Connect with us

Contoh Surat Resmi


Contoh Surat

15 Contoh Kop Surat Perusahaan yang Profesional

Contoh Kop Surat Perusahaan – Dalam menjalankan usaha ataupun bisnis, setiap perusahaan tentu akan menggunakan surat resmi sebagai media komunikasi mereka. Surat resmi perusahaan tersebut digunakan untuk keperluan komunikasi internal perusahaan maupun komunikasi eksternal. Adapun penggunaan bahasa dari surat resmi perusahaan adalah harus sopan dan sesuai dengan EYD.

Dalam membuat surat resmi perusahaan, ada beberapa hal yang harus diperhatikan selain penggunaan bahasa yang sopan. Seperti tanggal pembuatan surat, nomor surat, perihal surat, isi surat, kalimat penutup, tanda tangan yang berwenang, sampai dengan kop surat. Sebuah contoh surat resmi perusahaan haruslah memenuhi beberapa unsur diatas tadi.

Contoh Kop Surat Perusahaan

Nah, berbicara mengenai kop surat, bisa dikatakan kalau bagian yang satu ini merupakan bagian yang sangat penting dalam surat resmi perusahaan. Kop surat ini akan berguna sebagai identitas dari perusahaan yang membuat surat tersebut.

Kop surat ini ditujukan untuk memberitahukan penerima surat darimana surat tersebut dikirimkan dan mengetahui siapa yang mengirimkan surat tersebut. Dalam kop surat biasaya kita akan menemukan nama perusahaan, logo perusahaan, alamat perusahaan, nomor telepon, sampai dengan alamat website bagi perusahaan yang memiliki alamat website sendiri.

Selain itu, kita juga mungkin akan menemukan kode pos dari perusahaan tersebut, nomor fax, ataupun alamat e-mail. Namun tidak semua perusahaan mencantumkan hal tersebut pada kop surat mereka. Berikut adalah beberapa contoh kop surat yang mungkin saja akan berguna bagi anda dalam membuat kop surat.

1. Contoh Kop Surat Perusahaan Tekstil

Setiap perusahaan tentu memiliki identitas yang berbeda dengan perusahaan lainnya. Setiap perusahaan juga tentu ingin terlihat beda dari perusahaan lainnya, tidak berbeda juga dengan perusahaan tekstil. Untuk menunjukkan jatidiri ataupun identitas diri dalam surat yang ditulis, maka sebuah perusahaan tekstil akan menggunakan kop surat pada surat resmi mereka.

PT. SUMBER SANDANG TEXTILE
Jl. Teratai Putih Raya 1 Komp. Helvetia Boulevard Bl. A1 No. 2 – 4 Bandung 60897
Telp. 022 – 5098001 ext. 567 Fax. 022 – 5098000
Website : http://www.sumbersandangtextile.com

2. Contoh Kop Surat Perusahaan Retail

Perusahaan retail merupakan perusahaan multicabang yang memiliki banya cabang di berbagai daerah berbentuk minimarket. Beberapa contoh perusahaan retail yang paling besar di Indonesia adalah Indomaret, Alfamart, dan Alfamidi. Untuk menunjukkan identitas, maka perusahaan – perusahaan retail seperti ini tentu akan menggunakan kop surat.

PT. SEGAR ALAM ABADI STORE
Ruko Edelwis Permai Blok AB3 No. 4  Jl. Raya  Wangi Teh Melati Km. 3,8 Bandung 670977
Telp. 022 332769 Fax. 022 332766 Mobile. 09762467925
Website: www.segaralamabadi.com Email: [email protected]

3. Contoh Kop Surat Perusahaan Jasa Pengiriman

Salah satu perusahaan yang banyak bergerak di Indonesia adalah perusahaan jasa pengiriman. Perusahaan jasa pengiriman ini biasanya menerima barang untuk dikirimkan via darat, laut, dan udara. Nah, dalam berkomunikasi dengan para pelanggan, maka tentu perusahaan jasa pengiriman juga akan menggunakan kop surat.

PT. PERKASA JAYA CARGO
Jl. Damai Sejahtera No. 30A Bandung 56019
Telp. 022 – 900190/ 022 – 900199, Fax. 022 – 900111
Website : http://www.perkasajayacargo.com

4. Contoh Kop Surat Perusahaan Lengkap

Mungkin anda pernah menemukan kop surat salah satu perusahaan yang terkesan sederhana dan apa adanya. Namun ada juga perusahaan yang memiliki kop surat super lengkap dan bagus. Dalam kop surat lengkap ini kita bisa menemukan banyak informasi mengenai perusahaan tersebut, mulai dari logo, nama, alamat, kode pos, alamat e-mail, sampai dengan alamat website mereka.

Contoh Kop Surat Perusahaan Lengkap

5. Contoh Kop Surat Perusahaan Sederhana

Jika ada kop surat perusahaan yang super lengkap, maka tentu ada juga kop surat dari perusahaan yang terlihat sederhana saja dan memiliki sedikit informasi pada kop surat tersebut. Seperti contoh di bawah ini, hanya terdapat logo perusahaan, nama perusahaan, alamat, kode pos, dan nomor telepon. Sedangkan alamat e-mail ataupun alamat website tidak terlihat pada kop surat di bawah.

Contoh Kop Surat Perusahaan Sederhana

6. Contoh Kop Surat Perusahaan Simpel

Tidak semua kop surat menampilkan berbagai informasi pada kop surat yang mereka gunakan. Seperti salah satu contoh di bawah ini, kita hanya bisa menemukan nama perusahaan dan juga beberapa layanan jasa yang mereka miliki. Selain itu, sama sekali tidak terdapat informasi lain dari perusahaan tersebut.

Contoh Kop Surat Perusahaan Simpel

7. Contoh Kop Surat Perusahaan Printing dan Desain

Ada banyak contoh usaha yang biasa kita temukan di lingkungan kita, salah satunya adalah perusahaan printing dan desain. Sudah bisa dipasstikan kalau kop surat yang dipakai perusahaan seperti ini akan mengutamakan desain daripada informasi yang ditampilkan. Seperti contoh di bawah ini, kita bisa menemukan berbagai desain yang menarik, namun menemukan tulisan yang hanya kecil saja mengenai informasi perusahaan mereka.

Contoh Kop Surat Perusahaan Printing dan Desain

Kebanyakan perusahaan memang memiliki logo tersendiri sebagai salah satu identitas mereka juga. Perusahaan juga biasanya akan menempelkan logo tersebut dalam kop surat resmi yang mereka gunakan. Namun tidak semua perusahaan demikian, karena seperti contoh kop surat di bawah ini kita tidak akan menemukan logo dari perusahaan tersebut.

Contoh Kop Surat Perusahaan Tanpa Logo

9. Contoh Kop Surat Perusahaan Menarik

Membuat kop surat dengan desain yang menarik memang bukanlah hal yang mudah. Maka tidak heran kalau banyak perusahaan menyewa desainer hanya untuk membuatkan kop surat yang kelihatan menarik dan informatif. Seperti salah satu contoh di bawah ini, kita bisa melihat kalau bagian kertas yang digunakan pada kop surat juga terlihat berwarna, bukan hanya pada logo perusahaan seperti biasanya.

Contoh Kop Surat Perusahaan Menarik

10. Contoh Kop Surat Perusahaan Outsourching

Perusahaan outsourching merupakan bentuk perusahaan penyedia jasa tenaga kerja yang banyak beredar di Indonesia. Dalam menjalin kerjasama dengan beberapa perusahaan besar, tentu sebuah perusahaan outsorching akan menggunakan surat resmi dan menggunakan kop surat pada surat yang mereka gunakan.

Contoh Kop Surat Perusahaan Outsourching

11. Contoh Kop Surat Perusahaan Kontraktor

Salah satu contoh perusahaan yang banyak bergerak di Indonesia adalah perusahaan kontraktor. Perusahaan seperti ini adalah perusahaan yang bergerak di bidang penyewaan jasa untuk membangun sesuatu ataupun mengerjakan sesuatu. Dalam menjalin kerjasama dengan perusahaan ataupun pihak lain, maka perusahaan kontraktor akan menggunakan surat resmi yang sudah dilengkapi dengan kop surat perusahaan mereka sendiri.

Contoh Kop Surat Perusahaan Kontraktor

12. Contoh Kop Surat Perusahaan Asuransi

Anda tentu sudah tidak asing lagi dengan perusahaan asuransi, karena ada begitu banyak perusahaan asuransi yang bergerak di Indonesia. Mulai dari asuransi jiwa, asuransi pendidikan, asuransi kendaraan, sampai beberapa jenis asuransi lainnya. Dalam melayani para konsumen tentu perusahaan asuransi akan sering menggunakan surat resmi dan mencantumkan kop surat mereka pada bagian atas surat.

Contoh Kop Surat Perusahaan Asuransi

13. Contoh Kop Surat Perusahaan Tour & Travel

Mengingat semakin banyaknya masyarakat yang suka berjalan – jalan di dalam negeri maupun keluar negeri, dengan sendirinya perusahaan tour & travel juga semakin banyak. Perusahaan seperti ini akan menyediakan tiket dan beberapa akomodasi lainnya bagi yang ingin berlibur di dalam negeri maupun ke luar negeri. Dalam menjalankan usaha, tentu perusahaan tour & travel juga menggunakan surat resmi yang sudah dilengkapi dengan kop surat mereka sendiri.

Contoh Kop Surat Perusahaan Tour & Travel

14. Contoh Kop Surat Perusahaan Pertamina

Pertamina merupakan salah satu badan usaha milik negara yang berada di bawah pengawasan dan kendali pemerintah. Dalam menjalankan usaha tersebut, pertamina tentu seringkali menggunakan kop surat yang sudah dilengkapi dengan kop surat. Salah satu ciri khas dari pertamina adalah memiliki logo yang sama walaupun memiliki banyak cabang. Jadi kita akan mengetahui cabang dari perusahaan tersebut dari nama kantor cabang yang tertera pada kop surat, sedangkan logo yang digunakan sama untuk semua cabang di Indonesia.

Contoh Kop Surat Pertamina

15. Contoh Kop Surat Perusahaan Advertising

Untuk mempromosikan barang atau sesuatu hal, maka tentu setiap perusahaan atau perkumpulan lainnya akan menggunakan iklan. Karena hal tersebutlah sekarang ini sudah semakin banyak perusahaan advertising yang bergerak di Indonesia. Dalam menjalin kerjasama dengan perusahaan lain ataupun pihak – pihak lainnya, maka sebuah perusahaan advertising akan menggunakan surat resmi yang sudah dilengkapi dengan kop surat perusahaan mereka.

Contoh Kop Surat Perusahaan Advertising

Kesimpulan Dan Pentingnya Kop Surat Perusahaan

Setiap perusahaan tentu akan menggunakan surat sebagai media komunikasi dengan pihak ataupun perusahaan lain. Hal ini akan berguna demi kelancara bisnis yang mereka jalankan dan bisa meraih keuntungan sebanyak mungkin. Maka menggunakan surat resmi sudah merupakan hal yang wajib untuk sebuah perusahaan.

Dalam membuat surat resmi perusahaan, tentu tidak bisa dilakukan dengan sembarangan. Ada beberapa unsur yang harus diterapkan pada surat tersebut, dan salah satunya adalah penggunaan kop surat pada setiap surat yang dibuat oleh perusahaan tersebut.

Setiap perusahaan memiliki identitas tersendiri dan tidak ingin mirip ataupun dianggap mirip dengan perusahaan lain. Untuk itu, sebuah perusahaan harus bisa mendesain kop surat mereka sendiri dengan baik dan terlihat menarik. Selain itu, kop surat juga sebaiknya dilengkapi beberapa informasi mengenai perusahaan tersebut.

Bisa dibayangkan kalau anda menerbitkan surat resmi tanpa menggunakan kop surat. Perusahaan ataupun pihak yang menerima surat tersebut akan memandang remeh pada perusahaan anda. Selain sebagai identitas diri perusahaan, kop surat ini juga berguna untuk menunjukkan bahwa perusahaan yang anda pimpin adalah perusahaan yang profesional.

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Lainnya terkait Contoh Surat