Connect with us

Contoh Surat Resmi


Contoh Surat

15 Contoh Surat Bisnis Untuk Berbagai Keperluan

Contoh Surat Bisnis – Jika dilihat dari jenisnya, maka surat bisnis merupakan salah satu bentuk surat resmi yang seringkali digunakan oleh perusahaan untuk urusan bisnis. Seperti kita ketahui bersama, kalau sampai saat ini perusahaan masih tetap menggunakan surat sebagai media komunikasi resmi mereka.

Walaupun penggunaan surat untuk komunikasi pribadi sudah semakin menipis, namun tidak demikian dengan perusahaan yang masih setia menggunakan surat resmi. Mereka menggunakan surat bisnis demi bisa menjalin kerjasama dengan perusahaan lain ataupun dengan pihak lain.

Selain itu, surat bisnis ini juga diperuntukkan untuk meraih keuntungan sebanyak – banyaknya, karena dari kerjasama yang terjalin itulah mereka bisa mencari keuntungan. Maka bisa dibayangkan, betapa pentingnya peranan surat bisnis bagi sebuah perusahaan.

Contoh Surat Bisnis

Ada banyak contoh surat bisnis yang sering digunakan oleh perusahaan, mulai dari surat pesanan, surat penawaran, surat permintaan penawaran, dan berbagai jenis surat resmi lainnya. Semua jenis surat tersebut dipergunakan demi menunjang lancarnya perjalanan perusahaan untuk semakin maju dan berkembang.

Membuat surat bisnis tidaklah begitu susah, hanya saja ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dan sudah menjadi kewajiban dalam pembuatan surat bisnis, seperti kop surat, tanggal, tujuan surat, nomor, perihal, isi, dan penutup surat bisnis. Selain itu, anda juga harus menggunakan bahasa dan penulisan yang sesuai dengan EYD.

Berikut adalah beberapa contoh surat bisnis yang bisa anda jadikan bahan referensi dalam pembuatan surat bisnis.

1. Contoh Surat Bisnis Permintaan Penawaran

Surat penawaran merupakan surat yang digunakan oleh calon pembeli kepada penjual yang isinya adalah permintaan untuk mengirimkan surat penawaran kepada mereka atas suatu produk yang ingin dibeli. Dalam surat penawaran, anda juga bisa meminta beberapa informasi mengenai barang yang ingin anda beli beserta tata cara pembayaran yang diterima oleh perusahaan tersebut.

PT. MAJU BERSAMA
Jl. Pangeran Diponegoro No. 123
Jakarta

Jakarta, 1 April 2018

No: 35/W/ 2018
Hal: Permohonan Penawaran

Kepada Yth.
PT. Surya Kencana
Jl Belok Kanan No. 44
Jakarta Selatan

Dengan hormat,

Terkait dengan surat perkenalan produk dari Bapak pada tanggal 30 Maret 2018 kepada perusahaan kami, kami cukup tertarik untuk membeli dan apabila memungkinkan kami menghendaki menjadi agen penjualan produk perusahaan Bapak di daerah Banda Aceh.

Untuk kepentingan tersebut mohon kiranya Bapak mengirimkan teknik pembelian lengkap dengan cara pelunasan pembayaran. Proses pemesanan akan langsung kami kerjakan setelah surat yang isinya langkah pengiriman dan pembelian produk tersebut.

Demikian surat permohonan penawaran ini kami buat. Atas perhatian dan kerjasamanya kami ucapkan terima kasih.

Hormat kami,

 

Anton Jaya

2. Contoh Surat Bisnis Penawaran

Surat penawaran merupakan salah satu contoh surat resmi yang digunakan satu perusahaan dengan isi dan tujuan untuk menawarkan barang ataupun produk kepada perusahaan lain. Surat penawaran ini ditujukan untuk menarik minat konsumen dalam membeli produk atau barang yang ditawarkan.

PT ABADI SELALU
Jl. Pangeran Diponegoro No. 23
JAKARTA SELATAN

Jakarta, 1 April 2018

Nomer : 11/12/XII/2018
Hal : Penawaran Barang
Lamp : 1 lembar brosur AP/DG

Kepada
Manager PT Surya Jaya
Jl. Pattimura No. 3
Bandung

Dengan hormat,

Berdasarkan pengamatan kami, perusahaan Saudara sekarang sedang semakin berkembang dan tentunya semakin maju beberapa tahun terakhir ini. Dengan perkembangan tersebut maka harus didukung dengan peralatan kantor yang mencukupi dan sesuai dengan masa kini.

Dalam kesempatan yang baik ini, perusahaan kami bersedia untuk menawarkan beberapa produk alat kantor yang menjadi unggulan di perusahaan kami. Bersamaan ini kami lampirkan 1 lembar brosur sebagai bahan pertimbangan Saudara. Kami meyakini jika Anda memakai produk kantor unggulan yang diproduksi oleh perusahaan kami, maka pegawai Anda dapat bekerja secara efisien dan efektif sehingga akan meningkatkan prospek dari perusahaan.

Kami juga menawarkan promo spesial untuk perusahaan Saudara yaitu berupa pemberian diskon sebesar 10 % jika Saudara membeli produk kami sebelum tanggal 20 April 2018. Garansi dari produk kami adalah 2 tahun dari setiap produknya. Pembayaran bisa dilakukan dengan membayar uang muka sebesar 40 % dari harga total dan cicilannya dapat diangsur sebanyak 3 kali setelah barang sampai di tempat Anda.

Besar harapan kami untuk menerima pesanan dari Saudara. Kami yakin jika Saudara memesan produk kami, akan memberikan keuntungan untuk kedua belah pihak. Atas perhatian dan kerjasama Saudara kami ucapkan terima kasih.

Hormat kami,

 

Anton Jaya

3. Contoh Surat Bisnis Pesanan

Surat pesanan merupakan surat yang dikirim oleh perusahaan yang ingin membeli barang atau produk tertentu kepada penjual. Dalam hal ini, surat pesanan tentu akan diisi dengan informasi mengenai nama barang dan jumlah barang yang hendak dibeli. Jika perusahaan anda ingin membeli barang, maka bisa mengirimkan surat pesanan kepada perusahaan lain yang  menjual barang kebutuhan anda.

TOKO ANIK
Jalan MELATI No. 88, Bandar Lampung

Bandar Lampung, 1 April 2018

Nomor : 12/DS /EJ/2018
Hal : Pemesanan Alat Perlengkapan Belajar

Yth. Manager PT. Dondon Pertiwi
Jalan Melati no. 88, Bandar Lampung

Dengan hormat,

Menindaklanjuti surat penawaran anda, tanggal 30 Maret 2018, perihal Alat Perlengkapan Belajar. Dengan ini kami bermaksud memesan :

  1. Meja Belajar 3 buah
  2. Lampu Belajar 10 buah

Keseluruhan barang yang kami pesan harap diterima selambat-lambatnya tanggal 20 April 2018. Pembayaran terhadap seluruh pesanan kami, akan dilaksanakan 2 hari setelah barang-barang pesanan seluruhnya kami terima. Sebagai bukti, kami akan mengirimkan fotocopy tanda bukti pembayaran.

Atas perhatian dan kerjasama yang baik kami ucapkan terima kasih.

Hormat kami,

 

Anton Jaya

4. Contoh Surat Bisnis Penagihan

Surat penagihan merupakan surat yang diterbitkan oleh penjual untuk pembeli untuk menagih pembayaran atas barang yang dibeli karena telah melewati batas tempo pembayaran yang telah disepakati terlebih dahulu. Hal ini memang mungkin saja terjadi, dimana pelanggan tidak bisa membayar sesuai dengan waktu yang telah disepakati.

PT. ELEKTRONIK MAJU
Jl. Buntu No.202
Jakarta Pusat

Jakarta, 1 April 2018

Nomor : 203/EM/V/2018
Lamp : Faktur
Hal : Penagihan Pembayaran

Kepada
CV. Ingin Maju
Jl. Ketapang No. 10a
Banda Aceh

Dengan hormat,

Bersama ini kami beritahukan bahwa menurut pembukuan kami , bapak masih memilki kewajiban yang belum dibayarkan sebesar Rp. 20.000.000 (Dua Puluh Juta Rupiah) sesuai faktur No.210/EM/IV/2018 yang salinanya kami sertakan sebagai lampiran surat ini.

Mengingat saat ini telah 5 bulan melewati batas waktu yang telah kita sepakati sebelumnya, maka dengan ini kami sangat berharap bapak akan segera melunasinya.

