15 Contoh Surat Dokter untuk Berbagai Keperluan - Contoh Surat Resmi
Connect with us

Contoh Surat

15 Contoh Surat Dokter untuk Berbagai Keperluan

Contoh Surat Dokter – Dalam berbagai hal dan urusan, surat keterangan dari dokter sangatlah diperlukan. Adapun keperluan surat dokter biasanya dipergunakan oleh perseorangan atas nama pribadi dan untuk kepentingan pribadi. Surat ini merupakan contoh dari surat resmi, dimana penulisan dan penggunaan bahasa yang harus sesuai dengan ejaan yang disempurnakan.

Surat dokter biasanya dipergunakan oleh seorang siswa, karyawan, ataupun pegawai yang berisi keterangan dari kondisi kesehatan dari orang yang namanya dicantumkan dari surat dokter tersebut. Surat keterangan dari dokter juga memiliki kegunaan yang berbeda – beda, baik itu untuk keperluan meminta izin maupun keperluan melamar pekerjaan.

Contoh Surat Dokter

Contoh Surat Dokter merupakan surat keterangan dari dokter yang dipergunakan untuk menerangkan kondisi seseorang, baik itu kondisi sakit maupun kondisi sehat atas nama seseorang dengan keperluan tertentu. Jadi, surat dokter tidak hanya berisikan keterangan sakit, namun juga berisikan keterangan berbadan sehat atas nama tertentu, sesuai dengan yang tercantum pada surat dokter dimaksud.

Untuk surat dokter yang berisi keterangan sakit, maka biasanya dipergunakan untuk meminta izin atas ketidakhadiran, baik itu siswa, mahasiswa, karyawan, dan pegawai. Sedangkan untuk keterangan berbadan sehat biasanya dipergunakan untuk melamar pekerjaan ataupun untuk mengikuti kegiatan tertentu.

Berikut adalah beberapa contoh surat dokter yang bisa anda pergunakan sebagai bahan referensi.

1. Contoh Surat Dokter Keterangan Sakit Untuk Karyawan

Jika anda sebagai seorang karyawan sedang dalam keadaan sakit, maka tentu anda membutuhkan perawatan dan tidak bisa masuk kerja sebagaimana biasanya. Sebagai alasan untuk meminta izin, maka anda bisa meminta surat keterangan sakit dari dokter yang memeriksa anda.

RUMAH SAKIT UMUM SUMBER WARAS
Jl. Pangeran Diponegoro No. 123, Bekasi
Telp. 12345678. Fax. 12345678

SURAT KETERANGAN SAKIT

Yang bertanda tangan dibawah ini menerangkan bahwa :

Nama : Intan Permatasari
Tempat/Tgl Lahir : Bekasi/20/09/1994
Pekerjaan : Karyawan Swasta

Pada pemeriksaan kesehatan yang sudah dilakukan pada hari ini maka dengan ini menyatakan yang bersangkutan dalam kondisi tidak sehat,, sehingga perlu beristirahat selama 5 hari, dari tanggal 16 – 20 Mei 2018.

Untuk itu, saudara dengan nama diatas tidak  bisa bekerja sebagaimana biasanya.

Demikian surat keterangan ini ddibuat dan diberikan untuk diketahui dan dipergunakan sebagaimana mestinya.

Jakarta, 16 Mei 2018.

Dokter Pemeriksa,

 

dr. Ahmad Subari.

2. Contoh Surat Dokter dan Diagnosa Penyakit

Dalam surat keterangan dokter, maka biasanya kita akan menemukan informasi bahwa nama yang disebutkan sedang dalam keadaan sakit. Namun sebenarnya, kita bisa menambahkan informasi berupa diagnosa penyakit yang dialami oleh nama yang diterangkan tersebut, seperti contoh di bawah ini.

