Connect with us

Contoh Surat Resmi


Contoh Surat

15 Contoh Surat Edaran Paling Lengkap yang Baik dan Benar

Contoh Surat Edaran – Surat merupakan sebuah media komunikasi yang sudah digunakan sejak lama. Pada umumnya, surat ini bertujuan untuk menyampaikan sebuah informasi dari pengirim kepada penerima surat tersebut. Namun berbeda dengan dulu dimana pengguna surat sangat banyak, sekarang penggunaan surat sebagai media komunikasi sudah semakin sedikit.

Untuk keperluan instansi ataupun perusahaan, surat memang masih tetap dipertahankan. Namun untuk komunikasi perorangan, terbilang sudah sangat jarang digunakan. Pada umumnya, masyarakat lebih memilih media internet atau telepon untuk menyampaikan informasi sekarang ini. Hal ini memang tidak terlepas dari kepraktisan dan kemudahan yang didapatkan daripada harus menggunakan surat.

Sampai saat ini ada berbagai macam jenis surat yang sering digunakan. Seiring dengan perkembangan zaman, bahkan jenis – jenis surat tersebut juga semakin bertambah. Salah satu jenis surat yang sering digunakan di sebuah perusahaan ataupun instansi adalah surat edaran.

Contoh Surat Edaran

Jika dilihat dari tujuan penyampaiannya, maka surat edaran tidak jauh berbeda dengan surat pemberitahuan. Biasanya, surat edaran diterbitkan oleh seorang atasan dan diberikan kepada bawahannya. Selain itu, surat edaran juga sering diterbitkan oleh seorang pejabat pemerintahan untuk diberikan kepada bawahan atau dinas – dinas terkait.

Melihat dari tujuan dari surat edaran, maka bisa diartikan kalau surat edaran tersebut merupakan surat pemberitahuan resmi yang diedarkan secara tertulis. Untuk anda yang masih kurang paha mengenai surat edaran, maka beberapa contoh surat edaran di bawah ini mungkin akan berguna sebagai bahan referensi untuk anda.

1. Contoh Surat Edaran Rapat Besar Dinas

Seperti saya jelaskan diatas, surat edaran memang seringkali dipergunakan oleh instansi pemeritahan. Seorang pejabat tinggi menerbitkan surat edaran, lalu kemudian memberikannya kepada dinas – dinas terkait ataupun kepada para bawahannya. Salah satu contohnya adalah ketika hendak mengadakan rapat besar dinas, maka seorang pejabat bisa menerbitkan surat edaran seperti di bawah ini.

DINAS INDUSTRI DAN PERDAGANGAN
PEMERINTAH DAERAH KOTA YOGYAKARTA
PROVINSI D.I YOGYAKARTA
Jln. Ahmad Yani No. 35 Kota Yogyakarya
Telp. 0651 – 987867 Fax. 987867

SURAT EDARAN

Yogyakarta, 14 Maret 2018

Nomor  : 34/PTKS/SE/6/17
Sifat      : Penting
Perihal  : Rapat Besar Dinas

Yth.
Bapak/Ibu Staf Karyawan
Dinas Industri dan Perdagangan
Pemerintah Daerah Kota Yogyakarta
di Tempat

Sehubungan dengan akan diadakannya Rapat Besar Kedinasan dalam rangka melaksanakan Peraturan Daerah No. 22 Tahun 2017 mengenai penetapan pengambilan cuti dan izin tidak masuk kerja dan Peraturan Daerah No. 65 Tahun 2016 mengenai kewajiban kepemilikan NPWP, maka dimohon kepada Bapak/Ibu untuk hadir pada Rapat Besar tersebut pada :

Hari/Tanggal : Senin/19 Maret 2018
Tempat : Aula Gedung Serbaguna
Waktu : 09.00 – Selesai

Mengingat pentingnya rapat tersebut maka dimohon Bapak/Ibu hadir tepat waktu. Atas perhatian dan kerjasama Bapak/Ibu, kami ucapkan terima kasih.

