15 Contoh Surat Niaga Untuk Perusahaan Dan Badan Usaha - Contoh Surat Resmi
Connect with us

Contoh Surat

15 Contoh Surat Niaga Untuk Perusahaan Dan Badan Usaha

Contoh Surat Niaga – Untuk memperlancar perdagangan maupun kerjasama, tentu harus dibutuhkan komunikasi yang intens antara satu pihak dengan pihak lainnya. Dalam hal ini, perusahaan harus menggunakan berbagai media komunikasi untuk bisa berkomunikasi dengan kolega ataupun pelanggan mereka.

Walaupun sekarang ini penggunaan surat sebagai media komunikasi memang sudah sangat jarang digunakan, namun bagi perusahaan tidak demikian. Sampai saat ini, perusahaan masih selalu menggunakan berbagai jenis surat untuk berkomunikasi.

Surat yang digunakan oleh perusahaan biasanya disebut dengan surat niaga. Jika diartikan secara sederhana, maka surat niaga merupakan surat resmi yang isinya berupa tawaran, jual beli barang ataupun jasa yang biasanya dipakai dalam perdagangan ataupun perniagaan.

Contoh Surat Niaga

Jenis – jenis dari surat niaga sangat banyak, dan semuanya memiliki manfaat yang berbeda – beda juga. Namun semua itu digunakan untuk kelancaran kerjasama, berupa penjualan maupun pembelian produk dan jasa antara satu perusahaan dengan perusahaan yang lainnya.

Bagi anda yang bekerja di salah satu perusahaan penyedia produk atau jasa, tentu sudah tidak asing lagi dengan proses surat menyurat yang dilakukan oleh perusahaan. Begitu juga dengan surat niaga yang selalu digunakan dalam penjualan maupun pembelian produk dan jasa.

Bagi anda yang masih kurang paham mengenai contoh surat niaga, maka beberapa contoh di bawah ini mungkin akan berguna sebagai bahan referensi untuk anda.

1. Contoh Surat Niaga Tenggat Waktu Pembayaran

Ketika sebuah perusahaan membeli produk ataupun jasa dari perusahaan lain, maka biasanya akan terdapat 2 opsi pembayaran yang bisa dilakukan, yakni dengan cara cash dan kredit. Khusus untuk kredit, maka biasanya sebuah perusahaan akan memberikan tenggat waktu pembayaran yang harus dipatuhi oleh perusahaan yang membeli produk atau jasa mereka tersebut.

PT. DEVELOPER SOFTWARE
Jl. Buntu No. 202
Jakarta Pusat

Jakarta, 13 Maret 2018

Nomor : 45/IM/IV/2018
Hal : Waktu Pembayaran

Kepada
CV Grobakz Seo Team
Jl. Maju Terus
Purwokerto

Dengan hormat,

Membalas surat Saudara Nomor: 203/EM/V/2018 tertanggal 10 Maret 2018 perihal penangguhan pembayaran telah kami terima dengan penuh perhatian.

Setelah membaca surat tersebut, dengan segala pertimbangan kami beritahukan bahwa kami akan memberikan waktu pembayaran untuk faktur Nomor: 210/EM/IV/2018 sebesar Rp 20.000.000 (dua puluh juta rupiah) atas pembelian barang-barang elektronik. Kami berikan kebijakan untuk melunasi pembayaran dalam jangka waktu 2 minggu dari waktu yang telah ditentukan.

Atas perhatian Saudara, kami sampaikan terima kasih.

Hormat Kami,
PT. Developer Software,

 

Budi Kurniawan

2. Contoh Surat Niaga Penangguhan Pembayaran

Ketika membeli produk atau jasa dari sebauh perusahaan lain, adakalanya kita tidak dapat membayar tagihan sesuai dengan waktu yang telah ditentukan. Jika terjadi hal demikian, maka sebaiknya segera kirimkan surat kepada perusahaan tersebut untuk memberitahukan perihal penagguhan pembayaran dan ketidasanggupan membayar tagihan dengan tepat waktu.

