Connect with us

Contoh Surat Resmi


Contoh Surat

15 Contoh Surat Keputusan yang Baik dan Paling Lengkap

Contoh Surat Keputusan – Dalam suatu instansi, perusahaan, lembaga, organisasi, maupun beberapa kelompok lainnya tentu akan pernah menggunakan salah satu contoh surat yang satu ini, yakni surat keputusan. Surat keputusan diperlukan bilamana seorang pemimpin atau atasan membuat keputusan di suatu pihak atau kelompok.

Seorang pemimpin memang bisa saja memutuskan sesuatu secara lisan, namun hal tersebut sangat tidak disarankan untuk berbagai urusan resmi. Selain karena tidak memiliki kekuatan huku, keputusan yang dibuat secara lisan juga cenderung dan memungkinkan untuk dilanggar ataupun tidak dijalankan dengan baik nantinya.

Contoh Surat Keputusan

Untuk itulah sangat diperlukan contoh surat keputusan, dimana seorang pemimpin menetapkan atau memutuskan sesuatu hal secara tertulis. Surat keputusan ini bisa dipergunakan untuk memutuskan sesuatu hal yang positif ataupun negatif.

Salah satu contoh hal yang positif adalah surat keputusan pengangkatan kepala bagian yang baru, dikarenakan orang tersebut memiliki kinerja yang baik. Sedangkan untuk contoh yang bersifat negatif adalah dimana seorang pemimpin mungkin memutuskan penurunan jabatan dari seorang karyawannya karena memiliki kinerja yang buruk.

Menulis contoh surat keputusan memang agak berbeda dengan penulisan surat resmi lainnya. Hal ini dikarenakan surat keputusan memiliki bagian – bagian dari isi yang agak berbeda, seperti alasan dan pertimbangan dibuatnya keputusan tersebut. Berikut adalah beberapa contoh surat keputusan yang bisa anda pergunakan sebagai bahan referensi.

1. Contoh Surat Keputusan Pengangkatan Karyawan Tetap

Sekarang ini ada banyak perusahaan yang menerima karyawan baru namun dengan status kontrak. Kendati demikian, bukan tidak mungkin kalau seorang karyawan kontrak akhirnya diangkat menjadi seorang karyawan tetap karena memiliki kinerja yang baik.

PT. MAJU MUNDUR
Jl. Pertahanan No. 123 Jakarta
Telp. 1234567890 Fax. 1234567890

SURAT KEPUTUSAN
No. : 123/SK/Mei/2018

Perihal : Pengangkatan Karyawan Tetap

Setelah melakukan beberapa tahapan evaluasi terhadap kinerja Saudara Anton Sanjaya terhitung mulai tanggal 10 Januari 2018 dengan jabatan sebagai pegawai sementara PT. Maju Mundur dibagian Administrasi Pergudangan, maka dengan ini PT. Maju Mundur menganggap Sdr. telah memenuhi kriteria untuk diangkat menjadi karyawan tetap dengan ketentuan sebagai berikut :

Menimbang : Berdasarkan pengamatan dan penilaian yang obyektif Sdr. Anton Sanjaya
Mengingat : Berdasarkan Anggaran Dasar dan Peraturan Perusahaan PT. Maju Mundur
Memperhatikan : Kebutuhan akan sumber daya manusia di PT. Maju Mundur

MEMUTUSKAN :

Mengangkat Saudara Anton Sanjaya sebagai Kepala Pergudangan, Bila mana dikemudian hari ditemukan kesalahan dengan diterbitkannya Surat Keputusan ini, maka pihak perusahaan akan melakukan penyesuaian ulang sebagaimana mestinya.

Di Tetapkan di Jakarta pada tanggal : 15 Mei 2018.

Mengetahui,
Direktur PT. Maju Mundur,

 

Ahmad Subari.

2. Contoh Surat Keputusan Kenaikan Jabatan

Jika anda bekerja di salah satu perusahaan, maka sebisa mungkin tentu anda akan berusaha untuk bekerja dengan baik. Jika anda memiliki kinerja yang baik, maka bukan tidak mungkin kalau pimpinan dari perusahaan tersebut akan menaikkan jabatan anda.

PT. MAJU MUNDUR
Jl. Pertahanan No. 123, Jakarta
Telp. 12345678. Fax. 12345678

SURAT KEPUTUSAN
Nomor : SK.003-115/DIR-SHR/16

Kepada Yth,
Sdr. Anton Sanjaya
Di Tempat

Perihal : Kenaikan Jabatan

Berdasarkan penilaian dan prestasi kerja Saudara sejak mulai bekerja sampai periode masa kerja yang ditentukan, maka Perusahaan dengan berpedoman pada Peraturan Perusahaan dan ketentuan yang berlaku, memutuskan untuk :

Menaikkan Jabatan Saudara dari sebelumnya sebagai Staff Administrasi menjadi Kepala Bagian Administrasi.