RUMAH SAKIT SEHAT SELALU
Alamat : Jl. Jend. Sudirman No. 123, Medan

SURAT KETERANGAN DOKTER

Yang bertanda tangan dibawah ini menerangkan bahwa :

Nama : Intan Permatasari
Jenis Kelamin : Perempuan
Pekerjaan : Mahasiswa
Alamat : Jl. Perjuangan No. 123, Medan

Berdasar hasil pemeriksaan yang telah dilakukan, pasien tersebut dalam keadaan sakit, sehingga perlu beristirahat selama 3 hari, dari tanggal 16 – 18 Mei 2018.

Diagnosa : Demam Berdarah

Demikian surat keterangan ini diberikan, untuk diketahui dan dipergunakan sebagaimana mestinya

 

Medan, 16 Mei 2018.

Dokter Pemeriksa,

 

dr. Ahmad Subari.

3. Contoh Surat Dokter dari Puskesmas

Jika anda sedang dalam kondisi sakit dan berobat, maka anda bisa pergi ke salah satu puskesmas jika memang penyakit anda belum terlalu parah. Dan sebagai alat bukti jika anda memang benar – benar sakit, maka anda bisa meminta surat dokter dari puskesmas tersebut nantinya.

PEMERINTAH KABUPATEN MALANG
DINAS KESEHATAN
UPT PUSKESMAS KECAMATAN MAWAR UNGU
Alamat : Jalan Cempaka Putih No. 5 Kec. Mawar Ungu Kab. Malang xxxxx

SURAT KETERANGAN SAKIT
No.: 123/SKD/Mei/2018

Yang bertanda tangan di bawah ini menerangan bahwa :

Nama : Anton Sanjaya
Jenis Kelamin : Laki – Laki
Umur : 16 Tahun
Pekerjaan : Pelajar SMA

Pada pemeriksaan yang bersangkutan dalam keadaan sakit, sehingga perlu istirahat selama 3 (tiga) hari dari tanggal 16 – 18 Mei 2018.

Demikianlah surat keterangan ini dibuat untuk dapat dipergunakan sebagaimana mestinya.

Malang, 16 Mei 2018.

Dokter Pemeriksa,

 

dr. Ahmad Subari.

4. Contoh Surat Dokter Pernyataan Sakit

Surat keterangan dari dokter bisa jadi berupa surat keterangan sakit ataupun berbadan sehat. Hal ini tentu saja tergantung keadaan dan peruntukannya. Jika anda memang berobat ke rumah sakit atau puskesmas, maka anda tentu akan mendapatkan surat keterangan sakit bila diperlukan.

DINAS KESEHATAN DKI JAKARTA
PUSKESMAS KECAMATAN MELATI WANGI
Jl. Cempaka Putih No.2 Gg. Puskesmas Mawar Ungu DKI Jakarta

SURAT KETERANGAN SAKIT

Yang bertanda tangan dibawah ini :

dr. Ahmad Subari

Menerangkan bahwa :

Nama : Andi Saputra
Umur : 23 Tahun
Pekerjaan : Wiraswasta

Perlu beristirahat karena sakit selama 2 (dua) hari. Terhitung tanggal 16 – 18 Mei 2018. Harap yang berkepentingan maklum.

Jakarta, 16 Mei 2018.

Dokter Pemeriksa,

 

dr. Ahmad Subari.

5. Contoh Surat Dokter Keterangan Sakit Untuk Mahasiswa

Bagi seorang mahasiswa, sudah merupakan kewajiban untuk mengikuti semua kegiatan mata kuliah di kampus. Namun jika anda sedang dalam kondisi sakit, maka anda bisa meminta izin dari pihak kampus. Anda juga bisa melampirkan surat keterangan sakit dari dokter sebagai bukti jika anda memang benar – benar sakit.