CV. MAJU MUNDUR
Jl. Diponegoro No. 123
Jakarta

Jakarta, 13 Maret 2018

Nomor : 45/IM/IV/2018
Hal : Penangguhan Pembayaran

Kepada
PT Developer Sofware
Jl. Buntu No. 202
Jakarta Pusat

Dengan hormat,

Membalas surat Saudara Nomor: 203/EM/V/2018 tertanggal 10 Maret 2018 perihal penagihan pembayaran telah kami terima dengan penuh perhatian.

Setelah membaca surat tersebut, dengan sangat menyesal kami beritahukan bahwa kami belum dapat melunasi pembayaran untuk faktur Nomor: 210/EM/IV/2018 sebesar Rp 20.000.000 (dua puluh juta rupiah) atas pembelian barang-barang elektronik.

Hal ini disebabkan bangunan yang sedang dibuat dibobol banjir, sehingga mengalami kerugian total sebesar Rp 10.000.000 (sepuluh juta rupiah).

Sehubungan dengan ini kami mohon maaf dan pengertian Saudara agar dapat menangguhkan pembayaran tersebut sampai 2 (dua) bulan mendatang. Kami berharap Saudara bersedia menyetujui permohonan ini.

Atas perhatian Saudara, kami sampaikan terima kasih.

Hormat Kami,
PT. Maju Mundur,

 

Anton Kurniawan

3. Contoh Surat Niaga Penawaran Barang

Jika anda merupakan perusahaan yang memproduksi berbagai produk atau barang, maka menawarkannya kepada perusahaan lain ataupun pihak lain adalah cara terbaik untuk memperkenalkan produk. Anda bisa membuat surat penawaran barang, agar perusahaan lain mengenal barang anda dan berniat untuk membeli barang anda.

PT ABADI SELALU
Jl. Pangeran Diponegoro No. 23
JAKARTA SELATAN

Jakarta, 13 Maret 2018

Nomer : 11/12/XII/2018
Hal : Penawaran Barang
Lamp : 1 lembar brosur AP/DG

Kepada
Manager PT Surya Jaya
Jl. Pattimura No. 3
Bandung

Dengan hormat,

Berdasarkan pengamatan kami, perusahaan Saudara sekarang sedang semakin berkembang dan tentunya semakin maju beberapa tahun terakhir ini. Dengan perkembangan tersebut maka harus didukung dengan peralatan kantor yang mencukupi dan sesuai dengan masa kini.

Dalam kesempatan yang baik ini, perusahaan kami bersedia untuk menawarkan beberapa produk alat kantor yang menjadi unggulan di perusahaan kami. Bersamaan ini kami lampirkan 1 lembar brosur sebagai bahan pertimbangan Saudara. Kami meyakini jika Anda memakai produk kantor unggulan yang diproduksi oleh perusahaan kami, maka pegawai Anda dapat bekerja secara efisien dan efektif sehingga akan meningkatkan prospek dari perusahaan.

Kami juga menawarkan promo spesial untuk perusahaan Saudara yaitu berupa pemberian diskon sebesar 10 % jika Saudara membeli produk kami sebelum tanggal 20 September 2016. Garansi dari produk kami adalah 2 tahun dari setiap produknya. Pembayaran bisa dilakukan dengan membayar uang muka sebesar 40 % dari harga total dan cicilannya dapat diangsur sebanyak 3 kali setelah barang sampai di tempat Anda.

Besar harapan kami untuk menerima pesanan dari Saudara. Kami yakin jika Saudara memesan produk kami, akan memberikan keuntungan untuk kedua belah pihak. Atas perhatian dan kerjasama Saudara kami ucapkan terima kasih.

Hormat Kami,
PT. Abadi Selalu,

 

Budi Kurniawan

4. Contoh Surat Niaga Pesanan Barang

Jika perusahaan anda sudah menerima surat penawaran dari perusahaan lain, maka tidak ada salahnya untuk mencoba membeli barang dari perusahaan tersebut. Namun dengan catatan, jika barang yang mereka tawarkan memang sedang dibutuhkan oleh perusahaan anda. Anda bisa membalas surat penawaran tersebut dengan mengirimkan surat pesanan barang, seperti di bawah ini.

