Connect with us

Contoh Surat Resmi

Contoh Surat

15 Contoh Surat Pengunduran Diri dari Organisasi Paling Lengkap

Contoh Surat Pengunduran Diri dari Organisasi – Keputusan untuk mengundurkan diri dari suatu perkumpulan atau kelompok tentu merupakan keputusan yang besar dan bisa memberikan dampak tertentu terhadap diri anda sendiri. Namun terkadang dikarenakan berbagai alasan, seseoran harus dan terpaksa untuk mengundurkan diri dari suatu kelompok.

Sebelumnyak, kita sudah banyak membahas surat pengunduran dari dari pekerjaan, maka sekarang kita akan mencoba untuk membahas contoh surat pengunduran diri dari organisasi. Ada banyak organisasi yang mungkin bisa anda ikuti, yakni OSIS untuk anak sekolah, BEM untuk mahasiswa, organisasi partai politik, organisasi pemuda, dan lain – lain.

Contoh Surat Pengunduran Diri dari Organisasi

Jika anda ingin mengundurkan diri dari sebuah organisasi tertentu, maka alangkah baiknya bagi anda untuk memberikan surat pengunduran diri dengan baik. Hal ini akan berguna banyak untuk anda, dan juga untuk organisasi yang anda tinggalkan.

Sebagaimana kita ketahui, seseorang yang tergabung dalam organisasi tertentu, pasti memiliki kewajiban dan tanggung jawab terhadap organisasi tersebut. Maka dengan memberikan contoh surat pengunduran diri dari organisasi, anda sudah menyatakan untuk melepaskan diri dari semua kewajiban dan tanggung jawab tersebut secara baik – baik.

Penulisan surat pengunduran diri dari organisasi sebenarnya tidak jauh berbeda dengan surat pengunduran diri dari pekerjaan. Berikut adalah beberapa contoh surat pegunduran diri dari organisasi yang bisa anda pergunakan sebagai bahan referensi.

1. Contoh Surat Pengunduran Diri dari Organisasasi OSIS

OSIS atau Organisasi Siswa Intra Sekolah merupakan salah satu organisasi yang berada di sekolah. Organisasi ini akan bisa kita temukan di sekolah SMP sampai dengan SMA sederajat. Jika anda ingin mengundurkan diri dari keanggotaan maupun kepengurusan OSIS, maka anda bisa membuat surat pengunduran diri seperti contoh di bawah ini.

Medan, 20 Mei 2018

Kepada Yth,
Ketua Osis dan Pembina OSIS
SMA Negeri 1 Medan
di Tempat

Yang bertanda tangan dibawah ini, saya :

Nama : Intan Permatasari
Kelas : XI IPS 2
Jabatan : Bendahara OSIS

Dengan ini saya mengajukan permohonan izin untuk mengundurkan diri dari Organisasi resmi ( OSIS ) SMA Negeri 1 Medan.

Selama setahun memegang tanggung jawab di organisasi OSIS sebagai bendahara, saya mendapatkan banyak pengalaman dan pelajaran serta mengasah kemampuan saya dalam hal berorganisasi. Saya ingin mengucapkan terima kasih kepada semua jajaran Pengurus dan Pembina SMA Negeri 1 Medan dan mohon maaf yang sedalam-dalamnya apabila ada perilaku yang kurang berkenan selama saya ada di dalam organisasi OSIS.

Besar harapan saya bahwa anda memberikan izin kepada saya untuk mengundurkan diri. Atas perhatiannya, saya ucapkan terima kasih.

Hormat Saya,

 

Intan Permatasari.

2. Contoh Surat Pengunduran Diri dari Organisasi BEM

BEM atau Badan Eksekutif Mahasiswa merupakan organisasi tertinggi yang ada pada berbagai kampus di Indonesia. Sudah tentu bukan sembarang orang yang bisa menjadi pengurus dari BEM tersebut. Namun jika anda ingin mengundurkan diri dari BEM, maka anda bisa menulis surat pengunduran diri seperti contoh di bawah ini.

