Begini Contoh Surat Keterangan Aktif Bekerja untuk Daftar PPPK 2023

Bagi anda yang mendaftar PPPK terbaru ini, maka sudah menjadi kewajiban untuk menyertakan surat keterangan aktif bekerja di dinas terkait. Untuk itu kali ini kami akan membagikan contoh surat yang bisa menjadi referensi anda.

Sekedar informasi, PPPK adalah singkatan dari Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja. PPPK merupakan Aparatur Sipil Negara (ASN) dimana proses perekrutan PPPK berlandaskan Undang-Undang Nomor 49 Tahun 2018 mengenai Manajemen PPPK.

PPPK sendiri adalah pegawai yang diangkat karena perjanjian kerja tertentu yang telah disepakati. Maka dari itu, PPPK memiliki periode kerja yang telah disesuaikan berdasarkan kebutuhan lowongan yang dibuka oleh instansi terkait. Walaupun PPPK juga merupakan ASN, tetapi berbeda halnya dengan ANS yang terikat dengan kontrak kerja hingga usia pensiun. Pengangkatan PPPK oleh PPK juga sesuai dengan dibukanya kebutuhan pegawai oleh instansi pemerintahan, sesuai dengan ketentuan perundang-undangan.

Untuk mendaftar PPPK terdapat sejumlah syarat wajib yang harus dimiliki, dan salah satunya adalah memiliki surat keterangan aktif bekerja dimana dalam surat atau dokumen ini dijelaskan bila calon pelamar telah bekerja minimal dua tahun di instansi pemerintahan.

Bagan surat memperlihatkan kop instansi dan diakhir dengan tanda tangan pimpinan instansi tempat detikers bekerja. Perlu diingat, surat ini dibutuhkan untuk pendaftaran di formasi PPPK jabatan tertentu. Apabila formasi incaran detikers mencantumkan syarat “calon pelamar harus mempunyai pengalaman bekerja selama kurang lebih dua tahun di instansi pemerintah”, maka anda wajib menyiapkan dokumen ini.

Apabila anda bingung bagaimana bentuk dan wujud dari surat ini, maka berikut contoh surat keterangan aktif bekerja yang bisa anda simak sebagai berikut.

Contoh Surat Keterangan Aktif Bekerja

Contoh Surat Keterangan Aktif Bekerja untuk Daftar PPPK 2023

 

Contoh 1

KOP INSTANSI/TEMPAT BEKERJA

SURAT KETERANGAN PENGALAMAN KERJA

Yang bertanda tangan di bawah ini:
Nama :
NIP *) :
Pangkat/gol ruang*) :
Jabatan :
Instansi :

menerangkan dengan sesungguhnya bahwa:
Nama :
Jabatan :

adalah pegawai di………………selama……….tahun,………terhitung mulai tanggal………………….sampai tanggal………………….

Adapun yang bersangkutan memiliki tugas harian:
1. ………………………………………………………………………………………
2. ………………………………………………………………………………………
3. Dst.

Surat keterangan ini dibuat untuk memenuhi salah satu syarat pelamaran Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) Teknis dan agar dapat dipergunakan sebagaimana mestinya.

(kota), (tanggal) (bulan) (tahun)
Nama Jabatan Penandatangan,
Nama Instansi/Kantor

(ttd+cap stempel basah)

(Nama Pejabat Penandatangan)

*) Dihapus jika pelamar bukan dari instansi pemerintah

Contoh 2

KOP INSTANSI
SURAT KETERANGAN AKTIF BEKERJA
Nomor:………………………………..

Yang bertanda tangan dibawah ini:

Nama :…………………………………………………….
NIP : …………………………………………………….
Jabatan : …………………………………………………….
Unit Kerja : …………………………………………………….
Instansi : …………………………………………………….