Kepala Dinas Industri dan Perdagangan,

 

Budi Seto, MM

2. Contoh Surat Edaran Rapat Persiapan Ujian Nasional

Ujian Nasional merupakan salah satu penentu lulus atau tidaknya seorang siswa dari sebuah sekolah. Maka dari itu, persiapan untuk ujian nasional harus betul – betul dipersiapkan, baik dari siswa itu sendiri, dari guru dan pihak sekolah, bahkan dengan orang tua. Untuk mengkoordinasikan hal ini, maka pihak sekolah bisa mengirimkan surat edaran kepada para orang tua siswa.

DINAS PENDIDIKAN FORMAL DAN NON-FORMAL
PROVINSI JAWA TIMUR
SMK NEGERI 1 MALANG
Jl. Sonokembang Janti, Bandungrejosari, Sukun, Bandungrejosari, Sukun, Kota Malang, Jawa Timur 65148
Telp: (0314) 6237235

Malang, 14 Maret 2018

Nomor       : 100/SUR/SMP-SK/2018
Lampiran   : –
Perihal      : Undangan

Kepada Yth :
Bapak/Ibu Orang Tua/Wali Murid Kelas XII (Dua Belas)
SMK NEGERI 1 MALANG
Ditempat

Dengan Hormat,

Dengan surat ini, kami mendoakan semoga Bapak/Ibu sekeluarga selalu dalam keadaan sehat wal’afiat serta selalu dalam lindungan-Nya. Amin.

Melalui surat ini, kami mengundang Bapak/Ibu Orang Tua/Wali Murid kelas XII (Dua Belas) SMK NEGERI 1 MALANG untuk berkenan hadir pada :

Hari/Tanggal : Senin/19 Maret 2018
Waktu : Jam 09.00 – Selesai
Acara : Rapat Persiapan UN TA 2017/2018
Tempat : Aula SMK Negeri 1 Malang

Demikian pemberitahuan ini kami sampaikan, atas perhatian dan kehadiran Bapak/Ibu sekalian kami ucapkan terima kasih.

Hormat Kami,
Kepala SMK Negeri 1 Malang,

 

Budi Seto, M. Pd

3. Contoh Surat Edaran Pemeritahuan Ujian Semester

Untuk bisa mendidikan siswa dengan baik dan lebih maksimal, maka ada baiknya memang guru selalu berkoordinasi dengan para orang tua atau wali siswa. Baik itu ketika ada acara atau kegiatan di luar lingkungan sekolah, atau ketika ada acara perlombaan yang dibawakan siswa antar sekolah, sampai dengan ujian semester. Ketika hendak ujian semester, maka pihak sekolah bisa mengirimakan surat edaran dan mengingatkan para orang tua agar segera melunasi segala kewajiban yang masih menunggak.

SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN NEGERI 12 SURAKARTA
Jl. Kusuma Bangsa, Ds. Tanah Merah Kec. Mangga satu Kab. Surakarta 45512
Kontak: 0819 8769 3785 – 0831 2245 2235

Surakarta, 14 Maret 2018

Nomor      : 017 – LPCS/ V / 2018
Lampiran : –
Hal           : Pemberitahuan Ujian Semester Genap

Kepada Yth.
Orang tua/wali murid SMK N 12 Surakarta
DiTempat

Assalamu’alaikum Wr.Wb.

Salam teriring do’a kami panjatkan semoga kita kita semua selalu berada dalam lindungan Allah SWT. Amien.

Mengingat akan diadakannya ujian Semester Ganjil di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 12 Surakarta pada tanggal 19 Maret 2018 s.d 24 Maret 2018, maka dengan ini kami beritahukan kepada orang tua/wali murid untuk segera menyelesaikan administrasi sebagai berikut :

  1. Melunasi SPP dari bulan Juli s.d Desember 2017
  2. Melunasi uang LKS

Demikian surat pemberitahuan ini kami sampaikan, atas perhatiannya kami sampaikan terima kasih.