PUSKESMAS SEHAT SELALU
KABUPATEN DELI SERDANG

SURAT KETERANGAN SAKIT

Yang bertanda tangan dibawah ini, Dokter Ahmad Subari, Desa Melati Wangi Kecamatan Mawar Ungu Kabupaten Deli Serdang, menerangkan bahwa :

Nama : Intan Permatasari
Umur : 19 Tahun
Pekerjaan ; Mahasiswa

Berhubung dengan sakitnya perlu diberi istirahat selama 1 hari pada tanggal 16 Mei 2018. Sehubungan dengan hal tersebut, maka diharapkan agar pihak kampus dari Universitas Sumatera Utara bisa memberikan izin kepada yang bersangkutan.

Medan, 16 Mei 2018.

Dokter Pemeriksa,

 

dr. Ahmad Subari.

6. Contoh Surat Dokter Keterangan Sakit Untuk Siswa

Tidak berbeda jauh dengan mahasiswa, seorang siswa juga bisa menggunakan surat keterangan sakit dari dokter untuk meminta izin kepada pihak sekolah. Dengan surat keterangan sakit dari dokter, maka tentu pihak sekolah akan yakin jika anda memang benar – benar sakit.

UPT PUSKESMAS MAWAR UNGU
KABUPATEN MALANG JAWA TIMUR

SURAT KETERANGAN SAKIT

Yang bertanda tangan dibawah ini menerangkan bahwa :

Nama : Anton Sanjaya
Pekerjaan : Pelajar

Pada pemeriksaan kesehatan yang sudah dilakukan pada hari ini maka dengan ini menyatakan yang bersangkutan dalam kondisi tidak sehat, sehingga perlu beristirahat selama 5 hari, dari tanggal 16 – 20 Mei 2018. Sehubungan dengan hal tersebut, maka diharapkan agar pihak Sekolah SMA Negeri 1 Malang bisa memberikan izin kepada yang bersangkutan.

Demikian surat ini dibuat untuk dapat dipergunakan sebagaimana mestinya.

Malang, 16 Mei 2018.

Dokter Pemeriksa,

 

dr. Ahmad Subari.

7. Contoh Surat Dokter Menjalani Rawat Inap

Bagi anda yang memang sedang dalam kondisi sakit parah, maka tentu harus mendapatkan perawatan yang lebih intensif dari tenaga medis. Untuk itu, anda bisa menjalani rawat inap di rumah sakit, dan meminta pihak dokter mengeluarkan surat keterangan sakit. Anda juga bisa meminta agar pihak rumah sakit mencantumkan keterangan di dalam surat tersebut jika anda harus menjalani rawat inap.

PEMERINTAH KABUPATEN TAPANULI UTARA
DINAS KESEHATAN
UPT PUSKESMAS KECAMATAN TARUTUNG
Alamat : Jalan Cempaka Putih No. 5 Kec. Tarutung, Kabupaten Tapanuli Utara

SURAT KETERANGAN SAKIT

Yang bertanda tangan di bawah ini menerangan bahwa :

Nama : Anton Sanjaya
Jenis Kelamin : Laki – Laki
Umur : 20 Tahun
Pekerjaan : Mahasiswa

Pada pemeriksaan yang bersangkutan dalam keadaan sakit, sehingga perlu istirahat selama 5 (lima) hari dari tanggal 16 – 20 Mei 2018. Selama 5 hari tersebut, pasien dengan nama diatas juga harus menjalani rawat inap di Puskesmas untuk mendapatkan perawatan medis yang lebih intensif.

Demikianlah surat keterangan ini dibuat untuk dapat dipergunakan sebagaimana mestinya.

Tarutung, 16 Mei 2018.

Dokter Pemeriksa,

 

dr. Ahmad Subari.

8. Contoh Surat Dokter Untuk Karyawan

Seorang karyawan yang bekerja di perusahaan tertentu tidak bisa absen kerja dengan alasan apapun dengan mudah, sekalipun itu dikarenakan kondisi anda yang sedang sakit. Maka untuk meyakinkan pihak perusahaan, anda bisa meminta surat keterangan sakit dari dokter dan melampirkannya pada surat izin yang anda berikan kepada pihak perusahaan.