TOKO ANIK
Jalan Melati No. 100
Bandar Lampung

Bandar Lampung, 13 Maret 2018

Nomor : 12/DS /EJ/2018
Hal : Pemesanan Alat Perlengkapan Belajar

Kepada Yth
Manager PT. Dondon Pertiwi
Jalan Melati No. 123
Bandar Lampung

Dengan hormat,

Menindaklanjuti surat penawaran anda, tanggal 10 Maret 2018, perihal Alat Perlengkapan Belajar. Dengan ini kami bermaksud memesan :

  1. Meja Belajar 3 buah
  2. Lampu Belajar 10 buah

Keseluruhan barang yang kami pesan harap diterima selambat-lambatnya tanggal 31 Agustus 2015.

Pembayaran terhadap seluruh pesanan kami, akan dilaksanakan 2 hari setelah barang-barang pesanan seluruhnya kami terima. Sebagai bukti, kami akan mengirimkan fotocopy tanda bukti pembayaran.

Atas perhatian dan kerjasama yang baik kami ucapkan terima kasih.

Hormat Kami,
Toko Anik,

 

Budi Kurniawan

5. Contoh Surat Niaga Penawaran Jasa

Sekarang ini ada banyak perusahaan di Indonesia yang bergrak di bidang penyediaan barang dan jasa. Jika perusahaan anda menyediakan jasa tertentu, maka anda bisa menawarkannya kepada perusahaan atau pihak lain. Anda juga bisa memberikan daftar harga dari jasa yang anda tawarkan untuk menarik minat mereka dalam menggunakan jasa yang anda tawarkan.

TEKNIK ENJINER
PERBAIKAN, PEMASANGAN DAN PERAWATAN
Jl. Siti Fatimah Sesela Gunung Sari
Padang

Padang, 13 Maret 2018

No : I/II/2/2017
Hal : Penawaran Jasa Service

Kepada Yth,
Bapak Jamal Kasali
Manajer Hotel Lilisari
Riau

Dengan hormat,

Bersama dengan proposal ini, kami menawarkan kerjasama untuk service dan maintenance AC di tempat yang Bapak/ibu pimpin, baik untuk pemasangan AC baru, yang sudah ada maupun pencucian (steam AC). Pihak kami menyediakan seluruh peralatan dan technical support yang dibutuhkan. Dan kami akan memberitahukan laporan periodic setiap bulan kepada pihak Building Management Anda.

Adapun keuntungan dengan adanya kerja sama service dan tmaintenance ini adalah Gedung perkantoran Anda akan terasa lebih nyaman karna kondisi ruangan yang diatur oleh AC yang terawat secara profesional. Hemat Energi bisa didapat jika pencucian / steam AC dilakukan secara berkala dikarnakan kotoran yang menghambat laju udara akan memperlama proses pendinginan udara diruangan Anda sehingga mesin harus bekerja exstra. Mesin AC awet dan tahan lama pada gedung perkantoran Anda pastinya menjadi salah satu keinginan.

Berikut ini adalah perincian dari biaya pemasangan dan perawatan AC secara berkala :

NO JENIS PEKERJAAN PK HARGA
1 Cleaning AC SPLIT 0,5 – 1 Rp. 85.000
2 Cleaning AC SPLIT 1,5 – 2,5 Rp. 100.000
3 Tambah preon AC Per PK Rp. 125.000
4 Isi preon AC dari 0 Per PK Rp. 165.000
5 Biaya perbaikan Tergantung kerusakan
6 Biaya pasang AC SPLIT 0,5 – 1 Rp. 175.000
7 Biaya pasang AC SPLIT 1,5 – 2,5 Rp. 225.000

Demikian Proposal Penawaran Perbaikan dan Perawatan AC (Air Conditioner) ini kami buat, atas waktu dan perhatiannya kami ucapkan terimakasih.