Wassalamu’alaikum Wr. Wb

Hormat Kami,
Kepala SMK Negeri 12 Surakarta,

 

Budi Seto, MM

4. Contoh Surat Edaran Permintaan Partisipasi

Menyelenggarakan sebuah acara adalah hal yang seringkali dilakukan berbagai instansi ataupun perusahaan. Begitu juga dengan sebuah sekolah yang mungkin menyelenggarakan sebuah acara ketika hari – hari besar tertentu. Namun agar lebih memeriahkan acara, maka pihak sekolah bisa mengirimkan surat edaran kepada para orang tua siswa untuk ikut berpartisipasi dalam acara tersebut.

MAJELIS PENDIDIKAN DASAR DAN MENENGAH MUHAMMADIYAH
SMK MUHAMMADIYAH 1 NGAWI
Alamat: Jl. Gatot Subroto No.14 Ngawi 66341 Telp: (0274) 875234

Ngawi, 14 Maret 2018

Nomor             :  I/III.4.AU/A/2018
Lampiran         :   –
Hal                  :   Pemberitahuan

Kepada Yth.
Bapak/Ibu Orang Tua/Wali Murid Siswa/i
SMK Muhammadiyah 1 Ngawi
di
Tempat

Assalamu’alaikum Wr. Wb

Puji syukur Kita panjatkan kepada Allah SWT yang senantiasa melimpahkan Rahmat dan Hidayah-Nya pada kita semua, Sholawat serta salam semoga tercurah pada junjungan Nabi Agung Muhammad SAW beserta pengikut- pengikutnya hingga akhir zaman. Amin.

Sehubungan dengan pelaksanaan kegiatan idul adha. Kami selaku Panitia kegiatan idul adha SMK Muhammadiyah 1 Ngawi akan melaksanakan kegiatan qurban di SMP Muhammadiyah 4 Ngawi yang beralamatkan di Ds. Plosorejo, Jagir, Sine.

Adapun kegiatan tersebut Insya Allah akan dilaksanakan pada :

Hari/Tanggal    : Jum’at s/d Minggu,  16 – 18 Maret 2018

Mengingat waktu penyelenggaraan sudah dekat, maka kami mohon partisipasi Bapak/Ibu orangtua wali siswa/i SMK Muhammadiyah 1 Ngawi. Untuk kelancaran kegiatan tersebut, setiap siswa dikenakan biaya minimal sebesar Rp 25.000,-/siswa. Biaya administrasi dapat di lakukan mulai diedarkannya edaran ini paling lambat tanggal 15 Maret 2018 di bendahara sekolah (Bapak Joko Sudiro).

Atas perhatian dan kerjasama Bapak/Ibu, kami ucapkan terimakasih.

Wassalamu’alaikum Wr. Wb.

Hormat Kami,
Kepala SMK Muhammadiyah 1 Ngawi,

 

Budi Seto, M. Pd

5. Contoh Surat Edaran OSIS

OSIS adalah sebuah organisasi yang bergerak di dalam sebuah sekolah. OSIS ini  biasanya akan kita jumpai di sekolah SMP dan SMA sederajat. Sebagaimana layaknya sebuah organisasi, maka OSIS juga memiliki acara dan agenda tersendiri yang mungkin akan dilakukan. Untuk itu, OSIS bisa memberikan surat edaran terkait hal tersebut kepada orang – orang atau siswa yang bersangkutan.

ORGANISASI SISWA INTRA SEKOLAH
SMK NEGERI 1 BANTUL
Jl. Parangtritis km.15 Sabdodadi Bantul D.I Yogyakarta 55241

SURAT EDARAN CLASS MEETING

Bantul, 14 Maret 2018

Nomor: 003/OSIS-SMK/XII/2018
Perihal: Pemberitahuan

Yth.
Ketua Kelas
DiTempat

Assalamu’alaikum, Wr. Wb

Dengan ini kami informasikan kepada seluruh  ketua kelas SMA Negeri 1 Bantul. Dalam waktu dekat ini akan diselenggarakan “Class Meeting” yang akan dilaksanakan pada :

Hari/Tanggal : Senin/19 Februari 2018
Waktu : 07.30 – Selesai
Tempat : Lapangan SMK Negeri 1 Bantul

Untuk kelancaran acara “ Class Meeting”  setiap kelas diwajibkan memberi bantuan sebesar Rp.25.000,-

Demikian surat ini kami sampaikan.

Wassalamu’alaikum, Wr.Wb

Hormat Kami,
Ketua OSIS SMK Negeri 1 Bantul,

 

Budi Seto

6. Contoh Surat Edaran Pelaksanaan Wisuda

Momen wisuda merupakan momen yang sangat ditunggu – tunggu oleh para mahasiswa perguruan tinggi. Sewaktu melaksanakan wisuda, maka akan ada banyak undangan yang menghadiri wisuda tersebut. Baik itu dari pihak mahasiswa itu sendiri, sampai dengan pihak dosen. Untuk memberitahukan pelaksanaan wisuda kepada para dosen, maka pihak perguruan tinggi bisa memberikan surat edaran kepada para dosen terkait.

DIREKTORAT JENDRAL PERGURUAN TINGGI
PROVINSI ISTIMEWA YOGYAKARTA
Alamat : Jalan Sultan Agung No. 76 A, YOGYAKARTA

SURAT EDARAN

Yogyakarta, 14 Maret 2018

No       : 11/NJ/I/18
Lamp   : –
Perihal : Pemberitahuan

Kepada yang terhormat,
Saudara-Saudara Dosen
Universitas dan Perguruan Tinggi Yogyakarta
Di Tempat

Berdasarkan dengan surat gubernur tingkat dua No.23/DKI/II/018 tentang penetapan waktu pelaksanaan wisuda dengan ini kami beritahukan bahwa dalam hubungannya dengan kegiatan pelaksanaan wisuda tersebut yang akan berlangsung pada tanggal 19 Maret 2018.

Dengan ini kami beritahuan bahwa agar selama kegiatan wisuda Saudara- saudara dosen agar untuk mengenakan pakaian jas berwarna hitam.

Atas perhatian Saudara kami ucapkan terima kasih.

Hormat Kami,
Kepala DIKTI Provinsi D.I Yogyakarta,

 

Budi Seto, MM

7. Contoh Surat Edaran Lomba MTQ

Sekarang ini seringkali instansi pemerintahan menyelenggarakan berbagai lomba yang mengikutsertakan para siswa/i, salah satunya adalah lomba MTQ. Lomba ini mungkin saja diselenggarakan oleh pemerintah provinsi maupun pemerintah kabupaten. Untuk menyaring para peserta dari sekolah, maka pihak panitia bisa memberikan surat edaran ke sekolah – sekolah yang ada di wilayah tersebut.

PEMERINTAHAN KABUPATEN SEMARANG
Jl. Pangeran Diponegoro No. 123
Semarang

Semarang, 14 Maret 2018

Nomor  : 02/PHBI/XI/2018
Lamp.   :  –
Perihal  : Pemberitahuan Lomba MTQ

Yth.
Kepala MA NEGERI 2 Semarang
di tempat

Assalamu’alaikum Wr. Wb.

Segala puji dan syukur hanya untuk Allah swt, shalawat dan salam semoga tercurah kepada Nabi Muhammad saw, keluarga, sahabat, dan semoga sampai kepada kita selaku umatnya. Aamiin.
Sehubungan dengan akan diselenggarakannya Lomba MTQ se-Kabupaten Semarang yang dilaksanakan pada :

Hari/Tanggal : Senin/19 Maret 2018
Waktu : 07.00 – Selesai
Tempat : Islamic Center Semarang

Melalui surat ini kami bermaksud mengundang untuk bisa mengirimkan peserta maxsimal 3 orang di acara tersebut. Demikian permohonan ini kami haturkan, atas perhatiannya kami sampaikan terima kasih.

