Selamat datang di SuratResmi.id, tempatnya contoh surat lamaran kerja paling lengkap di Indonesia. Kali ini kebetulan kami akan mengulas tentang beberapa contoh surat lamaran kerja di cafe yang bisa kalian unduh secara gratis.

Cafe merupakan salah satu tempat yang digandrungi oleh terutama kaum muda. Suasananya yang asik, makanan dan minuman yang enak, menjadi daya tarik tersendiri bagi cafe. Mereka yang ingin nongkrong tanpa mengonsumsi makanan berat, tentu akan mencari cafe sebagai tempat tujuan.

PENTINGNYA SUMBER DAYA MANUSIA UNTUK CAFE

Sumber daya manusia menjadi faktor terpenting untuk perkembangan usaha atau bisnis cafe. Mulai dari koki, pelayanan, hingga pihak pengelola harus 'sempurna'.

Setiap pos atau bagian mempunyai tugasnya masing-masing serta memiliki peran penting untuk kemajuan cafe. Yang menentukan ramai atau tidaknya sebuah cafe, bukan dari namanya, bukan juga serta merta dari tempatnya yang menarik atau strategis. Sumber daya manusia di dalamnya juga sangat penting.

Cukup banyak cafe yang mempunyai lokasi bagus, strategis, bersih, menarik, tapi sepi karena sumber daya manusianya yang tidak baik. Mulai dari berantakan, pelayanan tidak ramah, dan lain sebagainya.

CARA MELAMAR KERJA DI CAFE

Oleh karena pentingnya sumber daya manusia di dalam kemajuan usaha cafe, jika kalian ingin melamar kerja di cafe, maka kalian harus menunjukkan bahwa kemampuan yang kalian miliki memang dibutuhkan oleh cafe.

Kalian harus memiliki beberapa sifat berikut ini:

  • Ramah
  • Sopan
  • Sabar

Ketiga sifat tersebut wajib dimiliki oleh pegawai cafe, apapun jabatannya. Kalau tidak, maka kalian tidak akan bertahan lama bekerja di cafe.

CONTOH SURAT LAMARAN KERJA DI CAFE

Berikut ini merupakan beberapa contoh surat lamaran kerja di cafe, diantaranya adalah sebagai berikut:

1. Surat Lamaran Kerja sebagai Kasir di Cafe

Kasir Kafe
Kasir Kafe


Kasir merupakan salah satu pekerjaan yang paling penting, bukan hanya di cafe, tapi di seluruh usaha yang memperjualbelikan sesuatu, pasti akan membutuhkan jasa seorang kasir.

Kasir mempunyai tugas untuk menentukan total harga belanjaan yang dibeli oleh pembeli. Kalau salah, kasir biasanya akan menombok uang kekurangannya.

Jadi untuk menjadi kasir, kalian harus sangat pandai dalam berhitung. Tak cukup di situ saja, kalian juga harus teliti karena kelalaian dalam menghitung bisa berakibat fatal.

Ini contoh surat lamaran kerja sebagai kasir di cafe:

Surat Lamaran Kerja sebagai Kasir di Cafe
Surat Lamaran Kerja sebagai Kasir di Cafe


Download Surat

2. Surat Lamaran Kerja di Cafe sebagai Waiter

Waiter
Waiter


Pelayan atau bahasa kerennya sebagai waiter bisa menjadi salah satu pekerjaan yang cepat didapatkan karena umumnya mereka tidak ada yang betah kerja lama-lama sebagai pelayan.

Bukan mengenai hal yang negatif, namun, siapa yang punya cita-cita untuk menjadi pelayan seumur hidupnya? Tentu tidak ada bukan!

Oleh karena itulah, kalau kalian ingin melamar sebagai waiter, rasanya tidak akan terlalu sulit dibandingkan dengan pekerjaan lainnya.

Jika sudah siap mental, silakan lihat contoh surat lamaran kerja di bawah ini:

Surat Lamaran Kerja di Cafe sebagai Waiter
Surat Lamaran Kerja di Cafe sebagai Waiter


Download Surat

3. Surat Lamaran Kerja menjadi Bartender di Cafe

Bartender
Bartender


Bartender mungkin salah satu pekerjaan mewah yang hanya ada di cafe kelas atas. Tentu kalian akan sangat jarang menemukan seorang bartender di cafe-cafe kecil.

Hal ini lantaran gaji dari seorang bartender lumayan besar karena seorang bartender harus mempunyai skill atau kemampuan yang tidak dimiliki oleh orang lain.

Bahkan bartender bisa dibilang sebagai salah satu profesi yang dikagumi oleh banyak orang. Aksinya yang memukau bikin banyak orang senang melihatnya.