SURAT PERNYATAAN PENGUNDURAN DIRI
SEBAGAI ANGGOTA BEM
DI UNIVERSITAS UTAMA BANGUN BANGSA

Saya yang bertanda tangan dibawah ini :

Nama : Anton Sanjaya
Jabatan di BEM : Seksi Dokumentasi
NIM : 098765456789
Fakultas : Ekonomi – Manajemen

Mengajukan surat pengunduran diri dari Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Universitas Bangun Bangsa. Selama ada di dalam kepengurusan BEM saya sudah mendapatkan banyak pengalaman dan pelajaran serta menjadi bagian dari berkembangnya organisasi ini. Mohon maaf apabila dalam organisasi saya pernah melakukan hal-hal yang kurang berkenan di hati.

Surat pengunduran diri ini saya buat dengan sebenar-benarnya dan dalam keadaan sadar tanpa adanya tekanan dari pihak manapun. Saya berharap pembina dan pengurus BEM Universitas Bangun Bangsa  dapat memahami keputusan yang sudah saya buat. Atas bantuan dan dukungan yang telah diberikan selama ini, saya ucapkan banyak terima kasih.

Jakarta, 20 Mei 2018.

Hormat Saya,

 

Anton Sanjaya.

3. Contoh Surat Pengunduran Diri dari Organisasi Partai Politik

Parati politik merupakan salah satu organisasi yang banyak diisi oleh kader – kader dan para tokoh politik. Setiap partai politik juga tentu memiliki kebijakan serta visi – misi yang berbeda – beda dengan partai politik lainnya. Jika anda ingin mengundurkan diri dari partai politik, maka anda bisa menulis surat pengunduran diri seperti contoh di bawah ini.

Jakarta, 20 Mei 2018

Kepada Yth,
Ketua Umum DPP Partai Demokrat Bangsa
Bapak Dr.H.Jaka Abraham Sitompul
Di Jakarta

Assalamu’alaikum Wr.Wb

Dengan Hormat, kami sampaikan semoga Bapak Ketua Umum DPP Partai Demokrat Bangsa dalam keadaan sehat dan selalu dalam lindungan Allah SWT.

Bersama dengan surat ini, perkenankan saya menyampaikan beberapa hal sebagai berikut :

  1. 1Saya ucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya Kepada Bapak Ketua Umum DPP Partai Demokrat Bangsa (PDB) yang memberi kepercayaan kepada saya untuk dapat menjadi bagian Pengurus Partai yang Bapak pimpin. Sebagai Ketua Majelis Partai Cabang DPC Partai Demokrat Bangsa Kabupaten Malang Masa Bakti 2017-2022, sesuai SK DPP Partai Demokrat Bangsa Nomor 56.06/SK/DPP.DP/DPC/V/2017.
  2. Saya menilai PDB tetap harus konsisten memperjuangkan nilai-nilai moral, sosial dan budaya yang tengah mengalami krisis di bumi pertiwi yang tercinta ini. Saya pribadi akan selalu mendukung semangat perjuangan dalam hal ini.
  3. Dengan demikian, dengan segala hormat kepada Bapak Ketua Umum PD, saya memohon pengertian Bapak bahwa mulai hari ini saya menyatakan Pengunduran Diri saya sebagai Ketua Majelis Partai Cabang DPC Partai Demokrat Bangsa Kabupaten Malang.
  4. Keputusan yang sangat sulit ini memang perlu saya tetapkan agar saya dapat lebih fokus dalam memperjuangkan aspirasi politik yang saya yakini. Semoga Bapak dapat memahami keputusan saya ini, dan saya mohon keputusan ini tidak memutuskan tali persaudaraan dan tali silaturahmi diantara kita.

Terima kasih atas segala perhatian Bapak Ketua Umum DPP Partai Demokrat Bangsa selama ini.

Wassalamu’alaikum Wr.Wb.

Hormat Saya,

 

Anton Sanjaya.

4. Contoh Surat Pengunduran Diri dari Organisasi Himpunan Mahasiswa

Jika anda merupakan seorang mahasiswa, tentu sudah tidak asing lagi dengan organisasi himpunan mahasiswa, baik itu himpunan dari agama, himpunan dari suku, maupun dari hal – hal lainnya. Jika anda ingin mengundurkan diri dari organisasi sejenis ini, maka anda bisa menulis surat pengunduran diri seperti contoh di bawah ini.