Wassalamu’alaikum Wr. Wb.

Hormat Kami,
Ketua Panitia,

 

Budi Seto

8. Contoh Surat Edaran Kerja Bakti

Budaya gotong royong adalah sebuah budaya masyarakat Indonesia yang sudah dikenal sejak dulu dan harus dilestarikan sampai sekarang. Kita bisa melihat contohnya, ketika RT ataupun sebuah RW melaksanakan kerja bakti secara bersama – sama. Untuk memberitahukan kerja bakti tersebut, maka ketua RT ataupun Kepala Desa bisa memberikan surat edaran kepada masyarakat untuk menghadiri kerja bakti yang akan dilakukan.

RUKUN TETANGGA 07/10 PERUMAHAN GRIYA MUTIARA INDAH
DESA SRIHARJO KECAMATAN SEWON
KABUPATEN BANTUL 55341
Jl. Ahmad Yani km 12 Bantul

Bantul, 14 Maret 2018

Perihal : Undangan

Kepada Yth.
Saudara/i
di tempat

Dengan Hormat

Dalam rangka menjaga kebersihan, keindahan dan kesehatan lingkungan, untuk itu kami sebagai pengurus RT mengundang kepada seluruh warga untuk ikut berpartisipasi dalam kegiatan kerja bakti pada :

Hari/Tanggal : Senin/19 Maret 2018
Pukul : 08.00 – Selesai
Tempat Kumpul : Rumah Ketua RT

Demikian surat undangan ini kami buat, kami berharap seluruh warga dapat ikut serta dalam kegiatan ini untuk meningkatkan rasa peduli terhadap lingkungan dan menjaga kekompakan antar warga.

Hormat Kami,
Ketua RT 07/10,

 

Budi Seto

9. Contoh Surat Edaran Kepada Mahasiswa

Sebuah perguruan tinggi atau kampus tentu memiliki peraturan tersendiri yang harus dipatuhi oleh semua mahasiswa ataupun mahasiswa dari jurusan tertentu. Peraturan ini tentu harus disosialisasikan dan diberitahukan kepada para mahasiswa untuk selanjutnya dipatuhi. Maka dari itu, pihak kampus bisa memberikan surat edaran kepada mahasiswa terkait peraturan tersebut.

AKADEMI TATA BOGA BANDUNG
Jl. Raya Cinunuk No. 186
Telp. (0622) 7830286 Fax. 7830286
Bandung

Bandung, 14 Maret 2018

SURAT EDARAN

Nomor: 765/B/ATBB/2018

Kepada YTH:
Seluruh Mahasiswa Akademi Tata Boga Bandung
Di Tempat

Dengan hormat,

Sehubungan dengan penegakan kedisiplinan bagi seluruh para mahasiswa, maka dengan ini kami sampaikan kepada seluruh mahasiswa yang bahwa dalam proses pelaksanaan belajar mengajar dikampus agar memakai baju kemeja berwarna putih, celana kain berwarna hitam lengkap dengan sepatu, dan dilarang untuk tidak merokok didalam ruang perkuliahan selama proses belajar mengajar.

Demikianlah surat edaran ini kami sampaikan atas perhatian dan kerjasamanya kami ucapkan terima kasih.

Hormat Kami,
Pembantu Rektor,

 

Budi Seto, MM

10. Contoh Surat Edaran Singkat

Pada dasarnya, surat edaran termasuk ke dalam jenis surat resmi yang memiliki kop surat. Namun tidak selamanya demikian, karena kita juga mungkin bisa menemukan surat edaran singkat yang tidak dilengkapi dengan kop surat. Kita bisa menemukan surat edaran demikian di pasar malam, seperti salah satu contoh di bawah ini.

SURAT EDARAN

Kepada Yth,
Para pengunjung Pasar Malam
Di Tempat

Dengan hormat,

Melalui surat edaran ini kami memberitahukan yang bahwa tanggal 15 Maret 2018 untuk sementara pasar malam di Medan Baru akan ditutup dan kembali dibuka pada tanggal 19 Maret 2018.

Demikian yang dapat kami beritahukan atas perhatiannya kami ucapkan terimakasih.

Medan, 14 Maret 2018

Hormat kami,
Ketua Penyelenggara Pasar Malam,

 

Budi Seto

11. Contoh Surat Edaran Resmi Pemerintahan

Pemerintahan ataupun instansi pemerintahan adalah salah satu pihak yang paling sering menggunakan surat edaran. Surat edaran ini diperuntukkan bagi para bawahannya dari penerbit surat edaran, maupun kepada masyarakat setempat. Hal ini bertujuan untuk memberitahukan sesuatu hal yang mungkin saja harus dihadiri ataupun dipatuhi oleh masyarakat di daerah tersebut.

PEMERINTAH KOTA MADYA BANDA ACEH
KECAMATAN KUTA BARO KUTA ALAM
Jln. Kelapa Dua No. 65 Kuta Baro Jaya Banda Aceh Telepon (0651) 675465

Banda Aceh, 14 Maret 2018

Nomor   : 20/KB/2018
Sifat     : Penting
Perihal : Kerja Bakti Bersama

Yth. Ketua RW 05, 06, 07 dan 10
Kelurahan Kuta Baro
Di Banda Aceh

Melalui surat keputusan dari Kepala Dinas Kesehatan Masyarakat Kotamadya Banda Aceh Nomor: 05/2.654 pada tanggal 10 Maret 2018 mengenai hal Jadwal Pelaksanaan Bulan Bakti Gerakan Menguras, Menutup dan Mengubur (BBG 3M) yaitu dalam rangka memberantas nyamuk demam berdarah serta penanggulangan bencana banjir, maka bersama surat ini kami mohon kepada para pengurus RW supaya mengoordinasi/mengarahkan semua warga untuk dapat melakukan kerja bakti tersebut, yang akan dilaksanakan pada :

Hari/Tanggal : Senin/19 Maret 2018
Waktu : Pukul 08.00 – Selesai
Tempat : Lingkungan Masing – Masing RW

Demikianlah informasi yang dapat kami sampaikan untuk dapat diketahui atas perhatian dan kerjasama bapak kami ucapkan terimakasih.

Hormat Kami,
Lurah Kuta Baro,

 

Budi Seto

12. Contoh Surat Edaran Sekolah

Selain instansi pemerintahan, sekolah juga termasuk ke dalam instansi yang paling sering menggunakan surat edaran. Surat edaran ini ditujukan untuk para guru, siswa, ataupun untuk para orang tua siswa atau wali siswa. Biasanya surat edaran dipergunakan ketika akan memberitahukan sebuah rapat yang harus dihadiri oleh para orang tua atau wali siswa.

PEMERINTAH KABUPATEN SLEMAN
DINAS PENDIDIKAN
SMP NEGERI 1 SLEMAN
Jalan Magelang Km 15, Yogyakarta

Sleman, 14 Maret 2018

Nomor : 111/ 05 /smp n 1 slmn /2014
Lampiran :-
Perihal : Edaran Perpisahan

Kepada Yth
Orang Tua /Wali Murid
Siswa Kelas IX
di Tempat

Dengan hormat,

Berdasarkan hasil pertemuaan Orang Tua / Wali Murid kelas IX dan staff guru- guru SMP Negeri 1 Sleman serta di hadiri oleh pihak komite SMP Negeri 1 Sleman pada:

Hari/Tanggal : Senin/19 Maret 2018
Tempat : SMP Negeri 1 Sleman
Acara : Rapat Perencanaan Perpisahan Siswa Kelas IX

Maka telah disepakati akan diadakan acara perpisahan bagi siswa-siswi kelas IX SMP Negeri 1 sekayu yang dihadiri oleh pengurus komite SMP Negeri 1 Sleman tahun pelajaran 2013/2014. Untuk mendukung kegiatan tersebut kami mengharapkan kontribusi finansial dari orang tua/ wali murid dengan rincian sebagai berikut :

  1. Kelas 9 :Rp. 65.000
  2. Kelas 8 :Rp.45.000
  3. Kelas 7 :Rp.30.000

Demikianlah surat edaran ini kami sampaikan , atas perhatian dan kerjasamanya kami ucapkan terima kasih.

Hormat Kami,
Ketua Komite SMP Negeri 1 Sleman,

 

Budi Seto

13. Contoh Surat Edaran Untuk Menghadiri Rapat

Indonesia adalah negara yang mengutamakan musyawarah untuk mengambil keputusan. Maka tidak heran kalau rapat seringkali diadakan untuk membahas berbagai hal yang harus dilakukan ataupun direncanakan. Untuk mengundang para peserta rapat, maka pihak penyelenggara rapat bisa memberikan surat edaran terkait rapat tersebut kepada orang – orang yang bersangkutan, seperti di bawah ini.

PEMERINTAH KOTAMADYA MEDAN
DINAS PENDIDIKAN
SMA NEGERI 1 MEDAN
Jl. Pendidikan No. 123 Medan

Medan, 14 Maret 2018

Kepada Yth.
Bpk./Ibu Guru SMA Negeri 1 Medan
Di tempat

Dengan hormat,

Salam sejahtera, semoga Bapak/Ibu selalu dalam keadaan sehat wal-afiat.

Menindaklanjuti program yang telah kami buat, dengan ini kami mengundang bapak/ibu untuk hadir pada pertemuan tersebut pada :

Hari/Tanggal : Senin/19 Maret 2018
Pukul : 09.00 – Selesai
Tempat : SMA Negeri 1 Medan
Agenda : 1. Penyempurnaan Rencana Pembelajaran

2. Sharing Pengalaman Dalam Pembelajaran

3. Persiapan Menjelang Ujian Semester Genap

Demikian Atas perhatian dan kehadiran bapak/ibu tepat pada waktunya, kami ucapkan terima kasih.

Hormat Kami,
Kepala SMA Negeri 1 Medan,

 

Budi Seto, M. Pd

14. Contoh Surat Edaran Study Tour

Untuk menambah pengalaman dan wawasan para siswa, pihak sekolah seringkali menyelenggarakan study tour terhadap para siswanya. Namun hal ini tentu saja harus dikonfirmasikan atau diberitahukan kepada para orang tua siswa terlebih dahulu. Dengan demikian, maka orang tua pun akan mengerti dan memberikan izin kepada anaknya, ataupun memberikan biaya yang diperlukan untuk study tour tersebut.

DINAS PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN KOTA BEKASI
SEKOLAH MENGENGAH PERTAMA NEGERI 1 BEKASI
Jln. KH Agus Salim No. 181 Kota Bekasi
Telp. 021 8802538

Bekasi, 14 Maret 2018

Nomor      : 053/SMAN-1/Study Tour/V/2018
Lampiran : –
Hal          : Pemberitahuan Kegiatan Study Tour

Kepada Yth :
Bapak/Ibu Orang Tua/Wali Murid Kelas VI
di Tempat

Dengan Hormat,

Bersama surat ini kami beritahukan kepada Bapak/Ibu, bahwa untuk menambah pengetahuan, wawasan dan juga pengalaman yang berkaitan dengan ilmu pengetahuan dan teknologi untuk anak didik, maka dari pihak sekolah ingin melaksanakan kegiatan kunjungan pendidikan (study tour) yang akan dilaksanakan pada awal bulan April 2018. Rencana kegiatan study tour sebagaimana uraian berikut :