Berikut ini contoh lamaran kerja sebagai seorang bartender di cafe:

Surat Lamaran Kerja menjadi Bartender di Cafe
Surat Lamaran Kerja menjadi Bartender di Cafe


Download Surat

4. Surat Lamaran Kerja sebagai Office Boy di Cafe

Office boy
Office boy


Office Boy atau petugas kebersihan memang sebuah jabatan paling rendah dalam sebuah cafe. Tapi kalian jangan berkecil hati lantaran jika tidak ada office boy, cafe tersebut pasti akan menjadi sangat berantakan.

Jadi walau ini merupakan jabatan paling rendah, tapi wajib ada dan mempunyai fungsi sangat besar bagi kelangsungan sebuah usaha cafe.

Surat Lamaran Kerja sebagai Office Boy di Cafe
Surat Lamaran Kerja sebagai Office Boy di Cafe


Download Surat

5. Surat Lamaran Kerja di Cafe sebagai Manajer Operasional

Manajer Operasional
Manajer Operasional


Jika kalian mempunyai pengalaman yang baik dan pendidikan yang mumpuni, tentu pekerjaan sebagai manajer operasional bisa menjadi pilihan.

Manajer Operasional akan bertanggungjawab atas segala kegiatan atau aktivitas yang terjadi di dalam sebuah cafe. Kalian harus mempersiapkan mental dan kedisiplinan yang tinggi untuk menjadi seorang manajer operasional.

Berikut ini contoh surat lamaran kerja di cafe yang bisa kalian langsung print setelah diedit sedikit:

Surat Lamaran Kerja di Cafe sebagai Manajer Operasional
Surat Lamaran Kerja di Cafe sebagai Manajer Operasional


Download Surat

6. Surat Lamaran Kerja sebagai Koki untuk masak di Cafe

Koki
Koki


Walau cafe hanya menyediakan makanan-makanan yang tidak terlalu berat dan merepotkan, tapi tak mungkin kalian tidak menjual makanan. Nah, makanan tersebut akan dimasak oleh seorang koki.

Apa fungsi koki? Ya tentu memasak dong!

Berikut ini contoh surat lamaran kerja sebagai koki dalam sebuah cafe:

Surat Lamaran Kerja sebagai Koki untuk masak di Cafe
Surat Lamaran Kerja sebagai Koki untuk masak di Cafe


Download Surat

7. Surat Lamaran Kerja jadi Teknisi di Cafe

Teknisi
Teknisi


Loh, cafe kok membutuhkan seorang teknisi? Tentu saja butuh, mungkin kalian pernah mengetahui bahwa cafe mempunyai tempat untuk berkaraoke, mengadakan acara musik, dan lain sebagainya.

Cafe juga biasanya mempunyai banyak lampu serta peralatan lain yang tentu saja membutuhkan seorang teknisi untuk mengelolanya.

Mungkin memang bisa saja seorang pemilik cafe tidak memperkerjakan seorang teknisi, tapi nanti akan terjadi kerepotan saat mengalami keadaan genting yang harus diselesaikan oleh teknisi. Mereka harus memanggilnya terlebih dahulu secara personal.

Buat kalian yang mau melamar kerja sebagai teknisi di cafe, nih contoh suratnya:

Surat Lamaran Kerja jadi Teknisi di Cafe
Surat Lamaran Kerja jadi Teknisi di Cafe


Download Surat

8. Melamar Kerja sebagai Manajer Keuangan di Cafe

Manajer Keuangan
Manajer Keuangan


Pekerjaan yang sangat merepotkan, harus mengatur cash flow uang yang masuk dan keluar dari cafe. Tidak boleh ada kesalahan sedikit pun karena perhitungan dari seorang manajer keuangan sangat menentukan masa depan dari cafe tersebut.

Punya skil dan ingin melamar kerja sebagai manajer keuangan, silakan lihat contoh surat lamarannya di bawah ini:

Melamar Kerja sebagai Manajer Keuangan di Cafe
Melamar Kerja sebagai Manajer Keuangan di Cafe


Download Surat

9. Lamaran Kerja jadi Kurir di Kafe

Kurir
Kurir


Walau mungkin sekarang sudah banyak jasa pengantar seperti driver online, namun tidak ada salahnya kalau kalian masih mau melamar kerja sebagai kurir di sebuah kafe.

Selagi halal, kenapa tidak, ya kan?

Lihat contoh surat lamaran kerjanya di sini:

Lamaran Kerja jadi Kurir di Kafe
Lamaran Kerja jadi Kurir di Kafe


Download Surat

10. Surat Lamaran Kerja sebagai Penerima Tamu

Penerima Tamu
Penerima Tamu


Kalau kita mengenal di dalam sebuah kantor ada yang namanya resepsionis, maka di dalam sebuah kafe ada juga yang biasa disebut sebagai penerima tamu.

