15 Contoh Surat Paklaring Sebagai Penguat Pengalaman Kerja - Contoh Surat Resmi
Connect with us

Contoh Surat

15 Contoh Surat Paklaring Sebagai Penguat Pengalaman Kerja

Contoh Surat Paklaring – Setelah sebelumnya admin membahas dan memberikan banyak contoh dari jenis – jenis surat lainnya, maka sekarang admin akan membahas dan memberikan contoh – contoh dari surat paklaring. Bagi orang yang sudah bekerja, surat paklaring tentu bukan hal yang baru lagi, disadari atau tidak disadari, karena banyak juga yang belum mengerti dan tahu apa itu surat paklaring.

Surat paklaring sering juga disebut sebagai surat pengalaman kerja, surat rekomendasi kerja, ataupun surat referensi kerja. Jika diartikan secara sederhana, maka surat paklaring merupakan surat keterangan dari sebuah perusahaan maupun lembaga lainnya yang menerangkan seseorang pernah bekerja di perusahaan tersebut dengan kinerja yang baik dalam jangka waktu tertentu.

Contoh Surat Paklaring

Nah, dari pengertian di atas kita bisa menyimpulkan kalau hanya orang atau mantan karyawan yang bekerja dengan baik akan mendapatkan surat paklaring. Sedangkan untuk karyawan yang memiliki kinerja  buruk atau dipecat dari perusahaan tentu saja tidak akan diberikan surat paklaring. Kenapa demikian?, karena isi dari surat paklaring merupakan hal – hal baik dan positif mengenai orang yang diterangkan, yakni mantan karyawan.

Ada banyak contoh surat paklaring yang sudah biasa kita lihat sekarang ini. Dan semua surat paklaring tentu menjelaskan nilai positif dari orang yang diterangkan. Berikut adalah beberapa contoh surat paklaring yang bisa anda jadikan sebagai bahan referensi dalam penulisan surat paklaring.

1. Contoh Surat Paklaring Perusahaan

Ada banyak perusahaan yang bergerak di Indonesia, baik itu perusahaan penyedia produk maupun perusahaan penyedia jasa. Perusahaan – perusahaan tersebut tentu memiliki karyawan yang sangat banyak dan silih berganti. Jika anda ingin keluar dan berhenti bekerja dari salah satu perusahaan, maka anda bisa meminta surat paklaring dari perusahaan tempat anda bekerja tersebut.

PT. Makmur Abadi Sejahtera
Ruko Edelwis Permai Blok AB3 No. 4
Jl. Raya  Wangi Teh Melati Km. 3,8 Bandung 670977
Telp. 022 332769 Fax. 022 332766 Mobile. 09762467925
Website: www.makmurabadisejahtera.com Email: [email protected]

SURAT PAKLARING
No. : 07/HRD/IX/2018

Yang bertanda tangan di bawah ini:

Nama : Anton Jaya
Jabatan : Direktur PT. Makmur Abadi Sejahtera

Menerangkan dengan sesungguhnya bahwa yang bersangkutan di bawah ini:

Nama : Andi Pratama
Alamat : Jl. Perjuangan No. 123 Bandung

Benar telah bekerja pada perusahaan yang kami pimpin terhitung sejak 20 Desember 2014 sampai dengan 20 Maret 2018, dengan jabatan terakhir adalah Staff Frontliner Executive.

Selama menjadi karyawan di PT. Makmur Abadi sejahtera, Saudara Andi Pratama telah menunjukkan dedikasi dan loyalitas yang tinggi terhadap perusahaan dan tidak pernah melakukan hal-hal yang merugikan perusahaan. Dalam hal ini yang bersangkutan mengundurkan diri atas kemauannya sendiri.

Kami berterimakasih dan berharap semoga yang bersangkutan dapat lebih sukses dimasa yang akan datang.

Demikian surat paklaring ini dibuat agar dapat digunakan sebagaimana mestinya.

Bandung, 8 April 2018

Direktur,

 

Anton Jaya

2. Contoh Surat Paklaring dari Pabrik

Untuk anda yang tinggal di daerah atau kota industri, tentu sudah tidak asing lagi dengan pabrik – pabrik yang banyak tersebar di berbagai kota. Pabrik atau perusahaan yang memproduksi suatu produk ini tentu memiliki karyawan yang sangat banyak. Dan bila anda berhenti bekerja dari sana, anda bisa meminta surat paklaring dari pabrik tempat anda bekerja.