Dengan ini menyatakan bahwa:
Nama :…………………………………………………….
NIK :…………………………………………………….
Tempat/Tanggal Lahir : …………………………………………………….
Pendidikan : …………………………………………………….
Unit Kerja : …………………………………………………….

Memang benar pegawai tersebut masih aktif bekerja, selama kurun waktu 2 (dua) tahun terakhir secara terus menerus* pada………………………**

Demikian surat keterangan ini dibuat dengan sesungguhnya dan sebenar-benarnya untuk memenuhi persyaratan pelamaran Seleksi Penerimaan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) dan agar dapat digunakan sebagaimana mestinya.

…………., ……………………….2023

(Jabatan)

(ttd + cap stempel basah)

(Nama Pimpinan Unit Kerja/ Perangkat Daerah)
NIP. ………………………………

Contoh Surat Keterangan Aktif Kerja Untuk Klaim BPJS Ketenagakerjaan

Selain untuk melamar PPPK, anda juga bisa membuat surat keterangan aktif kerja untuk klaim BPJS ketenagakerjaan yang bisa anda simak sebagai berikut.

[Logo Perusahaan]
[Alamat Perusahaan]
[Tanggal]

Kepada,
Kantor Cabang BPJS Ketenagakerjaan [Nama Kota]
[Alamat Kantor BPJS Ketenagakerjaan]

Dengan hormat,

Saya yang bertanda tangan di bawah ini,

Nama: [Nama Anda]
Nomor Pekerja/BPJS: [Nomor Pekerja/BPJS Anda]
Alamat: [Alamat Anda]
Nomor Telepon: [Nomor Telepon Anda]
Email: [Alamat Email Anda]

Dengan ini mengajukan permohonan surat keterangan aktif kerja yang diperlukan sebagai salah satu persyaratan untuk klaim BPJS Ketenagakerjaan. Saya adalah karyawan di [Nama Perusahaan Anda] dengan informasi pekerjaan sebagai berikut:

Nama Perusahaan: [Nama Perusahaan Anda]
Alamat Perusahaan: [Alamat Perusahaan Anda]
Jabatan: [Jabatan Anda]
Tanggal Mulai Bekerja: [Tanggal Anda Mulai Bekerja]
Saat ini, saya masih aktif bekerja di perusahaan ini dan berkomitmen untuk menjalankan tugas dan tanggung jawab saya dengan baik selama masa kerja saya di perusahaan ini.

Dengan ini, saya mohon kepada Kantor Cabang BPJS Ketenagakerjaan [Nama Kota] untuk memberikan surat keterangan aktif kerja yang mencantumkan informasi berikut:

Nama lengkap saya.
Nomor Pekerja/BPJS.
Jabatan saya di perusahaan.
Tanggal mulai bekerja di perusahaan.
Keterangan bahwa saya masih aktif bekerja di perusahaan.
Rincian kontribusi BPJS Ketenagakerjaan saya selama bekerja di perusahaan ini.
Surat keterangan ini diperlukan sebagai salah satu dokumen untuk mengajukan klaim BPJS Ketenagakerjaan. Saya sangat menghargai waktu dan perhatian pihak Kantor Cabang BPJS Ketenagakerjaan [Nama Kota] dalam memberikan surat keterangan ini. Ini akan sangat membantu saya dalam proses klaim BPJS Ketenagakerjaan saya.

Terima kasih atas perhatian dan kerjasamanya. Saya berharap untuk mendapatkan surat keterangan ini sesegera mungkin agar saya dapat melanjutkan proses klaim BPJS Ketenagakerjaan saya.

Hormat saya,

[Tanda Tangan Anda]

[Nama Anda]
[Jabatan Anda (jika perlu)]
[Nama Perusahaan Anda]

Demikian informasi mengenai contoh surat keterangan aktif bekerja yang bisa menjadi referensi anda. Kini anda tidak perlu bingung lagi membuat surat ini dimana anda bisa mengikuti contoh-contoh diatas.

Share: