15 Contoh Surat Berita Acara Berbagai Kegiatan dan Keperluan - Contoh Surat Resmi
Connect with us

Contoh Surat

15 Contoh Surat Berita Acara Berbagai Kegiatan dan Keperluan

Contoh Surat Berita Acara – Dalam menjalankan sebuah perusahaan atau instansi, tentu saja semuanya tidak bisa dilakukan oleh seorang pimpinan. Untuk itulah, sebuah perusahaan atau instansi memiliki banyak karyawan dan pegawai, yakni menjalankan pekerjaan sesuai dengan tugasnya masing – masing.

Nah, dalam suatu perusahaan atau instansi, tentu ada banyak kegiatan, baik itu kegiatan rapat, kegiatan kedinasan ke luar kota, ataupun beberapa kegiatan lainnya. Pada umumnya, kegiatan – kegiatan yang bersifat penting dan forontal memang dikerjakan langsung oleh pimpinan. Namun bukan tidak mungkin jika pimpinan mempercayakan hal tersebut kepada salah satu karyawannya.

Contoh Surat Berita Acara

Hal ini mungkin saja jika pimpinan sedang tidak masuk kerja atau memiliki kesibukan lain yang lebih penting daripada kegiatan tersebut. Untuk itulah dia bisa memberikan kepercayaan kepada bawahannya untuk melaksanakan satu kegiatan tertentu.

Nah, untuk mempertanggungjawabkan kegiatan yang sudah dipercayakan kepada anda, maka anda perlu menulis surat berita acara yang nantinya akan diberikan kepada atasan atau bukti kepada pihak lain atas kegiatan tersebut. Jika diartikan secara sederhana, maka contoh surat  berita acara merupakan surat yang dimana di dalamnya terdapat pernyataan persetujuan atau peresmian atas suatu kegiatan tertentu, rapat, peristiwa, kerusakan, dan juga serah terima barang.

Berikut adalah beberapa contoh surat  berita acara yang bisa anda jadikan sebagai bahan referensi dalam menulis surat berita acara.

1. Contoh Surat Berita Acara Serah Terima Barang

Ketika melakukan acara serah terima suatu barang, maka tentu ada pihak yang memberikan barang dan ada pihak yang menerima barang. Adapun acara tersebut mungkin saja perlu dipertanggungjawabkan dan untuk sebagai bukti bahwa telah terjadi acara serah terima barang seperti yang tercantum pada surat berita acara.

Pada hari ini, Sabtu, Tanggal 05 Bulan Mei Tahun 2018, Kami yang bertanda tangan dibawah ini :

Nama : Haryadi
Jabatan : Manager Pemasaran PT. Karya Utama

Selanjutnya disebut sebagai Pihak Pertama.

Nama : Ahmad Tohari
Jabatan : Kepala Arsip SMP N.1 Bina Insan

Selanjutnya disebut Pihak Kedua.

Pihak Pertama menyerahkan sejumlah barang kepada Pihak Kedua, selanjutnya Pihak Kedua menyatakan telah menerima barang dari Pihak Pertama berupa daftar terlampir :

Jenis Barang : Buku Geografi
Jumlah : 123 Buku

Demikianlah berita acara ini dibuat oleh kedua belah pihak, serta barang-barang tersebut dalam kondisi baik, layak dan cukup, sejak penandatanganan berita acara ini, maka barang tersebut menjadi tanggung jawab Pihak Kedua untuk menyimpan, memelihara, merawat dengan baik serta dipergunakan untuk keperluan (tempat dimana barang itu dibutuhkan).

Pihak Pertama,

 

Haryadi.

Pihak Kedua,

 

Ahmad Tohari.

2. Contoh Surat Berita Acara Seminar

Seperti kita ketahui bersama, sekarang ini ada banyak kegiatan seminar yang mungkin dilakukan oleh perusahaan, instansi pemerintahan, lembaga, maupun organisasi. Namun tidak hanya melaksanakan seminar begitu saja, tentu dibutuhkan surat berita acara sebagai bukti bahwa acara tersebut memang benar – benar dilakukan.

