Connect with us

Contoh Surat Resmi

Contoh Surat

15 Contoh Kop Surat Resmi Paling Lengkap

Contoh Kop Surat – Dalam berkomunikasi menggunakan surat tentu ada beberapa hal yang harus diperhatikan. Terlebih jika surat tersebut dibuat untuk mewakili sebuah perusahaan, instansi pemerintahan, lembaga, maupun organisasi, tentu ada beberapa aturan yang harus diterapkan dalam pembuatan surat.

Berbeda dengan surat pribadi yang memang terkesan bebas, surat dinas tidak demikian karena harus mematuhi beberapa aturan. Jika biasanya surat pribadi diawali dengan tulisan nama kota dan tanggal, maka surat dinas harus menggunakan kop surat sebagai pendahuluan surat.

Kop surat ini bukan hanya berguna sebagai pendahuluan surat saja, namun juga berguna untuk menunjukkan identitas surat tersebut. Dengan melihat kop surat saja, maka kita sudah langsung sudah mengetahui surat tersebut dikirimkan oleh siapa, karena kop surat merupakan identitas dari pengirim surat.

Contoh Kop Surat

Ada berbagai contoh kop surat yang biasa kita temukan, mulai dari kop surat perusahaan, kop surat sekolah, kop surat yayasan, kop surat intstansi pemerintahan, sampai dengan kop surat lembaga dan organisasi. Sebagai salah satu kewajiban dalam pembuatan surat resmi, maka kop surat juga harus dibuat sedemikian rupa agar terlihat menarik dan memberikan informasi yang jelas.

Bagi sebagian orang, membuat kop surat bukanlah hal yang mudah. Dibutuhkan kemampuan desain yang bagus dan penempatan logo yang baik agar terlihat bagus dan menarik. Berikut adalah beberapa contoh kop surat yang bisa anda jadikan sebagai bahan referensi dalam pembuatan kop surat.

1. Contoh Kop Surat Perusahaan Jasa Pengiriman

Perusahaan jasa pengiriman ataupun perusahaan jasa pengangkutan adalah salah satu perusahaan yang sangat banyak beredar di Indonesia. Jasa pengiriman ini bermacam – macam, mulai dari pengiriman darat, pengiriman laut, sampai dengan via udara. Berikut di bawah ini adalah satu contoh kop surat dari perusahaan jasa pengiriman.

PT. PERKASA JAYA CARGO
Jl. Damai Sejahtera No. 30A Bandung 56019
Telp. 022 – 900190/ 022 – 900199, Fax. 022 – 900111
Website : http://www.perkasajayacargo.com

2. Contoh Kop Surat Perusahaan Retail

Anda tentu sudah tahu dan mengenal perusahaan retail. Perusahaan retail merupakan salah satu bentuk perusahaan yang memiliki banyak cabang perbelanjaan atau minimarket. Contoh perusahaan retail yang paling besar di Indonesia adalah Indomaret, Alfamart, dan Alfamidi. Sebagai perusahaan retail yang memiliki banyak cabang, sudah tentu harus memiliki kop surat yang menarik.

PT. SEGAR ALAM ABADI STORE
Ruko Edelwis Permai Blok AB3 No. 4  Jl. Raya  Wangi Teh Melati Km. 3,8 Bandung 670977
Telp. 022 332769 Fax. 022 332766 Mobile. 09762467925
Website: www.segaralamabadi.com Email: [email protected]

3. Contoh Kop Surat Perusahaan Tekstil

Ada banyak perusahaan tekstil yang bergerak di Indonesia. Dalam menggunakan surat dinas, tentu perusahaan tekstil ini juga menggunakan kop surat. Di dalam kop surat tersebut kita bisa menemukan nama perusahaan, alamat dari perusahaan, nomor telepon dari perusahaan, sampai dengan alamat website dari perusahaan tersebut, walaupun memang tidak semua perusahaan memiliki website perusahaan.

PT. SUMBER SANDANG TEXTILE
Jl. Teratai Putih Raya 1 Komp. Helvetia Boulevard Bl. A1 No. 2 – 4 Bandung 60897
Telp. 022 – 5098001 ext. 567 Fax. 022 – 5098000
Website : http://www.sumberrasaasin.com

4. Contoh Kop Surat Instansi Pemerintahan

Sebagai intansi yang bergerak di bidang pemerintahan, maka tentu semua instansi pemerintahan harus menggunakan kop surat. Hal ini akan menunjukkan identitas dari instansi tersebut, karena logo ataupun indentitas dari satu instansi dengan instansi yang lainnya akan berbeda.

Contoh Kop Surat Instansi Pemerintahan

5. Contoh Kop Surat Yayasan

Banyak yayasan yang bergerak di Indonesia, mulai dari yayasan pendidikan, yayasan bidang sosial, yayasan kemanusiaan, sampai dengan yayasan keagamaan. Hal ini tentu membuat banyak yayasan akan mirip dan susah bagi kita dalam membedakannya. Untuk membuat pembeda, maka satu yayasan dengan yayasan lainnya akan membuat identitas sendiri yang berbeda dengan identitas dari yayasan lainnya.

Contoh Kop Surat Yayasan

6. Contoh Kop Surat Perusahaan

Ada banyak perusahaan yang bergerak di Indonesia, mulai dari perusahaan penyedia barang, perusahaan produsen barang, perusahaan penyedia jasa, dan juga beberapa jenis perusahaan lainnya. Nah, untuk membuat indentitas sendiri dalam menggunakan surat, maka sebuah perusahaan wajib hukumnya untuk memiliki kop surat.

Contoh Kop Surat Perusahaan

7. Contoh Kop Surat Universitas/Perguruan Tinggi

Universitas atau Perguruan Tinggi sebagai wadah untuk menempuh pendidikan tinggi tentu memiliki kop surat sendiri. Kop surat dari sebuah universitas tentu berbeda dengan kop surat universitas atau perguruan tinggi lainnya. Dalam menggunakan surat resmi, maka universitas akan menggunakan kop surat tersebut juga.

Contoh Kop Surat Universitas

8. Contoh Kop Surat Sekolah

Sekolah – sekolah yang beredar di Indonesia juga tentu akan memiliki kop surat, mulai dari sekolah dasar, sekolah menengah pertama, sampai dengan sekolah menengah atas. Salah satu yang menjadi ciri khas dari kop surat sekolah adalah terdapat logo atau lambang Tut Wury Handayani. Jadi, kita akan menemukan logo ini di setiap atau semua kop surat sekolah.

Contoh Kop Surat Sekolah

9. Contoh Kop Surat Persero

Salah satu perusahaan yang bergerak di Indonesia adalah Persero atau Perseroan Terbatas. Perusahaan ini merupakan perusahaan yang diawasi dan berada di bawah kendali pemerintah dan merupakan perusahaan BUMN atau Badan Usaha Milik Negara. Salah satu ciri khas dari Persero adalah menggunakan logo yang sama di setiap cabang nya. Contohnya, PLN Cabang Jakarta dan PLN Cabang Medan akan menggunakan logo yang sama, namun memiliki perbedaan di penulisan cabang nya. Begitu juga Pertamina Jakarta akan menggunakan logo yang sama dengan Pertamina cabang Medan, namun kita akan mengetahui perbedaanya dari penulisan cabang yang terdapat pada kop surat tersebut.

Contoh Kop Surat Persero

10. Contoh Kop Surat Lembaga Kursus

Ada banyak lembaga kursus yang menyediakan pelatihan dan kursus di Indonesia. Bentuk usahanya juga berbeda – beda dan memiliki keterampilan sendiri. Untuk menunjukkan jatidiri dan indentitas, maka biasanya kita juga akan menemukan kop surat dari lembaga kursus tersebut setiap mereka menggunakan surat dinas atau surat resmi untuk berbagai urusan.

Contoh Kop Surat Lembaga Kursus

11. Contoh Kop Surat OSIS

OSIS atau Organisasi Siswa Intra Sekolah merupakan salah satu organisasi yang biasa kita temukan di setiap sekolah SMP dan SMA di seluruh Indonesia. Sebagai salah satu organisasi yang berada di bawah naungan sekolah, tentu OSIS juga memiliki kop surat tersendiri. Walaupun memiliki desain yang terbilang sederhana dan tidak jauh berbeda antara satu sekolah dengan sekolah lainnya, namun OSIS akan selalu menggunakan kop surat tersebut dalam pembuatan surat resminya.

Contoh Kop Surat OSIS

12. Contoh Kop Surat Organisasi

Ada banyak organisasi yang bergerak di Indonesia, mulai dari organisasi kepemudaan, organisasi kemasyarakatan, organisasi sosial, dan organisasi – organisasi lainnya. Karena sudah berbentuk kelompok, maka tentu setiap organisasi juga memiliki kop surat sendiri. Bagi organisasi yang memiliki banyak cabang, maka tentu akan menggunakan logo yang sama di setiap cabangnya, namun mencantumkan cabang dimana pembuatan kop surat tersebut, sebagai pembeda dari cabang yang satu dengan cabang yang lainnya.

Contoh Kop Surat Organisasi

13. Contoh Kop Surat Koperasi

Koperasi yang merupakan sebuah kelompok atau perkumpulan tentu juga memiliki sebuah kop surat masing – masing. Ada banyak jenis koperasi yang bisa kita temukan di lingkungan kita, mulai dari koperasi karyawan dari sebuah perusahaan, koperasi pegawai, koperasi sekolah, koperasi simpan pinjam, dan beberapa jenis koperasi lainnya yang banyak beredar di Indonesia.

Contoh Kop Surat Koperasi

14. Contoh Kop Surat Kantor Hukum

Kantor hukum atau lembaga bantuan hukum merupakan sebuah lembaga yang akan memberikan pendampingan hukum kepada seseorang terkait sebuah kasus tertentu. Namun bukan hanya itu, kantor hukum juga memiliki banyak pekerjaan lainnya. Dalam mendirikan sebuah kantor hukum, tentu akan sering menggunakan surat sebagai alat komunikasi dengan banyak pihak. Untuk itu, setiap kantor hukum juga akan memiliki sebuah kop surat masing – masing.

Contoh Kop Surat Kantor Hukum

15. Contoh Kop Surat BEM

BEM atau Badan Eksekutif Mahasiswa merupakan organisasi tertinggi kemahasiswaan. Contoh organisasi kemahasiswaan ini bisa kita temukan di setiap kampus yang beredar di Indonesia. Salah satu yang menjadi ciri khas dri organisasi mahasiswa ini adalah menggunakan 2 logo, yakni logo Universitas atau Perguruan Tinggi dimana BEM tersebut bernaung dan juga logo dari BEM itu sendiri.

Contoh Kop Surat BEM

Kesimpulan Dan Pentingnya Kop Surat

Ada banyak perusahaan, lembaga, organisasi, dan instansi pemerintahan yang bergerak di Indonesia. Semuanya itu tentu memiliki jatidiri dan identitas masing – masing. Identitas tersebut akan digunakan untuk keperluan apa saja, yang mewakili sebuah perkumpulan atau kelompok tersebut.

Tidak terkecuali dalam penggunaan surat, setiap perusahaan dan yang lainnya tentu akan menunjukkan identitas masing – masing. Jadi, penerima surat juga akan tahu siapa pengirim surat tersebut walau masih hanya membaca bagian atas dari surat tersebut.

Dalam sebuah kop surat, biasanya kita akan menemukan logo, nama perusahaan ataupun instansi, alamat, nomor telepon, bahkan juga alamat website. Memang harus diakui kalau tidak semua perkumpulan atau kelompok demikian memiliki website sendiri. Semua informasi tersebut akan disusun dengan baik dan rapi agar enak dilihat.

Tidak heran banyak perusahaan ataupun lembaga yang berusaha untuk membuat kop surat semenarik mungkin. Bahkan tidak jarang juga mereka rela membayar desainer untuk membuatkan satu kop surat saja dengan bayaran yang mahal. Berkaca dari kasus tersebut, kita sudah bisa membayangkan betapa pentingnya kop surat bagi perusahaan, instansi pemerintahan, lembaga, maupun organisasi.

Continue Reading

More in Contoh Surat