Surabaya, 20 Mei 2018

Kepada Yth,
Ketua Umum HIMAKO
Fakultas Ilmu Komunikasi
Universitas Airlangga
di Tempat

Dengan hormat,
Yang bertanda tangan dibawah ini :

Nama : Anton Sanjaya
NIM : 9876543
Jurusan : Ilmu Komunikasi
Jabatan : Head of Public Relations

Dengan ini saya mengajukan pengunduran diri dari Badan Pengurus Harian (BPH) Himpunan Mahasiswa Ilmu Komunikasi (HIMAKO) Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Airlangga. Adapun alasan pengunduran diri ini adalah sebagai berikut :

  1. Sudah bekerja dan jadwal kegiatan saling berbenturan
  2. Tidak adanya minat lagi untuk tetap berada di dalam organisasi

Saya sudah banyak menimba pengalaman selama menjadi bagian keluarga di sini dan semoga kinerja saya bisa menjadikan laju-kembang organisasi ini. Apabila terdapat kesalahan pada diri saya selama menjalankan amanah pada organisasi ini, saya mohon maaf sebesar-besarnya.Surat ini saya buat sesuai dengan inisiatif saya tanpa ada paksaan dan tekanan dari pihak lain. Saya berharap pembina dan pengurus HIMAKO dapat memahami kondisi saya.

Demikian surat pengunduran diri ini saya buat dengan sesungguhnya. Atas bantuan dan dukungan yang telah diberikan selama ini, saya ucapkan terima kasih.

Hormat Saya,

 

Anton Sanjaya.

5. Contoh Surat Pengunduran Diri dari Organisasi dengan Alasan

Saat menulis surat pengunduran diri dari organisasi tertentu, maka banyak orang yang tidak menyertakan alasan pengunduran dirinya. Namun hal ini sebenarnya bisa anda cantumkan,  mengenai hal – hal yang menyebabkan anda harus keluar dari organisasi tersebut, seperti contoh di bawah ini.

Jakarta, 20 Mei 2018

Kepada Yth,
Pembina dan Ketua OSIS
SMA Negeri 1 Jakarta

Dengan hormat,
Saya yang bertanda tangan di bawah ini ;

Nama : Sri Dewi
Kelas : XI IPA 2
Jabatan : Sekretaris

Dengan ini saya mengajukan permohonan izin untuk mengundurkan diri dari Organisasi resmi ( OSIS ) SMA Negeri 1 Jakarta. Adapun alasan dari pengunduran diri ini adalah :

  1. Orang tua tidak menyetujui
  2. Jadwal rapat OSIS yang terlalu padat dan menyita waktu belajar
  3. Minat saya untuk berada di organisasi OSIS sudah tidak ada

Saya mengucapkan banyak terimakasih karena telah diberi kepercayaan selama satu tahun untuk menduduki jabatan sebagai Sekretaris OSIS. Tidak lupa juga saya berharap agar OSIS SMA Negeri 1 Jakarta semakin baik kedepannya dan tetap berkembang.

Jika sekiranya ada kesalahan saya selama bergabung menjadi pengurus OSIS, dengan sangat hormat saya memohon maaf dari lubuk hati yang paling dalam.

Besar harapan saya bahwa anda memberikan izin kepada saya untuk mengundurkan diri. Atas perhatiannya, saya ucapkan terima kasih.

Hormat Saya,

 

Sri Dewi.

6. Contoh Surat Pengunduran Diri dari Organisasi Tanpa Alasan

Jika anda mengambil keputusan untuk keluar dari organisasi tertentu, maka sudah pasti anda memiliki alasan untuk itu. Namun bukan suatu keharusan bagi anda untuk menyertakan atau mencantumkan alasan anda dalam surat pengunduran diri dari organisasi yang hendak anda tinggalkan.

Surabaya, 20 Mei 2018

Kepada Yth,
Pembina dan Ketua Umum
BEM Universitas Mercu Buana
Surabaya

Hal : Pengunduran Diri

Dengan Hormat,
Saya yang bertanda tangan dibawah ini :

Nama : Anton Sanjaya
Jabatan di BEM : Bendahara
Fakultas : Teknik Informatika
NIM : 98765455567

Mengajukan surat pengunduran diri dari Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Universitas Mercu Buana Surabaya. Selama ada didalam kepengurusan BEM saya sudah mendapatkan banyak pengalaman dan pembelajaran serta menjadi bagian dari berkembangnya organisasi ini.

Saya juga mohon maaf apabila dalam organisasi pernah melakukan hal-hal yang kurang berkenan di hati.

Surat pengunduran diri ini saya buat dengan sebenar-benarnya dan dalam keadaan sadar tanpa adanya tekanan dari pihak manapun. Saya berharap pembina dan pengurus BEM Universitas Mercu Buana Surabaya dapat memahami keputusan ini.

Atas bantuan dan dukungan yang telah diberikan selama ini, saya ucapkan banyak terima kasih.

Hormat Saya,

 

Anton Sanjaya.

7. Contoh Surat Pengunduran Diri dari Organisasi Pramuka

Organisasi Pramuka merupakan salah satu organisasi yang bisa kita temukan di berbagai sekolah, mulai dari SD, SMP, hingga SMA sederajat. Jika anda hendak mengundurkan diri dari organisasi Pramuka, maka anda bisa menulis surat pengunduran diri seperti contoh di bawah ini.

Magetan, 20 Mei 2018

Kepada Yth,
Kakak Pembina Pramuka
SMA Negeri 1 Magetan
di Tempat

Dengan hormat,
Yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama : Dian Permatasari
Kelas : XII IPA 2
Jabatan : Anggota Bantara

Mengajukan permohonan izin untuk mengundurkan diri dari Organisasi Kepramukaan di SMA Negeri 1 Magetan. Adapun alasan dari pengunduran diri ini adalah

  1. Kondisi fisik yang lemah.
  2. Jadwal kumpul bantara yang terlalu padat

Saya sudah banyak menimba pengalaman selama menjadi Bantara di sini walaupun hanya sebentar. Semoga ke depan Organisasi Kepramukaan di SMA Negeri 1 Magetan ini akan lebih baik lagi dari yang sebelumnya. Apabila terdapat kesalahan pada diri saya selama bekerja di Organisasi Kepramukaan, saya mohon maaf sebesar-besarnya.

Besar harapan saya bahwa Kakak Pembina memberikan izin kepada saya untuk mengundurkan diri. Atas perhatiannya, saya ucapkan terima kasih.

Hormat Saya,

 

Dian Permatasari.

8. Contoh Surat Pengunduran Diri dari Organisasi PASKIBRA

Sebagai seorang anggota PASKIBRA, tentu memiliki tanggung jawab besar setiap perayaan HUT RI. Tidak heran kalau peranan dari para anggota organisasi PSAKIBRA memang sangat dibutuhkan. Maka jika anda hendak keluar dari organisasi tersebut, anda harus memberitahukan pengunduran diri anda dan menulis surat pengunduran diri seperti contoh di bawah ini.

Surakarta, 20 Mei 2018

Kepada Yth,
Pembina PASKIBRA
SMA Negeri 1 Surakarta
di Tempat

Dengan hormat,
Saya yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama : Anton Sanjaya
Kelas : XII IPS 2
NISN ; 8978654345

Dengan ini menyatakan pengunduran diri saya dari keanggotaan PASKIBRA SMA Negeri 1 Surakarta, dikarenakan saya tidak memiliki waktu untuk latihan.

Demikian surat pernyataan ini saya buat dengan sesungguhnya. Atas perhatiannya saya ucapkan terima kasih.

Hormat Saya,

 

Anton Sanjaya.

9. Contoh Surat Pengunduran Diri Organisasi dari Orang Tua

Jika anda ingin memberithukan alasan mengenai perihal keluarnya anda dari suatu organisasi tertentu, maka anda harus bisa membuat pihak lain percaya dengan alasan anda tersebut. Untuk itu, anda bisa meminta orang tua untuk menandatangani surat pengunduran diri anda dari organisasi tersebut.

Bandung, 20 Mei 2018

Kepada Yth,
Pembina dan Ketua OSIS
SMA Negeri 1 Bandung
di Tempat

Hal : Pengunduran Diri.

Dengan hormat,
Saya yang bertanda tangan di bawah ini, merupakan orang tua dari siswa :

Nama : Intan Permatasari
Kelas : XII IPA 4
Jabatan : Sekretaris

dengan ini ingin memberitahukan jika anak kami dengan nama siswa tersebut diatas harus mengundurkan dari kepengurusan OSIS SMA Negeri 1 Bandung. Hal ini dikarenakan kondisi kesehatan anak kami yang semakin menurun belakangan ini dan tidak bisa mengikuti kegiatan OSIS dengan rutin.

Kami berharap agar OSIS SMA Negeri 1 Bandung semakin baik kedepannya, sepeninggal anak kami.

Demikian surat pengunduran diri ini kami perbuat, atas perhatian dan maklum dari Pembina dan Ketua OSIS, kami mengucapkan banyak terimakasih.

Hormat Kami,
Orang Tua Siswa,

 

Anton Sanjaya.

10. Contoh Surat Pengunduran Diri dari Organisasi PMR

Organisasi PMR atau Palang Merah Remaja mungkin tidak dimiliki oleh semua sekolah, atau tidak seterkenal OSIS. Namun masih banyak sekarang ini yang masih mempertahankan organisasi tersebut. Jika anda ingin mengundurkan diri dari organisasi ini, maka anda bisa menulis surat pengunduran diri seperti contoh di bawah ini.

Medan, 20 Mei 2018

Kepada Yth,
Pembina PMR
SMA Negeri 1 Medan
di Tempat

Hal : Pengunduran Diri

Dengan hormat,
Saya yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama : Intan Permatasari
Kelas : XI – IPA 2

Dengan  ini  menyatakan  bahwa mulai 20 Mei 2018,  saya resmi  mengundurkan diri  dari kegiatan  PMR di  sekolah  SMA Negeri 1 Medan.

Demikianlah  surat  pengunduran diri ini saya perbuat dgn sebenarnya , tanpa ada paksaan dari pihak manapun . atas perhatian Ibu Pembina PMR SMA Negeri 1 Medan, saya ucapkan terima kasih.

Hormat Saya,

 

Intan Permatasari.

11. Contoh Surat Pengunduran Diri dari Organisasi Remaja Masjid

Organisasi remaja mesjid tentu akan sangat baik untuk anda ikuti. Namun dikarenakan satu dan lain hal, mungkin saja anda harus keluar dari organisasi tersebut. Untuk itu, anda bisa menulis surat pengunduran diri seperti contoh di bawah ini.

Ponorogo, 20 Mei 2018

Kepada Yth.
Bapak Ketua RW 02 Ponorogo
Di tempat

Saya yang bertanda tangan di bawah ini :

Anton Sanjaya ( Ketua Remaja Masjid)

Dengan ini menyatakan pengunduran diri saya sebagai ketua Remaja Masjid Periode 2017-2019.

Adapun yang menjadi alasan serta pertimbangan saya dalam permohonan pengunduran diri ini adalah sebagai berikut :

Keinginan Saya Untuk Melanjutkan Pendidikan Kuliah di Jakarta, Sehingga Harus Meninggalkan Kota Ponorogo.

Pada kesempatan ini saya juga tidak lupa menyampaikan terima kasih yang tak terhingga kepada Bapak ketua RW 02 Ponorogo serta seluruh rekan pengurus Remaja Masjid An-Nur Ponorogo periode 2017-2019. Saya juga tak lupa memohon maaf yang sebesar-besarnya apabila selama mengemban amanah dan tanggung jawab sebagai ketua Remaja Masjid terdapat perkataan, sikap, ataupun perbuatan saya yang kurang baik.

Juga saya mohon maaf karena kinerja saya yang kurang maksimal di masa jabatan ini. Semoga Remaja Masjid An-Nur Ponorogo akan menjadi lebih sukses dan maju dengan adanya pemimpin baru yang akan menjalankan roda organisasi setelah ini.

Demikian surat permohonan pengunduran diri ini saya buat. Terima kasih atas perhatian dan kerja samanya.

Hormat Saya,

 

Anton Sanjaya.

12. Contoh Surat Pengunduran Diri dari Organisasi Karang Taruna

Organisasi Karang Taruna merupakan organisasi yang bisa kita temukan di daerah atau lingkungan tertentu, seperti RT, RW, Desa, atau Kelurahan. Organisasi ini memiliki banyak peranan yang sangat penting untuk suatu daerah. Namun jika anda ingin mengundurkan diri dari organisasi ini, maka anda bisa menulis surat pengunduran diri seperti contoh di bawah ini.

Jakarta, 20 Mei 2018

Kepada Yth,
Bapak Ketua RW 23 Mekarsari
Cirebon

Dengan hormat,
Saya yang bertanda tangan di bawah ini :

Anton Sanjaya ( Ketua Karang Taruna)

Dengan ini menyatakan pengunduran diri kami sebagai Ketua Karang Taruna 2016 – 2021. Adapun yang menjadi pertimbangan saya dalam menyatakan penguduran diri ini adalah :

Kendala komunikasi dan koordinasi yang saya rasakan di dalam internal Organisasi

Di sisi lain kendala kesibukan saya dalam pekerjaan rutin sehari-hari dan kegiatan di luar atau dalam kampus juga menjadi pertimbangan tersendiri untuk saya dalam mengambil keputusan ini.

Pada kesempatan ini tidak lupa saya ucapkan terima kasih atas kepercayaan Bapak Ketua RW 23, Bapak/Ibu Ketua RT, serta rekan pengurus Karang Taruna Mekarsari (2016 – 2021). Namun mohon maaf apabila ternyata yang kita ingin tidak dapat kita laksanakandengan baik. Juga saya mohon maaf apabila dalam masa kerja saya sebagai Ketua terdapat tindak tanduk atau ucapan saya yang kurang berkenan dan kurang maksimal dalam kinerja selama kepemimpinan saya.

Semoga Karang Taruna Mekarsari kedepannya dapat lebih baik lagidengan adanya pemimpin baru dan struktur baru sehingga kita dapat mengembangkan potensi dan prestasi yang ada dalam konteks yang berbeda.

Demikian surat Pernyataan Pengunduran Diri ini saya buat dan saya tandatangani, dalam keadaan sadar dan kehendak sendiri tanpa paksaan dan tekanan dari pihak manapun.

Hormat Saya,

 

Anton Sanjaya.

13. Contoh Surat Pengunduran Diri dari Organisasi Gereja

Bagi anda para Kristiani, tentu sudah tidak asing lagi dengan organisasi pemuda yang ada di setiap gereja. Organisasi seperti ini tentu akan sangat bagus untuk anda ikuti, namun tidak tertutup juga kemungkinan kalau anda harus keluar dari organisasi tersebut dikarenakan satu atau lain hal.

Medan, 20 Mei 2018

Kepada Yth,
Pembina Pemuda/i Gereja
Bapak Pdt. Andi Sutio
GKPI Padang Bulan
Medan

Dengan hormat,
Saya yang bertanda tangan di bawah ini :

Anton Sanjaya

Dengan ini menyatakan pengunduran diri saya dari Kepengurusan Pemuda/i Gereja GKPI Padang Bulan sebagai Bendahara Periode 2017  – 2022.

Adapun hal yang menjadi pertimbangan saya dalam mengambil keputusan ini adalah karena sudah lulus kuliah dan langsung mendapat panggilan kerja dari perusahaan BUMN di Jakarta. Hal ini membuat saya harus meninggalkan kota Medan dan tidak bisa mengikuti berbagai kegiatan pemuda/i GKPI Padang Bulan lagi.

Pada kesempatan ini saya juga tidak lupa menyampaikan terima kasih yang tak terhingga kepada Bapak Pendeta serta seluruh rekan – rekan pemuda/i. Saya juga tak lupa memohon maaf yang sebesar-besarnya apabila selama mengemban amanah dan tanggung jawab sebagai Bendahara Pemuda/i Gereja terdapat perkataan, sikap, ataupun perbuatan saya yang kurang baik.

Juga saya mohon maaf karena kinerja saya yang kurang maksimal di masa jabatan ini. Semoga Pemuda/i GKPI Padang Bulan akan menjadi lebih sukses ke depannya.

Demikian surat permohonan pengunduran diri ini saya buat. Terima kasih atas perhatian dan kerja samanya.

Hormat Saya,

 

Anton Sanjaya.

14. Contoh Surat Pengunduran Diri dari Organisasi Kepemudaan

Sekarang ini ada banyak organisasi kepemudaan di Indonesia yang bisa kita temukan. Mungkin saja anda merupakan salah satu dari organisasi kepemudaan tersebut. Namun jika anda ingin keluar dan mengundurkan diri, maka anda bisa menulis surat pengunduran diri seperti contoh di bawah ini.

Banten, 20 Mei 2018

Kepada Yth,
Sdr. Ketua Pemuda Banten
di Tempat

Dengan Hormat,
Melalui surat ini, saya Anton Sanjaya mengundurkan diri dari jabatan Bendahara terhitung sejak tanggal 20 Mei 2018.

Saya mengucapkan terimakasih atas kesempatan yang telah diberikan kepada saya untuk menjabat sebagai Bendahara. Saya juga memohon maaf kepada Ketua Organisasi Pemuda Banten dan Seluruh pengurus apabila terjadi kesalahan yang telah saya perbuat selama menjabat. Semoga Organisasi dibawah kepemimpinan Sdr Hilman dapat menjalankan organisasi dengan baik.

Demikian surat pengunduran diri ini saya perbuat dengan sesungguhnya dengan pikiran yang tenang dan tanpa ada paksaan dari pihak manapun.

Hormat Saya,

 

Anton Sanjaya.

15. Contoh Surat Pengunduran Diri dari Organisasi Singkat

Dalam menulis surat pengunduran diri dari organisasi tentu tidaklah harus panjang dan bertele – tele. Namun anda bisa menulis surat pengunduran diri tersebut dengan singkat, seperti salah satu contoh di bawah ini.

Bandung, 20 Mei 2018

Kepada Yth,
Pembina dan Ketua OSIS
SMA Negeri 1 Bandung
di Tempat

Dengan hormat,
Saya yang bertanda tangan di bawah ini, Anton Sanjaya, menyatakan bahwa sejak hari ini, Minggu 20 Mei 2018, saya resmi mengundurkan diri dari Jabatan Bendahara OSIS SMA Negeri 1 Bandung.

Tidak lupa saya mengucapkan banyak terimakasih karena telah diberi kesempatan untuk memangku jabatan sebagai Bendahara OSIS SMA Negeri 1 Bandung. Tidak lupa juga saya untuk meminta maaf kepada Bapak Pembina OSIS, Ketua OSIS, dan rekan – rekan sekalian jika ada perkataan saya yang salah, perbuatan yang salah, ataupun ketidakberesan saya selama menjabat sebagai Bendahara OSIS SMA Negeri 1 Bandung.

Demikian surat pengunduran diri ini saya perbuat, tanpa paksaan dari pihak manapun juga. Atas perhatian Bapak Pembina, Ketua OSIS, dan rekan – rekan sekalian, saya mengucapkan banyak terimakasih.

Hormat Saya,

 

Anton Sanjaya.

Kesimpulan dan Pentingnya Surat Pengunduran Diri dari Organisasi

Untuk bisa bergabung dengan organisasi tertentu, maka anda harus menempuh cara yang baik – baik. Demikian juga ketika anda akan keluar dan mengundurkan diri dari organisasi tersebut. Anda harus menggunakan cara yang baik dengan memberikan contoh surat pengunduran diri dari organisasi.

Keputusan untuk mengundurkan diri dari organisasi mungkin saja bukan hanya akan memberikan dampak tersendiri untuk anda, namun juga anggota lain yang bergabung dalam organisasi tersebut. Hal ini tentu saja sangat mungkin, terlebih jika anda memiliki jabatan yang tinggi pada organisasi tersebut.

Nah, dengan memberikan surat pengunduran diri, maka pihak organisasi yang anda tinggalkan akan bisa mencari pengganti anda secepat mungkin. Selain itu, anda juga akan dianggap bertanggung jawab terhadap kewajiban dan mengapresiasi cara anda keluar dari organisasi tersebut.

Jika anda keluar begitu saja dari organisasi tertentu, maka pihak organisasi yang anda tinggalkan akan berpikiran yang buruk terhadap anda dan menganggap anda merupakan orang yang tidak bertanggung jawab. Bukan hanya itu, mungkin saja nama anda akan tercemar karena tidak bisa menujukkan sifat professional di hadapan anggota – anggota lain dari organisasi tersebut.

Menulis contoh surat pengunduran diri dari organisasi bukanlah hal yang mudah. Namun anda perlu mencantumkan detail mengenai diri anda sendiri, seperti nama, nomor keanggotaan jika anda, sampai dengan posisi atau jabatan anda pada organisasi tersebut.

Continue Reading

More in Contoh Surat