11 Contoh Surat Teguran Karyawan, PNS, Kontraktor, dan Ormas

aMulai dari organisasi hingga perusahaan, umumnya mereka akan mempunyai sebuah peraturan yang wajib dipatuhi oleh siapapun yang berada di lingkungan sekitarnya. Namun sayang sekali karena walau sudah mempunyai peraturan, tidak serta merta membuat mereka tidak melanggarnya. Misalnya dalam sebuah perusahaan, karyawan tidak boleh datang terlambat. Namun jika setiap karyawan yang datang terlambat, langsung dipecat, seperti ini terlalu kejam.

Oleh karena itulah, dibutuhkan sebuah surat teguran yang berisikan sebuah peringatan terhadap siapapun yang disebut di dalamnya untuk bisa memperbaiki kesalahan yang telah dilakukan olehnya. 

Berikut ini merupakan beberapa contoh surat teguran yang bisa kalian download secara gratis:

1. Surat Teguran Karyawan Terlambat Masuk Kerja

Surat teguran pertama berisikan tentang seorang karyawan yang terlambat sebanyak 3 kali dalam satu minggu. Hal ini membuatnya kehilangan uang insentif yang dijadikan sanksi terhadapnya. Berikut ini contoh surat teguran yang dimaksud:

PT. Adidaya Group 

Jl. Hutama Karya No. 45, Bekasi, Jawa Barat 

Telepon: 021-784-938-449 Fax: 021-8392-848

SURAT PERINGATAN Nomor : …../…../…../…../…..

Surat Peringatan ini akan ditujukan kepada:

Nama      : Suhendra Rahman 

Jabatan  : Administrasi Keuangan

Surat Peringatan ini dilayangkan berdasarkan bukti yang telah menjelaskan bila Saudara Suhendra Rahman sudah melakukan pelanggaran, diantaranya disebutkan sebagai berikut: - Tindakan pelanggaran terlambat masuk kerja selama 3 kali dalam 1 minggu terakhir Sepatutnya, seorang karyawan seperti saudara Suhendra Rahman harusnya bisa mentaati tata tertib kerja yang telah diberlakukan di perusahaan ini. Sebagai seorang karyawan, harusnya datang tepat waktu sesuai dengan yang telah ditentukan. Tidak diperkenankan bagi siapapun bagi karyawan untuk melanggar peraturan tersebut.

Catatan: Surat Peringatan ini dikeluarkan untuk bisa dijadikan pengarahan sekaligus peringatan kepada saudara Suhendra Rahman supaya bisa menaati peraturan yang berlaku di perusahaan ini. Terutama untuk datang ke kantor tepat waktu.

Sanksi: Oleh karena tindakan tidak disiplin yang dilakukan oleh suadara Suhendra Rahman lakukan, maka perusahaan membuat kebijakan untuk tidak memberikan insentif bulan Januari 2020.

Demikian Surat Peringatan ini dilayangkan untuk bisa dijadikan pembelajaran dan diharapkan untuk saudara Suhendra Rahman bisa memaklumi keputusan ini. Terima kasih atas perhatiannya.

Bekasi, 23 Desember 2019

Direktur Utama PT. Adi Daya Group (nama lengkap)

Download Surat Teguran Karyawan Terlambat Kerja

2. Surat Teguran Wajib Pajak

Sebagai warga negara yang baik, tentunya kita harus membayar pajak sesuai dengan kewajiban. Namun apabila ada wajib pajak yang menunggak, maka kalian bisa menggunakan contoh surat teguran wajib pajak berikut ini:

DEPARTEMEN KEUANGAN REPUBLIK INDONESIA 

DIREKTORAT JENDERAL PAJAK 

DIREKTORAT PERATURAN PERPAJAKAN 

BADAN PENERBITAN DAN PENYEBARLUASAN BUKU

Nomor : .../.../.../... 

Sifat : Teguran 

Perihal : Surat Teguran Wajib Pajak

Ditujukan kepada, 

PT. Digital Media Sejahtera 

Di 

Tempat

Dengan diterbitkannya surat teguran ini maka diharapkan untuk Wajib Pajak bisa membayar utang pajaknya sesuai dengan peraturan yang berlaku. Apabila Wajib Pajak tidak mengindahkan surat teguran ini, maka memungkinkan ada sanksi lain yang akan diberikan kepada Wajib Pajak.

Nomor Pokok Wajib Pajak : 

Jumlah Utang Pajak : 

Terima kasih atas perhatiannya.

Jakarta, 12 Desember 2019 

Kepala Kantor Perpajakan

Drs. Hedianto Setiawan

Download Surat Teguran Wajib Pajak

3. Surat Teguran PNS Melanggar Aturan Kode Etik

Sebagai seorang aparatur negara yang digaji oleh rakyat, rasanya akan sangat tidak patut bila melanggar sebuah peraturan. Namun yang namanya manusia, tentu tidak pernah luput dari kesalahan. Berikut ini contoh surat teguran PNS melanggar aturan kode etik yang berlaku:

PEMERINTAH KOTA MEDAN 

DINAS PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN 

Kota Medan Provinsi Sumatera Utara 

Jl. Pageran Diponegoro No. 123, Medan 

Telp. 061-123456; Fax. 061-123456

SURAT TEGURAN 

Nomor : 333/Disdik/11/2019

Dengan hormat, kami ingin melayangkan surat teguran yang ditujukan kepada:

Nama : Desi Intana Sari 

NIP : 8278819222 

Unit Kerja : Administrasi

Surat teguran ini dimaksudkan berdasarkan bukti yang telah menjelaskan bila saudari Desi Intana Sari sudah melakukan pelanggaran kode etik PNS, yaitu:

Menggunakan pakaian dinas saat tidak bekerja

Maksud dari dilayangkan surat teguran ini:

Tujuan dari dikeluarkannya surat teguran ini yaitu supaya saudari Desi Intana Sari dapat menaati peraturan yang berlaku.

Demikian surat teguran ini agar diperhatikan dengan baik agar tidak diberikan sanksi yang akan merugikan saudari Desi Intana Sari. Demikian surat teguran ini dibuat, atas kerjasamanya kami ucapkan terima kasih.

Medan, 13 Desember 2019

Mengetahui, 

Kepala Dinas Pendidikan Kota Medan,

Suryana Haninggolan 

NIP. 4438 3383 9293 33

Download Surat Teguran PNS Langgar Kode Etik

4. Surat Teguran Kontraktor

Sebagai seorang kontraktor, harusnya bisa menyelesaikan pekerjaan tepat waktu. Namun oleh karena sesuatu lain hal, ada saja problem yang bisa menyebabkan kontraktor tak bisa menyelesaikan pekerjaannya tepat waktu. Sebagai pihak yang bertanggungjawab, kita bisa mengirimkan surat teguran kepada mereka. Berikut contoh surat teguran kontraktor yang ada di SuratResmi.id:

SURAT TEGURAN

Jakarta, 10 Desember 2019 

Nomor : .../.../.../... 

Lampiran : - 

Perihal : Surat Teguran (Keterlambatan Pekerjaan)

Kepada Yth, 

Direktur PT. Tri Satoga Putera Di Tempat

Dengan Hormat, Sehubungan dengan adanya pengerjaan proyek saluran air yang dilakukan oleh PT. Tri Satoga Putera sudah melewati waktu yang telah ditentukan dalam perjanjian. Disebutkan bahwa pengerjaan proyek saluran air tersebut dijanjikan akan selesai dalam kurun waktu paling lama 3 minggu sejak tanggal 2 November 2019. Namun seperti diketahui bahwa hingga diterbitkannya surat teguran ini, proyek saluran air tersebut belum bisa diselesaikan oleh PT. Tri Satoga Putera.

Diharapkan untuk PT. Tri Satoga Putera bisa segera menyelesaikan proyek saluran air tersebut sesuai dengan perjanjian. 

Terima kasih atas perhatian dan kerjasamanya.

Hormat Kami, 

Konsultan Pengawas

Indah Pratiwi, M.Si

Download Surat Teguran Kontraktor

5. Surat Teguran Utang Piutang

Mempunyai utang, memiliki piutang, maka kalian bisa menggunakan contoh teguran utang-piutang yang disediakan oleh SuratResmi.id ini. Silakan lihat dan unduh secara gratis contoh surat teguran ini:

SURAT TEGURAN UTANG PIUTANG 

Jakarta, 11 Desember 2019 

Nomor : ….. / ….. / ….. / ….. 

Lampiran : - 

Perihal : Surat Teguran Utang Piutang

Kepada Yth, 

Bagian Keuangan PT. Jaya Sunandar Anugerah 

Di 

Tempat

Dengan hormat, 

Surat teguran ini dilayangkan kepada pihak bersangkutan untuk memberitahukan bahwa untuk pembayaran barang berupa 50 karung semen sudah melewati jatuh tempo yang disepakati. 

Dengan ini kami memberikan teguran kepada PT. Jaya Sunandar Anugerah agar segera bisa membayarkan biaya kekurangan dari pembayaran barang yang telah disebutkan di atas.

Jumlah barang : 50 Karung Semen 

Total pembayaran : Rp 3.750.000,- 

Telah dibayar : Rp 1.500.000,- 

Kekurangan pembayaran : Rp 2.250.000,-

Demikian surat teguran pembayaran ini dilayangkan, atas perhatian dan kerjasamanya kami ucapkan terima kasih.

Hormat kami,

CV. Jaya Abadi

Joko Riyono, S.E. Pemilik

Download Surat Teguran Utang Piutang

6. Surat Teguran ASN Terlambat Kerja

Rasanya akan sangat memilukan kalau kita melihat ASN yang digaji oleh rakyat justru berangkat kerja kesiangan. Mereka harusnya bisa memberikan contoh kepada masyarakat sebagai orang yang berada di lingkup pelayanan publik. Berikut ini contoh teguran ASN yang terlambat kerja:

PEMERINTAH KABUPATEN BENGALON 

DESA KARAMIN KECAMATAN SALAMAN

Nomor : .../.../.../... 

Perihal : Surat Teguran

Kepada Yth,

Bpk. Heri Suhendra 

Di 

Tempat

Dengan Hormat,

Surat teguran ini dilayangkan untuk saudara Heri Suhendra sebagai peringatan pertama atas pelanggaran yang sudah dilakukan. Saudara Heri Suhendra telah terbukti melakukan kelalaian saat terlambat sebanyak 3 kali berturut-turut sebagai perangkat desa dalam kurun waktu 1 minggu.

Nama : Heri Suhendra 

Pelanggaran : Keterlambatan masuk kantor 

Sanksi : Teguran I

Demikian agar surat teguran ini bisa dijadikan perhatian. Terima kasih.

Bengalon, 12 Desember 2019 

Kepala Desa Karammin

Hadi Rahmat

Download Surat Teguran ASN Terlambat Kerja

7. Surat Teguran Guru Terlambat Sekolah

Sebagia seorang guru, harusnya bisa menjadi contoh bagi setiap siswanya di sekolah. Namun tidak jarang juga guru yang bermasalah, walau hanya sekedar terlambat berangkat ke sekolah. Berikut ini contoh surat teguran guru yang terlambat ke sekolah:

PEMERINTAH KOTA BEKASI 

DINAS PENDIDIKAN & KEBUDAYAAN SMA NEGERI 1 BEKASI 

Jl. Petualangan No. 22, Bekasi Telp. 021-8374838 Fax. 021-85472838 Email : sman1bekasi@gmail.com

SURAT TEGURAN 

Nomor : 2212/SMAN1BEKASI/11/2019

Dengan Hormat, 

Surat teguran ini dilayangkan kepada:

Nama : Doni Ambara 

NIP : 282938948 

Jabatan : Guru Bahasa Indonesia 

Unit Kerja : SMA Negeri 1 Bekasi 

Alamat : Jl. Gempita No 291a

Penerbitan surat teguran ini disebabkan karena saudara Doni Ambara telah terbukti melanggar peraturan yang berlaku mengenai:

- Terlambat masuk ke sekolah selama 3 hari berturut-turut

Sebagaimana dengan peraturan sekolah di SMA N 1 Bekasi, setiap perangkat sekolah mulai dari siswa, guru hingga kepala sekolah wajib masuk ke dalam lingkungan sekolah pada pukul 07.15 waktu setempat. Maka semua diwajibkan untuk menaati peraturan tersebut.

Surat teguran ini tidak berisikan sanksi apapun, namun jika surat teguran ini tidak diindahkan maka tidak menutup kemungkinan akan diberikan sanksi yang diterima oleh saudara Doni Ambara.

Demikian surat teguran ini dibuat, semoga bisa menjadi bahan perhatian. Atas kerjasamanya, kami ucapkan terima kasih.

Bekasi, 12 Desember 2019

Mengetahui, 

Kepala Sekolah SMA Negeri 1 Bekasi,

Budi Cahya Indra, S.pd

Download Surat Teguran Guru Terlambat Sekolah

8. Surat Teguran Absensi Siswa Sekolah

Tidak masuk sekolah merupakan salah satu kebiasaan yang dilakukan oleh siswa. Rasanya belum afdol rasanya jika seorang siswa belum pernah tidak masuk sekolah. Namun kalau keseringan tidak masuk sekolah, tentu tidak akan baik. Berikut ini merupakan contoh surat teguran absensi siwwa sekolah:

PEMERINTAH KOTA JAKARTA 

DINAS PENDIDIKAN & KEBUDAYAAN SMA NEGERI 2 JAKARTA

SURAT TEGURAN 

Nomor : 77/SMAN2/6/2019

Surat teguran ini dikeluarkan oleh SMA Negeri 2 Jakarta ditujukan kepada siswa yang bernama:

Nama : Anggara Rahman 

NIS : 9289382938 

Kelas : XI SMA Negeri 2 Bekasi

Surat teguran ini dilayangkan dari SMA Negeri 2 Jakarta untuk siswa bernama Anggara Rahman karena telah tidak masuk ke sekolah sebanyak 5 hari selama kurun waktu 1 minggu terakhir. Oleh karena perilaku tidak disiplin ini, maka SMA Negeri 2 Jakarta mengeluarkan surat teguran ini.

Kami berharap untuk orangtua agar bisa memperhatikan kehadiran Anggara Rahman di sekolah supaya bisa memperbaiki performanya di dunia pendidikan.

Demikian surat teguran ini agar bisa dijadikan bahan perhatian, atas kerjasamanya kami ucapkan terima kasih.

Jakarta, 10 Desember 2019

Mengetahui, 

Kepala Sekolah SMA Negeri 2 Jakarta

Katon Bagaskara, M. Pd.

Download Surat Teguran Absensi Siswa Sekolah

9. Surat Teguran Ormas pada Anggotanya

Sebagai organisasi, tentu akan mempunyai peraturan yang wajib diikuti oleh para anggotanya. Bila ada anggota yang melanggar peraturan tersebut, maka akan mendapatkan surat teguran yang salah satu contohnya sebagai berikut:

ORGANISASI MASSA CINTA ALAM 

Jl. Pandeglang, Banten, Jawa Barat

Kepada Yth, 

Hendra Ignasius 

Di  Tempat

Dengan Hormat, 

Surat teguran ini dikeluarkan oleh Organisasi Massa Cinta Alam atau Ormas Cilam untuk anggota yang bernama:

Nama : Hendra Ignasius

Jabatan : Bendahara Ormas Cilam

Perihal tindakan yang tidak disiplin dalam mengelola perbendaharaan Ormas Cilam sesuai dengan bukti dan laporan yang dapat dipercaya akan kebenarannya.

Dengan ini mengharapkan Hendra Ignasius lebih memprioritaskan untuk pengelolaan perbendaharaan Ormas Cilam.

Demikian surat teguran ini dibuat agar saudara Hendra Ignasius bisa memperbaiki kesalahannya. Untuk kerjasamanya, kami ucapkan terima kasih.

Banten, 12 Desember 2019 

Mengetahui,

Ketua Ormas Cilam Handi Rahman

Download Surat Teguran Ormas pada Anggotanya

10. Surat Teguran Keras untuk Karyawan Melanggar Aturan

Terkadang di dalam sebuah perusahaan ada saja karyawan yang melakukan pelanggaran fatal. Berikut ini salah satu contoh surat teguran untuk karyawan yang melakukan pelanggaran berat atas peraturan perusahaan:

PT. Anugerah Jaya Putera (AJP) 

Jl. Flamboyan No 23a, Jakarta

Kepada Yth, 

Indriani Anita 

Di 

Tempat

Dengan hormat,

Kami selaku atasan di PT. Anugerah Jaya Putera ingin memberikan surat teguran keras kepada saudari Indriani Anita atas tindakan tidak disiplin yang dilakukan di lingkungan PT. Anugerah Jaya Putera. Adapun pelanggaran yang dilakukan adalah sebagai berikut:

- Merokok di tempat kerja

Demikian surat teguran ini diberikan untuk dijadikan bahan pertimbangan. Meskipun untuk surat teguran ini tidak memberikan sanksi apapun, namun jika perbuatan indisipliner ini terulang kembali bisa mengakibatkan saudari Indriani Anita dikeluarkan dari pekerjaannya.

Sekian atas kerjasamanya, kami ucapkan terima kasih.

Jakarta, 12 Desember 2019 

Mengetahui,

Manajer PT. AJP Irham Junaedi M.pd

Download Surat Teguran Keras untuk Karyawan

11. Surat Teguran Proyek Lewat Batas Waktu

Kalau sudah melewati batas waktu yang disepakati, maka sebagai orang yang bertanggungjawab atas sebuah proyek boleh mengirimkan surat teguran kepada kontraktor supaya bisa menyelesaikan proyek yang dijanjikan. Berikut contoh surat teguran proyek kalau sudah melewati batas waktu:

PT. BANGUN SEJAHTERA 

Jl. Bangka Belitung, No 23b, Jakarta Utara

Nomor : ../../../.. 

Perihal : Surat Teguran

Kepada Yth, 

Direktur CV. Anugerah Sempoerna 

Di 

Tempat

Dengan hormat,

Kami ingin mengeluarkan sebuah surat teguran kepada CV. Anugerah Sempoerna sebagai kontraktor dari proyek pembangunan sekolah di Jakarta Utara. Sesuai dengan kesepakatan yang tertera di surat perjanjian dan telah disetujui oleh CV Anugerah Sempoerna.

Pembangunan sekolah tersebut sudah memasuki batas waktu yang disepakati. Oleh karena itu, diharapkan untuk CV. Anugerah Sempoerna bisa segera menyelesaikannya.

Demikian surat teguran ini diberikan supaya CV. Anugerah Sempoerna bisa mempercepat pembangunan bangunan sekolah tersebut di atas. Atas perhatian dan kerjasamanya, kami ucapkan terima kasih.

Jakarta, 12 Desember 2019 

Mengetahui,

Direktur PT. Bangun Sejahtera Irawan Saputra, M.si

Download Surat Teguran Proyek Lewat Batas Waktu

Itulah 11 Contoh Surat Teguran untuk karyawan, PNS, hingga kontraktor yang bisa dilayangkan kalau memang dibutuhkan. Semoga beberapa contoh surat teguran tersebut bisa bermanfaat bagi kalian yang membutuhkannya. Terima kasih.