RS MEDIKA MEDICA JAKARTA
Jl. Melati No. 4 Jakarta-Timur
No Telepon 021-7223S312 / 7129392

No Surat  : 123/VI/12/128
Perihal  : Surat Keterangan Sakit

Surat Keterangan Sakit

Kami selaku pihak RS. Medika Medica Jakarta  menerangkan bahwa, saudara :

Nama : Anton Sanjaya
Jenis Kelamin : Laki – Laki
Umur : 35 Tahun

Membutuhkan istirahat dari aktivitasnya karena mengalami sindrom kelelahan otot kronis yang didiagnosa melalui CT Scan terlampir. Untuk itu membutuhkan istirahat penuh mulai tanggal 16 – 20 Mei 2018.

Sekian surat keterangan sakit ini kami terbitkan tanpa ada intervensi atau arahan dari pihak pasien atau lainnya. Kami harapkan Surat Keterangan Sakit ini dapat dimanfaatkan sebijaknya dan semestinya.

Jakarta, 16 Mei 2018.

Mengetahui,
Dokter Pemeriksa,

 

dr. Ahmad Subari.

9. Contoh Surat Dokter Pernyataan Sehat

Selain surat keterangan sakit, dokter juga seringkali mengeluarkan surat keterangan pernyataan sehat atau yang sering kita kenal dengan surat keterangan berbadan sehat. Surat ini bisa dipergunakan untuk berbagai macam keperluan, seperti melamar pekerjaan maupun untuk persyratan mengikuti kegiatan tertentu.

 RUMAH SAKIT ANANDA PUTRA
Jl. Bengawan timur Blok G Jakarta-Pusat

No Surat    : IXX
Perihal       : Surat Keterangan Sehat
Lampiran    : –

Kami yang bertanda tangan dibawah ini, selaku pihak RS. ANANDA PUTRA. Menerangkan, Saudara :

Nama : Anton Sanjaya
Jenis Kelamin : Laki – Laki
Telp. : 081234567890

Setelah melalui beberapa tahapan tes dan melihat hasil uji lab Urine. Kami selaku pihak dokter RS. ANANDA PUTRA menyatakan bahwa Saudara yang tersebutkan diatas dinyatakan terbebas dari penyakit dalam atau zat-zat yang berbahaya bagi tubuh atau dinyatakan SEHAT.

Sekian Surat Keterangan Sehat ini kami terbitkan sesuai dengan hasil uji kesehatan yang ada tanpa intervensi apapun. Kami harapkan surat keterangan sehat ini dapat digunakan sebijaknya dan semestinya.

Jakarta, 16 Mei 2018.

Mengetahui,
Dokter Pemeriksa,

 

dr. Ahmad Subari.

10. Contoh Surat Dokter dari Klinik

Selain dari rumah sakit dan puskesmas, anda juga bisa meminta surat dokter dari klinik tertentu. Namun dengan syarat anda benar – benar menjalani pemeriksaan disana, baik itu pengobatan penyakit maupun sekedar untuk pemeriksaan kesehatan.

KLINIK SEHAT SELALU
Jl. Perjuangan No. 123, Medan
Telp. 12345678. Fax. 12345678

SURAT KETERANGAN
Nomor: 005/K-LD/SK/V/2018

Yang bertanda tangan di bawah ini, Dokter Kepala Klinik Sehat Selalu, menerangkan :

Nama : Intan Permatasari
Alamat : Jl. Pertempuran No. 123, Medan
Pekerjaan : Karyawan Swasta

berdasarkan pemeriksaan yang dilakukan oleh tenaga medis Klinik Sehat Selalu, bahwa yang bersangkutan dengan nama tersebut diatas sedang dalam kondisi sakit dan membutuhkan istirahat selama 3 hari, mulai dari 16 – 18 Mei 2018.

Demikian surat keterangan ini dibuat, untuk dapat dipergunakan sebagaimana mestinya.

