Kondisi badan yang kurang fit, terkadang membuat seseorang harus beristirahat total terlebih dahulu selama beberapa hari sehingga menyebabkannya tidak bisa melakukan aktivitas bekerja seperti biasanya. Dalam hal ini untuk memberitahu kondisi badan kamu kepada atasan maka perlu membuat surat izin tidak masuk kerja.
Di samping berfungsi untuk memberitahukan kondisi terkini kepada atasan, membuat surat izin tidak masuk kerja juga dapat menunjukkan jika diri kamu termasuk orang yang profesionalitas. Lantas seperti apa contoh surat izin tidak masuk kantor yang benar itu?.
5 Contoh Penulisan Surat Izin Tidak Masuk Kantor yang Sesuai dengan Format
Pada dasarnya membuat surat izin tidak masuk kantor itu sangatlah mudah dilakukan. Terlebih di era digital seperti saat ini, di mana di internet sudah banyak informasi tentang contoh surat izin tidak masuk kantor yang benar. Dengan begitu untuk mencari referensi sangatlah mudah. Adapun beberapa contoh surat izin tidak masuk kerja di kantor yang benar seperti berikut ini.
Contoh Surat Izin Tidak Masuk Kantor Dikarenakan Sakit Demam
Palembang, 19 September 2022
Perihal: Surat Izin Tidak Masuk Kantor Karena Sakit
Kepada Yth
Kepala bagian personalia PT Pipa ABC
Di tempat
Assalamualaikum Wr.Wb
Dengan hormat saya yang mencantumkan tangan di bawah ini :
Nama : Budi Kurniawan
NIP :58530998455
Defisi : Finishing Packing Produk
Jabatan Sebagai: Administrasi
Alamat Tempat Tinggal :
Bersamaan dengan surat yang dibuat ini, Saya ingin mengajukan permohonan izin untuk tidak bisa masuk kerja selama dua hari terhitung mulai tanggal 19 hingga 21 September. Dikarenakan kondisi badan saya saat ini sedang tidak fit atau sakit demam, sehingga memerlukan waktu untuk istirahat total.
Demikian surat permohonan izin tidak masuk kerja yang saya buat, atas perhatian dari bapak/ibu personalia diucapkan terima kasih.
Hormat Saya
Budi Kurniawan
Contoh Surat Izin Tidak Masuk Kerja di Kantor Dikarenakan Sedang Cek Kesehatan
Surabaya, 8 Februari 2023
Perihal : Permohonan izin tidak masuk kantor dikarenakan sedang cek kesehatan
Lampiran : 1 halaman
Yth. Bapak Personalia PT Indo ABC
Jl.
Saya yang menuliskan sendiri tanda tangan di bawah ini :
Nama : Ahmad Kurniawan
Jabatan : Operator Produksi
Alamat: Jalan pahlawan Nomor 10, Surabaya Jawa Timur
Dengan surat ini bermaksud untuk mengajukan izin tidak masuk kantor pada tanggal 8 Februari 2023 dikarenakan harus menjalani cek kesehatan di salah satu rumah sakit di Surabaya. Sehubungan dengan permohonan izin tidak masuk kantor ini saya lampirkan surat keterangan dari Dokter yang nantinya bisa digunakan sebagai bahan pertimbangan.
Oleh karena itu tanpa mengurangi rasa hormat, Saya harap bapak personalia PT indo ABC dengan kebijaksanaannya bisa memberikan izin tidak masuk kerja kepada saya di tanggal 8 Februari 2023. Meskipun saat ini saya tidak bisa masuk kerja, namun masih dapat dihubungi melalui WhatsApp jika ada pekerjaan yang mendesak. Sedangkan untuk pekerjaan yang saya tinggalkan dikarenakan izin ini nantinya akan diselesaikan setelah kembali bekerja di hari kemudian.
Demikian surat permohonan izin tidak masuk kantor yang saya buat, atas perhatian dari bapak personalia PT indo ABC diucapkan terima kasih.
Hormat saya
Ahmad Kurniawan
Contoh Surat Izin Tidak Masuk Kantor Disebabkan Ada Urusan Keluarga
Jakarta, 8 Januari 2023
Kepada Yang Terhormat,
Bapak/Ibu Pemimpin
PT Sumber Makmur Abadi
Di tempat
Dengan hormat, Saya yang mencantumkan tanda tangan di bawah ini :
Nama : Nabila Amelia
Alamat: Jalan MH Thamrin nomor 30, Jakarta
Nomor telepon: 09764823678
Jabatan : Staff Administrasi
Melalui surat ini, Saya bermaksud untuk mengajukan cuti kerja selama 3 hari dikarenakan adanya kepentingan keluarga yang tidak bisa ditinggalkan.
Demikian surat izin tidak masuk kerja dikarenakan adanya kepentingan keluarga saya sampaikan, atas izin dan kebijakan yang diberikan oleh bapak/ibu pemimpin PT Sumber Makmur Abadi, diucapkan terima kasih.
Hormat Saya
Nabila Amelia
Contoh Surat Izin Tidak Masuk Kantor Dikarenakan Sedang Menghadiri Pernikahan Saudara
Jakarta, 10 Februari 2023
Kepada Yth,
Pemimpin HRD PT Sumber Makmur Indonesia
Jalan Husna Said No 69
Di Jakarta
Dengan hormat saya yang mencantumkan tanda tangan di bawah ini :
Nama : Hasan Basri
Alamat : Jalan Cakung Timur, Nomor 50, Jakarta Timur
Jabatan : Staff Administrasi Gudang
Bersamaan dengan surat yang saya buat ini, bermaksud untuk mengajukan izin cuti selama 3 hari dimulai pada tanggal 10, 11 dan 12 Februari 2023 dikarenakan ingin menghadiri pernikahan saudara di luar kota. Demikianlah surat izin cuti yang saya buat atas perhatian dari bapak pemimpin HRD PT Sumber Makmur Indonesia diucapkan terima kasih banyak.
Hormat Saya
Hasan Basri
Contoh Surat Izin Tidak Masuk Kerja Dikarenakan Sedang Menikah
Jakarta, 20 Januari 2023
Kepada Yth,
Bapak HRD PT Sumber Indo Jaya ABC
Jalan MH Thamrin nomor 10
Di Jakarta
Assalamualaikum wr.wb
Dengan hormat saya yang mencantumkan tanda tangan di bawah ini;
Nama : Natalia Claudia
Alamat : Jalan Cakung Timur Nomor 12, Jakarta Timur.
Jabatan: Staff Marketing
Bersamaan dengan surat yang dibuat ini, bermaksud ingin mengajukan cuti selama 3 hari dikarenakan sedang ingin melangsungkan pernikahan. Untuk permohonan izin cutinya sendiri selama 3 hari yakin tanggal 21, 22 dan 23 Januari 2023. Demikian surat izin cuti yang saya buat atas perhatian dari bapak HRD PT Sumber Indo jaya ABC, diucapkan terima kasih banyak.
Pemohon
Natalia Claudia
Beberapa Hal yang Perlu Diperhatikan Ketika Ingin Membuat Surat Izin Tidak Masuk Kantor
Di dalam kegiatan pembuatan surat izin tidak masuk kantor ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan. Nantinya dengan memperhatikan beberapa hal tersebut maka surat permohonan izin tidak masuk kantor yang dibuat bisa sesuai dengan kaidah kepenulisannya. Adapun hal-hal yang perlu diperhatikan ketika membuat surat izin tidak masuk kantor seperti berikut.
- Pastikan telah mencantumkan tanggal izin surat.
- Pastikan telah mencantumkan identitas diri dengan lengkap.
- Berikan informasi mengenai tujuan izin kerja dan berapa lama cutinya.
- Mengucapkan terima kasih di bagian akhir surat.
Bagaimana Cara Membuat Surat Izin Tidak Masuk Kantor Itu?
Membuat surat izin tidak masuk kantor itu sangatlah mudah untuk dilakukan. Bahkan proses penulisannya tidak akan memakan waktu hingga berjam-jam. Adapun cara membuat surat izin tidak masuk kantor yang bisa dipraktekkan sendiri seperti berikut ini.
- Langkah pertama buatlah terlebih dahulu alasan yang jelas mengapa tidak masuk kerja.
- Kemudian tuliskan nama kamu dengan lengkap beserta jabatan yang diduduki saat ini.
- Setelah itu di bagian isi surat sertakan tanggal sampai kapan kamu akan cuti dari pekerjaan.
- Jika sudah selesai buatlah penutup surat dengan kalimat padat jelas dan lengkap.
- Terakhir tulislah tanggal kapan surat itu dibuat dan beri tanda tangan di bagian bawah.
Demikian ulasan singkat tentang contoh surat izin tidak masuk kantor yang bisa dijadikan referensi. Agar nantinya tulisan yang ada di dalam surat Itu rapi sebaiknya buatlah dengan cara mengetiknya menggunakan perangkat berupa laptop atau komputer.