PT. PABRIK TEMPE
Ruko Edelwis Permai Blok AB3 No. 4
Jl. Raya  Wangi Teh Melati Km. 3,8 Bandung 670977
Telp. 022 332769 Fax. 022 332766 Mobile. 09762467925
Website: www.pabriktempe.com Email: [email protected]

SURAT PAKLARING
No. : 07/HRD/IX/2018

Yang bertanda tangan di bawah ini, menerangkan bahwa :

Nama : Andi Pratama
Jabatan : SPV Staff Finishing

Adalah benar telah bekerja pada perusahaan yang kami pimpin terhitung sejak 19 September 2014 sampai dengan 30 Maret 2018, dengan jabatan terakhir adalah SPV Staff Finishing. Selama menjadi karyawan kami, Saudari Farida Mukhtar telah menunjukkan dedikasi dan loyalitas yang tinggi terhadap perusahaan dan tidak pernah melakukan hal-hal yang merugikan perusahaan. Yang bersangkutan mengundurkan diri atas kemauannya sendiri. Kami berterima kasih dan berharap semoga yang bersangkutan dapat lebih sukses dimasa yang akan datang.

Demikian surat keterangan ini dibuat agar dapat digunakan sebagaimana mestinya.

Bandung, 8 April 2018

Direktur Utama PT. Pabrik Tempe,

 

Anton Jaya

3. Contoh Surat Paklaring Perusahaan Retail

Ada banyak perusahaan retail yang bergerak di Indonesia sekarang ini. Beberapa contohnya adalah Indomaret, Alfamart, dan Alfamidi. Perusahaan retail seperti ini memiliki sangat banyak cabang yang tersebar di berbagai penjuru kota. Ketika anda berhenti bekerja dari sana atau sudah habis masa kontrak, maka anda bisa meminta surat paklaring dari perusahaan retail tersebut.

PT. SEGAR ALAM ABADI STORE
Ruko Edelwis Permai Blok AB3 No. 4
Jl. Raya  Wangi Teh Melati Km. 3,8 Bandung 670977
Telp. 022 332769 Fax. 022 332766 Mobile. 09762467925
Website: www.segaralamabadi.com Email: [email protected]

SURAT PAKLARING
No. : 07/HRD/IX/2018

Dengan ini mernerangkan bahwa :

Nama : Andi Pratama
NIK : 786876
Alamat : Jl. Perjuangan No. 123 Bandung

Telah bekerja pada PT. Segar Alam Abadi Store, pada :

Jabatan : Staff Maintanance
Departemen : General Affair
Masa Kerja : 30 Maret 2015 – 30 Maret 2018
Alasan Pemutusan : Selesai Masa Kontrak

adalah benar merupakan karyawan PT. Segar Alam Abadi Store.  Selama menjadi karyawan, Saudari Farida  sangat bertanggung jawab dan sangat baik dalam melakukan pekerjaannya. Dedikasi dan loyalitas pun telah diberikan untuk perusahaan kami. Yang bersangkutan merupakan asset berharga bagi perusahaan manapun karena hasil kerja yang sangat memuaskan serta tidak pernah melakukan hal – hal yang merugikan pihak perusahaan. Kami mengucapkan terima kasih atas usaha dan kerjasama yang telah diberikan pada PT. Segar Alam Abadi Store Kota Bandung. Harapan kami semoga lebih sukses dan lebih berhasil dimasa  yang akan datang.

Demikian surat keterangan ini dibuat agar dapat digunakan sebagaimana mestinya.

Bandung, 8 April 2018

Direktur Utama PT. Pabrik Tempe,

 

Anton Jaya

4. Contoh Surat Paklaring Kepala Cabang

Memiliki pekerjaan sebagai kepala cabang tentu akan sangat menyenangkan buat banyak orang. Dengan pengalaman sebagai kepala cabang, tentu sudah tidak susah lagi untuk anda dalam mencari pekerjaan baru di bidang yang sama. Maka untuk mempermudah anda mencari pekerjaan baru, anda bisa meminta surat paklaring dari perusahaan tempat anda bekerja sebelumnya.