Medan, 16 Mei 2018.

Mengetahui,
Kepala Klinik Sehat Selalu,

 

dr. Ahmad Subari.

11. Contoh Surat Dokter Untuk Melamar Kerja

Jika anda akan melamar pekerjaan, maka tentu pihak perusahaan harus memastikan terlebih dahulu mengenai kondisi kesehatan anda. Untuk itu, anda bisa pergi memeriksakan kesehatan ke dokter dan meminta surat keterangan berbadan sehat dari dokter tersebut.

DINAS KESEHATAN KABUPATEN TASIKMALAYA
PTD PUSEKSMAS DTP JAMANIS
Jl. Raya Jamanis No. 33 Tasikmalaya

SURAT KETERANGAN SEHAT

Dengan ini menyatakan bahwa :

Nama : Anton Sanjaya
Umur ; 23 Tahu
Alamat : Jl. Perjuangan No. 123, Tasikmalaya

Setelah dilakukan pemeriksaan :

TB : 172 cm.

BB : 62 kg

Dinyatakan  dalam keadaan SEHAT , untuk keperluan Melamar Pekerjaan.

Tasikmalaya, 16 Mei 2018.

Dokter Pemeriksa,

 

dr. Ahmad Subarjo.

12. Contoh Surat Dokter Untuk Mengikuti Kegiatan Ekstrakurikuler

Untuk bisa mengikuti kegiatan ekstrakurikuler di sekolah, seperti kegiatan Pramuka, maka tentu saja dibutuhkan kesehatan yang mendukung. Maka dari itu, anda bisa memeriksakan kesehatan ke dokter terdekat dan meminta surat keterangan berbadan sehat dari dokter tersebut.

RS IBU & ANAK BASRA
Jalan Basuki Rahmat No. 31 Pondok Bambu, Jakarta Timur 13430
Telp. (021) 8661 3145, 8661 3146 Faks. (021) 8661 3147

SURAT KETERANGAN SEHAT

Yang bertanda tangan di bawah ini, Dokter RSIA Basra, menerangkan bahwa :

Nama : Anton Sanjaya
Tempat/Tgl Lahir : Jakarta/20/09/1994
Jenis Kelamin : Laki – Laki
Umur : 17 Tahun

Telah diperiksa dengan teliti dan dinyatakan :

SEHAT

Surat Keterangan Sehat ini dipergunakan untuk Mengikuti Kegiatan Pramuka di Sekolah.

Tinggi/Berat badan : 167cm/62kg

Golongan darah : A

Buta warna : Tidak

Jakarta, 16 Mei 2018.

Dokter Pemeriksa,

 

dr. Ahmad Subari.

13. Contoh Surat Dokter Keterangan Sehat Bahasa Inggris

Jika anda memeriksakan kesehatan dan meminta surat keterangan berbadan sehat, maka mungkin akan diberikan surat keterangan berbahasa Indonesia. Namun di beberapa rumah sakit tertentu, mungkin anda juga bisa meminta surat keterangan berbadan sehat dalam bahasa Inggris, seperti contoh di bawah ini.

RUMAH SAKIT Permata Cibubur
Jl. Alternatif Cibubur – Cileungsi No. 6A, Bekasi 17435
Telp. : 845-8806 (hunting) Fax. : 845-92146

HEALTH CENTIFICATE

This is certily that, the result of the General physical examination performed today, date :

Name : Anton Sanjaya
Age : 17 Tahun
Sex ; Male
Occupation : Student

Proves the above to be in good physical health.

Bekasi, May 16, 2018.

Attending Physician,

 

dr. Ahmad Subarjo.

14. Contoh Surat Dokter Keterangan Sehat untuk Perpanjangan SIM

Jika anda ingin memperpanjang SIM atau Surat Izin Mengemudi anda, maka tentu saja pihak kepolisian harus memastikan terlebih dahulu kondisi kesehatan anda. Maka dari itu, anda bisa memeriksakan kesehatan ke dokter dan meminta surat keterangan berbadan sehat dari sana.