Hormat Kami,
Teknik Enjiner,

 

Budi Kurniawan

6. Contoh Surat Niaga Pesanan Jasa

Memiliki sebuah kantor atau perusahaan tentu memerlukan perawatan yang intensif, mulai dari interior sampai dengan eksterior kantor. Perawatan ini mencakup berbagai macam hal, mulai dari pemasangan ac, renovasi gedung kantor atau ruangan, pemasangan jaringan internet, jaringan telepon, dan lain sebagainy. Anda juga bisa mengirimkan surat pesanan jasa ketika memerlukan kamar hotel untuk menginap, seperti salah satu contoh di bawah ini.

PT KENCANA NUGRAHA
Jalan Wates Km 3 No.98
Telp.(0274) 556432 Fax.(0274) 556789
Yogyakarta

Yogyakarta, 13 Maret 2018

Nomor : 220/KN/IV/2018
Perihal : Tempahan kamar hotel

Yth. Resepsionis Hotel Mandarin Oriental
Jl. Puri Kembangan No.56
Jakarta Barat

Dengan hormat,

Sesuai pembicaraan kita melalui telepon kemarin, dengan ini kami menempah satu kamar (Suite room) untuk Diretur kami, Fathan Yusuf,SH.

Direktur kami akan check in pada tanggal 15 Maret 2018,pukul 10.00 WIB dan check out pada tanggal 18 Maret 2018. Selama direksi menginap di Hotel Mandarin Oriental semua biaya akan menjadi tanggungan kami.

Atas perhatian Saudara kami ucapkan terima kasih.

Hormat Kami,
PT. Kencana Nugraha,

 

Budi Kurniawan

7. Contoh Surat Niaga Klaim Kerusakan Barang

Ketika membeli barang dari sebuah perusahaan dan menggunakan pengangkutan dalam pengiriman barang tersebut, mungkin saja terjadi musibah dan kerusakan barang di jalan. Memang mungkin saja kerusakan tersebut merupakan kerusakan dari perusahaan pengirim. Untuk memperjelas hal tersebut, maka anda bisa mengirimkan surat klaim kerusakan barang kepada perusahaan pengirim barang tersebut.

TOKO LAGI TREND
Jln. Ketapel No. 10a
Banda Aceh

Banda Aceh, 13 Maret 2018

Nomor : 35/IM/IV/2018

Kepada
PT Elektronik Maju
Jln. Buntu No. 202
Jakarta

Hal         : Pengaduan Kerusakan Barang
Lamp     : 1 (satu) lembar faktur

Dengan hormat,

Barang pesanan dari Saudara yang berupa :

  1. 22 Unit Kulkas
  2. 20 Unit Mesin Cuci
  3. 30 Unit TV
  4. 10 Unit Kipas Angin
  5. 5 Unit AC

Telah kami terima. Atas pelayanan Saudara, kami sampaikan terima kasih.

Pada waktu barang pesanan dibuka, kami sedikit kecewa karena ternyata terdapat 5 Unit Kaca TV yang pecah sehingga tidak dapat dijual.

Oleh sebab itu dengan sangat menyesal, kami menyatakan bahwa 5 unit TV yang pecah akan kami kembalikan, kami mohon Saudara mengirimkan 5 unit TV yang baru. Bersama ini pula kami lampirkan faktur pembelian barang tersebut untuk lebih mempermudah penyelesaian persoalan tersebut.

Atas perhatian Saudara, kami sampaikan terima kasih.

Hormat Kami,
PT. Lagi Trend,

 

Budi Kurniawan

8. Contoh Surat Niaga Pengiriman Barang

Jika perusahaan anda mendapatkan surat pesanan barang dari perusahaan lain, maka ada baiknya kalau anda segera menindaklanjuti surat pesanan tersebut. Anda juga bisa mengirimkan surat pengiriman barang ketika barang yang hendak dibeli sudah dikirimkan. Hal ini untuk meyakinkan pembeli jika perusahaan anda berkomitmen untuk kepuasan pelanggan dan merespon pesanan dengan cepat.

PT. ELEKTRONIK MAJU
Jalan Buntu No. 202
Jakarta

Jakarta, 13 Maret 2018

Nomor       : 205/EM/IV/2018
Lampiran  : 2 (dua) lembar
Hal            : Pemberitahuan Pengiriman Barang

Kepada
CV INGIN MAJU
Jalan Ketapang No. 10a
Banda Aceh

Dengan hormat,

Surat Saudara tertanggal 10 Maret 2018 dengan Nomor: 255/IM/IV/2018 perihal pesanan barang elektronik sudah kami terima dengan baik.