PT. SAUDARA BERSAMA
Jl. Melati No. 12 Jakarta
Website: www.saudarabersama.com, Telp: (021) —-, Faks: (021) —

SURAT PAKLARING
No. : 11/HRD/V/2018

Yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama : Anton Jaya
Jabatan : Direktur PT. Saudara Bersama
Alamat : Jl. Perjuangan No. 123 Jakarta

Menerangkan dengan sebenarnya bahwa yang bersangkutan di bawah ini :

Nama : Intan Permatasari
Alamat : Jl. Diponegoro No. 123 Jakarta

Benar telah bekerja pada perusahaan yang kami pimpin terhitung sejak 15 Januari 2013 sampai dengan 30 Maret 2018, dengan jabatan terakhir sebagai Kepala Cabang.

Selama menjadi staf kami, Saudari Mimin Sulastri telah menunjukkan dedikasi serta loyalitas yang sangat baik terhadap perusahaan kami dan tidak pernah melakukan penyelewengan tugas. Dalam hal ini yang bersangkutan sudah mengundurkan diri atas kehendaknya sendiri.

Perusahaan sangat berterima kasih dan berharap agar yang bersangkutan dapat lebih sukses dimasa yang akan datang.

Demikian surat keterangan ini kami buat agar dapat dimanfaatkan sebagaimana mestinya.

Jakarta, 8 April 2018,

Direktur PT. Saudara Bersama,

 

Anton Jaya

5. Contoh Surat Paklaring Supervisor

Bagi anda yang bekerja di salah satu perusahaan dan sudah memiliki jabatan sebagai supervisor, mungkin akan betah bekerja disana dalam waktu yang lama. Namun bukan tidak mungkin anda harus atau terpaksa berhenti bekerja di perusahaan tersebut dikarenakan beberapa hal. Jika anda berhenti bekerja dari jabatan supervisor, maka anda bisa meminta surat paklaring dari perusahaan tempat anda bekerja tersebut.

PT. IMAN ABADI
Jl. Malioboro No. 09 Jogjakarta

SURAT PAKLARING
Certificate of Employment
No : 105/SPK-CM/V/2018

Kepada yang berkepentingan,

Dengan surat ini kami dari PT. Iman Abadi menyatakan bahwa :

Nama : Andi Pratama
Alamat : Jl. Patumbak No. 123 Yogyakarta
Jabatan : Supervisor

Dengan sebenar-benarnya telah bekerja pada perusahaan kami dalam kurun waktu :
05 Januari 2012 sampai dengan 30 Maret 2018

Saudara Andi Pratama telah memberikan kontribusi yang baik bagi perusahaan dan selama menjadi karyawan kami dan tidak pernah melakukan perbuatan yang bisa merugikan perusahaan. Sehubungan dengan hal tersebut, saat ini yang bersangkutan mengajukan pengunduran diri kepada perusahaan atas.

Kami selaku pihak perusahaan mengucapkan terima kasih atas kerja sama yang telah diberikan selama ini dan semoga yang bersangkutan dapat menjumpai kesuksesan yang lebih optimal dimasa mendatang.

Yogyakarta, 8 April 2018,

Direktur PT. Iman Abadi,

 

Anton Jaya

6. Contoh Surat Paklaring Kepala Gudang

Ada berbagai macam dan jenis posisi maupun jabatan yang mungkin anda tempati pada sebuah perusahaan, salah satunya adalah posisi kepala gudang. Kepala gudang termasuk sebuah posisi yang lumayan tinggi, dimana bertanggung jawab untuk mengelola barang masuk dan barang keluar dari suatu gudang. Jika anda ingin berhenti bekerja dari perusahaan tersebut, maka anda bisa meminta surat paklaring untuk anda.