RUMAH BALAI PENGOBATAN UMUM
MULIA HUSADA
Jl. Nogosoro 22-24, Perumnas BUMI TLOGOSARI, Semarang
Telephone : 024 – 6719050

SURAT KETERANGAN BERBADAN SEHAT

Yang bertanda tangan di bawah ini menerangkan bahwa :

Nama : Anton Sanjaya
Jenis Kelamin : Laki – Laki
Umur : 23 Tahun

Pada pemeriksaan kami saat ini

Berbadan Sehat Untuk melanjutkan pengurusan perpanjangan SIM.

Demikian agar yang berkepentingan maklum adanya.

Semarang, 16 Mei 2018.

Dokter Pemeriksa,

 

dr. Ahmad Subari.

15. Contoh Format Surat Dokter Keterangan Berbadan Sehat

Diatas adalah beberapa contoh surat keterangan berbadan sakit dan berbadan sehat yang sudah terisi. Maka di bawah ini adalah format dari surat keterangan berbadan sehat yang masih kosong. Jadi, anda bisa mengcopy dan langsung mengeditnya secara langsung.

RUMAH SAKIT
Alamat :
Telp. 

SURAT KETERANGAN BERBADAN SEHAT

Yang bertanda tangan di bawah ini menerangkan bahwa :

Nama :
Jenis Kelamin :
Umur :
Alamat :

berdasarkan pemeriksaan kesehatan yang kami lakukan, maka yang bersangkutan dinyatakan :

SEHAT

Tinggi Badan :

Berat Badan :

Tekanan Darah :

Untuk Keperluan :

Demikian agar yang berkepentingan maklum adanya.

(Nama Kota dan Tanggal),

Dokter Pemeriksa,

 

(Nama Dokter Pemeriksa)

Kesimpulan dan Pentingnya Surat Dokter

Contoh surat dokter memiliki peranan yang sangat penting untuk seseorang. Salah satu contoh adalah untuk siswa yang masih bersekolah. Ketika sedang dalam kondisi sakit dan tidak bisa mengikuti proses belajar mengajar, maka siswa tersebut tentu memerlukan perawatan dari dokter dan meminta izin kepada pihak sekolah atas ketidakhadirannya.

Namun agar lebih meyakinkan pihak sekolah, maka siswa tersebut bisa meminta surat keterangan sakit dari dokter dan melampirkannya pada surat izin yang diberikan kepada pihak sekolah. Begitu juga dengan penggunaan contoh surat dokter untuk mahasiswa, karyawan, dan pegawai, yang berguna sebagai alasan untuk meminta izin.

Sedangkan untuk surat dokter yang menerangkan berbadan sehat juga memiliki peranan yang tidak kalah penting. Ketika anda melamar suatu pekerjaan, maka tentu perusahaan tersebut hanya menerima calon – caloin karyawan yang benar – benar berbadan sehat dan tanpa ada penyakit menahun.

Untuk itu, anda perlu memeriksakan kesehatan ke dokter dan meminta dokter tersebut untuk menerbitkan surat keterangan berbadan sehat atas nama anda. Nantinya anda bisa menggunakan contoh surat dokter tersebut sebagai bukti jika anda memang benar – benar terbebas dari penyakit dan layak diterima untuk menjadi seorang karyawan di perusahaan yang anda lamar.

Begitu juga dengan ketika anda ingin mengikuti kegiatan tertentu, terlebih kegiatan yang berkaitan dengan fisik. Pihak panitia tentu tidak ingin mengambil resiko dengan menerima peserta yang memiliki penyakit. Untuk meyakinkan pihak panitia kegaitan, maka anda juga bisa menggunakan contoh surat dokter, yang menerangkan bahwa anda memang benar – benar berbadan sehat.

Continue Reading