Connect with us

Contoh Surat Resmi

Contoh Surat

15 Contoh Surat Sakit Sekolah yang Baik dan Paling Lengkap

Contoh Surat Sakit Sekolah – Sebagai seorang siswa, maka tentu setiap siswa memiliki tanggung jawab dan kewajiban setiap harinya. Begitu juga sekolah sebagai pihak atau lembaga penyelenggara pendidikan, tentu memiliki peraturan dan tata tertib yang harus dipatuhi oleh semua siswa di sekolah tersebut, salah satunya adalah perihal kehadiran.

Seorang siswa sudah seharusnya untuk hadir dan mengikuti proses belajar mengajar di sekolah setiap hari sesuai dengan kalender pendidikan di daerah tertentu. Maka dari itu, seorang siswa juga tidak bisa hadir tanpa alasan, walaupun pada kenyataanya masih banyak siswa yang tidak bisa mengikuti proses belajar mengajar di sekolah.

Contoh Surat Sakit Sekolah

Ketidakhadiran seseorang siswa di sekolah tentu ada alasannya, baik itu dikarenakan sedang malas ke sekolah, sedang memiliki kesibukan, sedang ada urusan keluarga, sampai dengan dikarenakan kondisi siswa yang sedang dalam keadaan sakit. Khusus untuk kondisi sakit, maka semua sekolah tentu akan memberikan kelonggaran untuk setiap siswa.

Namun yang perlu anda ketahui adalah bahwa pihak sekolah tidak akan mengetahui alasan anda dikarenakan kondisi sakit jika tidak memberitahukan hal tersebut. Untuk itu, anda bisa mengirimkan contoh surat sakit sekolah dan meminta izin atas ketidakhadiran anda selama anda sedang sakit.

Berikut adalah beberapa contoh surat sakit sekolah yang bisa anda pergunakan sebagai bahan referensi.

1. Contoh Surat Izin Sakit Sekolah

Jika anda sedang dalam kondisi sakit, maka anda bisa meminta izin kepada pihak sekolah selama anda butuh istirahat. Dengan mengirimkan surat izin sakit sekolah, maka kemungkinan besar anda akan terbebas dari sanksi yang mungkin sudah ditetapkan oleh pihak sekolah.

Wonosobo, 18 Mei 2018

Kepada Yth.
Bapak/Ibu Guru Wali Kelas XII-A
SMA N 1 Merah Putih

Dengan hormat,
Dengan ini saya selaku orang tua/wali murid dari :

Nama : Anton Sanjaya
NISN : 90876543
Kelas : XII – A

Memberitahukan bahwa anak saya tersebut diatas tidak dapat mengikuti pelajaran seperti biasa pada hari ini, Jumat, 18 Mei 2018 dikarenakan sakit. Oleh karena itu, kami memohon pada Bapak/Ibu Guru Wali Kelas XII-A agar memberikan izin.

Demikia yang dapat kami sampaikan. Atas perhatian Bapak/Ibu kami ucapkan terimakasih.

Hormat Kami,
Orang Tua Siswa,

 

Ahmad Subari.

2. Contoh Surat Sakit Sekolah dari Orang Tua

Jika anda ingin mengirimkan surat sakit kepada pihak sekolah, maka anda bisa meminta tanda tangan orang tua anda dalam surat tersebut. Hal ini berguna untuk meyakinkan pihak sekolah jika anda memang benar – benar sedang dalam keadaan sakit dan tidak bisa mengikuti pelajaran sebagaimana biasanya.

Purwokerto, 18 Mei 2018

Kepada Yth.
Bapak/Ibu Guru Wali Kelas XI-B
SMKN 2 Purwokerto

Dengan hormat,
Dengan ini saya selaku orang tua/wali murid dari :

Nama : Anton Sanjaya
Kelas : XI – B SMK Negeri 2 Purwokerto
NISN : 098765

Memberitahukan bahwa anak saya tersebut diatas tidak dapat mengikuti pelajaran seperti biasa pada hari ini, Jumat, 18 Mei 2018 dikarenakan sakit. Oleh karena itu, kami memohon pada Bapak/Ibu Guru Wali Kelas XI-B agar memberikan izin.

Demikia yang dapat kami sampaikan. Atas perhatian Bapak/Ibu kami ucapkan terimakasih.

Hormat Kami,
Orang Tua Siswa,

 

Ahmad Subari.

3. Contoh Surat Sakit Sekolah dari Wali

Jika anda tidak tinggal bersama dengan orang tua, maka anda bisa meminta tolong kepada orang lain, seperti ibu atau bapak kost anda untuk menandatangani surat sakit sekolah yang anda tulis. Hal ini juga berguna untuk meyakinkan pihak sekolah dengan keadaan anda yang sedang sakit.

Medan, 18 Mei 2018

Kepada Yth,
Bapak/Ibu Guru SMA Negeri 1 Medan
di Tempat

Dengan hormat,
Saya yang bertanda tangan di bawah ini, merupakan Wali/Ibu Kost dari :

Nama : Anton Sanjaya
NISN : 9087654
Kelas : XII – IPA 2

ingin memberitahukan jika siswa dengan nama tersebut diatas sedang dalam kondisi sakit. Untuk itu, kami memohon izin atas ketidakhadirannya dalam mengikuti pelajaran di sekolah untuk hari ini, Jumat, 18 Mei 2018.

Demikian surat sakit ini kami perbuat, atas perhatian dan izin dari Bapak/Ibu guru sekalian, kami mengucapkan banyak terimakasih.

Hormat Kami,
Wali/Ibu Kost Siswa,

 

Intan Permatasari.

4. Contoh Surat Sakit Sekolah Atas Nama Sendiri

Sekarang ini ada banyak orang yang sekolah di luar kota dan jauh dengan orang tua masing – masing. Dan jika anda tidak memiliki wali atau Bapak/Ibu kost, maka anda bisa menandatangani sendiri surat sakit sekolah yang anda kirimkan untuk meminta izin.

Jakarta, 18 Mei 2018

Hal : Permohonan Izin
Lampiran : 1 Lembar

Kepada Yth,
Bapak/Ibu Guru SMA Negeri
di Tempat

Dengan hormat,
Saya yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama : Intan Permatasari
NISN : 908876543
Kelas : XII – IPS 2

bermaksud untuk meminta izin karena saya sedang dalam keadaan sakit dan membutuhkan isitrahat. Hal ini sesuai dengan hasil pemeriksaan dokter, yang menyarakan saya untuk berisitirahat selama 2 hari, terhitung mulai hari ini, Jumat, 18 Mei 2018.

Bersama ini juga turut saya lampirkan surat keterangan sakit dari dokter sebagai bukti dari keadaan dan kondisi saya yang sedang sakit.

Demikian surat permohonan izin ini saya perbuat, atas perhatian dan izin dari Bapak/Ibu Guru, saya mengucapkan banyak terimakasih.

Hormat Saya,

 

Intan Permatasari.

5. Contoh Surat Sakit Sekolah Singkat

Dalam menulis surat sakit sekolah tidaklah harus bertele – tele dan panjang lebar. Namun anda bisa menulis surat sakit sekolah dengan singkat, namun padat dan jelas, serta bisa memberikan informasi yang akurat mengenai identitas diri anda dan alasan anda tidak masuk sekolah.

Jakarta, 18 Mei 2018

Kepada Yth. Bapak/Ibu
Guru Kelas X IPS 2
di Tempat

Dengan Hormat,

Dengan surat ini, saya selaku orang tua dari Anton Sanjaya ingin memberitahukan bahwa anak saya pada Jumat, 18 Mei 2018 tidak bisa mengikuti rangkaian pelajaran seperti biasa dikarenakan sakit. Oleh karena itu, saya mengharapkan Bapak/Ibu yang mengajar di kelas X IPS 2 bisa memberikan izin dan memakluminya.

Demikian surat ini. Atas perhatian Bapak/Ibu Guru Wali Kelas dan Pengajar, saya mengucapkan terimakasih.

Hormat Kami,
Orang Tua Siswa,

 

Ahmad Subari.

6. Contoh Surat Sakit Sekolah dengan Diagnosa Penyakit

Saat menulis surat sakit sekolah, maka banyak orang yang tidak akan mencantumkan penyakit yang diderita. Namun hal ini sebenarnya sangat bisa untuk anda lakukan, agar bisa memberikan informasi yang lebih detail kepada pihak sekolah.

Medan, 18 Mei 2018

Kepada Yth,
Bapak/Ibu Guru
yang Mengajar di Kelas XII B

Dengan Hormat,
Saya selaku orang tua atau wali murid dari :

Nama : Anton Sanjaya
NISN : 987654
Kelas : XII – B SMA Negeri 1 Medan

Memberitahukan bahwa putra saya tidak bisa mengikuti pelajaran pada Jumat, 18 Mei 2018 karena sakit. Oleh karena itu, semoga Bapak/Ibu guru yang mengajar di kelas XII B dapat memaklumi dan mengizinkannya.

Adapun penyakit yang diderita anak saya adalah Penyakit Demam Berdarah.

Demikian surat izin ini. Atas perhatian yang diberikan Bapak/Ibu Guru, saya mengucapkan terimakasih.

Hormat Kami,
Orang Tua Siswa,

 

Ahmad Subari.

7. Contoh Surat Sakit Sekolah untuk Anak SD

Bagi anda yang memiliki anak seorang anak SD, maka tentu harus mengambil alih peran dalam menulis surat izin sakit sekolah. Hal ini karena anak SD belum begitu mahir dalam menulis surat. Anda juga bisa menandatangani surat sakit sekolah tersebut, lalu mengirimkannya kepada pihak sekolah.

Pekalongan, 18 Mei 2018

Kepada Yth,
Bapak/Ibu Guru SD Negeri 1 Pekalongan
di Tempat

Dengan hormat,
Saya orang tua dari siswa yang bernama :

Nama : Anton Sanjaya
NISN : 0987643
Kelas : 4 SD

Memberitahukan bahwa anak saya tersebut tidak bisa masuk untuk mengikuti pelajaran seperti biasa pada hari ini, Jumat, 18 Mei 2018 dikarenakan sedang sakit dan harus berisitirahat di rumah selama satu hari.

Oleh karena itu sudilah Bapak/Ibu guru untuk memberikan izin kepada anak saya. Demikian surat ini saya buat, atas perhatian dan waktu Bapak/Ibu guru saya ucapkan terima kasih.

Hormat Saya,
Orang Tua Siswa,

 

Ahmad Subari.

8. Contoh Surat Sakit Sekolah untuk Anak SMP

Sebagai seorang siswa yang sudah menduduki bangku SMO, maka mungkin anda sudah lumayan bisa untuk menulis surat, termasuk surat sakit sekolah. Namun jika anda belum terlalu mahir dalam menulis surat tersebut, maka anda juga bisa meminta orang tua anda untuk membuatkan surat sakit sekolah atas nama anda.

Semarang, 18 Mei 2018

Kepada Yth,
Bapak/Ibu Guru Wali Kelas 3C
SMP N 4 Semarang
Ditempat

Dengan hormat,
Saya orang tua dari siswa yang bernama :

Nama : Anton Sanjaya
NISN : 987643
Kelas : Kelas 3C

Memberitahukan bahwa anak saya tersebut tidak bisa mengikuti pelajaran seperti biasa pada hari ini, Jumat, 18 Mei 2018 dikarenakan sakit . Oleh karena itu sudilah Bapak/ibu guru memberikan izin.

Demikian surat ini saya buat , atas perhatian dan waktu yang Bapak/ibu guru berikan saya ucapkan terima kasih.

Hormat Kami,
Orang Tua Siswa,

 

Ahmad Subari.

9. Contoh Surat Sakit Sekolah untuk Anak SMA

Jika anda sudah menduduki bangku SMA sederajat, maka tentu anda sudah mahir dalam menulis surat, termasuk surat sakit sekolah. Kendati demikian, anda sebaiknya tetap meminta tanda tangan dari orang tua untuk menanda tangani surat sakit sekolah yang anda buat.

Bandung, 18 Mei 2018

Kepada Yth,
Bapak/Ibu Guru SMA Negeri 1 Bandung
di Tempat

Dengan hormat,
Saya orang tua dari siswa yang bernama :

Nama : Anton Sanjaya
Kelas : XII – IPA 3
NISN : 098765463

Memberitahukan bahwa anak saya tersebut tidak bisa masuk sekolah dan mengikuti pelajaran seperti biasa pada hari ini, umat, 18 Mei 2018 dikarenakan kondisi anak saya yang sedang sakit dan membutuhkan istirahat selama 2 hari, terhitung sejak hari ini.

Oleh karena itu sudilah Bapak/ibu guru memberikan izin dan memakluminya. Demikian surat ini saya buat , atas perhatian dan waktu yang Bapak/ibu guru berikan saya ucapkan terima kasih.

Hormat Saya,
Orang Tua Siswa,

 

Ahmad Subari.

10. Contoh Surat Sakit Sekolah dengan Surat Keterangan Sakit

Sekarang ini ada banyak siswa yang nakal dan tidak masuk sekolah dengan alasan sakit, sementara tidak benar sakit. Maka dari itu, anda bisa meminta surat keterangan sakit dari dokter yang memeriksa anda, untuk dijadikan bahan bukti jika anda memang benar – benar sakit.

Yogyakarta, 18 Mei 2018

Kepada Yth,
Bapak/Ibu Guru
SMA Negeri 1 Yogyakarta
di Tempat

Dengan hormat,
Saya yang bertanda tangan di bawah ini adalah orang tua/wali murid dari :

Nama : Intan Permatasari
Kelas : XII – IPS 2
NISN : 908765434

Dengan ini memberitahukan bahwa anak saya tidak dapat mengikuti proses belajar mengajar pada Jumat, 18 Mei 2018 dikarenakan sakit. Sehubungan dengan hal tersebut saya selaku wali murid memohon kepada Bapak/Ibu untuk berkenan memberikan izinnya. Sebagai bukti saya sertakan pula surat keterangan hasil pemeriksaan dokter pada lembar terlampir.

Demikian permohonan izin ini saya sampaikan. Atas kebijaksanaan dan izin yang diberikan saya ucapkan terima kasih.

Hormat Kami,
Orang Tua Siswa,

 

Ahmad Subari.

11. Contoh Surat Sakit Sekolah dan Rawat Inap

Jika penyakit yang anda derita sudah terlalu parah, maka mungkin anda harus menjalani rawat inap di rumah sakit selama beberapa hari. Hal ini bertujuan agar pihak medis bisa memberikan perawatan yang lebih intensif kepada anda dan mempercepat kesembuhan anda.

Bantul, 18 Mei 2018

Kepada Yth,
Bapak/Ibu Guru SMA Negeri 1 Bantul
di Tempat

Dengan hormat,
Saya orang tua dari siswa yang bernama :

Nama : Anton Sanjaya
Kelas : Kelas XI – IPS 3
NISN ; 98764

Memberitahukan bahwa putra saya tersebut tidak bisa hadir untuk mengikuti pelajaran seperti biasa pada hari ini, Jumat, 18 Mei 2018 dikarenakan sakit diare sehingga diharuskan untuk menjalai rawat inap di Rumah Sakit Islam Bantul

Oleh karena itu sudilah Bapak/Ibu guru untuk memberikan izin kepada anak saya. Demikian surat ini saya buat, atas perhatian dan waktu Bapak/Ibu guru saya ucapkan terima kasih.

Hormat Saya,

 

Ahmad Subari.

12. Contoh Surat Sakit Sekolah Kepada Wali Kelas

Banyak yang mengatakan kalau wali kelas itu ibarat orang tua kandung untuk para siswa di sekolah. Maka tidak heran kalau banyak siswa yang ingin mengurus segala sesuatu kepada wali kelas masing – masing, tidak terkecuali untnuk menulis surat sakit sekolah, seperti di bawah ini.

Solo, 18 Mei 2018

Kepada Yth,
Bapak Wali Kelas XII – IPA 2
SMA Negeri 1 Solo
Ditempat

Dengan hormat,
Saya wali murid dari siswa yang bernama :

Nama : Anton Sanjaya
Kelas : XII – IPA 2
NISN : 897653467

Memberitahukan bahwa anak kami tidak bisa masuk sekolah seperti biasa pada hari ini, Jumat, 18 Mei 2018 dikarenakan sedang dalam kondisi sakit, dan harus membutuhkan istirahat selama 2 hari, menurut keteranan dokter.

Oleh sebab itu sudilah Bapak Wali Kelas XII – IPA 2 untuk memberikan izin kepada anak kami . Demikian surat ini saya buat , atas perhatian yang telah Bapak/ibu guru berikan, saya ucapkan terima kasih .

Hormat Kami,
Orang Tua Siswa,

 

Ahmad Subari.

13. Contoh Surat Sakit Sekolah Karena Kecelakaan

Setiap orang tentu tidak menginginkan terjadinya kecelakaan. Namun jika sudah terjadi, maka mungkin saja anda harus membutuhkan perawatan di rumah sakit tertentu. Maka dari itu, anda bisa mengirimkan surat sakit sekolah kepada pihak sekolah, dimana anda belajar.

Medan, 18 Mei 2018

Kepada Yth,
Bapak/Ibu Guru SMA Negeri 1 Medan
Jl. Pendidikan No. 123
Medan

Dengan hormat,
Saya yang bertanda tangan di bawah ini, merupakan orang tua dari :

Nama : Anton Sanjaya
NISN : 98765643
Kelas : XII – IPS 2

ingin memberitahukan bahwa anak kami baru saja mengalami kecelakaan kemarin malam, 17 Mei 2018 dan membutuhkan perawatan yang intensif dari pihak rumah sakit. Menurut keterangan dokter pemeriksa, anak kami dengan nama tersebut diatas memerlukan waktu selama 5 hari untuk pemulihan, terhitung mulai dari hari ini.

Sehubungan dengan hal terseut, maka kami ingin memohon izin atas ketidakhadirannya dalam mengikuti proses belajar mengajar.

Demikian surat ini kami perbuat, atas perhatian dan izin dari Bapak/Ibu guru, kami mengucapkan banyak terimakasih.

Hormat Kami,
Orang Tua Siswa,

 

Ahmad Subari.

14. Contoh Surat Sakit Sekolah Sederhana

Dalam menulis surat sakit sekolah tidaklah perlu dengan bertele – tele dan panjang lebar. Namun akan lebih baik jika anda menulis surat sakit tersebut dengan simpel dan sederhana saja. Seorang guru tentu tidak ingin menghabiskan banyak waktu untuk membaca surat sakit dari anda. Jadi, menulis surat sakit sekolah dengan sederhana dan singkat saja sangatlah disarankan.

Medan, 18 Mei 2018

Kepada Yth,
Bapak/Ibu Guru
SMA Negeri 1 Medan
di Tempat

Dengan hormat,
Saya yang bertanda tangan di bawah ini, merupakan orang tua dari siswa bernama Anton Sanjaya, ingin memberitahukan bahwa anak kami dengan nama tersebut sedang dalam kondisi sakit. Menurut surat keterangan dokter yang kami lampirkan bersama surat ini, anak kami harus menjalani rawat inap selama 3 hari di Rumah Sakit Adam Malik Medan.

Untuk itu, kami  ingin memohon izin atas ketidakhadiran anak kami dalam proses belajar mengajar di sekolah sebagaimana  biasanya.

Demikian surat ini kami perbuat, atas perhatian dan izin dari Bapak/Ibu guru, kami mengucapkan banyak terimakasih.

Hormat Kami,
Orang Tua Siswa,

 

Ahmad Subari.

15. Contoh Format Surat Sakit Sekolah

Di atas adalah beberapa contoh dari surat sakit sekolah yang sudah terisi dan lengkap. Namun di bawah ini merupakan contoh formatnya saja. Jadi, bagi anda yang ingin menulis surat sakit sekolah, bisa langsung mengcopy contoh di bawah ini, dan kemudian mengisirnya sesuai dengan data dari anda sendiri.

(Nama Kota dan Tanggal)

Hl : Permohonan Izin
Lampiran :

Kepada Yth,
Bapak/ Ibu Guru (Nama Sekolah Anda)
di Tempat

Dengan hormat,
Saya yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama :
NISN :
Kelas :
Alamat :

ingin memberitahukan bahwa saya sedang dalam keadaan sakit dan menurut keterangn dari dokter, saya membutuhkan isitirahat selama . . . . . hari. Adapun surat keterangan sakit dari dokter sudah saya lampirkan bersama dengan surat ini.

Sehubungan dengan hal tersebut diatas, maka saya bermaksud untuk meminta izin kepada Bapak/Ibu Guru selama saya tidak bisa masuk dan mengikuti proses belajar mengajar dalam jangka . . . . hari, sesuai dengan keterangan di atas.

Demikian surat ini saya perbuat, atas perhatian dan izin dari Bapak/Ibu Guru, saya mengucapkan banyak terimakasih.

Hormat Saya,

 

(Nama Anda)

Kesimpulan dan Pentingnya Surat Sakit Sekolah

Kondisi sakit memang tentu bukan kondisi yang diinginkan setiap orang. Jika anda sedang dalam kondisi sakit, tentu saja aktivitas keseharian akan terganggu bahkan tidak bisa beraktivitas sama sekali, begitu juga dengan para anak sekolah. Untuk itu, perlu adanya proses meminta izin kepada pihak sekolah, agar tidak terjadi kesalah pahaman.

Jika anda tidak mengirimkan contoh surat sakit sekolah kepada pihak sekolah anda, maka mereka tidak akan mengetahui kalau anda sedang dalam kondisi sakit. Alhasil, anda akan dianggap lalai dan mengabaikan tanggung jawab, dan bukan tidak mungkin anda akan dikenai hukuman.

Hal tersebutlah yang harus anda pertimbangkan, karena dengan adanya contoh surat sakit sekolah, maka mungkin saja pihak sekolah akan memberikan keringanan untuk anda. Jika anda sakit dalam jangka waktu yang lama, mungkin juga teman sekolah anda dan guru – guru akan menjenguk anda ke rumah sakit ataupun ke rumah.

Seperti kita ketahui, kondisi sakit memang sebisa mungkin selalu dimaklumi oleh setiap perusahaan, instansi pemerintahan, lembaga, tidak terkecuali untuk sekolah. Namun jika mereka tidak mengetahui perihal kondisi anda yang sedang sakit, maka anda jangan berharap akan diberikan kemakluman.

Jika anda tidak datang ke sekolah selama beberapa hari, dan anda sendiri tidak memberikan contoh surat sakit sekolah, maka mungkin saja anda akan ditegor atau diberikan surat peringatan.

Continue Reading

More in Contoh Surat