PT. INDAH  BERSEMI
Jl. Jaksa No. 200-6 Jakarta Utara
No. Telp. 021-000000

SURAT PAKLARING
No. 06/XI/2018

Yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama : Anton Jaya
Jabatan : Kepala Personalia PT. Indah Bersemi

Menyatakan bahwa :

Nama : Andi Pratama
Jabatan : Kepala Gudang

Adalah benar salah satu staf di perusahaan kami yang sudah bekerja dari tanggal 05 Januari 2011 hingga 30 maret 2018 sebagai Kepala Gudang. Dalam masa bakti kerjanya yang bersangkutan telah menunjukan kerajinan serta loyalitasnya sehingga sangat membantu perkembangan perusahaan.

Demikian surat keterangan ini dibuat dengan sebenar-benarnya semoga dapat dipergunakan dengan semestinya.

Jakarta, 8 April 2018,

Kepala Personalia PT. Indah Bersemi,

 

Anton Jaya

7. Contoh Surat Paklaring Rumah Sakit

Untuk bisa bekerja di sebuah rumah sakit, tentu harus dibutuhkan pendidikan yang sesuai dengan bidang tersebut, baik itu dari lulusan kebidanan, keperawatan, maupun kedokteran. Namun akan lebih baik jika anda sudah memiliki pengalaman kerja di salah satu rumah sakit dan melamar kerja kemudian di rumah sakit lain.

RUMAH SAKIT UMUM JELITA
Jl. Kaca Piring No. 21 Magelang Jawa Timur
Telp. : (000) 00000, Fax :(000) 00000

SURAT PAKLARING
Nomor : 05/SPK-03/RSIA/VI/2018

Yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama : Anton Jaya, MM
Jabatan : Kepala Rumah Sakit Umum Jelita

Menerangkan dengan sebenarnya bahwa :

Nama : Intan Permatasari, Am. Keb
Alamat : Jl. Perjuangan No. 123 Magelang

Telah mengabdi pada Rumah Sakit Umum Jelita sejak tanggal 12 Februari 2013 hingga 30 Maret 20186 dengan jabatan terakhir sebagai Bidan tetap.

Selama menjadi staff kami, Saudari Intan Permatasari, Am. Keb telah mengabdi dengan sebaik-baiknya dan menunjukkan dedikasi tinggi terhadap pekerjaan.

Demikian surat ini kami buat dengan sebenarnya agar dapat dipergunakan dengan sebaik-baiknya.

Magelang, 8 April 2018,

Kepala Rumah Sakit Umum Jelita,

 

Anton Jaya, MM

8. Contoh Surat Paklaring Manajer

Memiliki jabatan sebagai seorang manajer di dalam suatu perusahaan tentu merupakan posisi yang sangat bagus untuk seseorang. Namun walaupun memiliki posisi yang tinggi seperti seorang manajer, tidak tertutup kemungkinan anda akan keluar dan terpaksa berhenti bekerja di salah satu perusahaan.

PT. EVA SABUTEN
Jl. Beringin Jatuh No.15 Banten
Website: www.evasabuten.com, Telp: (xxx) xxxxx, Faks: (xxx) xxxx

SURAT PAKLARING
No. : 05/HRD/XI/2018

Yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama : Anton Jaya
Jabatan : Direktur PT. Eva Sabuten

Menerangkan dengan sebenarnya bahwa yang bersangkutan di bawah ini :

Nama : Andi Pratama
Jabatan : Manajer

Dengan sebenarnya telah bekerja pada perusahaan PT. Eva Sabuten terhitung sejak tanggal 01 Nopember 2007 sampai dengan 30 Maret 2018, dengan jabatan terakhir Manager Information Technology Department. Selama menjadi staf kami, Saudara Yos Sudarso telah menunjukkan dedikasi serta loyalitas yang terbaik kepada terhadap perusahaan dan tidak pernah melakukan hal-hal yang sifatnya merugikan perusahaan.

Saat ini yang bersangkutan mengundurkan diri atas kemauannya sendiri. Kami berterima kasih dan berharap semoga yang bersangkutan dapat semakin sukses dimasa yang akan datang.

Demikian surat keterangan ini dibuat agar dapat digunakan sebagaimana mestinya.

Banten, 8 April 2018,

Direktur PT. Eva Sabuten,

 

Anton Jaya

9. Contoh Surat Paklaring Asisten Kepala Bagian

Dalam sebuah perusahaan, ada posisi yang diberi nama asisten kepala bagian. Posisi merupakan posisi yang sudah lumayan tinggi dengan jabatan persis di bawah seorang kepala bagian. Namun walaupun memiliki jabatan atau posisi seorang asisten kepala bagian, mungkin saja anda memiliki alasan untuk harus meninggalkan perusahaan tersebut.