Dalam hal penetapan golongan dan kepangkatan serta ketentuan dalam hal imbalan upah dan tunjangan, kepada Saudara ditetapkan sebagai berikut :

Nama : Anton Sanjaya
NIP : 0355783
Tgl. Masuk Kerja : 15 Mei 2017
Bagian : Administrasi
Gaji Per Bulan : Rp. 3.600.000,- (Tiga juta enam ratus ribu rupiah)

Hak dan kewajiban Saudara lainnya ditetapkan dalam Peraturan Perusahaan, serta Saudara wajib untuk mentaati Peraturan Perusahaan dengan sebaik-baiknya dan dilaksanakan dengan penuh tanggungjawab.

Surat Keputusan Penaikan Jabatan ini berlaku sejak tanggal ditetapkan, apabila dikemudian hari terdapat kekeliruan dalam surat ini akan diperbaiki seperlunya.

Demikian Surat Keputusan Penaikan Jabatan ini dibuat untuk diketahui dan dipergunakan sebagaimana mestinya.

Ditetapkan di : Jakarta
Tanggal : 15 Mei 2018.

Mengetahui,
Direktur PT. MAJU MUNDUR,

 

Ahmad Subari.

3. Contoh Surat Keputusan di Kampus

Sebagaimana kita ketahui, kampus merupakan salah satu lembaga pendidikan tinggi. Untuk itu, tentu saja setiap kampus harus memiliki sistem yang baik dan mendukung untuk perkuliahan mahasiswa. Dalam membuat suatu kebijakan atau pengangkatan seseorang untuk jabatan tertentu, maka pimpinan dari kampus tersebut bisa menerbitkan surat keputusan seperti contoh di bawah ini.

KEMENTERIAN PENDIDIKAN NASIONAL
STIE KAMPUS UNGU
Jl. Pangeran Diponegoro No. 123, Jakarta

KEPUTUSAN KETUA STIE KAMPUS UNGU
No. : 28/SK/STIE-KU/2018

HAL : PENGANGKATAN PENASIHAT AKADEMIK

Menimbang :

  1. Untuk mengefektifkan upaya peningkatan mutu hasil belajar mahasiswa perlu dilakukan pembinaan dan bimbingan kepada setiap mahasiswa.
  2. Untuk melakukan pembinaan dan bimbingan bagi setiap mahasiswa, perlu diangkat penasihat akademik.
  3. Para dosen yang namanya terdapat dalam lampiran surat keputusan ini dipandang mampu dan memenuhi syarat untuk tugas-tugas tersebut.

Mengingat :

  1. Surat Keputusan Ketua Yayasan Pendidikan Gideon No. 014/SK/YLPG/84 tentang Pengangkatan Ketua STIE Kampus Ungu
  2. Statuta STIE Kampus Ungu tertanggal 19 Februari 1985

Memutuskan

  1. Pertama : Mengangkat para dosen yang namanya tercantum tersebut dalam lampiran surat keputusan ini sebagai Penasihat Akademik.
  2. Kedua : Dalam menjalankan tugas-tugasnya, Penasihak Akademik bertanggung jawab kepada Pembantu Ketua I.
  3. Ketiga : Segala sesuatu yang berhubungan dengan pengangkatan ini akan diatur dalam ketentuan tersendiri.
  4. Keempat : Keputusan ini mulai berlaku sejak tanggal ditetapkan dan apabila ternyata kemudian hari terdapat perubahan, maka surat keputusan ini akan ditinjau kembali.

Ditetapkan di Jakarta
Pada tanggal 15 Mei 2018.

Mengetahui,
Ketua STIE Kampus Ungu,

 

Ahmad Subari, M. Pd

4. Contoh Surat Keputusan Penerimaan Karyawan

Jika anda melamar pekerjaan di salah satu perusahaan tertentu, maka pastinya akan ada beberapa tahap seleksi yang harus anda lewati terlebih dahulu. Jika anda lulus, maka anda bisa bekerja di perusahaan tersebut berdasarkan pengumuman dari pihak perusahaan. Namun dalam hal ini bisa saja pihak perusahaan akan memberikan surat keputusan penerimaan karyawan bagi setiap karyawan yang diterima.

PT. MITRA SEKAWAN
Jl. Pertempuran No. 123, Medan
Telp. 12345678. Fax. 12345678

SURAT KEPUTUSAN
No. : 113 /SKPKT/HRD/I/2018

Berdasarkan kebijakan Manajemen PT. Mitra Sekawan dan hasil seleksi administratif, maka dengan ini ditetapkan bahwa :

Nama : Anton Sanjaya
NIP : 89764766

Telah secara resmi diterima menjadi karyawan TETAP terhitung sejak tanggal 15 Mei 2018 di bagian operasional sebagai Supir.

Segala hak dan kewajiban lainnya diatur sebagimana tercantum dalam ketentuan-ketentuan maupun Peraturan Perusahaan yang berlaku.

Jakarta, 15 Mei 2018.