Dengan ini kami beritahukan bahwa barang pesanan telah kami kirim dengan paket kilat ELTEHA. Barang pesanan dikemas menggunakan pengepakan khusus dan kertas rumput agar tidak mengalami kerusakan ditengah perjalanan.

Bersama ini pula kami lampirkan packing list beserta faktur seharga Rp 255.000.000,00 (dua ratus lima puluh lima juta empat rupiah) atas pembelian :

  1. 22 Unit Kulkas
  2. 20 Unit Mesin Cuci
  3. 30 Unit TV
  4. 10 Unit Kipas Angin
  5. 5 Unit Ac

Bersama barang pesanan kami kirimkan pula hadiah langsung berupa 1 Unit TV Led Panasonic 20″ karena Saudara memesan sebelum tanggal 01 Januari 2015, sesuai dengan penawaran dari kami. Setelah barang diterima hendaknya pembayaran segera dilunasi.

Atas perhatian Saudara, kami sampaikan terima kasih.

Hormat Kami,
PT. Elektronik Maju,

 

Budi Kurniawan

9. Contoh Surat Penagihan Pembayaran

Ketika berhasil menjual barang atau jasa kepada orang lain, maka tentu anda akan menunggu atas dilakukannya pembayaran. Pembayaran disini bisa dilakukan dengan cara cash ataupun kredit. Namun terkadang dikarenakan satu dan lain hal, mungkin saja pelanggan anda terlambat dalam melakukan pembayaran. Untuk itu, anda bisa mengirimakn surat tagihan pembayaran atas penjualan barang atau jasa tersebut.

PT. ELEKTRO JAYA
Jl. Telaga Warna No.4
Jakarta Barat

Jakarta, 13 Maret 2018

Nomor    : 17/TB/VII/2018
Lamp      : Faktur Pembelian
Hal         : Penagihan Pembayaran

Kepada
CV. Sinar Terang
Jl. Matahari No. 17
Bengkulu

Dengan hormat,

Melalui surat ini kami memberitahukan bahwa menurut pembukuan kami tertanggal 10 Februari 2018, dengan barang 15 buah Mesin Kopi, yang dikirim atas nama CV. Sinar Terang dengan alamat Jl. Matahari No. 17 Bengkulu, Saudara masih memilki kewajiban yang belum dibayarkan sebesar Rp. 30.000.000 (Tiga Puluh Juta Rupiah) sesuai faktur No.524/FB/VI/2018 yang salinannya kami sertakan pada lampiran surat ini.

Mengingat waktu pada saat ini telah 1 bulan melewati batas waktu yang telah kita sepakati sebelumnya, maka melalui surat ini kami sangat berharap bahwa Saudara dimohon dengan segera untuk melunasinya.

Demikian pemberitahuan ini kami sampaikan atas perhatian dan kerja sama dari Saudara kami ucapkan terima kasih.

Hormat Kami,
PT. Elektro Jaya,

 

Budi Kurniawan

10. Contoh Surat Niaga Pemberitahuan Keterlambatan Pengiriman Barang

Ketika perusahaan anda mendapatkan pesanan pembelian barang, maka tentu saja anda harus segeran menindaklanjuti pesanan tersebut. Anda juga harus mengirimkan barang pesanan dengan cepat, demi kepuasan para pelanggan. Namun jika anda tidak bisa mengirimkan barang dengan cepat dikarenakan satu dan lain hal, maka anda bisa mengirimkan surat pemberitahuan keterlambatan pengiriman barang kepada pelanggan.

PT. MAJU MUNDUR TERUS
Jl. Pangeran Diponegoro No. 123
Jakarta Pusat

Jakarta, 13 Maret 2018

No : 047/CV-PE/XI/2018
Hal : Pemberitahuan Keterlambatan Pengiriman Barang

Kepada Yth,
Purchasing Department
PT. Karya Bakti
Jl. K.L. Yos Sudarso No. 285
Makassar

Menunjuk Purchase Order No. KB-256842 atas pesanan 15 (lima belas) Unit Komputer dan 10 (sepuluh) unit Printer, kami ingin memberitahukan bahwa pesanan untuk kedua barang tersebut di atas sudah kami kirimkan ke PT. Karya Bakti via “Pengangkutan Sedang Maju” pada tanggal 05 Maret 2018. Namun, karena prosedur pengiriman barang di “Pengangkutan Sedang Maju” adalah harus menunggu muat barang penuh dan baru dapat berangkat, maka barang yang kami kirimkan juga harus menunggu untuk dikirimkan. Dan diestimasikan jurusan Jakarta – Makasar dapat berangkat pada tanggal 18 Maret 2018.

Sehubungan dengan deadline penyerahan barang yang tercantum pada Purchase Order tertanggal 05 Maret 2018, kami minta persetujuan dari Bapak/Ibu untuk memberikan perpanjangan waktu penyerahan barang sampai dengan 18 Maret 2018.

Demikianlah kami sampaikan, atas bantuan dan kerjasamanya kami ucapkan terima kasih.

Hormat Kami,
PT. Maju Mundur Terus,

 

Budi Kurniawan

11. Contoh Surat Niaga Permintaan Barang

Jika anda bekerja di kantor cabang sebuah perusahaan besar, maka tentu harus membutuhkan koordinasi dengan kantor pusat dalam berbagai tindakan yang akan diambil. Demikian juga ketika kantor cabang anda membutuhkan beberapa barang, bisa mengirimkan surat permintaan barang kebutuhan tersebut kepada kantor pusat, seperti salah satu contoh di bawah ini.

NUSARAYA BINTANG CENTER
Jln. Jendral Sudirman No. 269
Jakarta

Jakarta, 13 Maret 2018

Nomor       : 01/XII/VM/2018
Lampiran   : –
Hal             : Permintaaan Barang

Kepada Yth,
Pimpinan Kantor Pusat
PT. CITRA JAYA
UP. Divisi ADM
Jl. Danau Besar No. 13
Bogor

Dengan Hormat,

Berdasarkan surat penawaran barang yang di lakukan PT. CITRA JAYA pada kami, maka kami bermaksud memesan barang kepada anda dengan spesifikasi dan harga sesuai dengan yang anda tawarkan kepada kami :

No. Kode Barang Rincian Barang Harga Pokok Satuan Jumlah Keterangan
1 AA 201 Tango Wafer Vanilla Rp. 2.700 20 Barang
2 AA 202 Hello Panda Cokies Rp. 18000 34 Barang
3 AA 203 Biskuit Roma Rp. 1.200 23 Barang
4 AA 204 Biskuit Kong Ghuan Rp. 20.000 12 Barang
5 AA 205 Brownies Rp. 27.500 21 Barang
6 AB 206 Fruit Tea Rp. 1.500 20 Barang
7 AB 207 Pocari Sweat Rp. 3.200 34 Barang
8 AA 208 Teh Botol Sosro Rp. 3.100 23 Barang
9 BB 400 Amplop 1/2 Polio Rp. 3.600 19 Barang
10 BB 401 Pulpen Pilot Rp. 1..600 14 Barang
11 BB 402 Kertas HVS 50 Lbr Rp. 7000 20 Barang
12 BB 403 Penghapus Steadler Rp.  1.200 5 Barang
13 BB 404 Rautan Kecil Rp. 4.000 4 Barang

Kami berharap barang yang kami pesan sesuai yang tercatat dalam surat ini bisa dikirim segera, mengingat perusahaan kami sangat membutuhkan, atas perhatian dan kerjasamanya kami sampaikan terima kasih.

Hormat Kami.,
Kantor Cabang Jakarta
Nusaraya Bintang Center,

 

Budi Kurniawan

12. Contoh Surat Niaga Konfirmasi Pesanan

Jika sebuah perusahaan mengirimkan surat pesanan barang, maka tentu mereka juga mengharapkan konfirmasi dari perusahaan yang dituju. Mereka ingin kepastian, apakah barang tersebut bisa dikirimkan atau tidak. Untuk itu, anda bisa mengirimkan surat konfirmasi pesanan barang yang dipesan oleh perusahaan tersebut kepada perusahaan anda.

PT. USAHA MANDIRI
Jl. Soedirman No.18
Palembang

Palembang, 13 Maret 2018

No. 102/UM/IX/18

Kepada Yth,
Usaha Tirta Jaya
Jl. Soekarno Hatta No 11
Palembang

Hal : Konfirmasi Pesanan Alat – Alat Elektronik

Dengan hormat,

Terima kasih atas pesanan Anda pada tanggal 29 September 2012 via telepon. Dengan ini kami mengkonfirmasikan barang – barang yang anda pesan dan syarat – syarat sebagai berikut :

  1. 6 Unit Setrika Listrik Merek National
  2. 5 Unit Lemari Es Merek Sharp

Terbilang         : Sembilan Juta Rupiah

Pembayaran     : Cash Of Delivery

Penyerahan      : Franco

Setelah ditandatangani, lembar aslinya diseahkan kepada kami.

Demikian surat konfirmasi ini kami perbuat, atas perhatiannya kami mengucapkan banyak terimakasih.

Hormat Kami,
PT. Usaha Mandiri,

 

Budi Kurniawan

13. Contoh Surat Niaga Permintaan Penawaran

Perusahaan anda mungkin saja membutuhkan beberapa barang, namun belum memiliki supplier untuk barang tersebut. Nah, anda bisa mencari informasi mengenai perusahaan mana saja yang menyediakan barang sesuai dengan kebutuhan anda. Jika sudah mendapatkan nama sebuah perusahaan, maka selanjutnya anda bisa meminta surat penawaran dari perusahaan tersebut, untuk mengetahui ketersediaan barang mereka, harga barang yang ditawarkan, dan juga sistem pembayaran yang mereka sediakan.

PT. USAHA MANDIRI
Jl. Soedirman No.18
Palembang

Palembang, 13 Maret 2018

No. 100/PP/IX/18

Yth. Manajer Pemasaran PT. Usaha Tirta Jaya
Jl. Soekarno Hatta No 11
Palembang

Hal : Permintaan Penawaran

Dengan hormat,

Berkenaan dengan tahun anggaran 2018 tersedia anggaran untuk pembelian komputer.

Dari salah seorang relasi, kami memperoleh keterangan bahwa perusahaan Saudara bergerak dibidang peralatan dan perlengkapan mesin kantor yang berkualitas baik.

Sehubungan dengan hal tersebut diatas, kami meminta agar Saudara mengalatan dan dirimkan surat Penawaran mengenai peralatan dan perlengkapan komputer, disertai keterngan  – keterangan sebagai berikut :

  1. Syarat pembayaran.
  2. Syarat penyerahan barang.
  3. Potongan harga yang diberikan.
  4. Jumlah barang yang tersedia.
  5. Layanan purna jual.

Disamping itu, kami minta dikirim leaflet, katalog dan brosur barang tersebut.

Atas perhatian saudara, kami ucapkan terima kasih.

Hormat Kami,
PT. Usaha Mandiri,

 

Budi Kurniawan

14. Contoh Surat Niaga Penawaran Kerjasama

Untuk bisa berkembang dengan pesat, maka sebuah perusahaan tentu membutuhkan kerjasama dengan perusahaan lain. Kerjasama dimaksud bisa berupa penjualan barang ataupun penjualan jasa yang disediakan oleh perusahaan anda. Kerjasama tersebut tentu akan menguntungkan bagi kedua perusahaan, dimana perusahaan lain bisa mendapatkan barang yang mereka inginkan, dan perusahaan anda bisa mendapatkan pelanggan.

PT. Maju Lancar
Jln. Anggrek No. 69
Surabaya
Telp: 061-34567

Surabaya, 13 Maret 2018

Hal     : Penawaran Kerjasama
Lamp. : –

Kepada Yth,
Bpk. Hariyanto
Pimpinan CV. Karya Sentosa
Jln. Bumi Hijau No. 36
Palembang

Dengan hormat,

Kami dari PT. Maju Lancar bermaksud untuk menawarakan kerjasama dengan CV. Karya Sentosa untuk menjadi distributor produk-produk kami yang berupa :

  1. Perlengkapan perabot rumah tangga
  2. Interior tools (wallpaper, karpet, tikar, dll)

Kami dari perusahaan akan memberikan kompensasi yang bisa dinegosiasikan kepada CV. Karya Sentosa jika bersedia menjadi distributor resmi produk dari perusahaan kami.