PT. SUPER SPESIAL
Jl. Perjuangan No. 123
Bandung

SURAT PAKLARING
Nomor    : I/II/III/April/2018

Yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama : Anton Jaya
Jabatan : Direktur PT. Super Spesial

Dengan ini menyatakan bahwa :

Nama : Andi Pratama
Jabatan : Staff Produksi

Orang tersebut memang telah bekerja di PT. Super Spesial terhitung sejak 23 Mei 2009 sampai dengan 30 Maret 2018 dengan menjabat sebagai Staff Produksi.

Selama bekerja sebagai karyawan di PT. Super Spesial, Saudara Andi Pratama telah menunjukkan dedikasi, kontribusi, serta profesionalisme kerja yang sangat baik bagi perusahaan. Orang yang bersangkutan juga tidak pernah melakukan pelanggaran atau tindakan kelalaian yang dapat merugikan perusahaan. Namun dikarenakan suatu alasan pribadi yang tidak dapat disebutkan, Saudara Paijan memutuskan untuk mengundurkan diri dari perusahaan kami.

Demikian Surat Keterangan Kerja ini kami sampaikan dan kiranya dapat dipergunakan sebagaimana mestinya. Atas perhatian dan kerja samanya kami ucapkan terima kasih.

Bandung, 8 April 2018,

Direktur PT. Super Spesial,

 

Anton Jaya

10. Contoh Surat Paklaring Staff Administrasi

Pekerjaan sebagai seorang staff administrasi bukanlah merupakan pekerjaan yang mudah bagi sebagian orang. Selain dibutuhkan pendidikan yang mumpuni, jabatan seperti ini juga membutuhkan pengalaman kerja dan kesabaran yang tinggi. Tidak heran kalau kebanyakan orang yang menduduki jabatan staff administrasi adalah kaum perempuan.

PT. MAJU MUNDUR
Jl. Perjuangan No. 123
Yogyakarta

SURAT PAKLARING
No. : I/II/II/April/2018

Yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama : Anton Jaya
Jabatan : Kepala Personalia PT. Maju Mundur

Dengan ini menerangkan bahwa :

Nama : Intan Permatasari
Jenis Kelamin : Perempuan
Nomor KTP : 49385739579754

Memang benar telah bekerja pada perusahaan kami dengan masa kerja terhitung sejak 1 Januari 2010 sampai dengan 30 Maret 2018, dengan posisi jabatan terakhir sebagai Staff Administrasi.

Sebagai informasi bahwa selama menjadi karyawan di perusahaan kami, Saudari Intan Permatasari telah menunjukkan dedikasi serta loyalitas yang sangat tinggi. Dan dalam hal ini Saudari Intan Permatasari telah mengundurkan diri atas kehendak pribadinya.

Demikian keterangan kerja ini kami sampaikan. Semoga Saudari Intan Permatasari dapat menjadi lebih sukses di masa mendatang. Atas perhatian dan kerja samanya kami ucapkan terima kasih.

Yogyakarta, 8 April 2018,

Kepala Personalia PT. Maju Mundur,

 

Anton Jaya

11. Contoh Surat Paklaring Bahasa Inggris

Kebanyakan perusahaan memang masih menggunakan  bahasa Indonesia dalam penulisan surat paklaring untuk para mantan karyawannya. Namun jika anda berkeinginan untuk melamar pekerjaan selanjutnya di luar negeri, tentu dibutuhkan surat paklaring dalam bahasa Internasional, yakni bahasa Inggris. Untuk itu, anda bisa meminta surat paklaring dalam bahasa nggris seperti di bawah ini.

PT. PALAGAN PUTERA
Jl. Katamso No. 24 Singkawang, Kalimantan Barat.

