Contoh Surat Keterangan Pengalaman Kerja (CV) Yang Baik dan Benar

Surat keterangan pengalaman kerja atau populer disingkat CV merupakan syarat berkas yang wajib dilampirkan ketika akan melamar kerja. Oleh karena itu kali ini kami akan membagikan contoh surat keterangan pengalaman kerja yang baik dan benar agar peluang anda diterima bekerja pun semakin besar.

Jika anda sedang mencari contoh surat keterangan pengalaman kerja (CV) yang tepat untuk digunakan saat melamar pekerjaan untuk menarik perhatian HRD atau recruiter maka penting untuk membuat surat ini dengan sungguh-sungguh dan tidak asal-asalan sebab CV ini merupakan salah satu petimbangan utama dalam diterima atau tidak seseorang untuk bekerja pada posisi dan perusahaan yang ditargetkan.

Sebagaimana yang kita ketahui bersama dimana bukan rahasia umum lagi apabila dikatakan persaingan kerja di era modern sekarang ini sangat kompetitif, apalagi jika anda mengincar lowongan pada perusahaan besar.

Untuk melamar kerja dan bisa diterima kerja, maka anda mungkin harus bersaing untuk pekerjaan impian dengan ratusan bahkan hingga ribuan pencari kerja lain. Selain memenuhi syarat lowongan kerja dan memiliki kompetensi serta kualitas yang diperlukan, penting juga untuk membuat lamaran anda dengan sebaik mungkin.

Seperti yang kami sebutkan diatas dimana CV atau singkatan curiculum vitae merupakan surat yang memuat pengalaman hidup dan kerja anda. Tidak heran apabila HRD menjadi CV ini menjadi bahan pertimbangan utama apakah anda cocok mengisi lowongan tersebut atau tidak. Oleh karena itu penting untuk memuat seluruh informasi penting mengenai kualifikasi kerja anda dalam CV yang memiliki format dan bentuk yang baik agar mudah dipahami oleh HRD perusahaan.

Berikut struktur dan format surat pengalaman kerja atau CV yang tidak bisa anda kesampingkan walaupun anda memiliki desain CV yang modern agar CV anda baik dan benar sesuai dengan kaedah yang berlaku.

Struktur dan Format CV yang Baik

Contoh Surat Keterangan Pengalaman Kerja

Bagian Kepala Surat

Kepala surat merupakan bagian utama dalam pembuatan surat pengalaman kerja. Pada bagian ini, berisi informasi perusahaan atau organisasi tempat Anda bekerja, seperti nama perusahaan, logo, nomer telepon, alamat surel, dan alamat kantor.

Bagian Isi Surat

Terdapat beberapa informasi yang wajib ada pada bagian isi atau badan surat. Informasi tersebut yaitu nomor dan judul surat, identitas pembuat surat, identitas karyawan pemohon surat, dan pengalaman serta kemampuan kerja karyawan tersebut.

Bagian Penutup Surat

Pada bagian ini, terdapat nama pihak yang bertanggung jawab atas penerbitan surat tersebut. Biasanya yang bertanggung jawab atas surat ini adalah pemimpin bagian HRD atau manajer karyawan tersebut. Selain itu, disertakan tanda tangan dan stempel.

Contoh Surat Keterangan Pengalaman Kerja

Apabila anda telah memahami format dan struktur surat CV diatas, maka berikut contoh surat keterangan pengalaman kerja yang bisa menjadi referensi anda untuk anda terapkan seperti dibawah ini

Surat Pengalaman Kerja Umum

PT Maju Mundur
Jln. Sudirman No. 16, jakarta Utara
Telepon: (021) 7483362
SURAT KETERANGAN PENGALAMAN KERJA
Nomor: SKPK-01-/ABC123/2023

Yang bertanda tangan di bawah ini:
Nama : Budi Sholihin
Jabatan: Kepala Bagian HRD
Alamat : Jln. Pangeran Diponegoro No. 52

Menerangkan dengan sebenarnya bahwa:
Nama : Putra Jaya
Jabatan : Staff Marketing
NIK : 73893299203

Telah bekerja untuk PT Maju Mundur dimulai tanggal 16 Maret 2020 hingga 15 November 2023 dengan jabatan terakhir sebagai Staff Marketing

Selama bekerja menjadi karyawan kami, Saudara Putra Jaya telah menunjukkan kemampuan terhadap pekerjaan dan berhasil mencapai target yang telah ditentukan.

Demikian surat ini dibuat dengan sebenarnya agar dapat digunakan dengan semestinya.

Jakarta Utara, 15 November 2023

Kepala Bagian HRD PT Maju Mundur

Budi Sholihin

Surat Pengalaman Kerja Guru

SMA Bakti Persada
Jln. Senayan No. 34, Jakarta Utara
Telepon: (021) 6578875
SURAT KETERANGAN PENGALAMAN KERJA
Nomor : SKPK-01/ABC123/2023

Yang bertanda tangan di bawah ini :
Nama: Elsa Putri, S.Pd.
Jabatan: Kepala Sekolah SMA ABC321
Dengan ini menyatakan :
Nama : Budi Sholihin, S.Pd.
Jabatan : Guru IPS
NIK : 3468854356677

Adalah benar guru yang mengajar di SMA Bakti Persada sejak tanggal 08 Maret 2020 hingga 15 November 2023 dengan jabatan sebagai guru IPS.

Dalam kurun waktu tersebut, saudari Hani Maryani menjalankan tugasnya sebagai guru di SMA ABC321 dengan baik dan penuh tanggung jawab.

Demikian surat ini dibuat dengan sebenarnya agar dapat digunakan dengan semestinya.

Jakarta Utara, 15 November 2023

Kepala Sekolah SMA Bakti Persada

Elsa Putri

Sekian informasi mengenai contoh surat keterangan pengalaman kerja (CV) yang baik dan benar untuk melamar pekerjaan idaman anda. Dengan surat CV yang baik dan benar, maka HRD atau recruiter perusahaan pun akan semakin mempertimbangkan lamaran anda hingga diterima bekerja. Semoga berguna dan bermanfaat.

Share: