Connect with us

Contoh Surat Resmi

Contoh Surat

15 Contoh Surat Izin Sakit Sekolah yang Benar dan Paling Lengkap

Contoh Surat Izin Sakit Sekolah – Seiring dengan perkembangan zaman dan kecanggihan teknologi sekarang ini, maka penggunaan surat sebagai media komunikasi juga sudah semakin menurun. Namun jika kita menelisik lebih dalam, maka hal ini hanya berguna untuk kepentingan komunikasi pribadi atau perorangan. Sementara untuk berbagai urusan resmi atau kelompok, penggunaan surat masih merupakan sesuatu hal yang wajib untuk dilakukan.

Salah satu contohnya adalah contoh surat izin sakit sekolah, dimana seorang siswa yang sedang sakit dan tidak bisa mengikuti proses belajar mengajar harus mengirimkan surat izin sakit kepada pihak sekolah. Surat ini juga bisa ditandatangani sendiri maupun ditandatangani oleh orang tua dari siswa yang bersangkutan.

Contoh Surat Izin Sakit Sekolah

Seperti kita ketahui bersama, seorang siswa tentu memiliki kewajiban untuk datang dan mengikuti proses belajar mengajar di sekolah setiap hari yang sudah ditentukan sesuai dengan kalender pendidikan. Namun sebagai manusia biasa, mungkin saja seorang siswa tersebut terkena penyakit dan tidak bisa melaksanakan kewajibannya sebagaiman mestinya.

Disinilah anda bisa memanfaatkan contoh surat izin sakit sekolah yang dikirimkan kepada guru atau pihak sekolah. Hal ini bertujuan untuk menghindari sanksi yang ditetapkan oleh pihak sekolah dan menunjukkan tanggung jawab anda sebagai seorang siswa. Berikut adalah beberapa contoh surat izin sakit sekolah yang bisa anda pergunakan sebagai bahan referensi.

1. Contoh Surat Izin Sakit Sekolah dari Orang Tua

Jika anda sedang sakit dan tidak bisa mengikuti proses belajar mengajar sebagaimana biasanya, maka anda bisa memberikan surat izin sakit kepada pihak sekolah. Anda bisa membubuhkan tanda tangan orang tua agar memberikan keyakinan kepada pihak sekolah jika anda memang benar – benar sakit.

Purwokerto, 17 Mei 2018

Kepada Yth.
Bapak/Ibu Guru Wali Kelas XI-B
SMKN 2 Purwokerto

Dengan hormat,
Dengan ini saya selaku orang tua/wali murid dari :

Nama : Anton Sanjaya
Siswa : Kelas XI – B SMK Negeri 2 Purwokerto
Alama : Jl. Perjuangan No. 123, Purwokerto

Memberitahukan bahwa anak saya tersebut diatas tidak dapat mengikuti pelajaran seperti biasa pada hari ini, Kamis, 17 Mei 2018 dikarenakan sakit. Oleh karena itu, kami memohon pada Bapak/Ibu Guru Wali Kelas XI-B agar memberikan izin.

Demikian yang dapat kami sampaikan. Atas perhatian Bapak/Ibu kami ucapkan terimakasih.

Hormat Kami,
Orang Tua Siswa,

 

Ahmad Subari.

2. Contoh Surat Izin Sakit Sekolah dari Wali

Jika anda tidak tinggal bersama orang tua, maka anda bisa memberikan surat izin sakit sekolah dengan tanda tangan dari pihak wali, baik itu Bapak maupun Ibu kost di kota tempat anda tinggal. Hal ini sangat berguna untuk meyakinkan pihak sekolah akan kondisi anda yang sedang sakit.

Wonosobo, 17 Mei 2018

Kepada Yth.
Bapak/Ibu Guru Wali Kelas XII-A
SMA N 1 Merah Putih

Dengan hormat,
Dengan ini saya selaku Wali/Ibu Kost dari murid  :

Nama : Anton Sanjaya
Siswa : Kelas XII – A IPA
Alamat : Jl. Pangeran Diponegoro No 123, Wonosobo

Memberitahukan bahwa anak saya tersebut diatas tidak dapat mengikuti pelajaran seperti biasa pada hari Kamis, 17 Mei 2018 dikarenakan sakit. Oleh karena itu, kami memohon pada Bapak/Ibu Guru Wali Kelas XII-A agar memberikan izin.

Demikian yang dapat kami sampaikan. Atas perhatian Bapak/Ibu kami ucapkan terimakasih.

Hormat kami,
Wali/Ibu Kos Siswa,

 

Intan Permatasari.

3. Contoh Surat Izin Sakit Sekolah dan Diagnosa Penyakit

Jika anda sedang dalam keadaan sakit, maka tentu anda harus mengirimkan surat izin sakit sekolah. Kebanyakan orang tidak pernah menyebutkan diagnosa penyakit yang sedang dialami. Namun hal ini bisa anda cantumkan, mengenai penyakit yang sedang anda derita, sehingaa anda tidak bisa mengikuti pelajaran sebagaimana biasanya.

Banyuwangi, 17 Mei 2018

Kepada Yth,
Bapak/Ibu Guru SMA Negeri 1 Medan
Jl. Pendidikan No. 123
Medan

Dengan hormat,
Dengan ini kami orang tua/wali murid dari :

Nama ; Anton Sanjaya
NISN : 908568790
Kelas ; XII – B IPA SMA Negeri 1 Medan

Memberitahukan bahwa anak kami tidak dapat mengikuti pelajaran seperti biasa pada hari ini, Kamis, 17 Mei 2018 dikarenakan sakit demam berdarah yang mengharuskannya istirahat total. Oleh karena itu, sudilah kiranya Bapak/Ibu Guru Wali Kelas XII memberikan izin.

Demikian surat izin yang kami buat, atas pemberian izin dan kebijaksanaan Bapak/Ibu Guru Wali Kelas saya ucapkan banyak terima kasih.

Hormat Kami,
Orang Tua Siswa,

 

Ahmad Subari.

4. Contoh Surat Izin Sakit Sekolah Kepada Wali Kelas

Banyak orang yang mengatakan kalau seorang wali kelas merupakan orang tua kandung para siswa di sekolah. Tidak heran kalau banyak siswa yang selalu mengurus sesuatu hal kepada wali kelas masing – masing, termasuk meminta izin sakit sekolah. Jika anda sedang sakit, maka anda bisa mengirimkan surat sakit sekolah kepada wali kelas anda.

Yogyakarta, 17 Mei 2018

Yang terhormat,
Ibu Intan Permatasari
Wali Kelas XII – B IPS
SMA Negeri 1 Yogyakarta
Di tempat

Dengan hormat,
Saya yang bertanda tangan di bawah ini adalah orang tua/wali murid dari :

Nama ; Anton Sanjaya
Kelas : XII – B IPS
NISN : 94578679

Dengan ini memberitahukan bahwa anak saya tidak dapat mengikuti proses belajar mengajar pada Kamis, 17 Mei 2018 dikarenakan sakit. Sehubungan dengan hal tersebut saya selaku wali murid memohon kepada Bapak/Ibu untuk berkenan memberikan izinnya. Sebagai bukti saya sertakan pula surat keterangan hasil pemeriksaan dokter pada lembar terlampir.

Demikian permohonan izin ini saya sampaikan. Atas kebijaksanaan dan izin yang diberikan saya ucapkan terima kasih.

Hormat Kami,
Orang Tua Siswa,

 

Ahmad Subari.

5. Contoh Surat Izin Sakit Sekolah Atas Nama Sendiri

Untuk lebih meyakinkan pihak sekolah, memang ada baiknya bagi anda agar membubuhkan tanda tangan dari orang tua pada surat izin yang anda berikan. Namun jika hal tersebut tidak memungkinkan, maka anda bisa memberikan surat izin sakit sekolah atas nama anda sendiri dan tanda tangan anda sendiri.

Rembang, 17 Mei 2018

Yang terhormat,
Bapak/Ibu Wali Kelas XI TKJB
SMK N 1 Rembang
Di tempat

Dengan hormat,
Saya yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama : Anton Sanjaya
Kelas ; XI TKJB
NISN : 87656890

Dengan ini bermaksud untuk memohon izin tidak dapat mengikuti kegiatan belajar mengajar pada Kamis, 17 Mei 2018 dikarenakan kondisi saya yang sedang sakit. Kiranya Bapak/Ibu berkenan memberikan izin kepada saya.

Demikian permohonan izin ini saya buat dengan sebenar – benarnya. Atas kebijaksanaan dan izin yang diberikan saya ucapkan terima kasih.

Hormat Saya,

 

Anton Sanjaya.

6. Contoh Surat Izin Sakit Kepada Pihak Sekolah

Dalam menulis tujuan dari surat izin sakit yang anda berikan, maka anda bisa memberikannya kepada wali kelas maupun kepada pihak sekolah secara keseluruhan. Hal ini tentu harus anda lakukan, jika sekiranya wali kelas anda tidak memiliki jadwal mengajar pada hari itu di sekolah.

Pekalongan, 17 Mei 2018

Kepada Yth,
Bapak/Ibu guru SMAN 2 Pekalongan
di- Tempat

Dengan hormat
Saya orang tua dari siswa yang bernama :

Nama : Anton Sanjaya
NISN : 678786756
Kelas : XII IPS 2 SMA Negeri 2 Pekalongan

Memberitahukan bahwa anak saya tersebut tidak bisa masuk untuk mengikuti pelajaran seperti biasa pada hari ini, Kamis, 17 Mei 2018 dikarenakan ada keperluan mendesak di luar kota yang tidak bisa ditinggalkan.

Oleh karena itu sudilah Bapak/Ibu guru untuk memberikan izin kepada anak saya. Demikian surat ini saya buat, atas perhatian dan waktu Bapak/Ibu guru saya ucapkan terima kasih.

Hormat Saya,
Orang Tua Siswa,

 

Ahmad Subari.

7. Contoh Surat Izin Sakit Sekolah Beserta Surat Keterangan Sakit

Agar lebih meyakinkan pihak sekolah akan keadaan anda yang sedang sakit, maka anda bisa melampirkan surat keterangan sakit pada surat tersebut. Surat keterangan sakit ini bisa anda dapatkan dengan cara meminta pada dokter yang memeriksa anda. baik itu di rumah sakit, klinik, maupun puskesmas.

Semarang, 17 Mei 2018

Hal : Permohonan Izin
Lampiran : 1 Lembar

Kepada Yth,
Bapak/Ibu Guru SMP Negeri 1 Semarang
Ditempat

Dengan hormat,
Saya orang tua dari siswa yang bernama :

Nama : Anton Sanjaya
Kelas : 7 C SMP Negeri 1 Semarang
NISN : 786346576879

Memberitahukan bahwa anak saya tersebut tidak bisa mengikuti pelajaran seperti biasa pada hari ini, Kamis, 17 Mei 2018 dikarenakan sakit . Sehubunag dengan hal tersebut, bersama ini kami melampirkan surat keterangan sakit dari dokter pemeriksa. Oleh karena itu sudilah Bapak/ibu guru memberikan izin.

Demikian surat ini saya buat , atas perhatian dan waktu yang Bapak/ibu guru berikan saya ucapkan terima kasih.

Hormat Kami,
Orang Tua Siswa,

 

Ahmad Subari.

8. Contoh Surat Izin Sakit Sekolah Karena Rawat Inap

Jika penyakit yang anda alami sudah termasuk parah, maka mungkin saja anda harus menjalani rawat inap selama beberapa hari di rumah sakit. Hal ini bertujuan agar anda bisa mendapatkan penanganan dari medis dengan baik dan rutin.

Kebumen, 17 Mei 2018

Kepada Yth,
Bapak/Ibu Guru SMA Negeri 1 Kebumen
di- Tempat

Dengan hormat,
Saya orang tua dari siswa yang bernama :

Nama : Intan Permatasari
NISN : 8764556879
Kelas : XII – IPS 2

Memberitahukan jika putri saya tersebut tidak bisa hadir ke sekolah seperti biasa selama 3 hari, terhitung dari hari ini, Kamis, 17 Mei 2018. Hal ini dikarenakan menurut keterangan dokter, putri saya harus menjalani rawat inap selama 3 hari di rumah sakit Adam Malik Kebumen.

Oleh karena itu sudilah Bapak/Ibu guru untuk memberikan izin kepada putri saya. Demikian surat ini saya buat, atas perhatian yang Bapak/Ibu guru berikan saya ucapkan banyak terima kasih.

Hormat Saya,
Orang Tua Siswa,

 

Anton Sanjaya.

9. Contoh Surat Izin Sakit Sekolah untuk Anak SD

Seorang anak SD tentu saja belum bisa membuat surat izin sakit sekoah dengan baik. Maka dari itu, anda sebagai orang tua bisa membuatkannya surat izin sakit sekolah dan memberikannya kepada pihak sekolah. Tentu saja dengan demikian, anda juga harus menandatangani surat izin sakit tersebut.

Malang, 17 Mei 2018

Kepada Yth,
Bapak/Ibu SDN 1 Malang
di- Tempat

Dengan hormat,
Saya orang tua dari siswa yang bernama :

Nama : Anton Sanjaya
Kelas : IV SDN 1 Malang
NISN : 9876543245678

Memberitahukan bahwa putra saya tersebut tidak bisa hadir untuk mengikuti pelajaran seperti biasa pada hari ini, Kamis, 17 Mei 2018 dikarenakan sakit diare sehingga diharuskan untuk menjalai rawat inap di Rumah Sakit Islam Malang.

Oleh karena itu sudilah Bapak/Ibu guru untuk memberikan izin kepada anak saya. Demikian surat ini saya buat, atas perhatian dan waktu Bapak/Ibu guru saya ucapkan terima kasih.

Hormat Saya,
Orang Tua Siswa,

 

Ahmad Subari.

10. Contoh Surat Izin Sakit Sekolah untuk Anak SMP

Bagi anda yang sudah menduduki sekolah menengah pertama, mungkin memang sudah bisa menulis surat izin sakit  sekolah sendiri. Namun kendati demikian, ada baiknya agar anda menyerahkan perihal izin sakit sekolah tersebut kepada orang tua dan juga dengan tanda tangan orang tua.

Solo, 17 Mei 2018

Kepada Yth,
Bapak/Ibu Guru SMP Negeri 1 Solo
di Tempat

Dengan hormat,
Saya orang tua murid dari siswa yang bernama :

Nama : Intan Permatasari
NISN : 654345768
Kelas : XII SMP Negeri 1 Solo

Memberitahukan bahwa anak kami tidak bisa masuk sekolah seperti biasa pada hari ini, Kamis, 17 Mei 2018 dikarenakan sedang dalam kondisi sakit dan harus membutuhkan istirahat.

Oleh sebab itu sudilah Bapak/ibu guru untuk memberikan izin kepada anak kami . Demikian surat ini saya buat , atas perhatian yang telah Bapak/ibu guru berikan, saya ucapkan terima kasih.

Hormat Kami,
Orang Tua Siswa,

 

Ahmad Subarjo.

11. Contoh Surat Izin Sakit Sekolah untuk Anak SMA

Bagi anda yang sudah menduduki bangku SMA, maka tentu sudah bisa dan mahir dalam menulis surat izin sakit sekolah. Maka dari itu, anda bisa menulis surat sakit sendiri, dan anda tandan tangani sendiri. Untuk memperkuat bukti, maka anda juga bisa melampirkan surat keterangan sakit dari dokter pemeriksa anda.

Medan, 17 Mei 2018

Hal ; Permohonan Izin
Lampiran : 1 Lembar

Kepada Yth,
Bapak/Ibu Guru SMA Negeri 1 Medan
di Tempat

Dengan hormat,
Saya yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama : Anton Sanjaya
NISN : 87866434
Kelas : XII – IPS 2

dengan ini ingin memberitahukan bahwa saya tidak bisa mengikuti proses belajar mengajar di sekolah hari ini selama 3 hari, terhitung mulai dari hari ini. Hal ini sehubungan dengan kondisi saya yang sedang sakti, dan menurut keterangan dokter harus istirahat selama 3 hari. Maka dari itu, saya bermaksud untuk meminta izin kepada Bapak/Ibu guru selama saya tidak bisa masuk sekolah.

Bersama dengan surat ini, saya juga melampirkan surat keterangan sakit dari dokter, sebagai bukti akan keadaan saya yang sedang sakit.

Atas perhatian dan izin dari Bapak/Ibu guru, saya mengucapkan terimakasih.

Hormat Saya,

 

Anton Sanjaya.

12. Contoh Surat Izin Sakit Sekolah dari Dokter

Sekarang ini banyak siswa yang berbohong dan tidak masuk sekolah dengan mengatakan alasan sedang sakit. Sementara hal tersebut belum tentu benar adanya. Hal ini tentu saja menurunkan kepercayaan guru dan pihak sekolah akan kebenaran kondisi siswa yang sebenarnya. Untuk itu, anda bisa meminta surat keterangan sakit dari dokter dan memberikannya kepada pihak sekolah untuk meminta izin.

RUMAH SAKIT ADAM MALIK MEDAN
Alamat : Jl. Hang Tuah No. 123, Medan

SURAT KETERANGAN DOKTER

Yang bertanda tangan dibawah ini menerangkan bahwa :

Nama : Anton Sanjaya
Jenis Kelamin : Laki – Laki
Pekerjaan : Siswa

Berdasar hasil pemeriksaan yang telah dilakukan, pasien tersebut dalam keadaan sakit, sehingga perlu beristirahat selama3 hari, terhitung mulai dari tanggal 17 Mei 2018.

Diagnosa : Penyakit Demam Berdarah.

Demikian surat ini diperbuat, agar pihak sekolah SMA Negeri 2 Medan kiranya sudi memberikan izin kepada siswa yang bersangkutan dengan nama diatas selama tidak masuk sekolah dalam waktu 3 hari, sesuai dengan keterangan diatas.

Medan, 17 Mei 2018.

Dokter Pemeriksa,

 

dr. Ahmad Subari.

13. Contoh Surat Izin Sakit Sekolah dari Klinik

Ketika anda sedang sakit, maka anda tidak harus berobat ke rumah sakit. Namun anda juga bisa berobat ke klinik terdekat tempat dimana anda tinggal. Selanjutnya anda bisa meminta surat keterangan sakit dari dokter pemeriksa, untuk digunakan sebagai bukti anda dalam meminta izin kepada pihak sekolah.

KLINIK SEHAT SELALU
Jl. Pertempuran No. 123, Medan
Telp. 12345678. Fa. 12345678

SURAT KETERANGAN SAKIT

Yang bertanda tangan dibawah ini menerangkan bahwa :

Nama : Intan Permatasari
Tempat/Tgl Lahir : Medan/20/09/1999
Pekerjaan : Pelajar
Alamat : Jl. Perjuangan No. 123, Medan

Pada pemeriksaan kesehatan yang sudah dilakukan pada hari ini maka dengan ini menyatakan yang bersangkutan dalam kondisi tidak sehat, sehingga perlu beristirahat selama 5 hari, dari tanggal 17 Mei 2018 sampai dengan 21 Mei 2018.

Demikian surat keterangan ini dibuat dan diberikan kepada pihak sekolah SMA Negeri 1 Medan. Sehubungan dengan hal tersebut, agar kiranya pihak sekolah SMA Negeri 1 Medan sudi memberikan izin kepada siswa yang bersangkutan dengan nama tersebut diatas selama tidak bisa mengikuti proses belajar mengajar di sekolah.

Medan, 17 Mei 2018.

Dokter Pemeriksa,

 

dr. Anton Sanjaya.

14. Contoh Surat Izin Sakit Sekolah dari Puskesmas

Selain berobat ke rumah sakit dan klinik, anda juga bisa berobat ke puskesmas terdekat di daerah tempat tinggal anda. Anda bisa meminta surat keterangan sakit dari puskesmas tersebut, untuk selanjutnya anda pergunakan dalam meminta izin kepada pihak sekolah.

DEPARTEMEN KESEHATAN RI
UNIT PUSKESMAS PADANG BULAN
Jl. Djamin Ginting No. 123, Medan

SURAT KETERANGAN SAKIT
No.: 3423/232/RSIAH/SKS/2018

Dokter yang bertandatangan dibawah ini, menerangkan bahwa :

Nama : Anton Sanjaya
Umur : 16 Tahun
Pekerjaan ; Pelajar
Alamat : Jl. Djamin Ginting No. 234, Medan

Memerlukan istirahat selama 5 (lima) hari, terhitung mulai tanggal 17 Mei 2018 sampai dengan 21 Mei 2018 karena sakit.

Demikian surat keterangan ini dibuat, untuk bisa dipergunakan meminta izin kepada pihak sekolah SMA Negeri 1 Medan, sesuai dengan nama siswa yang bersangkutan di atas.

Medan, 17 Mei 2018.

Dokter Pemeriksa,

 

dr. Ahmad Subari.

15. Contoh Fomat Surat Izin Sakit Sekolah

Jika diatas adalah beberapa contoh surat izin sakit sekolah yang sudah lengkap dan terisi, maka di bawah ini adalah cotnoh format surat izin sakit sekolah. Jadi, anda bisa mengcopy format ini, kemudian mengisinya sesuai dengan data anda sendiri.

(Nama Kota dan Tanggal)

Hal : Permohonan Izin Sekolah
Lampiran :

Kepada Yth,
Bapak/Ibu Guru (Nama Sekolah Anda)
di Tempat,

Dengan hormat,
Saya yang bertandan tangan di bawah ini :

Nama :
NISN :
Kelas :
Alamat :

ingin memberitahukan bahwa saya sedang dalam keadaan sakit. Sehubungan dengan hal tersebut, saya ingin meminta izin selama . . . . hari, terhitung mulai dari . . . . . . . . . s/d . . . . . . . . . Hal ini sesuai dengan keterangan dokter yang mengharuskan saya berisitirahat selama . . . . hari.

Bersama ini juga saya melampirkan surat keteranga dari dokter, sebagai bukti keadaan saya yang sedang sakit dan membutuhkan istirahat.

Demikian surat ini saya perbuat dengan sebenarnya, atas perhatian dan izin dari Bapak/Ibu guru, saya mengucapkan banyak terimakasih.

Hormat Saya,

 

(Nama Anda)

Kesimpulan dan Pentingnya Surat Izin Tidak Masuk Sekolah

Sekarang ini sudah semakin banyak siswa yang mungkin kurang memperhatikan peraturan – peraturan di sekolah. Sementara pihak sekolah sudah dengan jelas membuat peraturan – peraturan yang harus dipatuhi oleh setiap siswanya. Salah satu contohnya adalah perihal kehadiran.

Setiap siswa diharuskan datang ke sekolah tepat waktu dan mengikuti proses belajar mengajar setiap harinya. Namun dikarenakan alasan sakit, hal tersebut tentu menjadi tidak mungkin, dimana jikalau seorang siswa memaksakan diri untuk mengikuti proses belajar mengajar dalam kondisi sakit, mungkin akan memperparah penyakit yang diderita.

Seorang siswa  yang sedang sakit tentu membutuhkan istirahat yang cukup dan mendapatkan perawatan dari tenaga medis. Namun sebagai siswa yang bertanggung jawab, maka seorang siswa tersebut harus meminta izin dari pihak sekolah, dengan mengirimkan contoh surat izin sakit sekolah.

Hal ini bertujuan agar siswa tersebut tidak mendapatkan sanksi dari pihak sekolah dan menunjukkan tanggung jawabnya sebagai seorang siswa. Di sisi lain, pihak sekolah juga akan mengetahui alasan anda mengapa tidak hadir dan mengikuti proses belajar mengajar dalam jangka waktu tertentu.

Sebaliknya, jika anda tidak mengirimkan contoh surat izin sakit sekolah, maka pihak sekolah akan menganggap anda lalai dari tanggung jawab. Jika hanya satu atau dua hari mungkin belum menjadi masalah. Namun jika anda lakukan dalam jangka waktu yang lama, maka tentu ada sanksi yang akan anda dapatkan, baik itu berupa surat peringatan maupun sanksi lainnya.

Continue Reading

More in Contoh Surat