Demikian pemberitahuan ini kami sampaikan atas perhatian bapak kami ucapkan terima kasih

Hormat kami,

 

Anton Jaya

5. Contoh Surat Bisnis Pemberitahuan Pengiriman Barang

Surat pemberitahuan pengiriman barang merupakan contoh surat yang digunakan untuk memberitahukan kepada pembeli kalau barang yang dipesan sudah dikirimkan melalui pengangkutan tertentu yang sudah disepakati sebelumnya. Hal ini termasuk sangat penting, untuk meyakinkan pembeli kalau anda sangat respon dan memproses pesanan mereka dengan cepat.

PT. ELEKTRONIK MAJU
Jalan Buntu No. 202
Jakarta

Jakarta, 1 April 2018

Nomor       : 205/EM/IV/2018
Lampiran  : 2 (dua) lembar
Hal            : Pemberitahuan Pengiriman Barang

Kepada
CV INGIN MAJU
Jalan Ketapang No. 10a
Banda Aceh

Dengan hormat,

Surat Saudara tertanggal 30 Maret 2018 dengan Nomor: 255/IM/IV/2018 perihal pesanan barang elektronik sudah kami terima dengan baik.

Dengan ini kami beritahukan bahwa barang pesanan telah kami kirim dengan paket kilat ELTEHA. Barang pesanan dikemas menggunakan pengepakan khusus dan kertas rumput agar tidak mengalami kerusakan ditengah perjalanan.

Bersama ini pula kami lampirkan packing list beserta faktur seharga Rp 255.000.000,00 (dua ratus lima puluh lima juta empat rupiah) atas pembelian :

  1. 22 Unit Kulkas
  2. 20 Unit Mesin Cuci
  3. 30 Unit TV
  4. 10 Unit Kipas Angin
  5. 5 Unit Ac

Bersama barang pesanan kami kirimkan pula hadiah langsung berupa 1 Unit TV Led Panasonic 20″ karena Saudara memesan sebelum tanggal 20 April 2018, sesuai dengan penawaran dari kami. Setelah barang diterima hendaknya pembayaran segera dilunasi.

Atas perhatian Saudara, kami sampaikan terima kasih.

Hormat kami,

 

Anton Jaya

6. Contoh Surat Bisnis Klaim Barang

Surat klaim atau surat pengaduan barang merupakan contoh surat yang biasanya digunakan untuk memberitahukan sesuatu hal yang menyangkut ketidakpuasan dari pembeli kepada penjual barang. Dalam hal ini, mungkin saja barang yang diterima kurang sesuai dengan barang yang dipesan ataupun karena ada beberapa kerusakan pada barang yang diterima.

PT. Selalu Sukses
Jalan Jaya Raya V Blok B. 1/ No 11
Cipondoh Raya, Telp (021) 632123
Kota Jakarta 15120
Jakarta Selatan

Jakarta, 1 Aoril 2018

Nomor : 222/AK/VI/2018
Lampiran : –
Hal : PENGADUAN ATAS KIRIMAN BARANG

Kepada
Yth. Manager Pemasaran PT. Abadi Sentosa
Jalan Beringin Raya III No. 66
Surakarta

Dengan hormat,

Dengan ini kami beritahukan bahwa, kiriman Saudara berupa :

  1. 5 buah PC
  2. 5 buah Printer Merek Canon
  3. 3 AC Panasonic
  4. 2 TV LED merek Thosiba

Telah sampai di tempat kami, dan kami mengucapkan terima kasih.

Namun, dengan sangat menyesal kami harus sampaikan bahwa setelah peti – peti barang tersebut kami buka, ternyata di dalam peti dengan kode ST-1 ada sebuah lemari es yang rusak. Kerusakannya yaitu di bagian freezer atau pendingin lemari es tersebut yang tidak dapat berfungsi, sehingga lemari es tersebut tidak dapat dipergunakan.

Menurut kami, kerusakan lemari es tersebut disebabkan karena pengepakan barang yang kurang pas sehingga sekrup di bagian freezer terlepas saat terjadi guncangan yang mengakibatkan lemari es tersebut menjadi rusak.
Sehubungan dengan hal tersebut di atas, maka dengan ini kami minta kepada Saudara agar dapat segera mengirimkan penggantinya dan kami akan segera pula mengirimkan barang yang rusak tersebut ke alamat Saudara atas beban biaya Saudara.

Demikian keterangan yang dapat kami sampaikan, dan atas perhatian Saudara kami ucapkan terima kasih.

