Connect with us

Contoh Surat Resmi


Contoh Surat

15 Contoh Surat Masuk Perusahaan Paling Lengkap dan Terbaru

Contoh Surat Masuk – Seiring dengan perkembangan zaman dan kemajuan teknologi yang semakin canggih, penggunaan surat juga semakin ditinggalkan. Namun jika perseorangan sudah meninggalkan surat sebagai media komunikasi, tidak demikian dengan perusahaan, instansi pemerintahan, maupun lembaga dan organisasi.

Ada berbagai macam surat yang biasanya dipakai oleh perusahaan dan kelompok atau perkumpulan lainnya setiap hari. Surat tersebut termasuk ke dalam surat resmi, dimana penggunaan bahasa dan kalimat harus sopan, serta sesuai dengan EYD.

Contoh Surat Masuk

Berdasarkan jenisnya, maka surat terbagi menjadi 2 bagian, yakni surat masuk dan surat keluar. Jika diartikan secara sederhana, maka surat masuk merupakan surat yang diterima oleh sebuah perusahaan ataupun instansi yang berasal dari perseorangan maupun perusahaan lain. Sedangkan surat keluar merupakan surat yang diberikan atau ditujukan kepada orang lain.

Surat masuk memiliki banyak tujuan dan jenis, tergantung tujuan dari pengirim surat tersebut. Jika perusahaan anda merupakan sebuah perusahaan produsen barang, maka surat yang anda terima setiap harinya kemungkinan adalah surat pesanan, surat permintaan penawaran, surat konfirmasi pembayaran, surat permintaan penangguhan pembayaran, surat klaim kerusakan barang yang dikirim, dan berbagai jenis surat lainnya.

Dalam surat  masuk, sama sekali anda tidak bekerja untuk membuat surat, karena surat masuk merupakan surat yang anda terima. Surat tersebut nantinya akan disimpan dan dijadikan arsip kantor. Berikut adalah beberapa contoh surat masuk perusahaan, instansi pemerintahan, dan lainnya.

1. Contoh Surat Pesanan Barang

Jika perusahaan anda merupakan perusahaan yang bergerak di bidang produksi barang ataupun penyediaan barang, maka anda tentu akan sering mendapatkan surat pesanan setiap harinya. Salah satu contoh surat masuk ini akan membutuhkan tindak lanjut dari perusahaan anda, yakni mengirimkan atau memberikan barang yang dipesan oleh pelanggan.

CV DUA SAUDARA
Jln. Ahmad Yani No.110 Bandung
Telp(022)777333 faks(022)688366

Bandung, 1 April 2018

Nomor : 101/DS/IV/18
Hal : Pesanan Barang

Yth.
PT. MAJU MUNDUR
Jl. Ragunan No. 123
di Jakarta

Dengan Hormat,

Berdasarkan surat penawaran Saudara No. 72/SA/IV/18 tanggal 30 Maret 2018, kami memesan barang-barang sebagai berikut :

  1. 5 Buah Kompor listrik 120 Volt/ 120 watt @Rp700.000
  2. 5 Buah lemari es merk sanyo tipe 10b/12 volt @Rp2.000.000
  3. 1 Buah kipas angin merk nasional @Rp150.000

Pembayaran akan kami lakukan secara Cash On Delivery di kantor kami, dengan alamat yang Tertera pada kop surat. Kami harap sebelum tanggal 7 Mei 2015 barang-barang telah kami terima.

Atas perhatian dan kerjasama Saudara, kami ucapkan terimakasih.

Hormat Kami,

 

Anton Jaya

2. Contoh Surat Pesanan Jasa

Jika sebelumnya pada poin diatas kita membahas surat pesanan barang, maka sekarang adalah surat pesanan barang. Surat pesanan jasa akan anda terima jika perusahaan anda menyediakan jasa yang bisa dipakai ataupun digunakan oleh orang lain, seperti jasa perbaikan, perawatan, ataupun reparasi AC. Surat ini akan anda terima dari perusahaan – perusahaan yang membutuhkan jasa perusahaan anda.

CV. JAYA SELALU
Jln. Ketang No. 10a
Jakarta

Jakarta, 1 April 2018

Nomor: 255/IM/IV/2018
Lampiran: –
Perihal : Pesanan Jasa Perbaikan AC

Kepada Yth,
PT. MAJU MUNDUR
Jl. Ragunan No. 123
di Jakarta

Dengan Hormat,

Berdasarkan informasi dari surat yang telah saudara ajukan, kami berkeinginan untuk memesan jasa yang anda sediakan untuk perbaikan dan reparasi semua AC yang ada di kantor kami.

Kami berharap anda segera menindaklanjuti pesanan kami dan segera mengirim teknisi untuk perbaikan dan reparasi semua AC yang ada di kantor kami.

Pembayaran kami lakukan secara kredit sesuai dengan ketentuan dari perusahaan saudara. Pembayaran pertama akan kami lakukan setelah menerima barang dalam keadaan baik.

Kami berharap bisa menerima pelayanan anda secepat mungkin. Atas perhatiannya kami ucapkan terima kasih.

Hormat kami,

 

Anton Jaya

3. Contoh Surat Penawaran Barang

Contoh surat masuk selanjutnya adalah surat penawaran barang. Perusahaan anda mungkin saja akan menerima surat penawaran barang dari perusahaan lain. Jika perusahaan anda memang  membutuhkan barang yang ditawarkan, maka anda bisa menindak lanjuti surat tersebut dan meminta daftar harga ataupun informasi lainnya.

PT ABADI SELALU
Jl. Pangeran Diponegoro No. 23
JAKARTA SELATAN

Jakarta, 1 April 2018

Nomor : 11/12/XII/2018
Hal : Penawaran Barang
Lamp : 1 lembar brosur AP/DG

Kepada Yth,
PT. MAJU MUNDUR
Jl. Ragunan No. 123
di Jakarta

Dengan hormat,

Berdasarkan pengamatan kami, perusahaan Saudara sekarang sedang semakin berkembang dan tentunya semakin maju beberapa tahun terakhir ini. Dengan perkembangan tersebut maka harus didukung dengan peralatan kantor yang mencukupi dan sesuai dengan masa kini.

Dalam kesempatan yang baik ini, perusahaan kami bersedia untuk menawarkan beberapa produk alat kantor yang menjadi unggulan di perusahaan kami. Bersamaan ini kami lampirkan 1 lembar brosur sebagai bahan pertimbangan Saudara. Kami meyakini jika Anda memakai produk kantor unggulan yang diproduksi oleh perusahaan kami, maka pegawai Anda dapat bekerja secara efisien dan efektif sehingga akan meningkatkan prospek dari perusahaan.

Kami juga menawarkan promo spesial untuk perusahaan Saudara yaitu berupa pemberian diskon sebesar 10 % jika Saudara membeli produk kami sebelum tanggal 20 September 2016. Garansi dari produk kami adalah 2 tahun dari setiap produknya. Pembayaran bisa dilakukan dengan membayar uang muka sebesar 40 % dari harga total dan cicilannya dapat diangsur sebanyak 3 kali setelah barang sampai di tempat Anda.

Besar harapan kami untuk menerima pesanan dari Saudara. Kami yakin jika Saudara memesan produk kami, akan memberikan keuntungan untuk kedua belah pihak. Atas perhatian dan kerjasama Saudara kami ucapkan terima kasih.

Hormat kami,

 

Anton Jaya

4. Contoh Surat Penawaran Jasa

Sebagai sebuah perusahaan yang beroperasi setiap hari kerja, tentu ada banyak jasa yang harus anda gunakan. Mulai dari jasa karyawan sampai dengan jasa dari perusahaan lain. Jasa dari perusahaan lain adalah seperti jasa perbaikan AC, perbaikan perangkat dan peralatan kantor, sampai dengan jasa pengangkutan. Jika anda berminat dengan jasa yang ditawarkan, maka anda bisa menindaklanjuti surat masuk tersebut.

PT. SEGAR ALAM ABADI
Ruko Edelwis Permai Blok AB3 No. 4  Jl. Raya  Wangi Teh Melati Km. 3,8 Bandung 670977
Telp. 022 332769 Fax. 022 332766 Mobile. 09762467925
Website: www.segaralamabadi.com Email: [email protected]

Bandung, 1 April 2018

Nomor                 : 005/PTSAB/60/VIII/2018
Perihal                 : Penawaran Jasa
Lampiran            : –

Kepada
PT. MAJU MUNDUR
Jl. Ragunan No. 123
di Jakarta

Dengan hormat,

Perkenalkan,kami dari PT. Segar Alam Abadi yang dalam hal ini kami bergerak di bidang jasa pengiriman barang. Baik dalam ataupun Luar pulau,kami berniat menawarkan bentuk kerja  sama dalam bidang expedisi.besar harapan kami bisa membantu pendistribusiannya.adapun service yang kami berikan DOOR to DOOR,Cy to DOOR,atau pun Cy to Cy.

Kami juga melayani trucking untuk seluruh wilayah Indonesia. Disini kami memprioritaskan keamanan, kenyamanan coustemer. Kami berusaha berkomit dengan LEAD time yang kami berikan.jika,kedepannya Bapak/ Ibu berkehendak membutuhkan jasa kami.dengan senang hati,kami akan memberikan penawaran  harga.

Sekian surat penawarn ini kami sampaikan, atas perhatian dan partisipasi Bapak/ Ibu, kami ucapkan terima kasih.

PT. Segar Alam Abadi,

 

Anton Jaya

5. Contoh Surat Undangan Rapat Perusahaan

Surat undangan perusahaan ini akan anda terima jika perusahaan anda merupakan perusahaan yang memiliki banyak cabang. Mungkin saja anda yang berada di kantor cabang menerima surat dari kantor pusat perihal undangan rapat.

PT. MAJU MUNDUR
Jl. Perjuangan No. 123
Medan

Medan, 1 April 2018

Nomor        : 010/URP/MB/IV/2018
Lampiran   : –
Hal              : Undangan Rapat Perusahaan

Yth.
PT. MAJU MUNDUR Cabang Jakarta
Jl. Ragunan No. 123
di Jakarta

Dengan hormat,

Sehubungan dengan akan diadakannya evaluasi kerja tahunan perusahaan PT. MAJU MUNDUR, kami bermaksud mengundang Bapak untuk menghadiri rapat yang akan dilaksanakan pada :

Hari/Tanggal : Senin/2 April 2018
Waktu : 09.00 – Selesai
Tempat : Kantor Pusat PT. Maju Mundur

Demikian surat undangan ini kami sampaikan, mengingat pentingnya acara rapat ini maka kami sangat mengharapkan kehadiran Bapak.

Atas perhatian dan kedatangannya kami ucapkan terima kasih.

Hormat kami,

 

Anton Jaya

6. Contoh Surat Penawaran Kerjasama

Contoh surat masuk selanjutnya yang mungkin anda terima adalah contoh surat penawaran kerjasama. Jika perusahaan anda terlihat sukses dan merupakan perusahaan yang bagus di mata orang lain, maka bukan tidak mungkin kalau anda akan mendapatkan penawaran kerjasama dari perusahaan lain. Kerjasama tersebut tentunya akan memberikan keuntungan bagi perusahaan tersebut dan juga bagi perusahaan anda.

PT. MAJU LANCAR
Jln. Anggrek No. 69 Surabaya
Telp: 12345

Surabaya, 1 April 2018

Hal     : Penawaran Kerjasama
Lamp. :

Kepada Yth,
PT. MAJU MUNDUR
Jl. Ragunan No. 123
di Jakarta

Dengan hormat,

Kami dari PT. Maju Lancar bermaksud untuk menawarakan kerjasama dengan PT. MAJU MUNDUR untuk menjadi distributor produk-produk kami yang berupa :

  1. Perlengkapan perabot rumah tangga
  2. Interior tools (wallpaper, karpet, tikar, dll)

Kami dari perusahaan akan memberikan kompensasi yang bisa dinegosiasikan kepada PT. MAJU MUNDUR jika bersedia menjadi distributor resmi produk dari perusahaan kami.

Mekanisme mengenai kerjasama dapat kami jelaskan lebih lanjut apabila PT. MAJU MUNDUR tertarik dengan penawaran kerjasama yang kami sampaikan.

Demikian surat penawaran kerjasama ini, atas perhatian dan kerjasamanya kami ucapkan terimakasih.

Hormat Kami,

 

Anton Jaya

7. Contoh Surat Konfimasi Pesanan Barang

Ketika membutuhkan sebuah atau beberapa barang untuk kebutuhan kantor, maka tentu anda harus membuat surat pesanan kepada perusahaan lain. Setelah perusahaan tersebut menerima surat dari anda, mereka juga akan mengirimkan surat konfimasi bahwa pesanan anda sudah diterima dan memperjelas pesanan anda.

PT KARYA ELEKTRIK
Jln. Jendral Sudirman No. 2
Purwokerto Timur

Purwokerto, 1 April 2018

Nomor : 160/KE/X/2018
Lamp   :-
Hal       :Konfirmasi  Pesanan

Kepada Yth,
PT. MAJU MUNDUR
Jl. Ragunan No. 123
di Jakarta

Dengan hormat

Berkaitan dengan surat pesanan saudara tanggal 30 Maret 2018 nomor 127/PP/XI/2018 telah kami terima dengan baik. Kami bermaksud untuk memastikan barang yang saudara pesan yaitu :

No Nama Barang Jumlah Barang Harga
1 Komputer Merk Acer 2 @ Rp 4.500.000,-
2 Mesin Fotokopi 3 @ Rp 5.800.000,-
3 Printer 2 @ Rp 800.000,-
4 Mesin Penjilid 2 @ Rp 1.300.000,-

Kami akan mengirimkan pesanan saudara pada tanggal 5 April 2018 dengan menggunakan transportasi darat yaitu kereta api. Pembayaran dilakukan setelah barang dikirim, melalui Bank BRI dengan nomor rekening 0071739-3938-338.

Demikian surat ini kami sampaikan, atas perhatiannya kami ucapkan terimakasih.

Hormat Kami,

 

Anton Jaya

8. Contoh Surat Penolakan Pesanan

Ketika mengirimkan surat pesanan barang kepada perusahaan lain, maka belum tentu perusahaan tersebut menerima dan memberikan pesanan anda. Hal ini mungkin saja terjadi kalau misalnya stock barang mereka sedang kosong dan tidak memberikan barang pesanan anda. Untuk itu, anda akan menerima contoh surat masuk berupa surat penolakan pesanan dari perusahaan tersebut.

PT. SUMBER ABADI
Jl.Kebumen No. 40 Purwokerto
Telp (021) 55404

Kebumen, 1 April 2018

Nomor : 050/SA/lV/2018
Perihal : Penolakan pesanan

Kepada Yth,
PT. MAJU MUNDUR
Jl. Ragunan No. 123
di Jakarta

Dengan hormat,

Terima kasih kami sampaikan atas surat pesanan Saudara pada tanggal 30 Maret 2018 dengan No. 054/NI/lV/2018, yang berisi pesanan 10 komputer merk Toshiba dengan pembayaran yang akan dilakukan secara cash on delivery.

Untuk Saudara ketahui, bahwa persediaan barang untuk komputer merk Toshiba diperusahaan kami saat ini sedang tidak tersedia, kemungkinan barang tersebut akan tersedia kembali pada tanggal 5 April 2018, maka dengan sangat menyesal pesanan saudara tidak dapat kami penuhi atau dengan kata lain, kami tolak.

Kami yakin Saudara dapat memahami alasan tersebut.Atas penolakan ini kami mohon maaf dan untuk perhatiannya kami ucapkan terima kasih.

Hormat Kami,

 

Anton Jaya

9. Contoh Surat Perkenalan dari Perusahaan Lain

Contoh surat masuk selanjutnya adalah surat perkenalan dari perusahaan lain. Surat ini berasal dari perusahaan yang mungkin saja merupakan perusahaan baru ataupun memiliki produk terbaru yang ingin diperkenalkan kepada anda. Surat perkenalan ini dimaksudkan untuk menarik minat anda dalam membeli produk baru yang mereka tawarkan.

PT SAUDARA SEJAHTERA
PRODUSEN BERBAGAI MACAM CAT
JL. Mentari No. 25, Jakarta
Telp. (xxxx) xxxxxx . Fax. xxxxxx
Email : [email protected]

Jakarta, 1 April 2018

No.      : 20/PWK/05/2018
Lamp. : –
Hal      : Perkenalan Produk

Kepada Yth,
PT. MAJU MUNDUR
Jl. Ragunan No. 123
di Jakarta

Dengan hormat,

PT Saudara Sejahtera adalah perusahaan yang bergerak dibidang produksi berbagai macam cat. Hingga saat ini telah melayani 500 outlet atau toko di berbagai kota di Pulau Jawa atau diluar pulau Jawa. Dalam kesempatan ini kami mencoba kemungkinan di masa yang akan datang dapat membantu menyediakan pasokan berbagai jenis cat untuk usaha yang Bapak pimpin. Adapun untuk harga dan layanan penjualan dan purna jual akan tetap kami jamin dengan memuaskan.

Demikian perkenalan kami dan untuk di masa yang akan datang kami berharap dapat membantu penyediaan kebutuhan cat untuk usaha Bapak. Atas perhatian Bapak kami ucapkan terima kasih.

Hormat kami,

 

Anton Jaya

10. Contoh Surat Permintaan Penawaran

Jika perusahaan anda merupapakan perusahaan produsen barang ataupun perusahaan penyedia barang, maka tentu anda akan pernah menerima surat permintaan penawaran dari perusahaan lain. Surat tersebut berisikan permintaan dari perusahaan lain kepada anda untuk mengirimkan surat penawaran. Anda pun selanjutnya bisa memberikan surat penawaran beserta informasi yang diminta oleh perusahaan tersebut.

PT KEDALI UTAMA
Jl. Pahlawan No 4
Jakarta

Jakarta, 1 April 2018

No          : 121/IX/8479/06/2018
Perihal    : Permintaan Penawaran Produk

Kepada Yth,
PT. MAJU MUNDUR
Jl. Ragunan No. 123
di Jakarta

Dengan Hormat,

Sehubungan dengan Surat Pengenalan Produk yang telah Bapak/Ibu kirim sebelumnya, kami tertarik untuk membeli berbagai kebutuhan peralatan kantor yang Anda tawarkan.

Untuk itu kami mohon Bapak/Ibu dapat mengirimkan beberapa informasi yang kami butuhkan sebagai berikut :

  1. Rincian Barang yang lebih detail
  2. Daftar Harga
  3. Cara pemesanan dan pembayaran

Pemesanan akan kami lakukan setelah mempertimbangkan kembali informasi diatas yang telah kami terima. Semoga surat ini menjadi awal hubungan kerjasama yang baik antar perusahaan kita.

Atas perhatian Bapak/Ibu, kami ucapkan terima kasih.

Hormat Kami,

 

Anton Jaya

11. Contoh Surat Pemberitahuan Pengiriman Barang

Ketika anda mengirim surat pesanan kepada perusahaan lain, tentu perusahaan tersebut akan menindak lanjuti pesanan anda. Mereka akan mengirimkan barang anda segera sesuai dengan kesepakatan antara anda dengan mereka. Setelah mengirimkan barang, maka biasanya anda akan menerima contoh surat masuk, yakni surat pemberitahuan pengiriman barang dari perusahaan tersebut.

PT. ELEKTRONIK MAJU
Jalan Buntu No. 202
Jakarta

Jakarta, 1 April 2018

Nomor       : 205/EM/IV/2018
Lampiran  : 2 (dua) lembar
Hal            : Pemberitahuan Pengiriman Barang

Kepada Yth,
PT. MAJU MUNDUR
Jl. Ragunan No. 123
di Jakarta

Dengan hormat,

Surat Saudara tertanggal 28 Maret 2018 dengan Nomor: 255/IM/IV/2018 perihal pesanan barang elektronik sudah kami terima dengan baik.

Dengan ini kami beritahukan bahwa barang pesanan telah kami kirim dengan paket kilat ELTEHA. Barang pesanan dikemas menggunakan pengepakan khusus dan kertas rumput agar tidak mengalami kerusakan ditengah perjalanan.

Bersama ini pula kami lampirkan packing list beserta faktur seharga Rp 255.000.000,00 (dua ratus lima puluh lima juta empat rupiah) atas pembelian :

  1. 22 Unit Kulkas
  2. 20 Unit Mesin Cuci
  3. 30 Unit TV
  4. 10 Unit Kipas Angin
  5. 5 Unit Ac

Bersama barang pesanan kami kirimkan pula hadiah langsung berupa 1 Unit TV Led Panasonic 20″ karena Saudara memesan sebelum tanggal 01 Januari 2015, sesuai dengan penawaran dari kami. Setelah barang diterima hendaknya pembayaran segera dilunasi.

Atas perhatian Saudara, kami sampaikan terima kasih.

Hormat kami,

 

Anton Jaya

12. Contoh Surat Penagihan

Ketika anda membeli barang dari perusahaan lain, anda mungkin saja membeli dengan cara kredit dan perusahaan tersebut akan menetapkan batas tenggat waktu pembayaran dari anda. Namun jika anda belum juga membayar setelah jatuh tempo, maka anda akan menerima surat penagihan dari perusahaan tersebut, untuk mengingatkan anda agar segera membayar tagihan yang belum anda lunasi.

PT. ELEKTRO JAYA
Jl. Telaga Warna No.4
Jakarta Barat

Jakarta, 1 April 2018

Nomor    : 17/TB/VII/2018
Lamp         : Faktur Pembelian
Hal         : Penagihan Pembayaran

Kepada Yth,
PT. MAJU MUNDUR
Jl. Ragunan No. 123
di Jakarta

Dengan hormat,

Melalui surat ini kami memberitahukan bahwa menurut pembukuan kami tertanggal 1 Maret 2018, dengan barang 15 buah Mesin Kopi, Saudara masih memilki kewajiban yang belum dibayarkan sebesar Rp. 30.000.000 (Tiga Puluh Juta Rupiah) sesuai faktur No.524/FB/VI/2018 yang salinannya kami sertakan pada lampiran surat ini.

Mengingat waktu pada saat ini telah 1 bulan melewati batas waktu yang telah kita sepakati sebelumnya, maka melalui surat ini kami sangat berharap bahwa Saudara dimohon dengan segera untuk melunasinya.

Demikian pemberitahuan ini kami sampaikan atas perhatian dan kerja sama dari Saudara kami ucapkan terima kasih.

Hormat kami,

 

Anton Jaya

13. Contoh Surat Penangguhan Pembayaran

Ketika menjual barang atau produk kepada perusahaan lain, mungkin saja perusahaan tersebut tidak membayar secara cash, melainkan secara kredit. Untuk itu, maka anda bisa memberikan mereka tenggat waktu batas pembayaran. Namun jika mereka tidak juga membayar sesuai tenggat waktu yang sudah ditentukan, maka anda mungkin akan menerima contoh surat masuk dari mereka, yakni surat penangguhan pembayaran, sekaligus meminta maaf kepada anda atas keterlambatan pembayaran tersebut.

CV. INGIN MAJU
Jl. Ketapang No. 10a
Banda Aceh

Banda Aceh, 1 April 2018

No : 43/IM/V/2018
Hal : Penangguhan Pembayaran

Kepada Yth,
PT. MAJU MUNDUR
Jl. Ragunan No. 123
di Jakarta

Dengan Hormat,

Kami beritahukan kepada saudara bahwa menurut buku catatan kami, bahwa kami masih mempunyai sisa hutang Rp. 20.000.000 (dua puluh juta rupiah), yaitu faktur no. 210/EM/IV/2018 yang harus lunas pada tanggal 30 Maret 2018 yang akan datang.

Berhubung pada akhir-akhir ini di daerah pertokoan kami sering terjadi kerusuhan dab bahkan sebagian toko kami ada yang terbakar, maka usaha kami mengalami kemunduran bahkan barang-barang yang baru saja kami datangkan dari perusahaan Saudara belum sempat kami pasarkan.

Berkenaan dengan keadaan itu, kami mohon kerelaan saudara agar faktur tersebut dapat ditunda pembayarannya sampai pada pertengahan April bulan ini.

Mudah-mudahan kelonggaran waktu yang Saudara berikan kepada kami dapat kami pergunakan untuk berusaha semaksimal mungkin sehingga dapat melunasi hutang tersebut tepat pada waktu yang kami janjikan.

Demikianlah pemberitahuan kami. Atas perhatian dan kerjasama Saudara, kami ucapkan banyak terima kasih.

Hormat Kami,

 

Anton Jaya

14. Contoh Surat Pengiriman Pembayaran

Contoh surat masuk selanjutnya adalah contoh surat masuk berupa pengiriman pembayaran. Ketika anda menjual dan mengirimkan barang kepada salah satu perusahaan, dan perusahaan tersebut sudah menerima barang dari anda, serta tidak memiliki komplain, maka sudah sewajibnya bagi mereka untuk segera melakukan pembayaran kepada anda. Untuk itu, anda akan menerima contoh surat masuk dari mereka, yakni surat pengiriman pembayaran sekaligus menerima bukti pembayaran yang sudah mereka lakukan.

CV. INGIN MAJU
Jalan Ketapang No. 10a
Banda Aceh

Banda Aceh, 1 April 2018

Nomor: 210/EM/IV/2018
Hal           : Pengiriman Pembayaran
Lampiran  : Bukti Pengiriman Pembayaran

Kepada Yth,
PT. MAJU MUNDUR
Jl. Ragunan No. 123
di Jakarta

Dengan hormat,

Kami beritahukan bahwa kiriman barang Saudara tanggal 25 Maret 2018 telah kami terima dengan baik. Kami sangat senang atas pelayanan yang Saudara berikan.

Sesuai dengan persetujuan bahwa total pembayaran barang yaitu sebesar Rp 70.000.000,00 (Tujuh puluh juta rupiah). Kami kirimkan Rp 50.000.000,00 (Lima puluh juta rupiah) melalui Bank BRI Cabang Jakarta Pusat. Sisanya sebesar Rp 20.000.000,00 (Dua puluh juta rupiah) akan kami lunasi pada tanggal 1 Mei 2018. Bersama ini pula kami lampirkan bukti pembayaran.

Atas perhatian dan pelayanan baik dari Saudara kami ucapkan terimakasih.

Hormat Kami,

 

Anton Jaya

15. Contoh Surat Pengaduan

Contoh surat masuk yang mungkin saja anda terima adalah surat pengaduan dari perusahaan lain. Ketika perusahaan lain menerima barang yang dipesan dari perusahaan anda, namun menemui  kerusakan ataupun kekurangan barang, maka mereka akan mengirimkan surat pengaduan barang kepada anda terkait masalah tersebut.

CV. INGIN MAJU
Jalan Lurus No. 123
Tangerang

Tangerang, 1 April 2018

Nomor  :  123/MM/IV/2018
Hal :  Pengaduan Kerusakan Barang

Kepada Yth,
PT. MAJU MUNDUR
Jl. Ragunan No. 123
di Jakarta

Dengan hormat,

Barang kiriman Saudara yang berupa 8 (delapan) buah Air Conditioner merk “Central” telah kami terima. Atas pelayanan Saudara, kami sampaikan terima kasih.

Pada waktu barang akan digunakan, kami sedikit kecewa karena ternyata ada 2 (dua) buah Air Conditioner yang tidak keluar udara sejuknya.

Sesuai dengan perjanjian Saudara yang akan memberikan garansi 1 (satu) tahun dan apabila terdapat kerusakan akan memberikan pelayanan untuk memperbaiki secara cuma-cuma, maka kami mohon Saudara mengirimkan montir untuk memperbaiki barang tersebut.

Atas perhatian Saudara, kami sampaikan terima kasih.

Hormat kami,

 

Anton Jaya

Kesimpulan Contoh Surat Masuk

Sebagai sebuah perusahaan, tentu saja anda akan mendapatkan atau menerima banyak surat dari pihak lain. Surat yang anda terima dari pihak lain tersebut adalah merupakan contoh surat masuk. Ada berbagai macam surat masuk yang mungkin saja anda terima, semua tergantung perusahaan anda.

Jika perusahaan anda merupakan perusahaan produksi barang ataupun penyedia jasa, maka kemungkinan besar surat yang anda terima tidak akan jauh dari surat – surat niaga, yakni seperti contoh – contoh di atas. Selanjutnya semua surat yang masuk ke perusahaan anda bisa anda tindak lanjuti demi kepuasan piha lain atas pelayanan anda.

Contoh – contoh surat masuk yang anda terima juga harus anda simpan dan arsipkan di dalam kantor sebagai alat bukti atau dokumen yang mungkin saja berguna di kemudian hari bagi perusahaaan anda.

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Lainnya terkait Contoh Surat