Pada hari Sabtu, 05 Mei 2018 di Gedung Diklat RSJ Ghrasia yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama : Monika Giyanti
Jabatan : Ketua Panitia

Selanjutnya disebut sebagai PIHAK 1.

Nama : Norman Kamaru
Jabatan : Pembicara

Selanjutnya disebut sebagai PIHAK 2.

Dengan ini menyatakan bahwa pada hari Sabtu, 05 Mei 2018 di Gedung Diklat RSJ Ghrasia telah dilaksanakan Seminar Internasional dengan PIHAK 2 selaku pembicara.

Demikianlah Berita Acara Laporan Kegiatan ini dibuat dengan sebenar-benarnya.

Yogyakarta, 05 Mei 2018

Pihak Pertama,

 

Monika Giyanti,

Pihak Kedua,

 

Norman Kamaru

3. Contoh Surat Berita Acara Kehilangan Barang

Ketika anda kehilangan suatu barang, maka mungkin saja anda harus melaporkan hal tersebut kepada atasan anda. Surat ini mungkin bisa anda pergunakan untuk melapor kepada pihak kepolisian ataupun kepada pihak ruangan dimana anda kehilangan barang tersebut.

PT. MAJU MUNDUR
Jl. Danau Toba No. 23 Medan
Telp. 123456789 Fax. 123456789

SURAT BERITA ACARA KEHILANGAN

Surat berita acara kehilangan ini dibuat pada hari ini, Sabtu, 05 Mei 2018, bertempat di Medan, oleh saya :

Nama : Intan Permatasari
Jabatan : Sekretaris
Departemen : General Affair

Yang dengan ini menyatakan dengan sebenar – benarnya bahwa telah kehilangan barang milik perusahaan dengan rincian sebagai berikut :

Jenis Barang : Laptop
Merek Barang : Toshiba
Tipe : S123
Nomor Aset : 07/PT-SS/INV/18

Yang telah hilang pada hari ini, Sabtu, 05 Mei 2018 di dalam ruangan meeting 2 pada pukul 10.00 WIB.

Demikian surat berita acara keterangan hilang ini saya buat dengan sebenar-benarnya tanpa ada rekayasa.

Medan, 05 Mei 2018

Yang menyatakan kehilangan,

 

Intan Permatasari

4. Contoh Surat Berita Acara Serah Terima Inventaris

Setiap kantor atau perusahaan tentu memerlukan berbagai inventaris untuk digunakan oleh para karyawannya. Namun tidak bisa asal diserahkan begitu saja kepada karyawan, penyerahan barang inventaris kantor kepada karyawan haruslah disertai dengan penulisan surat berita acara.

Kami yang bertanda tangan dibawah ini, Pada hari ini Sabtu, 05 Mei 2018.

Nama : Anton Sanjaya
Jabatan : Kepala Bagian Pengadaaan PT. Maju Mundur

Selanjutnya sebagai PIHAK PERTAMA.

Nama : Haryati
Jabatan : Sekretaris PT. Maju Mundur

Selanjutnya sebagai PIHAK KEDUA.

PIHAK PERTAMA menyerahkan barang kepada PIHAK KEDUA, dan PIHAK KEDUA menyatakan telah menerima barang dari PIHAK PERTAMA berupa daftar terlampir :

No. Nama Barang Jumlah
1 Laptop Macbook Pro 9 1 Unit

Demikianlah berita acara serah terima barang ini diadakan oleh masing masing belah pihak, adapun barang-barang tersebut dalam kondisi normal dan baik, semenjak penandatanganan berita acara ini, dengan begitu barang tersebut sudah menjadi tanggung jawab PIHAK KEDUA, memelihara merawat dengan baik dan dipakai untuk kebutuhan pekerjaan kantor.

Medan, 05 Mei 2018.

Pihak Pertama,

 

Anton Sanjaya.

Pihak Kedua,

 

Haryati.

5. Contoh Surat Berita Acara Serah Terima Jabatan Sementara

Ketika seseorang dengan jabatan tertentu di sebuah perusahaan harus mengambil cuti untuk waktu yang agak lama, tentu orang tersebut membutuhkan orang yang bisa menggantikannya selama menjalani cuti. Hal ini tentu saja agar pekerjaan – pekerjaan dan tanggung jawabnya tidak terbengkalai di perusahaan. Untuk itu, maka serah terima jabatan dengan pemangku jabatan sementara harus dibuatkan surat berita acara serah terima jabatan.

PT. MAWAR MELATI
Ruko Permata Jingga Blok A9 No. 21 Jl. Raya Jenderal Soedirman. 3,8 Jakarta 98831
Telp. 0822 531 762 Fax. 022 675432 Mobile. 09762478925

SURAT SERAH TERIMA JABATAN SEMENTARA
No. 21/SAA/PSAB/XII/21

Yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama : Muhammad Lufti
Jabatan : Manajer Pemasaran

Sudah melaksanakan serah terima tugas selaku Manager Pemasaran PT. Mawar Melati kepada :

Nama : Sri Dewi
Jabatan : Asisten Manajer Pemasaran

Serah terima tugas ini dilaksanakan berkaitan dengan pengadaan Cuti lantaran ada kepentingan keluarga yang hendak diadakan pada tanggal 06 Mei hingga 15 Mei 2018. Demikianlah berita acara ini kami susun untuk dijadikan bahan seperlunya.

Dibuat di : Jakarta
Tanggal : 05 Mei 2018

Yang Memberi,

 

Muhammad Lufti.

Yang Menerima,

 

Haryati.

6. Contoh Surat Berita Acara Rapat

Ada banyak jenis rapat yang mungkin dilaksanakan oleh berbagai perusahaan, lembaga, instansi pemerintahan, samapai dengan organisasi. Nah, sebagai bukti bahwa rapat tersebut memang benar – benar dilaksanakan, maka perlu dibuatkan sebuah surat berita acara.

POKJA BUDIDAYA LAHAN PEKARANGAN RUMAH
PNPM MANDIRI PERDESAAN POLA KHUSUS MP3KI
PROGRAM PENDAMPINGAN

Berkaitan dengan rencana pelaksanaan PNPM-Mandiri Perdesaan Pola Khusus MP3KI untuk Tahun Anggaran 2019 di Kecamatan Dau, Kota Malang, Provinsi Jawa Timur , maka pada hari ini :

Hari/Tanggal : Sabtu/05 Mei 2018
Waktu : 08.00 – 10.00
Tempat : Desa Sumberejo Dau Balikpapan

Telah dilaksanakan Pelatihan Budidaya Garut Program Budidaya Lahan Pekarangan Kegiatan PNPM-Mandiri Perdesaan Pola Khusus MP3KI skema percepatan yang didatangi oleh peserta dari wakil-wakil kelompok atau dusun dan unsur lain yang termasuk di Kecamatan, sebagaimana tercatat di dalam Daftar Hadir Terlampir.

Materi atau topik yang dibahas pada forum ini serta yang bertugas sebagai unsur pimpinan rapat dan nara sumber adalah :

Materi atau topik :

Kepentingan Bersama Untuk Desa

Unsur Pimpinan Rapat dan Narasumber :

Pimpinan Rapat : Anton Sanjaya

Sekretaris / Notulis : Haryati

Narasumber : Indah Permatasari, Sri Dewi, dan Ilham Nasir.

Sesudah dilaksanakan pembahasan dan diskusi terkait materi atau topik diatas berikutnya seluruh peserta menentukan dan dapat menyepakati beberapa hal yang berketepatan menjadi keputusan Akhir acara ini, yaitu :

Untuk melaksanakan kegiatan jumat bersih setiap hari jumat di Desa Sumebreo Dau Balikpapan.

Demikianlah Berita Acara ini dibuat dan disahkan dengan penuh tanggung jawab agar dapat dipergunakan sebagaimana mestinya.

Balikpapan, 05 Mei 2018

Pemimpin Rapat,

 

Muhammad Lufti,

Notulen,

 

Haryati

7. Contoh Surat Berita Acara Pemeriksaan

Surat berita acara pemeriksaan seringkali dipergunakan oleh pihak kepolisian dalam memeriksa seseorang terkait suatu kasus, baik itu sebagai saksi, sebagai terdakwa, maupun sebagai korban. Seperti kita ketahui, pemeriksaan terhadap seseorang tidaklah bisa dilakukan begitu saja, namun harus melewati prosedur yang berlaku, salah satunya adalah dengan membuatkan surat berita acara.

POLRI  KOTA BESAR MALANG RAYA
SEKTOR KOTA MALANG KOTA

PRO JUSTITIA :

BERITA ACARA PEMERIKSAAN SAKSI

Pada hari ini Sabtu tanggal 05 Bulan Mei Tahun 2018 sekira jam 14.00 Wib, Saya  : Prita Angga Dewi, SH dengan Pangkat AIPDA Nrp 12040323 sebagai Penyidik pembantu pada kantor tersebut di atas menurut Surat Keputusan Kapolda Malang No.Pol.: Skep / 143 / VI / 2018, tanggal 05 Mei 2018, sudah menjalankan Pemeriksaan terhadap satu orang Perempuan  yang tidak dikenal mengaku bernama : Vita Alamsyah Als. Vita Binti Andre, tanggal lahir Pekalongan / 31 Februari 1989, Umur 28 Tahun, Agama Islam , Kewarganegaraan Indonesia, Pekerjaan Wiraswasta, Alamat Jl. Apel No. 05 Malang Nomor Hp. 083172904883 / 0761-7024750.

Da diperiksa untuk diminta dan disimak penjelasan sebagai Saksi korban berkaitan dengan Perkara yang diduga telah terdapat Penganiayaan , kejadian di Jl. Soekarno depan  Studio Band Anggun Malang, sebagaimana  dimaksud dalam Pasal 351 KUHP , sehubungan dengan Laporan Polisi No.Pol.:LP/          / III /2018/Polsek, tanggal 19 Maret 2018.

Yang diperiksa,

 

Vita alamsyah Als. Vita Binti Andre.

Penyidik,

 

Prita Angga Dewi, SH

8. Contoh Surat Berita Acara Kehilangan Barang Perusahaan

Setiap perusahaan tentu memiliki barang – barang inventaris yang diberikan kepada para karyawan untuk dipergunakan dalam pekerjaan perusahaan. Namun mungkin saja karyawan tersebut kehilangan barang dari inventaris kantor, baik itu karena lalai maupun karena hal lainnya. Maka untuk membuktikan kehilangan barang tersebut, maka seorang karyawan harus menulis surat berita acara seperti contoh di bawah ini.

PT. SATRIA BAJA HITAM
Jl. Maju terus pantang mundur No. 1, Tasikmalaya 46115
Telp. 0265 – 123456 Fax. 0265 – 123465

BERITA ACARA KEHILANGAN

Surat berita acara kehilangan ini dibuat pada hari Sabtu, tanggal 05 bulan Mei tahun 2018, bertempat di Tasikmalaya oleh saya :

Nama : Muhammad Fauzi
Jabatan : Staff Bagian Pelengkapan Informasi

Yang dengan ini menyatakan dengan sebenar-benarnya bahwa telah kehilangan barang milik perusahaan dengan detail sebagai berikut :

Jenis Barang : Laptop
Merk Barang : Lenovo Thinkpad
Tipe : L421
Nomor Aset : 01/PTSBH/03.2018

Yang telah hilang pada hari Jum’at, tanggal 04 Mei 2018 di dalam ruangan maintenance pada pukul 12:00 WIB.

Demikian surat berita acara kehilangan ini dibuat dengan sebenar-benarnya.

Tasikmalaya, 05 Mei 2018

Yang menyatakan kehilangan,

 

Muhammad Fauzi

9. Contoh Surat Berita Acara Serah Terima Pekerjaan

Setiap perusahaan tentu memiliki barang – barang inventaris kantor demi kelancaran berbagai pekerjaan. Nah, jika barang – barang tersebut mengalami kerusakan, maka mau tidak mau harus mencari orang yang bisa memperbaikinya. Namun tidak bisa menyerahkan pekerjaan perbaikan barang begitu saja, kedua belah pihak harus sepakat untuk membuat surat berita acara serah terima pekerjaan seperti contoh di bawah ini.

BERITA ACARA SERAH TERIMA PEKERJAAN

Pada hari ini Sabtu,05 Mei 2018, yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama : Muhammad Nasir
Jabatan : Manager Operasional PT. Sembur Jaya

selanjutnya disebut sebagai PIHAK PERTAMA.

Nama : Antoni Sanjaya
Jabatan : Pegawai Bagian Logistik Dikjar Jakarta

selanjutnya disebut sebagai PIHAK KEDUA.

Dengan ini menerangkan bahwa :

PIHAK KEDUA telah menyerahkan kepada PIHAK PERTAMA, dan PIHAK PERTAMA menyatakan telah menerima hasil pekerjaan untuk pekerjaan “Perbaikan 10 Unit Air Conditioner di Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Yogyakarta” yang diselesaikan pada tanggal 05 Mei 2018.

Dengan adanya Berita Acara Serah Terima Pekerjaan ini maka PIHAK KEDUA telah melaksanakan kewajiban dengan baik dan berhak menerima pembayaran dari PIHAK PERTAMA sebesar Rp 2.500.000,- dibayar tunai sesuai perjanjian awal.

Demikian Berita Acara Serah Terima Kedua ini dibuat rangkap 3 (tiga) untuk dipergunakan sebagaimana mestinya.

Jakarta, 05 Mei 2018.

Pihak Pertama,

 

Muhammad Nasir.

Pihak Kedua,

 

Antoni Sanjaya

10. Contoh Surat Berita Acara Kejadian

Jika kita mengalami suatu kejadian yang kurang mengenakkan, maka mungkin saja akan melapor ke pihak kepolisian. Nah, sebagai bukti kalau kita sudah melapor mengenai kejadian tersebut, maka pihak kepolisian pun harus membuat surat berita acara mengenai kejadian yang kita alami.

MARKAS BESAR KEPOLISIAN RESORT TAPANULI UTARA
KEPOLISIAN SEKTOR SIBORONG BORONG
Jl. D.I. Panjaitan No. 123 Siborong Borong

BERITA ACARA KEJADIAN
Nomor : … /Bulan/Kode Instans/Bulan/Tahun

Pada hari ini Sabtu, 05 Mei 2018, sekira pukul 12.00 Wib.

Nama : Aditya
Jabatan : Kasat Reskrim

Setelah menerima laporan tentang : Kejadian Pencurian.

Membuat berita acara kejadian sebagai berikut :

Saya telah menerima laporan dari seorang : Intan Nuraini.

Pekerjaan : Wiraswasta

Yang melaporkan bahwa telah terjadi : Pencurian di toko miliknya yang beralamat di Jl. Sisingamangaraja No. 123, Siborong borong.

Saya dengan dibantu oleh Sdri. Intan Nuraini telah mengangani kasus tersebut dengan meminta keterangan / memeriksa kejadian tersebut.

Demikian berita acara kejadian saya buat dengan sebenar – benarnya dan dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya. Kemudian ditutp dan ditanda tangani pada hari dan tanggal serta tempat seperti tersebut diatas.

Mengetahui,
Pembuat Berita Acara,

 

Aditya.

11. Contoh Surat Berita Acara Penyelesaian Pekerjaan

Jika sebuah pihak menyerahkan pekerjaan kepada pihak lain, maka biasanya selalu menggunakan surat berita acara. Begitu juga saat pekerjaan tersebut sudah selesai dikerjakan, maka pihak pemberi pekerjaan dan penerima pekerjaan harus membuat kembali surat berita acara, yang berisikan bahwa pekerjaan tersebut sudah selesai dikerjakan dan sesuai dengan permintaan pemberi pekerjaan.

BERITA ACARA
No. 075/BASTP/PTEJ/I/2018

Pada hari ini Sabtu, 05 Mei 2018 yang bertanda tangan dibawah ini saya :

Nama : Anton Sanjaya
Jabatan : Direktur PT. Maju Jaya

Selanjutnya disebut PIHAK PERTAMA (yang menyerahkan).

Nama : Joko Susilo
Jabatan : Kepala PT. Margondang

Selanjutnya disebut PIHAK KEDUA (yang menerima),

Dengan ini menerangkan bahwa :

Pada tanggal 05 Mei 2018, atas nama PT. Maju Jaya telah selesai melakukan pekerjaan berupa pemasangan instalasi listrik pada gedung PT. Margondang yang dikerjakan selama 2 (dua) bulan sejak tanggal 05 April 2018 sampai dengan 05 Mei 2018.

Demikian Berita Acara ini dibuat dengan sebenarnya untuk dapat dipergunakan sebagaimana mestinya.

Jakarta, 05 Mei 2018.

Pihak Pertama,

 

Anton Sanjaya.

Pihak Kedua,

 

Joko Susilo.

12. Contoh Surat Berita Acara Serah Terima Barang Pembelian

Setiap perusahaan tentu akan membutuhkan berbagai barang untuk keperluan inventaris kantor. Nah, saat melakukan pembelian dari seorang supplier, maka tentu ada banyak hal yang harus diurus terlebih dahulu. Dan pada saat penyerahan barang dari supplier, maka kedua pihak tersebut bisa membuat selembar surat berita acara mengenai barang yang sudah dibeli tersebut.

BERITA ACARA SERAH TERIMA BARANG
NOMOR :      /         /       /

Pada Hari Ini Sabtu, 05 Mei 2018, Kami yang bertanda tangan dibawah ini :

Nama : Muhammad Ilham
Jabatan : Direktur PT. AHM

Selanjutnya disebut PIHAK PERTAMA.

Nama : Antoni Sanjaya
Jabatan : Direktur PT. Maju Mundur

Selanjutnya disebut PIHAK KEDUA.

PIHAK PERTAMA menyerahkan barang kepada PIHAK KEDUA dan PIHAK KEDUA menyatakan telah menerima barang dari PIHAK PERTAMA berupa daftar terlampir :

Jenis Barang : Sepeda Motor Revo 110
Jumlah Unit : 10 Unit

Demikianlah berita acara serah terima barang ini dibuat oleh kedua belah pihak, adapun barang-barang tersebut dalam keadaan baik dan cukup, sejak penandatanganan berita acara ini, maka barang tersebut menjadi tanggung jawab PIHAK KEDUA.

Jakarta, 05 Mei 2018.

Pihak Pertama,

 

Muhammad Ilham.

Pihak Kedua,

 

Anton Sanjaya

13. Contoh Surat Berita Acara Serah Terima Buku Sekolah

Untuk memperlancar proses belajar mengajar di sekolah, maka pihak sekolah tentu melakukan pengadaan buku, baik itu buku perpustakaan maupun untuk pegangan para siswa. Nah, saat penerimaan buku pelajaran dari pihak supplier, maka kedua pihak tersebut bisa membuatkan surat berita acara yang ditanda tangani oleh kedua belah pihak.

BERITA ACARA PENYERAHAN BARANG

Pada hari ini Sabtu, 05 Mei 2018 telah dilaksanakan serah terima barang : Buku Panduan Pendidik (BPP)

Nama : Anton Sanjaya
Jabatan : Direktur PT. Maju Jaya

Selanjutnya disebut sebagai PIHAK PERTAMA.

Nama : Joko Susilo, S. Pd
NIP : 78687678
Jabatan : Kepala Sekolah SMA Negeri 1 Malang

Selanjutnya disebut sebagai PIHAK KEDUA.

PIHAK PERTAMA menyerahkan barang berupa Buku Panduan Pendidik (BPP) kepada PIHAK KEDUA berdasarkan Nota Pesanaan tanggal  05 Mei 2018.

PIHAK KEDUA menerima barang Buku Panduan Pendidik (BPP) sesuai dengan mata pelajaran KTSP untuk meningkatkan ilmu pengetahuan siswa di Sekolah SMA Negeri 1 Malang. Barang tersebut dalam keadaan baik dan sesuai dengan Nota Pesanan.

Demikian Berita Acara ini dibuat dengan sebenarnya untuk dipergunakan sebagaimana mestinya.

Malang, 05 Mei 2018.

Pihak Pertama,

 

Anton Sanjaya.

Pihak Kedua,

 

Joko Susilo, S. Pd

14. Contoh Surat Berita Acara Hasil Pekerjaan

Ketika pihak perusahaan menerima hasil pekerjaan dari perusahaan atau pihak lain, maka pihak tersebut harus memastikan terlebih dahulu kalau hasil pekerjaan yang diterima dari perusahaan lain memang benar – benar bagus dan tidak kurang suatu apapun. Jika hal tersebut sudah dipastikan, maka selanjutnya kedua belah pihak bisa membuatkan surat berita acara seperti di bawah ini.

BERITA ACARA SERAH TERIMA HASIL PEKERJAAN

Pada hari ini, Sabtu, 05 Mei 2018 telah dilakukan serah terima hasil pekerjaan oleh dan diantara:

Nama : Intan Nuraini
Jabatan : Direktur PT. Maju Jaya

Selanjutnya disebut sebagai “PIHAK PERTAMA”.

Nama : Anton Sanjaya
Jabatan : Direktur PT. Jaya Tech.

Selanjutnya disebut sebagai “PIHAK KEDUA”.

PIHAK PERTAMA dan PIHAK KEDUA secara bersama-sama selanjutnya disebut sebagai “Para
Pihak”. Para Pihak dengan ini terlebih dahulu menerangkan hal-hal sebagai berikut :

  1. Bahwa, sebelumnya PIHAK PERTAMA dan PIHAK KEDUA telah mengadakan suatu kerja
    sama Pelaksanaan Pekerjaan.
  2. Bahwa, Perjanjian tersebut telah menempatkan PIHAK PERTAMA sebagai Pemberi Kerja
    dan PIHAK KEDUA sebagai Pelaksana Kerja;
  3. Bahwa, Perjanjian tersebut telah mewajibkan PIHAK KEDUA sebagai Pelaksana Kerja
    untuk melakukan pekerjaan dan menyerahkan hasil pekerjaan tersebut kepada PIHAK
    PERTAMA sebagai Pemberi Kerja, yaitu berupa Pembuatan Jasa Website.

Selanjutnya, untuk melaksanakan serah terima hasil pekerjaan diantara Para Pihak berdasarkan
Perjanjian, maka Para Pihak dengan ini sepakat :

  1. Bahwa, PIHAK KEDUA dengan ini menyerahkan hasil pekerjaan kepada PIHAK PERTAMA
    sebagaimana PIHAK PERTAMA dengan ini menerima hasil pekerjaan tersebut dari PIHAK
    KEDUA;
  2. Bahwa, dengan telah dilakukannya serah terima hasil pekerjaan berdasarkan Berita Acara
    ini, maka dengan demikian kewajiban PIHAK KEDUA sebagai Pelaksana Kerja untuk
    menyerahkan hasil pekerjaan kepada PIHAK PERTAMA dan hak PIHAK PERTAMA
    sebagai Pemberi Kerja untuk menerima hasil pekerjaan tersebut dari PIHAK KEDUA
    berdasarkan Perjanjian telah dilaksanakan;
  3. Bahwa, Berita Acara ini merupakan bagian dari pelaksanaan Perjanjian dan sekaligus
    sebagai Tanda Terima hasil pekerjaan diantara Para Pihak, sehingga oleh karenanya
    merupakan satu kesatuan dan bagian yang tidak terpisahkan dari Perjanjian.

Demikian Berita Acara ini dibuat pada waktu sebagaimana telah disebutkan pada bagian awal
Berita Acara ini.

Jakarta, 05 Mei 2018.

Pihak Pertama,

 

Intan Nuraini.