WORK EXPERIENCE CERTIFICATE
No: 2211/HRD/VII/2018

The undersigned below :

Name : Anton Jaya
Position : Director of PT. Palagan Putera

Truthfully explained that :

Name : Ando Pratama
Age : 24 Years
Occupation : Cashier of PT. Palagan Putera

Was a permanent employee in this company and working since March 11, 2001 until April 5, 2018 with his last position as head cooperative cashier. He quit this job based on personal whim. While working in these companies, he has clean work record of violations and always gives good results for the company’s progress. For his dedication and good conduct during working with us, we thank you. Hopefully he will be more success in the future.

Similarly, a certificate of work experience we have created, so that it can be used as appropriate.

Singkawang, April 8, 2018,

Director of PT. Palagan Putera,

 

Anton Jaya

12. Contoh Surat Paklaring Karyawan

Bekerja sebagai seorang karyawan memang memiliki suka dan duka tersendiri. Tidak jarang kita merasa kalau hak – hak kita tidak diberikan dengan lengkap, sementara kita sudah bekerja sepenuh hati. Maka tidak heran banyak karyawan yang selalu berusaha untuk mencari pekerjaan yang lebih baik.

PT MAJU BERSAMA
Jln. Cendana No. 15 Medan
Telp. xxxxxx Fax. xxxxxx

SURAT PAKLARING
No: 030/HRD/SRK/IV/2018

Kami yang bertandatangan di bawah ini :

Nama : Anton Jaya
Jabatan : Direktur PT. Maju Bersama

Bertindak dalam hal ini atas nama PT Maju Bersama, Memberikan rekomendasi kepada mantan karyawan (staff) kami  :

Nama : Andi Pratama
Jabatan : Staff Produksi

Kepada perusahaan tempat Saudara Andi Pratama bekerja nanti. Surat rekomendasi kerja ini kami keluarkan dengan berdasarkan penilaian terhadap kinerja, kedisiplinan, kualitas, serta loyalitas Andi Pratama selama 5 tahun bekerja di PT Maju Bersama dengan jabatan terakhir sebagai Staff Produksi.

Kami sangat yakin bahwa Saudara Andi Pratama akan tetap memberikan hal yang sama kepada perusahaan tempat Saudara Andi Suharmi bekerja nantinya.

Demikian surat rekomendasi kerja ini kami buat untuk dapat dipergunakan sebagaimana mestinya.

Medan, 8 April 2018

Direktur PT. Maju Bersama,

 

Anton Jaya

13. Contoh Surat Paklaring Sederhana

Tidak harus menulis surat paklaring dengan panjang lebar, namun anda juga bisa menulis surat paklaring dengan sederhana dan singkat. Namun perlu anda perhatikan kalau surat paklaring tersebut harus tetap menggunakan bahasa yang sopan sebagaimana surat resmi pada umumnya.

PT. MATAHATI BANGUN NEGERI
Jl. Wora Wari No. 30 Solo
Telp. 082121775917

SURAT KETERANGAN KERJA
No. : I/II/III/April/2018

Yang bertanda tangan dibawah ini menerangkan dengan sesungguhnya bahwa :

Nama : Intan Permatasari
Jabatan : Sekretaris

Telah bekerja di PT. Matahati Bangun Negeri sejak tanggal 27 Maret 2015 sampai dengan 30 Maret 2018 sebagai Sekretaris di perusahaan PT. Matahati Bangun Negeri yang beralamat di Jl. Wora Wari No. 30 Solo.

Demikian Surat Keterangan ini kami buat untuk dipergunakan seperlunya dan yang berkepentingan harap maklum.

Wonogiri, 8 April 2018,

Direktur PT. Matahati Bangun Negeri,

 

Anton Jaya

14. Contoh Surat Paklaring Mengundurkan Diri

Ada beberapa hal yang memungkinkan seseorang harus berhenti bekerja dari satu perusahaan. Mungkin saja dikarenakan habis masa kontrak, diberhentikan dengan hormat, dipecat, ataupun dikarenakan mengundurkan diri. Jika anda dipecat, maka tentu tidak memungkinkan untuk meminta surat paklaring, namun bila anda mengundurkan diri, maka anda bisa meminta surat paklaring dari perusahaan tempat anda bekerja.

PT. MAKMUR JAYA
Jl. Putri Tidur No. 35 Purwokerto
Telp : (0361) 543576, Faks : (0361) 543576

SURAT PAKLARING
No : 12/HRD/XI/2018

Yang bertanda tangan dibawah ini :

Nama : Anton Jaya
Jabatan : Direktur PT. Makmur Jaya

Menerangkan dengan sesungguhnya bahwa yang bersangkutan dibawah ini :

Nama : Andi Pratama
Jabatan : Asisten Mamajer

Benar telah bekerja di perusahaan kami terhitung sejak 10 Januari 2011 sampai dengan 30 Maret 2018 dengan jabatan terakhir sebagai Asisten Manager.

Selama menjadi karyawan di perusahaan kami, Saudara Andi Pratama telah menunjukkan dedikasi dan loyalitas terhadap perusahaan dan tidak pernah sekalipun melakukan tindakan yang merugikan perusahaan, dan dalam hal ini yang bersangkutan mengundurkan diri atas kemauannya sendiri.

Kami ucapkan terimakasih dan besar harapan kami semoga yang bersangkutan lebih sukses lagi untuk kedepannya.

Demikian surat keterangan ini dibuat agar dapat digunakan sebagai bahan pertimbangan dan sebagaimana mestinya.

Purwokerto, 8 April 2018,

Direktur PT. Makmur Jaya,

 

Anton Jaya

15. Contoh Surat Paklaring Guru Swasta

Menjadi seorang guru swasta memang tidak sesulit menjadi seorang guru di sekolah negeri. Namun tentu saja menjadi seorang guru swasta dan guru negeri memiliki kelebihan dan kekurangan sendiri. Jika anda ingin mengundurkan diri dari sekolah swasta sebagai guru, maka anda bisa meminta surat paklaring dari kepala sekolah untuk melamar guru di sekolah lain.

SMA SWASTA HKBP 1 TARUTUNG
Jl. Perjuangan No. 123
Tarutung

SURAT PAKLARING
No. : I/II/III/April/2018

Yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama : Anton Jaya M. Pd
Jabatan : Kepala Sekolah SMA Swasta HKBP 1 Tarutung

Menerangkan Bahwa :

Nama : Andi Pratama, S. Pd
Alamat : Jl. Pertahanan No. 123 Tarutung

Adalah benar-benar pernah bekerja dan menjabat sebagai guru di Sekolah Swasta HKBP 1 Tarutung, terhitung mulai dari 30 Maret 2015 sampai dengan 30 Maret 2018.

Demikian surat keterangan ini kami perbuat untuk digunakan sebagaimana mestinya.

Tarutung, 8 April 2018,

Kepala Sekolah SMA Swasta HKBP 1 Tarutung,

 

Anton Jaya, M. Pd

Kesimpulan Dan Pentingnya Surat Paklaring

Mencari pekerjaan sekarang ini sangatlah sulit, terlebih jika hanya mengandalkan pendidikan rendah dan juga minim pengalaman kerja. Tidak heran setiap orang yang memiliki pekerjaan memang selalu ingin mempertahankan pekerjaanya. Namun tidak dapat ditebak apa yang harus terjadi, terkadang seseorang terpaksa untuk mengundurkan diri dari perusahaan tempatnya bekerja.

Hal ini bisa saja disebabkan oleh lingkungan kerja yang sudah kurang nyaman atau dikarenakan beberapa alasan lain. Setelah keluar dari suatu tempat pekerjaan, maka tentu anda harus berjuang lagi untuk mencari pekerjaan baru. Jika anda menjadi pengangguran, maka anda akan susah untuk memenuhi kebutuhan sehari – hari.

Maka untuk mempermudah anda dalam mencari pekerjaan baru, anda bisa meminta surat paklaring dari perusahaan tempat anda bekerja sebelumnya. Dengan berbekal pengalaman tentu anda akan lebih mudah untuk mencari pekerjaan baru. Namun jika anda tidak memiliki surat paklaring, maka perusahaan yang anda lamar tentu tidak akan percaya akan pengalaman kerja yang anda miliki.

Jadi, membawa surat paklaring saat mencari pekerjaan baru adalah hal mutlak yang harus anda lakukan, jika anda ingin pengalaman anda dihargai dan diakui. Jika tidak, maka anda akan sama saja dengan pelamar kerja fresh graduate, yang sama sekali belum memiliki pengalaman kerja.

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *