Jika anda mencari contoh surat berita acara kerusakan barang dan cara membuatnya, maka anda tepat berada di artikel ini dimana anda bisa menyimak contoh dan hal penting tentang surat ini.
Sekedar informasi, surat berita acara kerusakan barang adalah dokumen legalitas yang digunakan sebagai bukti legal atau kerusakan barang yang ada di perusahaan atau di tempat bekerja lainnya. Berita acara pun juga sering dijadikan bukti otentik tertulis yang bersifat legal.
Surat berita acara kerusakan barang ini umum digunakan di instansi maupun di perusahaan, namun setiap perusahaan bisa memiliki tolak ukurnya masing-masing dalam penulisan dan pelaporan surat kerusakan barang ini.
Cara Membuat Berita Acara
Berikut langkah-langkah yang perlu anda ikuti agar dapat membuat berita acara yang baik.
Pahami kebutuhan berita acara
Hal pertama yang harus anda lakukan ketika ingin membuat berita acara adalah memahami keperluan berita acara yang ingin dibuat. Anda bisa mulai dari pokok permasalahan, kronologi, hingga pihak yang terlibat.
Menentukan format berita acara
Langkah berikutnya adalah menentukan format berita acara sesuai dengan keperluan. Anda bisa menggunakan format berita acara yang sudah ada di lembaga atau instansi untuk memudahkan anda dalam menulis berita acara. Apabila berita acara yang anda tulis digunakan untuk keperluan resmi, maka anda bisa menambahkan kop surat dan nomor berita acara.
Menulis berita acara
Setelah mengikuti dua tahapan sebelumnya, kini anda bisa langsung mulai menuliskan berita acara sesuai format yang sudah ditentukan. Terkait format penulisan, anda bisa menyesuaikan sendiri. Yang terpenting adalah apa yang ingin kamu sampaikan di dalam berita acara tersebut tersampaikan dengan jelas.
Mencetak berita acara
Setelah selesai menulis berita acara, kini kamu bisa mencetaknya dengan kertas HVS ukuran A4 atau sejenisnya. Jika sudah, anda wajib memintakan tanda tangan kepada pihak-pihak yang terlibat dalam berita acara tersebut.
Apabila berita acara tersebut hanya dibutuhkan dalam bentuk soft file, maka anda bisa mengubahnya menjadi format PDF terlebih dahulu. Setelah itu baru ditandatangani secara digital.
Contoh Berita Acara Kerusakan Barang
Untuk lebih memahami berita acara kerusakan barang ini, maka berikut contoh surat yang bisa anda simak dibawah ini.
Contoh 1
BERITA ACARA KERUSAKAN
Pada hari ini, Senin tanggal sembilan bulan maret tahun dua ribu dua puluh menerangkan bahwa:
Nama Barang : Printer Fargo HDP5000
Jumlah barang : 1 unit
Di buat berita acara kerusakan pada Printer fargo HDP5000 untuk cetak id card karyawan dan telah diperiksa oleh IT, hasil printnya selalu rusak. Demikian berita acara ini dibuat sebagaimana mestinya.
Mengetahui
Sinta
Diperiksa
Satria
Contoh 2
BERITA ACARA KERUSAKAN BARANG
PLN NUSANTARA
Cabang Watu Alang-alang Gresik
Pada hari ini Kamis, 25 November 2023 telah mengalami kerusakan Data Portable Terminal yang digunakan di lokasi REM TPA tidak dapat berfungsi dengan baik.
Demikian berita acara ini agar dipakai seperti seharusnya.
Gresik, 27 November 2023
Manager Ranting
(Ahmad Fathoni)
Contoh 3
BERITA ACARA KERUSAKAN PRINTER SD SETIABUDI KEDUNG ASRI
NO.009/SK/KBJ/GST-MTX/VI/2023
Pada tanggal 27 November 2023 menerangkan bahwa unit:
Nama Unit : UPS
No Komputer : GST/JKT/1378/076B
No Merek : CANON
Kerusakan saat ini : baterai rusak
Penyebab kerusakan : baterai menggembung
Dibuat berita acara kerusakan pada printer perusahaan , yang telah diperiksa oleh bagian pemrograman dan KTU. Diketahui Baterai UPS mengembung karena kelebihan daya pemakaian dan tidak bisa di pakai lagi. demikian berita acara yang kami buat dengan sebenarnya agar dapat diketahui bersama.
SD Setia Budi 27 November 2023
Mengetahui
Rumia (Esatate Manajer)
Diperiksa
Tina (Asekp)
Dibuat Oleh
Anjali (KTU)
Demikian informasi mengenai contoh surat berita acara kerusakan barang dan cara membuatnya. Semoga berguna dan bermanfaat bagi anda yang belum mengetahui tentang surat ini.