Hormat kami,

 

Anton Sanjaya

7. Contoh Surat Bisnis Perkenalan Barang

Surat perkenalan produk merupakan surat yang digunakan untuk memperkenalkan produk atau barang baru kepada pihak lain ataupun perusahaan lain. Tujuan dari surat ini adalah agar barang baru tersebut lebih cepat dikenal oleh pihak lain dan menarik minat beli dari mereka.

PT GUNA DARMA INDAH
PRODUSEN BERBAGAI MACAM CAT
JL. Mentari No. 25, Jakarta Barat
Telp. (021) xxxxxx . Fax. xxxxx

Jakarta, 1 April 2018

No.      : 20/PWK/05/2018
Lamp. : –
Hal      : Perkenalan Produk

Kepada Yth.
Pimpinan CV. Alam Bewarna
Jl. Bolak Balik No. 15
Jakarta Barat

Dengan hormat,

PT Gunda Darma Indah adalah perusahaan yang bergerak dibidang produksi berbagai macam cat. Hingga saat ini telah melayani 500 outlet atau toko di berbagai kota di Pulau Jawa atau diluar pulau Jawa. Dalam kesempatan ini kami mencoba kemungkinan di masa yang akan datang dapat membantu menyediakan pasokan berbagai jenis cat untuk usaha yang Bapak pimpin. Adapun untuk harga dan layanan penjualan dan purna jual akan tetap kami jamin dengan memuaskan.

Demikian perkenalan kami dan untuk di masa yang akan datang kami berharap dapat membantu penyediaan kebutuhan cat untuk usaha Bapak. Atas perhatian Bapak kami ucapkan terima kasih.

Hormat kami,

 

Anton Jaya

8. Contoh Surat Bisnis Konfirmasi Pesanan

Surat konfirmasi pesanan merupakan contoh surat yang digunakan untuk mengonfirmasi atau memperjelas pesanan barang dari orang lain ataupun perusahaan lain. Pesanan yang dimaksud merupakan barang yang dipesan melalui surat pesanan ataupun melalui via telepon.

PT BUDI LUHUR
Jln.Wijaya Kusuma No.102 Maluku
Telp.(021) 555666 Faks.(021) 555667 Email:[email protected]

Maluku, 1 April 2018

No       : 203/BL/XII/18
Hal      : Konfirmasi Pesanan Alat-Alat Elektronik

Yth.Bapak Sandi Wijaya Kusuma
Manajer Pemasaran PT KEMILAU WIJAYA
Jln.Masa Depan No.123
Sulawesi

Dengan hormat,

Terima kasih atas pesanan Saudara pada tanggal 30 Maret 2018 via telepon.Dengan ini kami konfirmasikan barang-barang yang Anda pesan dan syarat-syaratnya sebagai berikut.

  1. 2 unit lemari es merek Olympic ukuran 12 feet 2 pintu
  2. 5 unit Setrika listrik merek Philips 112 volt 220/450 W

Untuk total harga adalah senilai Rp. 9.500.000

Terbilang         : Sembilan juta lima ratus ribu rupiah

Pembayaran     : Cash on Delivery

Penyerahan      : Franco

Barang akan kami kirimkan pada tanggal 03 April 2018 ,ke PT Kemilau Jaya Jln.Masa Depan No.123 Sulawesi,dengan menggunakan jasa perusahaan ekspedisi “JNE”.

Setelah ditandatangani,mohon lembar aslinya diserahkan kepada kami.

Hormat Kami,

 

Anton Jaya

9. Contoh Surat Bisnis Penolakan Pesanan

Jika menerima pesanan barang dari perusahaan lain, maka sudah seharunya adan menanggapi pesanan tersebut dan segera mengirimkan barang yang dipesan. Namun jika anda memiliki kendala, seperti sedang kehabisan stok barang yang dipesan, maka anda bisa mengirimkan surat penolakan pesanan.

PT. SUMBER ABADI
Jl.Kebumen No. 40 Purwokerto
Telp (021) 554045

Purwokerto, 1 April 2018

Nomor : 050/SA/lV/2018

Yth,Manager
PT. Nusantara Jaya
Jl. Hayam Wuruk No. 04
Bandung

Perihal : Penolakan pesanan

Dengan hormat,

Terima kasih kami sampaikan atas surat pesanan Saudara pada tanggal 30 Maret 2018 dengan No. 054/NI/lV/2018, yang berisi pesanan 10 komputer merk Toshiba dengan pembayaran yang akan dilakukan secara cash on delivery.

Untuk Saudara ketahui, bahwa persediaan barang untuk komputer merk Toshiba diperusahaan kami saat ini sedang tidak tersedia, kemungkinan barang tersebut akan tersedia kembali pada tanggal 20 April 2014, maka dengan sangat menyesal pesanan saudara tidak dapat kami penuhi atau dengan kata lain, kami tolak.

Kami yakin Saudara dapat memahami alasan tersebut.Atas penolakan ini kami mohon maaf dan untuk perhatiannya kami ucapkan terima kasih.

Hormat Kami,

 

Anton Jaya

10. Contoh Surat Bisnis Jawaban Pengaduan

Saat perusahaan anda mengirimkan barang kepada perusahaan lain dan ternyata terdapat beberapa barang yang mengalami kerusakan ataupun tidak sesuai dengan pesanan mereka, maka kemungkinan besar mereka akan mengadukan hal tersebut kepada anda. Untuk itu, anda bisa segera membalas surat mereka dengan surat jawaban pengaduan.

PT. ELEKTRONIK MAJU
Jln. Buntu No. 202
JAKARTA

Jakarta, 1 April 2018

Nomor :  305/EM/IV/2018
Hal       :  Penggantian Kerusakan Barang
Lamp   :  1 (satu) Lembar Faktur

Kepada
Yth. Pemilik Toko Ingin Maju
Jln. Ketapang No. 10a
Banda Aceh

Dengan hormat,

Surat Saudara tertanggal 30 Maret 2018 dengan Nomor: 35/IM/IV/2018 perihal pengaduan kerusakan barang, telah kami terima dengan penuh perhatian.

Sehubungan dengan surat Saudara, kami segera melakukan pengecekan dan ternyata karyawan kami melakukan kesalahan dalam pengepakan sehingga barang pesanan Saudara banyak mengalami kerusakan. Atas kesalahan tersebut, kami mohon maaf yang sebesar-besarnya dan kami akan lebih memperhatikan pesanan Saudara selanjutnya.

Selanjutnya kami akan segera mengirimkan 5 unit TV yang baru sebagai pengganti barang pesanan Saudara yang mengalami kerusakan, kami harap Saudara senang menerimanya. Faktur asli pesanan Saudara telah kami kirimkan.

Atas perhatian Saudara, kami sampaikan terima kasih.

Hormat kami,

 

Anton Jaya

11. Contoh Surat Bisnis Pengiriman Bukti Pembayaran

Untuk memberitahukan kalau anda sudah melakukan pembayaran atas barang yang sudah anda beli, maka tentu anda harus segera mengirimkan surat kepada penjual. Selain itu, anda bisa melampirkan bukti pembayaran yang telah anda lakukan, agar anda memiliki bukti yang kuat atas pembayaran tersebut.

CV. INGIN JAYA
Jalan Melati No. 20a
Banda Aceh

Banda Aceh, 1 April 2018

Nomor : 75/IJ/V/2018
Hal           : Pengiriman Pembayaran
Lampiran  : Bukti Pengiriman Pembayaran

Kepada
PT. NIAGA MAS
Jalan Mawar No. 36
Surabaya

Dengan hormat,

Pada tanggal 30 Maret 2018, kami telah menerima barang-barang pesanan kami berupa 5 Televisi dan 5 Kipas Angin dan setelah kami cek, barang tersebut dalam keadaan baik.

Sesuai dengan persetujuan, sisa pembayaran sebesar Rp 5.000.000,00 (lima juta rupiah) telah kami kirimkan melalui Bank Mandiri Cabang Surabaya, terlampir bukti pembayaran.

Atas perhatian dan pelayanan yang baik dari saudara kami ucapkan terima kasih.

Hormat kami,

 

Anton Jaya

12. Contoh Surat Bisnis Penangguhan Pembayaran

Ketika membeli barang secara kredit, tentu akan ada kesepakatan bersama mengenai batas waktu untuk pembayaran barang tersebut. Namun jika anda dan perusahaan anda tidak bisa membayar tagihan sesuai waktu yang sudah ditentukan, maka anda bisa mengirimkan surat penangguhan pembayaran kepada penjual disertai dengan alasan anda menangguhkan pembayaran tersebut.