Mekanisme mengenai kerjasama dapat kami jelaskan lebih lanjut apabila CV. Karya Sentosa tertarik dengan penawaran kerjasama yang kami sampaikan.

Demikian surat penawaran kerjasama ini, atas perhatian dan kerjasamanya kami ucapkan terimakasih.

Hormat Kami,
PT. Maju Lancar,

 

Budi Kurniawan

15. Contoh Surat Niaga Penolakan Pesanan

Ketika mendapatkan pesanan barang dari perusahaan lain, tentu akan harus berusaha untuk menerima pesanan tersebut. Namun tidak selamanya demikian, karena bisa saja anda tidak bisa mengirimkan barang sesuai permintaan. Hal ini mungkin saja terjadi dikarenakan barang sedang tidak tersedia atau hal – hal lain yang tidak bisa anda usahakan. Untuk itu, maka anda harus mengirimkan surat penolakan pesanan agar tidak mengecewakan pelanggan, dan pelanggan anda juga berkesempatan untuk mencari supplier lain.

PT. SUMBER ABADI
Jl.Kebumen No. 40 Purwokerto
Telp (021) 554045

Purwokerto, 13 Maret 2018

Nomor : 050/SA/lV/2018

Kepada Yth,
Manager PT. Nusantara Jaya
Jl. Hayam Wuruk No. 04
Bandung

Perihal : Penolakan pesanan

Dengan hormat,

Terima kasih kami sampaikan atas surat pesanan Saudara pada tanggal 11 Maret 2018 dengan No. 054/NI/lV/2018, yang berisi pesanan 10 komputer merk Toshiba dengan pembayaran yang akan dilakukan secara cash on delivery.

Untuk Saudara ketahui, bahwa persediaan barang untuk komputer merk Toshiba diperusahaan kami saat ini sedang tidak tersedia, kemungkinan barang tersebut akan tersedia kembali pada tanggal 20 Maret 2018, maka dengan sangat menyesal pesanan saudara tidak dapat kami penuhi atau dengan kata lain, kami tolak.

aami yakin Saudara dapat memahami alasan tersebut.Atas penolakan ini kami mohon maaf dan untuk perhatiannya kami ucapkan terima kasih.

Hormat Kami,
PT. Selalu Sukses,

 

Budi Kurniawan

Kesimpulan Dan Pentinya Surat Niaga

Jika dilihat dari manfaat surat niaga, maka surat niaga memiliki manfaat yang sangat besar. Bahkan bisa dibilang kalau surat niaga dibuat demi mengeruk keuntungan sebesar mungkin untuk sebuah perusahaan. Bagaimana tidak?, surat niaga diperbuat demi kelancaran bisnis. Dan anda tentu setuju kalau bisnis yang lancar akan mendatangkan keuntungan yang lebih besar.

Sekarang ini ada sangat banyak perusahaan di Indonesia yang bergerak di bidang penyediaan barang maupun jasa. Dan kedua tipe perusahaan ini tentu membutuhkan kolega atau pelanggan untuk membeli barang mereka dan menggunakan jasa yang mereka sediakan.

Bukan hanya penyedia barang dan jasa, surat niaga juga sangat diperlukan oleh perusahaan pembeli barang dan pengguna jasa. Ketika hendak membeli barang atau menggunakan jasa, maka perusahaan tersebut tentu harus mengirimkan surat pesanan terlebih dahulu kepada perusahaan penyedia barang dan jasa.

Maka tidak bisa dipungkiri kalau contoh surat niaga memiliki manfaat dan kepentingan yang sangat besar. Bukan hanya untuk perusahaan penyedia barang dan jasa, namun untuk perusahaan pembeli dan pengguna jasa juga.

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *