15 Contoh Surat Peringatan 1 untuk Siswa, PNS, dan Karyawan - Contoh Surat Resmi
Advertisements
Connect with us

Contoh Surat

15 Contoh Surat Peringatan 1 untuk Siswa, PNS, dan Karyawan

Contoh Surat Peringatan 1 – Setiap perusahaan, instansi pemerintahan, lembaga, organisasi, dan berbagai kelompok lainnya tentu saja memiliki peraturan masing – masing. Adapun peraturan dan tata tertib untuk dipatuhi dan ditaati oleh semua anggota maupun orang yang tergabung dalam kelompok tersebut.

Namun tidak jarang kita temukan orang yang melanggar peraturan, baik itu para siswa di sekolah, para karyawan di tempat kerja, para PNS di berbagai instansi pemerintahan, dan lain sebagainya. Nah, jika dibiarkan secara terus menerus, tentu kebiasaan seperti ini akan berlanjut dan tidak akan pernah berhenti, yang akhirnya bisa mengakibatkan kerugian pada berbagai pihak.

Contoh Surat Peringatan 1

Dimanapun anda berada atau di kelompk manapun anda bergabung, tentu anda akan selalu dituntut untuk disiplin dan mematuhi setiap peraturan. Untuk orang – orang yang melanggar peraturan juga tentu akan ada sanksi yang harus diberikan. Hal ini akan berguna untuk memberikan efek jera kepada orang yang bersangkutan.

Salah satu contoh sanksi yang mungkin banyak dipergunakan oleh perusahaan maupun sekolah, atau bahkan instansi pemerintahan adalah pemberian surat peringatan. Contoh surat peringatan 1 akan diberikan kepada orang tertentu jika kesalahannya baru pertama kali dilakukan. Namun jika diulangi lagi, maka surat peringatan 2 dan 3 mungkin saja akan diberikan.

Berikut adalah beberapa contoh surat peringatan 1 yang bisa anda pergunakan sebagai bahan referensi.

1. Contoh Surat Peringatan 1 untuk PNS

Sebagai seorang PNS, maka wajib untuk kerja mulai dari hari senin sampai dengan hari jumat, kecuali saat hari merah atau hari besar. Jadi, jika seorang PNS tidak masuk kerja, satu hari atau lebih, maka hal tersebut sudah melanggar peraturan. Bukan tidak mungkiin kalau atasan akan langsung memberikan surat peringatan 1.

PEMERINTAH DAERAH KOTA BANDUNG
DINAS TENAGA KERJA
Jl. Teknologi Canggih Raya No.1 Kota Bandung 30987
Telp. 022 – 891092 ext. 345  Fax. 022 -891090

SURAT PERINGATAN
No. 45/PKLH/SP/IV/18

Surat ini diberikan kepada :

Nama : Anton Sanjaya
NIP : 76554
Jabatan : Staff IT

Sehubungan dengan pelanggaran tata tertib yang berlaku di lingkungan Dinas Kebersihan dan Lingkungan Hidup Kota Bandung, yaitu tidak masuk kerja tanpa alasan yang sah selama 5 (lima) hari kerja berturut – turut, maka dengan ini, Kepala Dinas Tenaga Kerja Kota Bandung memberikan surat peringatan ini dengan ketentuan sebagai berikut :

  1. Surat peringatan ini memiliki masa berlaku yaitu hanya untuk 1 (satu) bulan kedepan dari tanggal diterbitkannya surat peringatan tersebut.
  2. Atas pelanggaran yang telah dilakukan pihak yang bersangkutan, maka pihak yang bersangkutan diberikan sanksi berupa pemotongan gaji sebesar 10% sesuai dengan Pasal 5 Peraturan Daerah Mengenai Ketenagakerjaan No. 10/DTK/04/2012.

Demikian mengenai surat peringatan ini untuk diperhatikan. Atas perhatian Saudara/ saudari, kami ucapkan terima kasih.

Bandung, 21 Mei 2018.

Mengetahui,
Kepala Dinas Tenaga Kerja Bandung,

 

Drs. Ahmad Subari.

2. Contoh Surat Peringatan 1 untuk Karyawan Swasta

Sebagai seorang karyawan swasta yang mendapatkan gaji dari perusahaan, maka tentu anda akan memiliki tanggung jawab terhadap perusahaan tersebut. Salah satu peraturan yang harus dipatuhi adalah perihal kehadiran setiap hari kerja. Jika anda tidak masuk kerja berturut – turut selama beberap hari, maka mungkin atasan anda akan memberikan surat peringatan pertama.

PT. ANUGRAH JAYA KONSTRUKSI
Jl. Teratai Putih Raya 1 Komp. Helvetia Boulevard Bl. A1 No. 2 – 4 Bandung 60897
Telp. 022 – 5098001 ext. 567 Fax. 022 – 5098000

SURAT PERINGATAN PERTAMA (SP-1)
No. 05/SRA/HRD-01/IV/2018

Surat Peringatan ini ditujukan kepada :

Nama : Anton Sanjaya
NIP : 8976543476
Jabatan : Staff Marketing

Sehubungan dengan kinerja Saudara Anton Sanjaya yang seharusnya sebagai karyawan selalu mematuhi dan melaksanakan tata tertib serta peraturan yang berlaku di lingkungan perusahaan, maka dengn ini kami memberikan peringatan kepada Saudara atas tindakan pelanggaran tata tertib yang tidak dipatuhi sebagaimana mestinya, yaitu tidak masuk tiga hari berturut turut tanpa alasan.

Oleh karena pelanggaran yang telah dilakukan oleh Saudara Anton Sanjaya, maka pihak perusahaan memberikan sanksi kepada yang bersangkutan berupa pemotongan gaji sebesar 20% dari gaji pokok dan tidak diberikannya uang makan untuk bulan Maret 2016.

Dengan dikeluarkannya surat peringatan dan sanksi yang diberikan, diharapkan yang bersangkutan tidak melakukan kesalahan lagi dan melakukan intropeksi agar selalu mematuhi peraturan dan tata tertib yang berlaku.

Demikian Surat Peringatan ini diberikan untuk dapat diperhatikan.

Bandung, 21 Mei 2018.

Mengetahu,
Kepala Personalia,

 

Ahmad Subari.

3. Contoh Surat Peringatan 1 untuk Guru Sekolah

Setiap sekolah tentu memiliki peraturan – peraturan tersendiri, baik itu untuk guru sekolah maupun untuk para siswa. Bukan hanya siswa yang akan mendapatkan sanksi, namun juga guru akan mendapatakan sanksi jika tidak hadir pada saat jadwalnya mengajar.

SMA HARAPAN BANGSA
Jalan Sinar Dunia No. 1 Bandung
Telp. 022 – 980700

Bandung, 21 Mei 2018

Nomor  : 03/SP/SKP-3/04/2018
Perihal  : Peringatan
Lampiran  : –

Kepada Yth.
Ibu Asrini Dimitri
Guru Fisika
di Tempat

Dengan hormat,
Berdasarkan peraturan yang berlaku di yayasan sekolah SMA Harapan Bangsa adalah bahwa ketidakhadiran seorang guru tanpa keterangan maksimal memiliki toleransi 2 (dua) hari dalam satu bulan. Jika sampai 2 (dua) hari tersebut masih juga tidak ada kabar yang jelas, maka akan dikenakan sanksi pemberian surat peringatan pertama.

Dan berdasarkan hasil rekap absensi perusahaan, menunjukkan bahwa Saudari Asrini tidak masuk kerja tanpa adanya kabar atau keterangan yang jelas sebanyak 5 hari  berturut turut pada tanggal 7,8,9,10,11 Mei 2018. Hal ini berarti telah melewati batas toleransi yang diberikan. Dan hal ini sangat merugikan pihak yayasan. Terutama murid – murid anak didiknya.

Oleh karena itu, yang bersangkutan diberikan sanksi berupa SP 1 yang berlaku 2 bulan sejak terbitnya surat ini. Dan apabila melakukan pelanggaran lagi, maka akan dikenakan sanksi yang lebih keras.

Demikian surat peringatan ini dibuat untuk dijadikan acuan untuk melakukan intropeksi. Atas perhatian Saudari, kami ucapkan terima kasih.

Mengetahui,
Kepala SMA Harapan Bangsa,

 

Drs. Anton Sanjaya.

4. Contoh Surat Peringatan 1 Perusahaan

Setiap perusahaan tentu akan menginginkan agar para karyawannya selalu masuk kerja setiap hari yang sudah ditentukan. Namun mungkin juga kalau sebuah perusahaan tertentu memberikan batas toleransi absensi kepada para karyawannya. Jika sudah melewati batas toleransi, maka karyawan tersebut akan mendapatkan peringatan dari perusahaan, seperti contoh di bawah ini.

PT. SUMBER RASA ASIN
Spesialis Jasa Konstruksi dan Bangunan
Jl. Teratai Putih Raya 1 Komp. Helvetia Boulevard Bl. A1 No. 2 – 4 Bandung 60897
Telp. 022 – 5098001 ext. 567 Fax. 022 – 5098000
Website : http://www.sumberrasaasin.com

SURAT PERINGATAN PERTAMA (SP-1)
No. 05/SRA/HRD-01/IV/2018

Surat Peringatan ini ditujukan kepada :

Nama : Anton Sanjaya
NIP : 876543678
Jabatan : Staff Produksi

Surat peringatan ini diterbitkan berdasarkan hasil rekap absensi perusahaan yang menunjukkan bahwa Saudara Anton Sanjaya tidak masuk kerja tanpa keterangan sebanyak 10 hari dalam satu bulan, yaitu bulan maret 2016 , diantaranya 5x berturut turut pada tanggal 7,8,9,10,11 Maret 2016 dan tanggal 16,17,18,21,dan 25 Mei 2018.

Peraturan yang berlaku di dalam lingkungan perusahaan dan yang tercantum di dalam surat perjanjian kerja mengenai tidak masuk kerja tanpa keterangan adalah sebanyak 2 (dua) kali.

Surat peringatan ini bertujuan untuk memberikan pengarahan sekaligus peringatan kepada yang bersangkutan agar bersedia mengamalkan tata tertib perusahaan dan tidak melakukan kesalahan yang dapat merugikan pihak perusahaan.

Sehubungan dengan pelanggaran yang telah dilakukan oleh Saudara Raditya, maka pihak perusahaan memberikan sanksi kepada yang bersangkutan berupa pemotongan gaji sebesar 25% dari gaji pokok dan tidak diberikannya uang makan untuk bulan Mei 2018.

Diberitahukan juga kepada yang bersangkutan bahwa pihak perusahaan akan memberikan Surat Peringatan sampai tiga kali. Maka, jika yang bersangkutan melakukan kesalahan yang sama sampai tiga kali diberikannya surat peringatan, maka pihak perusahaan, yaitu PT. Sumber Rasa Asin akan langsung memutuskan hubungan kerja dengan yang bersangkutan.

Demikian Surat Peringatan ini diberikan untuk dapat dijadikan perhatian dan bahan instropeksi diri yang bersangkutan.

Bandung, 21 Mei 2018,

Mengetahu,
Kepala Personalia,

 

Ahmad Subari.

5. Contoh Surat Peringatan 1 di Instansi Pemerintahan

Sebagai seorang PNS yang bekerja di Instansi Perusahaan tertentu, maka setiap PSN memiliki kewajiban bekerja dan hadir setiap hari kerja yang sudah ditentukan. Selan itu, setiap PNS juga wajib hadir dengan tepat waktu di kantor tanpa terlambat. Jika anda terbukti datang ke kantor dengan terlambat selama beberapa hari berturut – turut, maka mungkin saja anda akan mendapatkan surat peringatan dari atasan.

PEMERINTAH DAERAH KOTA BANDUNG
DINAS KEBERSIHAN DAN LINGKUNGAN HIDUP
Jl. Teknologi Canggih Raya No.1 Kota Bandung 30987
Telp. 022 – 891092 ext. 345  Fax. 022 -891090

SURAT PERINGATAN
No. 45/PKLH/SP/IV/18

Surat ini diberikan kepada :

Nama : Intan Permatasari
NIP : 98764345678
Jabatan : Staff Administrasi

Sehubungan dengan pelanggaran tata tertib yang berlaku di lingkungan Dinas Kebersihan dan Lingkungan Hidup Kota Bandung, yaitu melakukan keterlambatan hadir diatas lima belas menit sebanyak 5 (lima) kali dalam satu bulan dan mangkir dari tugas – tugas yang diberikan, maka dengan ini, Kepala Dinas Kebersihan dan Lingkungan Hidup Kota Bandung memberikan surat peringatan ini dengan ketentuan sebagai berikut :

  1. Surat peringatan ini memiliki masa berlaku yaitu hanya untuk 1 (satu) bulan kedepan dari tanggal diterbitkannya surat peringatan tersebut.
  2. Atas pelanggaran yang telah dilakukan pihak yang bersangkutan, maka pihak yang bersangkutan diberikan sanksi berupa pemotongan gaji sesuai dengan yang tertera pada surat perjanjian kontrak kerja, yaitu sebanyak 10% dari gaji pokok untuk pelanggaran atas keterlambatan, dan 20% dari gaji pokok untuk pelanggaran atas kesalahan mangkir dari tugas – tugas yang diberikan.
  3. Selama masa surat peringatan ini masih berlaku, maka pihak yang bersangkutan tidak akan mendapatkan fasilitas kantor yaitu berupa pemberian voucher makan siang.
  4. Demikian Surat Peringatan ini dikeluarkan untuk dapat dijadikan sebagai bahan instropeksi dan dapat dipergunakan sebagaimana mestinya.

Atas perhatian Saudara/ saudari, kami ucapkan terima kasih.

Bandung, 21 Mei 2018.

Mengetahui,
Kepala Dinas Kebersihan dan Lingkungan Hidup,

 

Drs. Anton Sanjaya.

6. Contoh Surat Peringatan untuk Mahasiwa Perihal Kehadiran

Setiap kampus biasanya memiliki batas toleransi absen tanpa pemberitahuan kepada setiap mahasiswa/i. Jika seorang mahasiwa melewati batas toleransi absen tanpa pemberitahuan dalam satu semester tersebut, maka mungkin saja pihak kampus akan langsung memberikan surat peringatan 1.

UNIVERSITAS NEGERI PELANGI HARAPAN BANGSA
Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
Jurusan Matematika Terapan
Jl. Bintang Pelajar No. 40 Kota Bandung
Telp. 022 – 345901  Fax. 022 – 345900
http://Pelangiharapanbangsabdg.edu.id

SURAT PERINGATAN
Nomor : 220/UNPHB/MHS-2/IV/2018

Kepada,
Anton Sanjaya
NIM 320210
Kelas Statistika Dasar C

Sehubungan dengan adanya ketidakpatuhan Saudara Anton Sanjaya terhadap aturan kontrak perkuliahan yang berlaku, yaitu adanya ketidakhadiran tanpa keterangan sebanyak lebih dari tiga kali dalam satu semester, maka Saudara Anton Sanjaya tidak diperkenankan mengikuti UAS pada mata kuliah Statistika Dasar yang akan diselenggarakan pada hari Senin, 28 Mei 2018.  Dan harap menghadap dosen yang bersangkutan sebelum tanggal 26 Mei 2018. Jika Saudara tidak menghadap dosen yang bersangkutan pada tanggal yang telah ditentukan, maka sesuai dengan kontrak perkuliahan yang berlaku, nilai mata kuliah Statistika Dasar yang Saudara ikuti akan langsung diberikan nilai E dan tidak boleh mengulang pada semester selanjutnya.

Sekian surat peringatan ini untuk segera diperhatikan. Atas perhatian Saudara, kami ucapkan terimakasih.

Bandung, 21 Mei 2018.

Mengetahui,
Kepala Bagian Akademik,

 

Drs. Ahmad Subari.

7. Contoh Surat Peringatan 1 Kepada Karyawan

Setiap perusahaan selalu memiliki peraturan dan tata tertib yang harus dipatuhi oleh semua karyawan di perusahaan tersebut. Salah satunya adalah kedisiplinan mengenai kehadiran tepat pada waktu yang telah ditentukan. Jika anda terlambat masuk kerja, terlebih berturut – turut selama beberapa hari, maka mungkin saja anda akan mendapatkan peringatan dari perusahaan.

PT. LAUTAN PADANG PASIR
Jl. Dr Wahidin Sudiro Husodo, No. 33
Jakarta Barat , telp. (021) xxxx-xxxx

SURAT PERINGATAN
No. 03/HRD/III/2018

Surat peringatan ini diberikan kepada :

Nama : Anton Sanjaya
Jabatan : Kepala Bagian Produksi

Surat peringatan ini diterbitkan berdasarkan hasil rekap absensi perusahaan yang menunjukan terjadinya tindakan indisipliner yang telah dilakukan oleh Sdr. Bangun Arsito, yaitu terlambat masuk kerja selama lebih dari 7x pada bulan Mei 2018.Sebagai seorang karyawan, seharusnya yang bersangkutan mampu menjaga tata tertib kerja dan bersedia untuk tiba di tempat kerja sesuai dengan ketentuan yang tercantum dalam peraturan tata tertib perusahaan yaitu jam 08.00 WIB.

Surat peringatan ini bertujuan untuk memberikan pengarahan sekaligus sebagai peringatan kepada yang bersangkutan agar kembali menjalankan tata tertib perusahaan yang berlaku dan tidak mengulangi kesalahan yang sama. Dan apabila mengulangi kesalahan yang sama maka akan diberlakukan tindakan yang sesuai dengan ketentuan peraturan perusahaan yang berlaku.

Sehubungan dengan pelanggaran yang terjadi maka perusahaan memberikan sanksi kepada yang bersangkutan berupa pemotongan tunjangan kehadiran selama 3x. Sanksi ini mulai diberlakukan sejak dibuatnya surat peringatan ini sampai bulan Juli 2018.

Demikian surat peringatan ini diberikan agar dapat dijadikan sebagai bahan perhatian dan koreksi diri.

Jakarta, 21 Mei 2018.

Mengetahui,
Kepala Personalia,

 

Ahmad Subari.

8. Contoh Surat Peringatan 1 Karena Terlambat Masuk Kerja

Setiap perusahaan sudah memiliki jam masuk kerja dan jam keluar kerja tersendiri. Walaupun mungkin perusahaan tersebut memberlakukan kerja shift untuk para karyawannya, namun setiap karyawan harus datang dengan tepat waktu, sesuai dengan yang sudah ditentukan.

PT. MULYA KENCANA
Jalan Mataram No. 45, Semarang, Jawa Tengah
Telepon : 0232-000-0000, Fax : 0232-000-0000
Web : http://www.mulyakencana.com

SURAT PERINGATAN
Nomor : 1/SP-1/Mei/2018

Surat Peringatan ini ditujukan kepada :

Nama : Anton Sanjaya
Jabatan : Staff Produksi

Surat Peringatan ini dikeluarkankan berdasarkan bukti yang menjelaskan bahwa Saudara Anton Sanjaya telah melakukan pelanggaran berupa :

Tindakan indisiplin, terlambat masuk kerja selama lebih dari 4 kali dalam kurun waktu dua minggu.

Sebagai seorang karyawan Saudara Anton Sanjaya seharusnya mampu mentaati tata tertib kerja yang berlaku di perusahaan dan bersedia untuk tiba di lokasi kerja sesuai waktu yang telah ditentukan, serta tidak diperkenankan untuk meninggalkan lokasi kerja sebelum waktu kerja berakhir sesuai Surat Perjanjian Kerja (SPK) yang telah disepakati sebelumnya.

Pemberian Sanksi :

Sehubungan dengan tindakan indispliner yang Saudara Agus Rahmadi lakukan, maka pihak perusahaan memberikan sanksi berupa larangan untuk menggunakan fasilitas perusahaan yang meliputi :

  1. Kendaraan Inventaris Perusahaan
  2. Peralatan Elektronik Perusahaan

Sanksi yang diberlakukan mulai berlaku periode tanggal 21 Mei 2018 – 21 Juni 2018.

Demikian Surat Peringatan ini dikeluarkan untuk dapat dijadikan sebagai bahan perhatian dan diharapkan supaya Saudara Anton Sanjaya dapat memaklumi dan segera memperbaiki kinerja. Atas perhatian dan kerja samanya kami ucapkan terima kasih.

Semarang, 21 Mei 2018.

Mengetahui,
Kepala Personalia,

 

Ahmad Subari.

9. Contoh Surat Peringatan 1 Karyawan Karena Membuat Keributan

Perusahaan manapun tentu tidak ingin ada karyawannya yang membuat keributan di lingkungan perusahaan. Keributan dimaksud disini bisa berupa karyawan yang berantam dan berkelahi dengan karyawan lainnya. Jika anda sampai melakukan hal demikian, maka mungkin saja pihak perusahaan akan langsung memberikan anda surat peringatan 1.

PT. MAJU JAYA
Jl. Pendidikan No. 123, Medan
Telp. 12345678. Fa. 12345678

SURAT PERINGATAN
No. : 123/SP-1/Mei/2018

Surat Peringatan 1 ini dibuat dan dalam hal ini ditujukan kepada :

Nama : Anton Sanjaya
NIP : 987643567
Jabatan : Staff Produksi

Sehubungan dengan kesalahan yang dibuat oleh Saudara Anton Sanjaya, yakni  :

Berkelahi dengan karyawan lain di lingkungan perusahan.

Maka dengan ini,, manajemen memberikan surat peringatan (SP1) kepada Saudara Anton Sanjaya, dengan ketentuan sebagai berikut :

  1. Surat Peringatan ini berlaku selama 3 bulan sejak diterbitkan
  2. Jika dalam waktu 3 bulan, Saudara tidak melakukan kesalahan atau pelanggaran yang menjadi dasar diterbitkannya surat peringatan ini, maka SP 1 ini dinyatakan tidak berlaku lagi
  3. Jika dalam waktu 3 bulan, Saudara kembali mengulangi kesalahan yang sama atau yang lainnya, maka akan diterbitkan Surat Peringatan Kedua (SP2).

Demikian surat peringatan ini diperbuat demi kebaikan bersama, dan untuk dijadikan acuan dalam melakukan perbaikan Saudara. Surat Peringatan ini akan ditinjau kembali apabila di kemudian hari ditemukan kekeliruan dalam penerbitannya.

Medan, 21 Mei 2018.

Mengetahui,
Direktut PT. Maju Jaya,

 

Ahmad Subari.

10. Contoh Surat Peringatan 1 Karena Absen

Jika anda absen tanpa pemberitahuan selama 1 atau 2 hari, mungkin belum menjadi masalah yang serius. Namun jika lebih dari itu, maka tentu saja pihak perusahaan akan gerah dengan sikap tidak bertanggung jawab dari anda, apapun alasan anda. Hal ini dikarenakan anda absen tanpa pemberitahuan. Untuk itu, bisa jadi kalau pihak perusahaan akan memberikan anda surat peringatan 1.

PT. MAJU JAYA
Jl. Pendidikan No. 123, Medan
Telp. 12345678. Fa. 12345678

SURAT PERINGATAN
No. : 123/SP-1/Mei/2018

Surat Peringatan 1 ini dibuat dan dalam hal ini ditujukan kepada :

Nama : Anton Sanjaya
NIP : 987643567
Jabatan : Staff Produksi

Sehubungan dengan kesalahan yang dibuat oleh Saudara Anton Sanjaya, yakni  :

Absen tanpa pemberitahuan selama 5 hari berturut – turut.

Maka dengan ini,, manajemen memberikan surat peringatan (SP1) kepada Saudara Anton Sanjaya, dengan ketentuan sebagai berikut :

  1. Surat Peringatan ini berlaku selama 3 bulan sejak diterbitkan
  2. Jika dalam waktu 3 bulan, Saudara tidak melakukan kesalahan atau pelanggaran yang menjadi dasar diterbitkannya surat peringatan ini, maka SP 1 ini dinyatakan tidak berlaku lagi
  3. Jika dalam waktu 3 bulan, Saudara kembali mengulangi kesalahan yang sama atau yang lainnya, maka akan diterbitkan Surat Peringatan Kedua (SP2).

Demikian surat peringatan ini diperbuat demi kebaikan bersama, dan untuk dijadikan acuan dalam melakukan perbaikan Saudara. Surat Peringatan ini akan ditinjau kembali apabila di kemudian hari ditemukan kekeliruan dalam penerbitannya.

Medan, 21 Mei 2018.

Mengetahui,
Kepala Personalia PT. Maju Jaya,

 

Ahmad Subari.

11. Contoh Surat Peringatan 1 dengan Hukuman

Pada saat anda mendapatkan surat peringatan 1 dari perusahaan, maka mungkin saja anda akan mendapatkan hukuman lainnya. Hukuman dimaksud bisa seperti penarikan barang inventaris perusahaan dan juga hukuman – hukuman lainnya. Hukuman ini akan berlaku selama dalam masa waktu yang sudah ditentukan, dan akan dikembalikan kepada anda jika sudah melewati batas waktu tersebut.

PT. MAJU JAYA
Jl. Pendidikan No. 123, Medan
Telp. 12345678. Fa. 12345678

SURAT PERINGATAN
No. : 123/SP-1/Mei/2018

Surat Peringatan 1 ini dibuat dan dalam hal ini ditujukan kepada :

Nama : Anton Sanjaya
NIP : 987643567
Jabatan : Staff Produksi

Sehubungan dengan kesalahan yang dibuat oleh Saudara Anton Sanjaya, yakni  :

Absen tanpa pemberitahuan selama 5 hari berturut – turut.

Maka dengan ini,, manajemen memberikan surat peringatan (SP1) kepada Saudara Anton Sanjaya, dengan ketentuan sebagai berikut :

  1. Surat Peringatan ini berlaku selama 3 bulan sejak diterbitkan
  2. Jika dalam waktu 3 bulan, Saudara tidak melakukan kesalahan atau pelanggaran yang menjadi dasar diterbitkannya surat peringatan ini, maka SP 1 ini dinyatakan tidak berlaku lagi
  3. Jika dalam waktu 3 bulan, Saudara kembali mengulangi kesalahan yang sama atau yang lainnya, maka akan diterbitkan Surat Peringatan Kedua (SP2).
  4. Dalam waktu 3 bulan sejak surat peringatan ini diterbitkan, anda tidak dipernankan menggunakan kendaraan inventaris perusahaanm, dan akan dikembalikan jika anda sudah melewati waktu 3 bulan ini.

Demikian surat peringatan ini diperbuat demi kebaikan bersama, dan untuk dijadikan acuan dalam melakukan perbaikan Saudara. Surat Peringatan ini akan ditinjau kembali apabila di kemudian hari ditemukan kekeliruan dalam penerbitannya.

Medan, 21 Mei 2018.

Mengetahui,
Direktur PT. Maju Jaya,

 

Ahmad Subari.

12. Contoh Surat Peringatan 1 Karena Indisiplin

Ada banyak peraturan di setiap perusahaan yang tentu saja harus dipatuhi oleh semua karyawan. Jika pelanggaran yang anda lakukan masih termasuk ringan, maka mungkin cukup hanya dengan menegur anda secara lisan. Namun jika peraturan yang anda langgar sudah berat, maka mungkin saja anda harus mendapatkan surat peringatan dari perusahaan.

PT. MAJU JAYA
Jl. Pendidikan No. 123, Medan
Telp. 12345678. Fa. 12345678

SURAT PERINGATAN
No. : 123/SP-1/Mei/2018

Dalam hal ini ditujukan kepada :

Nama : Intan Permatasari
Jabatan : Staff Keuangan

Sehubungan dengan sikap tidak disiplin/pelanggaran terhadap tata tertib perusahaan yang saudara/i lakukan karena keluar ruangan tanpa permisi saat masih dalam pembicaraan dan dianggap tidak sopan kepada atasan. maka dengan ini perusahaan memberikan surat peringatan pertama dengan ketentuan sebagai berikut :

  1. Jika saudara/i tetap tidak menaati peraturan kedisiplinan perusahaan, maka surat SP-1 ini akan berlanjut ke SP-2
  2. Surat SP1 ini berlaku hingga 6 bulan berikutnya.

Demikian surat peringatan pertama ini dibuat agar dapat diperhatikan dan ditaati sebaik mungkin oleh yang bersangkutan.

Medan, 21 Mei 2018.

Mengetahjui,
Kepala Personalia PT. Maju Jaya,

 

Ahmad Subari.

13. Contoh Surat Peringatan 1 Kepada Siswa Absen Tanpa Pemberitahuan

Sebagai seorang siswa, maka sudah menjadi kewajiban anda untuk datang dan mengikuti proses belajar mengajar setiap harinya. Namun jika anda tidak bisa hadir, maka anda bisa meminta izin kepada pihak sekolah. Jika anda tidak meminta izin dan anda absen tanpa pemberitahuan selama beberapa hari berturut – turut, maka mungkin saja anda akan mendapatkan surat peringatan dari sekolah.

DINAS PENDIDIKAN KOTAMADYA MEDAN
SMA NEGERI 1 MEDAN
Jl. Pendidikan No. 123 Medan

SURAT PERINGATAN
Nomor :  655/B/I/2018

Kepada : Anton Sanjaya

Hal : Surat Peringatan 1

Assalamu’alaikum Wr. Wb.

Menurut data absensi kelas VIII D siswa yang bernama Ahmad Sanjaya pada semester 2 (dua) sering tidak masuk tanpa keterangan (alpa). Berdasarkan peraturan SMA Negeri 1 Medan jika siswa yang sering tidak masuk akan di kenakan sanksi dari Sekolah dan apabila siswa tersebut tidak mengindahkan peraturan yang berlaku di SMA Negeri 1 Medan, maka siswa atas nama Ahmad Sanjaya akan dipindahkan dari SMA Negeri 1 Medan.

Demikian Surat Peringatan kami agar dapat dimengerti

Wallohul muaffiq illa aqwamith thoriq.

Wasalamu’alaikum Wr. Wb

Medan, 21 Mei 2018
Kepala SMA Negeri 1 Medan,

 

Ahmad Subari.

14. Contoh Surat Peringatan Kepada Siswa Karena Terlambat

Bukan hanya datang setiap harinya ke sekolah, namun sebagai seorang siswa, anda juga harus datang dengan tepat waktu. Hal ini tentu saja untuk meningkatkan kedisiplinan untuk semua siswa. Jika anda tidak bisa hadir dengan tepat waktu selama beberapa hari berturut – turut, maka mungkin saja anda akan menerima surat peringatan 1 dari pihak sekolah.

DINAS PENDIDIKAN KOTAMADYA MEDAN
SMA NEGERI 1 MEDAN
Jl. Pendidikan No. 123 Medan

SURAT PERINGATAN
Nomor :  655/B/I/2018

Surat Peringatan 1 ini ditujukan kepada siswa :

Nama : Anton Sanjaya
Kelas : XII – IPS 2
NISN : 908765435

Sehubungan dengan peraturan sekolah yang mewajibkan para siswa untuk datang dan hadir dengan tepat waktu di sekolah, yakni pada pukul 08.00, maka dengan ini kami akan memberikan surat peringatan kepada siswa dengan nama tersebut diatas.

Hal ini karena menurut keterangan dari guru piket, siswa dengan nama tersebut diatas datang terlambat ke sekolah selama 5 hari berturut – turut. Dan hukuman ini wajib kami berikan agar bisa menjadi contoh untuk para siswa yang lainnya.

Demikian Surat Peringatan kami agar dapat dimengerti

Medan, 21 Mei 2018
Kepala SMA Negeri 1 Medan,

 

Ahmad Subari.

15. Contoh Surat Peringatan 1 Karena Keterlambatan Proyek Pekerjaan

Untuk melaksanakan pembangunan di berbagai sektor, maka pihak pemerintah biasanya akan melakukan tender proyek. Dan jika sudah menemukan kontraktor yang bisa mengerjakan pekerjaan tersebut, maka tentu saja akan disepakati waktu mengenai pekerjaan dari proyek tersebut. Dan jika ternyata proyek tersebut tidak  bisa menyelesaikannya dengan tepat waktu, maka mungkin saja pihak pemerintah akan memberikan surat peringatan seperti contoh di bawah ini.

DINAS TATA KOTA SLEMAN
Jl. Perjuangan No. 123 Sleman

Sleman, 21 Mei 2018

Nomor : 123/SP-1/IV/158
Lampiran : –
Hal : Peringatan I (Keterlambatan Pekerjaan)

Yang terhormat,
Direktur Utama
PT. Bangun Mandiri Sejahtera Abadi Jaya
Jalan Mataram 45, Sleman

Dengan hormat,

Sehubungan dengan telah dimulainya Proyek Pekerjaan Perbaikan Jalur Lingkar Utara di daerah Sleman, Yogyakarta, yang dilaksanakan oleh PT. Bangun Mandiri Sejahtera Abadi Jaya atas Surat Perintah Mulai Kerja (SPMK) yang dikeluarkan oleh Pemerintah Daerah Sleman, Yogyakarta Nomor : 123/SPK/Nov/2018 tanggal 1 November 2018, maka dengan ini kami melihat terjadinya keterlambatan pekerjaan sampai minggu ke III (terhitung tanggal 3 – 21 November 2015) yaitu sebesar 23,45 %(minus). Dan menurut pengamatan yang telah kami lakukan dilapangan, keterlambatan tersebut disebabkan oleh :

  1. Kurangnya tenaga(tukang) sehingga beberapa item pekerjaan yang seharusnya sudah dilaksanakan ternyata belum dilaksanakan sampai saat ini.
  2. Tidak sesuainya durasi kerja seperti yang telah disepakati bersama di awal perjanjian.

Selanjutnya kami instruksikan kepada Kontraktor agar segera berupaya memacu pekerjaan untuk mengejar keterlambatan pekerjaan tersebut dengan menambah tenaga (tukang) dan menyesuaikan durasi pekerjaan seperti yang telah tercantum pada surat perjanjian.

Demikian peringatan ini kami sampaikan, atas perhatian dan kerja samanya kami ucapkan terima kasih.

Hormat kami,
Kepala Dinas Tata Kota Sleman,

 

Anton Sanjaya.

Kesimpulan dan Pentingnya Surat Peringatan 1

Sebuah perusahaan akan berjalan dengan baik jika orang – orang yang tergabung di dalamnya bisa bekerja dengan baik. Begitu juga dengan sebuah sekolah akan bisa menjadi sekolah yang berprestasi jika orang – orang yang tergabung di dalamnya, baik itu dari kepala sekolah, guru, sampai siswa bisa mematuhi setiap aturan yang dibuat.

Namun pada kenyataanya masih banyak karyawan di perusahaan yang mungkin tidak bisa bekerja dengan baik, atau mungkin sering absen bekerja. Dengan demikian, maka perusahaan tentu akan mengalami kerugian, terlebih jika dilakukan secara berulang – ulang.

Begitu juga dengan pihak siswa yang mungkin sering absen sekolah, tentu akan ketinggalan soal pelajaran. Maka dari itulah sanksi – sanksi sudah selalu disiapkan untuk orang – orang yang melanggar peraturan. Jadi, jika anda melanggar peraturan tertentu, maka anda harus bersiap – siap untuk menerima contoh surat peringatan 1. Jika tetap mengulanginya, maka surat peringatan 2 dan 3 mungkin akan menyusul nantinya.

Sebagai sebuah perusahaan yang memiliki target tentu akan membutuhkan karyawan yang bisa bekerja dengan baik. Namun walaupun seorang karyawan membuat kesalahan, perusahaan tidak bisa begitu saja langsung memecat karyawan tersebut. Untuk itulah pihak perusahaan bisa memberikan contoh surat peringatan 1 terlebih dahulu, untuk mengingatkan karyawannya agar tidak mengulangi kesalahan.

Namun jika tetap berlanjut, maka pihak perusahan bisa memberikan surat peringatan selanjutnya, bahkan memecat karyawan tersebut. Pihak karyawan pun tidak akan bisa lagi menuntut karena sudah diberikan peringatan terlebih dahulu atas kesalahan – kesalahannya.

Advertisements

Continue Reading
Advertisements

Terbaru

close

Advertisements