CV. INGIN MAJU
Jl. Ketapang No. 10a
Banda Aceh

Banda Aceh, 1 April 2018

No : 43/IM/V/2018
Hal : Penangguhan Pembayaran

Kepada
Yth. Direktur PT. Elektronik Maju
Jl. Buntu No. 202
Jakarta Pusat

Dengan Hormat,

Kami beritahukan kepada saudara bahwa menurut buku catatan kami, bahwa kami masih mempunyai sisa hutang Rp. 20.000.000 (dua puluh juta rupiah), yaitu faktur no. 210/EM/IV/2018 yang harus lunas pada tanggal 5 April 2018 yang akan datang.

Berhubung pada akhir-akhir ini di daerah pertokoan kami sering terjadi kerusuhan dab bahkan sebagian toko kami ada yang terbakar, maka usaha kami mengalami kemunduran bahkan barang-barang yang baru saja kami datangkan dari perusahaan Saudara belum sempat kami pasarkan.

Berkenaan dengan keadaan itu, kami mohon kerelaan saudara agar faktur tersebut dapat ditunda pembayarannya sampai pada awal Mei 2018 mendatang.

Mudah-mudahan kelonggaran waktu yang Saudara berikan kepada kami dapat kami pergunakan untuk berusaha semaksimal mungkin sehingga dapat melunasi hutang tersebut tepat pada waktu yang kami janjikan.

Demikianlah pemberitahuan kami. Atas perhatian dan kerjasama Saudara, kami ucapkan banyak terima kasih.

Hormat kami,

 

Anton Jaya

13. Contoh Surat Bisnis Jawaban Penangguhan Pembayaran

Jika salah satu klien perusahaan anda tidak bisa membayar tagihan sesuai dengan waktu yang telah disepakati bersama, maka mungkin mereka akan mengirimkan surat penangguhan pembayaran kepada anda. Untuk itu, anda bisa membalas surat tersebut sembari memberitahukan batas waktu yang bisa anda berikan untuk mereka melunasi tagihan tersebut.

PT DEVELOPER SOFTWARE
Jl. Buntu No. 202
Jakarta Pusat

Jakarta, 1 April 2018

Nomor : 45/IM/IV/2018
Hal : Penangguhan Pembayaran

Kepada
CV. Maju Mundur
Jl. Maju Terus
Purwokerto

Dengan hormat,

Membalas surat Saudara Nomor: 203/EM/V/2018 tertanggal 30 Maret 2018 perihal penangguhan pembayaran telah kami terima dengan penuh perhatian.

Setelah membaca surat tersebut, dengan segala pertimbangan kami beritahukan bahwa kami akan memberikan waktu pembayaran untuk faktur Nomor: 210/EM/IV/2018 sebesar Rp 20.000.000 (dua puluh juta rupiah) atas pembelian barang-barang elektronik. Kami berikan kebijakan untuk melunasi pembayaran dalam jangka waktu 2 minggu dari waktu yang telah ditentukan

Atas perhatian Saudara, kami sampaikan terima kasih.

Hormat kami,

 

Anton Jaya

14. Contoh Surat Bisnis Permintaan Maaf

Sebuah perusahaan mungkin saja memiliki kesalahan kepada perusahaan lainnya, dalam hal ini adalah kesalahan yang dilakukan oleh personel perusahaan tersebut. Dan untuk menjaga hubungan baik dengan perusahaan tersebut, anda bisa segera meminta maaf dan mengirimkan surat permintaan maaf kepada mereka.

PT. BINA MEMBANGUN INDONESIA
“Integrated Property Services”
Jl. Kapeten Surtamin, No. 319, Mampang Prapatan, Jakarta Selatan
Telp. 021 77712892, Fax 021 77712891

Jakarta, 1 April 2018

No. : B/112/BBI/02/2018
Lampiran : –
Perihal : Permohonan Maaf Gangguan Air

Kepada Yth.
Seluruh Tenant
Gedung Menara BBI
Jl. Kapeten Surtamin, No. 334, Jakarta

Dengan Hormat,

Bersama ini, kami pengelola gedung ingin menyampaikan permohonan maaf atas adanya gangguan aliran air bersih di public area kantor Bapak/Ibu di Gedung Menara BBI. Berdasarkan informasi yang kami terima dari PT. Palyja (PAM) bahwa Instalasi Pipa Air Utama pecah pada pukul 22.00 WIB. Hal ini mengakibatkan terganggunya proses pendistribusian air bersih PT. Palyja (PAM) pada hampir seluruh wilayah di Jakarta termasuk di Gedung Menara BBI.

