Connect with us

Contoh Surat Resmi

Contoh Surat

15 Contoh Surat Lamaran Pekerjaan Terlengkap yang Baik dan Benar

Contoh Surat Lamaran Pekerjaan – Memiliki pekerjaan yang mumpuni dan berpenghasilan cukup tentu merupakan sesuatu hal yang sangat menyenangkan. Namun kita tentu sudah tahu kalau mencari pekerjaan saat ini bukanlah perkara yang mudah. Jumlah para pencari kerja yang banyak dengan lowongan kerja yang hanya sedikit adalah salah satu penyebabnya.

Untuk memiliki pekerjaan, maka hal pertama yang harus anda lakukan adalah mencari lowongan pekerjaan. Dan jika anda menemukan lowongan yang cocok dengan anda, barulah membuat surat lamaran pekerjaan dan mengantarkannya pada perusahaan atau instansi tersebut.

Ada juga yang mencari pekerjaan karena ingin mencari suasana baru yang lebih fresh. Setelah bosan bekerja di salah satu tempat dengan berbagai alasan, anda memutuskan untuk keluar dan berhenti, tentu harus membuat surat lamaran pekerjaan terlebih dahulu untuk bisa mendapatkan pekerjaan baru.

Contoh Surat Lamaran Pekerjaan

Ada banyak contoh surat lamaran pekerjaan, namun tujuannya tetap sama. Surat lamaran yang ditujukan untuk perusahaan swasta tentu akan berbeda dengan surat lamaran sebagai PNS atau pegawai negeri sipil. Anda harus membuat surat lamaran pekerjaan tersebut semenarik mungkin, agar berkesempatan dipanggil untuk interview atau wawancara.

Pada saat interview atau wawancara tersebutlah nantinya anda bisa menjelaskan mengenai potensi diri yang anda miliki, hingga bisa diterima bekerja di perusahaan tujuan anda. Jika anda masih kurang paham dengan contoh surat lamaran pekerjaan, maka beberapa contoh di bawah ini mungkin akan berguna untuk anda.

1. Contoh Surat Lamaran Pekerjaan Perusahaan Swasta

Jika ingin bekerja di sebuah perusahaan swasta, maka hal yang harus anda lakukan pertama kali adalah membuat surat lamaran untuk perusahaan tersebut. Anda bisa menjelaskan potensi diri yang anda miliki dan melampirkan beberapa berkas yang sesuai dengan persyaratan dari perusahaan tujuan anda bekerja.

Kepada Yth.
PT. Ideal Geta Granitemas Indonesia,
Jl. Baliwerti No. 119-121 Kav. 10,Surabaya 60174 Jawa Timur,Indonesia

Surabaya, 20 Februari 2018

Dengan Hormat,

Saya yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama :  Budi Wijaya
Tempat/Tanggal Lahir : Surabaya/20/09/1990
Alamat : Jl. Jatinegara No. 123 Surabaya
No. HP : 0821 3875 8865

Berkenaan dengan ini, kami mengajukan surat lamaran  kepada Bapak / Ibu Pimpinan agar sekiranya diterima sebagai karyawan perusahaan yang Bapak / Ibu Pimpin. Untuk dijadikan bahan penilaian, saya juga sertakan lampiran berikut ini :

  1. Foto copy KTP
  2. Foto Copy Ijazah Terakhir
  3. Daftar Riwayat Hidup
  4. Pas Foto 4×6
  5. Fotocopy SKCK
  6. Foto Copy Kartu Keluarga

Demikianlah agar digunakan sebagai bahan pemeriksaan, tinggi harapan saya agar bisa diterima di perusahaan yang Bapak / Ibu Pimpinan. Kami ucapkan terima kasih sebesar-besarnya atas perhatian dan terkabulnya permohonan saya.

Hormat Saya,

 

Budi Wijaya

2. Contoh Surat Lamaran Pekerjaan Sebagai Admin Sosial Media

Sosial media menjadi bagian dari internet yang tidak bisa terpisahkan dari kehidupan masyarakat sekarang ini. Maka tidak heran kalau banyak orang berjualan melalui sosial media tersebut. Bahkan banyak juga toko – toko yang mempekerjakan seorang karyawan spesialis untuk mengurus akun sosial media mereka sebagai media promosi. Jika anda berkeinginan menjadi admin sosial media, maka bisa membuat surat lamaran seperti di bawah ini.

Malang, 20 Februari 2018

Kepada. Yth. :
Pimpinan Toko Buku Qudsi

Dengan hormat,

Berkaitan dengan sumber informasi lowongan pekerjaan di internet yang saya dapatkan bahwa TOKO BUKU ARAFAH memerlukan karyawan untuk menjadi Admin Sosial Media.