Jika kalian merupakan seseorang yang berpenampilan menarik, maka kalian boleh mencoba untuk melamar sebagai penerima tamu.

Berikut contoh surat lamarannya:

Surat Lamaran Kerja sebagai Penerima Tamu
Surat Lamaran Kerja sebagai Penerima Tamu


Download Surat

11. Surat Lamaran Kerja menjadi seorang Petugas Keamanan

Satpam
Satpam


Petugas keamanan menjadi salah satu pekerjaan yang memiliki tanggungjawab tinggi. Kalian harus menjaga keamanan cafe tempat kalian bekerja.

Perlu diketahui bahwa cukup banyak kejadian yang tidak diinginkan terjadi di cafe, mulai dari perdebatan, pencurian, perkelahian, hingga konflik dan kriminal lainnya.

Jadi kalau sudah menguatkan mental, kalian baru bisa melamar kerja sebagai petugas keamanan. Berikut ini contoh lamarannya:

Surat Lamaran Kerja menjadi seorang Petugas Keamanan
Surat Lamaran Kerja menjadi seorang Petugas Keamanan


Download Surat

12. Surat Lamaran Kerja di Cafe sebagai Head Chef

Chef
Chef


Apa sih bedanya koki sama chef, sepertinya sih sama saja. Namun kalau sudah Head Chef, tentu berbeda dengan chef biasa.

Kalian harus mempunyai kemampuan serta pengalaman yang mumpuni untuk bisa menjabat sebagai Head Chef.

Inilah contoh surat lamaran kerja sebagai Head Chef:

Surat Lamaran Kerja di Cafe sebagai Head Chef
Surat Lamaran Kerja di Cafe sebagai Head Chef


Download Surat

13. Surat Lamaran Kerja sebagai Barista di Cafe

Barista
Barista


Pembuat kopi biasanya disebut sebagai seorang barista. Takaran dalam pembuatan kopi seorang barista akan sangat menentukan rasa dari kopi yang dibuatnya.

Berikut ini contoh surat lamaran kerja sebagai barista di kafe:

Surat Lamaran Kerja sebagai Barista di Cafe
Surat Lamaran Kerja sebagai Barista di Cafe


Download Surat

14. Surat Lamaran Kerja di Cafe sebagai Dishwasher

Dishwasher
Dishwasher


Mirip seperti office boy, tapi untuk dishwasher lebih spefisik ke pembersihan alat-alat masak hingga piring dan peralatan yang digunakan oleh pelanggan.

Mulai dari piring, sendok, garpu dan lainnya, dishwasher akan membersihkannya di dapur pencucian piring. Kalian membutuhkan tenaga yang sangat besar untuk bisa menjadi seorang dishwasher. Biasanya orang yang akan melakukannya adalah seorang pria karena tenaganya benar-benar harus besar dan banyak.

Berikut ini contoh surat lamaran kerja sebagai dishwasher di cafe:

Surat Lamaran Kerja di Cafe sebagai Dishwasher
Surat Lamaran Kerja di Cafe sebagai Dishwasher


Download Surat

Itulah 14 Surat Lamaran Kerja di Cafe yang bisa kalian unduh secara gratis dan mudah untuk diedit kembali. Semoga bermanfaat!

TIPS MEMBUAT CAFE

Berikut ini merupakan beberapa tips membuat cafe:

Penyewaan Tempat

Permasalahan sewa tempat menjadi salah satu hal yang membuat pusing kepala sebelum membuat cafe. Apalagi kalian harus menyesuaikan budget dengan tempatnya. Belum lagi kalian juga harus memperhitungkan pengembalian modal.

Pegawai Part-Time

Pengeluaran cafe akan menjadi lebih ringan kalau menggunakan pegawai part-time. Namun hal yang paling penting adalah pengawasan pegawai yang harus ditingkatkan karena mengingat mereka bukan pegawai tetap.

Pembelian Bahan dari Grosir

Sebelum membuka sebuah kafe, pastikan kalian sudah mengetahui tempat penjualan barang-barang dengan harga grosir. Belilah dengan stok yang banyak supaya bisa mendapatkan harga lebih murah.

Strategi Marketing

Walau bukan menjual barang tapi makanan dan minuman, dalam pembuatan cafe harus mempunyai strategi marketing yang baik. 

Pelayanan

Untuk membuat cafe, kalian harus memperhatikan aspek pelayanan yang menjadi faktor utama dalam pengembangan sebuah kafe.

Demikian artikel ini dibuat untuk bisa membantu kalian yang tengah ingin melamar kerja sebagai pegawai kafe serta beberapa informasi mengenai usaha kafe.