Pihak Kedua,

 

Joko Susilo.

15. Contoh Surat Berita Acara

Ada banyak kegiatan maupun berbagai hal yang mungkin saja membutuhkan surat berita acara dalam pelaksanaanya. Salah satu contoh adalah ketika penyerahan jabatan di dalam suatu perusahaan, dari pejabat yang lama kepada pejabat baru yang terpilih, maka perlu dibuat surat berita acara seperti contoh di bawah ini.

PT. ANGKASA PURA
Jl. Batutulis Bogor Selatan, email [email protected]
Tlp 0251 8832123

Berita Acara Serah Terima Jabatan
NO : 005/PT.AP/VIII/2018

Dengan hormat,

Pada hari Sabtu, tanggal 05 Mei 2018 sebagai bukti bahwa telah diadakannya serah terima jabatan manajer keuangan lama kepada manajer keuangan baru dengan ketentuan sebagai berikut.

Nama : Muhaimin Anton
Jabatan : Manager Keuangan yang lama.

Menyerahkan jabatan kepada, Dewi Kartika S.E beralamat di Jl. Sekar No 18 Jakarta Barat.

Pada hari ini, Sabtu, tanggal 05 Mei 2018, kedua belah pihak telah melaksanakan serah terima jabatan sebagai manajer keuangan PT. ankasa pura dengan ketentuan sebagai berikut :

Pihak kesatu selaku manajer keuangan yang lama menyerahkan tugas, wewenang, dan tanggung jawab jabatan tersebut kepada pihak kedua. Terhitung mulai tanggal penandatanganan berita acara serah terima jabatan ini segala tugas danwewenangm serta tanggung jawab jabatan pihak kesatu beralih kepada pihak kedua dengan ketentuan sebagai berikut. Pihak kesatu tetap bertanggung jawab atas segala tindakannya selama menjabat sebagai manajer keuangan. Segala sesuatunya yang menyangkut hal-hal yang berhubungan dengan tugas jabatan tersebut diatas.

Demikian berita acara serah terima jabatan dibuat agar dapat   dibuat agar dapat dipertanggung jawabkan sebagaimana mestinya.

Mengetahui,

Pihak Pertama,

 

Muhaimin Anton.

Pihak Kedua,

 

Dewi Kartika S.E

Kesimpulan dan Pentingnya Surat Berita Acara

Setiap kegiatan yang diberikan kepada anda, maka tentu anda harus bisa mempertanggungjawabkannya kepada atasan. Dan dengan menggunakan contoh surat berita acara adalah salah satu contohnya. Surat berita acara sendiri berisikan keterangan yang menjelaskan mengenai apa yang terjadi dan waktu kejadian tersebut. Dalam beberapa kasus, terdapat juga daftar siapa – siapa saja yang menghadiri kegiatan tersebut.

Contoh surat berita acara tersebut nantinya bisa anda berikan kepada atasan sebagai bukti kalau anda menjalani pekerjaan yang diberikan dengan baik. Jika anda tidak bisa menunjukkan surat berita acara kepada atasan, maka sama saja kalau anda tidak melakukan pekerjaan dengan baik karena tidak memiliki bukti.

Contoh surat berita acara merupakan salah satu jenis surat resmi yang banyak digunakan oleh perusahaan, instansi pemerintahan, sampai dengan lembaga – lembaga. Dan seperti pada umumnya penulisan surat resmi, harus tetap menggunakan bahasa yang sopan dan sesuai dengan ejaan yang disempurnakan.

Bagi anda yang bekerja di salah satu perusahaan, instansi pemerintahan, dan lembaga tentu sudah tidak asing lagi dengan jenis surat yang satu ini. Surat ini juga bisa dibilang sebagai salah satu jenis surat yang sangat sering digunakan.

Tidak heran jika surat berita acara memang memiliki peranan yang sangat penting. Karena selai berguna sebagai dokumen kantor dan administrasi, surat berita acara juga bisa dijadikan sebagai salah satu bukti pertanggungjawaban atas suatu kegiatan tertentu.

Continue Reading