Sebagai informasi bahwa kami juga sudah menyalakan cadangan air bawah tanah (deep well) mulai pukul 07.45 WIB hari ini namun tidak mampu memenuhi kebutuhan air bersih seperti biasanya.

Berkenaan dgn hal tersebut di atas, sekali lagi kami sampaikan permohonan maaf yang sebesar-besarnya karena kejadian tersebut telah menimbulkan ketidaknyamanan dan mengganggu kegiatan operasional di perusahaan Bapak/Ibu. Kami dan PT. Palyja (PAM) akan berusaha semaksimal mungkin agar gangguan ini dapat teratasi secepatnya.

Demikian kami sampaikan, atas perhatian serta kerjasamanya kami ucapkan terima kasih.

Hormat Kami,

 

Anton Jaya

15. Contoh Surat Bisnis Penawaran Kerjasama

Jika ingin berkembang dengan cepat dan bisa meraih keuntungan sebanyak mungkin, maka anda harus menjalin kerjasama dengan perusahaan lain yang berkembang dengan baik dan memiliki track record yang baik juga. Untuk itu, anda bisa mengirimkan surat penawaran kerjasama kepada mereka, dan berusaha meyakinkan mereka untuk bekerjasama dengan perusahaan anda.

MADANI TOUR & TRAVEL
Jln. Cendrawasih No. 46 Semarang
Website: www.madanitour.com   Email: [email protected]
Telp. 4572 647354 Fax. 235363

Semarang, 1 April 2018

Nomor  : 135/PK/VII/2018
Lamp.   : 1 (satu eksemplar) Proposal
Hal        : Penawaran Kerja Sama

Kepada Yth.
Bpk Tugiman
Di Tempat

Dengan Hormat,

Assalamu’alaikum Wr.Wb,

Bersama ini kami mengajukan penawaran Kerjasama dibidang Jasa dalam rangka kegiatan kunjungan wisata rohani yang akan Bpk. Tugiman laksanakan. Dengan menggunakan paket kunjungan wisata dari kami, Bpk/Ibu/Sdr akan mendapatkan berbagai keuntungan :

  1. Tidak memerlukan survey lokasi
  2. Tidak perlu melakukan pencarian kendaraan bus
  3. Pemandu disetiap armada bus yang siap membantu selama kegiatan wisata

Dengan adanya paket yang kami suguhkan semoga bisa memberikan harapan, agar kegiatan tersebut dapat terlaksana dengan baik, efektif, efisien dan profesional.

Besar harapan kami, semoga Bpk/Ibu/Sdr dapat bekerja sama dengan kami sesuai dengan kesepakatan yang telah dilakukan.

Demikian yang dapat kami sampaikan, atas kerjasamanya kami ucapkan terima kasih

Wassalam’alaikum Wr. Wb.

Hormat Kami,

 

Anton Jaya

Kesimpulan Dan Pentingnya Surat Bisnis

Seiring dengan dengan perkembangan zaman dan kecanggihan teknologi sekarang ini, maka penggunaan surat sebagai media komunikasi juga sudah semakin menurun. Jika dulu orang menggunakan surat sebagai media komunikasi pribadi, maka sekarang sudah beralih dan menggunakan media internet ataupun media elektronik lainnya.

Namun hal demikian tidak berlaku bagi perusahaan, dimana setiap perusahaan masih setia menggunakan surat sebagai media komunikasi mereka. Untuk menjalin kerjasama yang baik dengan perusahaan lain, maka sebuah perusahaan akan menggunakan surat bisnis.

Selain sekedar berkomunikasi antar perusahaan, penggunaan surat ini juga dipertahankan karena merupakan satu – satunya media komunikasi yang bisa dijadikan bukti, karena memiliki bentuk fisik. Berbeda halnya dengan media telepon dan sejenisnya, dimana tidak memiliki bentuk fisik, sehingga tidak bisa dijadikan bukti.

Bukti – bukti seperti ini mungkin saja akan berlaku di kemudian hari jika terjadi sesuatu hal masalah yang tidak diinginkan. Jadi, selain untuk mengeruk keuntungan, surat juga digunakan karena memiliki bentuk fisik yang bisa dijadikan bukti. Berkaca pada hal tersebut, kita sudah bisa mengetahui bagaimana pentingnya peranan surat bisnis bagi sebuah perusahaan.

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Lainnya terkait Contoh Surat