Yang bertanda tangan di bawah ini, saya :

Nama : Arista Putri
Tempat/Tgl Lahir : Malang/20/09/1994
Alamat : Jl. Pertahanan No. 123, Malang
Pendidikan Terakhir : D3
Telepon : 0813 2326 3848

Bermaksud Hendak mencalonkan diri sebagai karyawan di perusahaan yang Bapak/Ibu pimpin.
Bersama ini saya lampirkan Sebagai Pertimbangan :

  1. Fotocopy KTP (Identitas Diri)
  2. Fotocopy Ijazah Terakhir : satu lembar
  3. Curriculum Vitae : satu lembar
  4. Pas Foto Terbaru 4 x 6 : dua lembar
  5. Fotocopy Certificate TOEP : satu lembar
  6. Transkrip Nilai

Demikianlah surat lamaran permohonan pekerjaan yang saya ajukan. Besar harapan saya saya untuk dapat diterima sebagai karyawan di perusahaan yang Bapak/Ibu pimpin . Atas perhatiannya saya sampaikan terima kasih sebanyak-banyaknya.

Hormat Saya,

 

Arista Putri

3. Contoh Surat Lamaran Pekerjaan Sesuai EYD

Untuk lebih menarik perhatian pemimpin perusahaan ataupun instansi, maka sebaiknya anda menggunakan bahasa dan kalimat yang sesuai dengan EYD. Penggunaan kalimat dan bahasa sesuai EYD tentu akan dianggap lebih sopan dan menambah peluang anda untuk dipanggil interview ataupun wawancara.

Jakarta, 20 Februari 2018

Kepada Yth.
Bpk./Ibu. Pimpinan PT. Maju Jaya

Dengan Hormat,

Berdasarkan informasi yang saya dapatkan dari surat kabar SindoNews pada tanggal 19 September 2018, PT Maju Jaya menerima lowongan pekerjaan. Dengan surat lamaran kerja ini saya memiliki maksud supaya bisa bergabung dengan perusahaan yang Bapak/Ibu Pimpin. Adapun bagian pekerjaan saya maksud adalah bagian Pemasaran di PT Maju Jaya.

Berikut ini adalah biodata singkat saya :

Nama : Budi Wijaya
Tempat/Tgl Lahir : Jakarta/20/09/1992
Jenis Kelamin : Laki – Laki
Pendidikan Terakhir : D3 Akuntansi
Alamat : Jl. Raya Sejati No. 123 Jakarta
Telp. : 081373287538

Saat ini saya dalam kondisi sehat baik jasmani maupun rohani. Selain hal itu kemampuan saya dalam berbahasa Inggris cukup menguasai. Saya juga mengutamakan kejujuran dan kerja keras.

Untuk menjadi pelengkap beberapa data yang diperlukan sebagai bahan pertimbangan Bapak/Ibu pimpinan di masa yang akan datang, saya juga lampirkan kelengkapan data diri sebagai berikut.

  1. Foto copy KTP
  2. Foto copy KK (Kartu Keluarga)
  3. Daftar Riwayat Hidup
  4. Foto Copy SKCK
  5. Foto Copy Ijazah Terakhir
  6. Foto Copi Surat Pengalaman Kerja

Saya berharap sekali diberikan kesempatan menjadi salah satu bagian dari perusahaan Bapak/Ibu supaya saya dapat memberikan lebih lengkap lagi tentang potensi dan kemampuan saya yang bisa berguna untuk perusahaan yang Bapak/Ibu pimpin saat ini.

Demikianlah surat lamaran kerja ini saya buat dengan sebenar-benarnya dan sejujur-jujurnya, dan atas perhatian serta kerjasama dari Bapak/Ibu pimpinan saya ucapkan banyak terima kasih.

Hormat Saya,

 

Budi Wijaya

4. Contoh Surat Lamaran Pekerjaan Paling Lengkap

Untuk menarik perhatian para pemimpin perusahaan, maka anda sebaiknya membuat surat lamaran dengan selengkap mungkin. Apapun potensi yang anda miliki, tuangkan semua hal tersebut dalam surat lamaran anda. Selain itu, buat surat lamaran anda selengkap mungkin, mulai dari tanggal, pimpinan perusahaan, nama perusahaan, dan juga perihal seperti salah satu contoh di bawah ini.

Malang, 20 Februari 2018

Perihal : Lamaran Kerja

Kepada Yth,
Bapak Abdul Hamid
Pimpinan Yayasan Hidayatullah Cabang Malang
Jl Raya Jambu No.1 Sumbersekar Dau Malang
Di Tempat

Dengan hormat.

Bahwa yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama : Budi Wijaya, S.Pd.I
Alamat : Jl. Bunga Teratai No. 123 Malang
Tempat/Tgl Lahir : Malang/20/09/1989
Jenis Kelamin : Laki – Laki
Agama : Islam
Pend. Terakhir : S-1

Dengan ini saya mengajukan permohonan kerja sebagai Tenaga Pendidik Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) kepada instansi yang Bapak/Ibu pimpin. Selanjutnya harapan saya agar permohonan ini dapat dikabulkan dan ditempatkan pada instansi tersebut.

Serta untuk keperluan permohonan ini saya haturkan dengan hormat, catatan diri pribadi saya seperti yang tersebut di atas.

Atas perhatian Bapak/Ibu serta bantuannya yang bernilai, saya sampaikan terima kasih.

Hormat Saya,

 

Budi Wijaya, S.Pd.I

5. Contoh Surat Lamaran Pekerjaan di Bank

Bekerja dan memiliki karir di bank tentu merupakan impian besar bagi banyak orang. Namun tentu saja mendapatkan pekerjaan di bank itu bukanlah hal yang mudah. Setidaknya anda harus memiliki skill yang mumpuni di bidang perbankan dan akuntansi. Nah, setelah itu, anda bisa membuat surat lamaran pekerjaan di bank seperti salah satu contoh di bawah ini.

Surabaya, 20 Februari 2018

Kepada Yth,
Bpk/Ibu Pemimpin Cabang
PT Bank Central Asia (Persero) Tbk
Kantor Cabang Surabaya
Jl. Raya Kendangsari Industri No.2
di Surabaya

Dengan hormat,

Sehubungan dengan informasi lowongan kerja pada harian Surabaya Post tanggal 19 Februari 2018 bahwa PT. Bank BCA Cabang Surabaya sedang membutuhkan petugas AO (Account Officer) yang sudah memiliki pengalaman setidaknya 3 tahun, dengan ini saya :

Nama : Intan Permatasari
Tempat/Tgl Lahir : Depok/20/09/1989
Jenis Kelamin : Perempuan
Pendidikan Terakhir : S-1 Akuntansi
Alamat : Jl. Pangeran Diponegoro No. 12 Surabaya
HP : 08378563412

Mengajukan permohonan lamaran kerja sebagai petugas AO di perusahaan yang Bapak/Ibu pimpin. Untuk dijadikan pertimbangan Bapak, saya juga lampirkan dokumen-dokumen berikut ini :

  1. Pas foto warna 3 x 4
  2. Pas foto warna 4 x 6 (Full Body)
  3. Foto copy Ijazah SMP, SMA dan D3
  4. Foto Copy KTP
  5. CV (Curiculum Vitae)
  6. Surat Keterangan Belum Menikah
  7. Surat Keterangan Kelakuan Baik dari Kepolisian
  8. Sertifikat Pelatihan Komputer dan Bahasa Inggris

Saya berharap Bapak/Ibu bersedia untuk memberikan kesempatan tes dan wawancara kepada saya, sehingga saya dapat menjelaskan secara lebih rinci tentang potensi yang saya miliki.

Demikian surat lamaran ini, terima kasih atas perhatian Bapak/Ibu.

Hormat Saya,

 

Intan Permatasari

6. Contoh Surat Lamaran Pekerjaan di Perseroan Terbatas

Sekarang ini bisa dikatakan kalau lowongan dari Perseroan Terbatas memang lebih banyak dibandingkan lowongan dari perusahaan negara maupun instansi negara. Maka dari itu, wajar kalau banyak para pelamar kerja berbondong – bondong untuk melamar pekerjaan di perseroan terbatas. Jika anda adalah salah satunya, maka anda bisa membuat surat lamaran seperti salah satu contoh di bawah ini.

Bogor, 20 Februari 2018

Perihal : Lamaran Pekerjaan

Kepada. Yth.,
Bpk/Ibu personalia
PT. Mandiri Jaya
Jl. Raya Veteran No. 72
Bogor

Dengan hormat,

Berdasarkan informasi tentang adanya lowongan pekerjaan dari PT. Mandiri Jaya yang saya peroleh dari harian Radar Bogor pada tanggal 19 Februari 2018, saya bermaksud untuk melamar pekerjaan dan berkonstribusi pada perusahaan yang Bapak/Ibu pimpin. Adapun posisi pekerjaan yang saya maksudkan adalah bagian perancangan mekanik dan konstruksi sebagai Teknisi.

Berikut adalah biodata singkat saya :

Nama : Budi Wijaya
Tempat/Tgl Lahir : Bandung/20/09/1989
Pend. Terakhir : S-1 Teknik Mesin
Alamat : Jl. Raya Kenanga No. 123 Bogor
Telp. : 085274375758

Hingga saat sekarang saya sudah ikut beberapa sertifikasi keahlian yang berkaitan dengan posisi pengembangan konstruksi. Dengan demikian saya yakin bisa bekerja sama dengan mumpuni dan baik karena sudah memiliki kemampuan yang cukup.

Untuk dijadikan bahan penilaian, saya juga sisipkan beberapa file pendukung, diantaranya :

  1. Foto copy ijazah S1
  2. Daftar Riwayat Hidup
  3. Foto 3×4 yang terbaru
  4. Foto copy sertifikat keahlian Mengaplikasikan mekanisme kerja mekanik dasar
  5. Foto copy Transkrip Nilai

Panggilan untuk berkesempatan diwawancarai oleh Bapak/Ibu personalia amat saya harapkan supaya saya dapat memberikan penjelasan ataupun menunjukkan lebih rinci lagi terkait kemampuan dan keahlian saya yang bisa diaplikasikan pada posisi yang saat ini Bapak/Ibu personalia inginkan.

Demikian surat lamaran kerja ini saya buat sebenar-benarnya, terima kasih atas kerjasama dan perhatiannya.

Hormat Saya,

 

Budi Wijaya

7. Contoh Surat Lamaran Pekerjaan Fresh Graduate

Bukan hanya membutuhkan para pencari kerja yang sudah berpengalaman, namun banyak juga perusahaan ataupun instansi yang mencari pekerja yang masih fresh graduate. Hal ini dikarenakan gaji yang harus dibayarkan kepada para fresh graduate lebih ringan dibandingkan untuk yang sudah berpengalaman. Selain itu, pekerja yang masih fresh graduate tentu juga masih memiliki semangat kerja yang lebih tinggi dan masih fresh. Jika anda merupakan fresh graduate, maka bisa membuat surat lamaran pekerjaan seperti salah satu contoh di bawah ini.

Bandung, 20 Februari 2018

Perihal : Lamaran Pekerjaan
Lampiran : 6 Lembar

Kepada Yth.
HRD. PT. Indocement Tunggal Prakarsa
Jln Gatot Subroto Kav 23 No 101 Jakarta Pusat

Dengan hormat,

Berdasarkan informasi yang saya dapatkan dari harian Kompas Jawa Timur pada tanggal 19 Februari 2018, bahwa PT. Indocement Tunggal Prakarsa sedang membuka lowongan pekerjaan untuk menjadi Staff Administrasi. Maka dengan surat ini saya berminat untuk dapat mengisi lowongan pekerjaan tersebut.

Berikut ini data diri saya :

Nama : Anita Putri
Tempat/Tgl Lahir : Bandung/20/09/1995
Jenis Kelamin : Perempuan
Pendidikan Terakhir : S-1 Administrasi Pemerintahan
Alamat : Jl. Soekarno Hatta No. 12 Bandung
Telp : 08546978312

Saya merupakan fresh graduate dari Universitas Negeri Malang pada jurusan Administrasi pemerintahan dengan nilai IPK 4,00. Saat ini saya sudah terbiasa bekerja menggunakan komputer, saya juga dapat bekerja secara mandiri maupun dengan tim, mementingkan kejujuran dalam bekerja. Latar pendidikan saya lumayan memuaskan dan saya sangat yakin dapat memberikan kontribusi bagi perusahaan yang Bapak/Ibu pimpin.

Sebagai bahan pertimbangan Bapak/Ibu, saya juga melampirkan :

  1. Foto copy SKCK
  2. Foto copy KTP
  3. Foto copy Transkrip Nilai
  4. Foto copy Ijazah Terakhir
  5. Daftar Riwayat Hidup (CV)
  6. Pas foto 3 x 4 terbaru

Demikian surat lamaran kerja ini saya sampaikan, saya sangat berharap dapat bergabung dengan PT. Rocket Manajemen. Atas perhatian serta kesempatan yang Bapak/Ibu berikan saya haturkan terima kasih.

Hormat Saya,

 

Anita Putri

8. Contoh Surat Lamaran Pekerjaan PNS

Bisa dibilang kalau pekerjaan sebagai seorang PNS memang masih sangat dicari dan diminati di negeri ini. Hal ini dikarenakan banyaknya keistimewaan yang akan didapatkan para PNS jika dibandingkan dengan para karyawan swasta. Memiliki jaminan uang pensiunan dan memiliki tunjangan – tunjangan lainnya merupakan dua hal yang menjadi keunggulan seorang PNS. Jika anda berniat menjadi seorang PNS, maka bisa membuat surat lamaran pekerjaan seperti salah satu contoh di bawah ini.

Bandung, 20 Februari 2018

Kepada Yth,
BUPATI Sukabumi

Up. Kepala Badan Kepegawaian Daerah
Kabupaten Sukabumi
Di Bandung

Saya yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama : Budi Wijaya, SE
Tempat/Tgl Lahir : Bandung/20/09/1987
Jenis Kelamin : Laki – Laki
Agama : Islam
Pend. Terakhir : S-1 Ekonomi
Alamat : Jl. Persatuan No. 12, Bandung
Telp. : 082184758392

Dengan ini menyampaikan permohonan kepada Bayak, supaya sekiranya dapat diangkat sebagai Calon Pegawai Negeri Sipil di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Banjar.

Sebagai bahan pertimbangan Bapak, bersama ini saya lampirkan :

  1. Pas foto ukuran 3 x 4 sebanyak 4 (empat) lembar,
  2. Foto copy ijazah terakhir beserta transkripnya yang telah dilegalisir masing-masing 1 (satu) lembar.
  3. Foto copy kartu pencari kerja (AK. I) yang telah dilegalisir sebanyak 1 (satu) lembar.

Demikian permohonan ini disampaikan, besar harapan saya kiranya Bapak dapat mempertimbangkannya, sebelum dan sesudahnya saya ucapkan terima kasih banyak.

Hormat Saya,

 

Budi Wijaya, SE

9. Contoh Surat Lamaran Pekerjaan Berdasarkan Info

Untuk mencari lowongan pekerjaan, maka ada banyak cara yang bisa anda lakukan. Anda bisa menanyakan kepada teman atau saudara anda yang bekerja di salah satu perusahaan. Anda juga bisa mencari lowongan kerja dari media, seperti koran harian, televisi, radio, ataupun juga dari internet. Nah, saat membuat surat lamaran tersebut, maka anda bisa menambahkan info dari mana anda mengetahui lowongan pekerjaan tersebut, seperti salah satu contoh di bawah ini.

Malang, 20 Februari 2018

Perihal : Lamaran Pekerjaan

Kepada Yth: Manajer
PT. Sri Makmur Jaya
Jl. Imam Bonjol No. 21
Kab. Malang

Dengan hormat,

Menurut informasi lowongan pekerjaan dari PT. Sri Makmur Jaya yang terdapat di koran harian Sindo News pada tanggal 19 Februari 2018. Saya bermaksud untuk mengajukan diri supaya boleh bergabung pada Tim Akuntasi di PT. Sri Makmur Jaya.

Data singkat, yang bertanda di bawah ini saya :

Nama : Budi Wijaya
Tempat/Tgl Lahir : Malang/20/09/1990
Alamat : Jl. Bunga Kamboja No. 123 Malang
Pendidikan Terakhir : S-1
Telp. : 0812435693545

Saya sekarang berada pada kondisi tubuh yang sehat dan fisik yang sangat baik, serta fasih berbahasa Inggris dengan baik lisan ataupun dengan tulisan. Latar belakang pendidikan saya sangat cukup dan mempunyai kemampuan manajemen dan akuntasi yang mumpuni.

Saya sudah biasa bekerja dengan hal yang berhubungan dengan komputer. Khususnya menjalankan aplikasi paket MS Office, seperti Excel, Power Point, Word, Acces, Out Look, dan juga internet, ataupun surat-menyurat menggunakan Bahasa Inggris.

Untuk bahan pertimbangan, saya lampirkan :

  1. Foto copy Ijazah S-1 dan transkrip nilai.
  2. Foto copy sertifikat kursus atau pelatihan
  3. Daftar Riwayat Hidup
  4. Pas foto 3 x 4 terbaru.

Semoga Bapak/Ibu berkenan meluangkan waktu untuk memberikan kesempatan wawancara, sehingga saya dapat menjelaskan secara lebih lengkap mengenai potensi diri saya.

Demikian surat lamaran ini, dan terima kasih atas perhatian Bapak/Ibu.

Hormat Saya,

 

Budi Wijaya

10. Contoh Surat Lamaran Pekerjaan Sebagai Guru

Berprofesi sebagai tenaga pengajar atau guru merupakan pekerjaan yang sangat mulia. Jadi, jika anda memiliki keinginan untuk berprofesi sebagai guru, maka bisa mencari lowongan yang mencari tenaga pengajar. Tidak harus mengajar di sekolah negeri, anda juga bisa mengajar di berbagai sekolah swasta dengan membuat surat lamaran terlebih dahulu seperti salah satu contoh di bawah ini.

Medan, 20 Februari 2018

Kepada Yth :
Kepala Sekolah SMA Arrohmah Putri Medan
Jl. Raya Jambu No.1, Sumbersekar, Medan

Dengan hormat,
Sesuai dengan iklan di Koran Suara Rakyat pada 19 Februari 2018 yang menyebutkan bahwa SMA Arrohmah Putri Medan butuh tenaga guru bidang studi Matematika, maka dengan ini saya :

Nama : Budi Wijaya, S. Pd
Tempat/Tgl Lahir : Medan/20/09/1987
Pend. Terakhir : S-1 Ilmu Matematika
Alamat : Jl. Jatinegara No. 123 Medan

Bermaksud melamar untuk menjadi guru bidang studi Matematika di SMA Arrohmah Medan.

Pengalaman kerja yang saya dapatkan sebelumnya adalah menjadi tenaga pendidik di lembaga bimbingan belajar Ganesha Operation di Yogyakarta dan sudah menempuh 2 tahun mengajar di SMU Negeri 1 di Palembang untuk mata pelajaran Matematika.

Sebagai bahan pertimbangan, bersama surat ini saya lampirkan.

  1. Ijazah dan transkrip nilai terakhir.
  2. Foto copy KTP
  3. Daftar riwayat hidup
  4. Foto copy surat pengalaman kerja
  5. Pas foto ukuran 3 x 4 terbaru sebanyak 3 lembar

Saya berharap besar supaya dapat berkontribusi di SMA Arrohmah Malang menjadi guru bidang studi Matematika.
Demikian surat lamaran ini saya buat, atas perhatian dari Bapak Kepala Sekolah SMA Arrohmah Malang, saya sampaikan banyak terima kasih.

Hormat Saya,

 

Budi Wijaya, S. Pd

11. Contoh Surat Lamaran Pekerjaan di Rumah Sakit

Kesehatan merupakan harta yang sangat berharga dan tidak ternilai harganya. Maka dari itu, tenaga kesehatan memang sangat dibutuhkan dimanapun kita berada, mulai dari pedesaan sampai dengan kota – kota besar di Indonesia ini. Jika anda memiliki pendidikan di bidang kesehatan, maka bisa membuat surat lamaran pekerjaan ke rumah sakit seperti salah satu contoh di bawah ini.

Malang, 20 Februari 2018

Kepada Yth :
Manager HRD
RS. Permata Bunda
Jl. Permata Bunda, Malang

Dengan hormat,

Saya yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama : Anisa Putri, S. Kep
Tempat/Tgl Lahir : Malang/20/09/1993
Jenis Kelamin : Perempuan
Pend. Terakhir : S1 Keperawatan
Alamat : Jl. Pencitraan No. 12 Malang
Telp. : 081274857364

Berdasarkan informasi yang saya peroleh lewat Harian Kompas Radar Malang 20 Februari 2018, perihal kesempatan berkarir sebagai tenaga perawat, maka dengan surat ini saya bermaksud mengajukan permohonan lamaran kerja untuk posisi tersebut.

Saya mempunyai keinginan untuk bekerja keras, menyukai interaksi dan bersosialisasi, kemauan untuk belajar dan memperbaiki diri, tanggung jawab, dan mampu bekerja bersama tim ataupun personal. Dan saya akan bekerja dengan serius, baik dalam satu tim ataupun perseorangan, sehingga dapat mempertahankan dan meningkatkan kualitas pelayanan di Rumah Sakit ini.

Sebagai bahan pertimbangan, bersama surat ini saya lampirkan:

  1. Ijazah dan transkrip nilai terakhir
  2. Foto copy KTP
  3. Curriculum Vitae (CV)
  4. Foto copy Transkrip Nilai
  5. Foto copy Surat Keterangan Catatan Kepolisian
  6. Pas foto 3×4 Terbaru
  7. Foto copy Sertifikat Kursus/Pelatihan
  8. Foto copy Kartu Kuning
  9. Foto copy Ijazah

Besar harapan saya agar Bapak/Ibu berkenan memanggil saya untuk wawancara agar saya dapat mendeskripsikan diri saya dan keahlian yang saya miliki secara langsung. Atas perhatiannya saya ucapkan terima kasih.

Hormat Saya,

 

Anisa Putri, S. Kep

12. Contoh Surat Lamaran Pekerjaan di Hotel

Berkarir di dunia perhotelan memang sangat menyenangkan dan merupakan impian bagi banyak orang. Tidak heran kalau sekarang ini banyak universitas dan perguruan tinggi yang menyediakan program kuliah perhotelan. Nah, jika anda merupakan lulusan dari program kuliah perhotelan, sebaiknya anda mencari pekerjaan di hotel dan membuat surat lamaran pekerjaan seperti contoh di bawah ini.

Bogor, 20 Februari 2018

Yang terhormat,
HRD Hotel Indah Mulia
Jalan Bukit Indah 514 Bogor

Hal    : Lamaran Pekerjaan

Dengan hormat,

Berdasarkan informasi yang saya peroleh dari situs resmi Hotel Indah Mulia, bahwa hotel yang Bapak/Ibu pimpin sedang membutuhkan tenaga kerja untuk menempati posisi receptionist. Dengan ini saya bermaksud untuk melamar pekerjaan pada posisi yang telah disebutkan di atas. Sehubungan dengan hal tersebut berikut saya cantumkan data diri saya :

Nama : Intan Permatasari
Tempat/Tgl Lahir : Bogor/20/09/1992
Jenis Kelamin : Perempuan
Alamat : Jl. Kenangan No. 123 Bogor
Pend. Terakhir : D-3 Perhotelan
Telp. : 0812938573654

Perlu saya sampaikan juga bahwa saya menguasai Bahasa Inggris serta dapat berkomunikasi dengan baik kepada publik. Sebagai bahan pertimbangan, berikut saya lampirkan beberapa persyaratan yang diminta oleh perusahaan :

1.    Pas foto 3×4 berwarna terbaru (2 lembar)
2.    Daftar Riwayat Hidup
3.    Fotolopi KTP
4.    Fotokopi Ijazah
5.    Fotokopi sertifikat-sertifikat keahlian

Demikian lamaran pekerjaan ini saya buat. Besar harapan saya agar Bapak/Ibu HRD berkenan untuk mempertimbangkan saya guna menempati posisi yang telah disebutkan di atas. Atas perhatian dan kebijaksanaannya saya ucapkan terima kasih.

Hormat Saya,

 

Intan Permatasari

13. Contoh Surat Lamaran Pekerjaan di Perusahaan Retail

Perusahaan retail merupakan salah satu jenis perusahaan yang sangat berkembang saat ini. Hal ini terbukti dengan banyaknya perusahaan retail yang berdiri dan memiliki banyak cabang, seperti Indomaret, Alfamidi, dan juuga Alfamart. Nah, setiap tahunnya perusahaan ini selalu menyediakan lowongan pekerjaan untuk mengisi cabang – cabang baru mereka. Anda bisa membuat surat lamaran dengan tujuan perusahaan retail tersebut dengan contoh berikut ini.

Cirebon, 20 Februari 2018

Kepada Yth,
HRD PT INDOMARET GROUP
di tempat

Dengan hormat,

Yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama : Budi Wijaya
Tempat/Tgl Lahir : Cirebon/20/09/1997
Jenis Kelamin : Laki – Laki
Pendidikan : SMK Negeri 1 Cirebon
Alamat: : Jl. Tandean No. 123 Cirebon

Berkenaan dengan ini saya bermaksud untuk mengajukan permohonan magang di perusahaan yang Bapak/Ibu bina supaya ditempatkan di posisi Administrasi. Untuk bahan pertimbangan, saya lampirkan sejumlah berkas penting yang saya punya.

  1. Fotokopi Ijazah terakhir
  2. Daftar Riwayat Hidup
  3. Fotokopi Transkrip Nilai
  4. Fotokopi SIM C
  5. Fotokopi KTP
  6. Fotokopi Surat Pengalaman Magang
  7. Pas Photo 3×4

Demikianlah surat lamaran kerja ini saya tulis dengan sebenar-benarnya, saya sungguh berharap supaya diterima di perusahaan yang Bapak/Ibu pimpin. Atas perhatian dan pertimbangan Bapak/Ibu saya ucapkan terima kasih.

Hormat Saya,

 

Budi Wijaya

14. Contoh Surat Lamaran Pekerjaan Bahasa Inggris

Sekarang ini mungkin masih jarang perusahaan yang mengharuskan para pelamarnya menggunakan bahasa inggris. Kebanyakan perusahaan masih menggunakan bahasa Indonesia saja. Kendati demikian, bukan berarti tidak ada perusahaan yang mengharuskan penulisan surat lamaran dalam bahasa Inggris seperti salah satu contoh di bawah ini.

Sukoharjo, Februari 20, 2018

Dear Rector University of Yogyakarta
Jl. Solo Km. 13 Bantul Yogyakarta

With respect,

Based on information from the print media Solopos on Februari 19, 2018, about the job opening to be Lecturer at the University of Yogyakarta that Mr / Mrs lead. With this job application letter I volunteered to join as a lecturer / lecturer at the university that Mr / Mrs lead, to fill the position lecturer Course Introduction to Mathematical Statistics 1 that is currently required.

I, the undersigned below :

Name : Maulina Hafizah
Points, Date of Birth : Bantul, March 13, 1982
Studi : S-2 Statistics at the University of Yogyakarta
Addres : Jl. Niaga Raya No. 123 Sukoharjo

For completed some of the files needed for the consideration of Mr / Ms, I attach the following administrative paperwork that I have :

  1. Curriculum Vitae
  2. Copy of diploma and academic transcripts S2 which has been legalized
  3. Copy of diploma and academic transcripts S1 which has been legalized
  4. Copy of Police Notes (SKCK)
  5. Copy Job Seekers Katu / Yellow Card from the Department of Labor
  6. Copy of courses and seminars
  7. Copy of Letter of Recommendation Lecturer
  8. Copy of Letter of Work Experience; Copy of Letter (KTP)
  9. Recently color photograph 4×6 cm 3 Latest sheet

Similarly, letters of job application I created with truth. The attention and consideration of Mr / Mrs I say many thanks.

Best regards,

 

Maulina Hafizah, S. Mat, M. Si

15. Contoh Surat Lamaran Pekerjaan Secara Sederhana

Banyak perusahaan yang memberikan beberapa persyaratan mutlak untuk para pelamar kerja di perusahaannya. Terkadang sebuah perusahaan itu mengharuskan para pelamar untuk melampirkan banyak berkas, yang mungkin saja terkesan memberatkan. Namun ada juga perusahaan dengan hal sebaliknya, dan membuat ringan para pelamar kerja di perusahaan mereka, seperti dengan pembuatan surat lamaran pekerjaan yang sederhana saja.

Kepada Yth,
Bpk/Ibu Manager HRD TRISNA GROUP
Jl. Soekarno Hatta No. 2 Katang – Kabupaten Kediri

Dengan Hormat,

Menanggapi informasi lowongan kerja yang tertera di kantor Pos yang menyatakan bahwa perusahaan Bapak/Ibu sedang mencari seorang MANAGER (Manager – FCI). Saya mengirim surat lamaran kerja ini karena ini merupakan kesempatan besar bagi saya untuk memberikan yang terbaik bagi perusahaan anda. Saya juga yakin bahwa latar belakang pendidikan dan pengalaman kerja saya sesuai dengan posisi yang anda tawarkan.

Maka saya Budi Wijaya, SE, dengan pendidikan terakhir S-1 Ekonomi ingin melamar pekerjaan di perusahaan yang Bapak Ibu Pimpin.

Bersama ini saya lampirkan :

  1. Foto copy ijazah & transkrip nilai terakhir (S1)
  2. Foto copy identitas diri (KTP)
  3. Daftar Riwayat Hidup (CV)
  4. Surat Pengalaman Kerja
  5. Pas Foto 4 x 6

Demikian surat lamaran kerja ini saya ajukan. Besar harapan saya untuk dapat diterima sebagai karyawan di perusahaan yang Bapak / Ibu pimpin. Atas perhatianya saya ucapkan terima kasih.

Hormat Saya,

 

Budi Wijaya, SE

Kesimpulan Dan Pentingnya Surat Lamaran Pekerjaan

Mungkin banyak yang berpikir kalau peranan dari surat lamaran pekerjaan tidaklah begitu besar. Kalau anda berpikir demikian, maka anda sudah salah besar. Sebaliknya, surat lamaran ini memiliki peranan yang sangat besar saat anda sedang mencari pekerjaan.

Semua potensi yang anda miliki tentu akan anda tuangkan dengan baik di dalam surat lamaran yang anda berikan. Anda juga harus membuat surat lamaran tersebut dengan bahasa dan penggunaan kalimat yang sopan. Buatlah pihak perusahaan terkesan dengan surat lamaran anda.

Maka kemungkinan besar anda akan mendapatkan kesempatan untuk interview. Pada saat interview atau wawancara tersebutlah nantinya anda bisa menjelaskan lebih detail mengenai potensi yang anda miliki. Anda bisa menjelaskan mengapa pihak perusahaan harus mempertimbangkan anda dan jika bisa untuk menerima anda.

Namun kalau surat lamaran anda berantakan atau anda tidak bisa menjelaskan potensi yang anda miliki dengan bagus, maka harapan untuk dipanggil interview tentu akan tipis. Anda tentu tidak bisa lagi menjelaskan kepada pihak perusahaan mengenai potensi yang anda miliki, walaupun sebenarnya anda memiliki semua hal tersebut.

Jadi, buatlah surat lamaran pekerjaan anda semenarik mungkin. Usahakan agar pihak perusahaan terkesan dengan surat lamaran anda dan memancing mereka memberikan anda kesempatan untuk interview atau wawancara.

Continue Reading

More in Contoh Surat