek langsung di lapangan, karena kurang nya peralatan olahraga di sekolah tersebut. Nah, jika anda melihat hal seperti ini, maka anda bisa menulis contoh surat pembaca tentang lingkungan sekolah seperti di bawah ini.

Peralatan dan Sarana Olahraga yang Kurang Memadai

Yth. Redaksi Mading Sekolah

Saya menulis surat pembaca ini adalah untuk mengajukan keluhan mengenai sarana dan peralatan olahraga yang kurang memadai, seperti tidak adanya lapangan khusus untuk sepakbola, lapangan basket yang sedikit berlubang, tidak adanya tiang untuk lapangan sepak takraw, serta peralatan olahraga lainnya yang kurang memadai dan kurang lengkap.

Keadaan ini tentu sangat memprihatinkan, maka dari itu kami menyarankan kepada pihak sekolah agar memperbaiki lapangan basket, futsal dan pembuatan lapangan sepakbola, serta menyediakan peralatan olahraga dengan baik.

Semoga keluhan dan saran yang saya sampaikan dapat ditanggapi oleh pihak sekolah agar segera mengatasi masalah ini.

Hormat Saya,

 

Anton Jaya

Kesimpulan Dan Pentingnya Surat Pembaca Tentang Lingkungan Sekolah

Surat pembaca merupakan salah satu jenis surat yang masih banyak digunakan hingga saat ini. Walaupun ditulis oleh perseorangan, namun bukan berarti penggunaan bahasa pada surat pembaca ini tidak memiliki aturan. Sangat penting bagi kita untuk tetap menggunakan bahasa yang sopan saat menulis surat pembaca, terutama saat menulis contoh surat pembaca tentang lingkungan sekolah.

Ada berbagai hal yang bisa anda tulis dalam surat pembaca, mulai dari surat yang berisikan informasi, kritikan, saran, pujian, sampai dengan keluhan. Setiap orang juga tidak dibatasi dalam menulis surat pembaca, dan seseorang tersebut bisa menulis apa yang anda di pikirannya dan apa yang sedang dilihatnya pada lingkungan sekolah.

Kita tentu sudah tahu kalau sekolah sebagai salah satu lembaga pendidikan tentu tidak ada yang sempurna. Untuk itu, dibutuhkan dukungan dari banyak pihak untuk membangun sekolah ke arah yang lebih baik lagi dan semakin kompetitif. Nah, dengan surat pembaca ini, maka hal tersebut bisa dibangun dan diraih bersama – sama.

Jika anda memiliki saran untuk kebaikan sekolah, anda bisa menuliskan hal tersebut dalam surat pembaca. Jika anda melihat pencapaian yang bagus pada lingkungan sekolah, maka anda bisa memberikan pujian dengan menulis surat pembaca. Dengan demikian, pihak sekolah pun akan semakin semangat untuk berbuat hal yang lebih baik lagi.

Advertisements

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Advertisements

Terbaru

close

Advertisements