TUJUAN DAN BIAYA

  1. Tujuan : BOGOR – BANDUNG – JAKARTA
  2. Biaya  : Rp. 550.000,-

TEMPAT YANG AKAN DIKUNJUNGI

  1. Bogor      – Taman Safari Indonesia
  2. Bandung – Cibaduyut
  3. Jakarta   – Taman Mini Indonesia Indah

FASILITAS YANG AKAN DISEDIAKAN

  1. Bus Pariwisata AC;
  2. Tiket obyek wisata;
  3. Makan 3 kali (Prasmanan/Box);
  4. Dokumentasi;
  5. Asuransi;
  6. PPPK;
  7. Tour leader dari Purnama Wisata.

Bagi siswa (i) yang berminat untuk mengikuti kegiatan studi tour ini, diwajibkan untuk segera melunasi biaya kegiatan paling lambat pada tanggal 26 Maret 2018.

Demikian surat pemberitahuan ini kami berikan, atas segala perhatian dan kerjasamanya kami ucapkan terima kasih.

Hormat Kami,
Kepala Sekolah,

 

Budi Seto, M. Pd

15. Contoh Surat Edaran Perusahaan

Perusahaan tentu saja memiliki peraturan – peraturan yang harus diikuti dan ditaati oleh para karyawannya. Peraturan tersebut bisa  berupa peraturan yang sudah lama dibuat, maupun peraturan yang masih baru. Nah, untuk peraturan yang masih baru, tentu dibutuhkan surat edaran untuk mensosialisasikannya kepada para karyawan.

PT. SEGAR ALAM ABADI
Ruko Edelwis Permai Blok AB3 No. 4  Jl. Raya  Wangi Teh Melati Km. 3,8 Bandung 670977
Telp. 022 332769 Fax. 022 332766 Mobile. 09762467925
Website: www.segaralamabadi.com Email: [email protected]

Bandung, 14 Maret 2018

SURAT EDARAN
Nomor : 035/ST/X/16

Sehubungan dengan adanya Peraturan Pemerintah Kota Bandung nomor: 72/PP/X/2018 mengenai aturan dilarang merokok pada lingkungan kerja, maka dengan ini kami melarang kepada seluruh pegawai karyawan PT. Segar Alam Abadi untuk tidak merokok di lingkungan kantor kecuali pada ruangan smoking area yang telah disediakan.

Demikian surat edaran ini dibuat harap menjadi maklum dan dipatuhi demi kenyamanan bersama.

Mengetahui,
Direktur SDM PT. Segar Alam Abadi,

 

Drs. Budi Seto

Kesimpulan Dan Pentingnya Surat Edaran

Pada dasarnya, surat edaran memang tidaklah jauh berbeda dengan surat pemberitahuan. Tidak heran kalau surat edaran memang sangat banyak digunakan dalam memberitahukan sesuatu hal, baik itu di lingkungan perusahaan, instansi pemerintahan, sampai dengan lembaga pendidikan.

Adapun pemberitahuan yang diedarkan bisa saja berupa kebijakan – kebijakan yang harus dipatuhi, petunjuk yang harus dilaksanakan, ataupun penjelasan mengenai sesuatu hal yang masih tergolong baru. Untuk perusahaan swasta sendiri, surat edaran ini bisa berfungsi sebagai media pemberitahuan dan media pengumuman.

Seperti kita ketahui, sekarang ini memang ada banyak media komunikasi yang bisa digunakan untuk memberitahukan sebauh pemberitahuan. Namun tentu saja media – media tersebut tidak bisa digunakan dengan sembarangan oleh perusahaan maupun instansi.

Perusahaan dan instansi pemerintahan selalu menggunakan surat sebagai media penyampaian informasi mereka. Maka tidak heran jika edaran berupa pemberitahuan juga diedarkan melalui media tertulis, yakni surat.

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Lainnya terkait Contoh Surat