Mengetahui,
Direktur PT. Mitra Sekawan,

 

Ahmad Subari.

5. Contoh Surat Keputusan Pengangkatan Karyawan

Bekerja sebagai karyawan kontrak tentu memiliki kekurangan yang banyak dibandingkan menjadi seorang karyawan tetap. Namun kebijakan – kebijakan dari perusahan memungkinkan hal ini terjadi pada karyawan yang baru masuk bekerja. Namun bukan tidak mungkin di kemudian hari kalau anda akan diangkat menjadi karyawan di perusahaan tersebut dengan status sebagai karyawan tetap.

CV. BERKAH
Jl. Sutrisno. 123, Semarang
Telp. 12345678. Fax. 12345678

Surat Keputusan
No. 123/SK/Mei/2018

Berdasarkan penilaian dan prestasi kerja Saudara Anton Sanjaya sejak mulai bekerja sampai periode masa kerja yang ditentukan, maka dengan ini kami memutuskan :

Terhitung Mulai Tanggal 15 Mei 2018, Saudara Anton Sanjaya diangkat menjadi karyawan CV. BERKAH dengan jabatan Marketing. Dengan ketentuan sebagai berikut :

  1. Melakukan penjualan semua produk milik CV. BERKAH
  2. Melakukan kunjungan outlet secara rutin
  3. Mendapatkan gaji Rp. 2.500.000 / bulan
  4. Merealisasikan target penjualan khusus susu sapi murni TERATAI 500 pack setiap bulan
  5. Mendapatkan bonus dari hasil penjualan yang dihitung setiap bulan

Demikianlah surat pengangkatan ini untuk dapat dilaksanakan.

Ditetapkan di Semarang
Pada Tanggal 15 Mei 2018.

Mengetahui,
Pimpinan CV. Berkah,

 

Ahmad Subari.

6. Contoh Surat Keputusan Pengangkatan

Dalam berbaga kesempatan tentu saja suatu yayasan pendidikan melakukan pengangkatkan seseorang untuk jabatan tertentu. Dan hal ini biasanya dilakukan oleh pemimpin tertinggi dari yayasan pendidikan tersebut, dengan mempertimbangkan beberapa faktor terlebih dahulu.

YAYASAN PENDIDIKAN ISLAM HIDAYATUSSA’ADIYAH YAPIDIYAH
Akta Notaris : No 02 Tanggal 26 Juli 2007 Notaris : ANDARI WIJAYANTI, SE, SH,
SK KEMENHUKAM : C.2578.HT.01.02-TH 2007
Alamat : Kp. Bojongmenteng Rt 23 Rw 06, Desa Palasarigirang  Sukabumi (43168)

SURAT KEPUTUSAN
Nomor : 0033 /A.02/YAPIDIYAH/VII/2018

TENTANG :
PENGANGKATAN PENGELOLA PAUD WALAGRI
KETUA YAYASAN PENDIDIKAN HIDAYATUSSA’ADIYAH
KALAPANUNGGAL – SUKABUMI

Menimbang :

  1. Bahwa dalam rangka memperlancar proses Pembelajaran di Tingkat Pendidikan Anak Usia Dini, perlu adanya pengangkatan Pengelola dan Tenaga Kependidikan lainnya.
  2. Bahwa untuk hal tersebut diatas perlu dikeluarkan surat keputusan  legalitas formal guna kelancaran kegiatan pendidikan.

Mengingat:

  1. UU No. 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional
  2. Peraturan Pemerintah Nomor 19 tahun 2005 tentang Standar Pendidikan Nasional
  3. UU No. 23 tahun 2002 pasal 9 ayat 1 tentang perlindungan anak
  4. Keputusan Bupati Sukabumi No. 421.10/kep.518-dikbud 2008 tentang pembentukan tim Pengelola Kegiatan pada PAUD.
  5. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nasional No. 137 tahun 2014 tentang  Standar Pendidik dan Tenaga Kependidikan PAUD.

Memperhatikan : Hasil keputusan musyawarah pengurus Yayasan pada tanggal 10 juli 2015

MEMUTUSKAN
Menetapkan

  1. Terhitung mulai tanggal 16 Mei 2018.
Nama : Anton Sanjaya
Tempat/Tgl Lahir : Sukabumi/20/09/1994
  1. Diangkat sebagai GURU di PAUD/TP HIBAR DESA
  2. memberikan kewenangan kepada nama tersebut diatas untuk melaksanakan tugas sebagai guru dan bertanggung jawab kepada Badan Hukum/Penyelenggara Pendidikan dan Pemerintah
  3. Surat keputusan ini berlaku untuk tahun pelajaran 2015/2016 dengan ketentuan apabila dikemudian hari terdapat kekeliruan akan diadakan perbaikan sebagaimana mestinya.

Ditetapkan di : Kalapanunggal
Pada tanggal : 16 Mei 2018.

Mengetahui,
Ketua Yayasan Hidayatussa’adiyah,

 

Ahmad Subari.

7. Contoh Surat Keputusan Perusahaan

Selain instansi – instansi resmi pemerintahan, berbagai perusahaan juga seringkali mengeluarkan surat keputusan yang tentu saja ditandantangi oleh seseorang yang merupakan pimpinan tertinggi dari perusahaan tersebut. Keputusan yang diambil merupakan kebijaksanaan penting bagi perusahaan dan atas pertimbangan – pertimbangan yang matang terlebih dahulu.

PT. MAJU MUNDUR
Jl. Sentosa No. 123, Jakarta
Telp. 123456789. Fax. 12345678

SURAT KEPUTUSAN
No. 1/SK-TETAP/SDM/SDM/I/2018

Tentang
PENGANGKATAN KARYAWAN TETAP

Menimbang :

  1. Sumber Daya Manusia yang berkualitas dan jumlah memadai merupakan asset terpenting Perusahaan.
  2. Dedikasi, prestasi, loyalitas dan itikad baik karyawan dalam menjalankan tugas akan menunjang keberhasilan Perusahaan untuk mencapai tujuannya.
  3. Karyawan yang menunjukan hal tersebut diatas dipandang perlu untuk diangkat menjadi karyawan tetap.

Mengingat :

Strategi SDM anatar lain :

  • Selektif dalam merekrut karyawan.
  • Pendayagunaan secara optimal karyawan yang ada.
  • Pemeliharaan dan pengembangan karyawan.

Memperhatikan :

Evaluasi dan pertimbangan Manajemen.

Menetapkan :

  1. Mengangkat sebagai karyawan tetap :
Nama : Anton Sanjaya
Jabatan : Kepala Bagian Keuangan
  1. Kepada Saudara diberikan No. Register12345 dan Golongan IV/B.
  2. Mendapat Insentif sesuai ketentuan yang berlaku.
  3. Hal lain yang berhubungan dengan kewajiban dan hak mengikuti aturan yang telah ditetapkan.
  4. Surat keputusan ini berlaku sejak tanggal 15 Mei 2018.

Ditetapkan di Jakarta
Pada Tanggal 15 Mei 2018.

Mengetahui,
Direktur PT. Maju Mundur,

 

Ahmad Subari.

8. Contoh Surat Keputusan Pengangkatan Direktur

Jabatan sebagai direktur merupakan jabatan yang sangat vital dan penting bagi sebuah perusahaan, lembaga, maupun organisasi dan kelompok – kelompok lainnya. Dalam hal ini, seorang pemilik tentu saja tidak akan sembarangan dalam memilih direktur. Untuk itu, perlu dibuat surat keputusan pengangkatan direktur agar direktur baru bisa bekerja dengan baik dan penuh tanggung jawab.

RAJAWALI TECHNO CENTER
Pusat Teknologi Informasi
Jl. Raya Sragen – Batujamus Km. 5 Sadakan Wonokerso Kedawung Sragen

SURAT KEPUTUSAN
Nomor : 23/9/1977/RTC/2018

TENTANG :
PERATURAN DAN PENGANGKATAN DIREKTUR RAJAWALI TECHNO CENTER

Menimbang :

  1. Bahwa Rajawali Techo Center membutuhkan Seorang Direktur untuk mengkoordinasi kegiatan yang baik dan tertib.
  2. Bahwa sehubungan dengan uraian diatas perlu diterbitkan Surat keputusan tentang Pengangkatan Direktur Rajawali Techno Center.

Mengingat :

  1. Surat Ijin Usaha No. 12/SIUP/2010
  2. Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga Rajawali Techno Center

Memutuskan

Anton Sanjaya, S. Kom

Menetapkan :

  1. Sebagai Direktur Rajawali Techno Center periode 2015 – 2020
  2. Keputusan ini berlaku sejak surat ini ditetapkan dan apabila terdapat kekeliruan dikemudian hari, maka akan diadakan perbaikan seperlunya

DITETAPKAN DI SURAKARTA
PADA TANGGAL : 15 Mei 2018

Mengetahui,
Ketua Yayasan,

 

Ahmad Subari.

9. Contoh Surat Keputusan Pengangkatan Guru PAUD

Mengangkat dan mendudukkan seseorang menjadi guru PAUD tentu bukanlah hal yang mudah. Hal ini dikarenakan seorang guru PAUD harus bisa dekat dengan anak – anak dan menyukai mereka. Untuk itu, seorang pimpinan harus hati –  hati dalam mengangkat seseorang menjadi guru PAUD.

KEPUTUSAN KEPALA DESA MATAIWOI
KECAMATAN MOWILA KABUPATEN KONAWE SELATAN

NOMOR : 141/14 TAHUN 2018

TENTANG :
PENGANGKATAN GURU PAUD/TK NON PNS DAN GURU BANTU
DESA MATAIWOI TAHUN ANGGARAN 2018

Menimbang :

  1. Bahwa untuk melaksanakan ketentuan Pasal 67 Peraturan Pemerintah Nomor 72 Tahun 2005 tentang Desa (Lembaran Negara Republik Indonesia Nomor 158 Tahun 2005, Tambahan Lembaran Negara Republik Indonesia Nomor 4587) diperlu untuk mengangkat   Tenaga Guru PAUD/TK non PNS dan Guru bantu Desa Mataiwoi dengan Keputusan Kepala Desa;
  2. Bahwa berdasarkan pertimbangan sebagaimana dimaksud pada huruf a diatas, perlu menetapkan Keputusan Kepala Desa Mataiwoi tentang Tenaga Guru PAUD/TK non PNS dan Guru Bantu Desa Mataiwoi.

Mengingat :

  1. Undang-undang Nomor 4 Tahun 2003 Tentang Pembentukan Kabupaten Konawe Selatan di Sulawesi Tenggara. (Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2003 Nomor 24 Tahun 2003, Tambahan Lembaran Negara Republik Indonesia Nomor 4267);
  2. Undang-undang Nomor 32 Tahun 2004 Tentang Pemerintahan Daerah (Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2004 No. 125, Tambahan Lembaran Negara Republik Indonesia No. 4437) sebagaimana telah diubah dua kali terakhir dengan Undang-undang No. 12 Tahun 2008 tentang Perubahan Kedua atas Undang-undang 32 Tahun 2004 tentang pemerintahan Daerah (Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2008 Nomor 59, Tambahan Lembaran Negara Republik Indonesia Nomor 4844);
  3. Undang-undangNomor 6 Tahun 2014 TentangDesa (Lembar Negara Republik Indonesia Tahun 2014 Nomor 7, Tambahan Lembaran Negara Republik Indonesia nomor 5495);

MEMUTUSKAN

  1. Kesatu : Menetapkan mereka yang nama dan jabatannya tercantum dalam lampiran keputusan ini.
  2. Kedua : Bahwa yang namanya tercantum dalam lampiran keputusan ini dianggap mampu dan cakap dalam menjalankan tugas dan fungsi serta tanggung jawab dibidangnya masing-masing.
  3. Ketiga : Keputusan ini mulai berlaku sejak tanggal ditetapkan dengan ketentuan apabila dikemudian hari terdapat kekeliruan dalam penetapan ini akan diadakan perbaikan sebagaimana mestinya.

Ditetapkan    : Mataiwoi
Pada Tanggal :  15 Mei 2018

Kepala Desa,

 

Ahmad Subari.

10. Contoh Surat Keputusan Lomba

Seperti kita ketahui bersama, berbagai pihak dan kelompok sekarang ini seringkali mengadakan berbagai lomba untuk berbagai kalangan. Saat pengumuman juara, mungkin saja hanya sekedar diumumkan oleh panitia, namun bisa jadi diumumkan dan diputuskan dengan menggunakan surat keputusan seperti contoh di bawah ini.

KEMENTERIAN AGAMA
MADRASAH ALIYAH NEGERI 2 BEKASI
KABUPATEN BEKASI
Jln. Amaraden No. 2 Cibening, Kec. Setu Kab. BekasiTelp. (021) 27316190

SURAT KEPUTUSAN
Nomor : 123 /PORAK-4/MAN2/XI/2018

TENTANG : Piala Bergilir Kementerian Agama Kab BEKASI pada Kegiatan Pekan Olahraga Antar Kelas MAN 2 Bekasi Kabupaten Bekasi Tahun 2018

Menimbang :

  1. Kegiatan Pekan Olahraga Antar Kelas MAN 2 Bekasi Kab. Bekasiadalah acara tahunan yang diselenggarakan oleh MAN 2 BekasiKab. Bekasi guna memunculkan atlet-atlet muda yang berbakat ;
  2. Kegiatan Pekan Olahraga Antar Kelas MAN 2 Bekasi Kab. Bekasitercantum dalam Program Kerja tahunan OSIS MAN2 Bekasi Kab. Bekasi ;

Mengingat :

  1. Kepala Diknas No. 097/U/2003 tentang pedoman pengawasanpendidikan, pembinaan pemuda dan pembinaan olahraga ;
  2. Peraturan Pemerintah Indonesia No. 17 Tahun 2007 tentangpenyelenggaran pekan olah raga dan kejuaran olahraga
  3. Surat Keputusan Kepala Madrasah Aliyah Negeri 2 Bekasi Kab. Bekasi.
  4. Program kerja OSIS MAN 2 Bekasi Kab. Bekasi Periode 2018/2019

Menetapkan  :

  1. Piala Bergilir Kepala Sekolah MAN 2 Bekasi akan di berikan kepadaJuara umum pada Cabang lomba Pekan Olahraga Antar Kelas MAN 2 Bekasi Kab. Bekasi ;
  2. Piala Bergilir Kepala MAN 2 Bekasi ini wajib dijaga dan dirawatkeutuhannya oleh Kelas yang mendapatkannya ;
  3. Apabila terjadi Kerusakan, wajib mengganti kerusakan tersebut olehKelas yang memendapatkannya ;
  4. Piala Bergilir Kepala MAN 2 Bekasi akan di ambil kembali setelah 6 bulan pelaksanaan, untuk di perebutkan kembali pada acaraselanjutnya.

Ditetapkan di Bekasi
Pada Tanggal : 15 Mei 2018.

Mengetahui,
Kepala MAN 2 Bekasi,

 

Ahmad Subari.

11. Contoh Surat Keputusan Kepala Sekolah

Kepala Sekolah sebagai pimpinan di sekolah tertentu akan memiliki wewenang dalam membuat keputusan dalam sekolah tersebut. Namun hal tersebut tentu saja dengan berbagai pertimbangan yang sudah matang, hingga akhirnya keluar sebuah keputusan mengenai kebijakan sekolah.

PEMERINTAH KEBUPATEN WAJO
DINAS PENDIDIKAN
SEKOLAH DASAR NEGERI 71 LIMPORILAU
Alamat : Jl. Tancung Purai

SURAT KEPUTUSAN
Nomor : 421.1/014/05.027/2018

TENTANG :
PENGANKATAN GURU TIDAK TETAP (SUKARELA)
PADA SD NEGERI 71 LIMPORILAU
TAHUN PELAJARAN 2018/2019

Menimbang : Bahwa dalam rangka memenuhi kebutuhan di SD Nnegeri 71 Limporilau,    maka dirasa perlu mengangkat Guru Tidak Tetap (Sukarela) yang sesuai    Kebutuhan Kelas atau Mata Pelajaran.

Mengingat

  1. Keputusan Mendiknas No. 044/U/2002 tentang Dewan Pendidika dan Komite Sekolah.
  2. Undang-Undang Nomor. 20 Tahun 2002 tentang Sistem
  3. Pendidikan Nasional.
  4. Undang-Undang Nomor. 32 Tahun 2001 tentang Pemerintah Daerah.
  5. Undang-Undang Nomor. 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen.
  6. Undang-Undang Nomor. 19 Tahun 2005 tentang Standar Pendidikan Nasional.

Memperhatikan :Hasil Pertemuan Pengurus Komite Sekolah dan Dewan Guru SD Negeri 71 Limporilau tanggal 14 Mei  2018

M E M U T U S K A N

Pertama : Mengangkat Saudara :

Nama : Anton Sanjaya, S. Pd
Tempat/Tgl Lahir : Timoreng/20/09/1994

Sebagai Guru Tidak Tetap (Sukarela) pada SD Negeri 71 Limporilau Terhitung mulai  tanggal 15 Mei 2018.

Kedua : Kepadanya diberi imbalan jasa honorarium dengan ketentuan dan      kemampuan Komite SD Negeri 71 Limporilau.

Ketiga : Apabila dikemudian hari ternyata terdapat kekeliruan dalam Keputusan ini akan diadakan perbaikan sebagaimana mestinya

Keempat : Keputusan ini diberikan kepada yang bersangkutan untuk digunakan sebagaimana mestinya.

Ditetapkan di     :  Limporilau
Pada Tanggal    :  15 Mei 2018

Mengetahui,
Kepala Sekolah,

 

Ahmad Subari.

12. Contoh Surat Keputusan Pengembang Kurikulum

Dalam setiap sekolah tentu ada beberapa guru yang akan bertugas untuk mengembangkan kurikulum. Setiap guru juga memiliki pekerjaan yang berbeda – beda untuk mengembangkan kurikulum mata pelajarang masing – masing. Untuk menetapkan nama – nama yang akan bertugas sebagai pengembang kurikulum, maka seorang kepala sekolah perlu menerbitkan surat keputusan.

PEMERINTA KOTAMADYA MEDAN
DINAS PENDIDIKAN
SMA NEGERI 1 MEDAN

SURAT KEPUTUSAN
Nomor :   134  /B/SD.002/VII/2018

TENTANG :
TIM PENGEMBANG KURIKULUM TINGKAT SATUAN PENDIDIKAN (KTSP) INTEGRASI KARAKTER
TAHUN PELAJARAN 2018/2019

Menimbang : Bahwa  dalam rangka memperlancar Pengembangan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan di SMA Negeri 1 Medan, maka perlu menunjuk tim Pengembang Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan SMA Negeri 1 Medan.

Mengingat :

  1. Undang – undang  Nomor  20  Tahun  2003,  tentang  Sistem  Pendidikan Nasional
  2. Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan
  3. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 22 Tahun 2006 tentang Standar Isi.
  4. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 23 Tahun 2006 tentang Standar Kompetensi Lulusan.
  5. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 24 Tahun 2006 tentang Pelaksanaan Permendiknas Republik Indonesia Nomor 22 dan Nomor 23

Memutuskan :

  1. Membentuk  tim  Pengembang  Kurikulum  Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) SMA Negeri 1 Medan dengan susunan keanggotaan sebagaimana tersebut dalam lampiran keputusan ini.
  2. Tim Pengembang  mempunyai  tugas  untuk  menyusun KTSP Integrasi Karakter SMA Negeri 1 Medan  sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku
  3. Apabila  dikemudian  hari  terdapat  kekeliruan  dalam  keputusan  ini,  akan diadakan perbaikan sebagaimana mestinya
  4. Keputusan ini mulai berlaku sejak tanggal ditetapkan

Ditetapkan di Medan
Pada Tanggal : 15 Mei 2018.

Kepala Sekolah SMA Negeri 1 Medan,

 

Ahmad Subari.

13. Contoh Surat Keputusan Visi Misi Sekolah

Seperti kita ketahui bersama, setiap sekolah tentu memiliki visi dan misi tersendiri, yang menjadikan sekolah tersebut berbeda dari sekolah lain. Dalam hal ini, kepala sekolah tentu saja tidak bisa menerbitkan visi misi sekolah dengan sendiri. Setelah melalui  berbagai proses, barulah seorang kepala sekolah bisa memutuskan visi misi dengan menggunakan surat keputusan seperti contoh di bawah ini.

PEMERINTAH KABUPATEN WAJO
DINAS PENDIDIKAN
SD NEGERI 203 LEPPANGENG
Alamat : Jl. Benteng No. 1 Wattang Desa Leppangeng Kec. Belawa

SURAT KEPUTUSAN KEPALA SEKOLAH
Nomor : 421.1/046/05-118/VII/2018

TENTANG :
PENETAPAN VISI, MISI DAN TUJUAN SEKOLAH
SD NEGERI 203 LEPPANGENG
TAHUN 2018 S/D 2020

Kepala SD Negeri 203 Leppangeng :

Menimbang : Bahwa  dalam rangka Mencapai   cita-cita sekolah perlu dirumuskan visi, misi dan tujuan sekolah di Satuan Pendidikan SD Negeri 203 Leppangeng untuk itu menetapkan visi,misi dan tiujuan sekolah tahun 2018 s/d 2020.

Mengingat :

  1. Undang – Undang-undang Dasar 1945 Pasal 31 ayat (5)
  2. Undang Pendidikan Nasional No. 20 Tahun 2003
  3. Undang-undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional Bab II Pasal 3
  4. Permendiknas No. 19 tahun 2005 tentang standar Pengolahan Pendidikan
  5. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor : 23 tahun 2006 tentang Standart kompetensi lulusan untuk satuan pendidikan dasar dan menengah

Memutuskan :

Bahwa Visi, Misi dan Tujuan secara resmi digunakan di linhkungan SD Negeri 203 Leppangeng, sebagai  acuan kegiatan akademis dan non akademis, dalam setiap aktivitas Pembelajaran pada Tahun Pelajaran 2018 s/d 2020.

Ditetapkan Di Lepanggeng
Pada Tanggal : 15 Mei 2018

Kepala Sekolah,

 

Ahmad Subari.

14. Contoh Surat Keputusan Organisasi

Sebagai sebuah kelompok, organisasi juga sering menggunakan surat keputusan untuk menerbitkan sesuatu hal mengenai kebijakan baru, baik itu berupa pengangkatan pengurus setiap periode tertentu, maupun berbagai kebijakan lainnya.

SURAT KEPUTUSAN TIM FORMATUR DAN MID FORMATUR
ORGANISASI KITA MAJU 2018

SURAT KEPUTUSAN
NO : 06/ SK/ KM/ I/ 2018

Tentang :
PELANTIKAN PENGURUS NAMA ORGANISASI PERIODE 2018 – 2023

Rapat Tim Formatur dan MID Formatur setelah :

Menimbang :

  1. Bahwa diperlukan adanya regenerasi pengurus KITA MAJU  periode 2018 – 2013.
  2. Bahwa diperlukan adanya pengisian pada struktur organisasi KITA MAJU

Mengingat :

  1. Adanya regenerasi pengurus KITA MAJU
  2. Pengisian struktur Organisasi KITA MAJU
  3. Adanya HAK Prerogatif Tim Formatur dan MID Formatur

Memperhatikan :

Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga KITA MAJU

MEMUTUSKAN :

  1. Nama-nama yang terdapat dalam lampiran Surat Keputusan ini adalah Pengurus KITA MAJU Periode 2018 – 2013
  2. Menugaskan kepada nama-nama terlampir untuk melaksanakan tugasnya sesuai AD/ART KITA MAJU
  3. Ketetapan ini berlaku mulai saat ditetapkan

Ditetapkan di : Jakarta
Tanggal : 15 Mei 2018.

Ketua Kita Maju,

 

Ahmad Subari.

15. Contoh Surat Keputusan Kepala Desa

Aparat desa atau lebih tepatnya seorang kepala desa juga seringkali menggunakan surat keputusan. Hal ini mungkin saja pada saat pengangkatan pejabat desa yang baru, ataupun untuk memberitahukan keputusan – keputusan yang terkait dengan kebijakan desa, seperti contoh di bawah ini.

PEMERINTAH KABUPATEN MAJALENGKA
KECAMATAN LEUWIMUNDING
KANTOR KEPALA DESA LEUWIKUJANG
Alamat : Jl. Persatuan No 1 Leuwikujang Majalengka 45473

KEPUTUSAN KEPALA DESA LEUWIKUJANG
Nomor : 123/SK/Mei/2018

Tentang :
PENUNJUKAN BENDAHARA DESA LEUWIKUJANG
TAHUN 2018

Menimbang :

  1. bahwa pengelolaan keuangan desa dilaksanakan oleh Bendahara Desa dan ditunjuk dari Perangkat Desa.
  2. bahwa Bendahara Desa sebagaimana hurup ‘a’ ditetapkan setiap tahun dengan Keputusan Kepala Desa.

Mengingat :

  1. Undang-undang Nomor 14 Tahun 1950 tentang Pemeritah Daerah Kabupaten dalam Lingkup Jawa Barat.
  2. Undang-undang Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa;
  3. Peraturan Pemerintah Nomor 43 Tahun 2015 Tentang Peraturan pelaksana Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2014 Tentang Desa.
  4. Peraturan Pemerintah Nomor 60 Tahun 2014 Tentang Dana Desa yang bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara:

Menetapkan : KEPUTUSAN KEPALA DESA LEUWIKUJANG KECAMATAN LEUWIMUNDING KABUPATEN MAJALENGKA TENTANG PENUNJUKAN BENDAHARA DESA LEUWIKUJANG TAHUN 2018

Memutuskan :

Pertama : Memberhentikan Saudara Ali Akbar sebagai Bendahara Desa, selanjutnya menunjuk dan menetapkan Saudara Anton Sanjaya (Kaur Pemerintahan) Sebagai Bendahara Desa Leuwikujang Tahun 2018.

Kedua : Bendahara Desa berkewajiban melaksanakan tugas :

  • Mencatat dan mengadministrasikan penerimaan dan pengeluaran keuangan Desa.
  • Melaksanakan disiplin anggaran yang berpedoman kepada Rencana Kerja Pemerintah Desa, yang dijabarkan dalam APBDesa.
  • Melaksanakan administrasi keuangan Desa sekurang-kurangnya membuat Buku Kas Umum (BKU), Buku Kas Pembantu Penerimaan, Buku Kas Pembantu Pengeluaran, Buku Pajak (PPN/PPh) dan Buku keuangan lain sesuai ketentuan yang berlaku.
  • Membuat laporan tertulis pengelolaan Keuangan Desa setiap empat bulan dan atau pada akhir tahun anggaran sebagai bahan Laporan Pertanggungjawaban Kepala Desa.

Ditetapkan di : Leuwikujang
Pada tanggal : 15 Mei 2018.

Mengetahui,
Kepala Desa Leuwikujang,

 

Ahmad Subari.

Kesimpulan dan Pentingnya Surat Keputusan

Contoh Surat Keputusan merupakan salah satu bentuk surat resmi yang diterbitkan oleh perusahaan atau instansi yang diwakili oleh pimpinan tertinggi yang berisikan pernyataan untuk memutuskan sesuatu hal. Adapun contoh surat keputusan merupakan salah satu bentuk surat resmi, dimana penulisannya harus sesuai dengan tata cara penulisan surat resmi dan penggunaan bahasa yang baik, serta sesuai dengan ejaan yang disempurnakan.

Hal – hal yang tertulis dalam suatu surat keputusan biasanya bersifat sangat penting dan berkaitan dengan kebijakan – kebijakan dari seorang pimpinan perusahaan ataupun instansi tersebut. Sebagaimana umumnya hal penting, maka tentu harus memiliki bukti tertulis, berupa surat keputusan.

Suatu kebijakan atau isi dari surat keputusan juga memiliki sifat resmi dan tegas, dimana tidak bisa diubah dengan cara apapun, kecuali dengan menerbitkan surat keputusan yang baru. Hal inipun harus dilakukan oleh pejabat yang sama dengan pejabat yang menerbitkan surat keputusan terdahulu.

Penggunaan contoh surat keputusan akan sangat sering kita temukan pada instansi pemerintahan, mulai dari tingkat desa, kecamatan, kabupaten/kota, provinsi, bahkan sampai tingkat Presiden. Namun perusahaan juga tetap memungkinkan untuk menggunakan surat keputusan, walaupun tidak sesering instansi pemerintahan.

Menerbitkan sebuah surat keputusan tidaklah bisa dengan sembarangan. Seorang pemimpin atau pejabat harus memiliki pertimbangan atau alasan dari penerbitan surat keputusan tersebut, yang biasanya juga akan dicantumkan pada surat keputusan dimaksud.

Continue Reading

Lainnya terkait Contoh Surat