15 Contoh Surat Izin Sakit Sekolah, Karyawan dan PNS - Contoh Surat Resmi
Connect with us

Contoh Surat

15 Contoh Surat Izin Sakit Sekolah, Karyawan dan PNS

Contoh Surat Izin Sakit – Di tengah canggihnya teknologi sekarang ini, penggunaan surat tetap masih tidak bisa ditinggalkan. Walaupun memang sudah jarang digunakan untuk komunikasi urusan pribadi, namun penggunaan surat ini masih sangat sering digunakan pada berbagai kantor, instansi pemerintahan, sampai dengan lembaga dan perusahaan.

Salah satu surat yang masih sering digunakan adalah contoh surat izin sakit. Surat izin sakit ini biasanya dipergunakan untuk meminta izin ketika kita tidak bisa menjalani kewajiban atau tanggung jawab kita seperti biasa. Hal ini bisa disebabkan berbagai alasan, mulai dari kondisi yang sedang sakit, atau mungkin dikarenakan ada urusan yang tidak bisa ditinggalkan.

Seperti para siswa dan mahasiswa misalnya, ketika tidak bisa memasuki jam pelajaran seperti biasanya, maka wajib memberikan surat izin sakit kepada pihak sekolah maupun pihak kampus. Begitu juga dengan para pekerja maupun karyawan, tentu harus memberikan surat izin sakit ketika tidak bisa menjalankan kewajibannya sebagai karyawan.

Contoh Surat Izin Sakit

Ada banyak contoh surat izin sakit, namun cenderung memiliki tujuan yang sama. Tujuannya hanya satu, yakni untuk memberitahukan kalau kita sedang sakit dan tidak bisa menjalankan aktivitas ataupun kewajiban seperti biasa. Kalau anda tidak memberikan surat izin sakit ini, bisa saja anda akan mendapatkan sanksi dari pihak sekolah, kampus, ataupun perusahaan tempat anda bekerja.

Nah, untuk anda yang masih bingung dengan contoh surat izin sakit, berikut beberapa contoh yang mungkin bisa jadi bahan referensi untuk anda.

1. Contoh Surat Izin Sakit Untuk Anak Sekolah

Ketika tidak bisa mengikuti proses belajar mengajar di sekolah seperti biasanya, maka anda wajib memberikan surat sakit. Dengan surat sakit tersebut, maka pihak sekolah akan mengetahui alasan anda tidak masuk, dan anda pun akan terhidar dari sanksi yang mungkin saja diberikan bagi para siswa yang absen. Berikut adalah salah satu contoh dari surat izin sakit untuk anak sekolah.

Wonosobo, 19 Februari 2018

Kepada Yth,
Bapak/Ibu Guru Wali Kelas XII-A
SMA N 1 Merah Putih

Dengan hormat,
Dengan ini saya selaku orang tua/wali murid dari :

Nama : Dinda Kirana
Siswa : Kelas XII-A SMA N 2 Pringsewu
Alamat : Jl. Raya Niaga No. 123 Wonosobo

Memberitahukan bahwa anak saya tersebut diatas tidak dapat mengikuti pelajaran seperti biasa pada hari ini, Senin, 19 Februari 2018 dikarenakan sakit. Oleh karena itu, kami memohon pada Bapak/Ibu Guru Wali Kelas XII-A agar memberikan izin.

Demikian yang dapat kami sampaikan. Atas perhatian Bapak/Ibu kami ucapkan terimakasih.

Hormat Kami,
Orang Tua Siswa,

 

Budi Santoso

2. Contoh Surat Izin Sakit Untuk Mahasiswa

Sebagai seorang mahasiswa, anda tentu sudah memiliki jadwal tersendiri dari kampus mengenai jam pelajaran yang harus anda ikuti. Namun ketika anda sakit, maka anda tentu tidak bisa masuk kampus seperti biasa. Untuk menghindari pinalty atau absen tanpa keterangan, maka anda bisa membuat surat izin sakit seperti di bawah ini dan memberikannya kepada pihak kampus.

Yang terhormat,
Bapak Mujiono, S.Kom.
di Universitas Teknologi Pati

Dengan hormat,

Saya yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama Lengkap : Budi Santoso
NIM : 83978929835
Program Studi : Teknik Komputer
Fakultas : Sains Dan Teknologi

Dengan ini memberitahukan bahwa pada Senin, 19 Februari 2018 tidak dapat mengkuti proses perkuliahan pada mata kuliah Pemrograman Jaringan yang Bapak ampu dikarenakan ada acara keluarga yang sangat penting dan tidak dapat ditinggalkan. Sehubungan dengan hal tersebut saya bermaksud untuk memohon izin kepada Bapak Ahmad Nur Mujiono atas ketidakhadiran saya pada hari tersebut.

Demikian permohonan izin ini saya sampaikan. Atas perhatian dan kebijaksanaannya saya ucapkan terima kasih.

Pati, 19 Februari 2018,
Hormat Saya,

 

Budi Santoso

3. Contoh Surat Izin Sakit Untuk Pegawai Kesehatan

Berkarir dan bekerja sebagai seorang tenaga kesehatan, bukan berarti anda tidak bisa terkena penyakit. Nah, ketika anda sedang sakit, mengobati orang lain pun tentu tidak akan bisa fokus. Sebaiknya beristirahatlah di rumah atau rawat di rumah sakit jika harus diperlukan dan buat surat izin sakit anda, seperti contoh di bawah ini.

Kepada :

YTH  : Kepala UPT Puskesmas Lunyuk
Di –
Lunyuk

Yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama : Adinda Sinta, A.Md.Keb
NIP : 19681231 199303 2 078
Jabatan : Bidan Koordinator Puskesmas
Alamat : Jl. Titi Bobrok No. 123 Kec. Lunyuk

Dengan ini mengajukan permohonan izin sakit mulai pada hari ini, Senin 19 Februari 2018 dikarenakan saya sedang sakit dan harus rawat inap di rumah sakit.

Demikian surat izin ini saya sampaikan untuk menjadi bahan pertimbangan sebagaimana mestinya.

Lunyuk, 19 Februari 2018,
Hormat Saya,

 

Adinda Sinta A.Md. Keb

4.Contoh Surat Izin Sakit Untuk Pegawai Swasta

Anda tentu sudah tahu kalau peraturan di berbagai perusahaan itu memang cenderung lebih ketat dibandingkan pada instansi pemerintahan. Dan sebagai pegawai yang memiliki kewajiban untuk masuk kerja, haruslah memberikan surat izin sakit ketika anda tidak bisa masuk kerja sebagaimana biasanya.

Jakarta, 19 Februari 2018

Nomor : –
Lampiran : 1 Lembar
Perihal : Surat Izin Tidak Masuk Kerja

Kepada:
Bapak/Ibu
Kepala Divisi HRD PT. MAJU TERUS
Jl. Negara No. 123 Jakarta Pusat

Dengan hormat,

Yang bertanda tangan di bawah ini, saya:

Nama : Intan Permata
No. Induk Karyawan : 38958935
Jabatan : Divisi Marketing
Alamat : Jl. Menteng No. 123 Jakarta Pusat

Dengan ini mengajukan permohonan izin tidak masuk kerja pada hari Senin, 19 Februari 2018 dikarenakan sakit.

Demikian surat permohonan ini saya sampaikan. Atas izin yang diberikan saya ucapkan banyak terimakasih.

Jakarta, 19 Februari 2018,
Hormat Saya,

 

Intan Permata

5. Contoh Surat Izin Sakit Sekolah Dasar

Surat izin sakit sekolah untuk anak Sekolah Dasar sangatlah diperlukan ketika anak anda atau saudara anda tidak bisa mengikuti pelajaran di sekolah sebagaimana biasanya. Mungkin saja hal seperti ini disebabkan oleh anak anda yang sedang sakit atau memiliki keperluan yang tidak bisa ditunda.

Pekalongan, 25 Maret 2018

Kepada
Yth. Bapak/Ibu guru SD Negeri 1 Pekalongan
di- Tempat

Dengan hormat

Saya orang tua dari siswa yang bernama :

Nama : Antoni Sanjaya
Kelas : IV
Alamat : Jl. Perjuangan No. 123 Pekalongan

Memberitahukan bahwa anak saya tersebut tidak bisa masuk untuk mengikuti pelajaran seperti biasa pada hari ini, Senin, 26 Maret 2018 dikarenakan anak kami sedang sakit dan dirawat di rumah sakit.

Oleh karena itu sudilah Bapak/Ibu guru untuk memberikan izin kepada anak saya. Demikian surat ini saya buat, atas perhatian dan waktu Bapak/Ibu guru saya ucapkan terima kasih.

Hormat saya,

 

Ahmad Subarjo

6. Contoh Surat Izin Sakit Anak SMP

Bukan hanya anak SD, namun anak SMP juga sangat membutuhkan surat izin sakit sekolah. Kalau memang anak anda tidak bisa mengikuti pelajaran sebagaimana biasanya, maka anda bisa memberikan surat sakit kepada pihak sekolah. Hal ini akan berguna untuk menghindarkan anak anda dari sanksi yang mungkin diberlakukan oleh pihak sekolah.

Purbalingga, 26 Maret 2018

Kepada Yth.
Bapak/Ibu Guru Wali Kelas VII
SMP Negeri 1 Purbalingga

Dengan hormat,

Dengan ini saya selaku orang tua/wali murid dari :

Nama : Andini
Siswa : Kelas VII
Alamat : Jl. Pertahanan No. 123 Purbalingga

Memberitahukan bahwa anak saya, Sumanto. Tidak dapat mengikuti kegiatan pembelajaran seperti biasanya pada hari ini, Senin 26 Maret 2018 dikarenakan sakit. Oleh karena itu kami berharap agar Bapak/ Ibu Guru dapat memberikan izin.

Demikian pemberitahuan yang dapat kami sampaikan, atas perhatian Bapak/Ibu Guru kamu ucapkan Terima Kasih.

Hormat kami,

 

Anton Sanjaya

7. Contoh Surat Izin Sakit Untuk Anak SMA

Tidak berbeda jauh dengan anak SD dan anak SMP, anak SMA juga sangat membutuhkan yang namanya surat izin sakit sekolah. Ketika anak anda atau adek anda tidak bisa mengikuti pelajaran sebagaimana biasanya, maka anda bisa memberikan surat izin sakit kepada pihak sekolah.

Medan, 26 Maret 2018

Kepada Yth.
Bapak/Ibu Guru Wali Kelas VI-B
SMA Negeri 1 Medan

Dengan hormat,

Dengan ini saya orang tua/wali murid dari :

Nama : Anton Sanjaya
Siswa : Kelas XII – IPA
Alamat : Jl. Pattimura No. 123 Medan

memberitahukan bahwa anak saya tersebut diatas tidak dapat mengikuti pelajaran seperti biasa pada hari ini, Senin 26 Maret 2018 dikarenakan sakit demam. Oleh karena itu, sudilah kiranya Bapak/Ibu Guru Wali Kelas XII – IPA memberikan izin.

Demikian surat izin saya buat, atas pemberian izin dan keijaksanaan Bapak/Ibu Guru Wali Kelas saya ucapkan banyak terima kasih.

Hormat saya,

 

Ahmad Subarjo

8. Contoh Surat Izin Sakit Anak Sekolah Ditandatangani Oleh Wali

Sekarang ini banyak anak sekolah yang harus melanjutkan pendidikan di luar kota. Hal ini mungkin saja diakibatkan sekolah di kampungnya masih belum ada untuk jenjang tertentu. Dengan demikian, maka sang anak pun akan jauh dari orang tuanya. Jadi, jika anda belajar di luar kota dan sedang sakit, maka anda bisa membuat surat sakit yang ditandatangani oleh wali anda.

Medan, 26 Maret 2018

Kepada Yth. Bapak/Ibu
Wali Kelas X IPS 2
Di Tempat

Dengan Hormat,

Dengan surat ini, saya selaku wali dari Muhammad Ali ingin memberitahukan bahwa Muhammad Ali pada Senin, 26 Maret 2018 tidak bisa mengikuti rangkaian pelajaran seperti biasa dikarenakan sakit. Oleh karena itu, saya mengharapkan Bapak/Ibu yang mengajar di kelas X IPS 2 bisa memberikan izin dan memakluminya.

Demikian surat ini. Atas perhatian Bapak/Ibu Guru Wali Kelas dan Pengajar, saya mengucapkan terimakasih.

Hormat Saya,
Wali Siswa,

 

Imam Subarjo

9. Contoh Surat Izin Sakit Guru

Memiliki pekerjaan sebagai seorang guru tentu membuat anda harus masuk kelas dan mengajar setiap anda memiliki roster ataupun jadwal mengajar. Namun jika anda memang sedang sakit dan tidak bisa mengajar di kelas, maka sebaiknya anda beristirahat di rumah dan memberikan surat izin sakit kepada pihak sekolah.

Medan, 26 Maret 2018

Kepada Yth,
Kepala SMA Negeri 1 Medan
di Tempat

Dengan hormat,

Yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama : Intan Permatasari, S. Pd
Jabatan : Guru Matematika
NIP : 34587385
Unit Kerja : SMA Negeri 1 Medan

Dengan ini mengajukan permohonan izin selama 3 (tiga) hari kerja terhitung mulai tanggal 26 sampai dengan 28 Maret 2018, dikarenakan saya sedang sakit dan harus menginap di rumah sakit.

Demikian surat izin ini saya sampaikan untuk menjadi bahan pertimbangan sebagaimana mestinya.

 

Hormat Saya,

 

Intan Permatasari

10. Contoh Surat Izin Sakit Karyawan

Bagi para karyawan yang bekerja di sebuah perusahaan, tentu memiliki kewajiban dan tanggung jawab untuk masuk kerja selama hari kerja. Namun jika anda sedang sakit, maka sebaiknya beristirahat di rumah atau menjalani perawatan di rumah sakit untuk memulihkan kesehatan. Selain itu, anda juga harus memberikan surat izin sakit kepada atasa, agar tidak menganggap anda lalai dalam melakukan pekerjaan.

Purwokerto, 26 Maret 2018

Perihal : Surat Izin Tidak Masuk Kerja

Kepada Yth.
Kepala Personalia
Bpk. Hermawan
Di Tempat

Dengan Hormat,

Yang bertanda tangan dibawah ini, saya :

Nama : Anton Sanjaya
Jabatan : Manajer Area
Telp : 081234567890

Bersamaan dengan surat ini, memberitahukan bahwa pada hari ini saya tidak bisa masuk kerja sebagaimana biasanya dikarenakan saya sedang sakit dan harus menjalani perawatan di rumah sakit. Sehubungan dengan itu, saya bermaksud untuk memohon izin cuti selama saya menjalani perawatan di rumah sakit.

Demikian surat izin ini saya buat dengan sebenar-benarnya. Atas perhatian dan pengertian Bapak, saya sampaikan terimakasih.

Hormat saya,

 

Anton Sanjaya

11. Contoh Surat Izin Sakit dengan Melampirkan Surat Sakit dari Dokter

Sekarang ini banyak karyawan yang memang kurang loyal terhadap pekerjaan. Memberikan alasan sakit dan tidak masu kerja, padahal sebenarnya sedang tidak sakit. Oleh karena itu, anda bisa melampirkan surat keterangan sakit dari dokter yang memeriksa anda kepada atasan anda, sambil memberikan surat izin sakit.

Jakarta, 26 Maret 2018

Perihal : Surat Izin Tidak Masuk Kerja

Kepada:
Bapak/Ibu
Kepala Divisi HRD PT. Maju Perkasa Tbk.
Jl. Proklamasi No.37, Jakarta Pusat

Dengan hormat,

Yang bertanda tangan di bawah ini, saya :

Nama : Anton Sanjaya
No. KTP : 98475835
No. Induk Karyawan : 784587685
Jabatan : Divisi Marketing

Dengan ini mengajukan permohonan izin tidak masuk kerja selama 3 hari, mulai dari tanggal 26 sampai dengan tanggal 28 Maret 2018 dikarenakan sakit.

Permohonan ini saya ajukan karena menurut keterangan dokter saya diharuskan istirahat selama 3 hari. Saya juga melampirkan surat keterangan sakit dari dokter untuk meyakinkan Bapak.

Demikian surat permohonan ini saya sampaikan. Atas izin yang diberikan saya ucapkan banyak terimakasih.

Hormat Saya,

 

Anton Sanjaya

12. Contoh Surat Izin Sakit PNS

Sebagai seorang PNS, maka tentu anda harus masuk kerja mulai dari hari senin sampai dengan hari jumat setiap minggunya selama tidak merupakan hari libur. Namun sebagaimana manusia biasa, mungkin saja anda sedang sakit dan tidak bisa masuk kerja sebagaimana biasanya. Maka dari itu, anda bisa memberikan surat izin sakit kepada atasan anda, agar anda terhindar dari sanksi.

Medan, 26 Maret 2018

Kepada Yth,
Bapak Kepala Dinas Kesehatan
Kotamadya Medan
di Tempat

Dengan hormat,

Saya yang bertanda tangan di bawah ini:

Nama : Ahmad Sanjaya
NIP : 348957537
Jabatan : Kepala Sub Bagian
Unit Kerja : Dinas Kesehatan Kotamadya Medan

ingin memberitahukan kalau saya sedang sakit dan harus menjalani perawatan intensif di rumah sakit selama 5 hari. Hal ini berdasarkan keterangan dokter yang memeriksa dan menangani saya. Sehubungan dengan hal tersebut, maka dengan ini saya meminta izin kepada Bapak untuk memberikan saya izin selama saya dirawat di rumah sakit.

Demikian surat izin sakit ini saya perbuat, atas perhatiannya saya ucapkan terimakasih.

Hormat Saya,

 

Ahmad Sanjaya

13. Contoh Surat Izin Sakit Sekolah Bahasa Inggris

Sekarang ini memang mayoritas sekolah di Indonesia masih menggunakan surat dalam bahasa Indonesia. Namu tidak tertutup juga kemungkinan kalau anda diminta untuk membuat surat izin sakit dalam bahasa Inggris. Hal ini bisa saja jika anda bersekolah di sekolah Internasional yang menekankan penggunaan bahasa Inggris.

Lampung March 26, 2018

To The Designation
Teacher Homeroom IX-B
SMP N 1 ShorkotPringsewu

With respect,

With my parent/guardian of the pupil :

Name : Agung Kurniawan
Student : Class IX-B SMP N 1 Shorkot
Addres : JL. Shorkot Patimura No. 182 II

notify that my child cannot follow the lesson as always on this day, Monday, August 26, 20 because sick influenza. Therefore, so presumably the father/mother Teacher Homeroom IX-B givespermission.

So I make, licence over the granting of permission and keijaksanaan father/mother TeacherHomeroom I say many thanks.

Respect me,
Parents/caregivers,

 

 

Anton Sanjaya

14. Contoh Surat Izin Sakit Karyawan Bahasa Inggris

Para karyawan yang bekerja di sebuah perusahaan biasanya akan menggunakan bahasa Indonesia saat menulis surat sakit. Namun tidak tertutup kemungkinan kalau anda harus menggunakan surat izin sakit dalam bahasa Inggris. Hal ini sah – sah saja jika perusahaan tempat anda bekerja merupakan perusahaan multinasional.

Yogyakarta, March 26, 2018

Things : A Plea For Permission Not To Enter Work

Dear,
Head Of Personnel Section
Pt. TradisiOne Food
Mataram Street 10, Sleman, Yogyakarta

With respect,

I signed below :

Full Name : Intan Permatasari
Addres : Jalan Kebon Supreme 12 Yogyakarta
Position : Staff Adiminstration

I hereby notifies that on Tuesday, March 26, 2018 I cannot be present for work as usual due topain. In connection with this, I intend to request authorization to not enter employment on that date.

So I tell them the licence with proper a point. Top care and wisdom I thank you.

Respect me,

 

Intan Permatasari

15. Contoh Surat Izin Sakit dari Dokter

Jika anda merupakan seorang karyawan yang bekerja di sebuah perusahaan maupun seorang pegawai negeri sipil mungkin saja akan mengalami sakit. Hal ini menyebabkan anda tidak bisa masuk kerja dan melaksanakan kewajiban sebagaimana biasanya. Maka dari itu, anda bisa meminta surat sakit dari dokter dan memberikannya kepada atasan anda.

RUMAH SAKIT IBU DAN ANAK PELITA
Alamat : Jl. Perjuangan No. 123 Medan

SURAT KETERANGAN DOKTER

Yang bertanda tangan dibawah ini menerangkan bahwa :

Nama : Intan Permatasari
Jenis Kelamin : Perempuan
Pekerjaan : Karyawan Swasta
Alamat : Jl. Perjuangan No. 10 Medan

Berdasar hasil pemeriksaan yang telah dilakukan, pasien tersebut dalam keadaan sakit, sehingga perlu beristirahat selama 3 hari, dari tanggal 26 Maret 2018 s/d 28 Maret 2018.

Diagnosa : Penyakit Asam Lambung

Demikian surat keterangan ini diberikan, untuk diketahui dan dipergunakan sebagaimana mestinya

Dokter Pemeriksa,

 

dr. Indri Manohara

Kesimpulan Dan Pentingnya Surat Izin Sakit

Jika anda merupakan seorang siswa ataupun mahasiswa, maka tentu memiliki kewajiban untuk datang belajar setiap hari yang telah ditentukan ke sekolah maupun ke kampus. Dan jika anda merupakan seorang karyawan maupun pegawai, maka anda juga memiliki tanggung jawab untuk masuk kerja setiap hari kerja.

Namun sebagaimana manusia biasa, mungkin saja anda terkena penyakit dan harus menjalani perawatan di rumah sakit. Akhirnya, anda sendiri pun tidak bisa melaksanakan kewajiban anda sebagaimana biasanya. Maka dari itu, anda bisa memberikan surat izin sakit kepada pihak sekolah untuk para siswa, dan kepada atasan untuk yang sudah bekerja.

Selain itu, anda juga bisa meminta surat keterangan sakit dari dokter, dan memberikan surat tersebut kepada atasan. Hal ini untuk meyakinkan atasan kalau anda memang benar – benar sakit dan tidak sedang berbohong.

Dengan membuat surat izin sakit tersebut, maka anda pun akan bisa terhindar dari sanksi – sanksi yang mungkin saja sudah dibuat oleh perusahaan bagi para karyawan yang tidak masuk kerja. Hal ini juga berguna untuk menjaga nama baik anda dan mendapatkan rasa percaya dari atasan.

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *